Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Membuat Live Chat di Website dengan Facebook Messenger

2 min read

Cara membuat Live Chat

Apakah Anda ingin memasang fitur live chat pada website Anda? Tenang, karena di artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat live chat di website dengan Facebook Messenger.

Dengan fitur live chat, Anda bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para pengunjung website dengan cepat dan mudah.

Dari sisi pengunjung, fitur ini juga sangat bermanfaat, karena mereka bisa mengajukan pertanyaan hanya dengan sekali klik.

Ingin tahu cara memasang fiturnya? Yuk simak tutorialnya sampai selesai!

Berikut adalah Cara Membuat Live Chat di Website dengan Facebook Messenger

Untuk memulai tutorial ini, Anda harus sudah punya website WordPress. Jika belum punya, Anda bisa ikuti Panduan Membuat Website Langkah Demi Langkah.

Jika Anda sudah memilikinya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat Halaman Facebook

Persyaratan utama mengaktifkan tool live chat Facebook di website adalah memiliki halaman Facebook.

Silakan buat Facebook Page terlebih dahulu jika Anda belum memilikinya. Tutorial lebih lengkap bisa Anda lihat pada halaman berikut ini.

Setelah memiliki halaman Facebook, selanjutnya Anda perlu melakukan pengaturan fitur live chat Facebook pada website Anda. Dalam tutorial ini kami menggunakan halaman Facebook Niagahoster dan Niagahoster.org.

2. Atur Konfigurasi Live Chat

Cara membuat live chat di website dalam tutorial ini menggunakan bantuan tool online Zotabox. Tool ini memiliki beragam fitur menarik untuk keperluan marketing, salah satunya live chat.

Anda dapat melakukan pengaturan seperti tampilan dan pengunjung yang dapat melihat live chat di website anda. Selengkapnya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Silakan akses website Zotabox.

2. Pilih menu Facebook Live Chat.

3. Pada tab Basic Settings, Anda dapat melakukan 3 jenis pengaturan.

  • Customize Your Tab – Anda dapat mengubah bentuk tombol chat yang akan ditampilkan. Ada tiga jenis pilihan, yaitu berupa teks, tombol, dan ikon.
  • Connect Your Facebok Fanpage – Di sini, Anda bisa menghubungkan fitur live chat dengan halaman Facebook Anda. Cukup klik tombol Connect Facebook Page, lalu login ke akun Facebook Anda.
  • Whitelist Your Domain– Di kolom ini, Anda hanya perlu memasukkan domain website Anda.

4. Pada bagian tab Display Options, Anda dapat melakukan beberapa pengaturan.

setting display options zotabox
  • Who to show – Siapa saja yang dapat melihat tombol chatting di website Anda.
  • Minimum screen size – Untuk mengatur ukuran minimal perangkat yang akan menampilkan tombol live chat.
  • Max display frequency – Seberapa sering tombol live chat akan ditampilkan.

5. Setelah selesai melakukan pengaturan, silakan simpan dengan menekan tombol Save. Pada langkah ini Anda perlu membuat akun terlebih dahulu, atau login dengan menekan tombol verifikasi login Facebook maupun Google Anda.

membuat live chat dengan facebook

6. Untuk mendapatkan kode yang nantinya dipasang pada website Anda, silakan aktifkan dengan menekan tombol OFF menjadi ON yang ada di bagian atas.

memasang live chat di blog

Baca Juga: Digital Marketing Facebook

3. Pasang Kode di Website WordPress

Langkah selanjutnya adalah memasang tombol live chat di website anda. Ada beberapa pilihan untuk memasangnya yaitu dengan meletakkan kode tersebut pada baris sebelum tag </body> atau dengan menginstal plugin.

memasang live chat

Pada contoh ini kami meletakkannya pada bagian footer sebelum tag </body>. Berikut ini adalah langkah lengkapnya:

1. Login ke dashboard WordPress

2. Klik menu Apperance > Editor dan klik footer.php.

3. Letakkan kode yang sebelumnya disalin sebelum tag </body>, kemudian klik tombol Update File.

code chating

Pada langkah ini, tombol live chat Facebook sudah berhasil ditambahkan pada website Anda. Untuk melakukan pengecekan silakan akses website Anda. Jika berhasil Anda akan melihat gambar seperti di bawah ini.

tampilan facebook live chat di blog

Jika Facebook Messenger anda bermasalah, kemungkinan halaman Facebook anda belum dikonfigurasi untuk dapat menerima pesan. Silakan buka halaman Facebook anda, kemudian klik menu Settings General dan lakukan pengaturan pada bagian Page Visibility Messages dan Country Restrictions.

pengaturan fanpage supaya dapat menerima pesan

Agar dapat membalas pesan pengunjung blog supaya respon lebih cepat, silakan instal aplikasi Pages Manager di smartphone Anda.

Baca Juga: Template WordPress Gratis untuk Website Responsif

Yuk Pasang Fitur Live Chat Facebook Messenger di Website Anda!

Kini Anda telah mengetahui cara membuat live chat di website WordPress dengan mudah. Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu chat dari pelanggan dan membalasnya melalui desktop maupun smartphone. Ingat, semakin cepat respon Anda, bisnis Anda akan semakin disukai pelanggan.

Jika Anda lebih memilih menggunakan tool selain Facebook Messenger, dapat mencoba live chat lain seperti yang kami bahas pada tutorial berikut ini.

Live chat adalah salah satu fitur yang penting bagi website toko online. Jika Anda ingin tahu fitur-fitur lain yang wajib dimiliki toko online, silakan download ebook gratis di bawah ini:

ebook fitur wajib toko online
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

4 Replies to “Cara Membuat Live Chat di Website dengan Facebook Messenger”

    1. Biasanya gak langsung muncul, perlu ditunggu beberapa saat. Pastikan juga dalam keadaan login.

    1. Tergantung penempatan dan pengoptimalnya Mas. Kalau dikerjakan oleh ahlinya tentu saja tidak membuat lambat, karena banyak toko online yang menggunakan fitur ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.