Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

10+ Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Penghasilan Menjanjikan

14 min read

ide bisnis mahasiswa

Bisnis anak kuliahan kini tengah naik daun. Apalagi mahasiswa cenderung memiliki fleksibilitas waktu jam kuliah untuk bisa diisi dengan berbagai kegiatan positif, salah satunya dengan berbisnis.

Mencari peluang bisnis untuk mahasiswa pun tidaklah sulit. Bahkan banyak diantaranya yang tidak perlu mengeluarkan modal besar, namun berpotensi untuk memperoleh keuntungan tinggi. Nah, buat Anda yang tertarik, di artikel ini kami akan membahas seputar 15+ ide bisnis untuk mahasiswa dengan penghasilan yang menjanjikan. Penasaran apa saja? Simak langsung ulasan lengkapnya berikut ini.

15+ Rekomendasi Bisnis untuk Mahasiswa

Sebelum terjun ke dunia bisnis, sangat disarankan untuk Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Karena umumnya tidak semua ide bisnis anak kuliahan akan memiliki peluang yang sama dari satu tempat ke tempat lainnya. Pastikan juga Anda mempertimbangkan jumlah modal yang diperlukan, sekaligus mengukur tingkat resiko yang dihasilkan dari bisnis tersebut. 

Cara menentukan target pasar bisnis bisa Anda pelajari melalui artikel kami di Pentingnya Kenali Target Pasar untuk Bisnis Anda

1. Online Shop

Ilustrasi online shop

Bisnis online shop adalah salah satu bisnis mahasiswa yang menjanjikan. Mengapa? Karena pada dasarnya yang Anda butuhkan hanyalah gadget, koneksi internet, dan barang yang akan dijual. Bahkan, dengan keberadaan berbagai macam platform seperti media sosial dan marketplace, justru wadah untuk Anda bisa memasarkan produk ke pasaran bisa semakin cepat dan praktis.

Apabila Anda belum memiliki banyak cukup modal untuk memproduksi barang dagangan sendiri, Anda bisa mencoba untuk menjadi dropshipper atau reseller. Selain minim modal dan resiko, menjadi dropshipper atau reseller membuat Anda tetap memiliki banyak waktu luang untuk bisa melakukan kegiatan lainnya.

Anda bisa melakukan bisnis ini di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu memikirkan stok barang. Yang terpenting, Anda tetap perlu melakukan product review kepada setiap pembeli guna mengontrol kualitas dari produk-produk Anda. Untuk tahu mengenai apa saja langkah-langkah jitu yang diperlukan dalam membangun bisnis online untuk mahasiswa, simak ulasan lengkap kami pada artikel Cara Memulai Bisnis Online.

2. Fotografer atau Videografer

bisnis untuk mahasiswa

Anda memiliki hobi fotografi? Atau mungkin Anda termasuk penggemar konten-konten visual seperti foto atau video yang menarik? Siapa sangka, jika dari hal tersebut bisa menjadi prospek bisnis yang membawa keuntungan tinggi. Ya, fotografer atau videografer bisa menjadi kerjaan sampingan mahasiswa yang cukup menjanjikan. 

Mulailah dengan menyelami teknik-teknik dasar fotografi, seperti mengikuti kursus online, kemudian bergabung ke dalam komunitas mahasiswa khusus pecinta fotografi atau videografi yang sekiranya bisa menjadi tempat untuk mengeksplorasi kemampuan Anda. Dari situ, barulah Anda bisa memulai bekerja sama dengan Event Organizer atau Wedding Organizer yang umumnya mengadakan acara di akhir pekan.

Atau bila hal tersebut masih sangat sulit, Anda bisa memulai dari langkah terkecil seperti menawarkan jasa ke rekan-rekan terdekat, atau keluarga yang membutuhkan secara cuma-cuma. Dengan begitu, Anda bisa perlahan membangun portofolio untuk meningkatkan nilai profesionalisme Anda.

Baca Juga: Best Foto Studio: Lika-Liku Menjalani Bisnis Fotografi di Ranah Online

3. Desain Grafis

Ilustrasi desainer grafis

Desain grafis tak kalah menarik untuk dijadikan peluang bisnis mahasiswa untuk meraup keuntungan tinggi. Selain hasilnya tidak hanya dibutuhkan untuk media cetak, kini telah banyak media online yang juga membutuhkan jasa desain grafis. Mulai untuk kebutuhan personal branding, hingga jejeran bisnis.

Namun, bagi Anda yang mungkin tidak memiliki latar belakang pendidikan desain, jangan berkecil hati. Saat ini sudah banyak pemain bisnis desain grafis yang belajar secara otodidak. Anda bisa memulainya dengan mengenali aplikasi-aplikasi pendukung desain grafis seperti Adobe Photoshop, Inkscape, Adobe Illustrator, Adobe InDesign dan Corel Draw. Bahkan, saat ini sudah banyak tersedia ragam situs online untuk membuat logo desain gratis.

Bila masih kurang meyakinkan, Anda bisa mempelajarinya dengan mengikuti kursus online. Seperti Canva Design School, yang menjadi salah satu platform kursus online desain grafis secara gratis, dengan menawarkan empat jenis modul yang membahas tentang font, background, layout, shapes, gambar dan sebagainya.

Sama dengan jasa fotografi atau videografi, Anda bisa mengawali bisnis ini dengan menawarkan jasa ke orang-orang terdekat dahulu. Bila sudah semakin meluas, maka Anda bisa mengumpulkan setiap karya Anda untuk dijadikan portfolio. Anda pun juga bisa mempublikasikan setiap hasilnya secara online dengan membuat website pribadi, atau dengan platform besar seperti di behance.net.

4. Penerjemah

Ilsutrasi penerjemah

Hadirnya aneka buku, jurnal, e-book dan berbagai media cetak berbahasa asing membawa kesempatan untuk para mahasiswa yang ingin menambahkan uang saku dengan menjadi freelancer penerjemah. Untuk mengawalinya pun tidaklah sulit. Yang Anda perlukan hanyalah kemampuan menulis dan menguasai setidaknya satu bahasa asing. 

Pastikan Anda mengenal arti dari setiap kata, istilah-istilah, hingga bagaimana struktur penulisan bahasa asing yang tepat. Walaupun saat ini sudah banyak menjamur bisnis jasa penerjemah, Anda masih memiliki banyak kesempatan untuk mempromosikan jasa Anda. Seperti membangun website pribadi untuk menaruh portofolio atau mendaftarkan diri pada situs-situs khusus freelancer yang kini sudah banyak ditemukan. 

Apabila Anda sudah merasa cukup mapan dengan kemampuan satu bahasa, akan lebih baik lagi bila Anda mempelajari bahasa asing lainnya. Seperti bahasa Mandarin atau Korea yang saat ini masih memiliki peluang besar. Selain dapat menambah value tersendiri, hal ini juga akan mendorong Anda untuk mendapatkan lebih banyak klien.

5. Influencer

usaha yang cocok untuk mahasiswa

Sebagai pengguna aktif media sosial, mahasiswa sudah pasti mengenal istilah influencer. Yup, bisa dikatakan influencer merupakan seseorang yang memiliki popularitas di media sosial dan identik dengan jumlah followers yang tinggi. Alhasil, mereka pun sering diandalkan sebagai promotor suatu bisnis atau bahkan menjadi brand ambassador dengan bayaran tinggi.

Lalu, seperti apa syarat untuk menjadi seorang influencer

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membangun self-branding, alias citra diri untuk membuktikan bahwa Anda memiliki karakter yang kuat. Kemudian, tentukan platform yang Anda kuasai. Misalnya jika Anda hobi bermain Instagram, biasanya Anda akan mengenal seluk-beluk penggunanya dan konten seperti apa yang banyak dicari.

Langkah kedua adalah merancang strategi konten. Bangunlah identitas dengan persona Anda untuk bisa menjangkau target followers. Pastikan bahwa setiap konten Anda memiliki kualitas pesan yang positif, agar dapat menjadi inspirasi bagi yang lain. Misalnya dengan membagikan tips-tips tertentu yang sesuai dengan hobi Anda seperti tips make up, bermain musik, membuat desain, memasak dan sebagainya.

Kemudian langkah ketiga adalah menciptakan konten dengan kualitas gambar atau video yang mumpuni. Mengapa ini penting? Seperti riset yang dilansir oleh Visme, terbukti bahwa 65% dari seluruh pengguna media sosial lebih tertarik dengan tampilan visual (foto atau video) dibandingkan tulisan. Maka tak heran, kalau saat ini sudah banyak jejeran aplikasi editor instan yang mampu meningkatkan kualitas foto dan video agar lebih memikat. 

Menghadirkan konten dengan visual yang menarik masih tidaklah cukup untuk menjadikan Anda sebagai influencer sejati. Anda juga perlu membangun networking dengan sesama influencer atau pun brand ternama dengan bergabung pada sebuah komunitas dan menghadiri berbagai event besar. Langkah ini terbilang cukup manjur untuk Anda yang masih belum memiliki jumlah followers tinggi.

Selain itu, seringlah menjalin komunikasi dengan followers Anda. Baik dari kolom komentar atau story dengan membuat QnA (Question and Answer). Tanpa disadari, langkah ini bisa memikat hati para pengguna media sosial lainnya yang belum memfollow Anda.

Langkah terakhir adalah konsisten. Menjadi seorang influencer yang populer dan sukses memang membutuhkan perjalanan panjang. Yang penting, selagi Anda melakukan setiap langkah-langkahnya secara terus menerus, bukanlah hal yang mustahil untuk bisa menjadi influencer sukses.

6. Web Design

Ilustrasi web design

Sudah tak bisa dipungkiri, di samping kehadiran berbagai platform media sosial dan marketplace, website masih menjadi strategi unggul untuk mengsukseskan suatu bisnis. Selain menjadi cara untuk  meningkatkan branding dan trust kepada masyarakat, website juga menjadi solusi untuk menggait pasar lebih luas. 

Namun, tidak semua orang mampu menciptakan website secara personal. Butuh bantuan jasa khusus yang memang ahli dalam bidang ini. Nah, kesempatan ini sangat ideal bagi Anda yang ingin menjadi seorang freelancer web design dan memperoleh pendapatan menarik.

Baca juga: 15+ Website Terbaik Sumber Inspirasi Desain Web

Anda bisa mengandalkan berbagai CMS (Content Management System) seperti WordPress yang dapat memberikan kemudahan dalam membuat website secara otodidak. Untuk panduan lengkapnya bisa Anda pelajari melalui artikel kami di sini. 

Selama membangun website, ada aspek terpenting lainnya yang perlu Anda pertimbangkan saat menjalankan bisnis ini yaitu layanan web hosting. Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai Niagahoster Partner. 

Niagahoster Partner memungkinkan Anda untuk bisa membuka jasa pembuatan website disertai layanan hosting dengan merek bisnis sendiri, penawaran harga hosting lebih murah, fitur White Label alias penerbitan tagihan sesuai nama bisnis Anda, hingga layanan support personal 24/7.

Bahkan, Anda tidak perlu merogoh kocek sepeserpun untuk bisa mendaftar di Niagahoster Partner. Malahan dengan bekerja sama, nilai branding bisnis Anda akan lebih terbantu. Untuk mengenal lebih jelas mengenai program ini, Anda bisa menyimak artikel kami secara lengkap di Niagahoster Partner, Bisnis Mudah Tanpa Modal Bersama Niagahoster!

7. Blogger

bisnis mahasiswa

Ide bisnis untuk mahasiswa pemula berikutnya adalah menjadi blogger. Yup, buat sebagian besar orang mungkin masih menganggap bila profesi seorang blogger hanya sebatas menulis topik-topik tertentu. Padahal, blogger menjadi salah satu dari sekian profesi yang banyak diminati karena penghasilannya cukup menggiurkan.

Lalu, kira-kira dari mana saja penghasilan itu didapatkan?

Yang pertama adalah iklan. Sumber utama yang menjadi penghasilan seorang blogger adanya iklan yang terpasang pada blog. Bisa melalui banner yang diperoleh dari Google AdSense atau langsung menyelipkan pada artikel yang dibuat. Akan tetapi, sebelum memasang iklan, pastikan blog Anda telah teroptimasi dengan baik dan memiliki sejumlah traffic tinggi. 

Sumber penghasilan yang kedua adalah afiliasi atau affiliate marketing. Apa itu afiliasi? Afiliasi merupakan program yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan sejumlah uang dengan mempromosikan produk tertentu melalui kode referral. Biasanya program ini ditawarkan langsung oleh perusahaan tertentu atau pun individu. 

Seperti program afiliasi Niagahoster, yang memberikan kesempatan untuk Anda memperoleh komisi sebesar 70% dari setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna melalui banner referral atau kode kupon Anda. Umpamanya, jika ada seseorang yang membeli layanan hosting Niagahoster dengan jumlah biaya 2 juta Rupiah dari banner referral Anda, itu berarti 1,4 juta Rupiah akan menjadi milik Anda. Menarik sekali, bukan?

Akan tetapi setiap perusahaan biasanya memiliki alur kerja yang berbeda, sehingga buat Anda yang ingin mendaftar, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.

Sumber penghasilan blogger yang ketiga adalah endorsement. Sebagian besar dari Anda pasti sudah cukup sering bila melihat para blogger yang melakukan promosi suatu produk. Biasanya mereka bekerja sama dengan brand atau perusahaan untuk diminta mempromosikan barang tersebut. Keuntungan yang diperoleh dari blogger bisa berupa uang tunai atau produk gratis, tergantung kesepakatan antara blogger dan perusahaan.

Nah, bila Anda juga ingin mendapatkan tawaran dari perusahaan, usahakan untuk membangun blog Anda menjadi berkualitas supaya banyak perusahaan yang mau mengajak kerja sama.

Terakhir, para blogger biasanya memperoleh penghasilan dari penawaran jasa. Sistemnya kurang lebih sama dengan berbisnis jasa desain grafis atau web design. Anda bisa menawarkan diri kepada para pengguna yang sekiranya membutuhkan jasa Anda untuk menulis artikel dengan topik tertentu. 

Misalnya, Anda mendapat tawaran menulis untuk sebuah agensi tiket pesawat, maka tulisan blog Anda bisa membahas seputar tips mendapatkan tiket pesawat murah, tips memilih maskapai penerbangan atau cara refund tiket pesawat dan sebagainya.

Kalau Anda ingin tahu sumber pendapatan blogger lainnya, bisa baca selengkapnya pada artikel kami di Cara Mendapatkan Uang dari Blog dalam 6 Langkah di 2020.

8. Youtuber

Ilustrasi Youtuber

Bisnis mahasiswa yang menjanjikan berikutnya adalah menjadi seorang YouTuber. Sebagai salah satu media video online terbesar di dunia, kini YouTube menjadi sebuah platform untuk bisnis anak kuliahan. Sistem yang dianutnya juga kurang lebih persis seperti blogger, yaitu dengan menyajikan konten-konten berkualitas untuk menarik viewers. 

Terus, setelah memiliki viewers, bagaimana akhirnya bisa menghasilkan uang?

Pertama adalah dari iklan. Pihak YouTube akan membagikan komisi dari setiap ads yang terdapat pada konten pemilik akun. Syaratnya adalah pengguna akun harus memiliki banyak pengunjung dahulu untuk mendapat iklan otomatis. Biasanya istilah ini dikenal dengan sebutan AdSense YouTube

Baca juga: Panduan SEO YouTube Terbaru 2020

Kemudian, ada dua cara bagaimana iklan tersebut bisa menjadi uang. Pertama, dengan sistem cost per click (CPC), yakni pemilik akun akan memperoleh uang berdasarkan jumlah klik pada iklan. Dan yang kedua dengan cost per view (CPV), yaitu pengiklan akan membayar jika iklan mereka ditonton minimal 30 detik atau lebih dari durasi yang disiarkan.

Biasanya setiap satu iklan, pihak YouTube akan menjaminkan komisi sebesar $1,5 atau setara dengan 21 ribu Rupiah untuk setiap 1000 view. Tapi, bila tidak ada satu pun pengunjung yang mengklik atau menonton iklan hingga selesai, maka mustahil untuk pihak YouTuber mendapatkan komisi.

Penghasilan kedua adalah dari affiliate marketing. Sama dengan blogger, para YouTuber seringkali bekerja sama dengan brand atau perusahaan untuk membagikan kode referral mereka kepada setiap penonton. Maka, bila ada pembeli yang menggunakan kode tersebut, pihak YouTuber akan otomatis memperoleh komisi dari perusahaan yang bekerja sama.

Terakhir adalah endorsement. Pasti Anda sudah sering menyaksikan video-video YouTube yang berisikan promosi produk yang berkaitan dengan topik konten mereka. Umpamanya, jika Anda seorang YouTuber yang gemar membagikan konten seputar kecantikan, kemungkinan besar Anda bisa memperoleh endorsement berupa produk skin care atau make up. Asalkan Anda tetap terus menyajikan konten yang original, menarik, dan giat mempromosikan konten Anda ke berbagai platform media sosial lainnya.

Untuk tahu tips-tips lain terkait cara memperoleh uang dari YouTube, Anda bisa mengunjungi artikel kami di 15 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube 2020.

9. Bisnis Kuliner

usaha yang cocok untuk mahasiswa

Seperti yang kita tahu, bisnis kuliner di Indonesia memang tidak ada matinya. Alasannya simpel. Karena makanan memang merupakan bagian dari kebutuhan primer setiap orang. Walaupun bisnis kuliner sudah terlalu banyak pemain, bukan berarti Anda menjadi kehilangan kesempatan. Mengingat masih banyak ide-ide kreatif yang bisa dikembangkan dalam membangun bisnis kuliner.

Eatlah contoh bisnis mahasiswa

Di Indonesia sendiri, sudah banyak bisnis mahasiswa di bidang kuliner. Seperti Eatlah, makanan dengan konsep ready-to-go ini digagas oleh sekelompok anak muda bernama Michael Chrisyanto, Charina Prinandita, dan Riesky Vernandes.

Memboyong menu khas asal Singapura yaitu Salted Egg Chicken, Eatlah berusaha menyajikan konsep bisnis yang fresh. Seperti segi kemasan yang menggunakan konsep Chinese Food Box, yang dipopulerkan langsung di negara Cina dengan kesan yang casual, trendi dan unik. Tak lupa, mereka juga memanfaatkan jaringan online untuk mempromosikan produk mereka baik di media sosial, hingga penggunaan jasa online delivery.

Ada juga Burgreens, karya bisnis milik pasangan muda Max dan Helga ini tidak hanya menawarkan aneka menu vegan yang menyehatkan, tapi juga memiliki dampak sosial. Mereka ingin masyarakat Indonesia bisa terbebas dari isu kesehatan dan lingkungan, melalui campaign yang disebarkan melalui media sosial dan website

Burgreens contoh bisnis mahasiswa

Dari kedua contoh bisnis ini, bisa disimpulkan bahwa bisnis kuliner selalu memberikan ruang untuk generasi muda, terutama yang ingin membangun bisnis anak kuliahan. Cobalah untuk menciptakan inovasi dengan menyisipkan value yang sekiranya tidak hanya membawa bisnis pada keuntungan tinggi, tapi juga manfaat bagi sosial.

Misalnya dengan mempekerjakan ibu-ibu rumah tangga yang sebelumnya tidak berpenghasilan, atau membangun campaign bebas plastik demi menyadarkan masyarakat akan bahayanya sampah, dan sebagainya. 

Selain itu, untuk menghemat budget sewa tempat, Anda bisa mengandalkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau mungkin website khusus sebagai wadah promosi. Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan ojek online untuk memudahkan pemesanan, sekaligus menghemat budget transportasi Anda.  

Untuk memantapkan strategi bisnis kuliner secara online, Anda bisa menyimak beberapa tips digital marketing pada artikel kami di Tips Digital Marketing Paling Moncer untuk Bisnis Kuliner!

10. Freelance Tutor

Ilustrasi freelance tutor

Mencari peluang bisnis untuk mahasiswa bisa dibilang gampang-gampang susah. Kenapa begitu? Walaupun mahasiswa cenderung memiliki waktu yang fleksibel, jangan sampai tanggung jawab di kampus menjadi terbengkalai. Nah, supaya ilmu yang Anda geluti bisa terus terasah sembari mendapat uang saku tambahan, freelance tutor bisa menjadi solusinya.

Sebelum terjun menjadi freelancer tutor professional, perlu sekali untuk Anda memiliki skill yang mumpuni. Tentukan siapa target Anda, apakah ditujukan untuk siswa yang duduk di sekolah dasar, menengah, atau perguruan tinggi. Tapi, bila boleh memberi saran, akan lebih baik bila Anda mengajar topik yang sesuai dengan bidang Anda.

Di samping akan lebih efektif tanpa harus menguasai ilmu yang berbeda, hal ini juga bisa mengasah wawasan Anda agar bisa berprestasi di kampus. Selain itu, menjadi seorang freelancer tutor professional bisa memberikan Anda keleluasaan dalam mengatur jadwal yang pas. Bahkan, saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang menawarkan jasa privat online.

Seperti aplikasi Ruang Guru yang menghadirkan program Ruang Les Online untuk memudahkan para siswa yang membutuhkan pengajar privat online. Masing-masing siswa dengan pendidik akan memiliki fasilitas untuk mengatur waktu, hari, dan lokasi sesuai yang diinginkan. Sehingga, aktivitas ngajar mengajar bisa berjalan efektif dan efisien. 

Baca juga: 10+ Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya untuk Cari Uang

11. Freelance Event Organizer

bisnis mahasiswa

Anda termasuk mahasiswa yang aktif bergabung sebagai komite acara-acara besar di kampus? Mungkin, bisnis Event Organizer (EO) bisa menjadi peluang menarik. Ada banyak sekali peluang untuk Anda yang tertarik menggeluti bisnis ini. Mulai dari mengurus acara ulang tahun, pernikahan, bridal shower, baby shower, konser musik dan lain-lain.

Tapi, seandainya membentuk bisnis EO pribadi masih terasa berat untuk Anda, maka cobalah untuk terjun menjadi freelancer di sebuah agensi EO. Di kesempatan ini Anda bisa menyerap banyak pengalaman mengenai seluk-beluk dunia EO, sehingga kelak ketika sudah memiliki cukup modal, Anda sudah siap membentuk agensi sendiri.

Rumusnya adalah perbanyak kenalan alias networking. Cobalah untuk lebih sering membangun relasi dengan orang-orang yang sekiranya berpengalaman di bidang ini. Maka, jika potensi Anda semakin terasah, mereka tidak akan segan untuk merekomendasikan Anda kepada klien-klien baru.

Jangan lewatkan juga untuk membangun tim yang solid. Mulai dari mengajak teman dekat atau keluarga yang memiliki ketertarikan untuk belajar bersama. Teruslah perluas kreatifitas Anda dengan mencari inspirasi dari berbagai sumber seperti di Instagram, Facebook, Pinterest atau media cetak.

Baca Juga: Makna Wedding: Upgrade Hosting, Tidak Ragu Layani Banyak Pengunjung

12. Bisnis Afiliasi

Pernahkah Anda dengar tentang bisnis afiliasi? Ini adalah bisnis di mana Anda memasarkan produk atau layanan sebuah perusahaan di ranah online. Nah, untuk setiap pembelian yang terjadi, Anda mendapatkan komisi. 

Cara kerja bisnis afiliasi cukup sederhana. Pertama, Anda mendaftar ke program afiliasi. Saat ini ada banyak bisnis online dan marketplace yang menawarkannya. Niagahoster pun punya program afiliasi, lho. Bahkan, komisinya 70 persen untuk setiap pembelian hosting.

Setelah mendaftar, Anda mendapatkan link referral produk atau layanan. Anda akan mendapatkan komisi jika konsumen membeli melalui link tersebut.

Nah, agar orang-orang mau bertransaksi, Anda harus memasarkan produk atau layanan di online presence Anda. Baik itu website, blog, akun media sosial, maupun forum online. Di situlah Anda nanti meletakkan link referral-nya.

Karena dilakukan secara online, afiliasi cocok jadi kerjaan sampingan mahasiswa. Apalagi, ada program afiliasi yang pendaftarannya gratis, seperti di Niagahoster. Jadi, Anda tidak perlu modal untuk memulai bisnis ini.

Bagaimana? Ingin tahu lebih banyak tentang bisnis afiliasi? Pelajari tipsnya di artikel kami!

13. Penulis Konten Blog

Ilustrasi penulis blog

Menjadi penulis blog mungkin terdengar mainstream. Namun, kebutuhan akan artikel blog tidak pernah surut. Coba saja Anda cek di situs kerja freelance seperti Sribulancer dan Fastwork. Oleh karena itu, bidang ini adalah bisnis mahasiswa dengan prospek yang baik

Nah, jika tertarik menjadi penulis blog, ada beberapa hal terkait pekerjaan ini yang perlu Anda ketahui.

Artikel blog ditulis agar muncul di hasil pencarian Google. Oleh karena itu, selain harus bisa membuat tulisan yang menarik, Anda harus memahami search engine optimization (SEO) juga. Jika masih asing dengannya, Anda bisa membaca panduan menulis artikel SEO friendly kami.

Setelah terbiasa menulis konten blog dengan berbagai gaya dan format, nanti Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel sendiri. Dengan demikian, Anda bisa mematok harga sendiri untuk panjang artikel yang Anda tentukan.

Agar bisa memasarkan jasa penulisan artikel, Anda butuh portfolio. Anda bisa membuatnya dengan platform blogging gratis seperti WordPress.com dan Blogger.

Jika sudah, isi portfolio ini dengan tulisan-tulisan terbaik Anda. Sebaiknya, portfolio tersebut mencakup beberapa topik sekaligus, terutama yang Anda kuasai. Jangan lupa juga untuk menampilkan gaya penulisan yang berbeda-beda. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan klien dengan kebutuhan yang beragam.

Baca Juga: 10 Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

14. Jual Barang Preloved

Ilustrasi jual barang preloved

Barangkali Anda pernah dengar tentang jual-beli barang preloved. Ini adalah sebutan untuk barang bekas yang bermerk dan layak pakai.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah bisnis barang preloved menguntungkan? Jawabannya tentu saja. Pasalnya, harga baru produk bermerk umumnya sangat mahal. Bagi yang suka mengikuti tren gaya hidup terkini, barang secondhand tentu diminati.

Lalu, bagaimana cara menjalankan bisnis barang preloved? Pertama-tama, Anda tentu harus kulakan barangnya. Untuk memulai, Anda bisa menawarkan untuk membeli barang-barang secondhand dari teman dan kerabat.

Untuk memasarkan dagangan, Anda bisa menggunakan media sosial dan marketplace. Jangan khawatir, platform-platform ini dituju banyak orang yang mencari barang preloved, kok.

Justru dengan memasarkan bisnis Anda di media sosial, nanti Anda juga bisa mencari orang yang ingin menjual barang bekas mereka. Stok dagangan Anda otomatis jadi terisi.

Setelah membuka lapak, Anda harus memperhatikan cara menawarkan barang preloved. Berhubung dagangan Anda berstatus bekas, Anda harus menjelaskan kondisi barang sejujur-jujurnya. Kalau bisa, buat rating kelayakan barang tersebut. Dengan demikian, konsumen tidak akan kecewa setelah menerima barangnya.

Oh ya, jangan lupa untuk selalu memantau harga bekas di pasaran untuk kondisi yang sesuai. Siapa tahu Anda mematok harga yang terlalu tinggi. Jika begitu, pembeli bakal lebih tertarik untuk mencari lapak secondhand lain.

15. Bisnis Makanan Ringan

Ilustrasi bisnis makanan ringan

Tadi kami memang sudah membahas ide bisnis mahasiswa di bidang kuliner. Namun, bagi Anda yang ingin lebih mudah bisa mencoba bisnis makanan ringan. Alasannya, jenis makanan ini modalnya lebih kecil dan pengolahannya lebih sederhana dari masakan.

Tidak hanya itu, Anda bisa berjualan makanan ringan di mana saja. Tidak percaya? Coba Anda tawarkan snack ke teman-teman sekelas. Dagangan Anda pasti akan laris manis. Apalagi jika letak ruang kuliah jauh dari kantin kampus.

Bicara soal kantin kampus, pastikan bahwa makanan ringan yang Anda jual tidak serupa dengan dagangan mereka, ya. Perhatikan juga bisnis snack mahasiswa lain yang ada di kampus. Jika yang Anda jual terlalu sama, belum tentu banyak yang ingin beli.

Namun demikian, bisnis makanan ringan tidak harus dipasarkan di area kampus saja. Jika dagangan Anda terbukti laris di kalangan rekan kuliah, Anda bisa mulai memasarkannya kepada khalayak luas. Melalui marketplace dan media sosial, misalnya.

16. Pemandu Wisata

Ilustrasi pemandu wisata

Apakah Anda kenal tempat-tempat wisata di daerah Anda dengan baik? Jika ya, Anda menjadi pemandu wisata adalah kerjaan sampingan mahasiswa yang menjanjikan.

Berhubung belum berpengalaman dan belum memiliki sertifikat pemandu wisata, pilihan Anda untuk memulai pekerjaan ini adalah sebagai pemandu paruh waktu. Tapi tidak apa-apa. Justru, Anda akan mendapatkan pengalaman dan kesempatan untuk membangun jaringan dengan tour guide lainnya.

Jika ingin menekuni pekerjaan ini, kami menganjurkan Anda untuk mengikuti pelatihan pemandu wisata di lembaga yang menyediakannya. Dengan catatan, jangan mengesampingkan kuliah yang sedang Anda tempuh, ya.

Dengan mengikuti pelatihan pemandu wisata, Anda tidak hanya akan mendapatkan pendidikan pramuwisata formal. Setelah lulus, Anda juga akan mendapatkan lisensi pramuwisata. Lisensi ini adalah modal Anda untuk melamar sebagai pemandu wisata di agen-agen perjalanan.

17. Makeup Artist

Ilustrasi makeup artist

Apabila Anda pandai merias wajah, menjadi makeup artist (MUA) paruh waktu bisa jadi sumber pemasukan. Apalagi, kebutuhan akan MUA tidak pernah habis. 

Untuk memulai, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk meng-handle acara besar seperti pernikahan. Tawarkan dulu jasa Anda ke teman-teman kuliah Anda. Dari situ Anda bisa membangun portfolio online untuk membidik pasar yang lebih luas. Bisnis rias wisuda, misalnya.

Sambil mengembangkan usaha MUA, asah juga keterampilan Anda. Ini bisa Anda lakukan dengan mengikuti kelas tata rias. Lulus dari kursus tersebut, Anda jadi punya sertifikat untuk meningkatkan kredibilitas.

Pengembangan bisnis tata rias juga tidak luput dari perlengkapan makeup. Oleh karena itu, Anda bisa menabung dari pendapatan untuk melengkapi peralatan rias. Ditambah dengan pengetahuan akan tren makeup terbaru, konsumen pasti akan suka dengan jasa Anda.

Nah, dari situlah Anda bisa memasuki bagian industri yang lebih besar. Misalnya menawarkan kerjasama dengan usaha event organizer.

18. Jual Pulsa

Ilustrasi bisnis jual pulsa

Berjualan pulsa tidak perlu memiliki kios. Dari kamar kos pun Anda bisa melakukannya. Karena alasan ini, menjadi penjual pulsa adalah salah satu bisnis anak kuliahan yang menggiurkan.

Selain tidak perlu keluar kos, keuntungan yang bisa Anda dapat juga terbilang lumayan. Per transaksi, Anda bisa mendapatkan dari Rp500 hingga Rp2000. Bisa Anda bayangkan berapa rupiah yang dihasilkan per hari, kan?

Lalu, bagaimana cara mulai berjualan pulsa? Langkah pertamanya adalah mendaftarkan diri Anda ke agregator atau server pulsa. Ini adalah layanan yang mendistribusikan pulsa dari operator-operator yang ada.

Tidak semua agregator pulsa menyediakan operator yang lengkap. Harga yang mereka tawarkan untuk agen pulsa pun berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda melakukan riset sebelum menentukan agregatornya.

Setelah mendaftar, Anda akan diminta untuk melakukan deposit ke agregator pulsa. Deposit ini adalah modal awal Anda sebagai penjual pulsa. Biasanya, jumlah minimalnya adalah Rp50.000. Tidak banyak untuk ukuran mahasiswa, bukan?

Mana Bisnis Mahasiswa yang Mau Anda Coba?

Bagaimana? Sudah mendapat ide bisnis untuk mahasiswa yang pas? Melalui artikel ini, Anda sudah bisa menjelajahi apa saja prospek bisnis untuk mahasiswa pemula yang dijamin bila ditekuni dengan sungguh-sungguh, tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjadi young entrepreneur sukses! 

Baca juga: 5 Sifat Penting Ini Wajib Dimiliki Pengusaha Sukses

Dari sekian rekomendasi, hampir seluruhnya bisa Anda terapkan dengan bantuan media online, baik dari platform media sosial hingga website. Keduanya memiliki peranan berharga untuk menciptakan branding bisnis yang ciamik. Untuk di media sosial, Anda bisa menerapkan strategi social media marketing yang diulas secara lengkap pada artikel kami di sini.

Namun, ada baiknya kalau Anda memiliki website sendiri. Dengan website, bisnis anak kuliahan pun bisa nampak lebih meyakinkan, mudah dipromosikan, dan tentunya buka 24 jam. Anda bisa memiliki website sendiri dengan berlangganan layanan paket bisnis hosting Niagahoster. Anda bisa mendapatkan harga termurah, garansi 30 hari uang kembali, gratis SSL, gratis domain, hingga support customer 24/7. Selamat berbisnis, kawula muda!

Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]