Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Ada yang Tanpa Modal!

5 min read

ide bisnis mahasiswa

Mencari ide bisnis untuk mahasiswa tanpa modal, atau hanya perlu menyisihkan sedikit uang saku untuk memulainya? Tentu ada banyak pilihan, dong!

Sebagai mahasiswa, mungkin teman-teman seringkali terkendala keterbatasan saat ingin mencari penghasilan tambahan. Mulai dari uang bulanan yang tidak banyak, serta kurangnya waktu untuk menekuni ide bisnis.

Nggak usah khawatir. Dengan adanya teknologi dan berbagai peluang di luar sana, ada banyak ide usaha untuk mahasiswa yang bisa dilakukan.

Nah, kami akan menjelaskan berbagai ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa dicoba tanpa modal, atau paling-paling hanya Rp1 jutaan. Yuk langsung cari tahu!

Ini ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa teman-teman coba untuk menambah uang saku:

  1. Bisnis Produk Handmade
  2. Merawat Hewan
  3. Membuka Jasa Pembuatan Website
  4. Bisnis Snack atau Makanan Ringan
  5. Menjadi Penulis Freelance
  6. Bisnis Jasa Penerjemah
  7. Usaha Jasa Desain Grafis
  8. Mengikuti Program Referral
  9. Menjadi Influencer
  10. Bisnis Dropshipper
  11. Jasa Bimbingan Belajar dan Les Privat
  12. Bisnis Fotografi dan Videografi
  13. Bisnis Jual Barang Preloved
  14. Jualan Pulsa dan Paket Data
  15. Menjual Buku Bekas

Selanjutnya kami akan menjelaskan poin-poin di atas secara lebih mendetail, lengkap dengan perincian modal yang perlu dikeluarkan. Semoga berhasil!

15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Bisnis sampingan mahasiswa bisa teman-teman manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan serta menambah pengalaman. Selain mengasah keterampilan berwirausaha, teman-teman juga bisa menjadi lebih stabil secara finansial.

Dari jualan online hingga layanan konsultasi, ini dia berbagai ide bisnis untuk mahasiswa bagi teman-teman yang ingin memulai perjalanan bisnisnya:

1. Bisnis Produk Handmade

scrapbook

Modal: tergantung pada jenis produk yang dibuat, bisa mulai dari Rp100.000 hingga jutaan.

Menawarkan produk handmade adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan mengandalkan keterampilan membuat barang kreatif. Misalnya, teman-teman bisa membuat tas, baju, aksesoris, atau produk kerajinan lainnya.

Mulailah dengan membuat produk handmade yang unik, lalu menjualnya melalui online shop, media sosial, ataupun platform lainnya.

Salah satu rekomendasi usaha kecil menengah ini akan membantu teman-teman mengekspresikan kreativitas, sekaligus menghasilkan cuan untuk tambahan jajan.

2. Merawat Hewan

bermain dengan kucing

Modal: tidak membutuhkan modal awal yang pasti, tapi perlu menyiapkan dana untuk membeli peralatan dan perlengkapan hewan.

Bagi teman-teman pelajar atau mahasiswa yang memiliki minat dan keahlian dalam merawat hewan peliharaan, pertimbangkanlah bisnis untuk merawat hewan sebagai sumber penghasilan tambahan. 

Bisnis ini menawarkan jasa perawatan seperti mandi, potong kuku, dan perawatan gigi bagi hewan peliharaan. Dengan sedikit modal, teman-teman bisa memulai bisnis ini dan potensial mendapatkan keuntungan yang lumayan jika dikelola dengan baik.

3. Membuka Jasa Pembuatan Website

jasa pembuatan website

Modal: Kurang dari Rp10.000/bulan/klien hingga jutaan rupiah tergantung kebutuhan.

Dalam era digital yang semakin maju, banyak individu dan bisnis yang membutuhkan website profesional. Karena itu menawarkan jasa pembuatan website dapat menjadi bisnis untuk milenial yang menjanjikan bagi mahasiswa.

Namun, untuk membuat website, teman-teman juga membutuhkan hosting yang andal dan terjangkau. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan layanan hosting Niagahoster, yang menawarkan paket hosting murah dan dapat diandalkan. 

4. Bisnis Snack atau Makanan Ringan

jualan makanan ringan

Modal: Rp500.000 hingga Rp2 juta.

Bisnis makanan selalu menarik perhatian, terutama bagi para mahasiswa. Karena, snack mudah dibawa dan dimakan kapan saja. Sehingga, potensi pasar bisnis snack cukup besar. 

Nah, teman-teman dapat mencoba memulai bisnis online jualan snack atau makanan ringan kepada teman-teman di kampus ataupun melalui website serta media sosial. Misalnya, keripik pedas, permen jelly, dan roti bakar.

Untuk memulai, cobalah menjual snack dan makanan ringan dari marketplace online lebih dulu karena proses administrasinya yang lebih mudah.

5. Menjadi Penulis Freelance

menjadi penulis freelance

Modal: Rp0, serta koneksi internet dan perangkat untuk menulis.

Jika suka menulis, menjadi penulis freelance dapat menjadi pilihan yang menarik. Teman-teman dapat menawarkan jasa penulisan artikel, konten website, atau blog kepada klien-klien yang membutuhkan.

Untuk menemukan klien, cobalah menelusuri berbagai situs freelance terbaik seperti Sribulancer, Upwork, dan Fiverr. 

6. Bisnis Jasa Penerjemah

Ilustrasi penerjemah

Modal: Rp0, serta koneksi internet dan perangkat untuk menerjemahkan seperti laptop dan printer.

Menjadi penerjemah adalah usaha yang cocok untuk mahasiswa, terutama jika teman-teman kuliah jurusan bahasa asing ataupun memiliki kemampuan bahasa asing tertentu.

Menawarkan ide usaha jasa penerjemahan dokumen, artikel, atau konten website kepada individu atau perusahaan yang membutuhkan dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

7. Usaha Jasa Desain Grafis

ilustrasi list software grafik desain

Modal: sekitar Rp500.000 hingga Rp1 juta untuk membeli software desain.

Teman-teman punya keahlian dalam desain grafis? Kalau iya, mengembangkan ide bisnis jasa desain grafis dapat menjadi peluang yang menarik.

Guna memulai bisnis untuk mahasiswa ini, teman-teman bisa menawarkan jasa desain logo, brosur, poster, atau konten visual lainnya kepada klien potensial.

Mulailah dari aplikasi yang mudah diakses dan menyediakan banyak tutorial. Contohnya, kami punya tutorial cara menggunakan Canva kalau teman-teman tertarik untuk bisnis jasa desain grafis untuk mahasiswa.

8. Mengikuti Program Referral

program referral niagahoster

Modal: minim, bahkan bisa gratis.

Program referral adalah salah satu cara mendapatkan passive income dengan merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain.

Metode ini cocok sekali apabila teman-teman ingin memulai bisnis untuk mahasiswa, apalagi kalau sudah punya basis followers banyak di media sosial. Tak tanggung-tanggung, komisinya juga cukup besar loh!

Untuk mengikuti program referral, teman-teman dapat bergabung dengan berbagai platform online dan mempromosikan produk atau layanan sesuai minat.

Misalnya jika tertarik dengan dunia web hosting, cobalah Referral Niagahoster yang akan memberikan komisi hingga 20%.

Atau kalau teman-teman sudah memiliki saluran pemasaran sendiri seperti channel YouTube, blog, atau website, coba program Afiliasi Niagahoster yang memberikan komisi jauh lebih besar, hingga 70% dari nilai pembelian pelanggan!

9. Menjadi Influencer

menjadi influencer, ilustrasi menampilkan statistik Instagram

Modal: tidak membutuhkan modal awal yang pasti, tetapi perlu menginvestasikan dana untuk mengembangkan konten dan promosi.

Sekarang eranya digital, termasuk media sosial. Tak heran, menjadi seorang influencer dapat menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan.

Untuk menjadi influencer, fokuslah pada niche tertentu dan membangun audiens. Dengan memiliki audiens yang loyal, nantinya teman-teman pasti akan mendapatkan tawaran kerja sama dengan brand atau perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

10. Bisnis Dropshipper

Cara Kerja Dropshipping Adalah Menawarkan Produk Dari Supplier Untuk Konsumen

Modal: tergantung jumlah orderan

Dropship adalah model bisnis di mana teman-teman menjual produk-produk dari supplier tanpa perlu menyimpan stoknya lebih dulu atau mengurus pengirimannya sendiri.

Saat ada yang beli produk, teman-teman cukup pesan ke supplier yang akan mengurus packing dan pengirimannya.

Selain itu, dropshipping juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet, di mana teman-teman bisa fokus ke pemasaran produk. Jadi, boleh dibilang ini adalah bisnis untuk mahasiswa yang praktis.

11. Jasa Bimbingan Belajar dan Les Privat

jasa bimbingan belajar

Modal: tidak membutuhkan modal awal yang pasti, namun mungkin perlu berinvestasi dana untuk menyiapkan materi pembelajaran.

Apabila memiliki pemahaman yang baik dalam mata pelajaran tertentu, teman-teman mahasiswa dapat membuka jasa bimbingan belajar atau les privat, loh.

Tidak harus offline, karena sekarang pun banyak bimbingan belajar yang dilakukan online dengan cara membuat e-learning. Apalagi, sistem online memungkinkan teman-teman mendapatkan siswa dari mana saja!

Bisnis untuk mahasiswa ini cocok sekali bagi teman-teman yang ingin memulai usaha sendiri, atau bisa menjadikannya sebagai usaha sampingan online untuk menambah uang saku. 

12. Bisnis Fotografi dan Videografi

fotografi dengan ponsel

Modal: sekitar Rp500.000 hingga jutaan untuk membeli software editing.

Teman-teman punya hobi fotografi? Atau sekadar senang dengan fotografi? Bisnis fotografi dan videografi bisa jadi pilihan yang cocok!

Berbisnis foto atau video ini bisa dilakukan dengan menjualnya di situs jual foto online, atau dengan menawarkan jasa kepada orang lain.

Untuk menawarkan jasa pemotretan, pengeditan foto, atau pembuatan video, tawarkan kepada klien individu, acara, atau bisnis yang membutuhkannya. Dengan menjalankan ide bisnis untuk mahasiswa ini, teman-teman bisa menambah uang saku sekaligus melakukan hobi.

13. Bisnis Jual Barang Preloved

Ilustrasi jual barang preloved

Modal: tidak membutuhkan modal jika menjual barang preloved sendiri.

Bisnis jual beli barang preloved adalah usaha untuk menawarkan barang-barang bekas dan masih layak pakai. Yap, salah satunya yaitu dengan cara jualan baju online baik melalui marketplace maupun media sosial.

Usaha ini cocok untuk mahasiswa karena tidak memerlukan modal, dan teman-teman bisa mengurangi barang tidak terpakai sekaligus mendapatkan uang tambahan. Menarik sekali, kan?

14. Jualan Pulsa dan Paket Data

ilustrasi orang memegang ponsel

Modal: Mulai dari Rp100.000 hingga jutaan.

Bisnis jualan pulsa dan paket data adalah bisnis sederhana yang dapat dijalankan oleh mahasiswa. Teman-teman dapat melakukannya sambil berkuliah, baik secara online maupun offline.

Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar dan dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Apalagi kalau teman-teman sering berburu voucher cashback atau diskon di marketplace. Jangan salah, masih banyak orang yang tidak tahu cara memanfaatkan voucher ini, lho!

Jadi, teman-teman bisa memanfaatkan cashback untuk kemudian menjual produk lagi dengan modal yang lebih rendah, namun dengan keuntungan lebih tinggi.

15. Menjual Buku Bekas

tumpukan buku bekas

Modal: tidak membutuhkan besaran modal yang pasti jika menjual buku bekas sendiri.

Bisnis jual beli buku bekas adalah pilihan yang menarik bagi teman-teman yang ingin mencari penghasilan tambahan.

Dalam memulai bisnis untuk mahasiswa ini, teman-teman bisa membuka toko online, promosi di media sosial, ataupun menawarkannya langsung ke calon pembeli.

Dengan menjual buku bekas, teman-teman tidak hanya dapat mendapatkan mendatangkan cuan, tetapi juga membantu orang lain untuk mendapatkan buku dengan harga yang lebih terjangkau.

Bisnis untuk Mahasiswa? Kenapa Tidak?

Sebagai seorang mahasiswa, memiliki bisnis sendiri memberikan banyak manfaat. Selain menambah penghasilan, bisnis untuk mahasiswa juga memperluas wawasan, mengembangkan keterampilan, dan memberikan pengalaman berharga.

Nah jika teman-teman masih berstatus mahasiswa tapi ingin memulai bisnis sendiri, maka memiliki website bisa menjadi kunci kesuksesan dalam mengembangkan bisnis.

Website memberikan kesempatan untuk memperkenalkan bisnis secara profesional dan memberikan kontrol penuh atas konten dan tampilan bisnis yang teman-teman punya.

Nah, untuk membantu teman-teman memulai bisnis dengan mudah, kami merekomendasikan Unlimited Hosting Niagahoster. Niagahoster menawarkan berbagai fitur dan keunggulan, seperti kecepatan akses yang optimal, keamanan yang terjamin, serta dukungan teknis yang responsif. 

Tak hanya itu, Niagahoster juga menyediakan berbagai paket hosting dengan biaya yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp 9.900/bulan. Murah banget, kan?

Dengan kombinasi antara ide kreatif, website yang profesional, dan layanan hosting yang andal, manfaatkan kesempatan ini dan buktikan bahwa bisnis untuk mahasiswa adalah pilihan yang cerdas dan menjanjikan!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *