Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Anda Ketahui

2 min read

Mengenal Remote Server

Bagi Anda yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, sudah tahukah Anda apa saja kelebihan dan kekurangan shared hosting?

Nah, artikel ini akan menjelaskan secara singkat semua kelebihan shared hosting dan kekurangannya. Sehingga, Anda akan tahu apakah shared hosting cocok untuk kebutuhan Anda.

Mari simak bersama penjelasan selengkapnya!

Apa Itu Shared Hosting?

Jenis layanan hosting - ilustrasi shared hosting

Shared hosting adalah layanan web hosting di mana Anda berbagi server dengan pengguna lainnya. Oleh karena itu, sumber daya hosting, termasuk penyimpanan, memori, dan bandwidth, Anda gunakan bersama pengguna lainnya.

Meski berbagi sumber daya, shared hosting tetap menawarkan performa yang optimal, kok. Alasannya, konfigurasi server diatur penyedia hosting sesuai kebutuhan website secara umum.

Karena servernya sudah diatur, pengoperasian shared hosting itu mudah sehingga bisa langsung Anda gunakan. Itulah mengapa layanan hosting ini cocok untuk pengguna yang masih awam tentang website dan pengelolaannya.

Nah, keunggulan shared hosting tidak hanya itu, lho. Yuk, simak di bagian selanjutnya!

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting?

Untuk memahami shared hosting lebih dalam, inilah kelebihan dan kekurangan shared hosting:

Kelebihan Shared Hosting

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan shared hosting:

1. Harganya Terjangkau

Shared hosting adalah layanan hosting yang paling terjangkau. Anda bahkan bisa mendapatkannya mulai dari Rp10.000 per bulan saja. Maka, tidak heran bahwa pengguna yang ingin membuat website pertama kali, umumnya memilih shared hosting.

2. Mudah Digunakan

Kelebihan shared hosting yang selanjutnya adalah kemudahan penggunaan. Sebab, Anda tidak perlu melakukan pengaturan server ketika pertama kali membeli layanan hosting ini. Jenis hosting lain, seperti VPS, mengharuskan Anda untuk melakukan pengaturan awal.

Selain itu, shared hosting juga mudah digunakan karena performa dan keamanan server dikelola oleh penyedia hosting. Sehingga, Anda tidak perlu belajar pengelolaan server untuk bisa menggunakan shared hosting.

Baca Juga: Ini Perbedaan Shared Hosting, VPS, dan Cloud Hosting!

3. Memiliki Sumber Daya dan Fitur yang Baik

Meski harganya terjangkau, shared hosting memiliki sumber daya yang cukup untuk membuat website yang jumlah pengunjungnya tidak begitu banyak. Contohnya, blog, website pribadi, dan website bisnis sederhana.

Fitur yang Anda dapatkan dari shared hosting juga lengkap. Misalnya, ada panel kontrol yang membantu Anda mengelola file dan database website.

Beberapa penyedia hosting bahkan menawarkan domain dan SSL gratis. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk bisa segera memiliki website dengan keamanan yang baik.

ilustrasi belajar web development

Kekurangan Shared Hosting

Ini dia beberapa kelemahan shared hosting yang perlu Anda ketahui:

1. Anda Harus Berbagi Server

Keharusan Anda berbagi server dengan pengguna lain bisa disebut kekurangan shared hosting. Sebab, Anda menjadi terbatas pada penggunaan sumber daya server yang wajar. 

Jika terjadi penggunaan resource yang berlebihan, akun hosting Anda bisa ditangguhkan. Umumnya, penyedia hosting melakukannya untuk menjaga performa server shared hosting secara keseluruhan.

2. Kurang Mumpuni untuk Mengelola Trafik Tinggi

Meskipun menawarkan sumber daya yang cukup, kekurangan shared hosting adalah belum mampu menampung banyak pengunjung atau trafik sekaligus.

Contohnya, website toko online yang diserbu pengunjung saat menyelenggarakan flash sale. Ketika website dengan shared hosting diserbu jutaan konsumen di waktu yang sama, website itu bisa jadi lambat atau bahkan tidak bisa diakses.

Maka, apabila website Anda mulai ramai pengunjung, Anda perlu upgrade ke layanan hosting dengan sumber daya yang lebih mumpuni.

3. Pengaturan Hosting Terbatas

Penyedia hosting membatasi Anda akses untuk mengubah pengaturan di shared hosting. Utamanya, pada pengaturan utama yang berdampak pada kestabilan server. 

Hal ini menjadi kekurangan shared hosting karena mencegah Anda untuk melakukan konfigurasi untuk mengoptimalkan kecepatan atau keamanan hosting. Meskipun sebenarnya sudah cukup optimal untuk penggunaan standar.

Jika kekurangan shared hosting ini menghambat Anda dalam mengembangkan website, sebaiknya Anda memilih jenis hosting lain yang menawarkan akses pengaturan hosting.

Baca Juga: Daftar Lengkap Kekurangan Hosting Gratis

Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting, kan?

Demikianlah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan shared hosting. Apakah Anda sudah kian mantap untuk menggunakan jenis layanan hosting ini?

Secara singkat, kelebihan shared hosting antara lain:

  • Memiliki harga terjangkau
  • Pengoperasiannya mudah
  • Sumber daya dan fiturnya cukup untuk membuat website

Sedangkan, kekurangan shared hosting, yaitu:

  • Anda harus berbagi server dengan pengguna lain
  • Sumber dayanya tidak cukup untuk menampung banyak pengunjung
  • Pengaturannya tidak bisa Anda ubah

Meski memiliki kelemahan, keunggulan shared hosting lebih banyak. Terutama, apabila website Anda belum memiliki begitu banyak pengunjung dan tidak membutuhkan pengaturan khusus.

Nah, Niagahoster adalah penyedia layanan hosting yang bisa jadi pilihan untuk membeli shared hosting. 

Shared hosting Niagahoster memiliki fitur lengkap untuk membantu Anda membangun website, di antaranya:

  • Server dengan kecepatan optimal seperti LiteSpeed agar website selalu lancar
  • Jaminan uptime yang tinggi, memungkinkan website untuk selalu online
  • Sistem keamanan yang baik untuk mencegah serangan malware
  • SSL gratis untuk mengamankan transfer data antara website dan pengunjung
  • Customer support 24 jam yang bisa Anda hubungi melalui berbagai media
  • Backup website otomatis untuk mencegah kehilangan data website

Semua fitur di atas bisa Anda dapatkan mulai Rp10.000/bulan. Jadi, segera pilih paket shared hosting sesuai kebutuhan Anda!

Apakah Anda ingin mencoba layanan premium Niagahoster secara gratis? Niagahoster memiliki program bagi-bagi vps gratis dan web hosting gratis yang bisa diikuti oleh siapapun.

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]