Abd. Wahab SEO Content Writer at Niagahoster

Apa itu Website Marketing, Manfaat, Tips, dan Strateginya

6 min read

featured image website marketing

Website marketing adalah salah satu jenis online marketing yang perlu Anda terapkan untuk kesuksesan bisnis Anda. Kenapa? 

Karena website marketing dapat mempromosikan bisnis Anda agar menjangkau pelanggan lebih luas dengan mudah. Cukup dengan menggunakan website, maka bisnis Anda dapat ditemukan oleh hampir semua pengguna internet.

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih dalam apa itu website marketing, manfaat, hingga tips dan strategi website marketing yang dapat Anda terapkan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Apa itu Website Marketing?

Website Marketing adalah proses mempromosikan suatu produk atau layanan menggunakan website. Tujuannya adalah untuk mengubah pengunjung website menjadi pelanggan. 

Website marketing adalah salah satu metode pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Karena, cukup melalui satu platform website, Anda dapat menerapkan bermacam jenis marketing. 

Ada banyak strategi website marketing yang dapat Anda terapkan. Misalnya, Anda dapat menerapkan SEO agar website muncul pada halaman pertama Google, membagikan ebook untuk mendapatkan lead, atau mengiklankan website dengan Pay Per Click (PPC) untuk mendatangkan trafik, dan banyak lagi. 

Lalu, apa saja sih manfaat website marketing?

5 Manfaat Website Marketing

Setelah Anda mengetahui apa itu website marketing dan kenapa Anda perlu menerapkannya dalam bisnis, berikut penjelasan lengkap manfaat website marketing:

1. Mudah Ditemukan Pelanggan

Website marketing dapat membantu bisnis Anda agar lebih mudah ditemukan pengunjung yang relevan. Umumnya, sebelum membeli produk atau menggunakan suatu layanan, pengguna akan mencari informasi terlebih dahulu melalui internet. Misalnya melalui mesin pencarian seperti Google. 

Jika bisnis Anda memiliki website yang teroptimasi SEO, maka potensi untuk ditemukan pelanggan akan lebih tinggi. Alasannya, karena ketika pengunjung memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda pada mesin pencari, Google akan merekomendasikan website Anda untuk muncul pada halaman pencarian. 

2. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pelanggan

Di internet, pengguna dapat menemukan banyak jenis produk atau layanan yang serupa dengan bisnis Anda. Baik itu melalui website ataupun sosial media. Pertanyaannya, kenapa pengguna harus memilih Anda?

Bisnis yang memiliki website terlihat lebih terpercaya. Alasannya, jika ingin membuat website, membutuhkan beberapa persyaratan. Misalnya, untuk membuat website, maka Anda harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu. Tentunya, ini butuh modal yang menunjukkan keseriusan Anda merintis usaha.

Belum lagi, jika Anda menggunakan ekstensi domain seperti .co.id yang membutuhkan dokumen seperti KTP, NPWP Perusahaan, dan bahkan Surat Kepemilikan Merk. Dengan begitu, kecil kemungkinan website digunakan untuk penipuan. 

Apalagi, melalui website Anda, pengunjung dapat dengan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis. Mulai dari spesifikasi produk, review dan testimoni dari pelanggan lain. Bisa juga informasi relevan lain, seperti garansi produk maupun dukungan customer service yang membantu pengunjung percaya dengan bisnis Anda.

3. Memperlebar Jangkauan Pasar

Hampir setiap orang akan menggunakan internet untuk keperluan mereka. Entah itu untuk mencari informasi atau membeli suatu produk. Jika Anda menggunakan website marketing, maka pengunjung yang terhubung dengan internet akan lebih mudah menemukan bisnis Anda. Pengunjung dari wilayah mana pun berpotensi menjadi pelanggan Anda.

Oleh karena itu, agar bisnis Anda mendapatkan jangkauan yang lebih luas, Anda perlu menggunakan website marketing.

4. Membantu Memahami Pengguna

Manfaat website marketing yang bisa Anda dapatkan adalah kemudahan untuk memahami perilaku pengguna. 

Melalui website, Anda dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pengunjung, apa yang mereka cari, pada halaman mana pada website Anda mereka berinteraksi, berapa lama mereka berada pada website Anda, perangkat apa yang mereka gunakan, dan sebagainya.

Dengan memahami data mengenai perilaku pengguna, Anda jadi lebih terbantu untuk merencanakan pengembangan bisnis Anda. Misalnya:

  • Memasarkan produk sesuai target pengguna tertentu, seperti usia, lokasi, dan sebagainya. 
  • Memproduksi barang sesuai dengan minat pelanggan
  • Menyajikan konten yang relevan dengan kebutuhan pengunjung website.

5. Meringankan Proses Marketing

Website marketing juga akan meringankan proses marketing Anda. Karena, Anda dapat melakukan banyak jenis digital marketing secara terpusat melalui website.

Jika Anda menggunakan website untuk melakukan marketing, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Misalnya, Anda dapat meningkatkan traffic website melalui blog yang teroptimasi SEO, Anda dapat mendapatkan leads dengan membagikan ebook, atau dapat juga menggunakan PPC untuk mendatangkan pelanggan ke website.  

Begitu juga, cukup dengan mengunggah informasi relevan ke website Anda, maka pengunjung dapat mengaksesnya selama 24 jam. Jadi jika ada pengunjung yang membutuhkan informasi mengenai bisnis Anda, mereka bisa mendapatkannya melalui website.

Dengan begitu, proses marketing Anda bisa lebih ringan karena Anda dapat memaksimalkan proses marketing Anda cukup melalui website.

Nah, setelah tahu manfaat website marketing, lalu bagaimana sih strategi penerapannya?

5 Langkah Melakukan Strategi Website Marketing

Setiap jenis pemasaran memiliki strategi berbeda-beda yang sesuai dengan medium pemasarannya. Nah, jika Anda ingin sukses melakukan website marketing, berikut 5 langkah melakukan strategi website marketing yang bisa anda terapkan:

1. Buat Konten yang Relevan untuk Pengguna

Membuat konten yang relevan untuk pengguna adalah hal yang penting jika Anda menerapkan website marketing. Sebab, menyajikan konten yang relevan dengan kebutuhan pengguna, dapat memudahkan pengguna menemukan website Anda pada halaman pencarian. Bahkan, dapat menjadi cara mendatangkan traffic ke website Anda. 

Cara agar konten Anda relevan dengan pengguna, Anda dapat menerapkan strategi content marketing. Salah satunya, Anda dapat menulis artikel blog yang dapat menjawab rasa ingin tahu target pengguna Anda. 

Dengan begitu, Anda dapat mengarahkan pengunjung website untuk menjadi pelanggan melalui konten-konten yang Anda sajikan.

2. Mendesain Website Responsif

Untuk urusan desain website, tidak boleh Anda anggap sepele. Kenyamanan pengguna ketika mengakses website Anda dipengaruhi oleh desain website. Apalagi, perangkat yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses website Anda berbeda-beda. Bisa melalui desktop, tab, maupun mobile.

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan website marketing Anda, maka Anda membutuhkan website dengan desain yang responsif. Website yang responsif, berarti memiliki desain yang dapat menyesuaikan dengan segala jenis ukuran layar. Dengan begitu, pengguna akan lebih nyaman dan mendapatkan pengalaman yang baik ketika mengakses website Anda. 

Cara untuk membuat website responsif cukup mudah. Misalnya, Anda dapat membuat tema website Anda sendiri dengan menggunakan HTML5, atau bisa juga dengan menggunakan template website gratis dan responsif yang sudah tersedia.

3. Mengoptimasi Kecepatan Website

Anda pasti pernah mendengar ungkapan “jangan membuat pembeli menunggu.” Nah, jika Anda menggunakan website marketing, kecepatan website penting untuk Anda perhatikan. 

Apalagi, 53 persen pengunjung akan meninggalkan website yang memiliki waktu muat lebih dari 3 detik. Anda tentu tidak mau kan kalau kehilangan pelanggan potensial karena website lemot.

Untuk mempercepat loading website Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Menggunakan tema yang ringan
  • Lakukan minify CSS
  • Lakukan optimasi gambar
  • Hapus plugin yang tidak digunakan
  • Perhatikan penyimpanan database website
  • Gunakan hosting yang berkualitas

4. Menerapkan SEO

Selanjutnya, hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah menerapkan SEO pada website Anda. SEO dilakukan agar website Anda mudah ditemukan pada halaman pencarian ketika pengunjung memasukkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda. 

Ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan jika menerapkan SEO, yaitu:

  • SEO on page: jenis optimasi SEO yang dilakukan dengan memaksimalkan bagian depan konten website. Mulai dari judul konten, sebaran keyword, struktur konten, gambar, dan lain sebagainya.
  • SEO off page: mengoptimasi SEO yang dilakukan pada luar website. Misalnya, membangun link building, mempromosikan konten ke sosial media, dan sebagainya.
  • Technical SEO: optimasi SEO yang dilakukan dengan memaksimalkan bagian teknis website Anda, seperti; kecepatan website, sitemap website, tema, atau navigasi.

Nah, jika Anda memperhatikan ketiga aspek SEO ini, maka website Anda akan berpotensi untuk muncul pada halaman pertama pencarian google. Dengan begitu, tentu potensi trafik website Anda juga akan meningkat. Semakin tinggi trafik, bukan tidak mungkin dong untuk mendapatkan semakin banyak pelanggan.

Baca juga: Panduan Lengkap Belajar SEO

5. Mempromosikan Website

Mempromosikan website dapat Anda lakukan dengan banyak cara. Berikut beberapa contohnya: 

  • Media sosial: Anda dapat menaruh link website Anda pada profil akun sosial media
  • Email: Anda dapat menggunakan link website sebagai signature pada email Anda.
  • Forum seperti grup Facebook atau Quora: Anda dapat menulis pada forum online tersebut dan memasukkan link yang mengarahkan pembaca ke website Anda.

Intinya, sekalipun website marketing dapat menjadi channel marketing yang potensial, tetapi Anda perlu mendukungnya dengan mempromosikan website Anda. Dengan begitu, dapat cara meningkatkan pengunjung blog Anda dari berbagai macam channel lainnya.

5 Tips Agar Strategi Website Marketing Efektif

Setelah mengetahui strategi website marketing, Anda juga perlu untuk memastikan apakah langkah yang diterapkan sudah efektif. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

1. Analisis Performa Website Anda

Tips pertama strategi website marketing adalah melakukan analisis website. Tujuannya,untuk mendapatkan informasi terukur mengenai jangkauan dan perkembangan website Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apakah strategi website marketing yang Anda lakukan itu efektif.

Caranya, Anda dapat menggunakan tools seperti Google Analytics 4 dan Google Search Console

Google Analytics dapat Anda gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai trafik website Anda, mengetahui demografi dan perilaku pengunjung, berapa lama mereka berinteraksi dengan website Anda, dan banyak lagi.

Sedangkan Google Search Console dapat Anda gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah kemunculan website Anda pada halaman pencarian, kata kunci apa yang digunakan pengunjung untuk memunculkan website Anda, seberapa sering pengunjung menggunakan kata kunci tersebut untuk mencari website Anda, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, pastikan untuk memasang Google Analytics di website Anda. 

2. Memastikan Website Ramah Pengguna

Sekalipun terlihat sederhana, desain mempengaruhi kenyamanan pengunjung untuk berinteraksi lebih lama dengan website Anda. 

Nah, cara untuk memastikan website ramah pengguna, Anda dapat memperhatikan beberapa kriteria seperti berikut:

  • Website mudah diakses
  • Waktu loading yang cepat 
  • Memiliki navigasi yang jelas
  • Memiliki tampilan mobile friendly
  • Memiliki struktur website yang rapi
  • Menggunakan warna yang sesuai dengan tema
  • Menggunakan font yang mudah dibaca

Jadi, jika Anda menggunakan website marketing, pastikan beberapa kriteria ini sudah sesuai dengan fungsinya masing-masing.

3. Memetakan Alur Pengunjung

Bagaimana sih pengunjung bisa tiba ke website Anda? Apa yang mereka cari? Apa yang mereka lakukan? Apakah mereka melakukan transaksi?

Jika Anda melakukan pemetaan alur pengunjung atau customer journey mapping, Anda akan dengan mudah memahami perilaku pengunjung di website Anda. 

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui bagian-bagian website Anda yang perlu dimaksimalkan. Misalnya, apakah halaman website terlalu lambat, apakah tidak ada CTA yang jelas membuat pengunjung bingung, apakah terlalu banyak menu membuat pengunjung malas mengeksplor website, dan hal lainnya.

4. Pastikan Website Mobile-Friendly

Website mobile friendly kini menjadi hal yang penting diperhatikan jika Anda menggunakan website marketing. Alasannya, trafik terbanyak dari suatu website datangnya dari pengguna smartphone.

Bahkan, sejak 2018, Google merilis Google Mobile First Index. Dengan algoritma ini, Google mengutamakan website mobile friendly untuk muncul pada halaman pencarian. 

Nah, ada beberapa cara membuat website mobile friendly yang dapat Anda lakukan. Misalnya, Anda dapat menggunakan template website mobile friendly atau bisa juga dengan menggunakan plugin mobile WordPress yang dapat membuat website menjadi mobile friendly.

Jadi, jika Anda ingin agar strategi website marketing Anda benar-benar efektif, maka website mobile friendly harus menjadi perhatian Anda.

5. Memaksimalkan Email Marketing

Email marketing adalah salah satu saluran digital marketing yang tidak terpisahkan dengan website. Email biasanya digunakan untuk tetap terhubung dengan pengunjung yang pernah berinteraksi dengan website Anda.

Tujuannya, selain untuk memberikan informasi terbaru kepada pengunjung, juga untuk mengajak pengunjung kembali ke website dan melakukan transaksi.

Untuk memaksimalkan email marketing, Anda perlu membangun daftar email pengunjung. Caranya cukup beragam. Salah satunya, Anda bisa mendapatkan email pengunjung dengan membagikan ebook. Pengunjung akan memasukkan email sebelum mengunduh ebook yang Anda sediakan. 

Sudah Siap Melakukan Website Marketing?

Sekarang Anda sudah tahu apa itu website marketing. Website marketing adalah pemasaran yang dilakukan menggunakan website untuk meraih kesuksesan bisnis secara online. 

Begitu pula, Anda juga sudah mengetahui strategi website marketing yang dapat Anda terapkan. Nah, agar strategi itu efektif, maka pastikan untuk membuat website Anda teroptimasi.

Tapi mengelola bisnis sekaligus membuat website itu kan repot?

Tenang saja. Anda tidak perlu khawatir. Membuat website itu cukup mudah dan cepat. Cukup dengan menggunakan layanan Jasa Pembuatan Website dari Niagahoster, maka bisnis Anda bisa langsung go online.

Bukan hanya itu, layanan website instan sudah didesain agar responsif. Jadi website Anda dapat tampil secara optimal di berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, maupun mobile. 

Dengan begitu, Anda sudah dapat menerapkan strategi website marketing, sekaligus fokus mengelola bisnis Anda tanpa ribet.

Tunggu apa lagi? Buat website dan raih kesuksesan online Anda sekarang!

Abd. Wahab SEO Content Writer at Niagahoster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *