Ingin Punya Blog Keren Tanpa Ribet? Bikin di WordPress Aja!

Pernahkah Anda mengunjungi blog dengan tampilan yang memukau dan konten yang menarik? Saking bagusnya blog tersebut, Anda jadi terinspirasi untuk membangun blog juga.

Sayangnya, keraguan muncul karena Anda belum pernah membangun website atau blog. Sehingga keinginan untuk memiliki sebuah blog jadi terasa begitu sulit.

Nah, sebenarnya ada cara simpel untuk membangun blog. Bahkan Anda bisa melakukannya tanpa perlu memahami coding sama sekali! Anda hanya perlu menggunakan WordPress.

Ada banyak manfaat yang ditawarkan WordPress, termasuk kepada pemilik blog. Mulai dari kemudahan instalasi, berbagai fitur kecepatan dan keamanan, hingga desain tema yang menarik. Tak heran, WordPress sering dinobatkan sebagai salah satu platform blogging terbaik.

Hingga saat ini, WordPress masih menjadi platform blogging paling dominan. Lebih dari 38% website di internet menggunakan WordPress.

Tak heran, ada 409 juta orang yang mengunjungi website berbasis WordPress setiap bulannya. Jumlah postingan baru di WordPress pun mencapai lebih dari 70 juta postingan setiap bulan.

WordPress sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Walaupun sekilas terlihat sama, tapi sebenarnya keduanya cukup berbeda. Yuk lihat perbedaan keduanya di bagian selanjutnya!

WordPress.com dan WordPress.org: Manakah yang Lebih Cocok untuk Blogging?

Dengan WordPress.org, Anda bisa mendownload WordPress dan memasangnya pada layanan hosting yang Anda gunakan. Namun, beberapa penyedia hosting –seperti Niagahoster– memungkinkan Anda untuk menginstal WordPress dalam satu klik.

Di sisi lain, WordPress.com menyediakan platform blogging yang langsung bisa Anda gunakan tanpa harus mendownload atau menginstal apapun. Anda pun dapat menggunakannya secara gratis.

Walau begitu, untuk membangun blog yang sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda disarankan menggunakan WordPress.org, bukan WordPress.com. Mengapa demikian? Berikut alasannya:

1. Kebebasan untuk Kustomisasi Blog

Dengan WordPress.org, Anda bisa mengedit blog Anda sesuka hati. Contohnya, jika Anda menemukan tema blog yang menarik, Anda bisa dengan mudah mendownload dan menginstalnya di blog Anda.

WordPress.org juga membebaskan Anda untuk menginstal plugin apapun. Sehingga, blog Anda akan tampil lebih optimal.

Untuk performa blog yang lebih cepat, Anda tinggal menginstal plugin seperti WP Rocket. Untuk meningkatkan keamanan blog, Anda juga tinggal install plugin security.

Intinya, Anda bisa memasang tema dan plugin dengan mudah di WordPress.org. Sayangnya, hal ini tidak bisa Anda lakukan di WordPress.com.

Dengan WordPress.com, Anda tidak bisa memasang tema secara bebas. Anda hanya bisa menggunakan tema-tema yang disediakan khusus untuk pengguna WordPress.com.

Sama halnya dengan plugin. Anda hanya bisa menggunakan plugin default yang disediakan oleh WordPress.com, seperti Akismet atau Stats.

Inilah mengapa WordPress.org adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin lebih bebas dalam mengembangkan blog Anda.

2. Biaya Lebih Terjangkau dalam Jangka Panjang

Sekilas, WordPress.com terlihat seperti opsi yang lebih terjangkau. Hal ini karena platform WordPress.com bisa digunakan secara cuma-cuma.

Namun, seiring dengan perkembangan blog Anda, pasti Anda membutuhkan berbagai macam penyesuaian agar blog Anda terlihat menarik. Sayangnya, ada banyak biaya yang perlu dikeluarkan di WordPress.com untuk bisa melakukannya.

Contohnya, untuk menikmati fitur custom design, Anda harus berlangganan dulu ke paket Premium ($8 per bulan), Business ($25 per bulan), atau eCommerce ($45 per bulan). Dengan WordPress.org, Anda bisa menikmati fitur custom design secara gratis.

Anda juga harus merogoh kocek lebih dalam untuk menggunakan plugin. Karena, Anda baru bisa menginstal plugin lain –di luar default plugin–  jika sudah terdaftar di paket Business dan eCommerce.

Jika Anda menggunakan WordPress.org, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk hosting dan domain. Selebihnya, Anda tidak perlu khawatir soal batasan upload tema dan plugin. Kemungkinan Anda baru mengeluarkan biaya tambahan apabila Anda ingin membeli tema atau plugin premium.

3. Kemudahan Monetisasi

Ketika blog Anda sudah berkembang, pasti Anda ingin memanfaatkannya jadi sumber penghasilan, bukan? Inilah mengapa monetisasi menjadi salah satu alasan orang-orang untuk memulai blog.

Nah, dengan WordPress.org, Anda bebas memasang iklan pada blog Anda. Contohnya, Anda bisa memasang iklan di blog melalui Google AdSense.

Sebaliknya, hanya ada satu cara untuk memasang iklan di WordPress.com, yaitu melalui WordAds. Dengan platform ini, penghasilan yang Anda dapat dari iklan akan dibagi dengan WordPress.

WordAds juga memasang kriteria untuk blog yang ingin beriklan. Contohnya, blognya minimal harus mendapat ribuan pengunjung setiap bulannya.

Selain itu, blognya juga wajib menggunakan domain sendiri, tidak boleh menggunakan domain gratis seperti “.wordpress.com”. Nah, untuk memiliki domain sendiri di WordPress.com, Anda minimal harus berlangganan ke paket premium.

Tentunya batasan-batasan seperti ini dapat mempengaruhi kemampuan Anda dalam menghasilkan uang dari blog.

Untuk semakin memperjelas perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com, Anda bisa melihat infografis berikut:

Baca juga: Cara Monetisasi Blog: 11 Kiat Mendulang Uang dari Blogging

Mengapa WordPress.org Cocok untuk Blogging?

Oke, sekarang Anda sudah tahu mengapa WordPress.org merupakan platform blogging yang lebih baik daripada WordPress.com. Tapi sebetulnya apa sih yang membuatnya cocok untuk blogging? Berikut alasannya!

1. Performa Blog yang Cepat

Dengan WordPress, Anda bisa memiliki blog yang performanya kencang. Pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk membuka blog Anda. Karena semakin lama mereka menunggu, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengklik tombol keluar.

Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Ada beberapa hal yang dapat menghambat kecepatan loading blog. Contohnya seperti ukuran konten yang terlalu besar atau penggunaan widget yang terlalu banyak. Untungnya, masalah-masalah tersebut bisa diatasi di WordPress.

Salah satu solusi untuk meningkatkan kecepatan blog di WordPress adalah dengan menginstal plugin. Beberapa contoh plugin yang sering digunakan adalah WP Rocket dan WP Fastest Cache.

Selain itu, ada beberapa teknik lain yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat loading blog, seperti mengurangi server load admin-ajax.php atau meminimalisir time to first byte (TTFB).

Dengan kata lain, WordPress menyediakan banyak cara jika Anda ingin memiliki performa blog yang cepat!

2. Keamanan Ekstra untuk Blog

Serangan hack adalah mimpi buruk semua blogger. Karena, hacker bisa saja melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai dari membuat tampilan blog menjadi tidak karuan, hingga mencuri informasi sensitif di dalam blog mereka.

Biasanya celah keamanan blog berasal dari tema dan plugin yang tidak diupdate atau karena ada serangan dari eksternal, seperti serangan brute force atau infeksi malware.

Untuk memperkuat keamanan blog di WordPress, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara paling umum dan paling mudah digunakan adalah dengan menggunakan plugin.

Salah satu contoh plugin keamanan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah WordFence. Plugin ini memiliki beberapa fitur menarik, seperti malware scanner untuk mendeteksi malware yang masuk ke blog Anda, real-time firewall untuk keamanan 24 jam, dan pembatasan jumlah login untuk mencegah hacker yang ingin menembus blog Anda.

Selain memanfaatkan plugin, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat keamanannya, seperti mengubah URL login atau membasmi komentar spam.

Baca juga: 10+ Plugin Security WordPress Terbaik dan Gratis

3. Cocok untuk Pengguna Mobile

Tahukah Anda? Jumlah pengunjung dari perangkat mobile sudah melebihi jumlah pengunjung dari desktop sejak tahun 2016! Dan sudah bisa ditebak, jumlahnya semakin jauh meningkat pada tahun 2020.

Artinya, sebagai pemilik blog, Anda harus membuat blog Anda senyaman mungkin bagi para pengunjung dari perangkat mobile. Karena kemungkinan besar mereka berasal dari sana.

Untungnya, sejak versi 3.8, WordPress sudah mulai menyesuaikan sistemnya untuk mempermudah pemilik blog yang ingin mengelola blognya via perangkat mobile. Sehingga pemilik blog semakin mudah untuk menciptakan konten yang ramah pengguna mobile.

Tapi tentu mengandalkan sistem WordPress saja tidak cukup. Anda perlu membuat blog Anda semakin cocok untuk pengguna mobile. Bagaimana caranya? Lagi-lagi plugin adalah solusinya.

Salah satu plugin yang bisa Anda gunakan adalah AMP for WP. Plugin ini dapat secara otomatis mengaktifkan Accelerated Mobile Pages (AMP) yang berfungsi untuk membuat blog Anda semakin kencang untuk pengguna perangkat mobile.

Plugin lain yang bisa Anda gunakan adalah Any Mobile Theme Switcher. Dengan plugin ini, Anda bisa mengaktifkan dua tema berbeda. Satu tema untuk desktop dan tema lainnya khusus untuk pengguna mobile.

Untuk mengecek apakah blog Anda sudah cukup ramah untuk pengguna mobile, Anda bisa menggunakan Google Mobile Friendly Test Tool.

Baca juga: 8+ Plugin WordPress untuk Membuat Website Mobile Friendly

4. Mudah Kelola dan Publikasi Konten

Salah satu penyebab mengapa WordPress populer di kalangan blogger adalah karena platformnya ramah untuk pembuat konten. Rasanya mudah sekali untuk membuat, mengelola, dan mempublish konten di WordPress.

Anda bisa dengan mudah membuat postingan atau membuat halaman dari dashboardnya.

Mereka juga sudah memiliki aplikasi mobile untuk memudahkan pemilik blog saat membuat konten melalui perangkat mobile.

Selain itu, sejak versi 5.0, WordPress sudah menggunakan Gutenberg sebagai default editornya. Jadi, Anda bisa menambah konten ke dalam postingan dengan lebih mudah. Mulai dari tulisan dan gambar, hingga video YouTube.

Jika Anda menggunakan page builder seperti Elementor atau Divi, Anda hanya bisa menggunakan jenis blok yang disediakan oleh page builder tersebut. Akan tetapi, Gutenberg memungkinkan Anda untuk menggunakan blok konten dari berbagai developer.

Setelah selesai membuat konten, Anda bisa langsung mempublikasikan postingan tersebut dengan mengklik tombol Publish, atau menyimpannya sebagai draft dengan mengklik tombol Save draft.

Baca juga: 50+ Topik Blog yang Menarik untuk Meningkatkan Pengunjung

5. Ramah SEO

Agar blog Anda ramai untuk dikunjungi, Anda harus memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization). Intinya, SEO dapat membantu blog Anda mencapai peringkat tinggi di hasil pencarian Google.

Secara sistem, WordPress sudah ramah SEO. Contohnya, pemilik blog bisa melakukan setting menu dan permalink agar blognya bisa lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan optimasi SEO dengan mudah melalui plugin. Contohnya, plugin Yoast SEO dapat membantu Anda membuat konten yang lebih ramah SEO.

Selain Yoast, masih ada plugin-plugin lain yang bisa Anda coba, seperti All In One SEO Pack atau WP Super Cache.

Anda pun bisa mencoba berbagai metode lain agar blog Anda semakin ramah SEO. Contohnya dengan membuat sitemap XML atau membangun backlink.

Baca juga: Belajar SEO Terbaru untuk Pemula (Update 2020)

5 Contoh Blog Keren yang Menggunakan WordPress

Di luar negeri, banyak blog WordPress berkualitas yang bisa Anda temukan. Tapi kualitas blog WordPress dalam negeri juga tidak kalah keren kok! Berikut adalah beberapa blog WordPress yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Dzofar.com

Bila Anda berencana untuk membuat blog pribadi, blog Dzofar bisa jadi contoh yang baik.

Dzofar sendiri adalah seorang seniman vector. Ia rajin menulis di blognya sejak tahun 2005. Hingga saat ini ia masih aktif mengisi blognya dengan berbagai topik yang sederhana namun menghibur.

Walaupun isinya kontennya terkesan personal, tapi masih asik untuk dikonsumsi orang banyak, karena ia menggunakan bahasa yang jenaka dan relatable.

Ketika Anda masuk ke blognya, Anda akan disambut dengan desain yang simpel nan efektif. Halaman utamanya langsung menampilkan postingan-postingan terakhir yang dipublish. Dan di menu atas Anda akan melihat tombol-tombol yang mengarah ke halaman lain, seperti daftar isi postingan dan kumpulan artikel tutorial vector.

Jika Anda tertarik untuk memiliki menu interaktif seperti yang ditampilkan pada blog Dzofar, Anda bisa menggunakan plugin WP Responsive Menu.

Di salah satu menu-nya, Dzofar juga turut mempromosikan jasa pembuatan desain vector dan penjualan kaos di menu utama blognya. Hal ini menunjukkan bahwa sumber penghasilan dari blog tidak melulu dari iklan, Anda juga bisa mempromosikan produk atau jasa Anda di sana.

Hal-Hal yang Bisa Dipelajari dari Blog Dzofar:

  • Selalu konsisten dalam membangun blog secara jangka panjang.
  • Gunakan tema yang ramah pengunjung. Pakailah kombinasi warna yang sesuai dengan karakter Anda atau brand Anda.
  • Isilah blog Anda dengan konten yang original. Authenticity (keaslian) akan membuat blog Anda terlihat berbeda dari blog lainnya.
  • Pasang menu yang menarik agar pengunjung tidak bosan.

Baca juga: 9 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional 2020

2. Resep Koki

Ingin masak tapi bingung karena tidak tahu resepnya? Resep Koki bisa menjawab apa yang Anda butuhkan! Eits, jangan salah, Resep Koki bukan sekadar blog resep biasa lho.

Resep Koki sadar betul bahwa untuk mempertahankan pengunjungnya, mereka perlu menawarkan solusi yang lengkap. Oleh karena itu, mereka tidak hanya menawarkan kumpulan resep, tapi juga berbagai tips masak.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membeli peralatan masak yang Anda butuhkan. Cukup dengan klik tombol belanja yang ada di menu utama, Anda akan diarahkan ke website eCommerce mereka – yang menggunakan WordPress juga.

Trik lain yang digunakan oleh Resep Koki untuk mempertahankan pengunjung adalah dengan memanfaatkan email marketing. Jadi, mereka menawarkan resep-resep terbaru yang akan dikirimkan via email apabila pengunjung bersedia memberikan alamat emailnya.

Oh ya, barangkali Anda berpikir, mengapa website Resep Koki punya kecepatan loading yang tinggi? Padahal ada begitu banyak elemen visual –khususnya gambar– di halaman situsnya.

Jawabannya, karena Resep Koki menggunakan plugin Lazy Load. Plugin ini memungkinkan website untuk memunculkan gambar hanya ketika pengunjung melihatnya. Sehingga beban loading menjadi berkurang.

Hal-Hal yang Bisa Dipelajari dari Blog Resep Koki:

  • Posisikan blog Anda sebagai sumber yang terpercaya. Buatlah citra bahwa Anda adalah ahli di bidang Anda.
  • Pastikan Anda menawarkan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Berikan solusi yang lengkap.
  • Manfaatkan email marketing untuk mempertahankan pengunjung blog Anda.
  • Gunakan plugin optimasi kecepatan seperti Lazy Load untuk meningkatkan kecepatan loading blog.

3. Iwan Banaran

Jika Anda menggemari kendaraan roda dua, mungkin blog ini sudah tidak asing lagi. Ya, blog yang didirikan sejak tahun 2009 ini memang salah satu blog bertema roda dua yang paling populer di Indonesia.

Saat pertama kali berkunjung ke blog Iwan Banaran, Anda mungkin kaget dengan jumlah iklan yang cukup banyak di dalamnya. Tapi hal ini terbayar dengan lengkapnya informasi yang ditawarkan blog ini.

Pada menu utama, Anda dapat memilih berbagai topik. Mulai dari review motor dan gosip motor, hingga tips-tips modifikasi motor. Merk motor yang dibahas pun sangat luas, tidak hanya motor pabrikan Asia seperti Honda dan Yamaha, namun juga motor pabrikan barat, seperti Ducati dan Piaggio.

Untuk melengkapi informasi yang ada di blognya, Iwan Banaran juga menambahkan video-video yang berasal dari channel Youtube-nya. Selain ditampilkan di dalam postingan, videonya juga ia pasang di halaman utama blognya.

Agar pengunjung setianya tidak ketinggalan info-info terbaru di blognya, Iwan Banaran menggunakan plugin OneSignal. Dengan plugin ini, pengunjung yang berlangganan akan mendapat notifikasi setiap kali ada postingan baru.

Hal-Hal yang Bisa Dipelajari dari Blog Iwan Banaran:

  • Kuasai topik yang Anda bahas di blog Anda. Sehingga pengunjung akan menganggap Anda sebagai problem solver.
  • Lengkapi konten blog Anda dengan elemen lain agar lebih menarik, contohnya video.
  • Pastikan menu utama menyajikan informasi yang paling penting bagi pengunjung.

4. Majalah 1000 Guru

Majalah 1000 Guru adalah blog yang dimiliki Gerakan 1000 Guru, yaitu lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bersifat non-profit.

Mereka punya tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara menyajikan ilmu secara cuma-cuma. Target mereka adalah pelajar dan guru-guru setingkat sekolah menengah.

Untuk kontennya, blog ini menggunakan konsep user generated content (UGC). Artinya, artikel-artikel yang diposting berasal dari pengunjung yang membuat dan mengirimkan tulisannya secara sukarela.

Gerakan 1000 Guru mengumpulkan artikel-artikel tersebut, lalu mempublikasikannya dalam bentuk majalah. Jadi, jika Anda berkunjung ke blognya, Anda akan melihat majalah 1000 guru edisi terbaru tepat di halaman depan.

Blog ini juga menyajikan artikel-artikel yang bisa dipilih pada menu utama. Contohnya seperti matematika, fisika, dan sosial-budaya.

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan, Majalah 1000 Guru juga menggunakan plugin Yoast SEO agar blognya bisa lebih mudah dideteksi oleh mesin pencari.

Hal-Hal yang Bisa Dipelajari dari Blog Majalah 1000 Guru:

  • Untuk mendapat konten berkualitas, Anda bisa memanfaatkan konsep UGC. Pastikan konten yang diposting sesuai dengan yang standar yang Anda terapkan. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menawarkan imbalan untuk pembuat kontennya.
  • Jika Anda tertarik membuat blog untuk lembaga non-profit, jangan lupa untuk menampilkan visi blog dan lembaga Anda. Perkuat dengan storytelling.

5. Backpack Story

Salah satu niche blog yang paling populer adalah travelling. Ada cukup banyak blog travel asal Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Backpack Story.

Blog ini memiliki desain yang simpel dan interaktif. Di halaman utamanya, Anda akan melihat slider yang menampilkan highlight postingan-postingan Backpack Story. Jika Anda juga tertarik untuk memasang slider yang menarik, Anda bisa menginstal plugin seperti Soliloquy pada blog Anda.

Ariev Rahman membangun blog ini sejak tahun 2012. Hebatnya, ia tetap bisa produktif mengisi blognya walau sambil bekerja kantoran.

Berkat usahanya, blognya sempat meraih beberapa penghargaan, seperti “Top 50 Blogs from Indonesia 2018 by ASEAN UP” dan “The Best Indonesia’s Travel Blog 2017 by voucher.co.id”. Hal ini tidak diraih secara cuma-cuma, selain konsisten dalam menulis, konten yang ia buat pun memang menarik!

Sejauh ini, Ariev sudah mengunjungi 45 negara. Setiap kunjungan mengandung cerita yang kemudian ia tuliskan untuk pembaca blognya. Ia juga kerap membagikan berbagai tips traveling di dalam artikel-artikelnya.

Berawal dari blog, ia juga berhasil membuka beberapa sumber penghasilan lainnya. Seperti menjadi social media influencer, penulis buku traveling, hingga membuka bisnis travel.

Hal-Hal yang Bisa Dipelajari dari Blog Backpack Story:

  • Dengan pengelolaan waktu yang baik, kesibukan tidak bisa menghambat Anda untuk tetap produktif di blog.
  • Buatlah konten menarik yang sesuai dengan keahlian atau hobi Anda.
  • Blog bisa menjadi awal untuk membuka sumber penghasilan lain.

Baca juga: Ingin Menjadi Travel Blogger? Simak & Ikuti Cara Ini

10+ Rekomendasi Plugin Agar Ngeblog Makin Praktis

Sepanjang artikel ini, Anda sudah melihat berbagai plugin WordPress yang menarik untuk digunakan di blog Anda. Tenang, Anda tidak perlu scroll ke atas untuk mencarinya satu per satu. Kami sudah menyiapkannya dalam bentuk tabel di bawah:

FungsiNama PluginDeskripsi
Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading BlogWP RocketWP Rocket mampu meningkatkan kecepatan loading blog melalui fitur page caching dan kompresi GZIP. Untuk mendapatkan seluruh fiturnya, Anda perlu membeli paket premium yang biayanya mulai dari $49 per tahun.
Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading BlogWP Fastest CachePlugin ini memiliki fitur minification dan browser caching untuk performa blog yang lebih cepat. Anda bisa menggunakannya secara gratis, namun fitur lengkapnya bisa Anda nikmati mulai dari $49.99 per lisensi.
Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading BlogLazy LoadPlugin ini merupakan bagian dari WP Rocket. Fungsinya khusus untuk mempercepat loading blog dengan fitur lazy load. Anda bisa mendownload dan menggunakan plugin ini secara gratis.
Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading BlogWP Super CachePlugin ini dikembangkan oleh Automattic, perusahaan yang mengembangkan WordPress. Dengan plugin ini, blog Anda bisa loading lebih cepat melalui fitur caching. Kabar baiknya, plugin ini bisa digunakan secara gratis.
Untuk Membuat Blog Ramah Perangkat MobileAMP For WPPlugin ini bisa membuat loading blog Anda semakin kencang di perangkat mobile. Anda dapat menggunakannya secara gratis, tapi untuk mendapatkan fitur lengkapnya, Anda perlu berlangganan ke paket premium mulai dari $149 per tahun.
Untuk Membuat Blog Ramah Perangkat MobileAny Mobile Theme SwitcherPlugin ini dapat mendeteksi berbagai browser, lalu menyesuaikan tema blog Anda dengan perangkat mobile. Anda bisa mendownload dan menginstal plugin ini secara gratis.
Untuk Meningkatkan Keamanan BlogWordFencePlugin ini dapat mengamankan blog Anda dari berbagai serangan hack atau malware, dengan dukungan fitur web application firewall dan malware scanner. Anda dapat menggunakannya secara gratis, tapi fitur lengkapnya bisa didapat di paket premium mulai dari $99 per lisensi.
Untuk Membuat Blog Ramah SEOYoast SEODengan Yoast SEO, konten-konten yang Anda buat akan lebih ramah SEO. Anda bisa menikmati fitur-fitur dasarnya secara gratis, tapi jika Anda ingin fitur yang lebih advanced, Anda bisa berlangganan ke paket premium mulai dari $89 per tahun.
Untuk Membuat Blog Ramah SEOAll in One SEO PackAll in One SEO Pack menyediakan fitur-fitur seperti XML Sitemap Support dan Schema.org Markup agar blog Anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Plugin ini bisa digunakan secara gratis, tapi fitur lengkapnya ada di paket premium mulai dari $68 per tahun.
Untuk Memperindah Tampilan BlogWP Responsive MenuIngin punya menu yang menarik dan interaktif seperti di blog Dzofar? WP Responsive Menu jawabannya. Plugin ini juga bisa digunakan secara gratis, dengan opsi premium mulai dari $25 per tahun.
Untuk Memperindah Tampilan BlogSoliloquySoliloquy memungkinkan Anda untuk membuat slider gambar dan video yang menarik. Plugin ini juga dilengkapi fitur drag and drop untuk memudahkan penggunaannya. Anda bisa mendownloadnya secara gratis. Namun untuk menikmati fitur lengkapnya, Anda mesti berlangganan ke paket premium mulai dari $19 per tahun.
Untuk Mempromosikan Konten BlogOneSignalDengan OneSignal, pengunjung yang berlangganan ke blog Anda akan mendapatkan notifikasi setiap kali ada postingan baru. Plugin ini gratis, tapi Anda baru bisa menikmati fitur-fitur terbaiknya di paket premium mulai dari $99 per bulan.

Ingin Buat Blog Ga Pake Ribet? WordPress Hosting Niagahoster Solusinya!

Setelah melihat blog-blog di atas, Anda pasti jadi tergugah untuk membangun blog sendiri, kan? Jangan khawatir, membangun blog di WordPress itu sangat mudah kok! Apalagi dengan bantuan WordPress hosting Niagahoster.

Saat memesan WordPress hosting Niagahoster, Anda dapat memilih opsi Auto Install Website WordPress. Jadi, website WordPress Anda bisa langsung jadi dalam sekejap, tanpa perlu menunggu waktu lama.

Untuk pengelolaan website, ada fitur WordPress Management yang bisa Anda kunjungi di member area Niagahoster. Di sana, ada dua tab yang bisa Anda pilih, yaitu tab Sites dan Store.

Pada tab Sites, Anda bisa melakukan banyak hal, mulai dari login ke blog Anda, melakukan backup dan restore, hingga mengaktifkan fitur auto update. Jika Anda ingin memasang tema premium, Anda tinggal masuk ke tab Store, lalu beli tema yang cocok dengan blog Anda.

Baca juga: 10+ Keunggulan WordPress Hosting Niagahoster, Buat Website Makin Gampang!

Oh ya, website Anda juga akan dioptimasi secara otomatis dengan menggunakan plugin LiteSpeed Cache. Jadi Anda bisa langsung menikmati performa blog yang cepat.

Tidak hanya tentang kecepatan. Niagahoster juga percaya bahwa keamanan blog Anda perlu diutamakan. Itulah mengapa WordPress hostingnya juga dilengkapi fitur Anti Brute Force dan DDoS. Untuk keamanan ekstra, Anda juga akan mendapat gratis SSL selamanya.

Apakah blog Anda mengalami masalah? Tak perlu bingung. Anda hanya perlu hubungi tim customer support Niagahoster yang siap membantu Anda 24 jam 7 hari!  Anda dapat menghubungi mereka via live chat, telpon, atau email.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mulai bangun blog Anda dengan WordPress hosting Niagahoster! Spesial untuk Anda, saat ini ada diskon 75% + gratis domain! Klik tombol di bawah untuk order:

Ridandi Bintang Pamungkas

Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Share
Published by
Ridandi Bintang Pamungkas

Recent Posts

Jelang Black Friday 2020, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Black Friday 2020 akan segera tiba. Event belanja tahunan ini, selalu menawarkan diskon menarik. Anda tentu tak ingin ketinggalan, kan?…

2 hours ago

Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online…

1 day ago

API: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa yang terjadi jika sebuah aplikasi dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari nol? Tentunya, pekerjaan developer bisa lebih mudah…

2 days ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Adanya web cache memungkinkan loading website bisa lebih cepat. Jadi, Anda bisa menarik banyak pengunjung sekaligus membuat mereka betah di…

3 days ago

Tambah Penghasilan dengan Program Referral Karyawan Niagahoster

Mau tambah penghasilan dengan mudah? Coba ikut aja Program Referral Karyawan dari Niagahoster! Apa itu Program Referral Karyawan Niagahoster? Program…

3 days ago

Maskot Galeri: Dari Brosur Tempel, Kini Rambah Pasar Nasional dengan Website

Website akan mempermudah Anda dalam memasarkan bisnis dan meraih kepercayaan konsumen. Belum percaya? Coba tengok kisah Maskot Galeri. Produsen kostum…

4 days ago