Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Instal Candy CBT di cPanel

4 min read

Siapa Saja yang Membutuhkan Web Hosting

Candy CBT adalah aplikasi yang digunakan untuk memfasilitasi ujian online. Namun, Anda perlu menginstalnya di hosting terlebih dulu agar bisa diakses melalui internet. Lalu, bagaimana cara instal Candy CBT di cPanel hosting?

Selamat, Anda berada di halaman yang tepat! Di artikel ini, Anda akan mempelajari panduan instal Candy CBT di cPanel secara lengkap. Yuk, baca lebih lanjut!

Apa Itu Candy CBT?

Candy CBT adalah aplikasi web yang dibuat untuk memudahkan pengguna melakukan atau menyelenggarakan ujian berbasis komputer (Computer Based Test). 

Aplikasi Candy CBT memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti manajemen nilai, bank soal, pengelolaan mata pelajaran dan data siswa. Tak heran, kini Candy CBT banyak digunakan oleh berbagai instansi pendidikan di Indonesia.

Aplikasi ujian online ini bersifat open-source, loh! Jadi, Anda bisa langsung mendownload Candy CBT di web resminya secara gratis, dan melakukan modifikasi pada source code aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin melaksanakan ujian secara online dengan Candy CBT, Anda perlu tahu dulu cara instal Candy CBT. Mari simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Panduan Instal Candy CBT di cPanel

Sebelum mengikuti panduan cara instal Candy CBT di cPanel, Anda perlu menyiapkan hosting dan file installer Candy CBT. Pastikan Anda mendownload filenya melalui  website resmi Candy CBT agar aplikasi dapat terinstall dengan baik tanpa error.

Namun, sebelum download, Anda perlu registrasi dulu dengan menyebutkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sekolah Anda. Nantinya, perlu aktivasi akun oleh admin Candy CBT di grup Telegram. Setelah aktif, Anda bisa mendownload installernya.

Jika semua persiapan telah dilakukan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara Install Candy CBT di cPanel hosting berikut ini:

  1. Melakukan Login ke cPanel
  2. Mengakses Menu File Manager
  3. Mengupload File Candy CBT
  4. Mengekstrak File Candy CBT
  5. Membuat Database Baru
  6. Mengimport Database ke phpMyAdmin
  7. Melakukan Konfigurasi Database
  8. Mengakses Candy CBT

Nah, simak penjelasan lengkap tutorial Candy CBT berikut ini!

1. Melakukan Login ke cPanel

Langkah pertama untuk melakukan instalasi Candy CBT di cPanel hosting adalah login ke cPanel terlebih dulu. 

Anda bisa login dengan mengakses alamat namadomainanda/cpanel ataupun namadomainanda:2083. Lalu, masukkan username dan password di kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Login.

Bagi pengguna Niagahoster, Anda akan mendapat kemudahan untuk login ke cPanel melalui Member Area Niagahoster. Caranya, klik tombol Kelola Layanan, kemudian klik menu File Manager di tab Quick Shortcut ke cPanel.

member area quick shortcut to cpanel file manager

2. Mengupload File Candy CBT

Selanjutnya, tentukanlah direktori tempat tujuan instalasi. Jika Anda ingin menginstal Candy CBT di domain utama, masuklah ke folder public_html

Namun, karena pada tutorial Candy CBT kali ini kami akan menginstalnya di subdomain, maka kami masuk ke direktori subdomain yang kami buat yaitu public_html/candycbt

Jika sudah masuk ke folder tujuan, klik Upload. Anda akan diarahkan ke halaman upload seperti gambar di bawah ini:

mengupload file candy cbt

Klik tombol Select File untuk memilih file .zip Candy CBT yang tersimpan di komputer Anda. Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai dilakukan. Kemudian, silakan kembali ke direktori tempat Anda menyimpan file instalasi.

3. Mengekstrak File Candy CBT di Hosting

Sekarang, Anda akan melihat file instalasi Candy CBT tersimpan di folder hosting Anda. Untuk mengekstraknya, klik kanan pada file .zip tersebut, lalu pilih Extract.

mengekstrak file candy cbt di hosting

Tuliskan path dimana Anda akan mengekstrak file tersebut. Kemudian, klik tombol Extract Files.

memilih folder tempat menyimpan file hasil ekstraksi

Di panduan cara instal Candy CBT ini, file hasil ekstraksi akan tersimpan di folder baru yang terbentuk di dalam direktori public_html/candycbt. Masuklah ke folder baru tersebut, lalu klik Select All.

Kemudian, klik kanan dan pilih Move untuk memindahkan semua file hasil ekstraksi ke folder utama tempat penyimpanan file instalasi. 

memindahkan file ekstraksi ke folder utama domain atau subdomain

Jika Anda menggunakan domain utama, tuliskan public_html di kolom yang tersedia. Jika Anda menggunakan subdomain, tuliskan path folder subdomain Anda. Jangan lupa, klik Moves File.

memilih folder utama domain atau subdomain

Nah, sekarang semua file Candy CBT sudah dipindahkan. Sebenarnya, saat ini Anda sudah bisa mengakses Candy CBT pada domain atau subdomain Anda. Hanya saja, tampilannya masih akan terlihat seperti ini:

error candy cbt yang disebabkan karena belum membuat database

Anda bisa melihat adanya pesan pemberitahuan bahwa database belum terbentuk. Oleh karena itu, yuk buat database dan lanjutkan tutorial Candy CBT pada langkah berikutnya.

4. Membuat Database Baru

Kembalilah ke dashboard cPanel hosting Anda, kemudian klik menu MySQL Database. Di halaman tersebut, Anda akan membuat database baru.

mengakses menu mysql di cpanel

Tuliskan nama database yang ingin Anda buat di kolom yang tersedia pada bagian Create New Database. Lalu, klik Create Database.

membuat database baru

Setelah itu, masih di halaman yang sama, scroll ke bawah dan buatlah user MySQL baru di bagian Add New User. Masukkan username dan password yang akan Anda gunakan, lalu klik tombol Create User.

membuat user untuk database baru

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan user tersebut ke database Anda. Caranya, pada bagian Add User To Database, pilih nama user yang baru saja Anda buat. Kemudian, pilih database yang telah Anda buat sebelumnya pada kolom dropdown yang tersedia.

menambahkan user ke database baru

Jangan lupa, klik tombol Add. Anda akan diarahkan ke halaman Manage User Privileges untuk mengatur akses apa saja yang diberikan pada user yang Anda buat. 

Silakan beri tanda ceklis pada checkbox ALL PRIVILEGES untuk memberikan semua akses pengelolaan database kepada user. Lalu, klik tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan. 

mengatur hak akses user terhadap database

5. Mengimport Database ke phpMyAdmin 

Langkah selanjutnya dalam panduan cara install Candy CBT di cPanel hosting adalah melakukan import database ke phpMyAdmin.

Pertama-tama, Anda perlu mendownload file .sql yang terdapat pada file instalasi Candy CBT terlebih dulu. Caranya, akses menu File Manager dan masuklah ke folder config yang terdapat pada direktori tempat menyimpan file instalasi.

folder config di candy cbt

Temukan file bernama ecandy28r3.sql. Nama file akan berbeda sesuai versi Candy CBT yang Anda gunakan. Yang pasti, pilih file bernama candy dengan ekstensi .sql. Kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih Download

download file database candy cbt

Selanjutnya, kembalilah ke dashboard cPanel dan akses menu phpMyAdmin pada bagian Database. Jika halaman phpMyAdmin sudah terbuka, pilih tab Import. Klik tombol Choose File dan pilih file database SQL yang telah Anda download sebelumnya.

import database ke phpmyadmin

Jika sudah, klik tombol Go untuk mulai mengimport file database.

6. Melakukan Konfigurasi Database

Kalau database sudah berhasil diimport, masuklah kembali ke folder config dan temukan file bernama config.database.php. File tersebut berisi kode php untuk menghubungkan database dengan aplikasi Candy CBT.

Klik kanan pada file config.database.php, kemudian pilih Edit.

mengedit file config.database.php

Tab baru akan terbuka, di halaman ini Anda perlu melakukan konfigurasi database dengan melakukan pengeditan pada kode yang tersedia. Tenang saja, Anda hanya perlu mengedit tiga baris kode saja, yaitu:

  • $user : Masukkan nama user yang telah dibuat pada langkah sebelumnya
  • $pass : Masukkan password user MySQL Anda
  • $debe : Masukkan nama database baru yang Anda buat
melakukan konfigurasi server database

Jika ketiga baris kode tersebut sudah diisi dengan benar, klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Nah, sekarang database sudah terhubung dengan aplikasi Candy CBT yang Anda miliki.

7. Mengakses Candy CBT

Langkah terakhir dalam tutorial Candy CBT ini adalah mengecek keberhasilan instalasi. Caranya, akseslah nama domain atau subdomain yang Anda gunakan. Jika tampilannya sudah seperti gambar di bawah ini, maka Candy CBT sudah terinstall dengan baik di hosting Anda.

halaman login siswa candy cbt

Gambar di atas merupakan tampilan halaman login default untuk siswa. Kalau Anda ingin membuka halaman Admin, Anda bisa mengakses url namadomainAnda/admin. Nantinya, tampilannya akan seperti ini:

halaman login admin candy cbt

Untuk login ke halaman admin di aplikasi Candy CBT, Anda memerlukan username dan password. Detail login bisa Anda tanyakan pada admin pengembang aplikasi Candy CBT ataupun Anda buat sendiri di phpMyAdmin.

Kesimpulan

Demikianlah panduan instal Candy CBT di cPanel. Sangat mudah, bukan? Intinya, Anda hanya perlu melakukan langkah dalam tutorial Candy CBT berikut ini:

  1. Mengupload dan mengekstrak file installer Candy CBT di direktori domain atau subdomain Anda. 
  2. Membuat database baru.
  3. Melakukan konfigurasi database. 

Jika ketiga langkah utama diatas sudah dilakukan dengan benar, Candy CBT akan langsung bisa diakses pada domain yang Anda miliki. 

Tentunya, agar ujian online dengan Candy CBT yang akan diselenggarakan berjalan baik, jangan sampai server mengalami down, ya. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan layanan hosting yang cepat dan aman. 

Salah satu layanan hosting yang bisa Anda pilih adalah paket Cloud Hosting Niagahoster.

Cloud Hosting Niagahoster menggunakan data center tier 4 yang menawarkan uptime sebesar 99.99%. Dengan begitu, Candy CBT akan tetap bisa diakses online tanpa gangguan. 

Tak hanya itu, dengan menggunakan web server LiteSpeed, Cloud Hosting Niagahoster akan membuat Candy CBT Anda lebih cepat diakses. Apalagi, layanan kami memiliki sumber daya yang besar untuk menampung traffic tinggi.

Dengan berbagai fitur yang kami miliki, kami menjamin Cloud Hosting Niagahoster akan mendukung performa Candy CBT Anda lebih optimal hanya dengan harga mulai dari Rp120rb/bulan saja.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai berlangganan Cloud Hosting Niagahoster untuk melaksanakan ujian online dengan aplikasi Candy CBT Anda!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *