Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Membuat Live Chat di WordPress

2 min read

Cara membuat Live Chat

Anda memiliki website bisnis atau toko online? Jangan lupa pasang fitur live chat untuk memudahkan pengunjung menghubungi Anda dengan cepat.

Cara membuat live chat di WordPress ini juga tidaklah sulit. Terlebih WordPress menyediakan plugin untuk memudahkan Anda membuat fitur live chat.

Lalu bagaimana caranya? Tenang, kami akan menjelaskan tutorialnya di artikel ini. Penasaran bagaimana? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Cara Membuat Live Chat di WordPress dengan Mudah

Berikut ini cara menambahkan live chat di WordPress dengan plugin WP Live Chat Support!

1. Login ke Dashboard WordPress

Langkah pertama cara membuat live chat di WordPress ialah login ke dashboard akun WordPress menggunakan username dan password Anda.

2. Install dan Aktifkan Plugin WP Live Chat

Setelah login, pilih menu Plugin > Add New. Lalu cari plugin WP Live Chat Support atau 3CX Live Chat di kolom pencarian. Kemudian, klik Install Now dan Activate.

Baca juga: Cara Install Plugin dengan Mudah

3. Konfigurasi Plugin WP Live Chat

Setelah plugin aktif, pilih menu Live Chat > Settings. Kemudian Anda akan langsung mengarah ke General Settings.

Pilih di channel mana saja Anda akan menggunakan live chat. Pilih opsi bawah jika Anda hanya menggunakan live chat dengan login WordPress. Lalu klik Next.

Selanjutnya, masukkan nama dan emal agent Anda yang akan membalas chat dari pengunjung. Tinggal masukkan username, nama, dan alamat email agent Anda. Selanjutnya klik Next.

Kemudian, pilih warna tampilan live chat. Lalu klik Next.

Tunggu beberapa saat hingga live chat Anda berhasil dibuat.

4. Lakukan Pengaturan Tambahan

Di langkah tadi live chat Anda sudah berhasil ditampilkan. Namun, Anda juga perlu melakukan beberapa pengaturan. Klik Menu Live Chat di dasboard, lalu pilih Settings.

Di bagian ini, ntuk mengaktifkan chat pilih Yes di kolom Chat enabled. Anda juga bisa memilih apa saja yang harus diinput user ketika memulai chatting, seperti Nama dan email, atau hanya nama saja.

Jika terdapat user yang mungkin sudah login ke member area website, Anda bisa atur supaya mereka tidak perlu lagi memasukkan nama atau email sebelum chatting.

Anda juga dapat mengaktifkan live chat pada perangkat mobile, mengaktifkan notifikasi suara ketika ada pesan masuk, dan lainnya.

5. Konfigurasi Tampilan Live Chat Box

Anda dapat mengubah tampilan supaya lebih menarik dan membuat pengunjung nyaman. pilih menu Live Chat > Settings, kemudian pilih tab  Chat Box.

Anda bisa atur posisi chat box, mengaktifkan pop-up otomatis, menampilkan nama agent, dan lainnya.

Jika ingin terlihat lebih profesional, Anda juga dapat menampilkan nama dan avatar yang nantinya dapat dilihat oleh pengunjung. Hal ini sifatnya optional, Anda dapat mengaktifkannya jika menginginkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Setelah Anda melakukan pengaturan pada tampilan, selanjutnya Anda dapat mengatur warna pada chatbox. Silakan pilih menu Settings > Styling.

Silakan tentukan tema warna sesuai dengan keinginan Anda. Untuk memeriksa perubahan yang dilakukan, Anda dapat melakukan pengecekan dengan langsung mengakses website Anda.

6. Pantau dan Balas Pesan Live Chat

Secara default, WP Live Chat Support akan terpasang pada website setelah Anda mengaktifkan plugin ini. Ini artinya, Anda dapat langsung menerima pesan secara langsung dari para pengunjung.

Untuk membalas pesan, silakan klik menu Live Chat, kemudian pilih chat pada daftar yang sesuai, kemudian klik tombol Join Chat.

Setelah itu akan keluar halaman pop-up chat yang dapat Anda gunakan untuk membalas chat pengunjung website Anda.

Jika percakapan sudah selesai, silakan klik tombol End chat dan halaman chatting akan tertutup.

7. Cek History Live Chat

Fitur lain dari plugin WP Live Chat Support memungkinkan Anda untuk melihat history chatting. Pilih tab History untuk mengaksesnya.

Plugin ini juga memiliki fitur untuk mengecek pesan pada live chat ketika ada user yang mengirimkan pesan ketika live chat Anda offline. Untuk mengeceknya silakan pilih menu Offline Messages.

Baca juga: Cara Membuat Live Chat di Website dengan Facebook Messenger

Tambahkan Fitur Live Chat di Website Anda Sekarang!

Fitur live chat sangat penting bagi website Anda. Terutama jika website Anda merupakan website bisnis atau toko online. Fitur ini dapat memudahkan pengunjung berkomunikasi dengan Anda.

Kabar baiknya, cara pasang live chat di WordPress tidaklah sulit kok. WordPress telah menyediakan plugin Live Chat yang memungkinkan Anda membuat fitur chatting dengan mudah. Tinggal aktifkan plugin dan setting sedikit, fitur live chat sudah jadi.

Oya, selain fitur live chat, ada beberapa fitur lain yang wajib ada di website bisnis atau toko online Anda. Untuk tahu apa saja fiturnya, Anda bisa membacanyanya di ebook gratis Niagahoster.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan atau masukan terkait tutorial cara membuat live chat di WordPress, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Selain itu, dapatkan juga ulasan terbaru langsung dari email Anda dengan klik tombol Subscribe! 🙂

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

9 Replies to “Cara Membuat Live Chat di WordPress”

  1. Salam para web Pro,
    Saya bingung antara beli hosting sendiri (wordpress.org) atau beli paket Bisnis (wordpress.com) ???
    Bingungnya disini, kalo saya beli host sendiri dan pakai wordpress.org apakah saya bisa menggunakan SEMUA plugin yang ditawarkan wordpress.com? saya lelah mencari artikel yang menjawab pertanyaan saya.
    maaf saya pemula di wordpress

    1. Semua plugin wordpress dapat Anda gunakan pada hosting WordPress kami.
      Baik yang berbayar maupun yang gratis.

    1. Saat ini kami menggunakan Intercom, Anda bisa mencoba menggunakan WhatsApp livechat atau Telegram livechat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.