Anda punya bisnis, tapi belum pernah mengiklankannya lewat Google Ads? Kalau belum, aduh… banyak potensi cuan yang terlewatkan, lho.
Perlu Anda tahu, 80% brand menggunakan Google Ads untuk promosi bisnis (WebFX, 2020). Sebab, beriklan di Google membuat strategi promosi brand lebih praktis hingga mampu menjangkau target pasar yang tepat.
Tapi tidak usah khawatir. Setelah membaca artikel ini, Anda bisa melakukan cara pasang iklan di Google sendiri. Di sini, kami akan menjelaskan cara pasang iklan di Google Ads termudah dan terlengkap untuk pemula. Yuk lanjut ke bawah!
Apa Itu Google Ads?
Google Ads adalah layanan iklan untuk mempromosikan bisnis ataupun produk/layanan Anda di hasil penelusuran Google. Dulunya, layanan ini dikenal dengan nama Google Adwords.
Menggunakan Google Ads, iklan Anda bisa muncul di Google Penelusuran, Maps, Google Play, ataupun platform Google lainnya.
Tak hanya memunculkan iklan di tempat yang strategis, manfaat Google Ads juga untuk memaksimalkan promosi. Ini beberapa kelebihan pasang iklan di Google:
- Iklan berpotensi menjangkau banyak orang, mengingat Google adalah search engine nomor satu yang orang gunakan
- Memudahkan bisnis melakukan remarketing alias menjaring customer potensial yang pernah berinteraksi dengan brand
- Membidik iklan sesuai target audiens spesifik lewat pengaturan iklan yang mudah
- Bebas mengatur anggaran ads
Bisa Anda mengerti, cara pasang iklan di Google berpotensi mendatangkan lebih banyak customer. Buktinya, tingkat konversi rata-rata Google Ads mencapai 3.75% (Webfx, 2019).
Kalau Anda tidak mau ketinggalan manfaat iklan Google, mari siapkan diri untuk cara membuat iklan di Google yang akan kami bahas di bawah ini.
Persiapan Cara Pasang Iklan di Google
Agar cara membuat iklan di Google Anda tepat, lakukan persiapan berikut:
1. Siapkan Nama Bisnis
Sebaiknya, siapkan nama toko yang bagus untuk cara pasang iklan di Google. Sebab saat pendaftaran Google Adwords, Anda harus mengisi identitas bisnis Anda.
2. Pahami Tujuan Iklan
Sebelum membuat iklan di Google, pastikan Anda punya tujuan promosi yang jelas. Sebagai tips, pahami dulu tentang sales funnel agar Anda lebih mudah menentukan tujuan cara beriklan di Google:
- Awareness: pelanggan potensial mengenal dan mempelajari brand Anda
- Interest: pelanggan potensial melakukan riset tentang produk Anda
- Decision: pelanggan potensial yakin membeli produk Anda
- Action: pelanggan potensial melakukan transaksi
- Retention: pelanggan melakukan pembelian kedua dan seterusnya
Katakanlah fokus Anda ke fase awareness. Maka, tujuan beriklan di Google Anda yaitu meningkatkan traffic website, menjangkau sebanyak mungkin audiens, dsb.
3. Lakukan Riset Keyword
Setelah tujuan cara pasang iklan di Google jelas, jangan lupa riset keyword, ya. Ini penting, karena keyword yang relevan memungkinkan ads ditemukan oleh target audiens yang tepat.
Pertimbangan keyword bisa berdasarkan volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, saran kata kunci, maupun hasil pada search engine result page (SERP).
Biar lebih praktis, silakan gunakan keyword tools semacam Google Search, Google Trends, Google Keyword Planner, dll.
4. Miliki Website
Untuk cara iklan di Google, Anda wajib memiliki website. Karena, iklan Google Ads terhubung ke website Anda dan akan mengarahkan audiens ke situs tersebut. Sehingga waktu mengaktifkan ads, Google iuga akan menanyakan website Anda apa.
Jadi kalau Anda belum punya, silakan lakukan dulu cara membuat website. Kami sarankan, pakai jenis layanan hosting yang cocok bagi bisnis kecil hingga menengah seperti.
- WordPress Hosting, tepat bagi pebisnis pemula yang ingin fokus ke pengembangan bisnis lewat CMS WordPress, tapi tetap bisa mengatur sisi teknis website dengan sederhana. Misalnya, menggunakan berbagai versi PHP.
- Unlimited Hosting, cocok untuk pebisnis yang butuh fleksibilitas konfigurasi sederhana pada website. Misalnya, opsi yang lebih banyak untuk memilih CMS.
Setelah memiliki website, Anda bisa praktek cara pasang iklan di Google secara langsung. Tapi kalau belum, juga tidak apa-apa, karena Anda bisa mempraktekkannya nanti.
Baca Juga: Memilih Hosting untuk Pemula
Cara Pasang Iklan di Google
Cara pasang iklan di Google:
1. Buka Google Ads
Pertama, buka dulu halaman Google Ads. Lalu, klik tombol Get Started.
Kalau Anda belum memiliki akun Google Ads, Google akan meminta Anda melakukan cara daftar Google AdSense. Namun jika sudah, Anda bisa langsung lanjut ke tahapan berikutnya.
2. Tentukan Tujuan Iklan
Cara pasang iklan di Google berikutnya, tentukan tujuan iklan.
Ada beberapa tujuan Google Adwords yang bisa Anda pilih, yaitu:
- Sales: meningkatkan penjualan di toko online, aplikasi, hingga telepon
- Leads: mendorong pelanggan yang relevan (leads) untuk melakukan suatu action. Misalnya, memberikan informasi kontak mereka.
- Website traffic: menarik audiens untuk mengunjungi website Anda
- Product and brand consideration: memperkenalkan bisnis dan layanan Anda ke audiens lebih luas
- Brand awareness and reach: menjangkau lebih banyak audiens
- App promotion: meningkatkan jumlah instal aplikasi, hingga pendaftaran aplikasi
- Local store visits and promotions: mendorong audiens mengunjungi toko Anda
Kalau sudah memilih, silakan tekan tombol Continue.
3. Pilih Tipe Kampanye
Cara beriklan di Google berikutnya, pilih tipe kampanye yang Anda butuhkan.
Setiap jenis iklan Google Ads didesain berdasarkan tujuan tertentu. Ada beberapa jenis iklan Google Ads, di antaranya:
- Search: iklan Google yang muncul pada halaman hasil pencarian (SERP) dan bertujuan meningkatkan penjualan, trafik website,
- Performance max: iklan Google yang secara otomatis menampilkan aset iklan tertentu untuk suatu kampanye
- Display, yaitu jenis iklan teks dan gambar yang muncul pada website, aplikasi, dan games untuk meningkatkan brand awareness
- Discovery: iklan Google muncul di hasil penelusuran YouTube, Gmail, dsb
- Shopping: iklan Google menampilkan katalog produk
- Video: iklan Google muncul di YouTube
Selain itu, masih banyak lagi jenis iklan Google Ads yang bisa Anda pilih. Yang mana, masing-masing punya format dan ukuran banner Google Adwords yang berbeda.
Setelah memilih tipe kampanye, klik tombol Continue.
4. Pilih Lokasi Penayangan Iklan
Di tahap ini, Anda harus memilih lokasi penayangan iklan. Misalnya, di Search Network, ataupun Display Network.
Bedanya, Search Network memungkinkan iklan muncul di hasil penelusuran Google maupun layanan Google lainnya. Sedangkan Display Network, memungkinkan iklan muncul di platform selain Google. Misalnya, aplikasi ataupun website milik seseorang.
Setelah memilih, gulir mouse ke bawah untuk mengisi pengaturan berikutnya.
Baca Juga: Search Engine Marketing
5. Tentukan Target Audiens
Pada tahapan ini, tentukan target audiens yang ingin Anda bidik. Baik lokasi negara, bahasa, hingga segmentasi audiens yang lebih detail. Misalnya, demografik, ketertarikan, dll.
Ingat, hati-hati dalam menentukan target audiens Google Adwords. Sebab, iklan Anda nantinya lebih berpotensi muncul ke target audiens sesuai pengaturan ini dan menentukan keberhasilan kampanye pemasaran Anda.
6. Tentukan Budget
Sekarang, Anda harus menentukan budget iklan di Google. Untuk iklan di Indonesia, budget minimal yang perlu Anda keluarkan adalah Rp50ribu. Ini bisa berubah, sesuai negara yang Anda bidik.
Di bawah tab Budget, ada Bidding. Bidding adalah anggaran untuk mengiklankan kata kunci tertentu berdasarkan fokus tertentu. Misalnya, berdasarkan click, views, dsb.
Nantinya, Google Adwords akan mengatur penayangan iklan Anda, sesuai dengan jumlah anggaran yang Anda tetapkan. Kalau terlalu rendah, bisa jadi iklan Anda jarang muncul. Begitu juga sebaliknya.
Baca Juga: Pay Per Click
7. Masukkan Kata Kunci
Selanjutnya, masukkan kata kunci yang sudah Anda riset saat bagian persiapan cara pasang iklan di Google.
Kalau Anda bingung, silakan klik tombol Get Keyword Suggestion untuk mendapatkan berbagai rekomendasi kata kunci yang tepat.
8. Buat Iklan
Sekarang, saatnya membuat tampilan iklan di Google. Anda bisa mengatur headline, deskripsi, juga tombol CTA yang diinginkan. Lalu, lihat perkiraan tampilan iklan di Google lewat tab Preview.
9. Lakukan Pembayaran
Langkah terakhir, konfirmasi pembayaran dan selesaikan transaksi.
Lengkapi berbagai info pembayaran seperti billing country, time zone, kode promo, hingga data customer.
Selanjutnya, pilih tipe pembayaran dan metode pembayaran.
Pada tipe pembayaran, tentukan apakah Anda ingin pembayaran iklan manual atau otomatis. Cara pembayaran otomatis mengharuskan Anda memiliki kartu kredit. Sedangkan cara manual cukup dengan ATM ataupun mobile banking.
Kalau sudah, centang bagian Advertising Program Terms dan klik Print.
Sekarang, Anda sudah bisa memasang Google Adwords sendiri untuk promosi bisnis dan layanan Anda. Meski begitu, mungkin Anda masih penasaran lebih detail tentang cara beriklan di Google. Tenang, kami akan menjawab rasa ingin tahu Anda pada bagian selanjutnya.
Baca Juga: Cara Menggunakan Google Analytics
Pertanyaan Lain Tentang Cara Pasang Iklan di Google
Anda masih punya pertanyaan lain tentang cara pasang iklan di Google? Kami akan menjawabnya satu per satu.
1. Pasang Iklan di Google Ads Cocok untuk Apa?
Cara beriklan di Google Ads cocok untuk mempromosikan berbagai layanan bisnis secara online. Tapi, Google Ads juga bisa mendorong kunjungan ke offline store Anda.
2. Google Ads Muncul di Mana Saja?
Google Ads bisa muncul di hasil penelusuran Google, Google Play, tab Shopping/Belanja, hingga di dalam Google Maps.
3. Apakah Pasang Iklan di Google Bayar?
Cara pasang iklan di Google itu berbayar. Tapi, ini fleksibel, kok. Anda bisa menyesuaikan anggaran sesuai budget dan Anda hanya perlu membayar iklan yang berhasil mengundang tindakan yang Anda harapkan. Misal, setiap ada orang yang mengklik iklan Anda.
4. Berapa Harga Pasang Iklan di Google?
Harga pasang iklan di Google minimum Rp50ribu. Namun, ini bisa saja berubah tergantung kebijakan Google.
5. Apakah Cara Membuat Iklan di Google Kena Pajak?
Sama seperti penjualan iklan lainnya di Indonesia, penggunaan iklan Google Ads akan dikenakan pajak sebesar 10%.
Nah, semoga pertanyaan di atas menjawab rasa penasaran Anda tentang cara pasang iklan di Google.
Ada banyak tips beriklan di Google yang ampuh. Mulai dari menentukan tujuan iklan yang jelas, gunakan kata kunci yang tepat, buat teks iklan yang menarik, dan banyak lagi. Intinya, pesan promosi Anda harus relevan dengan target pasar Anda.
Anda Siap Pasang Iklan di Google Ads!
Sekarang, Anda sudah tahu semua langkah cara pasang iklan di Google. Ternyata, cukup simple, kan?
Setelah melakukan cara membuat iklan di Google, Anda bisa mempromosikan bisnis dengan lebih efektif. Pengaturan iklan bisa disesuaikan dengan tujuan kampanye marketing Anda dan juga sampai ke target pasar yang Anda bidik.
Tapi tidak hanya menggunakan cara beriklan di Google saja, sukseskan kampanye marketing Anda dengan jenis iklan online lainnya. Salah satunya dengan Facebook Ads.
Nah kabar gembiranya, kami sudah menyiapkan ebook Panduan Facebook Ads Pemula yang bisa Anda unduh secara gratis. Yuk langsung klik tombol di bawah ini!