Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Cara Membuat Favicon untuk Blog dan Website

2 min read

Cara Membuat Favicon

Apa itu Favicon?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara membuat favicon, ada baiknya kami bahas terlebih dahulu apa itu favicon dan kenapa Anda harus menggunakannya?

Favicon, kependekan dari favorite icon, adalah gambar ikon website yang berfungsi sebagai identitas visual website. Favicon biasanya muncul di tab dan bookmark browser.  

Coba perhatikan tab browser Anda yang sedang membuka situs Niagahoster. Lihat di pojok kiri dan Anda akan menemukan logo Niagahoster di tab browser tersebut.

cara membuat favicon niagahoster

Mengapa Anda perlu menggunakan favicon untuk blog atau website? Alasannya adalah memudahkan visitor untuk mengingat blog atau website Anda. Dengan adanya favicon, blog atau website Anda akan lebih mudah untuk menonjol di antara website dan blog lain sehingga orang lebih mudah menemukan situs Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress, biasanya template sudah menyediakan pilihan untuk menambahkan favicon blog atau site icon. Namun, jika template Anda tidak menyediakan fitur tersebut, Anda tetap bisa menambahkan favicon ke blog atau website Anda. Berikut langkah-langkahnya.  

Cara Membuat Favicon Blog dan Website

Konversi ke Ukuran dan Format Favicon

Agar mendapatkan hasil terbaik, tentu ada standar ukuran favicon yang harus Anda terapkan. Berapa ukuran favicon yang ideal? Sebaiknya Anda menggunakan gambar persegi dengan rasio 16 X 16 pixel agar favicon bisa tampil maksimal di browser internet.

Selain itu Anda perlu mengubah format file gambar menjadi .ico agar bisa terbaca oleh browser internet. Bagaimana cara mengubah gambar menjadi persegi dan berformat favicon.ico? Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena banyak platform online yang bisa membantu Anda

Terdapat banyak favicon generator yang dapat membantu Anda untuk mengubah gambar Anda menjadi bersegi dan formatnya menjadi .ico.

Beberapa favicon generator yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

GenFavicon

Favicon-Generator

RealFaviconGenerator

FaviconGenerator

Favicomatic

Favikon

Favicon.pro

Faviconit

Antifavicon

Faviconr

Anda hanya perlu mengunggah gambar yang akan dijadikan favicon dan favicon generator akan menyesuaikannya dengan ukuran ideal favicon.

Jika Anda belum memiliki logo atau gambar yang cocok untuk dijadikan favicon, tidak perlu khawatir. Beberapa favicon generator juga menyediakan layanan membuat favicon secara online. Logaster, Favicon.cc, Xiconeditor, dan Webestools memungkinkan Anda menggambar favicon di situsnya.

Untuk percobaan, kami menggunakan favicon generator Favicon.cc. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, buka situs favicon.cc

Kedua, pilih “Import Image”

cara membuat favicon cc

Ketiga, unggah gambar yang akan dijadikan favicon. Anda dapat memilih untuk mengubah dimensinya menjadi persegi atau menggunakan dimensi aslinya. Namun, kami sarankan untuk mengubahnya menjadi persegi agar mendapatkan hasil maksimal.

cara membuat favicon upload

Keempat, unduh file favicon. Anda juga bisa melihat preview favicon sebelum mengunduhnya.

cara membuat favicon contoh

Upload Favicon Menggunakan Filezilla

Setelah memiliki gambar favicon dengan ukuran dan format yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah mengunggahnya ke blog atau website Anda. Untuk mengunggah file favicon Anda membutuhkan FTP. Di tutorial ini kami menggunakan Filezilla.

Pertama, sambungkan koneksi hosting Anda ke Filezilla.

Kedua, di kolom sebelah kanan Filezilla ada Remote Site, yaitu file dan folder di website Anda. Kemudian klik folder public_html.

cara membuat favicon public html

Ketiga, di kolom sebelah kiri Filezilla ada Local Site, yaitu file dan folder yang ada di komputer Anda. Kemudian upload file favicon.ico. Jangan lupa untuk memberi nama favicon.ico karena browser hanya bisa membaca nama file tersebut untuk kemudian memunculkan favicon blog atau website Anda. 

cara membuat favicon unggah

Setelah upload selesai, blog atau website Anda otomatis memunculkan favicon di browser internet seperti contoh di bawah ini.

Kesimpulan

Meskipun favicon “hanya” gambar kecil di tab browser, favicon merupakan salah satu bagian penting blog atau website. Favicon membantu pengunjung blog atau website Anda mengingat identitas blog atau website.

Jika template blog atau website Anda tidak mendukung untuk menambahkan favicon secara otomatis, Anda bisa menggunakan cara membuat favicon blog dan website yang sudah kami uraikan di atas. Selamat ngeblog!

 

  

 

7
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

2 Replies to “Cara Membuat Favicon untuk Blog dan Website”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =