Mengenal Profesi Social Media Specialist

1 min read

Pekerjaan sebagai Social Media Specialist sebenarnya hampir sama dengan Public Relations. Jika seorang Public Relation bertugas untuk mempromosikan suatu produk perusahaan melalui offline event dan kerja sama media, maka seorang Social Media Specialist bertugas untuk mempromosikan produk melalui platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram.

Seperti artikel yang sudah saya bahas sebelumnya mengenai jenis-jenis profesi baru yang bermunculan di era digital, Social Media Specialist merupakan salah satu jenis profesi yang nge-trend di era digital saat ini. Pasalnya profesi Social Media Specialist merupakan posisi yang tidak terpikirkan sebelumnya. Namun dikarenakan perkembangan dunia digital berpengaruh besar terhadap penggunaan media sosial di dalam kehidupan masyarakat, kini Social Media Specialist menjadi profesi yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Seorang Social Media Specialist bertanggung jawab untuk mengelola seluruh media sosial perusahaan. Fungsi media sosial bagi perusahaan adalah untuk branding dan membangun personal connection dengan pelanggan. Maka tak heran jika sebuah perusahaan membutuhkan seseorang untuk mengelola akun media sosial perusahaan dengan serius.

Banyak orang mengira pekerjaan sebagai Social Media Specialist hanya mengupload gambar, menulis caption, dan membalas komentar. Padahal tugas sebagai Sosial Media Specialist cukup kompleks. Sebelum konten diunggah di media sosial, seorang Social Media Specialist harus melakukan riset terlebih dahulu agar materi yang akan diunggah sesuai dengan tren yang ada di masyarakat. Konten yang dibuat juga harus tetap berkesinambungan dengan produk perusahaan. Dalam membuat caption, seorang Social Media Specialist pun harus memerhatikan tata cara penulisan agar menarik pengguna media sosial.

Selain membuat konten, Social Media Specialist juga bertugas untuk membuat campaign agar dapat meningkatkan brand awareness perusahaan. Dalam merencanakan sebuah campaign, seorang Social Media Specialist harus memiliki pikiran yang kreatif agar pesan yang ingin disampaikan dapat menarik masyarakat. 

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan juga merupakan salah satu tugas seorang Social Media Specialist. Di era digital saat ini media sosial menjadi platform yang cukup bagus untuk mendapatkan konsumen baru. Maka dari itu, seorang Social Media Specialist juga harus siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan konsumen melalui media sosial. Memiliki pengetahuan yang baik mengenai produk perusahaan adalah hal yang wajib dimiliki oleh Social Media Specialist.

Begitulah penjelasan singkat mengenai Social Media Specialist. Menarik, bukan?

Nah, bagi kalian yang ingin menjadi seorang Social Media Specialist, kebetulan Niagahoster sedang membuka lowongan kerja untuk Social Media Specialist, loh! Yuk, segera daftarkan diri kalian melalui niagahoster.co.id/karir dan rasakan serunya bekerja di Niagahoster!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *