Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Apa Itu E-Wallet? Cara Kerja, Contoh, dan Keuntungannya!

4 min read

apa itu ewallet

E-wallet adalah alat pembayaran online yang memudahkan Anda bertransaksi tanpa ribet. Dengan e-wallet, Anda bisa melakukan pembayaran dan bahkan mengelola transaksi keuangan secara praktis. 

Baik itu membeli di toko fisik, belanja online, atau membayar tagihan bulanan, e-wallet menjadi solusi yang memudahkan kegiatan jual beli Anda. Terlebih lagi di masa-masa kebangkitan ekonomi setelah pandemi COVID-19 di mana banyak orang yang lebih senang melakukan pembayaran tanpa kontak. 

Tapi, apa itu e-wallet? Bagaimana cara kerjanya dan bagaimana tingkat keamanan e-wallet? Yuk simak artikel ini, karena kami akan membahas pengertian e-wallet, cara kerja, keuntungan, dan berbagai contohnya! 

Apa Itu E-Wallet?

Electronic wallet atau e-wallet adalah dompet digital yang memungkinkan Anda untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel atau komputer.

Dengan e-wallet, Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai atau kartu kredit ke mana-mana. Cukup dengan mengunduh aplikasi e-wallet di HP, Anda bisa melakukan pembayaran hanya dalam hitungan detik, baik itu di toko fisik, restoran, atau bahkan saat berbelanja online.

Apa yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan e-wallet? Dompet digital memungkinkan Anda melakukan transfer uang hanya dengan menggunakan nomor telepon atau alamat email mereka. 

Selain itu, Anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan bulanan, membeli pulsa atau paket data, membeli tiket transportasi, menyimpan uang, dan bahkan berinvestasi di berbagai platform finansial.

Lantas, apa bedanya e-wallet dengan e-money?

Tak jarang orang menganggap keduanya sebagai hal yang sama. Namun, pada dasarnya perbedaan e-wallet dan e-money itu cukup jelas. E-wallet adalah dompet digital yang berbasis aplikasi, sehingga semua data yang dikelola membutuhkan peran server. 

Sedangkan, e-money atau uang elektronik merupakan alat pembayaran yang berbasis chip di sebuah kartu yang diterbitkan penyedia layanan. Karena chip-based, e-money tidak menyimpan data pribadi dan transaksi pengguna. 

Cara Kerja E-Wallet

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya e-wallet bekerja dan apakah e-wallet bisa menjadi cara yang aman untuk melakukan transaksi. 

Yuk ketahui cara kerja e-wallet berikut ini:

cara kerja e-wallet

E-wallet adalah aplikasi yang dapat Anda unduh dan instal di HP Anda. Jadi, setelah Anda mendaftar dan membuat akun e-wallet, Anda dapat melakukan top up saldo melalui beberapa metode, seperti transfer bank atau bahkan melalui gerai-gerai yang bekerja sama dengan layanan dompet elektronik.

Setelah e-wallet Anda memiliki saldo, Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk melakukan pembayaran atau transaksi lainnya. Misalnya, saat Anda berbelanja di toko fisik, cukup buka aplikasi e-wallet Anda, pilih opsi pembayaran, dan arahkan ponsel Anda ke mesin pembayaran yang sesuai. Transaksi selesai dengan cepat dan mudah tanpa perlu membayar dengan uang tunai atau kartu fisik.

Lalu, bagaimana dengan tingkat keamanan e-wallet?

E-wallet adalah metode pembayaran digital yang sangat aman. Sebab, layanan dompet digital sudah menyediakan sistem keamanan yang canggih, seperti enkripsi data yang melindungi data sensitif pengguna dan two factor authentication dengan kode OTP untuk mengautentikasi pengguna sebelum transaksi diproses.

Contoh E-Wallet di Indonesia

Setelah tahu bahwa dompet digital adalah metode pembayaran di era digital yang aman, berikut ini kami rangkumkan contoh e-wallet terpopuler yang bisa Anda gunakan:

1. Gopay

e wallet gopay

Gopay adalah dompet digital yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari transaksi layanan Gojek, transaksi in-store melalui Gopay merchant, hingga pembayaran ke platform lain seperti ecommerce dan tagihan lainnya.

Gopay juga merupakan contoh e-wallet yang menyediakan fitur withdraw atau penarikan saldo. Anda bisa menarik uang secara tunai melalui minimarket, ataupun mentransfernya rekening bank Anda.

Fitur unik lain dari dompet digital ini adalah paylater yang memungkinkan Anda menggunakan dana di awal ketika saldo kosong. Lalu, membayarnya kemudian dengan melakukan top up seperti biasa.

2. OVO

ewallet ovo

OVO adalah ewallet ternama dengan lebih dari 60.000 outlet atau merchant mitra di seluruh Indonesia. Artinya, Anda bisa leluasa menggunakan e-wallet ini untuk berbagai keperluan.

Selain itu, dompet digital ini juga terafiliasi dengan Grab sebagai salah satu aplikasi dengan berbagai layanan. Jadi, Anda bisa menggunakan layanan aplikasi tersebut dengan pembayaran yang lebih mudah dan cepat. 

OVO juga memungkinkan Anda melakukan transfer ke rekening bank dan transfer gratis antar pengguna. Dengan akun Premier, Anda bahkan bisa memiliki limit saldo hingga RP10.000.000. 

3. Dana

contoh ewallet dana

Contoh e-wallet yang ketiga ialah Dana, sebuah layanan dompet digital yang memiliki fitur keamanan kelas dunia. 

Salah satunya, penggunaan two factor authentication untuk setiap transaksi dengan kode PIN dan OTP. Dengan keamanan yang terjamin, Anda jadi lebih yakin untuk mengintegrasikan rekening bank agar memudahkan transfer ataupun proses top up.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menarik saldo di agen, mitra, dan merchant Dana lainnya, sehingga sangat bermanfaat jika Anda membutuhkan uang tunai.

Dompet digital ini bisa dikatakan kaya fitur seperti kemudahan untuk menabung atau berinvestasi emas melalui saldo, melakukan pembayaran asuransi, hingga mendukung UMKM menjadi mitra agar dapat menerima pembayaran dengan akun Dana.

4. LinkAja

e-wallet LinkAja

LinkAja adalah dompet digital dengan jaringan antar bank di Indonesia yang cukup luas. Ewallet ini menghubungkan Telkomsel dan empat bank milik negara, yaitu Bank Mandiri, BTN, BNI 46, dan BRI. 

Dengan integrasi itulah LinkAja bisa memiliki banyak kegunaan layaknya e money. Misalnya untuk pembayaran transportasi umum, dan pembelian BBM. Keunggulan ini belum mampu ditandingi e wallet lain.

Yang tak kalah unik, LinkAja memiliki fitur dompet digital syariah. Tentunya fitur yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan syariah seperti pembayaran zakat, wakaf, investasi syariah, hingga pembayaran haji dan umrah.

5. ShopeePay

e-wallet shopeepay

Sesuai namanya, ShopeePay adalah contoh e-wallet yang utamanya untuk bertransaksi di aplikasi Shopee.

ShopeePay berguna untuk bertransaksi di merchant atau mitra Shopee, mengklaim gratis ongkir, menggunakan promosi seperti, voucher, potongan harga, dan cashback.

Dengan memiliki ShopeePay, ketika terjadi pengembalian dana dari transaksi di Shopee, saldo akan tersimpan otomatis dan bisa digunakan untuk transaksi berikutnya.

Kelebihan dan Kekurangan E-Wallet

Berikut kami rangkumkan beberapa kelebihan dan kelemahan menggunakan e-wallet untuk bertransaksi:

Kelebihan E-Wallet

Melihat banyaknya kegiatan transaksi yang bisa dilakukan dengan dompet digital, sudah pasti layanan ini membawa banyak manfaat dan kemudahan bagi Anda.

Berikut ini beberapa manfaat e-wallet yang bisa Anda nikmati:

  • Transaksi Lebih Cepat dan Tepat. Berbeda dengan transaksi nontunai, segala transaksi melalui dompet digital bekerja secara otomatis. Contohnya, Anda dapat melakukan transaksi in app ataupun offline hanya dengan scan barcode. Begitu pula dengan verifikasi transaksi, jika terdapat kesalahan input data atau nominal, maka sistem ewallet akan otomatis mengenalinya.
  • Meminimalisasi Risiko Uang Palsu. Adanya uang palsu masih menjadi ancaman bagi transaksi konvensional. Nah, manfaat e-wallet adalah bisa meminimalisasi risiko tersebut karena kemampuannya dalam memproses uang digital tanpa perlu mengkhawatirkan keaslian uang.
  • Keamanan Transaksi Terjamin. Layanan elektronik seperti dompet digital memiliki teknologi enkripsi, yang artinya data-data Anda sudah pasti aman dari bahaya cyber crime.
  • Semua Transaksi Tercatat dengan Baik. Anda akan selalu mendapatkan catatan transaksi dengan lengkap, mulai dari waktu, nominal, tujuan pembayaran, dan lainnya. Jadi, Anda dapat melihat detail laporan transaksi secara jelas.
  • Terintegrasi dengan Banyak Lembaga. Selain untuk keperluan berbelanja, e-wallet juga mendukung pembayaran untuk banyak lembaga, seperti PDAM dan PLN secara terintegrasi.

Kekurangan E-Wallet

Namun, e-wallet tentu punya kelemahan yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya:

  • Jumlah Merchant Masih Terbatas. Sebagai layanan yang bisa dikatakan baru, tentu jumlah merchant yang melayani pembayaran digital masih terbatas.
  • Adanya Biaya Admin. Setiap transaksi yang menggunakan dompet digital akan dikenakan biaya layanan. Nominalnya berbeda-beda, tergantung jenis transaksi dan kebijakan masing-masing ewallet.
  • Pengguna Menjadi Lebih Konsumtif. Kemudahan dan kecepatan transaksi, serta promosi yang ditawarkan ewallet, bisa membuat pengguna bertransaksi di luar kebutuhan. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan setiap keputusan transaksi dengan baik ketika menggunakan dompet digital.

Ewallet, Dompet Digital yang Menjadi Solusi Pembayaran Online

Singkatnya, e-wallet adalah sebuah metode pembayaran digital yang memungkinkan Anda untuk menyimpan uang secara digital dan melakukan transaksi online. Dengan dompet digital, Anda bisa melakukan pembayaran tagihan bulanan, transfer uang, dan berbagai aktivitas keuangan lainnya secara praktis dan aman.

Berkat perkembangan teknologi, dompet digital menjadi metode pembayaran dengan berbagai kelebihan yang mendukung Anda dalam menjalankan bisnis. Beberapa manfaat e-wallet bagi pemilik bisnis adalah informasi transaksi real time, pengelolaan rekening pendapatan toko online yang lebih efisien, hingga penerimaan dana secara cepat.

Namun, selain membutuhkan metode pembayaran yang cepat, pastikan website toko online selalu mudah diakses oleh pengguna dengan memilih layanan hosting yang andal.

Salah satu layanan hosting Indonesia yang kualitasnya sudah teruji adalah Unlimited Hosting Niagahoster. Paket hosting ini akan membuat akses website Anda jadi super gesit berkat dukungan server LiteSpeed. Apalagi, Niagahoster menjamin uptime hingga 99,99% sehingga website akan selalu online 24 jam penuh.

Yuk, rasakan berbagai keunggulan Unlimited Hosting Niagahoster mulai dari Rp 9 ribuan/bulan saja!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *