Anda punya bisnis, tapi belum pernah mengiklankannya lewat Google Ads? Kalau belum, aduh… banyak potensi cuan yang terlewatkan, lho.
Perlu Anda tahu, 80% brand menggunakan Google Ads untuk promosi bisnis (WebFX, 2020). Sebab, beriklan di Google membuat strategi promosi brand lebih praktis hingga mampu menjangkau target pasar yang tepat.
Tapi tidak usah khawatir. Setelah membaca artikel ini, Anda bisa melakukan cara pasang iklan di Google sendiri. Di sini, kami akan menjelaskan cara pasang iklan di Google Ads termudah dan terlengkap untuk pemula. Yuk lanjut ke bawah!
Google Ads adalah layanan iklan untuk mempromosikan bisnis ataupun produk/layanan Anda di hasil penelusuran Google. Dulunya, layanan ini dikenal dengan nama Google Adwords.
Menggunakan Google Ads, iklan Anda bisa muncul di Google Penelusuran, Maps, Google Play, ataupun platform Google lainnya.
Tak hanya memunculkan iklan di tempat yang strategis, manfaat Google Ads juga untuk memaksimalkan promosi. Ini beberapa kelebihan pasang iklan di Google:
Bisa Anda mengerti, cara pasang iklan di Google berpotensi mendatangkan lebih banyak customer. Buktinya, tingkat konversi rata-rata Google Ads mencapai 3.75% (Webfx, 2019).
Kalau Anda tidak mau ketinggalan manfaat iklan Google, mari siapkan diri untuk cara membuat iklan di Google yang akan kami bahas di bawah ini.
Agar cara membuat iklan di Google Anda tepat, lakukan persiapan berikut:
Sebaiknya, siapkan nama bisnis untuk cara pasang iklan di Google. Sebab saat pendaftaran Google Adwords, Anda harus mengisi identitas bisnis Anda.
Baca Juga: Tips Nama Toko Online
Sebelum membuat iklan di Google, pastikan Anda punya tujuan promosi yang jelas. Sebagai tips, pahami dulu tentang sales funnel agar Anda lebih mudah menentukan tujuan cara beriklan di Google:
Katakanlah fokus Anda ke fase awareness. Maka, tujuan beriklan di Google Anda yaitu meningkatkan traffic website, menjangkau sebanyak mungkin audiens, dsb.
Setelah tujuan cara pasang iklan di Google jelas, jangan lupa riset keyword, ya. Ini penting, karena keyword yang relevan memungkinkan ads ditemukan oleh target audiens yang tepat.
Pertimbangan keyword bisa berdasarkan volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, saran kata kunci, maupun hasil pada search engine result page (SERP).
Biar lebih praktis, silakan gunakan keyword tools semacam Google Search, Google Trends, Google Keyword Planner, dll.
Untuk cara iklan di Google, Anda wajib memiliki website. Karena, iklan Google Ads terhubung ke website Anda dan akan mengarahkan audiens ke situs tersebut. Sehingga waktu mengaktifkan ads, Google iuga akan menanyakan website Anda apa.
Jadi kalau Anda belum punya, silakan lakukan dulu cara membuat website. Kami sarankan, pakai jenis layanan hosting yang cocok bagi bisnis kecil hingga menengah seperti.
Setelah memiliki website, Anda bisa praktek cara pasang iklan di Google secara langsung. Tapi kalau belum, juga tidak apa-apa, karena Anda bisa mempraktekkannya nanti.
Baca Juga: Memilih Hosting untuk Pemula
Cara pasang iklan di Google:
Pertama, buka dulu halaman Google Ads. Lalu, klik tombol Get Started.
Kalau Anda belum memiliki akun Google Ads, Google akan meminta Anda melakukan cara daftar Google AdSense. Namun jika sudah, Anda bisa langsung lanjut ke tahapan berikutnya.
Cara pasang iklan di Google berikutnya, tentukan tujuan iklan.
Ada beberapa tujuan Google Adwords yang bisa Anda pilih, yaitu:
Kalau sudah memilih, silakan tekan tombol Continue.
Cara beriklan di Google berikutnya, pilih tipe kampanye yang Anda butuhkan.
Setiap jenis iklan Google Ads didesain berdasarkan tujuan tertentu. Ada beberapa jenis iklan Google Ads, di antaranya:
Selain itu, masih banyak lagi jenis iklan Google Ads yang bisa Anda pilih. Yang mana, masing-masing punya format dan ukuran banner Google Adwords yang berbeda.
Setelah memilih tipe kampanye, klik tombol Continue.
Di tahap ini, Anda harus memilih lokasi penayangan iklan. Misalnya, di Search Network, ataupun Display Network.
Bedanya, Search Network memungkinkan iklan muncul di hasil penelusuran Google maupun layanan Google lainnya. Sedangkan Display Network, memungkinkan iklan muncul di platform selain Google. Misalnya, aplikasi ataupun website milik seseorang.
Setelah memilih, gulir mouse ke bawah untuk mengisi pengaturan berikutnya.
Baca Juga: Search Engine Marketing
Pada tahapan ini, tentukan target audiens yang ingin Anda bidik. Baik lokasi negara, bahasa, hingga segmentasi audiens yang lebih detail. Misalnya, demografik, ketertarikan, dll.
Ingat, hati-hati dalam menentukan target audiens Google Adwords. Sebab, iklan Anda nantinya lebih berpotensi muncul ke target audiens sesuai pengaturan ini dan menentukan keberhasilan kampanye pemasaran Anda.
Sekarang, Anda harus menentukan budget iklan di Google. Untuk iklan di Indonesia, budget minimal yang perlu Anda keluarkan adalah Rp50ribu. Ini bisa berubah, sesuai negara yang Anda bidik.
Di bawah tab Budget, ada Bidding. Bidding adalah anggaran untuk mengiklankan kata kunci tertentu berdasarkan fokus tertentu. Misalnya, berdasarkan click, views, dsb.
Nantinya, Google Adwords akan mengatur penayangan iklan Anda, sesuai dengan jumlah anggaran yang Anda tetapkan. Kalau terlalu rendah, bisa jadi iklan Anda jarang muncul. Begitu juga sebaliknya.
Baca Juga: Pay Per Click
Selanjutnya, masukkan kata kunci yang sudah Anda riset saat bagian persiapan cara pasang iklan di Google.
Kalau Anda bingung, silakan klik tombol Get Keyword Suggestion untuk mendapatkan berbagai rekomendasi kata kunci yang tepat.
Sekarang, saatnya membuat tampilan iklan di Google. Anda bisa mengatur headline, deskripsi, juga tombol CTA yang diinginkan. Lalu, lihat perkiraan tampilan iklan di Google lewat tab Preview.
Langkah terakhir, konfirmasi pembayaran dan selesaikan transaksi.
Lengkapi berbagai info pembayaran seperti billing country, time zone, kode promo, hingga data customer.
Selanjutnya, pilih tipe pembayaran dan metode pembayaran.
Pada tipe pembayaran, tentukan apakah Anda ingin pembayaran iklan manual atau otomatis. Cara pembayaran otomatis mengharuskan Anda memiliki kartu kredit. Sedangkan cara manual cukup dengan ATM ataupun mobile banking.
Kalau sudah, centang bagian Advertising Program Terms dan klik Print.
Sekarang, Anda sudah bisa memasang Google Adwords sendiri untuk promosi bisnis dan layanan Anda. Meski begitu, mungkin Anda masih penasaran lebih detail tentang cara beriklan di Google. Tenang, kami akan menjawab rasa ingin tahu Anda pada bagian selanjutnya.
Baca Juga: Cara Menggunakan Google Analytics
Anda masih punya pertanyaan lain tentang cara pasang iklan di Google? Kami akan menjawabnya satu per satu.
Cara beriklan di Google Ads cocok untuk mempromosikan berbagai layanan bisnis secara online. Tapi, Google Ads juga bisa mendorong kunjungan ke offline store Anda.
Google Ads bisa muncul di hasil penelusuran Google, Google Play, tab Shopping/Belanja, hingga di dalam Google Maps.
Cara pasang iklan di Google itu berbayar. Tapi, ini fleksibel, kok. Anda bisa menyesuaikan anggaran sesuai budget dan Anda hanya perlu membayar iklan yang berhasil mengundang tindakan yang Anda harapkan. Misal, setiap ada orang yang mengklik iklan Anda.
Harga pasang iklan di Google minimum Rp50ribu. Namun, ini bisa saja berubah tergantung kebijakan Google.
Sama seperti penjualan iklan lainnya di Indonesia, penggunaan iklan Google Ads akan dikenakan pajak sebesar 10%.
Nah, semoga pertanyaan di atas menjawab rasa penasaran Anda tentang cara pasang iklan di Google.
Ada banyak tips beriklan di Google yang ampuh. Mulai dari menentukan tujuan iklan yang jelas, gunakan kata kunci yang tepat, buat teks iklan yang menarik, dan banyak lagi. Intinya, pesan promosi Anda harus relevan dengan target pasar Anda.
Sekarang, Anda sudah tahu semua langkah cara pasang iklan di Google. Ternyata, cukup simple, kan?
Setelah melakukan cara membuat iklan di Google, Anda bisa mempromosikan bisnis dengan lebih efektif. Pengaturan iklan bisa disesuaikan dengan tujuan kampanye marketing Anda dan juga sampai ke target pasar yang Anda bidik.
Tapi tidak hanya menggunakan cara beriklan di Google saja, sukseskan kampanye marketing Anda dengan jenis iklan online lainnya. Salah satunya dengan Facebook Ads.
Nah kabar gembiranya, kami sudah menyiapkan ebook Panduan Facebook Ads Pemula yang bisa Anda unduh secara gratis. Yuk langsung klik tombol di bawah ini!
Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!
UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!
Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…
Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!
Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain. Dengan…
Niagahoster berkomitmen membantu Anda meraih kesuksesan online. Nah, kami punya pemberitahuan terkait layanan EazyLink. Cek infonya di sini!
Ingin berbisnis tapi tak punya modal yang cukup? Atau ingin memiliki usaha sampingan yang fleksibel tapi menjanjikan? Sangat bisa. Anda…