Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Cara Ganti Password WiFi di HP & Laptop, Mudah dan Lengkap!

4 min read

Cara Ganti Password Linux dengan Mudah & Perintahnya Lengkap

Apakah Anda sadar bahwa dengan cara mengganti password WiFi secara rutin, Anda dapat melindungi diri dari berbagai tindak kejahatan? Yap, langkah sesederhana mengubah sandi WiFi bisa membantu menjaga keamanan Anda di internet, bahkan dunia nyata. 

Sebab, siapa pun bisa membobol WiFi Anda tanpa password WiFi yang kuat. Artinya, orang yang tidak sengaja melewati rumah Anda akan langsung terhubung, yang berakibat pada menurunnya kecepatan internet.

Mengerikannya lagi, jarang ganti password WiFi bisa menjadi celah bagi hacker untuk mengintip data sensitif Anda.

Nah, oleh karena itu, kami akan membantu Anda melindungi diri dengan cara mengubah password WiFi di HP dan laptop, yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Yuk langsung simak panduannya sampai selesai!

Cara Ganti Password WiFi di HP

Di bagian ini, kami akan membahas cara mengganti password WiFi lewat HP jika Anda lebih nyaman menggunakan ponsel. Apalagi mengingat HP adalah perangkat yang hampir selalu bersama Anda 24/7.

Ikuti metode berikut untuk cara ganti password WiFi di HP:

  1. Setelah menghubungkan HP ke WiFi yang sandinya akan diganti, buka aplikasi browser.
  2. Akses halaman pengaturan router dengan mengetik alamat IP router di address bar. Umumnya, IP address default router adalah 192.168.1.1 atau 192.168.0.1.
langkah pertama dalam cara mengganti password WiFi lewat HP adalah mengetik alamat IP router di address bar

Apabila Anda tidak bisa masuk ke halaman pengaturan router dengan IP address default, coba cek label yang ada di router atau buku manual dari provider.

  1. Masukkan username dan password default yaitu “admin“, “user“, atau “useradmin” lalu klik Login.
masuk ke halaman pengaturan router dengan username dan password default

  1. Setelah berhasil masuk ke halaman pengaturan router WiFi, klik menu Network > Security yang ada di sidebar.
Cara mengganti password wifi lewat hp dengan klik menu Network

  1. Ganti password WiFi yang ada di kolom WPA Passphrase. Kalau Anda tidak menemukan kolom tersebut, cari kolom yang mengandung istilah “password”, “passcode”, atau “keyphrase”
ubah password wifi di kolom WPA passphrase
  1. Langkah terakhir dalam cara mengganti password WiFi lewat HP adalah, klik Submit untuk menyimpan perubahannya.

Cara Ganti Password WiFi di Laptop 

Apabila sedang menggunakan laptop, cara ganti password WiFi juga tidak sulit kok. Langkah-langkahnya kurang lebih sama, tapi dengan menggunakan PC, Anda bisa menemukan alamat IP router secara lebih mudah.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mempraktikkan cara mengubah sandi WiFi di laptop:

  1. Langkah pertama dalam cara mengganti password WiFi di laptop adalah memastikan perangkat laptop sudah terhubung ke jaringan WiFi yang sandinya akan diubah.
  2. Buka browser dan masukkan alamat IP router di address bar. Umumnya, router memiliki IP address default berupa deretan angka 192.168.1.1 atau 192.168.0.1.
Langkah pertama dalam cara ganti password wifi rumah adalah masukkan alamat IP router di address bar

Kalau tidak bisa mengakses halaman konfigurasi router dengan IP address tersebut, coba cek label yang ada di router atau buku manual yang diberikan oleh provider WiFi.

Atau, cek IP komputer melalui command prompt dengan menekan tombol Windows + R dan ketikkan cmd di popup yang muncul.

melihat IP address di laptop melalui command prompt

Lalu masukkan perintah ipconfig dan tekan Enter.

masukkan perintah ipconfig di command prompt

Anda bisa melihat alamat IP router di baris Default Gateway.

alamat IP router di baris Default Gateway

Apabila sudah berhasil masuk ke halaman pengaturan router dengan IP address yang benar, silakan lanjutkan ke langkah berikutnya di bawah ini.

  1. Buka halaman pengaturan router dengan memasukkan username dan password, lalu klik Login. Biasanya, username dan password default adalah “admin“, “user“, atau “useradmin
5 langkah selanjutnya dalam cara mengganti password wifi adalah login ke halaman pengaturan router

  1. Setelah berhasil masuk, pilih menu Network > Security yang ada di sebelah kiri layar.
cara mengubah sandi wifi dengan pilih menu Network yang ada di sebelah kiri layar.

  1. Masukkan kata sandi WiFi baru di kolom WPA Passphrase. Jika Anda tidak menemukan kolom dengan keterangan tersebut, coba cari kolom dengan istilah “password”, “passcode”, atau “keyphrase”
ubah password wifi di kolom WPA Passphrase

  1. Jika sudah, klik tombol Submit untuk menyimpan perubahan password WiFi.

Mengapa Anda Harus Mengganti Password WiFi?

Bahaya cyber crime semakin meningkat, dan pelaku kejahatan siber selalu mencari celah untuk mencuri data sensitif.

Untuk itu, Anda perlu menerapkan berbagai langkah cyber security guna melindungi data dari berbagai ancaman yang mengintai. Jadi sudah pasti ya, cyber security adalah langkah wajib agar Anda bisa online dengan aman.

Nah, salah satu yang bisa Anda lakukan adalah mengganti password WiFi secara berkala. Berikut beberapa alasan Anda harus ganti password WiFi:

  • Mengontrol akses pengguna WiFi. Dengan ganti password WiFi, Anda dapat membatasi penggunaan WiFi kepada orang-orang yang diizinkan saja.
  • Menjaga stabilitas koneksi internet. Ketika terlalu banyak orang menggunakan jaringan WiFi yang sama, kecepatan internet bisa menurun. Nah, Anda dapat memastikan bahwa hanya orang-orang terdekat yang terhubung ke WiFi Anda dengan mengubah password secara rutin.
  • Melindungi informasi sensitif. Jaringan WiFi yang tidak dilindungi dengan kata sandi yang kuat bisa menjadi pintu masuk bagi hacker. Jika mereka berhasil terhubung ke jaringan WiFi Anda, mereka dapat mengakses data pribadi Anda.

Tips Membuat Password WiFi yang Kuat

Ganti password WiFi bukan berarti Anda cukup menggantinya begitu saja. Agar tidak mudah dibobol, password Anda harus sulit ditebak.

Ikuti tips berikut ini untuk membuat password WiFi yang kuat:

  • Semakin panjang semakin baik. Buat kata sandi WiFi yang minimal terdiri dari 8 karakter.
  • Hindari kata sandi yang umum. Jangan menggunakan kata yang mudah ditebak seperti “password” atau kombinasi angka yang umum seperti “123” atau “000”.
  • Berkreasi dengan simbol. Kombinasikan angka, huruf, dan simbol untuk membuat password yang kuat. Misalnya, alih-alih memilih sandi “PizzaLover”, gunakan kombinasi yang lebih rumit seperti “P1Zz@L0v3rRr”.
  • Unik itu penting. Hindari penggunaan password yang sudah pernah dipakai, baik sebagai password WiFi atau akun lain seperti media sosial.

Ternyata Cara Mengubah Password WiFi Sangat Mudah, ‘kan?

Sekarang Anda sudah paham cara mengganti password WiFi di HP dan laptop. Langkah-langkahnya memang sama, jadi pilih saja perangkat mana yang lebih nyaman bagi Anda. 

Namun ingat, ganti password WiFi Anda dengan sandi yang kuat. Misalnya, ubah password WiFi yang terdiri dari minimal 8 karakter serta memiliki kombinasi angka, huruf, dan simbol. Dengan begitu, orang asing akan sulit menebak password WiFi Anda.

Sudah siap meningkatkan keamanan jaringan internet Anda dengan cara ganti password WiFi rumah? Jangan sungkan bertanya di kolom komentar jika ada yang dibingungkan, ya! Jangan lupa untuk klik Subscribe agar tidak ketinggalan update artikel terbaru Niagahoster. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Pertanyaan Umum (FAQ) Seputar Penggunaan WiFi

Di bagian ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum yang paling sering dijumpai terkait cara mengubah kata sandi WiFi.

1. Berapa Bulan Sekali Anda Harus Ganti Password WiFi?

Setelah pasang WiFi, langsung ganti password defaultnya. Setelah itu, Anda harus ganti password WiFi secara berkala setiap 1-3 bulan sekali.

Namun, mungkin ada beberapa situasi di mana Anda harus segera mengubah sandi WiFi. Misalnya, ketika Anda mendapati ada perangkat asing yang terhubung dengan jaringan WiFi Anda.

2. Bagaimana Cara Mengganti Nama WiFi?

Kalau Anda ingin mengganti nama WiFi, masuk ke menu Network > WLAN > SSID Settings di halaman utama pengaturan router.

Ubah nama WiFi yang ada di kolom SSID Name. Lalu, simpan perubahan yang Anda lakukan dengan klik Submit.

mengganti nama WiFi di menu Network

3. Bagaimana Cara Mengetahui Siapa Saja yang Terhubung dengan WiFi?

Cara mengetahui perangkat yang terhubung dengan WiFi adalah dengan buka menu pengaturan router, lalu klik Network > LAN > DHCP Server

Di tabel Allocated Address, Anda bisa melihat nama perangkat yang terkoneksi ke WiFi lengkap sampai alamat IP-nya. 

Cara mengetahui siapa saja yang terhubung dengan WiFi di menu Network

4. Bagaimana Cara Membatasi Pengguna WiFi?

Untuk membatasi pengguna WiFi, buka halaman konfigurasi router. 

Kemudian, klik menu pengaturan Network > WLAN > SSID Settings. Masukkan angka limit pengguna WiFi di kolom Maximum Clients. Klik Submit untuk menyimpan perubahan pengaturannya. 

Cara Membatasi Pengguna WiFi di halaman konfigurasi router

5. Apa Password 192.168.1.1?

Umumnya, password 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 adalah user, admin, atau useradmin.

Namun, jika Anda ingin meningkatkan perlindungan jaringan WiFi, Anda bisa mengganti passwordnya dengan buka halaman pengaturan router. 

Selanjutnya, klik menu Administration > User Management > WEB User Management.

mengganti Password 192.168.1.1

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *