Insight Bisnis

Waspada! Kualitas Hosting Buruk, SEO Website Bisa Terpuruk

Upaya SEO Anda masih berupa optimasi kata kunci dan backlink? Sejujurnya, itu belum cukup. Ada satu faktor penting SEO yang mempengaruhi ranking website, yaitu kualitas hosting.

Loh, apa hubungannya hosting dengan SEO?

Jangan salah! Menggunakan hosting terbaik memang tak langsung bikin website Anda jadi nomor satu. Namun, mengandalkan performa hosting yang buruk akan membuat peringkat website terjun bebas.

Alasannya jelas: Kualitas hosting mempengaruhi performa website. Website yang kinerjanya jeblok, tak akan dipilih Google menjadi yang teratas.

Nah, di artikel kali ini, kami ajak Anda lebih waspada akan kinerja layanan hosting yang mengancam SEO website. Tak lupa, kami juga akan membocorkan tips memilih hosting untuk mendapat performa terbaik website di mesin pencari.

Anda jadi penasaran, kan? Langsung saja, ini dia penjelasan selengkapnya!

Pengaruh Performa Website bagi SEO

SEO adalah upaya mengoptimasi website agar mendapat ranking tinggi di mesin pencari. Upaya SEO merupakan jurus ampuh agar website bisa lebih mudah ditemukan pengunjung. 

Kenyataannya, 93% interaksi online dari pengguna internet berawal dari pemakaian mesin pencari. Jadi, optimasi SEO menjadi hal yang penting untuk terus dilakukan.

Nah sayangnya, upaya SEO website umumnya terus berkutat pada hal yang sama: cara optimasi SEO On Page dan optimasi SEO Off Page. Padahal, performa website adalah faktor penting dalam SEO yang tidak boleh diabaikan.

Kenapa begitu?

Sejak 2021, Google menambahkan page experience sebagai faktor penentu ranking. Page experience merupakan pengalaman pengunjung ketika mengakses halaman website 

Nah, page experience ini dinilai oleh indikator bernama core web vitals.

Core web vitals adalah gabungan dari tiga metriks, yakni kecepatan loading, respon elemen halaman web, dan stabilitas layout halaman. Ketika penilaian core web vitals suatu website jelek, ranking SEO-nya bisa langsung jatuh.

Ada contoh seorang pemilik website mengeluhkan trafik pengunjungnya turun. Padahal, bisa dikatakan bahwa upaya SEO-nya sudah optimal. Bahkan mungkin tidak ada perubahan pada strategi yang dilakukan. 

Setelah ditelusuri, ternyata nilai performa websitenya mendapat rapor merah. Hal ini terkait dengan core web vitals.

Maka, bisa diasumsikan dari data tersebut bahwa Google menjadikan indikator core web vitals sebagai alasan menurunkan ranking website. Karena page experience pengunjung dianggap tidak baik, rankingnya jeblok, sehingga website kian sulit meraih trafik yang baik.

Maka dari itu, selain belajar SEO On Page dan Off Page, Anda perlu memastikan performa website selalu baik secara berkala. Mulai dari kecepatan, desain dan responsivitas tampilan, hingga keamanan.

Namun, optimasi serajin apapun bakal sia-sia jika website Anda dititipkan di hosting yang kualitasnya buruk. 

Lantas, apa saja ciri layanan hosting yang mengancam kinerja SEO? Jawabannya ada di poin berikutnya. Yuk simak!

Baca juga: Strategi SEO Terbaik

Ciri-ciri Hosting yang Mengancam SEO Website

Ada sekitar 200 faktor Google ranking untuk website. Namun, yang utama antara lain kualitas konten, jumlah link, dan kemudahan akses. 

Secara teknis, akses mudah tentu didukung oleh uptime dan kecepatan yang baik. Nah, keduanya merupakan faktor yang dipengaruhi oleh kualitas server hosting. Sebenarnya, membedakan hosting berkualitas dan jelek itu tidak sulit, kok.

Nah, berikut ini beberapa ciri layanan hosting yang harus Anda waspadai:

Baca juga: Bahaya Hosting Murahan

1. Loading yang Lama

Dampak hosting buruk bagi SEO yang pertama adalah loading yang selambat siput. Penyebabnya bisa karena teknologi server yang masih jadul, hardware dengan spesifikasi minim, bandwidth yang terbatas, atau kombinasi semuanya.

Padahal hari gini, siapa sih yang mau membuka website lemot? Bahkan menurut survey, 57% calon pengunjung bakal kabur dari website, jika loading website tersebut lebih dari tiga detik!

Lantas, apa hubungannya dengan SEO?

Jelas ada, dong. Google sejak tahun 2010 sudah menjadikan kecepatan sebagai salah satu faktor penentu ranking website. Nah, website dengan speed kencang dianggap Google mampu menyuguhkan pengalaman pengguna yang oke.

Sebaliknya, website dengan loading lambat akan ditandai Google karena tidak membawa manfaat apapun bagi pengunjungnya. Makanya, jika website Anda lelet, siap-siap saja rankingnya diturunkan Google di hasil pencarian.

Baca juga: Web Server Terbaik

2. Server Sering Down

Selain loading yang lambat, mimpi buruk lain akibat menggunakan hosting yang kualitasnya jelek adalah server yang sering down. Padahal jika server down, artinya website tidak bisa dibuka sama sekali!

Di dunia SEO, website yang tidak bisa diakses merupakan kerugian terbesar.

Google melalui tools bernama Web Crawler akan berkunjung ke website Anda secara berkala untuk mengindeks halaman web beserta isinya.

Coba bayangkan jika Web Crawler mampir ke website Anda ketika ia sedang down? Kemungkinan besar website Anda tidak akan terindeks oleh Google untuk sementara waktu.

Semakin sering website Anda mengalami downtime ketika proses indexing, maka semakin sulit ia bisa bersaing melawan website-website lain di hasil pencarian.

Bahkan, ketika website tidak bisa diakses, Anda akan merugi. Mulai dari tidak mendapatkan kunjungan, transaksi yang urung dilakukan, sampai pengunjung yang akhirnya malas mampir lagi ke website.

Baca juga: Downtime Adalah

3. Database Kerap Bermasalah

Hosting dengan kualitas kurang bisa menyebabkan database sering bermasalah. Padahal, fungsi database adalah untuk menyimpan, mengelola, dan menampilkan data dan konten website.

Jika pengunjung mengakses website Anda ketika databasenya sedang error, mereka tidak bisa melihat konten yang diinginkan. Atau malah, pengguna hanya bisa menyaksikan sebuah halaman kosong.

Hasilnya, pengunjung pasti bakal cabut dari website Anda, kan?

Mirip dengan poin yang pertama, hal ini bisa membuat website Anda ditandai buruk oleh Google secara SEO. Terutama, kaitannya dengan bounce rate. Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan website Anda, segera setelah mereka berkunjung ke website.

Nah, tingginya bounce rate karena pengunjung tidak bisa menikmati konten yang mereka cari bisa menyebabkan ranking website Anda kian turun.

Baca juga: Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection

4. Satu Lokasi dengan Spammers

Risiko menggunakan hosting berkualitas buruk lainnya adalah website Anda ditempatkan di server yang sama dengan spammers. Ini masalah serius bagi upaya SEO. Loh, kok gitu?

Di sebagian jenis hosting, khususnya shared hosting, satu server dihuni oleh banyak akun pelanggan. Otomatis, IP Address untuk semua pelanggan di server tersebut juga bakal identik.

Masalahnya, sudah bukan rahasia bahwa hosting abal-abal banyak dihuni oleh para spammers. Alasannya, harga yang biasanya kelewat murah membuat mereka tak perlu modal besar untuk menyewa hosting agar bisa melancarkan aksinya.

Di sisi lain, bahaya mengancam pengguna lain yang berada di server yang sama dengan spammer tersebut.

Spam sudah menjadi perhatian utama Google hingga dimasukkan ke dalam algoritma Google terbaru. Pelaku spam akan diblokir oleh Google berdasarkan IP Addressnya. Penyedia layanan lain pun juga melakukan pemblokiran demi keamanan pengguna.

Sayangnya, Anda yang juga memakai IP Address serupa juga bisa ikut terblokir, meskipun tidak ikut melakukannya.

Semakin banyak pihak yang memblokir IP tersebut, maka semakin minim peluang website Anda untuk muncul di mesin pencari.

Baca juga: Cara Mengembalikan IP Address yang Diblokir

5. Keamanan Kurang Baik

Secara umum keamanan adalah aspek yang sering dikesampingkan hosting tidak berkualitas. Padahal, aspek ini merupakan hal utama di dunia SEO.

Sebut saja mulai dari ketiadaan sertifikat SSL, fitur keamanan tidak lengkap yang membahayakan pengunjung, sampai penggunaan teknologi server yang sudah jadul.

Hasilnya, website Anda jadi rentan terkena cyber crime yang berbahaya. Padahal, keamanan website merupakan salah satu faktor yang diperhitungkan Google untuk SEO, sejak tahun 2014 silam.

Google melarang pengguna internet untuk mengunjungi website yang dianggap tidak aman. Otomatis, jumlah trafik yang website Anda dapatkan kian menurun, atau bahkan tidak mendapat kunjungan sama sekali jika keamanannya buruk.

Akibatnya, ranking website Anda semakin jeblok apabila Anda tidak segera membereskan masalah keamanan tersebut. Bahkan, website Anda jadi tidak bisa ditemukan di hasil pencarian sama sekali pada kata kunci yang digunakan.

Baca juga: Statistik Keamanan Website

6. Bantuan Pelanggan Buruk

Masalah kualitas hosting terakhir yang tak kalah mengerikan yaitu kualitas bantuan pelanggan yang buruk. 

Memang sih, kinerja customer service tidak berdampak secara langsung ke SEO. Namun jika website Anda bermasalah dan tidak bisa ditangani sendiri, Anda pasti akan meminta bantuan CS penyedia hosting, kan?

Masalahnya, layanan pelanggan hosting yang tidak profesional mungkin saja butuh waktu lama, atau malah tidak mampu mengatasi permasalahan di website Anda sama sekali.

Padahal seperti yang sudah diulas di lima poin sebelumnya, setiap kendala website pasti berdampak buruk terhadap kinerja SEO. Jika website Anda terkatung-katung kondisinya dalam waktu yang lama, pasti rankingnya terjun bebas, kan?

Sampai di sini, Anda sudah memahami pentingnya SEO bagi website, serta kinerja hosting yang punya efek negatif terhadap ranking website di hasil pencarian.

Nah, Anda tentu tidak ingin mengalami hal yang sama, bukan? Untuk itu, yuk scroll menuju poin di bawah ini!

Baca juga: Hosting Murahan vs Niagahoster

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk SEO Website

Menggunakan hosting yang tepat bisa menghindarkan Anda dari berbagai masalah, salah satunya performa SEO website yang jeblok. Nah, ini dia beberapa cara memilih hosting terbaik untuk SEO:

1. Dukungan Fitur Kecepatan Lengkap, Loading Website Sigap

Kecepatan menentukan ranking website di Google. Maka, melakukan cara mempercepat loading website secara rutin itu penting. Mulai dari yang sederhana seperti optimasi gambar, hingga selalu mengupdate WordPress.

Namun, karena speed website juga bergantung pada kualitas server, memilih hosting yang sudah mengadopsi teknologi dan fitur kecepatan terbaik adalah pilihan utama.

Pertama, mulai dari web server. Perangkat ini gunanya untuk memproses transfer data antara website dan server hosting. Jadi, kunci dari kemudahan mengakses informasi website ada di sini.

Nah, web server tercepat di dunia saat ini adalah LiteSpeed Enterprise. Maka, Anda perlu memastikan apakah layanan hosting Anda sudah menggunakannya, seperti yang dilakukan Niagahoster.

Secara teknis, LiteSpeed terbukti mengungguli performa dari server lain seperti Nginx dan Apache

Dengan dukungan server andal, pengunjung Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengakses konten website.

Kedua, akses website kian mudah jika lokasi pengunjung dan server dekat. Lalu, bagaimana kalau pengunjung Anda berasal dari seluruh dunia? 

Nah, teknologi seperti Cloudflare CDN bisa membantu Anda memastikan pengunjung mendapatkan konten dari server yang dekat dengan mereka. Jadi, ketika layanan hosting Anda sudah memasukkan fitur ini, maka bisa menjadi pilihan Anda.

Kenapa fitur ini penting? Sebab, ketika akses website harus mengambil dari server utama prosesnya bisa lama. Secara teknis, waktu akses tersebut akan menjadi rujukan Google: apakah akan merekomendasikan website Anda di hasil pencarian atau tidak.

Fitur kecepatan yang ramah pengguna juga penting agar tidak perlu setting khusus demi mendapatkan speed yang optimal. Sebab, ketika terjadi kesalahan setting, justru akan membuat performa website turun.

Nah, Niagahoster merupakan layanan hosting yang menyediakan fitur kecepatan praktis bernama WordPress Accelerator. Dengan fitur ini, pengguna WordPress cukup sekali klik untuk mendapat kecepatan website yang melonjak drastis!

Bahkan, hasil pengecekan dari Google PageSpeed Insights menunjukkan data tersebut. Artinya, upaya SEO Anda akan lebih mudah tapi efektif dengan fitur tersebut. 

Baca juga: Ingin Website dengan Akses Tercepat? Pilih Niagahoster!

2. Uptime Server Bagus, Buat Website On Terus

Layaknya kecepatan, uptime juga merupakan aspek vital yang dipengaruhi kualitas server hosting. Namun jika speed yang lemot masih bisa diusahakan dengan optimasi, Anda tidak dapat berbuat banyak ketika server down.

Padahal jika server sering down, maka performa SEO website akan makin anjlok. Solusinya hanya satu, yaitu menggunakan hosting dengan server yang “tahan banting”.

Apa saja ciri-cirinya?

Pertama, spesifikasi hardware terbaik. Tujuannya, agar server bisa memproses semua permintaan transfer data dengan mudah. Niagahoster termasuk layanan hosting dengan hardware server yang bisa dibilang terdepan di kelasnya.

Kombinasi CPU 40 Core, RAM DDR4, dan Storage SSD Raid-10 dijamin mampu melibas beban kerja seberat apapun di server, sehingga performa website Anda tetap stabil.

Kedua, pastikan server hosting Anda berada di data center terbaik. 

Data center memegang peranan penting dalam menjamin uptime server. Semakin tinggi kualitas data center, semakin besar Anda terhindar dari risiko gangguan akibat bencana alam, gangguan listrik, atau tindak kriminal.

Untungnya, Niagahoster menggunakan Data Center Tier IV dari Data Center Indonesia (DCI). Bagi yang belum tahu, Data Center Tier IV adalah tingkatan tertinggi teknologi data center saat ini.

Data Center Tier 4 memiliki jaminan uptime hingga 99.99%, serta dibekali fasilitas data center kelas dunia yang lebih aman dari berbagai gangguan server. 

Baca juga: 9 Keunggulan Data Center Niagahoster: Website Aman, Bisnis Lancar

3. Optimasi Database Rutin, Informasi Mudah Diakses

Database berperan penting dalam menyuguhkan page experience yang baik untuk pengunjung. Sebab, fungsi database untuk menyimpan dan menampilkan data website harus berjalan dengan baik.

Memperhatikan kesehatan database website secara rutin sangat penting. Namun, tentu tak semua orang akan mengotak-atik database karena berisiko menyebabkan error. Apa solusinya?

Ketika menggunakan hosting yang baik seperti Niagahoster, optimasi database akan dilakukan oleh kami setiap minggunya. Optimasi tersebut meliputi dua hal:

Pertama, Automatic Database Optimization. Secara teknis, database Anda akan dioptimasi kecepatannya sedemikian rupa. Dengan begitu, konten-konten website Anda bisa muncul lebih cepat ketika diakses pengunjung.

Kedua, Auto Weekly DBs Scan. Keamanan database Anda akan dijaga dengan baik. Database Anda akan discan untuk menemukan hal-hal mencurigakan seperti malware, spam, atau script berbahaya. Jika ditemukan, sistem akan membersihkannya secara otomatis.

Singkatnya, database yang cepat dan bersih dari virus berbahaya akan turut mendongkrak performa website secara signifikan. Yang menarik, Anda tidak perlu melakukan perubahan apapun secara manual.

Baca juga: Anda Pelanggan Baru Niagahoster? Jangan Lewatkan 26 Fitur Ini!

4. Proteksi Keamanan Lengkap, Website Lebih Kuat

Jika website Anda tidak aman, risiko dari segi SEO sangat besar. Mulai dari diberi peringatan situs berbahaya ketika diakses pengunjung, sampai diblacklist oleh Google.

Namun, bagaimana jika website tetap dijebol meskipun Anda sudah mempraktikkan cara mengamankan website?

Umumnya, layanan hosting yang berkualitas akan membantu Anda dengan adanya teknologi dan fitur keamanan berlapis. Salah satunya yaitu sertifikat SSL. Dengan sertifikat ini, website akan dinyatakan aman karena transfer data antara website dan pengunjung dilindungi.

Niagahoster menyediakan SSL Gratis dari Sectigo yang akan aktif seumur hidup. Dengan catatan, akun hosting Anda diperpanjang secara rutin.

Adanya dukungan SSL sudah cukup baik. Namun, akan lebih aman jika hosting Anda juga memiliki fitur perlindungan semacam firewall. Fungsinya, untuk menghalangi berbagai serangan berbahaya masuk ke website.

Niagahoster memiliki Imunify360, yang bisa mendeteksi tanda-tanda serangan malware, spam, dan botnet. Tak berhenti di situ, Imunify360 bahkan akan menghapusnya sebelum sempat menyerang website Anda.

Terakhir, hosting yang baik tentu tak ingin terjadi gangguan yang menimpa website Anda. Itulah kenapa Niagahoster membekali layanan hosting dengan Realtime Vulnerable Patching. Fitur ini akan menambal celah kerentanan website agar tidak menjadi serangan berbahaya.

Semua fitur di atas akan otomatis aktif begitu Anda menggunakan layanan hosting, kecuali SSL. Menarik banget, kan?

Baca juga: Bagaimana Niagahoster Menangkal Serangan DDoS?

5. Bantuan Pelanggan 24 Jam, Kendala Cepat Terselesaikan

Hosting  yang baik untuk SEO perlu memiliki bantuan pelanggan yang siap kapanpun diperlukan. Sebab, kendala bisa datang kapan saja dan upaya menjaga kualitas SEO tidak bisa ditunda.

Niagahoster merupakan layanan hosting yang bisa jadi pilihan ketika Anda membutuhkan layanan pelanggan terbaik. Kenapa demikian?

Tak hanya siap untuk membantu dengan berbagai kendala pada layanan, kemudahan akses juga menjadi kelebihannya. Ada beberapa kanal yang bisa Anda manfaatkan untuk menghubungi tim bantuan Niagahoster, yaitu:

  • Live Chat Intercom – Kanal bantuan via homepage Niagahoster maupun Member Area untuk menghubungi CS tanpa perlu antri (paling direkomendasikan).
  • WhatsApp – 0895395186038
  • Email – cs@niagahoster.co.id
  • Telegram – @niagahoster_bot
  • Telepon – 021-50861682

Baca juga: Kenapa Pilih Niagahoster? Berikut Fakta & Keuntungan yang Anda Peroleh!

Pindah ke Hosting Berkualitas, Upayakan Ranking Terbaik SEO

Menggunakan hosting yang buruk berdampak pada masa depan website, utamanya dari sisi SEO. Sebab, performa website, keamanan dan kecepatan akses merupakan ranking factor yang diperhitungkan Google. 

Sebaliknya, memakai hosting yang sudah teruji kualitasnya seperti Niagahoster adalah bentuk investasi agar SEO website semakin meroket.

Apalagi dengan Niagahoster, website Anda akan dimanjakan dengan sederet fitur dan teknologi terbaik, seperti:

  • Akses Website Tercepat dengan web server tercepat saat ini LiteSpeed Enterprise, teknologi pemrosesan konten Cloudflare CDN, dan fitur kecepatan sekali klik WordPress Accelerator.
  • Server Bebas Down yang digawangi Data Center Tier IV dari Data Center Indonesia, kapasitas Hardware CPU, RAM, dan SSD terbaik di kelasnya, serta Peningkatan Resource LVE hingga dua kali lipat.
  • Perawatan Database Berkala melalui Weekly Database Optimization untuk mempercepat database, Object Cache Memcached guna menyimpan query dalam bentuk cache, dan Auto DBs Scan untuk menghapus malware dari database.
  • Fitur Keamanan Berlapis lewat Gratis SSL seumur hidup, Imunify360 guna melindungi website dari serangan berbahaya, CageFS untuk mencegah pembobolan akun, serta Hardened PHP dan Vulnerable Patching guna menambal celah kerentanan website.
  • Customer Service 24/7 yang siap menjadi solusi agar permasalahan di website Anda dapat ditangani dengan segera.

Menariknya lagi, semua keunggulan di atas bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, mulai Rp10 ribuan/bulan saja! Jadi tunggu apa lagi, yuk gunakan Niagahoster dan upayakan ranking terbaik SEO untuk website!

Muhammad Ariffudin

also known as Ariffud

Share
Published by
Muhammad Ariffudin

Recent Posts

Cara Memindahkan Website dari Subfolder ke Domain Utama

Anda mencoba mengakses website dengan domain utama, tapi hanya muncul daftar direktori Index of/? Itu berarti Anda perlu memindahkan website…

1 day ago

Ini Dia Cara Kerja VPS Hosting, Kelebihan, dan Kekurangannya!

Bagaimana cara kerja VPS sebenarnya? Di artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana VPS bekerja serta kelebihan dan kekurangan VPS hosting.

3 days ago

Apa Itu UKM? Pahami Contoh Sampai Perbedaannya dengan UMKM!

UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!

4 days ago

Cara Install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS dengan Mudah

Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…

4 days ago

Pengganti Niaga Forum, Ini Layanan Niagahoster Lain untuk Tetap Up to Date

Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!

4 days ago

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain.  Dengan…

5 days ago