Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Apa Itu Disk Space pada Hosting? Ketahui Penjelasan Lengkapnya di Sini!

5 min read

apa itu disk space pada hosting

Anda mungkin pernah membaca sepintas tentang disk space saat akan membeli paket hosting. Tapi, tahukah Anda apa itu disk space? Disk space adalah salah satu fitur penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih paket hosting.

Untuk itu, Anda harus tahu apa itu space hosting dan fungsi disk space pada hosting. Supaya, Anda dapat memilih jenis hosting yang cocok untuk website Anda.  

Tidak perlu basa-basi lagi, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Disk Space pada Hosting?

Disk space adalah kapasitas ruang penyimpanan data website pada server hosting. Data yang dimaksud bisa berupa teks, gambar, video, database, code, dan lainnya.

Tentunya, setiap website memiliki kebutuhan disk space yang berbeda. 

Untuk website kecil seperti blog, mungkin tidak akan memerlukan banyak kapasitas ruang penyimpanan. Berbeda halnya dengan website perusahaan yang perlu disk space lebih besar untuk menyimpan sejumlah konten seperti video atau gambar. 

Jadi, semakin banyak menyimpan data pada hosting, maka semakin besar pula disk space yang terpakai.

Mungkin Anda bertanya-tanya, lalu apa bedanya disk space dengan bandwidth?

Nah, sederhananya, disk space adalah kapasitas ruang penyimpanan data pada hosting. Sedangkan, bandwidth merujuk pada kuota data website yang bisa ditransfer dari server ke pengunjung. 

Dengan kata lain, disk space akan menampung banyaknya data yang disimpan. Sementara, bandwidth berperan sebagai pengatur besarnya transfer data yang mempengaruhi kecepatan loading website. 

Mau tahu lebih jauh apa itu space hosting? Yuk simak fungsi disk space pada hosting di bawah ini!

Baca Juga: Apa Itu Hosting?

Fungsi Disk Space pada Hosting

Disk space adalah salah satu faktor yang jadi pertimbangan dalam memilih hosting yang sesuai untuk website. Mengapa demikian? Sebab, fungsi disk space pada hosting adalah sebagai berikut:

1. Menampung Data Website

Fungsi disk space pada hosting yang pertama adalah sebagai ruang penyimpanan data website. 

Data yang dimaksud yaitu gambar, video, file template dan plugin, hingga semua file yang diunggah melalui FTP seperti font web.

2. Menyimpan File Backup

Fungsi disk space pada hosting yang tak kalah penting adalah untuk menyimpan data backup website

Penyimpanan file cadangan perlu dilakukan supaya sewaktu-waktu bisa diakses kembali jika terjadi kehilangan atau kerusakan file.

Dengan disk space, Anda dapat menyimpan file backup sehingga Anda tidak perlu khawatir data website Anda tiba-tiba hilang.

3. Menyajikan Website yang Lebih Menarik

Website dengan disk space yang sesuai kebutuhan akan memudahkan Anda mengelola konten dengan lebih baik. 

Kalau Anda sudah tahu disk space yang dibutuhkan, Anda bisa leluasa membuat website lebih menarik. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan melebihi kapasitas yang ditentukan.

Sebagai contoh, pemilik toko online tentu tidak akan leluasa dalam mengunggah foto atau video spesifikasi produk yang dijual jika disk space yang dimiliki tidak sesuai. Sebab, kapasitas yang diperlukan untuk menyimpan konten tersebut sudah pasti besar. 

Setelah mengetahui fungsi disk space pada hosting, sekarang mari kita bahas jenis-jenis disk space hosting. 

Jenis-Jenis Disk Space Hosting

Berikut pengertian dari jenis-jenis disk space yang perlu Anda ketahui:

1. HDD

Hard Disk Drive atau HDD ialah hardware yang digunakan untuk menyimpan data website. 

Media penyimpanan jenis ini bekerja menggunakan piringan cakram yang bergerak saat memproses data. Di atas piringan cakram tersebut terdapat komponen yang berfungsi untuk menulis dan membaca data.

2. SSD

Solid State Drive atau SSD yaitu jenis memori yang jauh lebih canggih dari HDD. 

SSD tidak memiliki komponen bergerak seperti piringan cakram pada HDD, karenanya disebut solid state. Inilah salah satu perbedaan SSD dan HDD.

Dengan teknologi flash memory chip, SSD mampu memproses data lebih cepat. Akibatnya, proses booting, transfer data, dan maintenance jadi tidak memakan banyak waktu.

Bagaimana Cara Mengetahui Disk Space yang Saya Butuhkan?

Bagi Anda yang akan membangun sebuah website, estimasi disk space yang dibutuhkan dapat diketahui berdasarkan tipe website. 

Blog atau website yang memiliki sedikit media (gambar atau video) tentu tidak memerlukan disk space yang besar. Untuk website jenis ini, menggunakan disk space sebesar 500 MB sampai 3 GB saja sudah cukup. Kalau ingin lebih fleksibel, Anda bisa membeli paket Unlimited Hosting.

Berbeda halnya dengan website yang digunakan untuk toko online yang memiliki banyak gambar dan data besar. Website seperti ini mungkin membutuhkan disk space sebesar 20 GB atau bahkan lebih.

Namun, jika Anda sudah punya sebuah website, Anda bisa menghitung kebutuhan disk space dengan rumus:

Kebutuhan Disk Space = Rata-rata page size x Jumlah halaman website

Untuk mengetahui page size website Anda, lakukan tes dengan menggunakan speed test tool seperti Pingdom

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan URL halaman dari website Anda seperti berikut ini:

Cara cek page size website

Sebagai contoh, pada hasil analisis di atas, page size website tersebut adalah sebesar 5,5 MB. 

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui jumlah disk space yang dibutuhkan untuk menyimpan data website Anda.

FAQ Tentang Disk Space Hosting

Masih penasaran tentang disk space? Kami sudah merangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang disk space, di antaranya:

1. Niagahoster Memakai Disk Space Jenis Apa?

Niagahoster sudah memakai disk space jenis SSD. Dengan SSD, kecepatan menyimpan dan pemrosesan data akan jauh lebih cepat daripada yang masih menggunakan HDD.

2. Berapa Besar Disk Space Hosting Niagahoster?

Besar disk space pada hosting yang ditawarkan Niagahoster tergantung pada jenis layanan hosting. Penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Shared Hosting – Hosting dengan disk space unlimited ini cocok untuk website kecil seperti blog dan website pribadi yang traffic-nya belum tinggi. Khusus untuk paket Bayi, Anda akan memperoleh disk space sebesar 500 MB.
Besar disk space hosting Niagahoster untuk paket Shared Hosting
  • Cloud Hosting – Hosting jenis ini memiliki tersedia dengan disk space antara 20-120 GB. Dengan kapasitas disk space yang besar, hosting ini tepat bagi Anda yang ingin membuat website company profile, toko online, website e-learning, hingga website portal berita.
Besar disk space hosting Niagahoster untuk paket Cloud Hosting
  • WordPress Hosting – Jenis hosting dengan disk space unlimited ini akan cocok untuk pemilik website pribadi atau blog, website UMKM, website komunitas dan lainnya.
Besar disk space hosting Niagahoster untuk paket WordPress Hosting
  • Simple WordPress – Disk space pada hosting ini tersedia dalam rentang 3-50 GB. Oleh sebab itu, hosting Simple WordPress akan menjadi pilihan tepat untuk pemilik website pribadi, website company profile, dan website bisnis yang masih baru. 
Besar disk space hosting Niagahoster untuk paket Simple Hosting
  • Email Hosting – Hosting untuk email dengan kapasitas disk space antara 25-200 GB ini cocok untuk pemilik bisnis atau perusahaan  yang memerlukan ruang penyimpanan lebih untuk email yang keluar masuk.
Besar disk space hosting Niagahoster untuk Email Hosting
  • VPS – VPS hosting tersedia dengan kapasitas disk space yang cukup besar yaitu antara 20-250 GB. Hosting ini cocok bagi Anda yang akan membangun website bisnis, toko online, website perusahaan, website e-learning, hingga website portal berita.
Besar disk space hosting Niagahoster untuk paket VPS Hosting

3. Bagaimana Cara Mengecek Penggunaan Disk Space?

Cara cek penggunaan disk space cukup sederhana. Anda melakukannya dengan cara-cara berikut ini:

  • Site Health Tool – Pada dashboard WordPress, pilih Tools > Site Health, klik tab Info, lalu  klik tab Directories and Sizes. Di tab tersebut, Anda bisa cek penggunaan disk space untuk file WordPress, tema, plugin, database, dan total instalasi.
  • Menggunakan Plugin – Anda bisa pakai plugin Disk Usage Sunburst untuk mengetahui grafik file instalasi pada website. Untuk melihat grafiknya, Anda dapat memilih menu Tools > Disk Usage.
  • cPanel – Untuk cek penggunaan disk space, Anda cukup membuka menu Disk Usage yang berada pada kolom File. Pada bagian bawah, Anda dapat melihat penggunaan disk space pada tiap direktori.
  • Member Area Niagahoster – Mengecek penggunaan disk space juga bisa dilakukan di Member Area Niagahoster. Anda perlu klik menu pada bagian kiri, kemudian klik sub menu Hosting. Pilih menu Kelola Hosting pada paket hosting Anda, lalu klik tab cPanel. Klik menu All Features, kemudian pada halaman cPanel, scroll ke bawah hingga bagian Files. Terakhir, pilih menu Disk Usage untuk mengetahui jumlah penggunaan disk space Anda.
  • Cek Ukuran Database melalui phpMyAdmin di cPanel – Anda juga dapat mengecek ukuran database melalui menu phpMyAdmin yang berada di dalam cPanel. Klik database Anda dan pada kolom Size akan terlihat ukuran tiap tabel database Anda.
  • Cek Ukuran Database dengan Plugin – Plugin yang digunakan adalah WP Optimize. Pada menu bagian kiri dashboard admin WordPress, pilih menu WP-Optimize > Table information. Pada kolom Data Size akan terlihat ukuran setiap tabel di database Anda.

4. Mengapa Anda Perlu Mengecek Disk Space pada Web Hosting?

Mengecek disk space itu penting bagi Anda yang hendak membeli paket hosting. Sebab, saat memilih hosting, Anda perlu mengestimasi jumlah disk space yang dibutuhkan.

Pun demikian, setelah menggunakan hosting Anda tetap perlu mengecek penggunaan disk space secara berkala untuk menghindari penurunan performa website.

Ketika performa website menurun seperti loading lambat atau sulit diakses, kemungkinan hal ini terjadi karena disk space Anda sudah penuh. Karenanya, perlu diatasi dengan mengurangi disk space usage di cPanel.

5. Apakah Unlimited Disk Space di Niagahoster Benar Adanya?

Di Niagahoster, tersedia paket hosting dengan unlimited SSD disk space yaitu pada Unlimited Hosting paket Personal dan Bisnis, serta pada WordPress Hosting.

Nah, unlimited disk space artinya Niagahoster menyediakan resource atau sumber daya website tanpa menetapkan batasan khusus. Jadi, Anda dapat menggunakan sumber daya sesuai kebutuhan. 

Namun, karena pengguna Unlimited Hosting berbagi server dengan banyak website lainnya, Niagahoster menggunakan kebijakan penggunaan yang adil (Fair Usage Policy).

Kebijakan ini menjelaskan bahwa kalau Anda memakai disk space hosting pada server secara berlebihan yang menyebabkan gangguan pada pengguna lain, maka sumber daya akan dibatasi. 

Dalam beberapa kasus, kemungkinan akun Anda akan dinonaktifkan sebelum Anda upgrade ke paket yang lebih cocok untuk kebutuhan website Anda.

Jadi, Apa Itu Disk Space?

Disk space adalah kapasitas ruang untuk menyimpan file atau data website pada server hosting. Kini Anda sudah paham apa itu space hosting, ‘kan? 

Nah, fungsi disk space pada hosting adalah menyimpan data website, file backup, hingga memastikan Anda dapat menyajikan konten menarik tanpa menyebabkan loading lambat. 

Setelah paham apa itu disk space, Anda bisa mencari paket hosting yang tepat sesuai kebutuhan. Eh, tapi pilih web hosting tidak bisa sembarangan lho. Salah-salah, performa website Anda jadi menurun dan malah sering down, lelet, dan tidak aman. 

Untungnya, Niagahoster sudah pakai disk space server SSD yang mampu memproses data lebih cepat. Dijamin, anti lelet!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera pilih paket hosting dengan disk space sesuai kebutuhan Anda! 

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *