Cara Menghilangkan Powered by WordPress - Niagahoster Blog

Cara menghilangkan Powered by WordPress dapat dilakukan dengan beberapa pilihan berbeda. Hal ini Anda lakukan mungkin dengan berbagai alasan, salah satunya permintaan klien, khusus bagi Anda yang bergerak di jasa pembuatan website. WordPress sendiri merupakan sebuah CMS yang dapat dikatakan cukup handal untuk membangun sebuah website.

Untuk pengembangan dan pemeliharaannya pun tidak terlalu sulit dengan fitur user friendly yang dimilikinya. Termasuk ketika Anda ingin melakukan modifikasi untuk menghilangkan tulisan Powered by WordPress yang berada di bagian footer dari template.

Apa yang Anda butuhkan?

Untuk memulai langkah pada tutorial ini, berikut yang dibutuhkan:

Berikut pilihan cara menghilangkan Powered by WordPress

Pilihan 1: Nonaktifkan melalui pengaturan template

Pengembang tempalte WordPress pastinya sudah mengerti apa yang diinginkan oleh kebanyakan pengguna WordPress, yaitu adanya sebuah menu yang dapat menghilangkan kredit link pada footer berupa Powered by WordPress.

Untuk setiap template pastinya memiliki menu yang tidak sama untuk menghilangkan kredit tersebut.

1. Silakan akses dashboard WordPress  Anda.

Cara Menghilangkan Powered by WordPress

2. Kemudian setelah berhasil masuk ke dashboard, silakan pilih menu Apperance > Customize.

powered by wordpress

3. Kemudian silakan klik menu Site Identiy yang ada di menu sebelah kiri.

site identity

4. Pada bagian Footer Credit silakan pilih Hide kemudian simpan perubahan dengan menekan tombol Save & Publish.

simpan perubahan

Pilihan 2: Hapus code melalui script PHP

Beberapa template biasanya tidak terdapat menu untuk menghilangkan bagian kredit di footer. Untuk mengatasi hal tersebut, cara menghilangkan Powered by WordPress dapat melalui file footer.php.

1. Silakan login ke dashboard admin WordPress.

Cara Menghilangkan Powered by WordPress

2. Setelah berhasil login, silakan pilih menu Apperance > Editor.

kredit wordpress

3. Pada menu di sebelah kanan akan terlihat file-file php yang dapat Anda modifikasi. Silakan pilih file footer.php.

footer wordpress

4. Akan terlihat baris code yang berisi Powered by.

wordpress credit

5. Anda dapat dapat menghapus bari code tersebut, dan untuk codenya setelah dihapus akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

code kredit wordpress

6. Setelah selesai, silakan simpan perubahan dengan menekan tombol Update File.

Pilihan 3: Menyembunyikan kredit pada footer melalui CSS

Catatan: Karena untuk cara ini hanya menyembunyikan tulisannya saja, sehingga untuk link yang mengarah ke WordPress masih aktif, maka website Anda dapat dianggap melakukan teknik spamming oleh Google. Resikonya website Anda bisa mendapatkan penalti. Sehingga untuk cara ini tidak direkomendasikan jika Anda menginginkan pengunjung dari search engine.

Jika template Anda tidak memiliki fitur untuk custom CSS, Anda dapat menginstal plugin untuk melakukan custom CSS. Untuk contohnya seperti plugin yang akan kami gunakan pada tutorial ini, yaitu Simple Custom CSS.

1. Silakan akses dashboard admin WordPress Anda.

2. Instal plugin Simple Custom CSS, silakan ikuti tutorial cara instal plugin WordPress jika Anda tidak mengetahui caranya.

3. Setelah Anda berhasil menginstal plugin custom css, silakan pilih menu Appearance > Custom CSS. Jika template Anda memiliki menu untuk custom css akan akan terlihat pada menu Appearance > Theme Options.

plugin custom css

4. Selanjutnya, cara menghilangkan Powered by WordPress melalui custom css dapat dengan menambahkan code berikut:

.site-info {display: none}

5. Untuk menyimpan perubahan silakan klik tombol Update Custom CSS.

custom css

Catatan:

Untuk class setiap template akan berbeda, pada contoh ini class nya menggunakan .site-info, silakan disesuaikan dengan class dari template Anda. Untuk dapat mengetahui class yang digunakan ikuti cara berikut:

1. Silakan klik kanan pada tulisan powered by WordPress kemudian pilih inspect.

inspect

2. Akan tampil bagian element, berupa class dari tulisan tersebut, kurang lebih akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

class

Kesimpulan

Pada tutorial ini kami telah membahas mengenai cara menghilangkan Powered by WordPress melalui tiga cara berbeda, yaitu melalui pengaturan template, script PHP dan pengaturan CSS. Untuk menghindari masalah pada SEO website Anda, kami menyarankan menggunakan dua cara pertama.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan yang berhubungan dengan tutorial ini jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Silakan Subscribe juga pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda. 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Dadang

    Wah terima kasih,nah kalau kita ganti pakai catatan kaki dengan nama kita,contoh domainku.com by nama. bagaimana cara buatnya

  • hang

    untuk menambahkan 2018@tagline di footer bagaimana?

    • Yasin K

      Bisa dicoba melalui menu customize atau editor di pengaturan tampilan.

  • Yusuf Nawawi

    Saya mau tanya. Apakah mengubah powered by wordpress/ thema itu melanggar aturan google atau tidak? adakah kemungkinan hal itu menyebabkan nama buruk bagi penggunanya di kemudian hari?

    • Yasin K

      Jika menggunakan tema yang free alangkah baiknya memberikan support kepada pembuat, namun jika digantipun tidak menjadi masalah.

Scroll Up