Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer and On-page SEO Specialist who has produced over 200 pieces of content. In his spare time, he serves as a speaker and mentor for several events.

Tips & Cara Jualan Baju Online untuk Pemula, Laris Manis!

5 min read

Tips dan Cara Jualan Baju Online

Mau mencoba peruntungan di bisnis fashion? Coba cara jualan baju online! Kini, bisnis online shop baju adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet paling cuan. Sebab, pelanggan bisa membeli produk Anda dari mana saja.

Namun bagi pemula, cara memulai bisnis jualan baju online mungkin agak membingungkan. Anda bisa saja ragu karena sumber daya yang terbatas, keterampilan mengelola toko yang minim, atau sekadar galau harus mulai dari mana.

Tapi tak perlu cemas, karena artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah jualan baju online praktis dan mudah bagi pemula. Setelah membacanya, Anda siap menjalankan bisnis baju online yang sukses dan menghasilkan cuan.

Langsung scroll ke bawah, yuk!

Cara Jualan Baju Online dari Nol hingga Sukses

Sebagai salah satu industri yang hampir tidak ada matinya, bisnis fashion bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin meraup banyak keuntungan. Tak heran, karena pakaian sudah menjadi kebutuhan utama, mulai dari baju sehari-hari, hingga fashion khusus.

Oleh karena itu, usaha baju online memiliki keunggulannya sendiri dalam menghasilkan cuan. Agar sukses jualan baju online dan cepat laku, ada sejumlah persiapan dan tips yang bisa Anda coba. Berikut caranya:

1. Rencanakan Bisnis Jualan Baju Online

Sebelum memulai bisnis online shop baju, Anda perlu melakukan perencanaan usaha secara efektif.

cara jualan baju online rencanakan bisnis

Mulailah dengan memahami konsep pemasaran untuk jualan baju online Anda. Tanyakan beberapa pertanyaan berikut kepada diri sendiri:

  • Pakaian jenis apa yang ingin dijual?
  • Apakah Anda fokus pada gender, kelompok usia, atau segmentasi pasar tertentu?

Setelah itu, lakukan riset pasar terhadap kompetitor bisnis, guna mengidentifikasi tren dan membedakan diri dari pesaing. Anda juga dapat membuat rencana bisnis untuk membantu menguraikan tujuan, strategi pemasaran, dan proyeksi keuangan Anda.

2. Temukan Supplier Baju yang Berkualitas

Jika Anda sudah memiliki rencana bisnis yang jelas untuk bisnis baju online, langkah berikutnya yaitu mencari supplier baju berkualitas. Memilih supplier atau produsen yang dapat diandalkan adalah kunci untuk menjaga kualitas dan ketersediaan produk pakaian Anda.

cara memulai bisnis online baju dari nol temukan supplier

Ada beberapa opsi yang bisa dipertimbangkan, seperti pemasok grosir, dropshipping, atau bahkan menciptakan bisnis fashion dengan brand sendiri. Lakukan riset dan evaluasi terhadap supplier potensial untuk memastikan bahwa mereka memenuhi kriteria Anda terkait kualitas produk, harga, dan waktu pengiriman.

Setelah menemukan supplier yang cocok, penting untuk membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Hal ini akan membantu Anda dalam menjaga ketersediaan stok barang secara konsisten dan memenuhi permintaan konsumen dengan baik.

3. Siapkan Platform Jualan Online

Langkah ketiga dalam cara jualan baju online bisnis adalah menyiapkan platform jualan online. Anda bisa mulai dengan berlangganan web hosting dan domain.

Pada dasarnya, hosting dan domain merupakan dua layanan yang diperlukan untuk membuat website, termasuk toko online.

Meskipun Anda juga dapat membuka online shop baju melalui marketplace, website toko online punya kelebihannya tersendiri. Untuk lebih jelasnya, silakan simak tabel perbandingan marketplace vs toko online berikut:

perbedaan marketplace dan toko online

Untungnya, Niagahoster menyediakan layanan Cloud Hosting yang dapat diandalkan untuk toko online Anda. Selain didukung teknologi terbaik untuk akses website yang cepat dan stabil, layanan ini juga sudah termasuk domain dan SSL gratis.

Cloud Hosting CTA Button

4. Buat Online Shop Baju Anda

Apabila telah menyiapkan domain dan hosting, saatnya membuat website toko online Anda sendiri. Pertama, pilihlah platform e-commerce yang memudahkan pengaturan online shop baju Anda, salah satunya WordPress.

Setelah itu, lakukan beberapa pengaturan dasar pada website baru Anda, seperti memberikan nama dan deskripsi toko. Selanjutnya, pasanglah template toko online untuk mempercantik tampilan website Anda.

Jangan lupa untuk menginstall dan mengonfigurasi plugin WooCommerce, yaitu plugin canggih untuk mengubah website Anda menjadi toko online yang lengkap.

usaha baju online buat online shop

Ingin tahu panduan lengkap tentang pembuatan toko online? Tenang, semuanya telah kami rangkum dalam ebook panduan membuat toko online dengan WooCommerce. Yuk, baca sekarang, gratis!

5. Unggah Produk dan Tulis Deskripsi yang Menarik

Mengunggah produk ke online shop baju dan menulis deskripsi yang menarik adalah senjata rahasia untuk menarik minat calon konsumen. Oleh karena itu, terapkan beberapa tips berikut saat membuat halaman produk untuk usaha baju online.

Pertama, ambillah foto produk dengan kualitas tinggi dan dari berbagai sudut untuk menampilkan detailnya. Selain foto produk, tambahkan juga video agar konsumen memiliki gambaran visual yang lebih baik tentang baju Anda.

bisnis baju online unggah produk deskripsi

Selanjutnya, tulislah deskripsi produk yang menarik dan informatif dengan menyoroti desain utama, bahan yang digunakan, informasi ukuran, dan keunikan produk jualan baju online Anda.

Selain itu, gunakan bahasa yang persuasif untuk menciptakan rasa ingin membeli, sehingga pelanggan semakin tertarik untuk mengklik tombol “Beli Sekarang”.

6. Tentukan Harga Jual yang Kompetitif

Langkah berikutnya dalam cara jualan baju online adalah menentukan harga jual yang kompetitif. Memberikan harga yang tepat untuk produk baju Anda sangat penting untuk kesuksesan bisnis online.

dagang pakaian online tentukan harga jual

Anda dapat menetapkan harga yang kompetitif dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti biaya produksi, margin keuntungan, permintaan pasar, dan harga pesaing. Temukan keseimbangan antara keuntungan dan keterjangkauan harga bagi konsumen.

Dengan merencanakan harga secara cermat, Anda dapat mengoptimalkan keuntungan dari bisnis online baju sambil menghadirkan pengalaman belanja yang positif bagi para pelanggan setia.

7. Terapkan Strategi Pemasaran dan Branding

Untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis jualan baju online, Anda perlu mengembangkan identitas merek (brand identity) yang kuat dan membuat strategi pemasaran produk secara efektif.

Untuk membangun brand identity, ciptakan narasi cerita merek yang menarik dan memiliki daya pikat bagi calon konsumen, serta menjadikan bisnis online baju Anda terlihat menonjol dibandingkan para pesaing.

cara jual baju online agar cepat laku terapkan strategi pemasaran

Kemudian, manfaatkan berbagai kanal pemasaran digital atau digital marketing, seperti pemasaran media sosial, pembuatan konten, kolaborasi dengan influencer, hingga optimasi SEO untuk meningkatkan jangkauan online Anda.

Dengan menerapkan strategi pemasaran dan branding yang tepat, Anda dapat menarik pangsa pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan untuk bisnis produk baju Anda.

8. Sediakan Metode Pembayaran yang Aman

Menyediakan metode pembayaran atau payment gateway yang aman dalam bisnis online baju sangat penting demi kenyamanan berbelanja konsumen Anda. Pilihlah payment gateway yang terpercaya dan populer, serta mendukung berbagai opsi pembayaran, seperti transfer bank, kartu kredit, atau dompet digital.

cara jualan baju online sediakan metode pembayaran

Selain itu, utamakan keamanan data konsumen saat berbelanja dengan menggunakan sertifikat SSL pada website bisnis online shop baju Anda. Dengan begitu, kepercayaan pelanggan terhadap toko online Anda jadi semakin meningkat.

Bila perlu, terapkan pemantauan dan perawatan secara rutin untuk melindungi bisnis jualan baju dan para konsumen setia dari berbagai isu keamanan toko online, seperti malware, scam, dan DDoS.

9. Tawarkan Berbagai Opsi Pengiriman

Langkah kesembilan dalam memulai bisnis online shop baju adalah menawarkan berbagai opsi pengiriman kepada konsumen. Pengiriman produk pakaian yang lancar merupakan salah satu aspek penting dalam memberikan pengalaman belanja yang memuaskan.

tawarkan opsi pengiriman

Pertama, Anda perlu menetapkan proses kerja yang efisien dalam manajemen pesanan, pemrosesan, pengemasan, dan pengiriman. Implementasikan sistem pengelolaan inventaris untuk melacak stok barang secara akurat dan menghindari kelebihan penjualan.

Selanjutnya, pilih mitra pengiriman yang dapat diandalkan atau pertimbangkan untuk menggunakan penyedia logistik dari pihak ketiga. Berikan informasi nomor resi pelacakan sebagai fitur toko online sehingga konsumen dapat memantau status pembelian secara berkala. 

10. Layani Pelanggan Baju Online dengan Ramah

Keterlibatan atau engagement adalah faktor krusial dalam membangun loyalitas merek dan mendorong pembelian ulang. Saat menjalankan bisnis dagang pakaian online, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen adalah suatu keharusan, agar untuk engagement mereka meningkat.

bisnis jualan baju layani pelanggan

Gunakan berbagai kampanye pemasaran untuk mengirimkan penawaran khusus, memberikan informasi tentang produk baru, dan memberikan diskon eksklusif. Pertimbangkan juga untuk mengimplementasikan program loyalitas bagi konsumen setia yang membeli produk secara berulang.

Selain itu, ajak pelanggan untuk memberikan ulasan atau testimoni guna meningkatkan bukti sosial. Jangan lupakan pentingnya mendengarkan kritik dan saran dari konsumen secara aktif, dan manfaatkan masukan tersebut untuk memperbaiki kualitas produk baju yang Anda jual.

11. Lakukan Analisis dan Adaptasi Pasar

Langkah terakhir dalam cara jualan baju online adalah melakukan analisis dan adaptasi pasar secara teratur. Analisis yang rutin terhadap toko online sangat penting untuk melihat perkembangan dan kesuksesan bisnis online shop Anda.

bisnis online shop baju lakukan analisis

Pantau data penjualan, analitik website, dan perilaku konsumen untuk mendapatkan wawasan tentang hal-hal yang berjalan dengan baik dan yang perlu ditingkatkan. Untuk melakukan analisis ini, Anda dapat menggunakan tool seperti Google Analytics.

Data yang diperoleh dari proses analisis dapat digunakan untuk mengadaptasi strategi baru, mengoptimalkan kinerja website, dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

Dengan melakukan analisis dan adaptasi, Anda dapat tetap bersaing dan memastikan kesuksesan jangka panjang bisnis jualan baju online Anda.

Sampai di sini, Anda telah mengetahui cara memulai bisnis online baju dari nol hingga sukses. Bagaimana, tertarik mencoba produk jualan online yang satu ini?

Yuk Mulai Bisnis Online Shop Baju Anda Sendiri!

Sebagai salah satu kebutuhan utama, menjual produk baju online dapat menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Dalam artikel ini, Anda telah mempelajari cara jualan baju online, mulai dari merencanakan bisnis, menciptakan toko online yang menarik, menerapkan strategi pemasaran, hingga beradaptasi dengan tren pasar yang terus berubah.

Dengan dedikasi, ketekunan, dan fokus pada kepuasan pelanggan, Anda dapat mengubah minat dalam dunia fashion menjadi bisnis online shop baju yang sukses dan berkembang dengan pesat.

Untuk memastikan perjalanan dalam membangun website toko online selalu lancar, Anda perlu menggunakan layanan hosting yang sudah teruji kualitasnya, seperti Cloud Hosting Niagahoster.

Dengan dukungan teknologi terbaik, Cloud Hosting Niagahoster menawarkan performa 10x lebih cepat dibandingkan hosting biasa. Selain itu, sumber daya terdedikasi membuat Anda tidak perlu khawatir kehabisan ruang untuk menyimpan data produk dan lalu lintas pengunjung.

Menarik sekali, bukan? Jadi tunggu apalagi, segera bangun toko online Anda sekarang dengan Cloud Hosting Niagahoster!

Pertanyaan Umum (FAQ) seputar Cara Jualan Baju Online

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait cara memulai bisnis jualan baju online:

1. Apa Itu Bisnis Baju?

Secara sederhana, bisnis pakaian adalah proyek usaha yang melibatkan desain, manufaktur, serta penjualan pakaian dan produk terkait fashion. Bisnis pakaian mencakup kegiatan seperti mencari bahan, membuat pakaian, mengelola persediaan, hingga memasarkan pakaian.

2. Apa Saja Langkah Awal dalam Memulai Usaha Jualan Baju Online?

Berikut adalah beberapa langkah penting dalam memulai bisnis baju online yang dapat Anda terapkan:

  1. Tentukan target pasar.
  2. Lakukan riset pasar.
  3. Buat rencana bisnis baju.
  4. Dapatkan izin jualan pakaian.
  5. Cari supplier yang andal.
  6. Buat toko online baju.
  7. Terapkan strategi pemasaran.
  8. Berikan layanan pelanggan terbaik.
  9. Lakukan analisis kinerja usaha.

3. Bagaimana Cara Membuat Brand Clothing?

Ini dia langkah-langkah memulai bisnis fashion dengan brand sendiri:

  1. Lakukan riset produk.
  2. Kenali target pasar.
  3. Lihat kompetitor bisnis Anda.
  4. Persiapkan anggaran atau modal.
  5. Buat rencana bisnis.
  6. Persiapkan produk Anda.
  7. Desain logo brand.
  8. Buat website toko online.
  9. Lakukan pemotretan produk.
  10. Launching produk.
  11. Promosikan baju di media sosial.

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer and On-page SEO Specialist who has produced over 200 pieces of content. In his spare time, he serves as a speaker and mentor for several events.