Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

20+ Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress

6 min read

langkah wajib setelah install wordpress

Apakah Anda baru saja membuat website menggunakan WordPress? Menggunakan WordPress adalah langkah paling tepat untuk memulai website Anda, baik itu blog, website perusahaan, ataupun toko online.

Namun, bagi para pemula atau orang awam di bidang pembuatan website muncul masalah baru setelah berhasil menginstall WordPress, yaitu apa yang harus dilakukan setelahnya?

Setelah berhasil membuat website, mungkin Anda berpikir pekerjaan Anda sudah selesai dan tinggal mengisi konten website tersebut. Akan tetapi, masih ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar website yang sudah Anda buat bisa memberikan performa terbaik.

Di balik website yang terlihat sudah “berhasil dibuat” tersebut menyimpan segudang pekerjaan yang harus diselesaikan.

Ibarat membangun sebuah rumah yang memiliki bagian exterior dan interior. Menyelesaikan bagian exterior saja akan membuat rumah terlihat bagus dari luar, tapi berantakan dari dalam. Rumah baru bisa dikatakan selesai ketika Anda juga sudah menyelesaikan bagian interiornya.

Sama seperti website. Berhasil menginstall WordPress berarti Anda baru menyelesaikan bagian exterior website saja atau setengah dari keseluruhan membuat website. Anda juga harus menyelesaikan bagian “interior”-nya agar website menjadi sempurna. Nah, 20 langkah di bawah ini akan membantu Anda untuk menyelesaikan dan memperbaiki interior website Anda.

Langkah Wajib Setelah Install WordPress

1. Tambahkan Contact Form

Mungkin contact form terlihat sepele, tetapi tidak bisa diabaikan. Contact form di website memudahkan pengunjung website untuk menghubungi Anda.

Hal ini berlaku baik untuk website perusahaan dan blog. Untuk website toko online, biasanya lebih banyak yang menggunakan chat agar lebih cepat komunikasinya, walaupun tidak ada salahnya juga untuk menambahkan fitur contact form di website toko online. Sedangkan untuk website perusahaan atau blog, Anda bisa menggunakan contact form.

Menambahkan contact form ke website bukan perkara sulit karena tersedia banyak plugin contact form. Salah satu plugin yang saya rekomendasikan adalah Contact Form 7. Contact Form 7 sudah digunakan oleh 5 juta website. Selain mudah digunakan, plugin ini juga tersedia secara gratis.

2. Lengkapi Informasi Website

install wordpress lengkapi informasi

Tujuan orang mengunjungi website adalah untuk memperoleh informasi tentang Anda seperti bisnis apa yang Anda jalankan atau siapa pemilik perusahaannya. Jika Anda mengelola blog, Anda perlu menampilkan informasi singkat tentang siapa Anda dan latar belakang tentang blog yang Anda kelola.

Agar informasi dasar tentang website atau blog Anda lengkap beberapa hal harus dilakukan. Pertama, mengganti Site Title (Nama website atau blog) dan Tagline. Buka dasbor WordPress, lalu klik Setting > General. Setelah itu Anda bisa menuliskan Site Title dan tagline sesuai keinginan Anda.

Selesai mengisi Site Title dan Tagline, Anda juga perlu membuat laman About Us/About Me yang berisi informasi singkat tentang bisnis atau diri Anda. Buka dasbor WordPress, lalu klik Page > Add New.   

3. Pengaturan SEO

setelah install wordpress yoast

Bicara tentang website dan blog tidak pernah lepas dari SEO. Secara sederhana, SEO atau Search Engine Optimization adalah tools yang membuat website Anda dapat muncul di hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya.

Pengaturan SEO harus dilakukan sejak website pertama kali dibuat. Terdapat banyak tahap untuk mengatur SEO WordPress di website Anda. Salah satunya adalah dengan memasang plugin SEO.

Plugin SEO memudahkan Anda untuk membangun SEO di website. Beberapa plugin yang wajib Anda install adalah Yoast SEO dan SEO internal link. Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO terbaik dari WordPress. Penggunanya sudah mencapai 5 juta dan terus bertambah.

Yoast SEO akan membantu Anda untuk menambahkan SEO title dan meta deskripsi untuk postingan dan laman website. Sedangkan SEO internal link membantu Anda untuk menambahkan internal link secara otomatis.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mempelajari tentang SEO WordPress di artikel Tips Mudah SEO WordPress ini.

4. Pasang Google Analytics

google analytics install wordpress

Jika Anda sudah mengatur SEO WordPress dengan benar, besar kemungkinan akan banyak trafik di website Anda. Untuk mengetahui bagaimana perilaku pengunjung website atau blog, Anda bisa menggunakan Google Analytics.

Google Analytics dapat membantu Anda untuk memahami pengunjung website atau blog. Apa yang mereka cari, artikel mana yang paling banyak pembacanya, artikel manya yang kurang populer, berapa lama pengunjung membaca blog atau website dan lain-lain.

Insight tersebut dapat Anda manfaatkan untuk bisa menyediakan konten lebih baik untuk pengunjung. Anda dapat memasang Google Analytics dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini.

5. Buat Sitemap

setelah install wordpress sitemap

Sitemap adalah sebuah daftar dari halaman website yang dapat diakses oleh user dan search engine. Fungsi sitemap adalah untuk memberi petunjuk ke user dan search engine mengenai semua halaman yang dapat diakses di website tersebut.

Ada beberapa cara membuat sitemap, yaitu menggunakan Yoast SEO dan Sitemap XML. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, Anda dapat membaca artikel ini.

6. Install Caching

install wordpress w3 total cache

Pengunjung tidak suka website atau blog yang loading lama. Berdasarkan riset oleh Akamai sebanyak 57 persen pengunjung akan meninggalkan website yang membutuhkan loading lebih dari tiga detik.

Selain itu Google juga lebih menyukai website atau blog yang loading-nya cepat. Kecepatan loading menjadi salah satu faktor dalam penilaian Google yang menentukan website atau blog bisa naik peringkat di hasil pencarian atau tidak.

Untuk mempercepat loading website atau blog Anda bisa memasang plugin caching. Salah satu plugin yang cukup terkenal untuk mempercepat loading adalah W3 Total Cache. Penjelasan lengkap cara pemasangannya dapat Anda baca di sini.

7. Menyiapkan Back Up

install wordpress updraftplus

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah tersebut juga berlaku ketika Anda mengelola website. Untuk menghindari kehilangan data-data penting website Anda perlu melakukan langkah pencegahan dengan menyiapkan setting back up.

Setting back up bisa Anda lakukan secara otomatis dengan memasang plugin back up seperti UpdraftPlus. Anda dapat membaca penjelasan lengkap tentang cara install dan setting UpdraftPlus di artikel ini.  

8. Atur Keamanan WordPress

Keamanan merupakan hal yang tidak bisa Anda sepelekan, terutama di internet. Di internet tersebar banyak virus dan malware. Website atau blog Anda pun bisa menjadi sasaran jika tidak dibekali fitur-fitur keamanan yang mumpuni.

Dan langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengamankan WordPress tidak sedikit. Dari membuat log in custom, mengubah default user admin, hingga memasang plugin keamanan WordPress. Penjelasan lebih lengkap dapat Anda baca di artikel 19 Tips Keamanan WordPress.

9. Atur Komentar

install wordpress komentar

Poin ini hanya berlaku untuk blog karena website toko online dan website perusahaan biasanya tidak memiliki komentar. Sedangkan blog biasanya memiliki fitur komentar agar pembaca blog bisa berinteraksi dengan pemilik blog.

Cara pengaturannya mudah, yaitu dengan klik Setting > Discussion. Di sini Anda bisa mengatur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan komentar, mengatur notifikasi komentar, dan mengaktifkan moderasi komentar. Sebaiknya aktifkan moderasi komentar agar komentar yang muncul di blog Anda adalah komentar-komentar yang sudah Anda setujui.

Download E-Book: Tutorial WordPress untuk Pemula

10. Pasang Perlindungan Spam

install wordpress akismet

Selain mengamankan WordPress dari serangan virus dan malware, Anda juga perlu hati-hati terhadap komentar spam. Sebab seringkali komentar spam membawa file atau link berbahaya. Anda memang bisa mengaktifkan moderasi komentar, tetapi jika komentar spam terus bertambah moderasi komentar saja tidak cukup.

Anda perlu memasang plugin proteksi spam untuk menangkal komentar-komentar yang terindikasi spam dan mengandung link berbahaya. Salah satu plugin terbaik untuk menangkal komentar spam adalah Akismet.

11. Hapus Tema yang Tidak Dipakai

hapus tema wordpress install

Kebanyakan orang akan mencoba berbagai tema WordPress sebelum memutuskan satu tema yang akan digunakan. Anda bisa saja menginstall 5 tema, 10 tema, atau bahkan lebih.

Jika Anda sudah memutuskan untuk memasang satu tema, sebaiknya hapus sisa tema yang tidak digunakan. Hal ini untuk menghindari disk space yang penuh dengan tema-tema tidak terpakai.

Untuk menghapusnya, klik Appearance > Theme pada dasbor. Kemudian pilih tema yang tidak digunakan. Terdapat tombol delete di pojok bawah kanan, klik tombol tersebut dan selesai.

12. Hapus Plugin Tidak Terpakai

hapus tema wordpress install

Selain menghapus tema yang tidak terpakai, Anda juga perlu menghapus plugin-plugin yang tidak terpakai juga. Hal ini untuk menghindari pemakaian disk space untuk plugin yang tidak digunakan.

13. Hapus Konten Default

Setelah selesai memasang WordPress, biasanya sudah ada konten default seperti “Hello World” dan semacamnya. Anda bisa menghapus konten tersebut tanpa perlu khawatir akan berpengaruh apa-apa terhadap website Anda.

Klik Post > All Post, kemudian tekan tombol trash di bawah konten tersebut.

14. Pilih Font

google font install wordpress

Tema yang Anda pilih biasanya sudah membawa font default. Jika Anda kurang suka dengan font bawaan dari tema, Anda bisa menggantinya dengan font lain. Banyak plugin yang bisa membantu Anda untuk mengganti font, salah satunya WP Google Font. Yang perlu Anda lakukan hanya menginstall plugin tersebut, lalu pilih font sesuai keinginan Anda.

15. Buat Kategori

categories install wordpress

Biasanya WordPress sudah memiliki kategori default, yaitu “Uncategorized”. Jika Anda tidak menambahkan kategori apapun, semua postingan Anda akan masuk ke kategori tersebut. Untuk membuat kategori baru, Anda bisa klik Post > Categories. Kemudian isi kategori yang Anda inginkan.

Setelah itu ubah default categories dari Uncategorized menjadi salah satu dari kategori yang Anda buat. Anda bisa menghapus kategori “Uncategorized” atau mengubahnya menjadi kategori lain.

16. Atur Homepage

homepage install wordpress

Terdapat dua jenis homepage, yaitu statis dan latest post. Homepage statis adalah homepage yang menampilkan halaman tertentu yang Anda pilih, biasanya digunakan oleh website toko online atau website perusahaan.

Sedangkan latest post homepage adalah homepage yang menampilkan konten terbaru yang Anda terbitkan. Setiap konten terbaru akan muncul paling atas di homepage. Jenis homepage ini biasanya digunakan oleh blog.

Anda bisa mengaturnya dengan menuju Setting > Reading dan pilih jenis homepage sesuai kebutuhan Anda.

17. Lengkapi Profil

homepage install wordpress

Anda bisa menambahkan bio dan informasi singkat tentang Anda di profil. Selain itu Anda juga bisa menambahkan link ke media sosial atau blog lain yang Anda kelola. Untuk mengubahnya profil, klik User > Profil. Kemudian isi profil sesuai yang Anda inginkan.

18. Upload Gravatar

gravatar install wordpress

Untuk melengkapi profil dengan foto, WordPress menyediakan platform terpisah, yaitu Gravatar. Gravatar adalah platform hosting foto profil yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan foto profil yang sama di berbagai website.

Cara membuat foto profil di Gravatar cukup mudah. Kunjungi situs Gravatar lalu buat akun menggunakan alamat email yang sama dengan akun WordPress Anda. Setelah itu unggah foto untuk foto profil di Gravatar. Gravatar akan secara otomatis mengintegrasikan foto tersebut dengan foto profil di website Anda

19. Buat Favicon

cara membuat favicon niagahoster

Favicon, kependekan dari favorite icon, adalah gambar ikon website yang berfungsi sebagai identitas visual website. Favicon biasanya muncul di tab dan bookmark browser. Dengan adanya favicon, blog atau website Anda akan lebih mudah untuk diingat oleh pengunjung di antara website dan blog lain.

Cara membuat favicon pun beragam. Anda dapat memilih cara yang menurut Anda paling mudah dari artikel Cara Membuat Favicon untuk Blog dan Website.

20. Ubah Permalink

install wordpress permalink

Secara default, WordPress menghasilkan struktur permalink yang cukup panjang. Struktur default tersebut berupa tanggal serta nama URL. Contohnya seperti di bawah ini.

https://websiteanda.com/2017/08/10/judul-postingan

Sayangnya permalink seperti contoh di atas kurang disukai Google. Google lebih suka permalink yang singkat dan hanya mengandung keyword yang sesuai dengan isi artikel. Seperti contoh di bawah ini

https://websiteanda.com/judul-postingan

Untuk mengubah struktur permalink yang perlu Anda lakukan adalah menuju Setting > Permalink. Kemudian pilih permalink jenis Post Name. Kemudian save pilihan tersebut.

21. Ubah Alamat Email

install wordpress lengkapi informasi

Kebanyakan orang menggunakan email yang sama untuk profil pengguna dan alamat email website. Untuk mengubahnya, klik Setting > General. Kemudian masukkan alamat email yang ingin Anda gunakan untuk website.

Pastikan email yang Anda masukkan adalah email aktif karena WordPress akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email tersebut.

Menghilangkan Powered by WordPress

Sebenarnya langkah ini bukan langkah wajib. Namun, banyak orang yang mencari cara menghilangkan powered by WordPress. Untuk menghilangkan tulisan tersebut terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan, dari menonaktifkan langsung dari pengaturan template sampai menyembunyikan kredit melalui CSS.

Selengkapnya dapat Anda baca di artikel ini.

Kesimpulan

Membuat website memang sangat mudah dilakukan menggunakan WordPress. Meskipun mudah, tetap banyak tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan agar website bisa berjalan dengan baik. Diharapkan 20 langkah di atas dapat membantu Anda untuk membuat kinerja website Anda semakin baik. Jika ada saran dan masukan, Anda bisa meninggalkan komentar di bawah. Selamat membuat website!

 

 

1
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =