Putri Aprilia an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

[Terlengkap] Jenis dan Ukuran Banner Iklan Google Adwords (Google Ads)

5 min read

ukuran banner Google Ads

Ingin beriklan di Google Ads tapi tidak tahu ukuran banner yang pas? Salah-salah, informasi iklan Anda tidak dapat ditampilkan dengan baik. Anda tentu tak ingin hal itu terjadi, bukan? 

Nah, supaya iklan Anda efektif, penting untuk mengetahui jenis dan ukuran banner Google AdWords yang ideal. Di artikel ini, kami akan membahasnya secara lengkap. Yuk, simak penjelasannya! 

Jenis dan Ukuran Banner Google AdWords

Jenis dan Ukuran Banner Google AdWords

Ada banyak jenis dan ukuran banner Google AdWords untuk promosi iklan. Penasaran apa saja itu? Berikut ini penjelasannya. 

1. Leaderboard

Inilah jenis banner Google Adwords yang banyak digunakan. Leaderboard memiliki ukuran 728 x 90 dan biasanya ditempatkan di atas konten utama atau di samping header website. 

Bentuk dan letaknya yang mudah dijangkau membuat iklan ini efektif untuk digunakan. 

Untuk hasil lebih optimal, sebaiknya fitur teks dan gambar diaktifkan untuk Leaderboard ini. Keunggulan lainnya adalah jenis banner Google Adwords ini cocok untuk iklan di perangkat mobile. 

2. Large Rectangle 

Sesuai namanya, Large Rectangle berbentuk persegi panjang. Ukuran banner google ads ini adalah 336 x 280

Biasanya iklan akan ditampilkan di dalam konten teks atau di akhir artikel sebuah blog/website. Dengan demikian, kemungkinan iklan dijangkau oleh pengunjung pun lebih besar. Iklan jenis ini juga akan berjalan lebih optimal jika ditampilkan dengan teks dan gambar. 

3. Medium Rectangle

Medium Rectangle akan tampak baik untuk digunakan di perangkat desktop maupun mobile. Jenis banner google adwords ini memiliki ukuran 300×250.

Jika menggunakan medium rectangle, Anda akan mudah menempatkan iklan di berbagai tempat yang ideal. Bisa di sidebar, footer, atau bahkan di dalam konten artikel. 

4. Wide Skyscraper

Nama Wide Skyscraper cocok untuk menggambarkan ukuran banner google ads ini. Iklan banner jenis ini memiliki bentuk memanjang ke bawah dan ditampilkan di sepanjang sidebar halaman web. Ukuran yang digunakan 160×600.

Dengan bentuk yang memanjang, iklan banner ini akan optimal digunakan untuk menonjolkan desain gambar dan copy yang sederhana. Selain menarik, pesan bisa tersampaikan dengan baik. Karena terlihat menyatu dengan website, iklan jenis wide skyscraper tidak terlalu mengganggu pengunjung website. 

5. Large Leaderboard

Ingin menggunakan size banner iklan google adwords yang lebih besar dari Leaderboard? Large Leaderboard bisa menjadi pilihan. Dengan ukuran 970×90, iklan Anda dapat menampilkan informasi dengan baik.

Jenis banner Google Adwords ini bentuknya melebar ke samping dan biasanya tampil di atas konten utama. Idealnya, banner ini digunakan untuk menampilkan konten dengan resolusi tinggi, seperti video, foto, animasi, dan juga aplikasi. 

6. Banner  

Jika ingin ukuran yang lebih kecil dari banner Leaderboard tapi bentuk yang sama, Anda bisa pakai jenis banner Google Ads ini. Ukurannya adalah 468 x 60. 

Sayangnya, persediaan iklan untuk jenis ini sangat terbatas. Meskipun terbatas, banner jenis ini layak Anda coba, terutama untuk iklan di perangkat mobile. 

7. Mobile Leaderboard

Sesuai namanya Mobile Leaderboard merupakan ukuran banner Google Ads untuk perangkat mobile. Jenis ini memiliki ukuran 320 x 50. 

Bentuknya seperti jenis Leaderboard yang memanjang ke samping serta akan memenuhi layar smartphone. Jenis ini juga mudah dilihat oleh pengunjung karena letaknya di atas konten utama. 

8. Half Page 

Selain Leaderboard, Half Page merupakan jenis banner Google Ads yang juga banyak disukai oleh pengiklan. Sebab memiliki bentuk yang besar dan lebar. Ukurannya 300 x 600

Iklan jenis ini akan ditampilkan di sidebar namun tetap menyisakan beberapa widget website. Bentuk ini akan sangat cocok untuk menyampaikan informasi yang interaktif, misalnya dengan gambar atau copy yang memikat. 

9. Billboard

Butuh ukuran banner Google Ads yang paling besar untuk muncul di bagian header website? Billboard sangat cocok untuk kebutuhan Anda. Ukurannya 970 x 250 dengan bentuk memanjang ke samping. 

Karena letaknya di header website, jenis ini akan sangat mudah dijangkau dan dilihat oleh pengunjung. Jadi, pastikan iklan Anda menampilkan desain yang menarik supaya pengunjung tertarik untuk mengkliknya. 

10. Portrait 

Seperti namanya, banner Google Ads ini memiliki bentuk memanjang ke bawah atau portrait. Ukurannya cukup besar, yaitu 300 x 1050

Bentuk banner ini pun akan memenuhi sidebar website sehingga tidak menyisakan ruang untuk widget website. Namun, meskipun ukurannya yang besar, iklan ini tetap mudah untuk dilihat pengunjung website. 

11. Square 

Tak ingin ukuran banner Google Ads yang besar? Square bisa jadi pilihannya. Ukurannya hanya 250 x 250. Sesuai namanya, bentuk iklan ini berupa kotak persegi.  

Iklan ini dapat muat di ruang kecil tepatnya di sisi sidebar ataupun di dalam konten. Tak heran, bentuk iklan ini juga sering dipakai oleh pengiklan dari berbagai sektor bisnis. 

12. Mobile Banner 

Sesuai namanya, Mobile Banner merupakan jenis banner Google Ads yang cocok digunakan di perangkat mobile. Ukuran banner jenis ini adalah 320 x 50. Selain itu, letak iklan ini tepat di bawah judul konten. 

Banyak pengiklan yang menyukai jenis ini karena selain dapat digunakan di mobile, jenis ini juga cocok digunakan di desktop. Jadi, pastikan desain iklan yang Anda buat responsif.  

13. Large Mobile Banner

Iklan banner Google Ads ini merupakan versi lebih besar dari jenis Mobile Banner. Ukurannya adalah 320 x 100

Letak iklan ini biasanya di header atau di bawah judul artikel. Dengan ukuran yang lebih besar, iklan Anda akan lebih mudah dijangkau. Namun, tetap tidak terlalu mengganggu pengunjung website perangkat mobile.  

Rekomendasi Ukuran Banner Google Ads 

Nah, dari berbagai ukuran banner Google Ads di atas, manakah yang paling baik untuk iklan Anda? Tak perlu bingung, Google sendiri telah merekomendasikan 5 ukuran banner berikut:

  1. Medium Rectangle — berukuran 300 x 250 yang fleksibel ditempatkan di sidebar atau footer.
  2. Large Rectangle — berukuran 336 x 280 yang biasanya muncul di bagian akhir dari konten.
  3. Leaderboard — berukuran 728 x 90 yang letaknya di atas konten utama atau samping header.
  4. Wide Skyscraper — berukuran 160 x 600 yang cocok ditampilkan di sidebar website. 
  5. Mobile Banner — berukuran 320 x 50 yang akan ditampilkan di bawah judul konten dan sangat pas untuk perangkat mobile.

Format dan Ukuran File Banner Google AdWords

Selain menggunakan ukuran banner yang sesuai, Anda juga harus memastikan bahwa file banner iklan tidak melebihi ketentuan Google yaitu berukuran 150KB. Jika melebihi ketentuan, banner iklan tidak akan disetujui oleh Google. 

Selain besarnya file, Anda juga perlu mengetahui jenis format file yang bisa dipakai. Beberapa format banner iklan yang diterima oleh Google adalah JPEG, SWF, PNG, atau GIF.  

Jadi, pastikan format dan ukuran file banner Anda sudah sesuai, ya! 

Baca juga: Memilih Format Gambar yang Tepat untuk Website Anda

Cara Mengoptimalkan Tampilan Google Display Ads 

Meskipun sudah ada rekomendasi ukuran banner Google AdWords dari Google, Anda tetap perlu melakukan optimasi iklan Google Anda. Jadi, iklan dapat bekerja secara optimal. Bagaimana caranya? 

1. Membuat Design Banner Ads yang Menarik 

Anda perlu menyesuaikan desain dengan informasi yang akan disampaikan sesuai tujuan iklannya. Jangan lupa, buatlah iklan dengan desain yang sederhana. Kalau ingin menonjolkan informasi penting, tampilkan satu atau dua kata utama saja. 

Selain itu, sesuaikan juga jumlah kata dengan desain dan whitespace-nya. Nah, tipsnya, Anda bisa menggunakan bullet point supaya audiens mudah mendapatkan informasi. 

Sebagai gambaran, berikut contoh iklan dengan desain dan informasi yang sesuai: 

banner Google Ads Niagahoster
Banner Google AdWords Niagahoster

2. Gunakan Call to Action 

Untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi promo yang ditawarkan, pastikan Anda menempatkan CTA dengan tepat. CTA adalah instruksi berbentuk tombol yang mengarahkan konsumen ke halaman landing page Anda. 

Nah, supaya CTA bekerja efektif, gunakan desain yang menarik dan tampak menonjol diklik. Misalnya, dengan menggunakan warna yang berbeda dan lebih kontras. 

Selain itu, agar konsumen tertarik klik CTA, Anda perlu menuliskan copy yang memikat. 

Baca juga: Belajar Copywriting: Cara Lengkap “Menjual” dengan Tulisan 

3.Testing

Setelah membuat desain yang menarik, menulis informasi yang engaging, dan menempatkan CTA pada posisi yang tepat, Anda juga perlu melakukan testing. Tujuannya, supaya benar-benar mengetahui bahwa iklan yang dipasang dapat menghasilkan conversion (pembelian). 

Uji coba pada iklan dapat dilakukan sekaligus per iklan atau per poin yang ingin Anda tes. Misalnya, Anda bisa menguji desain terlebih dulu. Kemudian, baru diikuti memilih ukuran banner Google Ads yang tepat. Bisa juga dengan membandingkan antara iklan untuk mobile dan desktop.

Lakukanlah berbagai eksperimen sesuai tujuan promosi Anda. Lalu, hasil dari analisis testing bisa Anda gunakan untuk kampanye iklan yang lebih besar dan masif. 

Baca juga: Panduan Google Display Network 

Gunakan Ukuran Banner Google Ads yang Tepat Agar Promosi Lebih Efektif!

Demikianlah ulasan mengenai jenis dan ukuran banner Google Ads untuk mengiklankan bisnis. Anda bisa pakai berbagai ukuran banner iklan yang telah disediakan sesuai kebutuhan. 

Pastikan Anda membuat desain iklan yang responsif, sehingga akan tampil baik di desktop dan perangkat mobile. 

Jangan lupa, selain ukuran banner, desain dan copy iklan juga tak kalah penting. Keduanya akan membantu mengoptimasi iklan Anda. Tuliskan informasi yang singkat dan jelas sesuai kampanye produk yang dilakukan. 

Nah, jika Anda ingin lebih mudah dalam membuat desain iklan, sebuah template bisa membantu Anda. Kami memiliki template iklan online yang bisa Anda dapatkan secara gratis. 

Putri Aprilia an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.
[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]