Faradilla Ninda Ninda memulai karier profesionalnya sebagai seorang penerjemah, lalu mulai terjun ke dunia Digital Marketing sejak bergabung dengan Niagahoster.

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

6 min read

Siapa bilang bikin website itu mahal? Ada banyak cara membuat website gratis, kok. Tak perlu khawatir harus bisa coding, membangun website gratis bisa dilakukan hanya dalam beberapa langkah saja!

Terlebih lagi saat ini website sudah seperti kebutuhan wajib bagi siapa pun, baik sebagai web portofolio, toko online, maupun sekadar tempat mencurahkan kreativitas. Dengan website, siapa pun bisa menjangkau Anda dari mana pun, tanpa terhalang jarak dan waktu.

Nah, apabila Anda ingin membuat website tapi belum siap mengeluarkan sejumlah biaya, kami akan membocorkan cara buat website gratis yang tentunya mudah diikuti pemula. Makin penasaran, kan? Langsung saja, ini dia tutorial membuat website gratis!

Cara Membuat Website Gratis dalam 7 Langkah Mudah

Di bagian ini, kami akan membahas langkah-langkah membuat website gratis yang menarik untuk meningkatkan kehadiran Anda secara online.

Ini dia 7 cara membuat website gratis yang bisa Anda ikuti:

  1. Tentukan jenis website
  2. Dapatkan hosting dan domain gratis
  3. Install WordPress
  4. Install tema situs web
  5. Install plugin situs web
  6. Buat postingan website pertama
  7. Optimasi website

Untuk pengelolaan konten yang lebih mudah, kami merekomendasikan platform WordPress untuk membangun website gratis.

Nah sekarang, mari bahas cara buat website gratis secara langkah demi langkah.

1. Tentukan Jenis Website

Langkah pertama dalam cara bikin website gratis adalah menentukan jenis website. Berikut beberapa jenis website yang paling umum saat ini untuk membantu Anda menentukan jenis website seperti apa yang akan dibuat:

  • Website Pribadi. Jenis website ini dimiliki oleh seseorang sebagai sebuah identitas online. Jenis website ini biasanya berupa web portofolio, atau website berisi opini pribadi tentang suatu hal atau pengalaman sehari-hari.
  • Website Sekolah. Banyak sekolah yang saat ini membuat website untuk memudahkan akses informasi. Tidak hanya untuk mengetahui lokasi dan fasilitas yang dimiliki, website sekolah sering dimanfaatkan untuk menampilkan kegiatan belajar mengajar. Contohnya: SMK Telkom Jakarta, dan SMAN 2 Blitar.
  • Blog. Blog adalah jenis website ini menampilkan informasi yang selalu up-to-date. Ciri dari blog adalah menampilkan informasi terbaru paling atas. Blog bisa dimiliki oleh pribadi maupun perusahaan, contohnya blog Niagahoster ini sendiri.
  • Website Toko Online. Dengan membuat website toko online, Anda bisa melengkapi website dengan berbagai fitur untuk menjual produk sehingga memudahkan transaksi online dan mengamankan pembayaran. Anda pun bisa menjual produk kepada pelanggan dari berbagai penjuru dengan website toko online.
  • Company Profile. Website company profile atau perusahaan adalah website yang dimiliki perusahaan tertentu untuk menampilkan profil, kontak, dan produk atau layanan yang dimiliki perusahaan tersebut. Anda dapat mempelajari panduan cara membuat website perusahaan dari kami.
  • Website Instansi. Jenis website ini banyak dimanfaatkan oleh instansi pemerintah dalam rangka keterbukaan informasi publik. Tidak hanya berisi kegiatan instansi tertentu, tapi juga terkait transparansi anggaran.
  • Website Berita. Sesuai namanya, website berita menampilkan berita terbaru. Lingkup berita yang ditampilkan bisa nasional, regional atau berdasarkan topik tertentu. Selain portal berita besar seperti Detik dan Kompas, Anda juga bisa membuat website berita Anda sendiri dengan mengikuti cara membuat website berita.
  • Website Desa. Website desa dimiliki oleh pemerintah desa untuk mendorong percepatan pembangunan desa. Saat membuat website desa, biasanya informasi yang ditampilkan adalah profil desa, kegiatan desa dan penggunaan anggaran desa.

Dengan banyaknya jenis website ini, penting untuk mengetahui website apa yang Anda inginkan dari berbagai contoh website yang ada.

2. Dapatkan Hosting dan Domain Gratis

Langkah selanjutnya dalam cara membuat website gratis adalah mendapatkan web hosting dan domain gratis. 

Di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan hosting dan free domain, lho. Namun perlu diketahui, layanan ini memiliki bandwidth dan disk space yang terbatas. Jika membutuhkan resource yang lebih besar, Anda bisa berlangganan paket hosting lain dari Niagahoster.

Kalau mau coba menggunakan hosting dan domain gratis, ini dia langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Pertama, Anda bisa menuju ke halaman web Niagahoster dan pilih paket Web Hosting Gratis.

  1. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk mendaftarkan akun atau pilih opsi sign in jika sudah punya akun.

  1. Bagi yang baru membuat akun, klik link verifikasi yang diterima melalui email. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke member area 000webhost.

  1. Di halaman utama, ada opsi untuk membangun situs web gratis dan kolom untuk mencari nama domain. Untuk langsung bikin website gratis, klik tombol Buat Website Baru.

Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan opsi ini akan memberi Anda domain gratis dengan subdomain “000webhostapp.com” yang tentunya kurang profesional.

Apabila menginginkan domain yang profesional dengan nama incaran Anda sendiri, gunakan kolom pencarian domain yang tersedia di panel 000webhost.

Atau kalau Anda menginginkan nama domain gratis dengan hosting yang cepat, aman, dan profesional, Anda bisa mendapatkan paket hosting dari Niagahoster.

Apalagi semua paket hosting di Niagahoster sudah menyertakan free nama domain (untuk 1 tahun), SSL gratis seumur hidup, CMS WordPress, serta email bisnis untuk membuat email dengan domain sendiri.

CTA banner web hosting

  1. Isi nama website dan password di kolom yang tersedia. Jika sudah, klik Submit.

Setelah selesai membuat akun, Anda akan diarahkan ke dashboard member area 000webhost untuk mengelola Content Management System (CMS).

3. Install WordPress

Setelah mendapatkan web hosting dan subdomain gratis, cara membuat website gratis berikutnya adalah menginstall WordPress. 

Sebenarnya, ada banyak cara install WordPress yang dapat Anda lakukan. Tapi di sini, kami ajak Anda mencoba cara install WordPress melalui area panel 000webhost. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Akses area panel akun 000webhost Anda. Jika sudah, klik tombol Kelola pada website yang sudah Anda buat.

  1. Di halaman berikutnya, klik simbol WordPress di bagian Website untuk memasang CMS tersebut.

  1. Isi username dan password admin serta pilih bahasa yang ingin ditampilkan di antarmuka WordPress. Setelah semua kolom terisi, klik tombol Install dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Karena hosting gratis memiliki bandwidth yang terbatas, proses instalasi ini akan memakan banyak waktu. Tentu saja hal ini sangat kurang efisien bagi Anda yang sedang mencari cara membuat website bisnis, karena performa bisnis Anda akan turut terpengaruh.

Untuk bisnis, Anda bisa berlangganan WordPress Hosting dari Niagahoster yang sudah dilengkapi dengan CMS WordPress. Jadi, Anda tak perlu lagi repot-repot install WordPress sendiri.

Dengan lebih banyak resource, Anda bisa memanfaatkan website WordPress untuk membangun bisnis toko online, membuat website perusahaan, membuka bisnis undangan digital, dan masih banyak lagi.

WordPress Hosting CTA Button

4. Install Tema Situs Web

Selanjutnya, cara membuat website gratis berlanjut ke menginstall tema WordPress. Memasang tema akan memudahkan Anda dalam membuat desain website dan mempercantik tampilan website Anda. 

Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti tutorial berikut:

  1. Masuk ke dashboard WordPress dengan menambahkan wp-admin di belakang domain Anda. Misalnya, namadomain.com/wp-admin. Setelah itu, di layar Anda akan muncul halaman login seperti ini.

  1. Isi username dan password akun WordPress Anda untuk login ke dashboard WordPress. 
  2. Akses menu Appearance > Themes yang ada di sidebar dashboard WordPress.

  1. Di halaman berikutnya, klik Add New. Di sini, pilih tema WordPress gratis yang ingin Anda terapkan.

  1. Di tutorial ini, kami pilih tema Neve. Setelah menemukan pilihan tema yang diinginkan, klik tombol Install, lalu lanjutkan dengan klik Activate.

5. Install Plugin Situs Web

Setelah memasang tema yang Anda inginkan, cara membuat website gratis yang selanjutnya adalah menginstall plugin. Bagi yang belum tahu, plugin adalah software untuk menambah fungsi pada website. 

Berikut cara install plugin WordPress yang bisa Anda ikuti:

  1. Langkah membuat website gratis ini diawali dengan mengklik menu navigasi Plugins > Add New.

  1. Selanjutnya, temukan plugin WordPress terbaik yang ingin Anda install. 

Perlu diingat, meski banyak sekali plugin fungsional yang bisa diinstall, tetap pilih yang sesuai kebutuhan website saja. Jadi, hapus plugin yang tidak dibutuhkan agar kinerja website tidak berat. 

Sebagai saran, kami rekomendasikan Anda memasang plugin-plugin penting ini pada website:

  • Yoast SEO. Memudahkan Anda mengoptimasi performa SEO website di mesin pencari sehingga bisa menarik pengunjung lebih banyak. 
  • LiteSpeed Cache. Mempercepat loading halaman website. 
  • Akismet Anti-Spam. Mencegah serangan spam pada website atau blog.

6. Buat Postingan Website Pertama

Sudah siap membuat halaman web dan menerbitkan postingan blog pertama Anda? Cara membuat postingan di WordPress cukup mudah kok. Ini dia langkah-langkahnya: 

  1. Pertama, masuk ke menu navigasi Posts > Add New. Setelah itu akan muncul editor blog post yang dilengkapi berbagai fitur.

  1. Untuk membuat post baru di WordPress, buat judul post terlebih dulu. Kemudian, isi area yang tersedia dengan konten post Anda. 
  2. Jika ingin mengubah format teks, gunakan opsi toolbar. Toolbar tersebut hampir sama dengan toolbar yang Anda gunakan di Microsoft Word.

  1. Di sisi kanan halaman, Anda akan melihat beberapa tombol dan kolom untuk mengatur postingan Anda.

Tiap box memiliki fungsi khusus, yaitu:

  • Publish. Di sini Anda dapat mengubah status dan visibilitas post. Buatlah jadwalnya. Dengan mengklik tombol Publish, post Anda dapat dibaca oleh pengunjung. Jika ingin menghapus post, klik tombol Move to Trash.
  • Categories. Pada box ini, Anda dapat menentukan kategori post yang lebih spesifik. Jika ingin membuat kategori baru, klik saja tombol +Add New Category.
  • Featured Image. Anda bisa menambahkan semacam gambar sampul untuk post dengan fitur ini.

7. Optimasi Website

Pada dasarnya, dengan lima langkah cara membuat website gratis di atas, website Anda sudah siap digunakan. 

Namun, perlu diketahui bahwa website tetap butuh optimasi. Baik dari sisi kecepatan maupun ranking di mesin pencari agar lebih optimal. Nah, apa saja yang perlu dilakukan?

  • Install Plugin Caching. Plugin caching berguna untuk membuat versi statis dari website Anda dan mengirimkannya sehingga website bisa loading lebih cepat.
  • Optimasi gambar. Ukuran gambar yang diupload di website perlu dikompresi untuk mempercepat loading website.
  • Optimasi permalink. Google menyukai permalink yang mengandung judul atau keyword. Selain itu, permalink yang pendek akan memberikan performa yang lebih baik pada situs web.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Website Gratis?

Sampai sini, Anda sudah mempelajari cara membuat website gratis secara lengkap. Tapi, kenapa pembuatan website harus menggunakan WordPress?

Kelebihan:

  • Hemat biaya. Website gratis tentu akan menghemat budget bisnis Anda. Hal ini cocok bagi individu atau bisnis kecil dengan anggaran terbatas.
  • Berguna untuk testing. Situs web gratis dapat digunakan saat tahap pengujian sebelum beralih ke paket hosting berbayar.

Kekurangan:

  • Server tidak stabil. Biasanya, penyedia hosting gratis akan menyediakan satu server untuk banyak website sekaligus. Akibatnya, performa server jadi tidak stabil.
  • Keamanan tidak terjamin. Kebanyakan hosting gratis hanya menyediakan fitur perlindungan keamanan yang standar. Sehingga, website akan mudah terkena serangan hacker. 
  • Nama domain kurang profesional. Jika Anda menggunakan hosting gratis, Anda hanya diberi kebebasan untuk memilih nama third level domain, bukan nama domain utama. Jadi, alamat website Anda akan tertulis namawebsite.layananhosting.com. Nama domain yang terlalu panjang seperti ini tentunya terkesan tidak profesional, apalagi untuk membuat website besar seperti toko online.
  • Resource terbatas. Keterbatasan ruang penyimpanan (disk space) akan menyebabkan Anda tidak dapat mengunggah file ke website dengan leluasa.

Sebetulnya, berlangganan hosting yang berkualitas tidak perlu mahal kok. Anda bisa mencoba hosting dari Niagahoster yang memberikan domain dan SSL gratis. Tak cuma itu, Anda juga bisa mendapatkan email bisnis dengan domain sendiri lho.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk tetap menggunakan website gratis, atau cukup mengeluarkan sedikit biaya untuk mendapatkan performa yang optimal?

Cara Membuat Website Gratis Itu Gampang, ‘kan?

Melalui artikel ini, Anda sudah mempelajari cara membuat website gratis dalam hanya 7 langkah mudah. Mulai dari menentukan jenis website sampai mendapatkan web hosting dan domain gratis.

Memiliki website memang menjadi hal wajib untuk menguatkan kehadiran online, terutama bagi pemilik bisnis. Tapi yang perlu diingat, menggunakan hosting dan domain yang disediakan gratis tidak menjamin performa website yang optimal.

Terbatasnya resource akan membuat akses website jadi lelet! Ditambah, website akan tampak kurang profesional karena Anda tidak bisa custom nama domain.

Supaya performa website tetap oke, pastikan Anda memilih layanan hosting yang tepat. Nah, WordPress Hosting dari Niagahoster bisa menjadi pilihan!

Dengan WordPress Hosting Niagahoster, Anda tidak perlu menginstall WordPress secara manual karena content management system ini akan otomatis terpasang. Pembuatan website jadi lebih simple dan cara pengelolaannya pun lebih mudah!

Menariknya lagi, paket ini punya fitur Auto Update WordPress untuk mengupdate versi WordPress, plugin, atau tema secara otomatis. Testing website pun semakin praktis karena ada fitur WordPress Staging yang bisa mengkloning website. 

Tunggu apa lagi? Nikmati segala keunggulan WordPress Hosting Niagahoster sekarang!

Faradilla Ninda Ninda memulai karier profesionalnya sebagai seorang penerjemah, lalu mulai terjun ke dunia Digital Marketing sejak bergabung dengan Niagahoster.

3 Replies to “Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula”

  1. selamat siang kaka saya ijin bertanya ka untuk metode pembayaran BERLANGGANAN HOSTING PLUS DOMAIN GRATIS itu kemana ya ka trimaksih

    1. Hai, kak. Niagahoster mendukung berbagai metode pembayaran, seperti kartu kredit dan debit, transfer bank, e-wallet, dan masih banyak lagi. Kakak tinggal pilih opsi pembayaran yang paling nyaman. Selengkapnya bisa dicek di sini ya kak: https://www.niagahoster.co.id/pembayaran

      Untuk paket hosting gratis domain bisa dinikmati pada hampir semua paket hosting yang disediakan Niagahoster ya kak. Kakak tinggal pilih layanan yang paling sesuai kebutuhan. Untuk lebih lengkapnya bisa dicek di sini ya kak: https://www.niagahoster.co.id/

      Semoga membantu ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *