Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

10 Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin

4 min read

nulled theme

Apa itu Nulled Theme dan Nulled Plugin?

Mungkin istilah nulled theme dan nulled plugin masih asing bagi sebagian orang. Namun, istilah ini perlu diketahui oleh para pengguna WordPress, bukan untuk digunakan, melainkan untuk dihindari.

Mengapa Anda harus menghindari nulled theme dan nulled plugin? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu definisi keduanya.

Nulled theme adalah versi bajakan dari theme WordPress premium. Begitu juga dengan nulled plugin. Nulled plugin merupakan versi bajakan dari plugin WordPress premium. Tema dan plugin WordPress tersebut tersebar di internet dan bisa digunakan secara gratis.

Berarti bagus dong, bisa dapat tema atau plugin premium tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun? Anggapan tersebut akan otomatis hilang setelah Anda mengetahui bahaya-bahaya apa saja yang bisa menimpa website Anda karena menggunakan nulled theme atau nulled plugin.

Mungkin Anda bisa mendapatkan tema dan plugin bajakan gratis di awal, tetapi ada berbagai konsekuensi yang harus Anda tanggung karena tema dan plugin bajakan tersebut. Bisa jadi Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk memperbaiki efek samping yang disebabkan oleh nulled theme dan nulled plugin.

10 Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin

1. Bahaya untuk Keamanan Website

Tema dan plugin WordPress bajakan merupakan ancaman serius bagi keamanan website Anda. Nulled theme dan nulled plugin kemungkinan besar mengandung malware.

Pembuat tema dan plugin bajakan bisa menyebarkan kode-kode berbahaya ke dalam file berbeda untuk menyamarkan diri sehingga sulit dideteksi dan diperbaiki ketika website Anda terserang hack.

Akibatnya Anda bisa kehilangan data-data penting website. Selain itu, yang lebih parah lagi website Anda bisa dihapus dari index Google yang menyebabkan website Anda tidak bisa muncul di hasil pencarian.

2. Privasi Terancam

Tidak hanya menyebabkan website Anda terkena serangan hacker, nulled theme dan nulled plugin juga berpotensi untuk mencuri data privasi Anda.

Dari username, alamat email, dan password bisa mudah dicuri melalui kode-kode berbahaya yang tersembunyi di file-file tema atau plugin bajakan. Jika Anda mengelola sebuah website toko online, data privasi konsumen Anda juga terancam.

Lebih parahnya lagi, pencurian data privasi ini sulit dideteksi karena seolah-olah website berjalan dengan normal menggunakan tema atau plugin WordPress bajakan.

Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Konsumen kini lebih aware tentang pentingnya keamanan data privasi. Apalagi setelah terjadi kasus penggunaan data privasi Facebook untuk kepentingan politik di Amerika Serikat.

Mungkin menggunakan tema atau plugin WordPress tidak membebankan biaya sama sekali di awal. Namun, jika pencurian data privasi seperti data konsumen sudah terjadi, bisa jadi biaya yang Anda keluarkan untuk membayar denda dan ganti rugi lebih besar. Dan tentu saja, reputasi Anda menjadi buruk, bukan?

3. Efek Buruk untuk SEO

SEO website Anda juga menjadi sasaran dari nulled theme dan nulled plugin WordPress. Tema dan plugin bajakan bisa menghancurkan kualitas SEO Anda dengan mengarahkan pengunjung ke website berbahaya atau membanjiri website dengan spam link.

Sayangnya, aktivitas-aktivitas jahat tersebut sulit dideteksi oleh pemilik website karena tersembunyi rapi dalam file-file tema dan plugin bajakan. Akan tetapi, mesin pencari dapat dengan mudah mendeteksi spam link yang bisa menyebabkan website Anda terkena penalti atau lebih buruknya lagi terhapus dari indeks (de-index).

Download E-Book: Panduan SEO Meningkatkan Peringkat Website

4. Tidak Bisa Update

Tema dan plugin WordPress selalu merilis versi terbaru dengan update untuk memperbaiki bugs, menambah fitur baru, dan menyelesaikan masalah keamanan. Dan, tentu saja, tema dan plugin WordPress bajakan tidak bisa melakukan update karena alasan yang sudah pasti, yaitu software ilegal.

Hal ini menyebabkan website Anda tetap menggunakan tema dan plugin versi lama yang mungkin penuh dengan bug dan tidak aman. Di sisi lain, Anda harus selalu melakukan update WordPress ke versi terbaru.

Di sini lah letak masalahnya. Seringkali plugin dan tema harus selalu update mengikuti update WordPress agar tetap kompatibel atau berfungsi. Tidak bisa update plugin dan tema bisa menyebabkan munculnya error di website Anda.

5. Tidak Bisa Akses Fitur Baru

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, update plugin dan tema juga termasuk fitur-fitur baru. Jika Anda menggunakan versi bajakan dari sebuah plugin atau tema, otomatis Anda tidak bisa menikmati fitur baru dari plugin atau tema tersebut.

Padahal fitur-fitur baru dari tema atau plugin bisa meningkatkan performa website secara signifikan. Sekali lagi, kerugian ada pada pengguna plugin dan tema WordPress bajakan.

6. Tidak Bisa Mendapatkan Support

Salah satu alasan membeli plugin atau tema WordPress berbayar adalah untuk mendapatkan fitur support. Kebanyakan versi gratis dari plugin maupun tema tidak menyediakan fitur support untuk para penggunanya.

Berbeda dengan versi berbayar, pengembang menyediakan fitur support untuk membantu para pengguna premiumnya menggunakan plugin atau tema secara maksimal.

Bagi pengguna nulled theme dan nulled plugin, apakah mereka bisa mengakses fitur support? Tentu saja tidak. Buat apa developer membantu para pengguna software bajakan mereka?

Jika Anda ingin menggunakan plugin atau tema premium, cara terbaiknya memang membeli lisensi aslinya. Apalagi bagi orang awam yang masih membutuhkan support. Bahkan orang yang sudah lama berkecimpung di WordPress pun terkadang membutuhkan support dari para developer.

7. Bahaya Spam

Di poin ketiga sudah disebutkan, nulled theme dan nulled plugin berbahaya untuk SEO website. Salah satunya adalah karena memungkinkan adanya spam link ke website Anda yang bisa menyebabkan Google menjatuhkan penalti atau de-index

Jika sudah terkena penalti atau de-index, Anda hanya punya pilihan untuk memperbaikinya dalam kurun waktu yang tidak singkat atau membuat website baru.

8. Bajakan=Ilegal

Di awal artikel sudah disebutkan bahwa nulled theme dan nulled plugin adalah versi bajakan dari tema dan plugin premium WordPress. Artinya, jika Anda menggunakan nulled theme dan nulled plugin, Anda menggunakan software ilegal.

Konsekuensi terberatnya jika Anda tertangkap memakai barang bajakan adalah membayar denda dan ganti rugi kepada developer sebagai pemilik plugin atau tema legal. Denda dan biaya ganti rugi bukan uang yang sedikit tentunya, yang pasti lebih murah membeli tema dan plugin legal.

9. Tidak Menghargai Developer

Dengan menggunakan barang ilegal, sudah otomatis Anda tidak menghargai jerih payah developer yang membuatnya. Para developer sudah mencurahkan waktu, tenaga, uang, dan pikiran untuk menghasilkan sebuah karya. Menggunakan versi bajakannya berarti mencuri penghasilan para developer.

Para developer tidak hanya menulis kode untuk menghasilkan sebuah plugin, mereka juga harus menyewa staf support, membuat website, dan lainnya untuk membuat bisnis mereka hidup. Dengan menggunakan nulled theme dan nulled plugin, Anda bisa mematikan bisnis tersebut.

10. Mengabaikan Tema-Tema Gratis Berkualitas

Terakhir, jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli plugin atau tema premium, Anda masih bisa menggunakan versi gratis. Anda juga bisa menggunakan plugin atau tema yang memang benar-benar gratis.

Terdapat puluhan ribu plugin dan tema WordPress gratis yang bisa Anda temukan. Jangan korbankan website Anda hanya untuk nulled theme atau nulled plugin yang bisa membahayakan website yang Anda kelola.

Kesimpulan

Simpulan untuk artikel ini sudah sangat jelas, jangan pernah gunakan nulled theme dan nulled plugin! Ketika Anda menggunakan tema atau plugin bajakan, seolah-olah website Anda baik-baik saja, padahal software bajakan tersebut sedang merusak website Anda.

Di sisi lain, penggunaan nulled theme dan nulled plugin sudah jelas-jelas melanggar etika. Ketika Anda menggunakan plugin dan tema bajakan, bukan Anda saja yang rugi, tetapi juga developernya. Developer kehilangan uang yang harusnya ia dapatkan dan hak cipta atas karya yang telah mereka hasilkan.

Jadi, akhir kata, jangan pernah gunakan nulled theme dan nulled plugin! Lebih baik gunakan tema-tema WordPress gratis, tapi tetap berkualitas tinggi. Begitu juga dengan plugin. Masih banyak plugin gratis yang tetap memberikan performa bagus untuk website.

 

2
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

One Reply to “10 Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =