Download eBook Gratis 5+ Strategi SEO Berbagai Industri
Sudah punya toko online, tapi penjualan masih belum maksimal? Bisa jadi penyebabnya ada di tampilan toko online Anda yang tidak menarik dan fitur yang kurang lengkap.
“Tapi, produk yang saya jual peminatnya banyak, kualitasnya tinggi, harganya juga bersaing. Masa sih tampilan dan fitur toko online bisa sepenting itu?”
Jangan salah! Selain produk yang dijual, tampilan dan fitur toko online Anda juga harus diperhatikan. Bisa jadi, ada fitur toko online yang tidak Anda gunakan sehingga pengunjung malas berbelanja di toko online Anda.
Menurut data dari HubSpot, 61,5% pengunjung meninggalkan website toko online karena kurangnya fitur-fitur penting. Sedangkan, 38,5% calon pembeli meninggalkan website yang tampilannya ketinggalan zaman.
Tidak mau kan, toko online Anda ditinggalkan calon pembeli karena masalah sepele?
“Hmmm… Iya juga ya. Terus, apa saja dong fitur toko online yang wajib ada?”
Pastinya banyak sekali. Untungnya, Anda berada di artikel yang tepat. Karena kali ini, kami akan membahas secara lengkap fitur apa saja yang wajib ada di toko online. Dijamin bakal membuat toko online Anda jadi lebih menarik.
Penasaran kan? Makanya, baca hingga selesai ya!
Ada lebih dari 19 fitur toko online yang wajib Anda punya, yaitu:
Berikut pembahasan masing-masing fitur toko online selengkapnya.
Website user-friendly adalah website yang didesain agar mudah diakses oleh pengunjung. Jadi, pengunjung bisa menemukan apa yang mereka cari di website dengan cepat dan gampang.
Berdasarkan survey dari Hubspot, 76% konsumen mengatakan bahwa hal terpenting dalam desain website adalah kemudahan dalam mencari apa yang mereka butuhkan.
Lalu, bagaimana cara membuat website jadi user-friendly?
Selain cara-cara di atas, ada baiknya Anda paham kriteria sebuah website dikatakan user-friendly. Anda bisa membaca artikel kami tentang 11+ kriteria website user-friendly.
Selain user-friendly, pastikan website toko online Anda juga mobile-friendly. Website mobile-friendly adalah website yang dapat menyesuaikan tampilannya dengan perangkat yang digunakan. Website mobile-friendly sering disebut dengan responsive.
Membangun website mobile-friendly sangat penting. Sebab, 50% transaksi toko online berasal dari perangkat mobile. Perusahaan Walmart bahkan mampu meningkatkan penjualan hingga 98% setelah mengoptimasi websitenya agar mobile-friendly!
Wah, website mobile-friendly terbukti mampu meningkatkan penjualan ya? Untuk mengetahui apakah website sudah mobile friendly, Anda bisa mengikuti panduan cara mengecek responsivitas website dari kami.
Nah, jika ternyata website Anda belum mobile-friendly, Anda wajib mengubahnya ya! Cara paling mudah dengan menginstall template. Kami punya rekomendasi 11 template mobile-friendly terbaik dan gratis yang bisa Anda coba.
Logo sebenarnya bukan bagian dari fitur, tapi menambahkan logo bisnis ke toko online sangat penting. Logo bisa dibilang sebagai identitas bisnis, agar toko online Anda semakin dikenal banyak orang.
Dengan logo, calon pelanggan dapat mengenali toko Anda dengan mudah. Coba tengok toko online atau ecommerce yang Anda tahu. Pasti mereka punya logo bisnis yang mudah dikenali, kan?
Tapi selain sebagai identitas bisnis, logo juga bisa digunakan sebagai pengganti tombol home. Menggunakan logo sebagai tombol home bisa memudahkan pengunjung dalam menavigasi website toko online Anda.
Sayangnya, masih banyak pebisnis online pemula yang menganggap remeh logo bisnis. Mulai dari menggunakan desain logo yang asal-asalan, sampai yang paling parah menggunakan logo hasil plagiat dari bisnis lain.
Untungnya kini banyak website untuk mendesain logo bisnis dengan mudah dan gratis. Jadi, sudah tidak ada alasan bagi Anda untuk mengabaikan logo bisnis sebagai fitur wajib toko online.
Baca juga: 9 Website untuk Membuat Logo Online Gratis
Customer login merupakan fitur toko online untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika berbelanja. Sebelum calon pembeli bisa membeli produk, mereka harus login terlebih dahulu.
Nah, sayangnya banyak calon pembeli yang akhirnya tidak jadi berbelanja karena proses login yang ribet. Bahkan menurut Neil Patel, proses login yang berbelit-belit membuat pengunjung malas untuk checkout produk.
Agar hal-hal di atas tidak terjadi, Anda harus paham kriteria halaman login yang baik, di antaranya:
Untungnya, Anda bisa membuat halaman login sesuai kriteria di atas dengan mudah. Caranya dengan menginstall plugin untuk login. Anda bisa membaca rekomendasi plugin custom login terbaik dari kami.
Meski kedengarannya sepele, pencarian produk adalah fitur toko online yang tidak boleh Anda lewatkan. Bayangkan saja, toko online Anda menjual ratusan produk, tapi tidak memiliki fitur ini.
Pasti calon pelanggan akan kesulitan dalam mencari produk yang ingin mereka beli kan?
Nah, ketika memasukkan fitur pencarian, Anda wajib menerapkan tips-tips berikut:
Untuk memudahkan Anda membuat fitur pencarian di toko online, Anda bisa menggunakan plugin. Ada beberapa plugin pencarian yang bisa Anda install, salah satunya adalah FiboSearch.
Plugin ini menawarkan fitur auto-complete, bisa melakukan pencarian berdasarkan nama produk, deskripsi, maupun filter-filter lain, serta bisa menampilkan gambar dan harga produk langsung di kolom pencarian.
Jika calon pelanggan sudah menemukan produk yang mereka cari, selanjutnya mereka pasti ingin mengetahui informasi detail atau spesifikasi produk. Baru dari situ, calon pelanggan memutuskan jadi membeli atau tidak.
Nah, halaman detail produk berfungsi untuk memberi gambaran secara rinci tampilan, fitur dan manfaat produk yang akan dirasakan konsumen. Itulah mengapa fitur ini penting untuk mendorong calon pembeli melakukan transaksi.
Contoh fitur toko online detail produk seperti ini:
Lalu, informasi apa saja sih yang harus dimasukkan pada halaman detail produk?
Masih ada banyak informasi yang bisa Anda tambahkan pada halaman detail produk agar lebih menarik. Panduan lengkapnya bisa Anda baca pada artikel berikut ini.
Baca juga: 17+ Cara Membuat Halaman Produk yang Menarik
Keranjang belanja berguna untuk meletakkan produk yang akan dibeli oleh pelanggan, sebelum melakukan pembayaran. Lazimnya, keranjang belanja berada di pojok kanan atas website toko online Anda.
Oh ya, keranjang belanja juga wajib Anda tambahkan pada halaman detail produk lho. Ini akan memudahkan pengguna agar bisa langsung membeli produk yang mereka lihat. Contohnya seperti ini:
Jika fitur toko online Anda belum memiliki keranjang belanja, tambahkan sekarang juga ya. Bagi Anda pengguna WordPress, cara paling mudah tentu dengan menginstall plugin. Anda bisa menginstall plugin keranjang belanja seperti WP EasyCart atau Ecwid Shopping Cart.
Nah, jika Anda tidak ingin ribet, Anda bisa memasang plugin toko online yang terintegrasi. Misalnya WooCommerce atau Shopify yang lebih lengkap dan kaya fitur, termasuk fitur keranjang belanja. Jadi, Anda tidak perlu repot menginstall plugin satu per satu untuk membangun toko online.
Baca juga: Shopify vs WooCommerce, Mana yang Lebih Baik?
Apa jadinya jika pelanggan menginginkan produk Anda, tapi baru akan membelinya di masa depan? Pastinya mereka perlu fitur untuk menyimpan produk yang ingin dibeli di kemudian hari.
Nah, wishlist adalah fitur yang mereka butuhkan. Jadi ketika pelanggan siap membeli produk, mereka bisa langsung menemukannya tanpa harus mencari lagi lewat fitur pencarian.
Berikut adalah contoh fitur toko online wishlist pada website Amazon:
Beberapa tips bagi Anda yang ingin menerapkan fitur wishlist di toko online Anda, antara lain:
Nah, bagi Anda pengguna WooCommerce, Anda bisa dengan mudah menambahkan plugin wishlist lho. Caranya dengan menginstall plugin. Kami telah merangkum 5+ plugin wishlist WooCommerce terbaik yang bisa Anda coba.
Berdasarkan data dari Learn Hub, 95% calon pembeli membaca review produk sebelum akhirnya memutuskan membeli. Selain itu, Bright Local menyebut bahwa 57% pelanggan hanya membeli produk dengan rating di atas bintang 4.
Jadi, biarkan pelanggan menilai dan menyampaikan pendapat mereka setelah menerima produk yang dibeli dari Anda. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika produk toko online Anda mendapatkan penilaian buruk dari konsumen?
Ternyata, mendapat rating kurang memuaskan dari pembeli tidak sepenuhnya buruk, lho! Jika toko online Anda hanya menerima rating dan review bagus, bisa jadi calon konsumen beranggapan bahwa review yang ditulis adalah palsu.
Maka dari itu, jangan ragu untuk menambahkan rating dan review pelanggan sebagai salah satu fitur wajib toko online. Nantinya, rata-rata rating dan jumlah review pembeli bisa Anda letakkan pada halaman detail produk.
Terus, bagaimana cara buat review di toko online berbasis WordPress? Gampang, yuk simak artikel kami tentang cara membuat review di WordPress.
Bagi sebagian besar konsumen, biaya ongkos kirim pasti menjadi salah satu pertimbangan jadi tidaknya mereka membeli suatu produk. Makanya, Anda perlu menambahkan informasi ongkos kirim sebagai fitur toko online.
Calon pembeli jadi lebih yakin jika tahu biaya yang harus mereka keluarkan untuk mengirimkan produk ke tempat mereka tinggal. Seperti contoh berikut, tinggal masukkan nama kota dan pembeli bisa mengetahui biaya ongkos kirim yang harus dibayar.
Nah, bagi Anda yang ingin menambahkan fitur prediksi ongkos di toko online, ada cara mudahnya nih. Yakni dengan menggunakan plugin ongkos kirim. Selengkapnya Anda bisa membaca artikel 7+ plugin ongkos kirim terbaik untuk toko online.
Produk terkait adalah rekomendasi produk-produk sejenis yang biasanya ditempatkan di bagian bawah halaman detail produk. Menambahkan fitur toko online yang satu ini sangat penting. Kenapa demikian?
Ternyata menampilkan produk sejenis bisa membuat calon pembeli menghabiskan waktu lebih lama di toko online Anda. Mereka jadi merasa punya banyak opsi untuk dilihat-lihat sebelum memutuskan membeli.
Selain itu, pelanggan Anda kemungkinan jadi mau membeli lebih dari satu produk. Apalagi kalau Anda menerapkan promo ongkir dengan minimal pembelanjaan atau diskon sesuai nominal kelipatan.
Bisa dibilang, menampilkan produk terkait di toko online ini adalah penerapan dari teknik cross selling. Selengkapnya Anda bisa membaca artikel tentang cara meningkatkan penjualan online dengan cross selling dan upselling.
Semua orang menyukai promo, penawaran spesial, ataupun diskon. Maka dari itu, menambahkan halaman promo ke toko online sangat penting.
Sekarang ini, hampir semua bisnis online menjadikan promo sebagai strategi untuk mendongkrak penjualan. Karena persaingan yang ketat, Anda perlu cara agar informasi promo yang sedang berlangsung dapat diketahui oleh pengunjung.
Nah, kehadiran halaman promo ini membantu calon pembeli agar tahu promo apa saja yang sedang berlangsung di toko online Anda. Agar halaman promo makin maksimal, kami punya beberapa ide promosi yang bisa Anda terapkan di toko online:
Hal-hal di atas bisa meningkatkan penjualan toko online Anda. Contoh fitur toko online ini bisa anda lihat pada halaman promo domain .COM 2022 website Niagahoster berikut:
Jika Anda memiliki toko fisik, apa yang akan Anda lakukan ketika memiliki koleksi produk baru untuk dijual? Pasti Anda memajangnya di tempat yang strategis agar produk tersebut dilihat oleh pengunjung yang datang.
Sama halnya dengan toko online, Anda tentu ingin produk yang baru dirilis bisa dikenal banyak orang. Oleh karena itu, Anda perlu fitur toko online berupa halaman informasi produk terbaru.
Dari sisi pelanggan, hadirnya fitur informasi produk baru bisa membuat mereka betah berlama-lama menjelajahi toko online Anda. Karena setiap pelanggan pasti senang dengan hal-hal baru dan up to date, kan?
Nah, ketika menggunakan halaman informasi produk baru, Anda bisa menamai halaman ini semenarik mungkin, misalnya “New Arrivals”, “New Collections”, atau “Latest Collections”.
Lantas, bagaimana jika toko online Anda masih baru merintis, dan belum punya banyak produk baru? Jangan panik, Anda tetap bisa menggunakan nama lain, misalnya “Produk Terlaris”, “Produk Terpopuler”, atau “Sedang Trending”.
Untuk produk yang ditampilkan pada halaman ini, Anda bisa menambahkan informasi seperti:
Jika Anda menggunakan halaman promo, informasi produk baru, atau halaman lain yang sekiranya potensial untuk meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk melengkapinya dengan fitur toko online tombol Call-to-Action (CTA).
CTA itu apa sih, dan kenapa harus menggunakan CTA?
Singkatnya, CTA adalah suatu tombol ‘aksi’ yang mengajak pengunjung untuk melakukan sesuatu. Bisa membeli produk, mengisi formulir, berlangganan newsletter, dan sebagainya. Tergantung tujuan dari website yang menggunakan CTA.
Nah, jika ditempatkan di halaman-halaman strategis pada toko online, CTA bisa meningkatkan konversi penjualan lho. Sebuah studi menyatakan bahwa menambahkan CTA di toko online bisa meningkatkan penjualan hingga 22% dalam satu kuartal.
Nah, jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang CTA, jenis-jenisnya, sampai tips penerapannya, baca artikel di bawah ya.
Baca juga: Apa itu CTA? Pengertian, Jenis, dan Tips-Tipsnya
Agar transaksi pembelian di toko online Anda lebih mudah, Anda wajib menggunakan fitur toko online yang satu ini. Payment Gateway adalah layanan pembayaran untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli secara online.
Kenapa memudahkan? Pertama, karena payment gateway menyediakan beragam pilihan pembayaran. Jadi, konsumen bisa bebas menentukan ingin membayar lewat cara apa.
Kedua, karena payment gateway membuat proses transaksi berjalan secara otomatis. Jadi, konsumen tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran setelah mereka selesai bertransaksi.
Selain memudahkan, payment gateway juga bisa membuat transaksi jual beli jadi lebih aman lho. Ini karena perusahaan penyedia payment gateway punya sistem yang canggih.
Jadi, setiap transaksi yang masuk dapat diperiksa secara cepat dan akurat. Sehingga meminimalisir terjadinya transaksi fiktif yang merugikan.
Dengan menggunakan payment gateway, toko online Anda memiliki reputasi yang baik dan pelanggan jadi lebih aman ketika berbelanja produk Anda. Lalu, bagaimana cara memasang payment gateway di toko online?
Jika toko online Anda berbasis WordPress, anda cukup memasang plugin WooCommerce. Setelah itu, Anda bisa menggunakan salah satu dari 8+ plugin payment gateway WooCommerce terbaik.
Di bagian bawah website toko online, atau sering disebut footer, Anda biasanya akan menemukan link menuju halaman-halaman lain. Misalnya halaman tentang kami, kontak, karir, atau bantuan.
Ternyata, footer tersebut merupakan salah satu fitur wajib toko online yang sangat penting lho! Karena pengunjung jadi bisa mengakses halaman lain dengan cepat dan mudah, karena informasi penting di toko online telah tersedia di footer.
Selain link menuju halaman lain, jangan lupa juga untuk menambahkan ikon-ikon penting pada bagian footer yang disebut dengan trust badge. Misalnya ikon metode pembayaran, sertifikasi keamanan, hingga tautan menuju akun media sosial resmi.
Nah, menambahkan trust badge ternyata bisa meningkatkan penjualan toko online Anda. Menurut survey dari Yieldify, kehadiran trust badge bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk berbelanja hingga 48%.
Trust badge ini banyak jenisnya, tapi kami rekomendasikan Anda untuk menambahkan enam jenis trust badge berikut ke toko online Anda:
Frequently Asked Questions (FAQ) adalah halaman yang berisi kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung toko online. Mulai dari pertanyaan seputar produk, pembayaran, pengiriman, dan lain sebagainya.
FAQ merupakan salah satu fitur wajib toko online. Hal ini karena pelanggan Anda membutuhkan informasi serinci mungkin ketika mereka memutuskan untuk mencoba produk yang Anda jual.
Tanpa adanya FAQ, pelanggan akan kesulitan untuk mencari tahu informasi seputar produk dan toko online Anda. Alhasil, jumlah pelanggan yang bertanya lewat live chat akan bertambah. Dan, ini akan merepotkan Anda.
Jadi, manfaatkan betul penggunaan FAQ di toko online Anda. Nah, jika Anda masih bingung cara membuat halaman FAQ sekaligus tips mengisinya, kami punya panduannya nih. Anda bisa langsung membaca artikel berikut ini.
Baca juga: Cara Membuat Halaman FAQ untuk Website Bisnis
Satu lagi fitur toko online yang wajib Anda tambahkan, yakni kebijakan pengembalian. Kebijakan pengembalian adalah halaman yang menjelaskan tentang apa yang bisa dilakukan pembeli jika mereka tidak puas atas kualitas produk Anda.
Biasanya setiap toko online menyediakan beberapa opsi pengembalian. Mulai dari mengembalikan produk atau mengembalikan uang sesuai dengan yang pembeli bayarkan.
Fitur ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online Anda. Jika mereka tidak puas dengan apa yang Anda jual, Anda siap menanganinya dengan senang hati.
Ketika menambahkan fitur kebijakan pengembalian, jelaskan secara rinci menggunakan bahasa yang sederhana semua opsi yang bisa pelanggan Anda tempuh. Lalu, bagaimana cara membuat informasi kebijakan pengembalian di toko online?
Live chat adalah fitur wajib toko online yang tidak boleh Anda lupakan. Lewat fitur ini, pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan Anda jika mereka memiliki pertanyaan, masalah, atau hal-hal lain yang mengganggu.
Jadi tidak hanya fokus mengejar kualitas produk yang ditawarkan, tapi Anda juga harus mengoptimalkan fitur layanan pelanggan. Nah, kenapa live chat itu penting?
Nah, jika Anda ingin menambahkan fitur live chat di toko online, Anda bisa menyimak panduan cara membuat live chat di WordPress. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Facebook Messenger sebagai live chat di website.
Jika Anda tidak ingin repot, kami merekomendasikan menggunakan plugin. Ada 5 plugin chat WordPress terbaik yang bisa Anda coba.
Selain itu, apabila toko online Anda belum memiliki banyak customer service untuk melayani pelanggan lewat live chat, Anda bisa memanfaatkan chatbot.
Baca juga: Mengenal Chatbot, Robot Virtual yang Penting untuk Bisnis Digital
Terakhir, Anda wajib menambahkan fitur-fitur keamanan sebagai fitur wajib toko online. Toko online sering menjadi sasaran empuk kejahatan di dunia maya. Misalnya, infeksi malware, serangan spam, sampai pencurian data kartu kredit.
Selengkapnya Anda bisa membaca artikel kami tentang 10 isu keamanan yang wajib diwaspadai toko online dan cara mengatasinya.
Makanya, Anda wajib mengamankan toko online Anda. Selain untuk melindungi data pelanggan, ini juga upaya meyakinkan calon konsumen Anda bahwa toko online Anda adalah tempat belanja yang aman.
Ada beberapa cara untuk mengamankan toko online Anda, yaitu:
Selain fitur-fitur di atas, sebenarnya masih banyak fitur toko online yang bisa Anda tambahkan. Untungnya, kami berbaik hati memberi Anda panduan lengkap lebih dari 20 fitur toko online. Panduan ini bisa Anda download dalam bentuk ebook secara gratis pada melalui link di bawah. Dijamin, bisa memikat pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda!
Itu tadi fitur-fitur toko online yang wajib Anda tambahkan agar menarik minat pelanggan untuk berbelanja di toko Anda.
Ternyata membuat toko online tidak sesimpel yang dibayangkan ya? Selain fokus dalam menjual produk, Anda harus menambahkan banyak fitur penting di dalamnya. Belum lagi mempromosikan produk Anda agar penjualan lebih maksimal lagi.
Nah, agar lebih mudah mengelola toko online, kami punya solusi praktisnya nih! Caranya dengan menggunakan layanan Simple WordPress dari Niagahoster yang cocok untuk toko online.
Kok bisa? Karena, segala hal teknis mulai dari kecepatan, keamanan, dan perawatan website sudah diserahkan pada layanan hosting. Anda perlu repot mengelola hal-hal teknis di website, atau dibuat pusing jika ada kendala pada website Anda.
Anda tinggal menggunakan website dan fokus berjualan online, deh! Menariknya lagi, layanan Simple WordPress dari Niagahoster ini bisa Anda dapatkan mulai dengan Rp 32 ribu saja per bulan! Seru banget kan, hanya dengan 30 ribuan Anda bisa punya toko online sendiri.
Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah. Sampai jumpa lagi!
Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!
Apakah bisnis yang produknya laris terjual sudah pasti menguntungkan? Belum tentu, lho. Coba deh, tengok dulu berapa return on investment-nya…
Jika sering memanfaatkan jaringan untuk mendukung pekerjaan, Anda perlu tahu cara mengaktifkan Telnet. Telnet adalah salah satu protokol untuk akses…
Computational thinking adalah metode berpikir yang dampaknya besar terhadap segala aktivitas Anda. Dengan pemikiran komputasional, Anda dan siapapun bisa menyelesaikan…
Pernah kah Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mendapat penghasilan tambahan tanpa perlu banyak usaha? Kalau pernah, maka jawabannya adalah dengan mengikuti…
Ingin memahami konsumen dengan lebih baik agar penjualan produk meningkat? Data mining adalah upaya yang tak boleh Anda lupakan. Di…
Jika sebelumnya Anda sudah belajar membuat website dengan hosting cloud. Kini saatnya Anda nelajar cara membuat aplikasi Android yang sebenarnya…