Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Rekomendasi 7 Website Builder Terbaik di 2020

8 min read

Apakah Anda ingin membuat website? Tenang. Anda tak perlu jago coding kok. Dengan bantuan website builder terbaik, Anda bisa dengan mudah membuat website sendiri.

Tapi, di luar sana ada banyak sekali website builder yang bisa Anda pilih. Di antara banyaknya pilihan, manakah website builder yang terbaik untuk Anda?

Di artikel ini, kami akan merekomendasikan tujuh web builder terbaik yang bisa Anda coba, yaitu:

  1. Wix
  2. Squarespace
  3. WordPress
  4. Weebly
  5. Webnode
  6. Shopify
  7. BigCommerce

Selain itu, kami juga akan menjelaskan masing-masing fitur beserta harganya. Penasaran? Yuk simak sampai selesai!

Apa itu Website Builder?

Website builder adalah sebuah platform atau program yang dapat membantu Anda dalam membangun website. Tidak hanya itu, website builder juga dapat mempermudah publikasi website.

Pada umumnya, cara kerja website builder terdiri dari tiga langkah mudah:

  1. Pilih template website;
  2. Edit websitenya sesuai dengan keinginan;
  3. Publikasi websitenya.

Ada dua jenis website builder yang bisa Anda gunakan, yaitu Online dan Offline. Sesuai dengan namanya, online website builder mesti diakses via internet, sedangkan offline website builder harus diinstall di komputer Anda.

Tapi, di artikel ini kami hanya akan membahas tentang online website builder. Selain karena lebih populer, online website builder merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin website Anda segera tampil di internet.

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Website Builder?

Oke, jadi apa saja sih yang perlu dipertimbangkan saat memilih website builder terbaik? Di bawah, kami akan jelaskan satu-persatu faktor yang perlu Anda perhatikan. Mari kita mulai!

1. Kemudahan Penggunaan

Tujuan utama menggunakan website builder adalah untuk menciptakan website semudah mungkin. Jika Anda masih harus menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari cara menggunakannya, berarti website buildernya tidak ramah pengguna.

Salah satu fitur yang biasanya ditawarkan website builder untuk memudahkan penggunaannya adalah drag-and-drop builder atau website editor. Pastikan website builder yang Anda pilih memiliki fitur ini.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan interfacenya. Hindari website builder yang tampilannya membingungkan, atau menyulitkan Anda untuk menggunakan alat-alatnya. 

2. Kemudahan Publikasi

Tentunya Anda ingin website Anda dapat segera tampil di internet, kan? Untuk itu, pastikan website builder yang Anda pilih menawarkan web hosting dan domain. Sehingga websitenya bisa langsung dipublikasikan.

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki hosting dan domain name, coba cek apakah Anda bisa menghubungkan website yang baru Anda buat dengan domain dan hosting yang Anda beli di platform lain.

3. Koleksi Template Website

Salah satu faktor yang membuat website builder begitu menarik adalah template. Dengan menggunakan template, Anda bisa membuat website apapun dengan sangat mudah. Mulai dari website pribadi, website korporat, hingga toko online.

Jadi, Anda tinggal memilih template yang sesuai dengan jenis website yang ingin Anda buat. Lalu edit sesuai dengan keinginan Anda.

Oleh karena itu, pilihlah website builder yang menawarkan koleksi template website yang lengkap. Sehingga Anda tidak akan kehabisan opsi untuk dipilih. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas templatenya juga.

4. Fitur

Setiap website builder memiliki fitur-fitur unggulannya masing-masing. Ada yang menawarkan opsi editing yang lengkap,desain yang mobile-friendly, atau berbagai tools tambahan yang dapat mempermudah pembuatan website.

Lalu, apakah fitur terbaik yang bisa ditawarkan oleh website builder?

Semuanya kembali lagi pada kebutuhan Anda saat membuat website. Apapun fitur yang ditawarkan, pastikan Anda memang membutuhkannya. Jangan tergoda pada fitur-fitur yang tidak akan Anda gunakan.

5. Customer Support 

Bayangkan jika Anda mengalami masalah saat proses pembuatan website, tentu Anda akan mencari kontak customer support untuk mencari solusinya, kan?

Inilah mengapa website builder yang baik akan menawarkan akses customer support yang lengkap, seperti 24/7 live chat, email, dan juga phone support. 

Tentunya yang lebih penting lagi adalah keramahan dan keandalan tim customer supportnya. Cek berbagai review di internet untuk mengetahui apakah customer support dari website builder yang Anda pilih memberikan pelayanan yang optimal.

6. Harganya Terjangkau

Penilaian tentang harga memang relatif. Hal ini tergantung dari skala bisnis Anda. Jika Anda adalah seorang pemula, tentu Anda akan mencari website builder yang menawarkan layanan murah, atau bahkan gratis.

Sebaliknya, jika Anda membuat website untuk bisnis berskala besar, tentu Anda ingin mencari website builder yang menawarkan paket dengan fitur super lengkap. 

Intinya, apapun skala bisnis Anda, pastikan website builder yang Anda pilih tidak hanya menawarkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tapi harga yang ditawarkan juga harus sesuai dengan budget yang Anda tentukan.

7 Website Builder Terbaik di 2020

Berbekal wawasan di atas, Anda dapat menilai website builder yang paling cocok untuk Anda gunakan. Selanjutnya, kami akan tunjukkan beberapa website builder populer yang bisa jadi memenuhi kriteria yang Anda butuhkan. Selamat memilih!

1. Wix

halaman utama wix website builder terbaik

Wix adalah website builder yang sangat ramah pengguna, khususnya bagi pemula. 

Anda dapat menikmati layanannya secara gratis. Ya, Anda dapat memilih template, mengedit website Anda, dan mempublikasikannya tanpa mengeluarkan biaya apapun.

Website builder ini juga dilengkapi berbagai fitur menarik seperti drag-and-drop builder, lebih dari 500 template website, dan desain yang mobile-friendly. Mereka juga menyediakan halaman support center untuk menjawab berbagai permasalahan terkait pembuatan website.

Akan tetapi, layanan gratisnya memiliki beberapa batasan. Contohnya, Anda harus menggunakan .wixsite di dalam alamat website, seperti  “www.namadomain.wixsite.com”. Selain itu, akan ada iklan-iklan Wix di dalam website Anda.

Untuk menghindari itu semua, Anda dapat berlangganan ke paket berbayarnya. Setiap paket berbayar akan menambah kapasitas penyimpanan di website Anda. Selain itu Anda juga akan mendapat fitur tambahan seperti Site Booster dan Visitors Analytics.

Fitur Unggulan Wix

  • Wix Editor – Fitur ini dapat membantu Anda mempercantik website Anda. Nikmati berbagai tools desain menarik seperti unlimited fonts, scroll effects, dan media galleries.
  • Wix ADI – Anda dapat membangun website dalam waktu yang sangat singkat. Jadi, fitur ini akan memberi Anda beberapa pertanyaan, lalu menciptakan website secara otomatis berdasarkan jawaban yang Anda berikan.
  • Corvid by Wix – Corvid adalah platform open development yang berguna untuk membangun aplikasi web. Fitur ini sangat cocok untuk web developer.
  • Free hosting – Tak usah khawatir soal publikasi website. Karena Anda dapat menikmati web hosting secara gratis.
  • Fitur Toko Online – Wix juga menyediakan berbagai fitur toko online yang menarik seperti Wix Stores untuk membangun toko online. Ada juga  Wix Bookings untuk membantu proses booking order.

Harga

Gratis, tapi Anda dapat melakukan upgrade. Harga paketnya berkisar US$ 4.50/bulan (Connect Domain plan) hingga US$24.50/bulan (VIP plan)

2. Squarespace

halaman utama squarespace website builder terbaik

Squarespace dapat membantu Anda membuat website apa saja. Anda tinggal memilih template website yang mereka sediakan, mulai dari blog, CV, toko online, hingga website pernikahan.

Selain itu, Squarespace juga menyediakan unlimited bandwidth dan storage, SSL security, gratis custom domain, dan 24/7 customer support di semua layanannya.

Anda dapat mencoba fitur-fitur Squarespace secara gratis selama 14 hari. Setelah itu, Anda harus berlangganan ke salah satu paketnya. Namun jika Anda tidak merasa cukup dengan 14 hari free trial, Anda masih bisa request untuk menambah masa free trialnya selama 7 hari.

Fitur Unggulan Squarespace

  • Blogging tools – Fitur ini mempermudah Anda untuk posting konten di blog. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah mengkategorisasikan konten Anda dan menjadwalkan publikasinya.
  • Analytics – Anda dapat mengawasi perkembangan jumlah pengunjung, kinerja konten, hingga daftar produk yang paling laku. Semua datanya disajikan dalam bentuk grafik atau tabel.
  • Email marketing tools – Buat kampanye email marketing yang lebih menarik melalui fitur email layout yang bervariasi, kemudahan dalam mengedit konten email, dan juga fitur analytics untuk mengawasi efektivitas kampanye Anda.
  • Social media tools – Anda bisa menghubungkan website Anda dengan akun sosial media, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Sehingga konten Anda bisa lebih mudah dibagikan ke sosial media.
  • Mobile editing – Squarespace memiliki aplikasi yang bisa Anda download di iOS atau Android. Sehingga, Anda bisa mengelola website Anda dari mana saja.

Harga

Ada free trial selama 14 hari, dengan tambahan 7 hari. Setelah itu, Anda harus berlangganan ke paket yang harganya berkisar dari $12/bulan (Personal plan) hingga $40/bulan (Advanced Commerce plan). Harga tersebut berlaku jika Anda melakukan pembayaran tahunan.

3. WordPress.org

halaman utama wordpress website builder terbaik

WordPress.org adalah salah satu platform yang paling populer. Alasannya cukup sederhana: Anda bisa mulai membuat blog dengan sangat mudah di sini. 

Walaupun WordPress.org pada dasarnya bukan website builder, tapi Anda bisa mengaktifkan berbagai plugin website builder di dalamnya. Seperti Elementor dan Beaver Builder.

Selain itu, cara menggunakan dashboard nya juga simpel. Jadi, Anda dapat membuat konten dengan mudah.

Baca Juga: Cara Membuat WordPress (Tutorial Lengkap)

Untuk menggunakannya, Anda harus punya hosting dan domain terlebih dahulu. Karena, biasanya penyedia hosting sudah menyediakan instalasi WordPress.org di dalamnya.

Dalam konteks website builder, WordPress.org adalah alternatif yang bagus untuk pemula. Jika Anda menginginkan platform yang menawarkan kemudahan dalam fleksibilitas dan kustomisasi, platform ini adalah pilihan yang memuaskan.

Tahukah Anda? WordPress juga memiliki platform lain yang bernama WordPress.com. Ingin tahu perbedaannya dengan WordPress.org? Kami menyediakan artikel yang membahas perbedaan keduanya!

Baca Juga: 10+ Keunggulan WordPress Hosting Niagahoster, Buat Website Makin Gampang!

Fitur Unggulan WordPress.org

  • Ratusan tema – Ada ratusan tema gratis, dan lebih banyak lagi tema premium yang bisa membuat website Anda terlihat lebih professional.
  • Built-in social sharing – Anda bisa dengan mudah membagikan konten ke akun sosial media.
  • Mobile and desktop apps – WordPress menyediakan aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengedit konten Anda dari mana saja.

Harga

Gratis, tapi Anda harus mengeluarkan biaya untuk hosting dan domain. Anda juga bisa mengeluarkan biaya untuk tema dan plugin (opsional).

4. Weebly

halaman utama weebly

Mungkin Anda pernah mendengar tentang Weebly. Ya, ini adalah salah satu website builder yang populer juga, dengan jumlah pengguna lebih dari 40 juta.

Hampir sama seperti Wix, Weebly juga menawarkan paket gratis yang dapat membantu Anda untuk segera membuat website. Anda pun bisa mengelola konten dengan mudah melalui fitur editornya. 

Anda bisa menambahkan dan mengedit berbagai macam elemen di dalam fitur editor Weebly. Mulai dari teks dan foto, hingga video background dan custom headers.

Selain itu, Weebly juga menawarkan hosting gratis agar Anda bisa mempublikasikan website dengan mudah.

Fitur Unggulan Weebly

  • Powerful editor – Fitur editornya sangat lengkap. Ada banyak elemen yang bisa Anda masukkan ke dalam kontennya. 
  • Fitur eCommerce – Anda bisa membuat toko online dengan mudah melalui berbagai fitur tambahan. Mulai dari shopping cart dan halaman checkout, hingga inventory tracking.
  • Responsive design – Ada banyak template gratis yang bisa Anda gunakan. Terlebih lagi, seluruh templatenya telah dioptimasi untuk perangkat mobile.

Harga

Gratis, tapi Anda dapat melakukan upgrade. Harga paketnya berkisar $5/bulan (Connect plan) hingga $25/bulan (Business plan)

Baca Juga: Cara Membuat Blog di Weebly: Gampang, Cepat, dan Praktis

5. Webnode

halaman utama webnode

Webnode adalah salah satu website builder dengan fitur yang cukup lengkap. 

Dengan fitur website editornya, Anda bisa membangun website dengan waktu relatif singkat. Belum lagi didukung koleksi template dengan varian tema yang cukup luas (portfolio, blog, eCommerce, dll)

Anda juga dapat menikmati berbagai fitur spesifik yang dapat membantu Anda membuat blog, toko online, atau website korporat. Mulai dari fitur pengelolaan toko, shipping, hingga edit layout blog.

Jika Anda tertarik menggunakan Webnode, Anda bisa menggunakannya secara gratis. Sama dengan Wix dan Weebly, Anda tidak bisa menggunakan custom domain kecuali jika Anda berlangganan ke paket berbayar.

Fitur Unggulan Webnode

  • Fitur website bisnis – Anda dapat menggunakan berbagai fitur seperti SEO tools, membership registration dan form builder.
  • Fitur toko online – Anda bisa membangun toko online dengan dukungan fitur shipping dan pembayaran, juga fitur diskon. Selain itu, Anda juga bisa mengawasi performa toko melalui fitur analytics toko.
  • Fitur blog – Nikmati berbagai fitur tambahan untuk publikasi konten blog, seperti fitur schedule publishing dan social plugins.

Harga

Gratis, tapi Anda dapat melakukan upgrade. Harga paketnya berkisar $3.95/bulan (Limited plan) hingga $19.95/bulan (Profi plan)

6. Shopify

halaman utama shopify

Shopify adalah website builder terbaik untuk membuat toko online. Jika Anda ingin menjual produk lewat website Anda, maka ini adalah pilihan yang tepat.

Hampir seluruh fitur yang Anda butuhkan untuk membuat dan mengelola toko online bisa Anda dapatkan di Shopify. Mulai dari membangun brand, melakukan pemasaran, menerima pembayaran, hingga melakukan pengiriman.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati beberapa alat gratis, seperti alat pembuat nama bisnis dan alat pembuat logo.

Untuk bisa menggunakan Shopify, Anda harus berlangganan ke salah satu paket berbayarnya. Tapi, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari.

Fitur Unggulan Shopify

  • Intuitive dashboard  – Anda bisa mengelola order, shipping, dan pembayaran dalam satu dashboard.
  • Fitur lengkap untuk membangun toko online – Anda dapat mencari produk lewat Oberlo, mencari berbagai tema toko, dan menjual produk di mana saja dengan Shopify point-of-sale (POS) hardware.
  • Alat branding gratis – Anda bisa menggunakan business name generator dan logo maker untuk membangun brand.

Harga

Ada free trial selama 14 hari. Setelah itu, Anda harus berlangganan ke paket yang harganya berkisar dari $29/bulan (Basic Shopify) hingga $299/bulan (Advanced Shopify). Harga tersebut berlaku jika Anda melakukan pembayaran tahunan.

Baca Juga: Apa itu Shopify dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

7. BigCommerce

halaman utama bigcommerce

Sesuai dengan namanya, BigCommerce adalah website builder yang fokus pada pembuatan website eCommerce. 

Website builder ini bersifat open-platform. Jadi, Anda dapat mengandalkan fleksibilitas saat menggunakan BigCommerce. Tapi, hal ini membuatnya jadi lebih cocok bagi pengguna yang sudah familiar dengan pengembangan website, dan kurang cocok untuk pemula.

Walaupun demikian, Anda juga akan menemukan fitur-fitur menarik di dalamnya. Seperti fitur yang mendukung penjualan antar channel (cross channel) dan B2B

Anda bisa coba menggunakan BigCommerce secara gratis selama 15 hari. Setelah itu, Anda harus berlangganan ke salah satu paket berbayarnya.

Fitur Unggulan BigCommerce

  • Open platform – Anda dapat mengembangkan toko online Anda secara fleksibel. Fitur ini sangat berguna jika Anda adalah seorang web developer.
  • Fitur lengkap eCommerce – Anda dapat menikmati berbagai fitur eCommerce. Mulai dari pengelolaan katalog produk, shipping, hingga analytics dashboard.
  • Optimasi toko lokal – Dengan fitur ini, Anda bisa menggunakan mata uang apapun di toko Anda, termasuk Rupiah. Bahasanya juga bisa diatur sesuai dengan lokasi toko Anda. 

Harga

Ada free trial selama 15 hari. Setelah itu, Anda harus berlangganan ke paket yang harganya berkisar dari $29.95/bulan (Standard plan) hingga $269.96/bulan (Pro plan). Harga tersebut berlaku jika Anda melakukan pembayaran tahunan.

Manakah Website Builder Terbaik Pilihan Anda?

Website builder adalah platform yang dapat membantu Anda membangun website secara mudah dan singkat. Kontennya pun bisa diatur sesuai dengan kebutuhan website Anda. Sehingga, Anda bisa mendapat website dengan tampilan yang professional.

Di artikel ini, kami telah menunjukkan tujuh website builder terbaik yang bisa Anda coba di 2020. Yuk lihat rangkumannya di tabel bawah!

Kemudahan PenggunaanKemudahan PublikasiJumlah TemplateFiturCustomer SupportHarga
WixDrag and drop builder + WIx editorFree hosting (free plan) 
>500 templateWix ADI
Wix Editor
Corvid by Wix
Support centerGratis + upgrade plan ($4.50 – $24.50/bln
SquarespaceBlogging tools yang praktisHosting + custom domain (paid plan)
>60 templateBlogging Tools
Email Marketing Tools
Mobile Editing
24/7
customer support
Paket berbayar ($12 – $40/bulan)
WordPress orgInterface dashboard yang ramah penggunaFree hosting (free plan)>100 tema gratisRatusan tema
Built-in social sharing
Mobile dan desktop apps
24/7 email dan forum support (free). Live chat (paid)Gratis + upgrade plan ($4 – $45/bln
WeeblyFitur editor yang lengkap untuk buat dan publish kontenFree hosting (free plan)>50 templatePowerful editor
Fitur ecommerce
Responsive design
Chat, Forum, dan Email support.Gratis + upgrade plan ($5 – $25/bln
WebnodeAnda dapat buat website dengan singkat melalui template dan fitur website editor.Free hosting (free plan)>90 templateFitur website bisnis
Fitur toko online
Fitur blog
24/7 chat support (free) dan phone support (paid)Gratis + upgrade plan ($3.95 – $19.95/bln
ShopifyKelola segala aspek toko online Anda dalam satu dashboardHosting + custom domain (paid plan)>70 templateIntuitive dashboard
Fitur toko online
Alat branding gratis
24/7 customer support dan forumPaket berbayar ($29 – $299/ bulan)
BigCommerceBersifat open platform. Sehingga mudah digunakan oleh developer.Hosting + custom domain (paid plan)>150 tema gratis dan berbayarOpen platform
Fitur toko online
Optimasi toko lokal
24/7 phone, email, dan chat supportPaket berbayar ($29.95 – $269.96/ bulan)

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan website builder terbaik untuk kebutuhan Anda? Jika iya, Anda boleh berbagi di kolom komentar!

Oh ya, website builder adalah alat yang sangat penting lho untuk membangun identitas bisnis online. Jika Anda ingin mendapatkan tips-tips ampuh untuk sukses bisnis online di tahun 2020, kami menyediakan ebook gratis untuk Anda di bawah:

ebook kiat bisnis online
0
Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]