Website & Blog

19+ Fitur Toko Online yang Wajib Ada [Update 2021]

Sudah punya toko online, tapi penjualan masih belum maksimal? Bisa jadi penyebabnya ada di tampilan toko online Anda yang tidak menarik dan fitur yang kurang lengkap.

“Tapi, produk yang saya jual peminatnya banyak, kualitasnya tinggi, harganya juga bersaing. Masa sih tampilan dan fitur toko online bisa sepenting itu?”

Jangan salah! Selain produk yang dijual, tampilan dan fitur toko online Anda juga harus diperhatikan. Bisa jadi, ada fitur toko online yang tidak Anda gunakan sehingga pengunjung malas berbelanja di toko online Anda.

Menurut data dari HubSpot, 61,5% pengunjung meninggalkan website toko online karena kurangnya fitur-fitur penting. Sedangkan, 38,5% calon pembeli meninggalkan website yang tampilannya ketinggalan zaman.

Tidak mau kan, toko online Anda ditinggalkan calon pembeli karena masalah sepele?

“Hmmm… Iya juga ya. Terus, apa saja dong fitur toko online yang wajib ada?”

Pastinya banyak sekali. Untungnya, Anda berada di artikel yang tepat. Karena kali ini, kami akan membahas secara lengkap fitur apa saja yang wajib ada di toko online. Dijamin bakal membuat toko online Anda jadi lebih menarik.

Penasaran kan? Makanya, baca hingga selesai ya!

19+ Fitur Wajib Toko Online

Ada lebih dari 19 fitur toko online yang wajib Anda punya, yaitu:

  1. Website User-Friendly
  2. Website Mobile-Friendly
  3. Logo Bisnis
  4. Customer Login
  5. Pencarian Produk
  6. Detail Produk
  7. Keranjang Belanja (Cart)
  8. Wishlist
  9. Review Pelanggan
  10. Prediksi Ongkos Kirim
  11. Produk Terkait (Related Items)
  12. Halaman Promo
  13. Informasi Produk Baru
  14. Tombol Call-to-Action (CTA)
  15. Payment Gateway
  16. Link dan Ikon Penting
  17. Frequently Asked Questions (FAQ)
  18. Kebijakan Pengembalian (Return Policy)
  19. Layanan Pelanggan (Customer Support)
  20. Fitur-Fitur Keamanan

Berikut pembahasan masing-masing fitur toko online selengkapnya.

1. Website User-Friendly

Website user-friendly adalah website yang didesain agar mudah diakses oleh pengunjung. Jadi, pengunjung bisa menemukan apa yang mereka cari di website dengan cepat dan gampang.

Berdasarkan survey dari Hubspot, 76% konsumen mengatakan bahwa hal terpenting dalam desain website adalah kemudahan dalam mencari apa yang mereka butuhkan.

Lalu, bagaimana cara membuat website jadi user-friendly?

Selain cara-cara di atas, ada baiknya Anda paham kriteria sebuah website dikatakan user-friendly. Anda bisa membaca artikel kami tentang 11+ kriteria website user-friendly.

2. Website Mobile-Friendly

Selain user-friendly, pastikan website toko online Anda juga mobile-friendly. Website mobile-friendly adalah website yang dapat menyesuaikan tampilannya dengan perangkat yang digunakan. Website mobile-friendly sering disebut dengan responsive.

Membangun website mobile-friendly sangat penting. Sebab, 50% transaksi toko online berasal dari perangkat mobile. Perusahaan Walmart bahkan mampu meningkatkan penjualan hingga 98% setelah mengoptimasi websitenya agar mobile-friendly!

Wah, website mobile-friendly terbukti mampu meningkatkan penjualan ya? Untuk mengetahui apakah website sudah mobile friendly, Anda bisa mengikuti panduan cara mengecek responsivitas website dari kami.

Nah, jika ternyata website Anda belum mobile-friendly, Anda wajib mengubahnya ya! Cara paling mudah dengan menginstall template. Kami punya rekomendasi 11 template mobile-friendly terbaik dan gratis yang bisa Anda coba.

3. Logo Bisnis

Logo sebenarnya bukan bagian dari fitur, tapi menambahkan logo bisnis ke toko online sangat penting. Logo bisa dibilang sebagai identitas bisnis, agar toko online Anda semakin dikenal banyak orang.

Dengan logo, calon pelanggan dapat mengenali toko Anda dengan mudah. Coba tengok toko online atau ecommerce yang Anda tahu. Pasti mereka punya logo bisnis yang mudah dikenali, kan?

Tapi selain sebagai identitas bisnis, logo juga bisa digunakan sebagai pengganti tombol home. Menggunakan logo sebagai tombol home bisa memudahkan pengunjung dalam menavigasi website toko online Anda.

Sayangnya, masih banyak pebisnis online pemula yang menganggap remeh logo bisnis. Mulai dari menggunakan desain logo yang asal-asalan, sampai yang paling parah menggunakan logo hasil plagiat dari bisnis lain.

Untungnya kini banyak website untuk mendesain logo bisnis dengan mudah dan gratis. Jadi, sudah tidak ada alasan bagi Anda untuk mengabaikan logo bisnis sebagai fitur wajib toko online.

Baca juga: 9 Website untuk Membuat Logo Online Gratis

4. Customer Login

Customer login merupakan fitur toko online untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika berbelanja. Sebelum calon pembeli bisa membeli produk, mereka harus login terlebih dahulu.

Nah, sayangnya banyak calon pembeli yang akhirnya tidak jadi berbelanja karena proses login yang ribet. Bahkan menurut Neil Patel, proses login yang berbelit-belit membuat pengunjung malas untuk checkout produk.

Agar hal-hal di atas tidak terjadi, Anda harus paham kriteria halaman login yang baik, di antaranya:

  • Tombol login harus jelas – Anda tentu tidak mau calon pembeli kesulitan mencari letak tombol login di toko online Anda.
  • Pisahkan halaman login dan registrasi akun – Bedakan mana halaman login, mana halaman registrasi. Jangan sampai pengunjung Anda kebingungan.
  • Tambahkan fitur social login – Dengan fitur ini, calon pembeli bisa login lewat akun media sosial dengan sekali klik. Contohnya pada halaman login milik Niagahoster berikut:

Untungnya, Anda bisa membuat halaman login sesuai kriteria di atas dengan mudah. Caranya dengan menginstall plugin untuk login. Anda bisa membaca rekomendasi plugin custom login terbaik dari kami.

5. Pencarian Produk

Meski kedengarannya sepele, pencarian produk adalah fitur toko online yang tidak boleh Anda lewatkan. Bayangkan saja, toko online Anda menjual ratusan produk, tapi tidak memiliki fitur ini.

Pasti calon pelanggan akan kesulitan dalam mencari produk yang ingin mereka beli kan?

Nah, ketika memasukkan fitur pencarian, Anda wajib menerapkan tips-tips berikut:

  • Pastikan kolom pencarian mudah ditemukan – Tempatkan pada bagian atas website agar mudah dicari.
  • Tambahkan teks di kolom pencarian – Tambahkan teks seperti “Cari disini” atau “Apa yang Anda cari” pada kolom pencarian. Dengan begitu, pengunjung langsung paham cara pakai fitur pencarian.
  • Tambahkan fitur Auto-Complete – Ini agar pengguna tidak perlu mengetikkan semua yang ingin mereka cari.
  • Tempatkan kolom pencarian di semua halaman – Kolom pencarian tidak hanya ada di homepage toko online. Tapi juga di halaman lain, misalnya detail produk.
  • Tambahkan fitur Advanced Search – Fitur ini dapat melakukan pencarian berdasarkan filter tertentu, seperti kategori produk, rentang harga, ukuran, atau rating produk.

Untuk memudahkan Anda membuat fitur pencarian di toko online, Anda bisa menggunakan plugin. Ada beberapa plugin pencarian yang bisa Anda install, salah satunya adalah FiboSearch.

Plugin ini menawarkan fitur auto-complete, bisa melakukan pencarian berdasarkan nama produk, deskripsi, maupun filter-filter lain, serta bisa menampilkan gambar dan harga produk langsung di kolom pencarian.

6. Detail Produk

Jika calon pelanggan sudah menemukan produk yang mereka cari, selanjutnya mereka pasti ingin mengetahui informasi detail atau spesifikasi produk. Baru dari situ, calon pelanggan memutuskan jadi membeli atau tidak.

Nah, halaman detail produk berfungsi untuk memberi gambaran secara rinci tampilan, fitur dan manfaat produk yang akan dirasakan konsumen. Itulah mengapa fitur ini penting untuk mendorong calon pembeli melakukan transaksi.

Contoh fitur toko online detail produk seperti ini:

Lalu, informasi apa saja sih yang harus dimasukkan pada halaman detail produk?

  • Nama produk – Tuliskan nama produk yang Anda jual, jika perlu tambahkan informasi spesifik lain seperti warna atau ukuran produk.
  • Gambar atau video produk – Tambahkan beberapa gambar berkualitas tinggi, sehingga tidak pecah ketika pengunjung men-zoom gambar. Beri video produk jika dirasa perlu.
  • Harga produk – Selain menuliskan harga produk, ada baiknya Anda menyebutkan diskon atau harga promosi. Cara paling umum dengan menuliskan harga baru, mencoret harga sebelumnya, dan menambahkan persentase diskon dalam tanda kurung.
  • Deskripsi produk – Deskripsi produk memuat segala hal berkaitan dengan produk yang Anda jual. Mulai dari spesifikasi lengkap, ukuran produk, manfaat, hingga cara penggunaan.

Masih ada banyak informasi yang bisa Anda tambahkan pada halaman detail produk agar lebih menarik. Panduan lengkapnya bisa Anda baca pada artikel berikut ini.

Baca juga: 17+ Cara Membuat Halaman Produk yang Menarik

7. Keranjang Belanja (Cart)

Keranjang belanja berguna untuk meletakkan produk yang akan dibeli oleh pelanggan, sebelum melakukan pembayaran. Lazimnya, keranjang belanja berada di pojok kanan atas website toko online Anda.

Oh ya, keranjang belanja juga wajib Anda tambahkan pada halaman detail produk lho. Ini akan memudahkan pengguna agar bisa langsung membeli produk yang mereka lihat. Contohnya seperti ini:

Jika fitur toko online Anda belum memiliki keranjang belanja, tambahkan sekarang juga ya. Bagi Anda pengguna WordPress, cara paling mudah tentu dengan menginstall plugin. Anda bisa menginstall plugin keranjang belanja seperti WP EasyCart atau Ecwid Shopping Cart. 

Nah, jika Anda tidak ingin ribet, Anda bisa memasang plugin toko online yang terintegrasi. Misalnya WooCommerce atau Shopify yang lebih lengkap dan kaya fitur, termasuk fitur keranjang belanja. Jadi, Anda tidak perlu repot menginstall plugin satu per satu untuk membangun toko online. 

Baca juga: Shopify vs WooCommerce, Mana yang Lebih Baik?

8. Wishlist

Apa jadinya jika pelanggan menginginkan produk Anda, tapi baru akan membelinya di masa depan? Pastinya mereka perlu fitur untuk menyimpan produk yang ingin dibeli di kemudian hari.

Nah, wishlist adalah fitur yang mereka butuhkan. Jadi ketika pelanggan siap membeli produk, mereka bisa langsung menemukannya tanpa harus mencari lagi lewat fitur pencarian.

Berikut adalah contoh fitur toko online wishlist pada website Amazon:

Beberapa tips bagi Anda yang ingin menerapkan fitur wishlist di toko online Anda, antara lain:

  • Bebaskan pengguna untuk mengkustomisasi dan membuat lebih dari satu wishlist;
  • Tambahkan tombol share agar pengguna bisa berbagi isi wishlist ke teman, keluarga, atau ke akun sosial media mereka;
  • Tempatkan wishlist di tempat yang mudah ditemukan pengguna, misalnya homepage atau halaman akun;
  • Pastikan fitur wishlist tersedia di semua platform, baik website desktop maupun di mobile web.

Nah, bagi Anda pengguna WooCommerce, Anda bisa dengan mudah menambahkan plugin wishlist lho. Caranya dengan menginstall plugin. Kami telah merangkum 5+ plugin wishlist WooCommerce terbaik yang bisa Anda coba.

9. Rating dan Review Pelanggan

Berdasarkan data dari Learn Hub, 95% calon pembeli membaca review produk sebelum akhirnya memutuskan membeli. Selain itu, Bright Local menyebut bahwa 57% pelanggan hanya membeli produk dengan rating di atas bintang 4.

Jadi, biarkan pelanggan menilai dan menyampaikan pendapat mereka setelah menerima produk yang dibeli dari Anda. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika produk toko online Anda mendapatkan penilaian buruk dari konsumen?

Ternyata, mendapat rating kurang memuaskan dari pembeli tidak sepenuhnya buruk, lho! Jika toko online Anda hanya menerima rating dan review bagus, bisa jadi calon konsumen beranggapan bahwa review yang ditulis adalah palsu.

Maka dari itu, jangan ragu untuk menambahkan rating dan review pelanggan sebagai salah satu fitur wajib toko online. Nantinya, rata-rata rating dan jumlah review pembeli bisa Anda letakkan pada halaman detail produk.

Terus, bagaimana cara buat review di toko online berbasis WordPress? Gampang, yuk simak artikel kami tentang cara membuat review di WordPress.

10. Prediksi Ongkos Kirim

Bagi sebagian besar konsumen, biaya ongkos kirim pasti menjadi salah satu pertimbangan jadi tidaknya mereka membeli suatu produk. Makanya, Anda perlu menambahkan informasi ongkos kirim sebagai fitur toko online.

Calon pembeli jadi lebih yakin jika tahu biaya yang harus mereka keluarkan untuk mengirimkan produk ke tempat mereka tinggal. Seperti contoh berikut, tinggal masukkan nama kota dan pembeli bisa mengetahui biaya ongkos kirim yang harus dibayar.

Nah, bagi Anda yang ingin menambahkan fitur prediksi ongkos di toko online, ada cara mudahnya nih. Yakni dengan menggunakan plugin ongkos kirim. Selengkapnya Anda bisa membaca artikel 7+ plugin ongkos kirim terbaik untuk toko online.

11. Produk Terkait (Related Items)

Produk terkait adalah rekomendasi produk-produk sejenis yang biasanya ditempatkan di bagian bawah halaman detail produk. Menambahkan fitur toko online yang satu ini sangat penting. Kenapa demikian?

Ternyata menampilkan produk sejenis bisa membuat calon pembeli menghabiskan waktu lebih lama di toko online Anda. Mereka jadi merasa punya banyak opsi untuk dilihat-lihat sebelum memutuskan membeli.

Selain itu, pelanggan Anda kemungkinan jadi mau membeli lebih dari satu produk. Apalagi kalau Anda menerapkan promo ongkir dengan minimal pembelanjaan atau diskon sesuai nominal kelipatan.

Bisa dibilang, menampilkan produk terkait di toko online ini adalah penerapan dari teknik cross selling. Selengkapnya Anda bisa membaca artikel tentang cara meningkatkan penjualan online dengan cross selling dan upselling.

12. Halaman Promo

Semua orang menyukai promo, penawaran spesial, ataupun diskon. Maka dari itu, menambahkan halaman promo ke toko online sangat penting.

Sekarang ini, hampir semua bisnis online menjadikan promo sebagai strategi untuk mendongkrak penjualan. Karena persaingan yang ketat, Anda perlu cara agar informasi promo yang sedang berlangsung dapat diketahui oleh pengunjung.

Nah, kehadiran halaman promo ini membantu calon pembeli agar tahu promo apa saja yang sedang berlangsung di toko online Anda. Agar halaman promo makin maksimal, kami punya beberapa ide promosi yang bisa Anda terapkan di toko online:

  • Beri pelanggan Anda harga spesial pada momen-momen khusus, misalnya hari gajian atau tanggal cantik;
  • Berikan penawaran terbatas, misalnya potongan harga hanya dalam waktu 3 jam;
  • Berikan gratis ongkos kirim dengan minimal pembelian tertentu;
  • Beri promo paket bundling, yakni harga spesial jika pelanggan membeli lebih dari satu produk di saat bersamaan.

Hal-hal di atas bisa meningkatkan penjualan toko online Anda. Contoh fitur toko online ini bisa anda lihat pada halaman promo website Niagahoster berikut:

13. Informasi Produk Baru

Jika Anda memiliki toko fisik, apa yang akan Anda lakukan ketika memiliki koleksi produk baru untuk dijual? Pasti Anda memajangnya di tempat yang strategis agar produk tersebut dilihat oleh pengunjung yang datang.

Sama halnya dengan toko online, Anda tentu ingin produk yang baru dirilis bisa dikenal banyak orang. Oleh karena itu, Anda perlu fitur toko online berupa halaman informasi produk terbaru. 

Dari sisi pelanggan, hadirnya fitur informasi produk baru bisa membuat mereka betah berlama-lama menjelajahi toko online Anda. Karena setiap pelanggan pasti senang dengan hal-hal baru dan up to date, kan?

Nah, ketika menggunakan halaman informasi produk baru, Anda bisa menamai halaman ini semenarik mungkin, misalnya “New Arrivals”, “New Collections”, atau “Latest Collections”.

Lantas, bagaimana jika toko online Anda masih baru merintis, dan belum punya banyak produk baru? Jangan panik, Anda tetap bisa menggunakan nama lain, misalnya “Produk Terlaris”, “Produk Terpopuler”, atau “Sedang Trending”.

Untuk produk yang ditampilkan pada halaman ini, Anda bisa menambahkan informasi seperti:

  • Tag produk, misalnya “New”, “Hot”, atau “Best Seller”;
  • Nama dan spesifikasi singkat produk, seperti warna;
  • Foto produk;
  • Harga produk;
  • Rating pelanggan dan jumlah pembelian.

14. Tombol Call-to-Action (CTA)

Jika Anda menggunakan halaman promo, informasi produk baru, atau halaman lain yang sekiranya potensial untuk meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk melengkapinya dengan fitur toko online tombol Call-to-Action (CTA).

CTA itu apa sih, dan kenapa harus menggunakan CTA?

Singkatnya, CTA adalah suatu tombol ‘aksi’ yang mengajak pengunjung untuk melakukan sesuatu. Bisa membeli produk, mengisi formulir, berlangganan newsletter, dan sebagainya. Tergantung tujuan dari website yang menggunakan CTA.

Nah, jika ditempatkan di halaman-halaman strategis pada toko online, CTA bisa meningkatkan konversi penjualan lho. Sebuah studi menyatakan bahwa menambahkan CTA di toko online bisa meningkatkan penjualan hingga 22% dalam satu kuartal.

Nah, jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang CTA, jenis-jenisnya, sampai tips penerapannya, baca artikel di bawah ya.

Baca juga: Apa itu CTA? Pengertian, Jenis, dan Tips-Tipsnya

15. Payment Gateway

Agar transaksi pembelian di toko online Anda lebih mudah, Anda wajib menggunakan fitur toko online yang satu ini. Payment Gateway adalah layanan pembayaran untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli secara online.

Kenapa memudahkan? Pertama, karena payment gateway menyediakan beragam pilihan pembayaran. Jadi, konsumen bisa bebas menentukan ingin membayar lewat cara apa.

Kedua, karena payment gateway membuat proses transaksi berjalan secara otomatis. Jadi, konsumen tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran setelah mereka selesai bertransaksi.

Selain memudahkan, payment gateway juga bisa membuat transaksi jual beli jadi lebih aman lho. Ini karena perusahaan penyedia payment gateway punya sistem yang canggih.

Jadi, setiap transaksi yang masuk dapat diperiksa secara cepat dan akurat. Sehingga meminimalisir terjadinya transaksi fiktif yang merugikan.

Dengan menggunakan payment gateway, toko online Anda memiliki reputasi yang baik dan pelanggan jadi lebih aman ketika berbelanja produk Anda. Lalu, bagaimana cara memasang payment gateway di toko online?

Jika toko online Anda berbasis WordPress, anda cukup memasang plugin WooCommerce. Setelah itu, Anda bisa menggunakan salah satu dari 8+ plugin payment gateway WooCommerce terbaik.

16. Link dan Ikon Penting

Di bagian bawah website toko online, atau sering disebut footer, Anda biasanya akan menemukan link menuju halaman-halaman lain. Misalnya halaman tentang kami, kontak, karir, atau bantuan.

Ternyata, footer tersebut merupakan salah satu fitur wajib toko online yang sangat penting lho! Karena pengunjung jadi bisa mengakses halaman lain dengan cepat dan mudah, karena informasi penting di toko online telah tersedia di footer. 

Selain link menuju halaman lain, jangan lupa juga untuk menambahkan ikon-ikon penting pada bagian footer yang disebut dengan trust badge. Misalnya ikon metode pembayaran, sertifikasi keamanan, hingga tautan menuju akun media sosial resmi.

Nah, menambahkan trust badge ternyata bisa meningkatkan penjualan toko online Anda. Menurut survey dari Yieldify, kehadiran trust badge bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk berbelanja hingga 48%.

Trust badge ini banyak jenisnya, tapi kami rekomendasikan Anda untuk menambahkan enam jenis trust badge berikut ke toko online Anda:

  • Garansi checkout aman – Trust badge ini bisa meyakinkan pembeli bahwa data mereka aman selama proses checkout;
  • Jaminan produk asli – Yakinkan calon pembeli bahwa produk yang Anda jual adalah asli;
  • Gratis ongkir dan biaya pengembalian – Selain menggratiskan biaya pengiriman, berikan pelanggan Anda kemudahan dalam mengembalikan barang tanpa biaya tambahan;
  • Metode pembayaran yang didukung – Tambahkan metode pembayaran apa saja yang toko online Anda bisa layani, baik itu rekening bank, kartu kredit, kartu debit, e-wallet, atau lainnya.
  • Garansi uang kembali – Berikan pelanggan Anda garansi uang kembali jika dalam rentang waktu tertentu mereka tidak menerima produk yang dibeli.

17. Frequently Asked Questions (FAQ)

Frequently Asked Questions (FAQ) adalah halaman yang berisi kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung toko online. Mulai dari pertanyaan seputar produk, pembayaran, pengiriman, dan lain sebagainya.

FAQ merupakan salah satu fitur wajib toko online. Hal ini karena pelanggan Anda membutuhkan informasi serinci mungkin ketika mereka memutuskan untuk mencoba produk yang Anda jual.

Tanpa adanya FAQ, pelanggan akan kesulitan untuk mencari tahu informasi seputar produk dan toko online Anda. Alhasil, jumlah pelanggan yang bertanya lewat live chat akan bertambah. Dan, ini akan merepotkan Anda.

Jadi, manfaatkan betul penggunaan FAQ di toko online Anda. Nah, jika Anda masih bingung cara membuat halaman FAQ sekaligus tips mengisinya, kami punya panduannya nih. Anda bisa langsung membaca artikel berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Halaman FAQ untuk Website Bisnis

18. Kebijakan Pengembalian (Return Policy)

Satu lagi fitur toko online yang wajib Anda tambahkan, yakni kebijakan pengembalian. Kebijakan pengembalian adalah halaman yang menjelaskan tentang apa yang bisa dilakukan pembeli jika mereka tidak puas atas kualitas produk Anda.

Biasanya setiap toko online menyediakan beberapa opsi pengembalian. Mulai dari mengembalikan produk atau mengembalikan uang sesuai dengan yang pembeli bayarkan.

Fitur ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online Anda. Jika mereka tidak puas dengan apa yang Anda jual, Anda siap menanganinya dengan senang hati.

Ketika menambahkan fitur kebijakan pengembalian, jelaskan secara rinci menggunakan bahasa yang sederhana semua opsi yang bisa pelanggan Anda tempuh. Lalu, bagaimana cara membuat informasi kebijakan pengembalian di toko online?

  • Beri jangka waktu pengembalian – Beri pelanggan Anda jangka waktu sampai kapan mereka bisa mengembalikan produk, misalnya hingga 7 hari sejak produk diterima. Tambahkan pula informasi kapan toko online Anda dapat mengirim kembali produk yang dikembalikan.
  • Informasikan batasan kondisi produk – Sampaikan pada pelanggan Anda kondisi produk seperti apa yang bisa dikembalikan. Misalnya jika produk rusak karena proses pengiriman. Bisa juga dengan menambahkan syarat “produk bisa dikembalikan asal terdapat bukti rekaman video saat membuka paket.”
  • Jelaskan langkah-langkah mengembalikan produk – Jelaskan secara rinci langkah apa saja yang harus pelanggan tempuh untuk bisa mengembalikan produk. Mulai dari pengemasan produk, layanan ekspedisi yang dipilih, hingga biaya tambahan yang mungkin dibebankan.
  • Tambahkan opsi pengembalian lain – Informasikan apabila ada opsi lain yang bisa pelanggan Anda peroleh selain mengembalikan produk. Misalnya dengan mengembalikan uang senilai harga produk. Jelaskan bagaimana pelanggan bisa memperoleh dana pengembalian serta apakah ada potongan biaya jika memilih opsi ini.

19. Live Chat (Customer Support)

Live chat adalah fitur wajib toko online yang tidak boleh Anda lupakan. Lewat fitur ini, pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan Anda jika mereka memiliki pertanyaan, masalah, atau hal-hal lain yang mengganggu.

Jadi tidak hanya fokus mengejar kualitas produk yang ditawarkan, tapi Anda juga harus mengoptimalkan fitur layanan pelanggan. Nah, kenapa live chat itu penting?

  • Meningkatkan penjualan – Menurut data dari Forester, hadirnya fitur live chat bisa meningkatkan penjualan hingga 40%;
  • Membuat pelanggan merasa nyaman – Karena pertanyaan dari pelanggan bisa dijawab saat itu juga lewat live chat;
  • Menghemat pengeluaran – Dibandingkan dengan call center, menggunakan live chat jelas lebih hemat karena bisa diterapkan langsung di website.

Nah, jika Anda ingin menambahkan fitur live chat di toko online, Anda bisa menyimak panduan cara membuat live chat di WordPress. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Facebook Messenger sebagai live chat di website.

Jika Anda tidak ingin repot, kami merekomendasikan menggunakan plugin. Ada 5 plugin chat WordPress terbaik yang bisa Anda coba.

Selain itu, apabila toko online Anda belum memiliki banyak customer service untuk melayani pelanggan lewat live chat, Anda bisa memanfaatkan chatbot.

Baca juga: Mengenal Chatbot, Robot Virtual yang Penting untuk Bisnis Digital

20. Fitur-Fitur Keamanan

Terakhir, Anda wajib menambahkan fitur-fitur keamanan sebagai fitur wajib toko online. Toko online sering menjadi sasaran empuk kejahatan di dunia maya. Misalnya, infeksi malware, serangan spam, sampai pencurian data kartu kredit.

Selengkapnya Anda bisa membaca artikel kami tentang 10 isu keamanan yang wajib diwaspadai toko online dan cara mengatasinya.

Makanya, Anda wajib mengamankan toko online Anda. Selain untuk melindungi data pelanggan, ini juga upaya meyakinkan calon konsumen Anda bahwa toko online Anda adalah tempat belanja yang aman.

Ada beberapa cara untuk mengamankan toko online Anda, yaitu:

  • Pasang sertifikat SSL SSL adalah fitur untuk mengamankan pertukaran data yang terjadi di website. Ciri-ciri website toko online yang sudah dipasang SSL yaitu perubahan URL dari ‘http://’ menjadi ‘https://’ serta munculnya ikon gembok di samping URL.
  • Gunakan Two Factor Authentication (2FA) 2FA adalah fitur untuk mencegah masuknya orang-orang tidak bertanggung jawab ke website. Dengan fitur ini, pengunjung toko online Anda akan diminta kode khusus sebelum masuk ke website.
  • Pasang plugin keamanan – Salah satu plugin keamanan terbaik yang bisa Anda coba adalah Wordfence. Dengan fitur yang lengkap, Wordfence bisa melindungi website dari serangan malware, brute force, bots, spam, dan sebagainya.
  • Gunakan payment gateway yang aman – Pastikan menggunakan layanan payment gateway terpercaya untuk menghindari resiko pencurian data kartu kredit. Anda menggunakan layanan payment gateway seperti Midtrans, Xendit, atau Doku.
  • Update toko online secara berkala – Toko online yang jarang diupdate bisa menjadi celah keamanan yang bisa disusupi oleh malware, bots, atau spam. Jika Anda pengguna WordPress, Anda wajib mengupdate versi WordPress Anda secara berkala. Tak hanya itu, update pula plugin dan tema yang Anda gunakan.
  • Lakukan backup – Anda perlu melakukan backup pada toko online Anda secara rutin. Jadi, sewaktu-waktu toko online Anda terkena serangan hacker, Anda masih punya backup-nya. Untuk melakukan backup, Anda bisa menggunakan plugin backup seperti BackupBuddy atau UpdraftPlus.

Selain fitur-fitur di atas, sebenarnya masih banyak fitur toko online yang bisa Anda tambahkan. Untungnya, kami berbaik hati memberi Anda panduan lengkap lebih dari 20 fitur toko online. Panduan ini bisa Anda download dalam bentuk ebook secara gratis pada melalui link di bawah. Dijamin, bisa memikat pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda!

Ayo Buat Toko Online Anda Sendiri!

Itu tadi fitur-fitur toko online yang wajib Anda tambahkan agar menarik minat pelanggan untuk berbelanja di toko Anda. 

Ternyata membuat toko online tidak sesimpel yang dibayangkan ya? Selain fokus dalam menjual produk, Anda harus menambahkan banyak fitur penting di dalamnya. Belum lagi mempromosikan produk Anda agar penjualan lebih maksimal lagi.

Nah, agar lebih mudah mengelola toko online, kami punya solusi praktisnya nih! Caranya dengan menggunakan layanan Managed WordPress dari Niagahoster yang cocok untuk toko online.

Kok bisa? Karena, segala hal teknis mulai dari kecepatan, keamanan, dan perawatan website sudah diserahkan pada layanan hosting. Anda perlu repot mengelola hal-hal teknis di website, atau dibuat pusing jika ada kendala pada website Anda.

Anda tinggal menggunakan website dan fokus berjualan online, deh! Menariknya lagi, layanan Managed WordPress dari Niagahoster ini bisa Anda dapatkan mulai dengan Rp 32 ribu saja per bulan! Seru banget kan, hanya dengan 30 ribuan Anda bisa punya toko online sendiri.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah. Sampai jumpa lagi!

Muhammad Ariffudin

A career shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background. For him, writing is like a remedy after battling against bugs and errors.

Share
Published by
Muhammad Ariffudin

Recent Posts

10 Website Buat CV Online Gratis, Bikin HR Jatuh Hati! [Bonus Tips]

Sudah sebar Curriculum Vitae (CV) ke banyak perusahaan, tapi tak pernah lolos? Jangan minder dulu. Belum tentu karena pengalaman Anda…

2 days ago

Cara Upload File Nuxt.js di Hosting

Nuxt.js adalah framework yang kian populer untuk membuat aplikasi website. Salah satu kelebihan framework ini adalah SEO Friendly.  Anda sedang…

3 days ago

Produk & Fitur Update September 2021

Setiap harinya kami terus melakukan perbaikan kualitas produk & layanan demi kemudahan para pelanggan Niagahoster. Nah, apa saja update selama…

4 days ago

Cara Membuat Website dengan PHP

Anda ingin membuat website sendiri, tapi bingung mulai dari mana? Tenang, ada cara membuat website dengan PHP dari awal yang…

4 days ago

Denny Triana: A Day in the Life of Engineering Manager

Belum banyak orang tahu kalau di balik website yang hebat, ada peran web engineer.  Web engineer lah yang bertanggungjawab atas…

5 days ago

Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian dan Cara Mengukurnya

Kepuasan pelanggan bukan hanya dari produk, lho! Total ada enam indikator kepuasan pelanggan yang harus Anda ketahui. Yuk, simak selengkapnya.

6 days ago