Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

20+ Kerja Sampingan Online Tanpa Modal [Pasti Cuan]

11 min read

Kerja sampingan online

Kini, ada banyak jenis kerja sampingan online bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Adanya internet memunculkan berbagai usaha sampingan online dengan jam kerja fleksibel yang dapat disesuaikan dengan jadwal pekerjaan utama Anda. 

Namun, mengingat banyaknya peluang kerja sampingan yang tersedia, mungkin Anda justru jadi bingung mau pilih yang mana. Tak perlu khawatir, kami sudah merangkum 23 rekomendasi kerja sampingan online paling cuan yang bisa Anda coba.

Sudah tidak sabar? Langsung meluncur ke penjelasan lengkapnya yuk!

20+ Kerja Sampingan Online yang Menguntungkan 

Memulai kerja sampingan atau side hustle adalah cara paling efektif untuk meningkatkan pendapatan. Apalagi, jenis pekerjaan ini tidak memiliki jam kerja yang mengikat. Bahkan, beberapa di antaranya tak perlu modal sama sekali!

Berikut rekomendasi kerja sampingan online yang bisa Anda pilih:

  1. Mengikuti Program Afiliasi
  2. Memulai Live Streaming di TikTok
  3. Bergabung Program Ads Revenue Sharing di X / Twitter
  4. Menjual Produk Sendiri di Toko Online
  5. Menjadi Dropshipper
  6. Membuka Jastip (Jasa Titip)
  7. Membuka Kursus Online
  8. Membuka Jasa Pembuatan Website
  9. Menjual Kerajinan Tangan di Ecommerce
  10. Menjadi Freelancer
  11. Menjadi Admin Medsos
  12. Menjadi Social Media Evaluator
  13. Menjadi Seorang Data Entry
  14. Menjadi Pengisi Survey Online
  15. Menjadi Blogger
  16. Menjadi Influencer
  17. Menjadi Podcaster
  18. Menjadi YouTuber
  19. Menjadi Gamer Online
  20. Menjual Pakaian Bekas
  21. Membuka Jasa Konsultan SEO
  22. Membuka Jasa Penerjemah Bahasa

Nah, sudah penasaran dengan tiap ide usaha sampingan online di atas? Mari kita bahas satu per satu!

1. Mengikuti Program Afiliasi

Kalau Anda senang membuat review pelanggan di marketplace, bisa jadi afiliasi marketing adalah pekerjaan sampingan online yang cocok untuk Anda. 

Efektivitas strategi word of mouth membuat banyak perusahaan rela membagi sekian persen profit dengan pelanggan yang mempromosikan produk mereka ke orang lain. Angka penghasilan yang cukup menggiurkan membuat afiliasi mulai menjadi primadona di daftar peluang usaha sampingan.

Bagi yang belum tahu, program afiliasi merupakan program yang memberi Anda komisi setelah berhasil menjual suatu produk. Bisa dikatakan, afiliasi adalah program revenue sharing atau berbagi pendapatan. 

Di Indonesia, ada Program Afiliasi Niagahoster yang memberikan komisi hingga 60% dari penjualan yang dilakukan. Kalau tertarik mencoba kerja sampingan online tanpa modal ini, Anda bisa langsung jadi afiliator tanpa dipungut biaya! 

Cara kerjanya juga sederhana kok. Anda mendaftar pada sebuah program afiliasi, mendapatkan kupon khusus, dan menjual produk dengan kupon tersebut. Nantinya, setiap pembelian yang menggunakan kupon Anda akan terhitung berhak mendapat komisi.

2. Memulai Live Streaming di TikTok

TikTok memang merupakan platform media sosial yang sedang ramai diperbincangkan. Apalagi, TikTok memudahkan content creator meraih cuan dengan adanya fitur TikTok Live.

Pada dasarnya, fitur ini memungkinkan Anda berinteraksi follower melalui siaran langsung. 

Nah, Anda bisa meraih cuan dari penonton live yang mengirimkan hadiah virtual berupa stiker atau efek filter. Nantinya, hadiah ini dapat ditukarkan dengan diamond TikTok yang bisa dikonversi menjadi uang asli. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, klik menu dan pilih Creator tools. Kemudian, klik ikon LIVE Gifts. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hadiah virtual selama melakukan siaran langsung.

Yang terpenting, Anda harus berusia di atas 16 tahun dan memiliki minimal 1000 follower untuk bisa melakukan cara menghasilkan uang dari TikTok ini.

3. Bergabung Program Ads Revenue Sharing di X / Twitter

Mencari pekerjaan sampingan online kini jauh lebih mudah dengan hadirnya program Ads Revenue Sharing yang diperkenalkan oleh platform X atau Twitter. 

Ads revenue sharing memungkinkan Anda mendapatkan sekian persen revenue dari impresi organik iklan yang ditampilkan di kolom balasan konten Anda. Dengan program ini, Anda dapat menerima bayaran jika konten mendapat engagement yang tinggi.

Syarat salah satu cara dapat uang dari internet ini di antaranya:

  • Berlangganan X Premium atau Verified Organizations
  • Akun sudah aktif selama minimal 3 bulan
  • Pengguna juga harus mendapatkan minimal 5 juta impresi atau tayangan pada unggahannya selama tiga bulan terakhir.
  • Memiliki minimal 500 follower atau pengikut

4. Menjual Produk Sendiri di Toko Online

Selain platform sosial media dan ecommerce, membuat website toko online masih menjadi favorit untuk memulai usaha sampingan di rumah. 

Apalagi membuka toko online sudah semakin mudah karena Anda hanya perlu menyiapkan domain dan web hosting. Selebihnya, Anda bisa mengembangkannya sambil menjalankan kerja sampingan online tersebut.  

Lalu, kenapa harus menggunakan toko online, ya?

Dengan menjual produk di toko online, Anda bebas menentukan strategi marketing yang efektif. Mulai dari desain website, pengaturan display produk, hingga jenis pembayaran pun berada di tangan Anda.

Tak hanya itu, keuntungan dari sebuah toko online itu tidak terbatas. Dengan pengelolaan yang baik, Anda bisa menghasilkan miliaran Rupiah dari peluang usaha sampingan tersebut. Salah satu contohnya adalah Yoyok Rubiantono. Pebisnis yang membuka pekerjaan sampingan online ini sukses dengan omzet miliaran rupiah dari bisnis berjualan panci.

CTA banner web hosting

5. Menjadi Dropshipper

Dropship adalah contoh usaha sampingan tanpa modal yang menguntungkan. Buktinya, Ridwan Saputra, seorang mahasiswa yang awalnya hanya ingin mendapatkan penghasilan tambahan, justru bisa punya omzet ratusan juta rupiah. Wow! 

sukses menjadi dropshipper dengan omzet ratusan juta

Bisnis dropship adalah upaya menjualkan produk milik orang lain. Sistem kerjanya adalah, Anda menjalin kerja sama dengan produsen atau supplier. Lalu, pasarkan produk mereka di marketing channel pilihan Anda. Nah, saat ada yang membeli produk, Anda tinggal hubungi supplier. Nantinya, mereka lah yang akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli. 

Bagaimana dengan keuntungannya? Anda akan meraih untung dari selisih penjualan yang dilakukan. Misalnya, harga produk dari produsen atau supplier Rp50ribu, Anda bisa menjualnya lagi Rp 60ribu. Jadi, Anda akan dapat untuk sebesar Rp 10ribu per produk.

Makanya, sistem dropship cocok menjadi bisnis untuk mahasiswa, karyawan, dan siapa pun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

6. Membuka Jasa Pembuatan CV dan Resume

Jasa pembuatan CV dan resume menjadi salah satu kerja sampingan online yang banyak dibutuhkan oleh para pencari pekerjaan. Anda bisa memanfaatkannya untuk menawarkan skill Anda dalam membuat resume dan surat lamaran yang menarik. 

Untuk menarik perhatian calon klien, berikan contoh CV dan resume yang pernah Anda buat di website portofolio atau akun media sosial Anda. Dengan begitu, calon klien akan percaya dengan keahlian yanh Anda miliki.

Yang menarik, jasa pembuatan CV dan resume ini juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari AI lho. Dengan AI, Anda bisa merancang CV dan resume dengan lebih cepat dan akurat.

Sebagai contoh, aplikasi Canva memungkinkan Anda merangkum mengembangkan, hingga menulis ulang teks perkenalan di CV dengan fitur Magic Edit.

7. Membuka Kursus Online

Membuka kursus online bisa jadi salah satu kerja sampingan online Anda. Terutama, bagi Anda yang memiliki keahlian. Baik dalam bidang pelajaran umum atau keahlian khusus lain seperti programming, memasak dan lainnya.

Meskipun butuh usaha di awal, jika Anda berhasil merancang tutorial video yang menarik dan mudah dipahami, Anda dapat dengan cepat meraih untung dari orang-orang yang mendaftar.

Untuk mulai membuat kursus online, pikirkan topik yang Anda pahami dengan cukup baik sehingga dapat membagikan ilmunya ke orang lain. Anda bisa meminta AI untuk merancang program dimulai dari outline, atau menyusun outline sendiri. 

Salah satu situs web berteknologi AI yang bisa Anda coba adalah ChatGPT. Untuk membuat konten dengan ChatGPT, Anda hanya perlu belajar cara membuat prompt yang benar sehingga AI dapat merancang program kursus online berdasarkan input Anda.

8. Membuka Jasa Pembuatan Website

ilustrasi apa itu portofolio

Punya keahlian untuk merancang layout website? Membuka jasa pembuatan situs web mungkin merupakan pekerjaan sampingan online yang tepat untuk Anda. Bila Anda masih pemula di bidang ini, Anda dapat mempelajari dasar-dasar desain web dan menguasai berbagai tool yang diperlukan.

Untuk memulai peluang usaha sampingan ini, Anda juga perlu menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, atau JavaScript. Kalau Anda kesulitan belajar pemrograman sendiri, ikuti kursus atau bootcamp yang banyak tersedia di platform seperti Coursera dan Udemy.

Selanjutnya, bangun portofolio yang komprehensif dan buat website sendiri untuk memamerkan hasil kerja Anda ke calon klien.

9. Menjual Kerajinan Tangan di Ecommerce

Jika Anda memiliki skill membuat kerajinan tangan, menjualnya di ecommerce adalah cara terbaik untuk mencari uang dari rumah.

Modal awal untuk peluang usaha sampingan ini juga minim jika Anda membeli bahan secara grosir atau bahkan menggunakan bahan bekas. Kemudian, pasarkan hasil karya Anda ke ecommerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Contoh sukses dari peluang usaha sampingan ini adalah Gulaliku yang telah membuktikan keuntungannya. 

Gulaliku sukses menjual produk melalui marketplace

UMKM yang bergerak di bidang kerajinan tangan ini mampu eksis di tengah pandemi. Bahkan, keuntungan mereka bisa mencapai 4 juta Rupiah per harinya.

10. Menjadi Freelancer

ilustrasi project management

Penulis, desainer grafis, sampai developer bisa memanfaatkan keahliannya untuk memulai pekerjaan sampingan online. Sebagai freelancer, Anda dapat menawarkan skill Anda dengan mengerjakan proyek-proyek yang dibutuhkan oleh klien.

Menariknya, menjadi freelancer tidak memiliki jam kerja yang mengikat. Anda bebas mengerjakan proyek sesuai dengan waktu luang Anda selama bisa menyelesaikannya sesuai deadline. Untuk menemukan proyek-proyek yang sesuai dengan skill Anda, cobalah bergabung ke website freelance terbaik seperti Upwork dan Fiverr.

11. Menjadi Admin Medsos

Tak lengkap rasanya menjalankan bisnis online tanpa memanfaatkan media sosial. Itulah kenapa banyak bisnis yang memiliki akun resmi berbagai platform media sosial.

Sayangnya, tak banyak dari pebisnis yang mampu mengelola akun resmi mereka sendiri. Baik dari sisi waktu atau keahlian. Nah, itu bisa jadi ide peluang usaha sampingan di rumah untuk Anda.

jasa admin sosial media banyak dicari oleh perusahaan besar

Jika Anda memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan paham tentang sosial media, menjadi admin medsos bisa jadi usaha sampingan di rumah yang menjanjikan. Bahkan, untuk menjalankan pekerjaan sampingan online ini cukup berbekal koneksi internet dan gadget yang memadai.

Anda bisa mencoba mendapatkan klien dari berbagai situs penyedia lowongan kerja atau platform freelance. 

Nah, untuk memudahkan Anda, tentukan niche pekerjaan yang akan dilakukan. Bisa dari platform yang digunakan seperti Facebook atau dari jenis pekerjaan seperti membalas pertanyaan di kolom komentar. Namun, semua tergantung perjanjian kerja Anda dengan klien.

12. Menjadi Social Media Evaluator

Sebagian Anda mungkin baru mendengar ide bisnis social media evaluator. Padahal, pekerjaan ini bisa menjadi usaha sampingan pulang kerja yang penghasilannya menjanjikan. 

Pekerjaan sampingan online sebagai sosial media evaluator bertanggung jawab untuk mengevaluasi sebuah akun sosial media. Utamanya, terkait dengan konten seperti tulisan, gambar, hingga video.

Seperti halnya, admin media sosial, untuk melakukan pekerjaan sampingan online ini, Anda pastikan koneksi internet Anda baik dan gadget Anda mendukung. 

Meskipun bisa saja mempromosikan jasa tersebut sendiri, sebagai langkah awal, sebaiknya Anda bergabung ke sebuah agency. Contohnya, Appen atau LionBridge. Bayaran yang ditawarkan cukup menggiurkan, lho. Bisa mencapai $5 per hari. 

Jika dihitung selama sebulan, total penghasilan usaha sampingan online yang Anda jalani bisa hingga $150 atau setara dengan Rp 2,2 juta. Fantastis!

Agar bisa menjadi seorang social media evaluator, inilah yang perlu Anda kuasai:

  • Mengikuti trend di masyarakat
  • Up-to-date dengan perkembangan sosial media
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik

13. Menjadi Seorang Data Entry

Ilustrasi produktivitas

Ini dia salah satu usaha sampingan di rumah yang cukup disukai. Berbekal laptop, seorang data entry bisa mendapatkan uang yang cukup menjanjikan dengan menginput data online. 

Pekerjaan sampingan online untuk data entry tidak hanya ditawarkan oleh perusahaan besar saja. Saat ini banyak bisnis digital yang juga membutuhkannya. Jadi, kesempatannya masih cukup terbuka, terutama seperti yang sering ditawarkan di berbagai platform freelance.

Jenis kerja sampingan online ini pun beragam. Mulai dari mengetik, merekam suara, hingga melakukan transkrip, sesuai kebutuhan klien. Skill yang diperlukan untuk pekerjaan data entry juga tidak terlalu berat. Cukup dengan keahlian komputer yang cukup, kemampuan mengetik dan ketelitian.

14. Menjadi Pengisi Survey Online

Ilustrasi mengelola gambar

Hanya ditanya tentang diri Anda dan mendapatkan uang? Siapa yang tidak mau ya? Itulah peluang kerja sampingan online dari survey online.

Saat ini cukup banyak platform survey online yang bisa menjadi usaha sampingan di rumah. Beberapa di antaranya adalah Mobrog, SurveyOn dan PanelPlace. 

Nah, untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu. Jika diterima, Anda akan mendapatkan email berupa survey yang harus Anda lengkapi. Jika sudah selesai, akan ada perhitungan poin yang akan menjadi penghasilan Anda.

15. Menjadi Blogger

Ilustrasi penggunaan WordPress

Jika Anda suka menulis, blogging bisa menjadi peluang usaha sampingan yang menguntungkan. Apalagi, kini membuat blog tak perlu skill teknis yang mendalam dengan adanya Content Management System seperti WordPress. 

Untuk mendapatkan pengikut yang stabil, Anda harus mengupload konten berkualitas secara konsisten. Membuat konten yang mendidik, memberikan informasi, dan sesuai dengan topik yang dicari target pembaca Anda akan memberi mereka alasan untuk terus menjelajahi blog Anda.

Setelah berhasil membuat konten yang konsisten, barulah Anda bisa mendapatkan uang dari blog. Dari usaha sampingan tanpa modal ini, seorang blogger bisa mendapatkan uang dari Google Adsense, afiliasi, endorsement, hingga webinar.

16. Menjadi Influencer

Pernah kan melihat seseorang mempromosikan sebuah produk di Instagram? Karena menarik, Anda jadi ikut menggunakan produk tersebut. Nah, itulah peran dari seorang influencer.

Nah, alih-alih menjadi audiens, Anda bisa menjadi influencer sebagai kerja sampingan online. 

menjadi influencer merupakan salah satu usaha sampingan yang menguntungkan

Tapi, jumlah follower saya belum banyak, apakah bisa menjadi influencer?

Bisa. Sebab, ada banyak jenis influencer, dari yang mikro sampai selebgram. Dan setiap bisnis atau produk membutuhkan jenis influencer yang berbeda. Yang paling penting, Anda harus jeli dalam menentukan niche terlebih dahulu. 

Katakanlah, Anda tertarik di bidang kecantikan. Anda bisa saja memulai usaha sampingan online sebagai influencer untuk produk kecantikan. Anda bisa memulainya dengan menjadi reviewer produk atau menjelaskan cara make up. 

Jangan lupa tentukan juga platformnya, apakah menggunakan Instagram atau YouTube. Selama Anda bisa menjadi trend setter di lingkup tertentu, bukan tidak mungkin ada pebisnis yang akan mengajak Anda kerja sama. 

Penghasilannya bagaimana? Bagi influencer pemula, tarif per endorse bisa di kisaran Rp50ribu. Nantinya akan semakin bertambah seiring jumlah follower yang dimiliki. Tertarik mencobanya?

17. Menjadi Podcaster

Pernah terpikir menjadikan podcast sebagai kerja sampingan online? Jika belum, sekaranglah saatnya. Alasannya, podcast kian banyak digemari di Indonesia. 

Seperti halnya blog, Anda bisa mendapatkan uang dari iklan atau endorse. Media yang digunakan pun cukup banyak pilihannya. Bisa melalui website podcast pribadi, atau menggunakan platform seperti Spotify. 

Namun, usaha sampingan online ini memang perlu waktu untuk bisa meraih hasilnya. Oleh karena itu, pastikan podcast Anda menarik dengan kualitas suara yang optimal. Dan, pastikan melakukannya secara rutin. 

Podkesmas menjadi podcast peringkat 1 di Indonesia

Contoh sukses dari podcast adalah channel PODKESMAS yang di dalamnya ada Imam Darto, Omesh, Surya Insomnia, dan Angga Nggok. Dengan menduduki peringkat 1 Spotify, tentu penghasilan mereka dari iklan cukup banyak.

18. Menjadi YouTuber

Kurang lengkap jika tidak memasukkan YouTube sebagai salah satu usaha sampingan tanpa modal. Sebab, hasil yang diterima dari YouTube memang cukup menggiurkan. 

Menjadi youtuber merupakan salah satu peluang usaha sampingan di rumah

Banyak orang menjadi YouTuber sukses dengan penghasilan tinggi. Sebut saja, Ria Ricis atau Atta Halilintar. 

Namun, bukan berarti Anda harus menjadi viral untuk mendapatkan uang dari YouTube. Sebab, ada banyak pilihan konten yang bisa Anda buat. Mulai dari edukasi, kecantikan hingga kuliner. 

Tipsnya bangunlah channel YouTube yang unik sesuai keahlian Anda. Lalu, lakukan riset kata kunci sesuai minta penonton. Dan, jangan lupa untuk melakukan optimasi channel YouTube Anda agar bisa menduduki peringkat atas di hasil pencarian.

19. Menjadi Gamer Online

Banyak yang menganggap bahwa bermain game hanya membuang-buang waktu. Padahal, saat ini menjadi gamer merupakan usaha sampingan di rumah. Anda tertarik?

Umumnya, keahlian game bisa dimanfaatkan dengan menjadi seorang tester game. Sebab, perkembangan game online cukup pesat. Selain itu, seorang gamer bisa juga mendapatkan penghasilan dari streaming Twitch. Namun, cara ini memang masih belum lazim di Indonesia. 

Yang paling menarik, tentu cerita dari Fajar Rianto. Gamer ini berhasil menjual sebuah karakter game online seharga Rp22 juta! Padahal, karakter game tersebut sendiri ia dapatkan tanpa uang sepeser pun. 

menjadi gamer online merupakan salah satu  usaha sampingan yang menguntungkan

Cara lainnya dari ide bisnis rumahan ini, Anda bisa ikut kompetisi game online dengan hadiah yang menggiurkan. Jika menjadi pemenang, kemampuan Anda akan diakui dan bukan tidak mungkin akan bisa mendatangkan sponsor. Cuan Anda pasti akan semakin bertambah.

20. Menjual Pakaian Bekas

Banyak baju yang kekecilan dan bingung akan ditaruh di mana? Atau pernah membeli baju branded tapi tidak dipakai? Bagaimana kalau menjualnya saja di media sosial? 

Saat ini, menjual pakaian bekas atau yang biasa disebut second stuff sedang menjadi trend lho! Peminatnya pun cukup banyak. 

Anda cukup ambil foto yang menarik, berikan deskripsi pakaian tersebut dan informasi harganya. Dan, jadikan postingan di Facebook atau Instagram. Bukan tidak mungkin, ini bisa jadi kerja sampingan yang menguntungkan.

bisnis pakaian bekas, bisa raup keuntungan hingga puluhan juta

Bahkan, kalau ditekuni, bisa saja meraup keuntungan hingga puluhan juta seperti Putri Nabila dan Qayah Rahmani Febiyan. Dua mahasiswi tersebut mampu membangun usaha sampingan online dengan omzet Rp60 juta/bulan. Padahal modal awal mereka hanya Rp600 ribu saja!

21. Membuka Jastip (Jasa Titip)

Memulai bisnis jastip bisa menjadi salah satu usaha sampingan di rumah, lho. Ya, Anda tidak salah dengar. Kerja sampingan online ini memang bisa Anda lakukan hanya dengan duduk di depan komputer saja. 

Jadi begini, belakangan ini banyak toko online menjual produknya dengan sistem Open Order. Hal itu membuat calon pelanggan harus berebut untuk mendapatkannya. Kendalanya, tak semua orang bisa melakukannya. Baik keterbatasan waktu atau perangkat. 

Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini. Berbekal laptop dan jaringan internet, Anda bisa membangun usaha sampingan online dengan membuka jastip dari beberapa toko online. 

tekun dalam bisnis jastip, hingga menghasilkan omzet miliaran

Biasanya fee jastip dihitung per item yang dibeli. Katakanlah Rp10ribu per item. Nah, jika menjalankannya dengan tekun, Anda mendapatkan omzet hingga miliaran, lho. Contohnya, Pipit, pengusaha jastip yang memiliki usaha dengan profit Rp3,5 miliar!

22. Menawarkan Jasa Konsultan SEO

Anda mempunyai keahlian di bidang Search Engine Optimization atau SEO? Menawarkan jasa SEO bisa menjadi peluang usaha sampingan tanpa modal yang potensial. 

Saat ini, belum banyak yang memiliki keahlian SEO. Padahal, banyak orang ingin membuat website mereka menjadi nomor satu di Google. Terutama, situs web bisnis. 

Nah, tugas Anda adalah memberikan rekomendasi agar website klien Anda dapat bersaing di hasil pencarian. Tentu saja, Anda harus sudah mahir cara kerja SEO, algoritma Google, dan indikator utama SEO. 

Bagaimana cara mendapatkan klien untuk usaha sampingan di rumah ini? Sama seperti jasa pembuatan website di atas, bisa melalui website pribadi, media sosial atau mempromosikannya di platform freelancer.

23. Membuka Jasa Penerjemah Bahasa

Meskipun bukan hal baru, jasa penerjemah bahasa masih cukup menjanjikan sebagai sebuah kerja sampingan online. Lalu, kenapa tidak mencobanya saja? Banyak kok yang masih membutuhkan jasa ini. 

Namun, ada baiknya Anda menentukan target klien Anda terlebih dahulu. Misalnya, khusus untuk perusahaan saja atau bahkan untuk bidang tertentu, seperti hiburan.

membuka jasa penerjemah bahasa bisa menjadi peluang usaha sampingan tanpa modal

Umumnya, jasa yang dibutuhkan memang untuk terjemah Bahasa Inggris. Namun, peluang dari keahlian bahasa lain cukup menjanjikan juga lho. Bahkan, ada yang bisa menghasilkan hingga 8 juta sebulan dari kerja sampingan online terjemah variety show lho.

Sebelum mendapatkan klien yang potensial, tak ada salahnya Anda mempromosikan keahlian Anda di beberapa platform yang membutuhkan jasa translator. Contohnya Sribulancer atau Fastwork.ID.

Sudah Siap Panen Cuan dari Kerja Sampingan Online?

Pada artikel ini, Anda sudah mengetahui beragam kerja sampingan online, mulai dari bergabung program ads revenue sharing, memulai live streaming di TikTok, membuka toko online, sampai menjadi freelancer. Yang paling penting, pilihlah usaha sampingan online yang paling sesuai dengan kemampuan dan minat Anda. 

Nah, kalau Anda ingin meraih keuntungan yang lebih maksimal, membuat website sendiri adalah cara yang paling efektif. Dengan website, Anda bisa membangun kehadiran online untuk memperkuat branding. Sehingga, kepercayaan pengunjung pun akan meningkat.

Namun, website Anda tidak boleh dibuat sembarangan, alias website Anda harus memiliki performa yang selalu oke. Oleh karena itu, pilihlah hosting yang dapat memenuhi kebutuhan website Anda. 

Layanan Web Hosting Niagahoster menyediakan berbagai fitur unggulan untuk menjamin kecepatan dan keamanan website. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mendapatkan SSL dan domain gratis dari Niagahoster!

Jadi, tunggu apa lagi? Panen cuan dari usaha sampingan online bersama Niagahoster!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.