Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Bangun Kredibilitas Bisnis agar Usaha Anda Semakin Laris! Begini Caranya..

6 min read

featured image bangun kredibilitas bisnis agar usaha semakin laris

Saat baru memulai bisnis, pasti Anda pernah berpikir: bagaimana sih caranya biar konsumen mau produk saya?

Well, ada banyak cara yang bisa Anda coba, mulai dari memperbaiki kualitas produk hingga menurunkan harganya. Tapi.. ada satu cara yang seringkali terlewat, yaitu meningkatkan kredibilitas bisnis.

Kredibilitas bisnis bisa membuat jualan semakin laris? 

Betul sekali. Faktanya, 81% konsumen mengaku bahwa mereka harus percaya pada suatu brand sebelum membeli produknya.

ilustrasi belanja online

Lalu.. bagaimana cara agar konsumen percaya dengan brand Anda, ya?

Jangan khawatir, ada banyak tips yang bisa dipelajari kok. Di artikel ini kami akan membahas cara membuat bisnis lebih dipercaya (kredibel). Jadi, konsumen akan lebih yakin untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Sudah siap? Yuk simak sampai selesai!

Mengapa Kredibilitas Penting untuk Bisnis Anda?

Sebelum membahas cara meningkatkan kredibilitas bisnis, tentunya Anda harus tahu dulu dong arti dari kredibilitas bisnis?

Kredibilitas bisnis adalah tingkat kepercayaan yang dimiliki konsumen terhadap suatu bisnis

Jika konsumen percaya pada bisnis Anda, otomatis mereka juga akan percaya dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Mari ambil contoh begini: Anda ingin membeli produk furniture, lalu Anda menemukan dua bisnis furniture di Google:

  • Bisnis A – Bisnis ini punya akun media sosial, tapi Anda tidak dapat menemukan komentar konsumen mengenai kualitas produk di postingan mereka. Selain itu, Anda juga kesulitan saat mencari nomor kontak dan lokasi bisnisnya.
  • Bisnis B – Bisnis ini punya banyak channel. Mulai dari website, marketplace, hingga media sosial. Testimoni produknya banyak dan sebagian besar positif. Bahkan, mereka juga punya Google MyBusiness jadi, dan Anda tahu informasi lengkap tentang nomor kontak, alamat hingga jam operasional mereka.
ilustrasi perbandingan bisnis di google

Nah, sudah jelas kan Anda ingin membeli produk dari bisnis yang mana? Betul, Bisnis B lebih meyakinkan. Sebab, Anda dapat dengan mudah mencari tahu tentang kualitas produk mereka, dan mereka pun membuka diri untuk dihubungi konsumennya.

Selain meyakinkan konsumen untuk membeli produk, kredibilitas bisnis yang tinggi juga memberikan manfaat lain, yaitu:

  1. Kemungkinan konsumen untuk setia pada brand Anda menjadi semakin besar.
  2. Komunitas konsumen biasanya berawal dari sekelompok pembeli yang percaya dan setia pada suatu brand.
  3. Bisnis Anda akan punya reputasi yang positif di pasar.
  4. Anda akan selalu mencoba berinovasi untuk memberikan kesan terbaik di hadapan konsumen.

Setelah melihat seluruh manfaat di atas, apakah Anda melihat suatu pola?

Ya, tepat sekali. Kesetiaan konsumen, komunitas pembeli, dan reputasi bisnis yang positif adalah hal-hal yang dapat membantu bisnis Anda bertahan lebih lama di industri.

Dengan kata lain, membangun kredibilitas bisnis sama dengan membangun masa depan bisnis Anda.

Nah, sekarang Anda pasti penasaran kan bagaimana caranya membangun kredibilitas bisnis? Yuk kita lihat di bagian selanjutnya!

Bagaimana Cara Membangun Kredibilitas Bisnis?

Richie Norton, seorang penulis ternama pernah berkata:

Tidak ada yang mampu membangun rasa percaya secepat empat kata berikut: Lakukan yang Anda ucapkan

Kutipan ini sangat tepat. Karena sekuat apapun Anda mencoba mengatakan bahwa produk Anda adalah yang terbaik, tak akan ada artinya bila Anda tidak mampu membuktikan apa yang Anda janjikan.

Oke, jadi apa saja sih yang perlu Anda lakukan agar bisnis Anda menjadi lebih kredibel? Berikut di antaranya: 

1. Tawarkan Produk yang Berkualitas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menawarkan kualitas produk yang terbaik. Karena, usaha Anda dalam membangun kredibilitas bisnis akan sia-sia jika kualitas produk Anda buruk.

Lalu, bagaimana cara membuktikannya? Tunjukkan fitur dan cara kerja produknya.

Contohnya, Niagahoster mengenalkan bisnisnya sebagai provider hosting terbaik dengan performa server yang cepat dan andal. Untuk membuktikannya, hanya server dengan fitur terbaik yang ditawarkan ke konsumen dan diinformasikan melalui website:

fitur dan performa server niagahoster

Untuk lebih meyakinkan konsumen, Niagahoster juga menampilkan grafik performa servernya secara real time. Jadi, calon pembeli bisa melihat kinerja servernya secara langsung. 

grafik uptime niagahoster

Dengan menampilkan kualitas server secara transparan, Niagahoster lebih mudah meyakinkan calon konsumen tentang performa server yang dimiliki.

Nah, Anda juga dapat melakukan hal yang sama. Contohnya, saat mengunggah produk baru di toko online, Anda dapat menambahkan gambar dan video yang mampu menampilkan fitur dan manfaat produknya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan deskripsi produk yang berisi penjelasan fitur produknya secara detail. Contohnya seperti ini:

kolom deskripsi produk sidomuncul untuk tingkatkan kredibilitas bisnis

2. Selesaikan Masalah yang Konsumen Miliki

Pernahkah Anda mendengar kalimat berikut?

Konsumen tidak membeli produk, tapi mereka membeli solusi dari permasalahan mereka

Itulah mengapa cara lain untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda adalah dengan membuktikan bahwa produk Anda mampu menjadi solusi atas permasalahan yang konsumen alami.

Tapi, jika konsumen saja belum membelinya, bagaimana cara agar mereka tahu bahwa produk bisa menjadi solusi untuk masalah mereka?

Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan social proof, alias bukti bahwa orang lain sudah pernah mencoba produk Anda dan merasa puas.

Jenis social proof sendiri bervariasi. Contohnya seperti:

  • Testimoni – Penilaian singkat tentang produk Anda. Umumnya berasal dari konsumen yang sudah membeli produk Anda.
  • Review – Penilaian secara mendalam tentang fitur dan manfaat produk Anda dari orang yang pernah mencobanya.
  • Rating – Satuan penilaian yang bisa diberikan seseorang setelah membeli produk Anda.
  • Komentar di media sosial – Komentar konsumen tentang produk Anda di akun media sosial.
  • EndorsementKonten yang dibuat influencer untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

Dengan melihat testimoni, review, atau komentar positif tentang produk Anda, tentu konsumen akan lebih yakin untuk membeli produknya. Hal ini wajar, mengingat 78% konsumen melakukan riset produk secara online sebelum melakukan pembelian.

Masih bingung cara melakukannya? Niagahoster bisa menjadi contohnya. Social proof dalam bentuk video ditampilkan di halaman utama website.

testimoni pelanggan niagahoster untuk tingkatkan kredibilitas bisnis

Dengan cara ini, calon konsumen bisa melihat bahwa banyak pelanggan Niagahoster yang merasa puas dengan layanan hosting yang ditawarkan. Baik dari performa hosting hingga layanan pelanggan yang siap membantu konsumen kapan saja.

Anda bisa menampilkan social proof itu di website atau akun media sosial. Yang terpenting, jangan menggunakan testimoni atau review palsu, ya. Sebab, itu malah akan mencederai kredibilitas bisnis Anda.

3. Hilangkan Kekhawatiran Konsumen dengan Menawarkan Garansi 

Saat seseorang ingin membeli produk, pasti mereka akan mempertimbangkan untung ruginya terlebih dulu. 

Kalau setelah konsumen membeli produk dan merasa rugi, bisnis Anda bisa saja dianggap tidak kredibel. Contohnya:

  • Produk Anda ternyata terbuat dari bahan yang mudah rusak
  • Kemasan produk sobek saat tiba di alamat konsumen
  • Rasa produknya mengecewakan dan tidak sesuai harganya

Ketiga skenario di atas jelas pengalaman buruk bagi konsumen. Mereka sudah mengeluarkan uang untuk membeli produk, eh malah kecewa.

Tapi, bagaimana cara agar konsumen tidak rugi ketika membelinya ya?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menawarkan garansi. Jadi, jika konsumen merasa kecewa dengan produk Anda, mereka bisa mendapat penggantian produk atau pengembalian uang (refund).

Dengan begitu, kekhawatiran konsumen mendapat resiko kerugian bisa dihilangkan. Kalaupun produk tidak memuaskan, mereka masih bisa mendapat garansi yang ditawarkan.

Cara ini diterapkan juga oleh Niagahoster. Meskipun produk yang ditawarkan berkualitas baik, untuk menghilangkan keraguan konsumen sebelum membeli hosting, ada garansi 30 hari uang kembali bagi konsumen yang tidak puas. 

contoh penawaran garansi 30 hari niagahoster untuk meningkatkan kredibilitas bisnis

4. Buat Bisnis Anda Lebih Mudah Ditemukan  

Katakanlah teman Anda merekomendasikan suatu produk dan Anda tertarik membelinya. 

Namun, saat Anda mengetikkan nama bisnisnya di Google, yang Anda temukan hanya sebuah akun media sosial yang jarang diupdate. Bisnisnya tidak punya website dan tidak terdaftar juga di Google Bisnisku. 

Tentu Anda jadi ragu untuk membeli produknya, kan?

Itulah mengapa Anda harus membangun online presence yang kuat. Karena, semakin mudah bisnis Anda ditemukan, semakin besar kredibilitas bisnis Anda. 

Lalu, bagaimana cara membangun online presence yang bagus? Begini caranya:

  • Buatlah website untuk bisnis Anda. Jadikan website sebagai pusat identitas bisnis Anda di internet. Karena di sana Anda bisa memperkenalkan bisnis Anda, menampilkan produk dan layanannya, serta mengumumkan informasi penting terkait bisnis Anda. 
  • Buat akun media sosial. Gunakan platform media sosial yang sesuai dengan bisnis Anda, baik itu di Facebook, Instagram, atau LinkedIn. Jangan lupa rutin posting konten agar brand Anda terlihat aktif.
  • Daftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku. Sehingga, bisnis Anda tidak hanya muncul di Google Search tapi juga Google Maps.

Apa sih pentingnya memiliki tiga hal di atas sebagai online presence?

Misalnya Anda ingin membeli hosting dan mencari “Niagahoster” di Google, inilah hasil yang akan muncul:

tampilan niagahoster di serp google

Seperti yang Anda lihat, ada berbagai informasi tentang Niagahoster yang akan Anda temukan via Google Bisnisku, seperti:

  • Foto lokasi bisnis
  • Deskripsi bisnis
  • Alamat
  • Nomor kontak 
  • Jam operasional bisnis
  • Lokasi bisnis di Google Maps

Sebagai calon konsumen, Anda tentu lebih percaya untuk melanjutkan pembelian, kan?

Selain itu, saat Anda klik, website Niagahoster bisa Anda akses dengan lancar, artinya kredibilitas bisnis dalam memperhatikan user experience pengunjung juga terjaga.

Bayangkan kalau websitenya lambat, bukan tidak mungkin konsumen akan beralih ke kompetitor.

Ingin tahu cara agar kecepatan loading website Anda lebih singkat? Anda bisa mempelajarinya di ebook gratis Niagahoster yang membahas tentang 20+ tips membuat website WordPress super cepat. Klik banner di bawah untuk mengunduhnya!

ebook 20 tips membuat wordpress super cepat

5. Gunakan Platform yang Aman untuk Transaksi  

Serangan hack merupakan salah satu kekhawatiran utama konsumen saat berbelanja online. Karena, saat melakukan transaksi mereka harus memasukkan informasi sensitif seperti nomor rekening dan data pribadi.

Oleh karena itu, kredibilitas bisnis juga bisa diukur dari seberapa aman konsumen bisa melakukan transaksi dengan bisnis Anda. Bahkan, platform yang sudah besar dengan banyak pengguna pun tidak otomatis menjamin keamanannya lho. Risiko keamanan masih bisa terjadi.

Sama halnya jika transaksi di website Anda tidak aman, tentu bisnis Anda akan dianggap tidak kredibel.

Tapi, bagaimana cara membuktikkan bahwa konsumen aman untuk melakukan transaksi di website Anda?

Dalam hal ini, Anda perlu memasang HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) pada website Anda. Singkatnya, HTTPS adalah protokol pertukaran data yang dapat mencegah hacker untuk mengintip data transaksi di website Anda. 

http vs https

Website yang sudah menggunakan HTTPS biasanya ditandai dengan logo gembok di address bar dan juga HTTPS di URL websitenya. Contohnya seperti ini:

contoh pemasangan https untuk meningkatkan kredibilitas bisnis

Nah, sebelum memasang HTTPS, Anda perlu memiliki sertifikat ssl. Tapi, di mana Anda bisa mendapatkan sertifikat SSL? 

Tenang, karena jika Anda membuat website di Niagahoster, Anda akan mendapat SSL gratis selamanya. Jadi, setelah membangun website, Anda bisa langsung memasang HTTPS pada websitenya. 

Apakah website Anda menggunakan WordPress? Jika iya, Anda juga bisa memperkuat keamanan website Anda dengan menginstal plugin keamanan seperti WordFence atau SecuPress. Sehingga, kemungkinan website bisnis Anda diserang menjadi semakin kecil. 

Baca Juga: Hindari Masalah Keamanan Website WordPress dengan Satu Solusi Ampuh!

Buat Bisnis Anda Lebih Kredibel dengan Website yang Berkualitas!

Kredibilitas adalah salah satu resep utama agar bisnis bisa bertahan lama. Anda sudah mempelajari beberapa tips jitu untuk meningkatkan kredibilitas bisnis di atas.

Salah satu langkah membangun kredibilitas yang efektif adalah adalah menyediakan website yang cepat dan aman untuk bertransaksi dengan baik. 

Untuk mewujudkannya, Anda memerlukan layanan hosting yang dapat diandalkan. 

Niagahoster adalah penyedia layanan hosting dengan kualitas terbaik sehingga memudahkan Anda membuat website yang cepat, aman, dan stabil:

  • Cepat – Dengan dukungan LiteSpeed, web server tercepat di dunia, pengunjung website Anda akan menikmati kecepatan loading yang singkat.
  • Aman – Niagahoster memiliki fitur keamanan ampuh seperti Imunify360, proteksi DDoS, gratis SSL, serta auto backup. Jadi, hacker akan kesulitan untuk mencari celah keamanan di website Anda.
  • Stabil – Uptime rate Niagahoster berada di atas 99.9%. Artinya, kemungkinan website Anda down sangat kecil, dan pengunjung pun bisa mengakses website Anda 24 jam.

Itupun masih ditambah dengan adanya dukungan pelanggan 24/7 via live chat, email, atau telepon. Jadi, ketika Anda mengalami kendala, bisa cepat ditangani dengan baik. 

Kabar baiknya lagi, tim Niagahoster akan membuatkan websitenya untuk Anda! Jadi, Anda tak perlu lagi pusing-pusing memikirkan bagaimana cara membangun websitenya dari nol. 

Anda hanya perlu memilih template website yang sesuai dengan bisnis Anda, lalu tunggu sampai websitenya selesai. Simpel sekali, kan?

template website di niagahoster

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk tingkatkan kredibilitas bisnis Anda dengan membangun website berkualitas di Niagahoster!

Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]