Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Apa Itu Programming: Ini Pengertian dan Tips Lengkap Supaya Cepat Mahir

5 min read

apa itu programmer

Tahukah Anda bahwa saat ini programming adalah salah satu bidang pekerjaan yang paling banyak diminati di Indonesia? 

Dunia programming makin menarik banyak orang untuk terjun di dalamnya karena prospek kerjanya yang cerah. Bagaimana tidak, proyeksi pertumbuhan profesi programmer mencapai 23,5%. Luar biasa, bukan?

Bagaimana? Sudah tertarik dengan programming? 

Nah, di artikel ini kami akan mengajak Anda mengenal apa itu programming. Mulai dari pengertian programming, bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari, dan berbagai tips agar cepat mahir programming. 

Penasaran, ‘kan? Langsung saja, yuk simak artikelnya!

Apa Itu Programming?

Programming adalah sebuah proses untuk membuat program di komputer. Program yang dimaksud bisa berupa software, website, aplikasi, dan masih banyak lagi. 

Orang yang melakukan programming disebut programmer. Nah, saat melakukan programming, seorang programmer perlu menggunakan bahasa pemrograman untuk membentuk instruksi tertentu. 

Nantinya, instruksi ini akan diterjemahkan menjadi logika yang dipahami perangkat komputer. Lalu, komputer akan melaksanakan tugasnya sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Sekarang mungkin Anda bertanya-tanya, lalu apa bedanya programming dengan coding?

Coding adalah salah satu aktivitas dalam melakukan programming. Yaitu, proses penulisan kode-kode untuk membuat suatu instruksi. Sedangkan, programming adalah keseluruhan proses membuat program mulai dari analisis, coding, sampai dengan uji coba program yang dibuat. 

Nah, sudah tahu pengertian programming, ‘kan? Mau tahu lebih lanjut tentang apa itu programming? Simak poin berikutnya, yuk! 

Mengapa Anda Perlu Mempelajari Programming?

Dengan belajar pemrograman, ada banyak keuntungan yang bisa Anda raih:

1. Bisa Bekerja di Mana Saja

Keuntungan pertama bekerja di bidang programming adalah Anda bisa bebas bekerja di mana saja. 

Mau work from home? Bisa. Kerja di café atau co-working space saja? Bisa juga. Bahkan, mengerjakan project sambil travelling juga bisa, lho. 

Sebab, makin banyak perusahaan yang menawarkan opsi kerja remote bagi programmer. Buktinya, 86% programmer yang bekerja di perusahaan IT seluruh dunia sudah bekerja secara remote. 

Bagaimana kalau pada saat menjalankan project perlu diadakan meeting? Seorang programmer masih bisa berdiskusi dengan rekan satu timnya menggunakan aplikasi video conference, seperti Zoom, Skype, atau Google Meet.  

2. Mengembangkan Kreativitas dan Skill Problem Solving

Pekerjaan di dunia programming memang berkaitan erat dengan coding dan berbagai hal teknis. Namun, menjadi programmer juga menuntut kreativitas dan skill problem solving. 

Sebagai contoh, ketika menemukan bug atau error dalam kode yang sudah disusun, programmer harus harus berpikir untuk mencari sebuah solusi yang efektif sekaligus efisien. 

Apalagi, saat project yang dikembangkan sudah di-online-kan. Programmer juga harus menguasai platform untuk mengonlinekan programnya. Contohnya, VPS yang membutuhkan penguasaan teknis dan bahasa pemrograman.

3. Mendapat Gaji Tinggi

Peluang karir di bidang programming cukup besar karena kebutuhan akan programmer terus meningkat. Bahkan, saking pentingnya peran programmer di era digital, banyak perusahaan yang bersedia memberikan gaji yang tinggi.

Menurut Salary Explorer, rata-rata gaji programmer di Indonesia bisa mencapai Rp11,1 juta per bulan. Luar biasa, bukan? 

Tak hanya itu, seorang programmer juga bisa mendapatkan gaji yang lebih besar dengan meniti karir di luar negeri. Di Amerika, rata-rata penghasilan programmer  bisa mencapai Rp74,5 juta per bulan.

4. Prospek Kerja yang Bagus

Dalam memilih profesi dalam berkarir, pastinya Anda tidak hanya mempertimbangkan gaji tapi juga stabilitas karirnya, bukan?

Kabar baiknya, prospek kerja programmer semakin cerah di masa depan. Bahkan, kebutuhan terhadap keahlian programming diprediksi meningkat hingga 90% antara 2016 dan 2030.

Hal itu tidak mengherankan, dengan beralihnya bisnis ke ranah digital yang menyebabkan banyak perusahaan sadar terhadap pentingnya aplikasi dan website dalam berbisnis. 

Nah, kalau Anda yang berminat berkarir di bidang programming, tak perlu ragu lagi untuk mulai mempelajari seluk-beluk tentang apa itu programming. Sebab, akan ada banyak lowongan pekerjaan bagi Anda yang terjun ke dunia programming.

Semakin yakin bahwa programming adalah salah satu bidang pekerjaan yang menjanjikan, bukan? Untuk itu, Anda harus mengetahui macam-macam bahasa pemrograman yang bisa Anda gunakan dalam programming.

Bahasa Pemrograman untuk Programming

Beberapa bahasa pemrograman yang perlu diketahui di bidang programming adalah Python, PHP, dan Java

Penasaran bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari? Mari lihat beberapa contohnya di bawah ini.

  • JavaScript adalah bahasa yang dipakai untuk mengembangkan website dari segi klien (client side). JavaScript dipakai untuk membangun website dinamis, pengembangan server, aplikasi mobile, animasi, game, dan masih banyak lagi.
  • Bahasa pemrograman Python bahasa open source populer yang cukup mudah dipahami pemula. Python digunakan untuk membangun Machine Learning, Artificial Intelligence, Big Data, dan Robotika.
  • Java adalah bahasa pemrograman multiplatform dilengkapi performa stabil serta keamanan terjamin. Java banyak dimanfaatkan untuk membangun sistem informasi perbankan, retail, dan pemerintahan.
  • PHP adalah bahasa yang kompatibel dengan bahasa lain seperti JavaScript, HTML, CSS, bahkan SQL. PHP paling sering digunakan untuk membangun website dan aplikasi berbasis web.
  • Kotlin adalah bahasa multiplatform dan open source yang dipakai untuk membangun aplikasi Android.

Itulah beberapa bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari. Melihat berbagai keuntungan dan banyaknya bahasa yang bisa dipelajari, programming adalah pilihan bidang pekerjaan menarik yang bisa Anda pertimbangkan.  

Untuk memulai karir Anda, ada beberapa tips supaya cepat mahir programming yang bisa Anda terapkan. Scroll ke bawah, ya.

Baca Juga: Belajar HTML

Tips Agar Mahir Programming Lebih Cepat

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan agar bisa cepat mahir programming:

1. Belajar Bahasa Pemrograman yang Dibutuhkan Saja

Kesalahan yang sering dilakukan pemula yang sedang belajar programming adalah ingin belajar semua bahasa pemrograman. Padahal, fokus Anda bisa jadi akan terbagi-bagi.

Jadi, misalnya Anda ingin mahir dalam membuat aplikasi berbasis web. Pilih salah satu bahasa yang mudah dipelajari seperti Python, PHP, atau HTML. 

Nah, selain belajar tentang bahasa pemrograman, Anda juga harus tahu bahasa pemrograman yang Anda pelajari cocok digunakan untuk jenis web yang seperti apa. Contohnya, bahasa PHP paling tepat digunakan untuk membangun toko online atau web dengan traffic yang tinggi.

Mengingat traffic-nya yang besar, jangan lupa untuk mendukung web Anda dengan layanan hosting supaya mudah diakses. 

Agar aksesnya tetap lancar meski ramai pengunjung, pilihlah paket hosting yang memiliki resource server besar seperti paket Cloud Hosting.

2. Pelajari Fundamental Bahasa Pemrograman

Tips berikutnya yang tidak boleh dilewatkan untuk terjun ke bidang programming adalah mempelajari fundamental bahasa pemrograman. 

Fundamental wajib Anda kuasai saat mempelajari programming. Sebab, menguatkan fondasi terlebih dahulu itu penting sebelum mendalami suatu bidang. 

Dengan belajar fundamental, Anda bisa mengembangkan project Anda dengan mudah. Tak cuma itu, Anda juga bisa menyelesaikan error pada coding dengan lebih cepat setelah menguasai fundamental bahasa pemrograman.

Beberapa hal yang bisa Anda pelajari, antara lain:

  • Algoritma – Yang satu ini wajib Anda kuasai, sebab algoritma erat kaitannya dengan logika yang akan digunakan selama proses programming. 
  • Struktur data – Penting untuk mengelola data pada sistem komputer atau database supaya lebih mudah diakses. Tak hanya itu, dengan mempelajari struktur data, masalah pada coding bisa cepat selesai karena akan mudah ditemukan.
  • Syntax – Syntax adalah aturan penulisan kode untuk membuat sebuah program. Jadi, Anda perlu memastikan ketepatan syntax yang digunakan untuk mencegah terjadinya error.
  • Tools – Saat mempelajari bahasa pemrograman, Anda juga harus menguasai tools yang digunakan. Misalnya, di bahasa C++, Anda memerlukan editor tool untuk menuliskan kode dan compiler agar dapat menerjemahkan instruksi ke komputer. 

3. Ikut Kelas Online

Salah satu tips agar cepat mahir dalam programming adalah mengikuti kelas online

Anda juga bisa memanfaatkan berbagai situs belajar online untuk ikut kelas online tentang programming. Dengan begitu, Anda bisa belajar dengan mentor berpengalaman yang siap membantu Anda selama proses belajar programming.

4. Terapkan Passive dan Active Learning

Belajar programming bisa dilakukan dengan dua metode yaitu active dan passive learning.

Active learning adalah belajar dengan praktik secara langsung atau sering disebut dengan learning by doing. Sementara, passive learning adalah mempelajari sesuatu secara teori saja, bisa dengan membaca atau menonton video tutorial. 

Penerapan metode belajar programming yang tepat agar cepat mahir adalah dengan menyeimbangkan kedua metode tersebut. 

Sebab, belajar teori saja bisa jadi akan membuat Anda kesulitan saat menemukan kasus dalam praktiknya. Sedangkan, praktik tanpa teori juga akan menyulitkan Anda karena dapat memperlambat proses belajar.

5. Lakukan Learning by Teaching

Learning by teaching adalah cara belajar dengan menjelaskan ulang apa yang telah Anda pelajari. Cara belajar ini terbukti efektif, lho.. Menurut riset dari Universitas Aksaray di Turki, seseorang yang menjelaskan ulang yang ia pelajari akan lebih memahami materinya daripada mereka yang hanya membaca ulang materi. 

Untuk itu, coba jelaskan ulang materi programming yang sudah Anda pelajari ke orang lain supaya Anda bisa cepat mahir dalam pemrograman.

6. Pahami Cara Dasar Testing dan Debugging

Terakhir, tips untuk bisa cepat andal dalam programming adalah mempelajari cara testing dan debugging. 

Dalam proses pengembangan sebuah program, testing bertujuan untuk memastikan program berjalan baik yaitu dengan mencari bug atau error pada kode yang sudah disusun. 

Nantinya, programmer harus melakukan debugging kalau menemukan bug atau kesalahan di dalam kode untuk menyempurnakan program yang sedang  dikembangkan. 

Sudah Paham Apa Itu Programming?

Di artikel ini, Anda sudah mempelajari serba-serbi tentang apa itu programming. 

Jadi, pengertian programming adalah proses membangun sebuah program dengan bahasa pemrograman yang sesuai dengan jenis program yang akan dikembangkan.

Kalau Anda tertarik menggeluti bidang programming, Anda bisa menerapkan berbagai tips yang sudah dibahas di atas. Nantinya, jika sudah andal membuat program yang baik, jangan lupa tampilkan karya Anda di web portofolio supaya bisa diakses calon klien potensial. 

Supaya website Anda selalu online, Anda bisa memilih paket Unlimited Hosting Niagahoster.

Didukung jaminan uptime hingga 99,9%, website Anda akan mudah diakses online non-stop. Ditambah, Unlimited Hosting punya fitur keamanan seperti Imunify360 yang mampu mencegah dan membasmi serangan malware pada website. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk online-kan web portofolio Anda dengan hosting berkualitas dari Niagahoster!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *