Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Cara Menghasilkan Uang dengan AI, Teknologi Jadi Cuan!

9 min read

Kini, Artificial intelligence (AI) sedang menjadi topik perbincangan hangat di berbagai belahan dunia. Teknologi keren ini menciptakan banyak peluang baru, sampai orang-orang penasaran sejauh mana AI bisa dimanfaatkan, dan mungkinkah ada cara menghasilkan uang dengan AI? 

Bagaimana tidak, AI bisa membantu menyelesaikan tugas-tugas Anda dengan cepat dan akurat. Nah, apabila bisa memanfaatkannya dengan benar, Anda juga bisa loh meraup cuan lebih cepat dan mudah dengan adanya berbagai tool berteknologi AI.

Tak perlu bingung mencari-cari sendiri, karena di artikel ini kami sudah merangkum 10+ cara mendapatkan uang dengan AI. Langsung saja, yuk temukan cara dapat uang dengan AI yang cocok untuk Anda!

CTA banner web hosting

Apa Itu AI?

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence adalah teknologi yang memungkinkan sistem komputer melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia.

Dengan memanfaatkan algoritma kompleks, AI dapat belajar dari data, mengenali pola, dan mengambil keputusan secara mandiri.

Peran AI yang semakin berkembang menghadirkan peluang bagi manusia untuk memanfaatkannya dalam berbagai cara, termasuk memudahkan pekerjaan, aktivitas sehari-hari, bahkan meraih keuntungan. 

Untuk mendatangkan untung dengan AI, Anda tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam soal ilmu teknologi, pemrograman, atau data sains. Anda hanya perlu belajar cara membuat prompt yang benar untuk memberikan instruksi kepada AI tools.

Sudah penasaran? Mari simak apa saja yang bisa Anda manfaatkan dari teknologi ini!

10+ Cara Menghasilkan Uang dengan AI

Kehadiran AI tentunya membuat banyak orang merasa sangat terbantu, atau bahkan khawatir akan tergantikan oleh teknologi ini. Tidak perlu cemas, karena pada dasarnya, AI tidak akan bisa berfungsi optimal tanpa campur tangan manusia.

Termasuk dalam hal pekerjaan, sebenarnya Anda bisa loh mencoba cara mencari uang dengan AI. Apalagi kalau bisa menggunakannya dengan baik, pekerjaan Anda pun bisa menjadi jauh lebih mudah.

Nah, ini dia daftar cara cari uang dengan AI yang bisa Anda coba:

  1. Dapatkan Uang dengan AI Website Builder
  2. Jasa Mengerjakan Tugas
  3. Menulis Artikel dengan AI
  4. Menggunakan AI untuk Membuat Logo 
  5. Menjadi Content Creator dengan AI
  6. Menjadi Freelance Programmer dengan AI
  7. Menyusun Program Kursus Online dengan AI
  8. Jasa Pembuatan CV dan Resume
  9. Menggunakan AI untuk Desain Website
  10. Jasa Desain Visual Produk dengan AI
  11. Menjual AI Audiobook
  12. Menjadi Prompt Engineer

Mau tahu lebih lanjut bagaimana cara AI menghasilkan uang? Yuk, simak penjelasannya satu per satu! 

1. Dapatkan Uang dengan AI Website Builder

AI website builder Niagahoster

Memanfaatkan AI untuk membuat website adalah cara mendapatkan uang dengan AI pertama yang kami rekomendasikan. 

Dengan tool seperti AI Website Builder, Anda cukup menyebutkan nama perusahaan, jenis website, dan deskripsi bisnis Anda untuk merancang web dalam hitungan detik.

membuat website dengan AI

Dari informasi tersebut, tool ini akan membuat web lengkap dengan teks, gambar, sampai halaman produk toko online untuk Anda.

Menariknya, Anda bisa mengustomisasi konten dan desain website yang sudah dibuat tanpa perlu memiliki skill coding tingkat lanjut. Setelahnya, Anda bisa melanjutkan bisnis cara menghasilkan uang dengan AI dan menawarkan jasa pembuatan website instan. Menarik, ‘kan?

Yuk coba kemudahan website builder kami untuk mulai hasilkan cuan!

Coba AI Website Builder

2. Jasa Mengerjakan Tugas

Jasa Mengerjakan Tugas sebagai cara cari uang dengan AI

Dapat uang dengan cepat melalui internet itu tak harus punya skill di suatu bidang tertentu, kok. 

Ada pekerjaan mudah seperti micro job atau sering disebut juga dengan micro task, yaitu pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan keahlian khusus. Contohnya saja, pekerjaan untuk mengecek ulang hasil pencarian suatu kata kunci, mengategorikan data, hingga mengerjakan tugas sekolah dan kuliah seperti membuat makalah atau PPT.

Meski tak perlu skill khusus, salah satu cara mendapatkan uang dari HP ini memerlukan ketelitian yang tinggi lho. Untuk itu, Anda bisa meminta bantuan dari AI untuk meminimalisasi human error. Dengan memanfaatkan AI untuk automasi, proses penyelesaian pekerjaan kecil jadi lebih cepat. Keuntungan yang Anda peroleh pun akan berlipat ganda!

Kalau tertarik, beberapa contoh platform micro job terpopuler yang bisa Anda coba yaitu Amazon Mechanical Turk dan Appen. Atau, Anda juga bisa menawarkannya di platform media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, atau TikTok. 

3. Menulis Artikel dengan AI

Menulis Artikel sebagai cara menghasilkan uang dengan ai

Bagaimana jika Anda bisa menulis artikel lebih cepat dengan bantuan AI? Tentu saja Anda jadi bisa dapat uang dari AI dalam waktu yang lebih cepat!

Caranya, Anda dapat membuat konten dengan ChatGPT. Melalui prompt yang Anda buat, AI tool ini akan membantu Anda membuat artikel dari judul, outline, hingga isinya.

Dengan ChatGPT, penulis dapat mempercepat proses produksi artikel dan meningkatkan efisiensi pengerjaannya. Jangan lupa, karena AI mengambil data dari berbagai sumber di internet, pastikan Anda mengecek dan mengedit lagi hasil yang diberikan oleh AI.

Jangan langsung percaya dengan apa yang dihasilkan oleh AI karena bisa berujung pada kasus plagiarisme dan kesalahan informasi. Terlebih lagi kalau Anda menggunakannya untuk menghasilkan uang, bisa-bisa klien Anda kehilangan kepercayaannya dan reputasi Anda terjun bebas.

salah satu cara mendapatkan uang dengan AI yaitu membuat desain logo

Jika mencari cara menghasilkan uang dari internet yang bisa dilakukan instan dengan kecerdasan buatan, Anda bisa membuka bisnis jasa pembuatan logo dengan website AI seperti Hostinger Logo Maker dan Midjourney.

Untuk memulai bisnisnya, langsung saja cari pekerjaan desain logo yang tersedia di situs freelance seperti Upwork.

Hal yang menarik dari mendesain logo dengan Midjourney adalah, Anda bisa mengonversi format desain ke format SVG dengan mudah. Jadi, file desain bisa langsung digunakan klien untuk mencetak logo di berbagai media seperti kaos, topi, dan lain-lain.

Sayangnya, Midjourney tidak memiliki fitur edit setelah proses pembuatan desain selesai. Jadi, Anda perlu menggunakan aplikasi edit foto lain seperti Adobe Photoshop. Anda perlu mengeditnya karena sangat tidak direkomendasikan untuk langsung menjual hasil yang dibuat oleh AI.

Di sisi lain, Hostinger Logo Maker menyediakan fitur editing seperti mengganti icon logo, font, sampai tata letaknya. Dengan begitu, Anda tetap bisa melakukan kustomisasi logo sesuai dengan selera.

tampilan desain logo dengan Hostinger Logo Maker

5. Menjadi Content Creator dengan AI

salah satu cara mendapatkan uang dengan AI yaitu dengan Menjadi Content Creator

Content Creator merupakan salah satu profesi yang mulai menjamur, terlebih lagi di platform media sosial. Banyak orang yang kini sudah mencoba berbagai metode untuk menghasilkan cuan, misalnya saja melalui aplikasi seperti TikTok.

Untuk bisa cuan sebagai content creator, Anda harus konsisten membuat konten yang unik dan menarik untuk mendapatkan keuntungan yang stabil.

Nah, tool AI dapat membuat proses brainstorming, penelitian, dan penyusunan konten Anda lebih efisien. Misalnya, tool seperti Jasper dapat menghasilkan konten dengan berbagai format, termasuk postingan blog, caption Instagram, atau skrip YouTube.

Anda hanya perlu memasukkan prompt deskriptif untuk memulainya. Nantinya, jika kurang suka dengan hasil kontennya, Anda tinggal memberikan instruksi kepada Jasper untuk menulis ulang konten yang sesuai preferensi Anda.

6. Menjadi Freelance Programmer dengan AI

cara cari cuan dengan AI adalah dengan menjadi freelance programmer

Kalau Anda tertarik menjadi freelance programmer, coba gunakan AI untuk mempersingkat proses penyusunan kode.

Dengan memanfaatkan natural language processing (NLP), tool seperti ChatGPT bisa merancang hasil coding yang lebih efektif. Hal ini bisa dimanfaatkan programmer untuk membantu mempercepat proses penyelesaian project.

Selain itu, terkadang developer juga perlu mencari cuplikan kode untuk menyelesaikan masalah pada programnya. Nah, AI bisa digunakan untuk membantu Anda menemukan cuplikan kode tersebut.

Tak cuma itu, teknologi NLP dalam AI juga bisa dimanfaatkan untuk menganalisis dan mereview kode yang sudah ditulis. Jadi, Anda dapat mengidentifikasi error atau hal lain yang perlu diperbaiki dengan lebih cepat.

7. Menyusun Program Kursus Online dengan AI

Menyusun Program Kursus Online sebagai cara menghasilkan uang dengan AI

Menyusun program kursus online bisa menjadi metode lain yang patut dicoba apabila Anda mencari cara menghasilkan uang dengan AI.

Untuk cara ini, Anda dapat menggunakan teknologi AI pada saat melakukan riset. Misalnya, kalau ingin membuat kursus online tentang coding, gunakan bantuan AI untuk memberikan rekomendasi topik dan materinya.

Proses penggunaan AI untuk menyusun program kursus online sangat mirip dengan cara membuat produk digital lain dengan AI. Anda bisa meminta AI untuk merancang program dimulai dari outline, atau menyusun outline sendiri lalu menginstruksikan AI untuk membuat program kursus online berdasarkan input Anda.

8. Jasa Pembuatan CV dan Resume

jasa pembuatan cv sebagai cara mendapatkan uang dengan AI

Jasa pembuatan CV dan resume dengan AI mulai naik daun karena kecepatan dan kualitas hasilnya. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, Anda bisa menawarkan jasa ini ke para pencari kerja sebagai cara dapat uang dengan AI yang potensial.

Sebagai contoh, website berteknologi AI seperti Canva memungkinkan Anda merangkum mengembangkan, hingga menulis ulang teks perkenalan untuk CV dengan fitur Magic Edit.

tampilan fitur magic edit Canva AI

Menariknya, dengan penggunaan teknologi AI yang terkadang bisa lebih teliti dari mata manusia, Anda juga dapat membuka jasa review CV sekaligus dengan meminta feedback dan saran dari AI untuk meningkatkan kualitas CV.

9. Menggunakan AI untuk Desain Website

Jika Anda ingin menghasilkan uang dengan memulai bisnis jasa desain web, AI bisa menjadi tool yang tepat untuk mempercepat proses pengerjaan proyek Anda serta menjadikannya lebih efektif dan efisien. 

Dengan AI, Anda bisa mendapatkan ide desain UI/UX web lengkap dengan user flow dan tata letaknya untuk membuat situs yang user-friendly.

Misalnya, AI Website Builder dari Niagahoster memiliki fitur AI Heatmap yang membantu pengguna mengidentifikasi bagian mana dari situs web mereka yang paling menarik perhatian pengunjung.

tampilan fitur AI heatmap di website builder

Selain itu, tool seperti ChatGPT juga bisa digunakan untuk meminta feedback dan review tentang struktur, desain, atau fungsi website.

10. Jasa Desain Visual Produk dengan AI

Jasa Desain Visual Produk merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari AI

Mendesain aset visual untuk produk bisa jadi proses yang ribet dan memakan banyak waktu. Tenang, AI bisa menjadi solusinya karena memungkinkan Anda mengubah ide menjadi bentuk gambar desain visual secara instan.

Cara membuat desain visual produk dengan AI juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengakses website AI pembuat gambar seperti DALL-E atau Midjourney.

Misalnya dengan DALL-E, Anda hanya perlu mengetikkan prompt yang mendeskripsikan desain yang ingin Anda buat. 

Atau, Anda juga bisa mengunggah gambar yang ingin diedit dengan DALL-E. Kemudian, pilih salah satu gambar yang dihasilkan untuk mengunduh filenya.

Ingat, meski DALL-E membawa banyak manfaat, ada juga beberapa keterbatasan yang perlu diperhatikan. 

Salah satu tantangan utamanya adalah kualitas desain yang dihasilkan oleh DALL-E tergantung pada kerumitan desain dan kualitas prompt yang dibuat. Artinya, Anda mungkin masih perlu menyempurnakan hasilnya dengan software edit foto secara manual.

11. Menjual AI Audiobook

menjual audiobook sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari AI

Menjual audiobook memang merupakan salah satu cara raih cuan dengan AI yang menjanjikan. Namun, cara yang satu ini membutuhkan modal yang cukup besar. 

Sebab, Anda harus membeli perintilan recording dan membayar seorang narator.  Atau, kalaupun Anda yang menjadi narator, modal juga diperlukan untuk membayar audio engineer yang tugasnya mengedit hasil rekaman.

Dengan adanya AI, bisnis jual audiobook bisa jadi lebih hemat waktu dan biaya. Semuanya berkat adanya text-to-speech, yaitu teknologi yang menggunakan AI untuk mengubah teks menjadi konten audio.

Apalagi, kini teknologi ini sudah jauh berkembang. Jadi, suara yang dihasilkan pun lebih natural dan tidak terdengar kaku seperti suara robot.

12. Menjadi Prompt Engineer

menjadi prompt engineer menjadi salah satu cara dapat uang dengan AI

Rilisnya ChatGPT dan beberapa tool AI lain turut meningkatkan kebutuhan akan orang yang ahli dalam merumuskan prompt. Kalau Anda belum tahu, prompt adalah perintah bagi ChatGPT untuk melakukan apa yang diminta pengguna.

Perkembangan AI yang cukup pesat melahirkan profesi baru yang dinamakan Prompt Engineer. Munculnya profesi ini didasari pada masalah seringnya ChatGPT memberikan respons yang tidak sesuai.

Biasanya, tool ini gagal memahami instruksi dengan benar karena prompt yang kurang spesifik.

Nah, Prompt Engineer bertugas menemukan alasan mengapa ChatGPT gagal memahami prompt dan merancang cara agar tool ini memberikan respons yang tepat. Makanya, Prompt Engineer menjadi cara cari cuan dengan AI yang potensial.

Bahkan, beberapa perusahaan mulai mempekerjakan profesi ini dengan gaji yang fantastis!

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan AI

Cara menghasilkan uang dengan AI memang cukup menjanjikan karena Anda bisa melakukannya tanpa harus memiliki skill tingkat lanjut di suatu bidang. Tetapi, penting bagi Anda untuk tetap berhati-hati saat menggunakannya dan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Terkadang AI tidak terlalu memahami konteks. Jadi, prompt harus dibuat sedetail mungkin.
  • Hasil yang diberikan bergantung pada prompt yang diberikan.
  • Informasi yang diberikan AI mungkin kurang akurat sehingga diperlukan pengecekan fakta secara manual.

Perlu Anda ingat, tool kecerdasan buatan memang membantu menyelesaikan pekerjaan. Tapi karena keterbatasan yang dimilikinya, AI tidak bisa sepenuhnya menggantikan peran manusia.

Jadi, Anda tetap perlu menyaring dan memperbaiki respons AI untuk mendapatkan hasil tugas yang terbaik.

Rekomendasi Tool untuk Mendapatkan Uang dengan AI

Popularitas kecerdasan buatan yang semakin memuncak memicu munculnya banyak sekali tool AI dengan berbagai fungsi dan fitur untuk berbagai bidang.

Di antara banyaknya tool yang tersedia, berikut 5 tool untuk mendapatkan uang dengan AI yang kami rekomendasikan:

1. AI Website Builder

AI Website Builder dari Niagahoster memudahkan Anda membuat dan mengustomisasi situs web hanya dalam beberapa langkah.

Cukup isi beberapa informasi untuk memberi tahu AI tentang rencana situs web Anda, lalu dalam waktu kurang dari 1 menit, website sudah bisa dikustomisasi dan diluncurkan.

Dengan paket hosting mulai dari Rp24ribuan per bulan, Anda sudah dapat menikmati berbagai kemudahan AI Website Builder. Tool ini dilengkapi fitur asisten penulisan konten, image generator, pembuat logo AI, dan AI heatmap tool untuk membantu memahami perilaku pengunjung situs web. 

Fitur unggulan

  • Memiliki fitur drag-and-drop yang memudahkan kustomisasi desain website. Tanpa perlu coding!
  • Tersedia AI content writer tool bawaan yang dapat digunakan untuk membuat artikel secara instan.
  • Menawarkan berbagai fitur menarik seperti pembuat logo AI, AI tool untuk SEO, AI Heatmap, dan tool ecommerce untuk membuat toko online.
  • Ada 100+ template siap pakai yang bisa dipilih.

2. Jasper

rekomendasi AI tools - Jasper

Jasper adalah solusi bagi Anda yang ingin menyusun konten untuk keperluan marketing dengan AI. 

Tool ini memiliki lebih dari 50 template untuk berbagai jenis konten, mulai dari caption media sosial hingga deskripsi produk ecommerce.

Dalam penerapannya, Jasper memungkinkan Anda membuat konten hanya dalam tiga langkah. Cukup pilih template, masukkan informasi atau deskripsi yang diperlukan, lalu sesuaikan pengaturan output. Informasi ini dapat mencakup judul, nada, dan deskripsi konten.

Fitur unggulan:

  • Jasper menawarkan fitur text-to-speech yang memudahkan Anda memberikan instruksi hanya dengan suara.
  • Dengan fitur seperti template yang bisa dikustomisasi dan alur kerja yang diautomasi, Jasper bisa membuat konten berkualitas tinggi dengan cepat.
  • Jasper bisa diintegrasikan dengan tools lainnya seperti SEO Surfer, Grammarly, dan CopyScape. Hal ini akan memudahkan Anda menulis dan memastikan konten Anda sudah SEO-friendly.

3. Murf

rekomendasi website AI - Murf

Rekomendasi tool AI selanjutnya adalah Murf. Tool ini merupakan salah satu generator suara AI paling populer saat ini.

Murf memungkinkan penggunanya untuk mengonversi teks ke suara. Untuk menggunakan tool ini, Anda harus membayar sekitar Rp266ribu/bulan. Namun, Murf juga bisa digunakan secara gratis, dengan catatan, file suara tidak bisa didownload oleh pengguna. 

Fitur unggulan:

  • Memiliki fitur video editor bawaan. 
  • Ada lebih dari 100 suara AI dalam 15 bahasa yang dapat digunakan. Pengguna juga dapat memilih preferensi seperti aksen, style, dan tone suara.
  • Ada opsi kustomisasi berdasarkan pitch, nada, hingga volume. Pengguna juga dapat menjeda, memberikan penekanan, dan mengganti cara pengucapan sebuah kata.

4. Synthesia

rekomendasi situs AI - Synthesia

Synthesia adalah website AI yang dirancang untuk membantu Anda mengubah teks menjadi konten video dalam hitungan menit.

Synthesia memungkinkan Anda membuat video yang menarik untuk berbagai tujuan, mulai dari pemasaran produk, video tutorial, hingga konten edukasi untuk kursus online. Synthesia juga mendukung banyak bahasa dan aksen yang dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Fitur unggulan:

  • Memiliki ratusan variasi avatar aktor profesional yang dapat dipilih. Dengan gerakan, ekspresi wajah, dan gestur yang realistis, avatar ini menambahkan sentuhan yang membuatnya terasa lebih natural dan menarik.
  • Pengguna bisa mengedit dan menyesuaikan konten sesuai kebutuhan. Misalnya, mengubah kata-kata skrip, menyesuaikan waktu animasi, atau menambahkan elemen tambahan ke video Anda dengan editing tool yang tersedia.

5. ChatGPT

rekomendasi AI tool - ChatGPT

ChatGPT adalah AI jenis chatbot yang dikembangkan oleh perusahaan OpenAI. Hal yang membedakannya dengan chatbot lainnya adalah, ChatGPT memang dilatih khusus untuk memahami maksud dari suatu pertanyaan dan bisa memberikan jawaban yang membantu.

Tak heran jika website AI ini mampu memberikan respons terhadap berbagai variasi prompt sesuai dengan konteksnya. 

Fitur unggulan:

  • Memahami lebih dari 100 bahasa dan dapat memberikan respons yang kontekstual.
  • Dapat membantu berbagai hal, seperti menjawab pertanyaan, memberikan penjelasan, menulis teks, melakukan coding, dan masih banyak lagi.
  • Mampu menerjemahkan teks secara cepat dan akurat.

Dapatkan Cuan dengan Menggunakan AI Sekarang!

Sampai sini, Anda sudah tahu bahwa Artificial Intelligence (AI) mungkin akan menjadi masa depan dunia. Meskipun implementasi AI di berbagai bidang terbilang masih baru, bukan berarti Anda tidak bisa memanfaatkannya dengan baik sekarang juga. 

Dengan memahami dan memanfaatkan kecerdasan buatan, Anda dapat menikmati berbagai kemudahan, salah satunya adalah cara menghasilkan uang dengan AI. Contohnya saja, membangun website secara instan dengan AI website builder.

Namun, sebagus apa pun hasil buatan website dengan AI, akan sia-sia jika tak didukung dengan hosting yang berkualitas. Sebab, kepuasan klien bisnis jasa pembuatan website Anda juga dipengaruhi oleh performa website.

Agar akses website selalu lancar, pilihlah layanan yang andal seperti Web Hosting Premium Niagahoster. Terlebih lagi layanan ini sudah dilengkapi dengan fitur AI Website Builder, yang akan membantu Anda membangun website dengan performa terbaik dalam beberapa klik saja!

Yuk, coba berbagai kemudahan yang ditawarkan fitur AI Website Builder!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *