Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Cara Membuat Konten dengan ChatGPT [Bonus Prompt]

6 min read

Mau membuat konten yang original dan menarik tapi bingung dari mana harus memulainya? Tenang! Semua masalah pasti ada solusinya, dan dalam hal ini, ada cara membuat konten dengan ChatGPT. Tak perlu skill tingkat dewa, Anda tetap bisa membuat konten yang keren.

Kalau biasanya Anda perlu waktu berjam-jam dari proses merencanakan sampai membuat konten, sekarang semua ini bisa dilakukan dalam hitungan menit. Yap, ChatGPT adalah salah satu teknologi kecerdasan buatan yang ‘ajaib’.

Tak hanya bisa membuat website dengan AI, sekarang bikin konten juga bisa lho pakai ChatGPT. Penasaran bagaimana cara buat konten dengan ChatGPT?

Tak perlu ke mana-mana lagi, artikel ini akan menjelaskan semuanya, termasuk contoh prompt untuk membuat konten yang bisa langsung Anda gunakan. Yuk langsung meluncur!

WordPress Hosting CTA Button

Apa Manfaat ChatGPT untuk Pembuatan Konten?

ChatGPT adalah kecerdasan buatan yang bisa menghasilkan teks berdasarkan instruksi tertentu. Teknologi ini mampu membantu Anda dalam berbagai hal, termasuk membuat konten seperti artikel blog, deskripsi produk, dan konten media sosial.

Secara umum, manfaat ChatGPT untuk membuat konten yaitu:

  • Menghasilkan ide-ide dasar yang kreatif dan mengatasi writer’s block.
  • Mempercepat proses pembuatan konten dengan menghasilkan teks secara otomatis berdasarkan instruksi yang diberikan.
  • Menjadi asisten editor untuk memeriksa tata bahasa, pilihan kata, dan memastikan kualitas konten yang optimal.
  • Menghasilkan konten dengan berbagai format, termasuk artikel website, blog, dan postingan media sosial.
  • Memungkinkan penyesuaian konten sesuai kebutuhan pengguna.

Kalau belum familiar dengan ChatGPT, Anda mungkin penasaran, bagaimana hal-hal di atas bisa diaplikasikan?

Nah, untuk membantu Anda mendapatkan gambaran tentang cara membuat konten dengan ChatGPT menggunakan prompt yang benar, langsung saja ikuti panduan di bawah ini yuk!.

Cara Membuat Konten dengan ChatGPT

Kalau biasanya Anda menulis artikel dari selembar kertas kosong, sekarang Anda bisa merekrut ChatGPT sebagai asisten penulis Anda.

Secara garis besar, ini cara membuat konten dengan AI ChatGPT:

  1. Kunjungi situs ChatGPT di https://chat.openai.com/.
  2. Tentukan jenis dan tujuan konten.
  3. Mulai membuat konten dengan ChatGPT (bisa website ataupun media sosial).
  4. Koreksi konten dan publikasikan.

Mari ikuti tutorial di bawah ini untuk melihat langkah-langkah selengkapnya.

1. Kunjungi situs ChatGPT

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi website ChatGPT.

Login menggunakan akun Anda atau fitur sosial seperti Gmail, Microsoft, atau Apple. Atau, silakan register dulu jika Anda belum punya akun. 

home page ChatGPT

Saat registrasi, pastikan Anda sudah mempersiapkan email dan password, serta nomor telepon untuk melakukan verifikasi.

2. Tentukan jenis dan tujuan konten 

Sekarang Anda sudah masuk ke website Chat GPT. Namun sebelum praktik, sebaiknya Anda sudah menentukan jenis dan tujuan konten. Entah itu artikel blog, deskripsi produk yang menarik, atau konten media sosial.

Berikut kami contohkan konsep konten yang perlu Anda siapkan:

Jenis Konten: Deskripsi produk yang menjelaskan fitur, manfaat, dan keunikan produk X secara persuasif.

Tujuan: Mendorong minat dan keinginan pembaca untuk membeli produk, menjelaskan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing, dan membangun kepercayaan konsumen.

Dengan mengetahui jenis  dan tujuan konten, tentunya Anda jadi lebih mudah untuk fokus dan dapat mengarahkan prompt secara lebih jelas saat membuat konten menggunakan ChatGPT.

3. Mulai Membuat Konten dengan ChatGPT

Nah, ini dia bagian intinya!  Sekarang kami akan menjelaskan langkah-langkah membuat konten dengan ChatGPT.

Akan ada dua metode yang kami bahas di sini, yaitu membuat konten website & blog, serta media sosial (TikTok, YouTube, dan Instagram).

Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat: hasil yang didapat sangat bergantung pada prompt yang Anda berikan. Jadi, pastikan menyimak panduan ini dengan cermat, ya.

A. Membuat Konten Website & Blog dengan ChatGPT

Untuk membuat konten website & blog, ada teknik SEO yang harus Anda perhatikan. Oleh karena itu, selain tentang penulisan, kami juga akan menjelaskan panduan terkait optimasi konten.

Ini cara lengkap membuat konten website dan blog menggunakan ChatGPT:

i. Berikan Prompt/Instruksi spesifik

Saat membuat blog atau website, pastinya Anda butuh konten yang tak hanya menarik, tapi juga bisa muncul di halaman mesin pencarian untuk mendapatkan traffic.

Untuk hal ini Anda memerlukan beberapa proses, mulai dari riset keyword sampai menghasilkan konten yang baik. Nah, agar ChatGPT bisa membantu Anda dengan konten yang Anda butuhkan, masukkan prompt yang spesifik.

Prompt untuk riset keyword

Bantu saya melakukan riset keyword yang relevan untuk topik […..] agar konten saya lebih mudah ditemukan oleh pembaca/target audiens.

Setelah memiliki keyword, Anda perlu membuat brief konten agar nantinya konten yang Anda buat tidak keluar jalur dari topik yang dibahas.

Prompt untuk membuat brief

Bantu saya membuat brief yang jelas untuk konten website/blog [….]. Fokuskan pada topik [….], dan jelaskan tujuan, target audiens, serta pesan yang ingin disampaikan.

Lanjutkan dengan menyiapkan judul artikel yang akan menarik pembaca untuk mengklik artikel Anda.

Prompt untuk membuat judul artikel blog

Berikan saya rekomendasi judul yang menarik dan mengundang minat pembaca untuk konten [….]. Judul harus singkat, jelas, dan menggambarkan inti dari konten.

Apabila sudah menentukan keyword, brief, dan judul artikel, Anda bisa mulai menulis konten menggunakan ChatGPT dengan mengikuti prompt di bawah ini.

Prompt untuk menulis konten

Tulislah sebuah artikel SEO sebanyak [….] kata dengan keyword “tren digital marketing”. Berikan wawasan mendalam, statistik terbaru, dan contoh nyata tentang strategi pemasaran yang sukses. Gaya bahasa yang digunakan harus profesional dan informatif. Target pembaca artikel ini adalah pemilik bisnis online dan marketer profesional. Nantinya, artikel ini akan dipublikasikan di website [….]

Hasilnya kira-kira akan seperti ini:

Membuat konten website dengan Chat GPT

Kemudian untuk menulis konten website yang biasanya lebih menekankan copywriting, Anda juga bisa menggunakan ChatGPT loh. Ini dia prompt ChatGPT untuk copywriting yang bisa Anda gunakan:

Prompt untuk copywriting landing page

Tolong buatkan saya copywriting untuk landing page [….], pada bagian [….] Fokuskan pada keunggulan unik produk/jasa [….], seperti [keunggulan 1], [keunggulan 2], dan [keunggulan 3]. Lalu, sertakan kalimat dan tombol ajakan juga.
Copywriting landing page dengan Chat GPT

ii. Tinjau respons ChatGPT dan berikan instruksi lanjutan

Setelah menerima respons awal dari Chat GPT, jangan langsung puas dengan hasilnya. Bagaimanapun, hasil yang diberikan AI tidak akan maksimal tanpa sentuhan tangan manusia.

Tinjau kontennya dan berikan instruksi lanjutan jika diperlukan. Berikan feedback yang spesifik untuk memperbaiki respons dan mengarahkan Chat GPT agar memberikan jawaban yang lebih baik.

Contoh prompt:

  • Tone-nya terlalu formal. Tolong tulis ulang agar tone-nya lebih santai dan menarik untuk target audiens kami.
  • Kontennya bagus, tetapi kurang memberikan contoh yang relevan. Tolong berikan contoh-contoh spesifik agar pembaca lebih terbantu.
  • Artikel ini belum punya bagian penutup. Tolong tambahkan ringkasan dan ajakan tindakan untuk membeli produk.

Rekomendasi AI

Contoh hasil revisi ChatGPT

iii. Lakukan pengeditan

Setelah meminta ChatGPT untuk menyesuaikan draft pertama, sempurnakan gaya bahasa, struktur kalimat, susunan paragraf, dan alurnya secara keseluruhan.

Jangan lupa, cek plagiarisme konten dengan berbagai website seperti DupliChecker dan Copyscape.

Contoh prompt:

  • Tolong rapikan struktur kalimat dalam artikel ini. Saya ingin artikel ini memiliki kalimat yang lebih ringkas, jelas, dan mudah dipahami.
  • Distribusi kata kunci pada konten ini kurang optimal. Pastikan setiap H2 menyebutkan kata kunci utama.
  • Bisakah kamu menolong saya menyempurnakan konten ini? Gunakan kalimat aktif dan pastikan penggunaan tanda bacanya tepat.
iv. Tambahkan media visual dan pemformatan

Untuk meningkatkan daya tarik konten, tambahkan media visual seperti gambar atau video yang relevan. Anda bisa memakai website penyedia gambar gratis seperti Unsplash dan Pixabay.

Tak hanya itu, lakukan pemformatan yang sesuai agar konten lebih mudah dibaca dan terlihat profesional.

B. Membuat Konten Media Sosial dengan ChatGPT

ChatGPT juga bisa membantu Anda dalam membuat konten media sosial, lho. Namun, karena ChatGPT berbasis teks sedangkan media sosial saat ini kebanyakan berbasis audiovisual, Anda bisa menggunakan tool AI ini untuk pembuatan konsep dan idenya.

Berdasarkan jenis media sosial, berikut cara membuat konten dengan ChatGPT untuk media sosial:

i. Membuat Konten TikTok

Gunakan Chat GPT untuk membantu menyusun konsep ide konten TikTok yang Anda pilih.

Dari konten yang Chat GPT rekomendasikan, Anda bisa menghasilkan contoh storyboard untuk memudahkan pengambilan video.

Contoh prompt:

Berikan saya konsep video TikTok bertopik [….] Saya ingin membuat video tentang [….] Video ini bertujuan untuk [….] Durasinya sekitar [….]

Rekomendasi AI

Konsep video TikTok dari ChatGPT

ii. Membuat Konten YouTube

Mirip dengan TikTok, membuat konten YouTube juga bisa dengan Chat GPT.

Serunya lagi, Anda bisa mengoptimasi SEO YouTube dengan lebih optimal menggunakan bantuan teknologi AI ini.

Contoh prompt:

Saya ingin membuat video [….] tentang [….]. Durasinya sekitar [….] Target audiens video ini yaitu [….] Tolong buatkan skrip YouTube yang menarik, lengkap dengan optimasi SEO-nya.

Rekomendasi AI

Konsep skrip YouTube dari ChatGPT

iii. Membuat Konten Instagram

Selain TikTok dan YouTube, Chat GPT bisa membantu Anda mendapatkan berbagai ide konten Instagram sekaligus caption hingga hashtag yang bisa Anda tambahkan.

Tak hanya untuk Feed, ChatGPT juga bisa merekomendasikan konten untuk Stories, Reels, dan IGTV.

Contoh prompt:

Saya ingin membuat konten Instagram untuk di-upload di fitur [….]. Niche saya adalah [….]
Berikan saya ide konten yang instagrammable, lengkap dengan caption dan hashtag-nya.

Rekomendasi AI

ide media sosial

4. Koreksi konten dan publikasikan

Sebelum memublikasikan konten, pastikan lagi untuk melakukan pengeditan yang menyeluruh.

Periksa kembali konten secara teliti, termasuk tata bahasa, ejaan, serta fakta dan informasi yang disampaikan melalui konten Anda. Tambahkan juga gambar atau ilustrasi untuk  penyajian informasi yang lebih menarik.

Setelah yakin dengan kualitas konten yang Anda buat menggunakan ChatGPT, Anda pun siap untuk memublikasikannya sesuai dengan platform yang diinginkan.

Namun ingat, sekeren apa pun tool AI yang digunakan, tentu saja yang namanya buatan manusia pasti ada batasannya. Mari cari tahu kenapa Anda tidak boleh sepenuhnya mengandalkan AI untuk membuat konten.

Keterbatasan ChatGPT untuk Pembuatan Konten

Penting untuk Anda ketahui, ChatGPT memiliki keterbatasan. Ini kelemahan ChatGPT dalam pembuatan konten:

  • Saat ini, apabila menggunakan ChatGPT versi gratis, data yang diberikan terbatas hingga tahun 2021 saja.
  • Terkadang ChatGPT tidak terlalu memahami konteks.
  • Respons yang dihasilkan bergantung pada prompt yang diberikan.
  • Tidak mampu memeriksa fakta, sehingga info yang diberikan mungkin kurang akurat.
  • Kreativitas dan nilai unik terbatas.

Intinya, ChatGPT memang membantu, tapi tidak sepenuhnya menggantikan peran manusia. Anda tetap perlu menyaring dan memperbaiki respons ChatGPT untuk mendapatkan kualitas konten terbaik.

Tips Membuat Konten dengan ChatGPT

Membuat konten dengan ChatGPT terkadang membutuhkan percobaan beberapa kali.  Agar hasilnya lebih maksimal, silakan coba tips cara menggunakan ChatGPT ini:

  • Cobalah berbagai prompt atau instruksi untuk melihat variasi respons yang dihasilkan ChatGPT.
  • Berikan prompt yang spesifik dan detail.
  • Tentukan jumlah kata yang Anda butuhkan.
  • Jelaskan gaya bahasa yang Anda inginkan. Misalnya, formal, santai, atau informatif.
  • Bangun percakapan yang hidup dengan ChatGPT, seperti memberikan pujian atau kritik terhadap respons ChatGPT.
  • Sempurnakan respons yang ChatGPT hasilkan agar konten sesuai kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat memaksimalkan potensi ChatGPT dalam menciptakan konten yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membuat Konten dengan ChatGPT, Siapa Takut?

Bagi Anda yang sedang membangun bisnis atau mengembangkan website, ChatGPT bisa menjadi asisten virtual yang berharga. Sebab, jika dimanfaatkan dengan benar, ChatGPT benar-benar bisa memudahkan Anda dalam berbagai hal.

Misalnya seperti yang dijelaskan di artikel ini, dengan ChatGPT Anda dapat menghasilkan konten berkualitas dengan cepat, yang dapat digunakan untuk artikel blog, halaman produk, atau bahkan skrip video.

Sebagai pengingat, ini cara membuat konten dengan Chat GPT:

  1. Kunjungi situs ChatGPT di https://chat.openai.com/.
  2. Tentukan jenis dan tujuan konten.
  3. Mulai membuat konten dengan ChatGPT (bisa website ataupun media sosial).
  4. Koreksi konten dan publikasikan.

Namun, selain konten, jangan lupakan pentingnya kualitas hosting website Anda. Pastikan memilih hosting terbaik Niagahoster, sebab dengan server mumpuni dan dukungan teknis 24/7, website dan bisnis online Anda pasti lebih terjamin.

Jadi, yuk dongkrak kesukesan bisnis online Anda sekarang juga!

[FAQ] Pertanyaan Umum Tentang ChatGPT untuk Pembuatan Konten

Apakah aman menggunakan ChatGPT?

Ya, penggunaan ChatGPT dalam pembuatan konten relatif aman. Namun, tetap perlu campur tangan manusia untuk memastikan kualitas dan keakuratan fakta dalam konten yang dihasilkan.

ChatGPT bisa untuk membuat konten apa saja?

ChatGPT dapat membuat berbagai konten, termasuk artikel situs web, postingan blog, konten media sosial (TikTok, YouTube, Instagram), dan lainnya.

Bagaimana cara membuat konten unik dengan ChatGPT?

Untuk membuat konten yang unik, Anda dapat mencoba berbagai prompt, memasukkan referensi gaya bahasa yang spesifik, dan melakukan pengeditan pada respons ChatGPT.

Apakah ChatGPT bisa membuat gambar?

Tidak, ChatGPT pada dasarnya adalah model AI berbasis teks dan tidak dapat menghasilkan gambar. Namun, ChatGPT dapat membantu menghasilkan deksripsi teks atau brief untuk pembuatan gambar.

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *