Abd. Wahab SEO Content Writer at Niagahoster

16 Rekomendasi Jenis Kerja Online yang Menjanjikan 

8 min read

featured image artikel 16 rekomendasi jenis kerja online menjanjikan

Kerja online adalah menjalankan pekerjaan dengan memanfaatkan jaringan internet dan bisa dilakukan dari mana saja. Dengan perkembangan teknologi, jenis pekerjaan online kian beragam, bahkan menjanjikan penghasilan besar. 

Nah, apakah Anda sedang mencari kerjaan online yang tak kalah menjanjikan dari pekerjaan pada umumnya? 

Tenang! Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Kami memiliki rekomendasi daftar kerja lewat internet yang dapat Anda jadikan sumber pendapatan utama.

Bukan hanya itu, Anda juga akan lebih memahami keuntungan bekerja online dan tips mendapatkan kerjaan online.

Penasaran? Yuk, simak satu per satu! 

16 Jenis Kerja Online yang Menjanjikan

Saat ini, makin banyak pekerjaan online yang bisa dipilih. Nah, supaya Anda tidak bingung memilih jenis kerjaan online yang tepat, kami berikan rekomendasinya berikut ini:

1. Content Writer

Seorang content writer adalah orang yang bertugas membuat konten online. Umumnya, berbentuk artikel, blog, ebook, skrip, dan produk tulisan lainnya.

Profesi ini merupakan salah satu pekerjaan online yang menjanjikan. Di era digital ini, peran content writer kian dibutuhkan, terutama oleh bisnis. Salah satunya, untuk membantu strategi pemasaran lewat website atau website marketing.

Jadi, jika Anda memiliki kemampuan menulis, mencoba pekerjaan online sebagai content writer cukup direkomendasikan. 

Nah, jika Anda ingin bekerja online sebagai content writer, maka ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Mulai dari belajar cara menulis artikel, belajar SEO, hingga pemahaman mengenai content marketing

2. Copywriter

contoh copywriting

Copywriter adalah jenis kerja online yang menuntut kreativitas dalam menulis teks. Uamanya, untuk kebutuhan iklan, promosi, maupun tagline atau slogan suatu bisnis.

Nah, jika Anda mahir mengolah kata atau membuat tulisan kreatif, maka Anda dapat mencoba pekerjaan online sebagai copywriter.

Profesi ini tidak membutuhkan persyaratan pendidikan formal tertentu. Meski begitu, jika ingin menjadi copywriter, Anda harus memiliki kemampuan copywriting yang mumpuni. 

Tak jarang Anda perlu mengikuti pelatihan penulisan agar hasil copy Anda semakin menjual. Dengan begitu, penghasilan Anda dari bekerja online ini kian besar.

3. Penerjemah/Translator

Salah satu pekerjaan online yang dapat Anda pilih jika memiliki kemampuan bahasa asing adalah translator atau penerjemah.

Profesi ini masih banyak dicari, baik dari individu atau bisnis di dalam negeri maupun dari luar negeri. Misalnya, Anda dapat bekerja sebagai translator bahasa Indonesia bagi bisnis yang berbasis di Korea, Inggris, dan sebagainya.

Meski begitu, untuk bekerja sebagai translator, dibutuhkan keahlian bahasa asing yang mendalam. Baik itu secara pengucapan, penulisan, maupun pemahaman konteks. Tujuannya, agar informasi yang diterjemahkan sesuai dengan konteksnya.

Terlebih lagi, jika Anda memiliki sertifikat seperti IELTS, TOEFL, dan lainnya. Tentu peluang Anda mendapatkan kerjaan online sebagai translator juga akan semakin besar.

4. Desainer Grafis

Jika Anda memiliki kemampuan menggambar yang baik, Anda dapat mencoba bekerja online sebagai desainer grafis.

Desainer grafis adalah profesi yang akan menerjemahkan suatu ide menjadi sebuah konten visual. Baik itu berupa ilustrasi, tipografi, infografis, maupun grafis gerak.

Profesi ini termasuk pekerjaan online yang menjanjikan karena kian banyak bisnis membutuhkan desainer grafis. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk memilih kerjaan online ini. 

Meski begitu, seorang desainer grafis bukan hanya bisa menggambar, tapi juga menguasai tools desain. Misalnya, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, Canva, dan sebagainya. Dengan begitu, peluang Anda mendapatkan pekerjaan online akan jadi lebih besar. 

Selain itu, Anda juga perlu membuat portofolio online untuk menampilkan contoh karya-karya Anda. Ini akan menunjukkan keahlian desain Anda. Jadi, pemberi kerja juga akan lebih yakin ketika bekerja sama dengan Anda secara profesional.

Oleh karena itu, buatlah portofolio online yang menarik. Jika ingin mendapatkan inspirasinya, ada banyak contoh portofolio desain grafis yang dapat Anda pelajari.

5. Virtual Assistant

Jika memiliki kemampuan manajemen yang baik, maka menjadi virtual assistant adalah kerjaan online yang dapat Anda pilih.

Profesi ini pada dasarnya hampir sama dengan asisten pribadi. Bedanya, segala tugas dan pekerjaan virtual assistant dilakukan secara online.

Tugas seorang virtual assistant cukup beragam. Misalnya, membuat pembukuan, membuat perencanaan, merancang jadwal, mengelola email, menyiapkan laporan, dan sebagainya.

Nah, jika Anda tertarik untuk bekerja online sebagai virtual assistant, maka Anda perlu menyiapkan diri dengan banyak skill. Mulai dari kemampuan komunikasi, manajemen waktu,  hingga kemampuan mengelola media sosial.

6. Programmer

Programmer adalah orang yang bertugas untuk membuat suatu program di komputer atau melakukan programming. Hasilnya dapat berupa aplikasi, software, website, dan sebagainya. 

Profesi ini termasuk pekerjaan online yang memiliki prospek yang cerah. Alasannya, proyeksi pertumbuhan profesi programmer mencapai 23,5%. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk memilih profesi ini sebagai pekerjaan online Anda.

Meski begitu, untuk bekerja online sebagai programmer, Anda perlu memiliki kemampuan coding dan menguasai bahasa pemrograman. Misalnya, JavaScript, Java, PHP, dan lain sebagainya.

7. Software Engineer

Software engineer

Sesuai namanya, software engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, mengelola, hingga mengevaluasi suatu perangkat lunak atau software.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik dengan dunia perangkat lunak, maka Anda dapat memilih bekerja online sebagai software engineer.

Apalagi, profesi ini banyak dibutuhkan saat ini. Bahkan diperkirakan, selama satu dekade, sekitar 162,900 per tahunnya lowongan kerja yang dibuka untuk posisi software engineer.

Tapi untuk bekerja sebagai software engineer, cukup banyak hal yang perlu Anda kuasai. Misalnya, Anda sudah pasti harus menguasai bahasa pemrograman. Selain itu, Anda juga perlu memiliki kemampuan software testing untuk menguji fungsi software.

Bukan hanya itu, sebelum menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan online Anda, maka Anda juga perlu membiasakan diri dengan tools yang sering digunakan software engineer. Misalnya, tools untuk mengembangkan perangkat lunak seperti Visual Studio dan Eclipse.

8. Web Developer

Web developer adalah salah satu pekerjaan online yang dapat Anda pilih. Utamanya, jika Anda tertarik untuk bekerja dalam bidang web development

Sebagaimana programmer pada umumnya, kerjaan online sebagai web developer cukup menjanjikan. Baik Anda yang melakukannya sebagai karyawan atau bekerja sebagai profesional sesuai niche bisnisnya. 

Faktanya, proyeksi pertumbuhan profesi web developer mencapai 23% selama 2021-2031. 

Bahkan, gaji yang bisa Anda dapatkan jika bekerja online sebagai web developer juga cukup tinggi. Rata-rata, gaji web developer di Indonesia bisa mendapatkan mulai dari Rp4 juta/bulan.

Meskipun begitu, untuk bekerja online sebagai web developer tidak mudah. Anda perlu memiliki menguasai bahasa markup HTML, CSS, dan bahasa pemrograman tertentu seperti JavaScript, SQL, Python, dan lain sebagainya.

9. Content Creator

sandhika galih web programming

Perkembangan media digital melahirkan banyak profesi pekerjaan online. Content creator adalah salah satunya. 

Content creator bertanggung jawab merancang, meriset, menciptakan, mengelola, dan mendistribusikan suatu konten. Baik itu berupa teks, audio, visual, maupun video. 

Profesi ini dapat menjadi pilihan kerjaan online yang menjanjikan buat Anda. Yang menarik, Anda berpotensi mendapatkan penghasilan hingga miliaran rupiah. 

Apalagi, untuk menjadikan content creator tidak perlu mendaftar di perusahaan tertentu. Anda bisa mulai sendiri dengan menggunakan berbagai platform yang ada. Misalnya, website, YouTube, TikTok, Instagram, dan semacamnya. 

10. Social Media Specialist

Panduan Lengkap Social Media Marketing

Social media specialist adalah kerjaan online yang dilakukan dengan menggelar promosi lewat media sosial. Nah, jika Anda senang bermain media sosial, maka profesi ini dapat jadi pilihan kerjaan online Anda. 

Sebagai bagian dari upaya digital marketing dan branding, profesi social media specialist masih banyak dibutuhkan bisnis di berbagai sektor.

Belum lagi, penghasilan dari kerja online ini berkisar mulai dari Rp5 juta hingga Rp16 juta per bulan. Cukup tinggi, ya?

Meski begitu, untuk bekerja online sebagai social media specialist, pastikan Anda menguasai platform media sosial tertentu sebagai seorang ahli. Baik di Instagram, LinkedIn, Twitter, Facebook, dan lainnya. 

11. Product Manager

Featured Image Product Development

Bekerja online dengan menangani suatu produk? Ya kesempatan itu akan datang dari profesi sebagai Product manager.

Anda akan bertugas untuk mengelola atau mengembangkan suatu produk. Bahkan, dapat dikatakan keberhasilan suatu produk di pasaran menjadi tanggung jawab product manager. 

Apalagi, profesi ini termasuk pekerjaan online yang menjanjikan. Bayangkan, Anda bisa mendapatkan gaji rata-rata Rp18 juta/bulan

Meski begitu, untuk bekerja online sebagai product manager, ada beberapa skill yang perlu Anda kuasai. Misalnya, kemampuan berpikir kritis, kepemimpinan, manajemen waktu, komunikasi, kemampuan riset pasar, user experience, dan sebagainya.

12. SEO Specialist

SEO Specialist adalah orang yang bertanggung jawab memastikan peningkatan trafik website dan ranking website pada halaman pencarian.

Anda tidak perlu ragu untuk memilih pekerjaan online ini. Karena, SEO Specialist akan selalu dibutuhkan seiring dengan perkembangan website dan dunia SEO untuk bisnis.

Untuk bekerja online sebagai SEO Specialist, Anda harus terbiasa dengan berbagai tools SEO. Misalnya, Ahrefs, Semrush, Similar Web. Selain itu, ada juga tools untuk analitik seperti, Google Analytics 4, Google Search Console, dan lain sebagainya. 

13. Data Scientist

[FI] Apa Itu Data Scientist Inilah Pekerjaan, Tugas, dan Skills yang Diperlukan

Data scientist adalah kerja lewat internet yang berkaitan dengan pengolahan data. Pekerjaannya bisa berupa data mining, analisis data, maupun menyajikan informasi berdasarkan data untuk pengambilan keputusan perusahaan.

Nah, jika Anda memiliki kemampuan olah data yang baik, Anda dapat memilih untuk bekerja online sebagai Data Scientist.

Seperti jenis pekerjaan online lainnya, Data scientist menjanjikan pendapatan cukup besar hingga Rp14 juta/bulan

Meskipun begitu, gaji yang ditawarkan juga sebanding dengan skill yang harus Anda miliki. Misalnya, menguasai statistika, kalkulus, bahasa pemrograman data, visualisasi data, machine learning, cloud computing, dan sebagainya.

14. YouTuber

Berapa Penghasilan Youtuber?

YouTuber menjadi salah satu kerjaan online yang menjanjikan. Bahkan banyak digeluti oleh orang-orang pada era digital ini. Alasan utamanya, penghasilan YouTuber yang bisa mencapai ratusan juta perbulan.

Apalagi, semua pengguna internet memiliki peluang untuk bisa bekerja online dengan cara ini. Hanya saja, orang yang memiliki keseriusan untuk kerja lewat internet sebagai YouTuber saja yang umumnya bisa mendapat kesuksesan. Tentunya, dengan didukung berbagai faktor lainnya. 

Ingin menjadikan YouTuber sebagai pekerjaan online yang menjadi sumber pendapatan utama? Mulailah pelajari cara menjadi YouTuber sukses dengan baik.

15. Personal Coach

Niagahoster Lite Bites 12.0 Strategi Membangun Personal Branding yang Menarik

Pekerjaan online yang satu ini mungkin tidak akan Anda temukan di lowongan kerja perusahaan. Karena, profesi ini, biasanya dijalankan atau dikerjakan sendiri. 

Banyak yang menjadikan profesi ini sebagai sumber pendapatan mereka dan berhasil. Misalnya, Tim Ferriss, Ramit Sethi, James Clear, dan lainnya. 

Nah, jika Anda memiliki fokus dan keahlian pada suatu isu, Anda juga tentu dapat mencoba kerjaan online ini. Misalnya, Anda dapat bekerja online sebagai finance coach, personal life coach, dan sebagainya.

Meskipun begitu, bekerja online sebagai personal coach tidak mudah. Selain harus memiliki keahlian pada suatu isu tertentu, Anda juga perlu banyak melakukan upaya personal branding. 

Sebagai contoh, Anda perlu membuat website yang baik. Tujuannya, selain untuk menciptakan branding, juga untuk membangun kredibilitas Anda sebagai personal coach.

16. Tutor Online

Tutorial Laravel Lengkap

Tutor online adalah profesi yang bertugas mengajarkan suatu bidang kepada orang lain. Baik itu kepada individu, kelompok, maupun perusahaan.

Pekerjaan online ini dapat Anda pilih jika Anda menguasai suatu bidang secara mendalam. Apalagi, jika ingin menjadikan aktivitas mengajar sebagai sumber penghasilan utama Anda. 

Profesi ini cukup menarik. Karena, Anda tidak mesti terdaftar menjadi pengajar di suatu institusi untuk memulainya. Yang Anda butuhkan, hanyalah membuat website e-learning dengan berbagai topik yang menarik dan ilmu yang bermanfaat.

5 Keuntungan Bekerja Secara Online

Selain jenis profesi pekerjaan online yang beragam, kerja online juga memiliki banyak keuntungan. Berikut keuntungan bekerja online yang bisa Anda dapatkan:

1. Bekerja Dari Mana Saja

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan jika kerja online adalah Anda dapat bekerja dari mana saja. Baik itu dari rumah, kafe, coworking space, atau bahkan di tempat-tempat wisata seperti digital nomad. Selama ada koneksi internet, pekerjaan online tersebut bisa dijalankan. 

2. Dapat Menghemat Pengeluaran

Bekerja online juga dapat membantu Anda menghemat biaya. Misalnya, jika Anda kerja online dari rumah, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan menuju dan kembali dari kantor. 

Selain itu, dengan bekerja online, Anda juga bahkan tidak perlu untuk mengeluarkan banyak biaya membeli pakaian ke kantor.

3. Waktu Kerja Fleksibel

Keuntungan bekerja online berikutnya adalah waktu kerja yang fleksibel. Jadi, Anda dapat mengatur jadwal sesuai dengan tingkat produktivitas Anda. 

Misalnya, Anda mungkin akan jauh lebih produktif jika bekerja pada pagi hari karena semangat masih baru. Atau Anda juga bisa memilih untuk bekerja pada malam hari karena suasana lebih tenang. Bahkan, Anda juga dapat istirahat sejenak pada siang hari untuk mengembalikan semangat kerja Anda.

4. Mengubah Ruang Kerja

Jika Anda kerja online dari rumah, Anda memiliki kebebasan untuk mengubah ruang kerja sesuai dengan kenyamanan Anda. 

Misalnya, Anda bebas untuk berpindah-pindah ruang kerja dari kamar ke teras rumah, atau sekadar menggeser meja kerja Anda. Dengan begitu, kenyamanan yang Anda dapatkan tentu dapat mempengaruhi semangat Anda untuk bekerja.

5. Pakaian Kerja Bebas

Pekerjaan online juga tidak mengatur pakaian Anda. Jadi, Anda dapat bekerja dengan pakaian yang nyaman buat Anda.

Misalnya, jika ke kantor Anda harus berpakaian rapi. Tapi, jika kerja online di rumah Anda mungkin akan lebih nyaman hanya mengenakan baju kaos dan celana pendek saja.

4 Tips Mudah Bagaimana Cara Mendapatkan Pekerjaan Online

Setelah tahu keuntungan bekerja online, Anda pasti tertarik untuk mencobanya bukan? Untuk itu, berikut tips mudah bagaimana cara mendapatkan pekerjaan online:

1. Bangun Jaringan Secara Online

Jika Anda memiliki jaringan online yang luas, maka bukan tidak mungkin Anda mendapatkan informasi lowongan kerja dengan mudah. Misalnya, jika Anda memiliki jaringan pertemanan yang baik di media sosial. 

Apalagi, hampir semua recruiter atau perusahaan akan membagikan informasi lowongan kerja online melalui media sosial. Oleh karena itu, penting untuk terus aktif terhubung dan berjejaring secara online.

2. Buat Website Portofolio

Membuat web portofolio adalah hal yang wajib Anda lakukan jika Anda mencari pekerjaan online. 

Dengan begitu, Anda dapat menunjukkan contoh pekerjaan Anda dengan mudah. Baik untuk calon klien, perusahaan yang Anda lamar maupun lingkup pertemanan Anda di media sosial.

Misalnya jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan sebagai desainer grafis, Anda perlu menunjukkan contoh karya Anda kepada recruiter. 

3. Mencari Lowongan Kerja

Mencari lowongan kerja online sebenarnya cukup mudah. Karena, Anda bisa menemukan banyak jenis kerjaan online melalui website atau aplikasi lowongan kerja. Misalnya, melalui LinkedIn, Jobstreet, Indeed, Kalibrr, dan lain sebagainya.

Meski begitu, Anda perlu untuk lebih teliti sebelum melamar pekerjaan online. Pastikan perusahaan penyedia lowongan kerja itu terpercaya. 

4. Lamar Pekerjaan yang Sesuai

Selanjutnya, pastikan untuk melamar pekerjaan online yang sesuai dengan skill Anda. Anda dapat mengecek persyaratan skill yang dibutuhkan atau gambaran job desk-nya. Tujuannya, agar Anda nantinya dapat memberikan hasil kerja yang baik. 

Selain itu, recruiter juga tentunya mencari pekerja yang memiliki skill sesuai yang dibutuhkan. Jadi, kemungkinan Anda diterima bekerja online juga semakin besar.

Sudah Siap Memulai Kerja Online?

Sekarang Anda sudah tahu bahwa kerja online adalah pekerjaan yang dapat memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Misalnya, Anda dapat bekerja dari mana saja selama ada koneksi internet. Bahkan, Anda dapat bekerja di waktu yang produktif.

Nah, untuk memudahkan Anda mendapatkan kerja online, maka Anda perlu untuk memiliki portofolio online yang mampu menunjukkan keahlian Anda. Website portofolio adalah sarana terbaik bagi pencari kerja online mengenalkan diri.

Pun demikian, pastikan website tersebut mudah diakses dan mampu menjaga kredibilitas Anda, ya.  

Untungnya, dengan dukungan layanan hosting Niagahoster yang memberikan jaminan server uptime 99,99% memiliki website portofolio yang andal kian mudah.

Tak hanya akan selalu online dan dapat diakses oleh siapa saja website tersebut akan mampu menjadi personal branding Anda untuk bergelut di pekerjaan online. Yang menarik, website tersebut bisa Anda miliki hanya dengan harga mulai Rp9900/bulan.

Nah, tunggu apa lagi? Onlinekan portofolio Anda, dan dapatkan pekerjaan online sekarang!

Abd. Wahab SEO Content Writer at Niagahoster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *