Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

17+ Aplikasi dan Situs Belajar Online Terbaik untuk Anda!

12 min read

Belajar online bisa menjadi kegiatan positif untuk mengisi waktu luang di rumah selama pandemi. Dengan memanfaatkan aplikasi dan situs belajar online, kita bisa belajar apa saja, di mana saja, hanya dengan bermodalkan HP dan koneksi internet. 

Jadi, Anda bisa mengembangkan diri secara personal maupun profesional tanpa perlu keluar rumah. Mantep banget, kan?

Kabar baiknya, ada banyak sekali aplikasi dan situs belajar online gratis di luar sana. Di sini kami akan membahas beberapa rekomendasi dari kami. Yuk disimak!

17+ Situs dan Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Anda!

Berikut adalah 17+ rekomendasi situs belajar online sekaligus aplikasi pembelajaran yang patut Anda coba:

  1. Zenius
  2. Ruangguru
  3. Quipper School
  4. Kelas Pintar
  5. Rumah Belajar
  6. Brainly
  7. edX
  8. Alison
  9. TEDEd
  10. Udemy
  11. Coursera
  12. Codecademy
  13. Duolingo
  14. Niagahoster Course (NiCo)
  15. HubSpot Academy
  16. Indonesia Montessori (IMC)
  17. Canva Design
  18. Facebook Blueprint

Mari kita bahas satu per satu!

1. Zenius 

Situs belajar online Zenius

Zenius adalah pionir website belajar online di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2007. LMS ini menyediakan materi-materi pendidikan untuk siswa SD sampai SMA. Materinya tersedia dalam bentuk video berbahasa Indonesia, dan ebook untuk kumpulan soal Ujian Nasional. 

Banyak pengguna yang merekomendasikan situs belajar ini secara khusus untuk anak IPA. Hal itu karena materi Zenius misalnya di mapel fisika dan matematika lebih mendalam. Situs belajar online ini mengajarkan penurunan rumus dari rumus dasar yang tidak dibahas di platform lain dan di sekolah juga.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengikuti kursus online Zenius. Yang pertama, Anda bisa mengakses website belajar online ini di www.zenius.net. Atau, bisa juga mengunduh aplikasi belajar online milik Zenius di Playstore. Tinggal pilih mana yang paling nyaman menurut Anda.

Keunggulan:

  • Hemat. Anda bisa mengakses dan mengunduh 80.000 video pembelajaran secara gratis melalui aplikasinya.
  • Dilengkapi pembahasan untuk semua jenjang pendidikan dan kurikulum.
  • Hemat kuota. Anda hanya butuh kuota  kurang lebih 20MB untuk belajar menggunakan Zenius.

Kekurangan:

  • Tidak semua materi memiliki video pembelajaran.
  • Soal-soal latihan matematika levelnya terlalu dasar.
  • Kualitas video dan visualisasi tidak sebagus kompetitornya.
  • Latihan soal mapel Sejarah, bahasa Indonesia, dan Biologi tidak banyak.
  • Video pembelajaran tidak bisa diunduh.

2. Ruangguru

Ruangguru

Saat ini, Ruangguru adalah situs belajar online terbesar di Indonesia. Sama seperti Zenius, website belajar online gratis Ruangguru juga menyediakan materi pendidikan untuk pelajar SD sampai SMA. 

Merespons imbauan pemerintah untuk sekolah di rumah selama pandemi Covid 19, Ruangguru menyediakan pembelajaran live teaching. Pembelajaran secara langsung setiap Senin sampai Jumat pukul 8.00 sampai 12.00, mulai 16 Maret 2020 lalu. 

Anda bisa mengaksesnya dengan mengunduh aplikasi belajar online Ruangguru di Playstore, atau membuka website belajar online tersebut.

Keunggulan:

  • Membagi video per materi memudahkan pengguna memilih materi mana dulu yang ingin dipelajari.
  • Dilengkapi dengan kuis di aplikasi belajar. Tidak butuh kertas dan pulpen untuk mengerjakan soal kuis.
  • Kualitas grafis dan visual yang baik.

Kekurangan:

  • Tidak banyak menyertakan penurunan rumus.
  • Banyak materi yang pembahasannya kurang mendalam.
  • Menghabiskan banyak kuota karena kualitas video dan grafis yang bagus.
  • Tidak cocok dengan siswa yang suka sistem belajar konvensional seperti di sekolah.

3. Quipper School

Situs belajar online Quipper

Mirip dengan Zenius dan Ruangguru, Quipper School adalah situs belajar online baru khusus untuk guru dan siswa SMP dan SMA. Learning Management System ini dibuat untuk memfasilitasi guru dan murid dalam melaksanakan aktivitas belajar dan mengajar secara online. 

Berbeda dengan Zenius yang direkomendasikan banyak pengguna untuk anak IPA, Quipper lebih direkomendasikan untuk anak IPS. Mengapa? Karena materi sosial di situs belajar ini lebih lengkap. Bahkan saking lengkapnya, beberapa materi kadang belum pernah diajarkan di sekolah offline.

Sistem pembelajarannya sama seperti di sekolah. Guru punya peran sebagai fasilitator. Artinya ia punya tugas mengelola materi, mengadakan tes atau ujian, dan memantau perkembangan siswa. Sedangkan untuk siswa, mereka dapat belajar, mengerjakan pekerjaan rumah, dan mengikuti tes/ujian secara online.

Keunggulan:

  • Dilengkapi beberapa fitur seperti Portal Guru (QLink), Portal Siswa (QLearn), dan Portal pembuatan konten). Sehingga memudahkan guru dan murid melakukan perannya dengan maksimal. 

Kekurangan:

  • Tidak banyak pembahasan tentang penurunan rumus di mata pelajaran matematika dan fisika.
  • Durasi video yang cukup lama.
  • Menghabiskan banyak kuota internet.

4. Kelas Pintar

Situs Belajar online Kelas Pintar

Website belajar gratis kepunyaan PT Extramarks Education ini menyediakan pembelajaran untuk kelas 1 sampai 12. Materi pembelajaran yang ada di situs belajar online tersebut sudah sesuai dengan kurikulum dan jumlah mata pelajaran. Kurang lebih seperti tabel di bawah ini: 

KelasJumlah Mata PelajaranMata Pelajaran
1-3delapan mata pelajaran.PKn; Bahasa Indonesia; Matematika; Seni Budaya dan Prakarya (SBdP); Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK); IPA; IPS; Agama dan Budi Pekerti. 
4-6sepuluh mata pelajaran.PKn; Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris; Matematika; Seni Budaya dan Prakarya (SBdP); Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK); IPA; IPS; Agama dan Budi Pekerti; Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 
7-9tujuh mata pelajaran.Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKn, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. 
10-12sebelas mata pelajaran.Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sejarah, Geografi, Biologi, Fisika, Kimia, Pkn, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Di situs belajar online ini, Anda bisa belajar melalui video animasi, audio-visual, dan ebook. Metode belajar yang interaktif akan membuat kegiatan belajar jadi lebih mudah. Metode pembelajarannya menggunakan pendekatan total learning yaitu learn, practise, dan test. Tidak hanya itu lho, Kelas Pintar juga memberikan akses gratis pada sekolah mana pun yang ingin menggunakan solusi belajar online ini. 

Keunggulan: 

  • Website belajar online ini memiliki fitur ‘Tanya’. Fitur ini memungkinkan siswa untuk bertanya dan mendapat solusi atas pertanyaan yang muncul ketika siswa belajar di rumah.   
  • Memiliki fitur ‘Assessment’. Dengan fitur di website belajar online ini, guru bisa melakukan interaksi layaknya proses belajar mengajar di sekolah.

Kekurangan:

  • Setelah free trial selama 7 hari, Anda perlu membayar per bulan untuk bisa menggunakan aplikasi belajar online Kelas Pintar.
  • Banyak kendala terkait kode OTP (One-Time Password) saat pendaftaran.

Baca juga: 7 Tips Kerja Remote yang Lebih Produktif dan Menyenangkan

5.  Rumah Belajar

Situs Belajar online Rumah Belajar

Dengan menggandeng beberapa perusahaan swasta penyedia layanan pembelajaran online, Kemdikbud mengembangkan situs belajar online yang disebut, Rumah Belajar! Rumah belajar merupakan situs belajar online yang menyediakan materi serta fasilitas pembelajaran untuk siswa dan pendidik dari jenjang PAUD hingga SMA/SMK. 

Yang istimewa dari situs belajar online ini adalah Anda bisa menemukan Buku Sekolah Elektronik (BSE). BSE menjadi alternatif bagi pelajar yang tidak memiliki buku fisiknya. Materi pembelajaran web belajar ini pun disajikan secara interaktif dalam bentuk video, audio, gambar, dan animasi.

Keunggulan:

  • Materi untuk jenjang pendidikan yang lebih luas (PAUD hingga SMA/SMK).
  • Ada bank soal yang berisi kumpulan soal dan materi evaluasi siswa.
  • Memiliki fitur ‘Laboratorium Maya’. Fitur ini berisi simulasi praktikum laboratorium dengan model praktikum yang interaktif. Dilengkapi dengan lembar kerja siswa dan teori praktikum.

Kekurangan:

  • Materi di situs belajar online ini kurang lengkap.
  • Jumlah percobaan di fitur Laboratorium Maya yang masih terbatas.
  • Web terasa agak berat.

6.  Brainly

Brainly

Brainly merupakan situs belajar online yang menawarkan cara belajar online yang seru dan interaktif!

Memang seperti apa sih serunya? Begini, Anda bisa mengajukan pertanyaan apa pun seputar bidang studi tertentu. Nantinya pertanyaan Anda tadi akan dijawab oleh pelajar atau pengguna situs belajar online ini dari berbagai belahan dunia. 

Semua pertanyaan dan jawaban di web belajar ini dapat Anda pantau secara realtime. Kapan saja dan di mana saja. Jadi, selain bisa menambah wawasan, Anda bisa juga menambah teman baru.

Sebenarnya Brainly tidak hanya situs belajar online internasional, tapi juga nasional. Jika Anda ingin mengakses situs belajar online Brainly Indonesia Anda tinggal mengunjungi situsnya di sini atau mengunduh aplikasi belajar online Brainly di Play Store dan App Store. 

Keunggulan:

  • Untuk setiap jawaban yang diberikan pengajar, situs belajar online ini memberikan reward berupa poin yang bisa meningkatkan reputasi pendidik di mata komunitas.
  • Ada fitur Live chat dan pesan pribadi di website belajar online ini yang mirip dengan fitur yang ada di media sosial.

Kekurangan:

  • Tampilan versi 5.5.5 yang membingungkan.
  • Jawaban yang ditulis pengguna seringkali dihapus tanpa konfirmasi.
  • Sistemnya cukup sering bermasalah.

Sekarang giliran website belajar online yang terbuka untuk umum. Berikut ini daftarnya untuk Anda!

7.  edX

edX

Jika Anda ingin mengakses materi-materi pembelajaran dari berbagai institusi top dunia, edX adalah jawabnya. edX adalah salah satu MOOC yang populer di dunia.

Website belajar online ini digarap oleh dua kampus elite dunia yaitu Harvard University dan MIT di tahun 2012. Tentu saja, dengan begitu, Anda bisa mengakses konten pembelajaran yang belum tentu ada di kelas-kelas umum. 

Namun, untuk memperoleh sertifikat di website belajar online ini, Anda harus membayar sejumlah uang. Jumlahnya tergantung dengan course apa yang Anda ambil.

Pro Tip: Pilihlah course atau subjek yang benar-benar Anda minati. Karena sistem pembelajaran di situs belajar online ini yang intensif, yaitu butuh sekitar tiga bulan untuk menyelesaikan coursenya. Dengan waktu per harinya 2 jam. Anda tidak hanya harus duduk dan mengikuti kursus di website belajar ini, tapi juga diminta untuk membuat tugas, dan mengerjakan tesnya. Layaknya mengikuti kelas di kampus atau di sekolahan.  

Keunggulan:

  • Memberikan sertifikat serta gelar tertentu dari institusi dan universitas terkemuka.
  • Materi di situs belajar online ini cukup lengkap, dari ilmu murni seperti seni, filsafat, sains, geografi. Hingga ilmu terapan seperti informatika, arsitektur, elektronik.
  • Gratis.

Kekurangan:

  • Beberapa kendala yang dialami pengguna ketika log in.
  • Kelas yang kurang menarik. Tidak guru yang bisa diajak berinteraksi. 
  • Tidak ada formula yang dapat membantu mempelajari materi dengan mudah. Misalnya untuk materi Ilmu Alam.

8. Alison 

Alison

Tahukah Anda? Website belajar online Alison ini adalah salah satu pelopor situs belajar online yang gratis di dunia. Lewat Alison, Anda bisa mengakses lebih dari 750 materi pelajaran dalam bahasa Inggris. Misalnya seperti: Kesehatan, Sains, IT, Humanisme, Bahasa, Marketing, Lifestyle, Bisnis, Software Engineering, dan masih banyak lagi.

Materi pembelajaran di web belajar ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu Diploma Courses dan Certificate Course. Memang apa bedanya? 

Bedanya adalah Diploma Courses memberikan materi yang lebih luas tentang suatu subjek. Di kategori ini, Anda bisa mendapatkan sekitar 4 sertifikat (meski tidak selalu 4). Kategori Diploma Course memungkinkan Anda menguasai beberapa topik dalam suatu bidang studi. 

Sedangkan kategori Certificate Course memberikan materi sekaligus sertifikat cetak untuk Anda yang ingin belajar suatu topik khusus. Jadi, bisa dikatakan, materi Certificate Course lebih spesifik dan lebih sedikit dibanding Diploma Course.

Keunggulan:

  • Waktu belajar dan tes yang lebih fleksibel. Sesuai dengan keinginan pengguna.
  • Semua pembelajaran dan sertifikat di situs belajar online ini gratis! 

Kekurangan:

  • Beberapa materi pelajaran di situs belajar online ini tampak seperti copy paste dari kursus lain.
  • Support yang kurang ketika pelanggan mengalami kendala.
  • Beberapa pelanggan diminta melakukan pembayaran, ketika mendaftar kursus materi tertentu, padahal tertulis gratis. 

9. TEDEd 

TEDEd

Anda mungkin sudah tidak asing dengan TED yang merupakan kepanjangan dari Technology, Entertainment, Design. Yup, TEDEd merupakan salah satu program dari TED di bidang education atau pendidikan.

TEDEd merupakan situs belajar online yang memfasilitasi guru dan murid di seluruh dunia dengan cara yang cukup istimewa. MOOC ini fokus memproduksi kumpulan video edukatif berbentuk animasi, dan membantu siswa yang ingin meningkatkan keterampilan presentasi, dan kepemimpinan yang inovatif. Situs belajar online ini cocok sekali untuk anak-anak atau siswa yang sulit belajar dengan metode belajar yang kuno.

Keunggulan:  

  • Situs belajar online ini memiliki tiga pembelajaran umum yang menarik meliputi: TEDEd animations (materi pembelajarannya menggunakan media animasi), TED Talk Lessons (materi pembelajarannya seputar public speaking dan literatur), dan TEDEd Best of Web (materi pembelajarannya dibuat oleh user yang kemudian direview staff TEDEd. Subjeknya seputar topik yang pernah dibahas di YouTube dan TEDEd Animation).  

Kekurangan:

  • Kualitas konten pelajaran non-video yang berbeda-beda membuat siswa bingung saat mengambil kursusnya.

Baca juga: Yuk Belajar dari Para Penerima Forbes 30 Under 30 asal Indonesia!

10.  Udemy

Situs Belajar Online Udemy

Udemy adalah Massive Online Open Source yang fokus pada materi pembelajaran dan pengajaran yang teknis. Misalnya tentang IT, digital marketing, bisnis, data science, dan skill yang berhubungan dengan career improvement. Situs belajar online ini terbuka untuk Anda yang pemula, atau intermediate, atau bahkan sudah berpengalaman.

Buat Anda yang ingin belajar keterampilan lain di luar soal IT, bisnis, dan data science, juga bisa lho! Karena web belajar ini juga menyediakan kursus online gratis termasuk yang berhubungan dengan hobi (seperti kursus bermain gitar listrik) dan topik produktivitas (personal development).

Untungnya Udemy tersedia dalam bentuk website belajar. Anda juga bisa menginstal aplikasi belajar online Udemy baik di Android (Play Store) maupun Apple (App Store).

Keunggulan:

  • Udemy menawarkan lebih dari 1000 kursus online gratis.
  • Udemy membantu para instruktur mempromosikan kelas atau pasarnya ke target audiens.
  • Memiliki layanan Customer Support via telepon dan online.

Kekurangan:

  • Materi pembelajaran di situs belajar online Udemy tentang coding kurang menyeluruh. Sehingga pengguna hanya dapat materi dasar saja.
  • Sulit bagi pemateri pemula untuk mendapat siswa karena persaingan yang ketat di antara sesama pemberi materi.
  • Bagi hasil penjualan kelas yang tidak menguntungkan bagi pihak pemberi materi.

11. Coursera 

Coursera

Situs belajar online ini cocok untuk Anda yang ingin belajar keterampilan baru. Misalnya seperti analisis bisnis, desain grafis, atau apa pun yang bisa mendukung kehidupan profesional. 

Tidak hanya itu lho, MOOC ini juga dilengkapi sertifikat atau bahkan gelar! Lewat Coursera, Anda bisa mendapatkan sertifikat atau gelar dari berbagai institusi dan universitas terkemuka seperti Stanford, Google, Illinois, IBM, dan lain-lain. 

Dari jargonnya, “Take the world’s best courses, online,” Anda bisa menilai. Bahwa situs belajar online ini patut diperhitungkan. Kelas online Coursera dilengkapi dengan 8 bahasa pengantar seperti bahasa Turki, Spanyol, Rusia, Portugis, Prancis, Inggris, Tiongkok, dan versi tradisional bahasa Tiongkok. 

Sama seperti Udemy, Coursera juga menyediakan aplikasi belajar online yang bisa Anda instal, lho!

Keunggulan:

  • Variasi pembelajaran yang menarik.
  • Kursus yang fleksibel. Durasi tiap course-nya bervariasi. Bisa 4 minggu, 2 bulan, 3 bulan, atau lebih.
  • Kualitas pengajar dan materi dari berbagai universitas di seluruh dunia.
  • Dilengkapi sertifikat untuk Anda yang berhasil menyelesaikan course.
  • Memiliki ruang diskusi global
  • Selain itu, ada juga komunitas lokalnya di Indonesia.

Kekurangan:

  • Kebanyakan kursusnya disediakan hanya untuk pemula.
  • Pengajar atau instrukturnya hanya dari universitas.
  • Materi kursusnya terlalu fokus pada yang populer.

12.  Codecademy

Situs belajar online Codecademy

Sekarang, belajar soal coding (menulis kode program) bukan hal yang wah. Siapa saja bisa, termasuk Anda, asalkan punya kemauan. Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan profesional ke tingkat berikutnya, belajar coding bisa jadi pilihan lho!

Karena Codecademy menyediakan banyak sekali materi pembelajaran terkait coding, jadi usahakan fokus dulu ke satu materi yang ingin dipelajari. Misalnya apakah Anda ingin belajar analisis data? Ataukah website development? Atau ilmu komputer?

Tidak usah takut karena kurangnya pengalaman atau pengetahuan tentang coding. Karena, web belajar ini akan membimbing Anda mempelajari kode sesuai dengan tingkat pengalaman Anda.

Keunggulan:

  • Kode yang Anda buat akan langsung dites, setelah Anda menyerahkannya. Jadi, Anda akan tahu apakah sudah melakukan yang benar atau belum.
  • Nantinya Anda juga akan belajar mengerjakan proyek sungguhan di situs belajar online ini, untuk mengetes sejauh mana pengetahuan Anda tentang coding.

Kekurangan:

  • Waktu belajar yang kurang fleksibel, 200 jam per bulan.
  • Kualitas pengajar yang tidak sama. Ada yang sangat kompeten, ada yang tidak.
  • Pelajar di website belajar ini tidak bisa mengakses catatan dari pengajar setelah meninggalkan kelas.

Baca juga: Ikuti Cara Belajar Pemrograman Terlengkap dan Terbaru di Sini! [Edisi 2021]

13.  Duolingo

Situs Belajar Online Duolingo

Untuk Anda yang ingin belajar bahasa baru, Duolingo bisa jadi pilihan yang tepat. Website belajar online gratis sekaligus aplikasi belajar online tentang bahasa ini menyediakan puluhan materi yang bisa menambah skill berbahasamu. 

Memulai kursusnya pun tidak ribet. Anda hanya perlu mendaftarkan email serta memilih bahasa yang ingin Anda pelajari. Selain itu, visualisasi dan sistem pembelajarannya sangat menyenangkan.

Tips dari kami, karena mempelajari bahasa baru butuh usaha yang ekstra, maka usahakan untuk selalu menyempatkan waktu setiap hari. 32 jam belajar di Duolingo setara dengan kuliah 1 semester di kelas bahasa universitas. 

Jangan khawatir untuk kehilangan momen ketika bolos belajar sehari dua hari. Situs belajar online ini akan selalu mengingatkan Anda untuk kembali belajar, melalui email atau notifikasi di smartphone Anda.

Oh ya, Duolingo juga lebih dulu dikenal sebagai aplikasi belajar online untuk mempelajari bahasa. Tapi Anda bisa mengaksesnya juga melalui desktop.

Keunggulan:

  • Cara penggunaan situs belajar online yang sangat mudah. Anda tinggal membuat akun dan memilih bahasa yang ingin dipelajari.
  • Metode pembelajaran yang santai dan seru. Sensasi keseruannya mirip seperti bermain game: koin virtual, buka level baru, jumlah nyawa tersisa, dan sebagainya. 

Kekurangan:

  • Tidak ada video yang memberi contoh bagaimana seharusnya pengucapan yang benar. Atau bagaimana melakukan sebuah percakapan dengan bahasa tersebut.

14. Niagahoster Course (NiCo)

Situs belajar online Niagahoster Course

Niagahoster sebagai penyedia layanan hosting juga memiliki kursus online seputar dunia online. Materi yang disediakan NiCo fokus pada topik tentang website, SEO, dan digital marketing. Semuanya tersedia secara gratis dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja lewat gawaimu.

Materi pembelajaran dari NiCo telah disesuaikan dengan kebutuhan untuk Anda yang ingin sukses dalam dunia online. Jangan khawatir akan mengganggu kesibukan Anda yang lain, karena waktu kursusnya bebas. Jadi, jika Anda butuh tambahan ilmu dan skill seputar dunia online untuk mendukung bisnis, Niagahoster Course bisa jadi pilihan.

Keunggulan:

  • Semua materi di situs belajar online ini bisa diakses secara gratis.
  • Waktu belajar yang fleksibel, tergantung pada kemampuan dan keinginan pengguna.
  • Materi yang berfokus pada IT, digital marketing, memudahkan pengguna untuk memilih course mana yang dibutuhkan.

Kekurangan:

  • Materi di website belajar online ini belum lengkap karena terus menerus diperbarui oleh Niagahoster.

Baca juga: Ingin Jago Bisnis Online? Yuk Kursus Digital Marketing di Niagahoster Course!

15. HubSpot Academy

HubSpot Academy

Meskipun sudah punya gelar pendidikan tertentu, tidak ada salahnya untuk meningkatkan skill profesional Anda dengan mengikuti kelas online. Di Hubspot Academy Anda bisa belajar banyak materi terutama yang berhubungan dengan karir dan bisnis. 

Tidak perlu bayar, alias gratis! Anda bisa belajar banyak tentang marketing, strategi konten dan media, kepenulisan, dan lain-lain.

Situs belajar online ini berhasil membuktikan kredibilitasnya dengan terus mengupdate teknologi platform dan materinya. Karena materinya yang terfokus pada dunia bisnis dan marketing, HubSpot Academy memudahkan Anda untuk terus meningkatkan skill profesional. Apalagi ditambah dengan layanan sertifikasi bagi Anda yang berhasil menyelesaikan kursus dan dinyatakan lulus tesnya. Lumayan lah untuk melengkapi resume karier Anda. 

Keunggulan:

  • Materi di situs belajar online ini tersedia dalam bentuk video, slide show, dan naskah asli.
  • Memberikan sertifikat, bagi Anda yang berhasil menyelesaikan tesnya dengan nilai sesuai dengan 
  • Waktu belajar yang fleksibel, tergantung dengan kemampuan Anda.
  • Cara mengakses kursus yang mudah.

Kekurangan:

  • Biaya mengikuti kelas di situs belajar online ini cukup mahal.
  • Content Management System (CMS) yang terlalu rumit.
  • Fungsi CRM (Customer Relationship Management) yang terbatas untuk pengguna.

16. Indonesia Montessori (IMC)

Indonesia Montessori

Untuk Anda, orang tua modern yang tidak tetap ingin update soal parenting dan pengetahuan lain seputar mengurus anak, bisa coba belajar di IMC. Montessori adalah metode pendidikan yang bertujuan mengembangkan potensi anak secara kognitif, emosional, fisik, dan sosial. Metode pembelajaran Montessori dilakukan melalui interaksi ketimbang instruksi. 

Di situs belajar online IMC, Anda akan menemukan beragam cara untuk mempratikkan metode montessori di mana saja. Tidak hanya itu, ada banyak artikel bermanfaat tentang parenting yang bisa membantu Anda dalam membesarkan buah hati. Serta materi edukatif untuk anak seperti matematika, geografi, budaya, sains, bahasa, yang bisa diprint. 

Keunggulan:

  • IMC menyediakan lebih dari 500 lembar kegiatan yang bisa diunduh gratis. Dalam rangka merespons ditutupnya beberapa sekolahan terkait pandemi Covid 19.  

Kekurangan:

  • Ilmu parenting yang terlalu fokus pada ibu.
  • Tidak ada konten video di website belajar online tersebut.

17.  Canva Design

Situs belajar online Canva Design

Anda tertarik untuk belajar desain? Kebetulan sekali! Canva design menyediakan workshop interaktif online lho! Tidak perlu bayar mahal-mahal untuk mendapatkan berbagai modul tentang desain. 

Bagi Anda yang profesional, Anda bisa menggunakan Canva Pro untuk membuat kustomisasi template, untuk bisnis misalnya. Anda hanya butuh koneksi internet dan gawai yang mendukung kelas online ini. 

Canva design akan mendukung kegiatan belajar onlinemu dengan berbagai tips, artikel, fakta, dan tutorial mengenai desain. Dengan begitu, nantinya Anda punya keterampilan baru mendesain produk, brand, infografis, membuat kampanye marketing, dan lain-lain. Daripada keluar uang buat nge-hire orang, lebih baik belajar sendiri secara gratis kan?

Keunggulan:

  • Memiliki lebih dari 60 ribu template, lebih dari 2 juta gambar, lebih dari 800 ribu ikon dan ilustrasi, dan lebih dari 700 font.
  • Terintegrasi dengan Google Classroom.

Kekurangan:

  • Aplikasi mobile-nya tidak memiliki fasilitas yang sama seperti versi desktopnya.
  • Proses mengunggah gambar yang cukup rumit: Anda tidak bisa memasukkan gambar langsung ke desain.
  • Stok foto pilihan yang terbatas. 

18. Facebook Blueprint

Facebook Blueprint

Anda mungkin salah satu pengguna Facebook. Tapi pernah dengar nggak, kalau platform sosial media yang satu ini juga punya program e-learning? Namanya Facebook Blueprint! Facebook blueprint adalah platform belajar online gratis yang menyediakan kursus mandiri iklan Facebook dan Instagram. 

Facebook Blueprint memiliki lebih 90 kursus tentang periklanan di Facebook dan Instagram. Kelas online ini sangat praktis untuk digital marketer yang ingin mengembangkan portofolio dan format iklan. Sedangkan untuk pemula di bidang Facebook dan Instagram marketing, terdapat 13 kelas yang bisa Anda ambil. Topik kursusnya dibagi dalam beberapa kategori di bawah ini:

  • Membuat Facebook Page.
  • Promosi bisnis Anda melalui Facebook Page.
  • Cara menambahkan aturan (policies), kreativitas, dan target untuk konten.  

Keunggulan: 

  • Memiliki 90 kursus online. Tiap kursus hanya memakan waktu sekitar 15-50 menit. Anda hanya perlu log in ke akun Facebook untuk bisa mengikuti kelasnya.
  • Facebook Blueprint adalah cara praktis bagi pebisnis untuk tetap berada di peringkat atas portfolio iklan Facebook.
  • Bisa digunakan oleh pemula, maupun marketer berpengalaman.
  • Menyediakan sertifikat dan lencana yang bisa dimasukkan ke portofolio Anda.

Kekurangan:

  • Ujiannya sangat ketat dan sulit. 
  • Anda harus membayar sebesar USD 150 untuk mengikuti satu kali ujian.
  • Sertifikatnya kedaluarsa setelah satu tahun.

Baca juga: Cara Membuat Facebook Ads dari A-Z

Manakah Aplikasi dan Situs Belajar Online yang Paling Menarik untuk Anda?

Mumpung di rumah dan ada banyak waktu luang, tidak ada salahnya untuk mengambil satu dua kursus dari aplikasi online gratis di atas. Daftar situs belajar online tersebut adalah yang terbaik dan terbukti sudah memiliki banyak pengguna. 

Tidak perlu terlalu bingung melihat banyaknya daftar website belajar online yang tersedia. Sesuaikan saja dengan minat dan ketersediaan waktu yang Anda miliki. Yuk, manfaatkan waktu di #dirumahsaja sebaik-baiknya dengan belajar online! Jaga kesehatan dan tetap semangat ya!

Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *