Mirza M. Haekal Mirza is an SEO Content Writer at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his writing. He's also a die-hard Dragon Ball fan and a memes junkie.

10 Inspirasi Usaha yang Menjanjikan untuk Dicoba di 2020

10 min read

Featured Image 10 Inspirasi Usaha yang Menjanjikan untuk Dicoba di 2020

Salah satu tantangan yang dihadapi orang-orang saat hendak memulai usaha adalah kebingungan ingin usaha apa. Anda mungkin juga merasakannya. 

Anda bingung bagaimana caranya memulai bisnis yang sudah banyak dilakukan orang. Serta bingung bagaimana cara membuat ide bisnis itu jadi unik dan bisa diterima oleh konsumen.

Jika Anda menghadapi kesulitan seperti itu, jangan langsung mengurungkan niat memulai usaha. Sebab, ada beberapa solusi untuk permasalahan tersebut. Salah satunya adalah dengan mengambil inspirasi usaha dari orang lain.

Ada banyak sekali inspirasi usaha yang bisa Anda ambil. Namun, tak semuanya menjanjikan dan pantas untuk dicoba. Maka dari itu, berikut kami berikan 10 Inspirasi Usaha yang Menjanjikan untuk Dicoba di 2020:

  1. Hotama
  2. Antologi 
  3. Sate Ratu 
  4. Mama Sewa 
  5. Tangting Barber Home 
  6. Puyo Desserts 
  7. Couvee 
  8. CV Akbar Prtama 
  9. Ayam Hias Jogja
  10. Belanja Bareng

Penasaran kenapa usaha-usaha di atas adalah inspirasi usaha yang menjanjikan? Simak artikel ini sampai selesai karena kami akan menjelaskannya dengan lengkap di bawah.

Baca juga: 5 Sifat Penting Ini Wajib Dimiliki Pengusaha Sukses

10 Inspirasi Usaha Menjanjikan

Di bawah ini kami membahas 10 inspirasi usaha yang berani tampil unik dan berbeda, tapi tetap bisa diterima dengan baik oleh konsumennya. Apa saja itu?

1. Hotama – Web Agency

hotama x niagahoster partner

Singkatnya, web agency adalah bisnis yang bergerak dalam jasa pembuatan website. Web agency merupakan peluang usaha yang menjanjikan karena semakin banyak orang-orang yang ingin memiliki website sendiri. Terutama bisnis atau organisasi yang ingin meningkatkan brand awareness dan menjangkau lebih banyak orang. 

Nah, Hotama (PT. Kreasi Putra Hotama) merupakan salah satu web agency yang bermarkas di Pontianak, Kalimantan Barat.

Saat ini, Hotama mengurus setidaknya 50 proyek dari kliennya. Beberapa diantaranya adalah PT. Aneka Tambang, Pemda Papua Barat, Pemda Pontianak, dan masih banyak lainnya. Klien-klien yang tak bisa diremehkan, kan?

Hotama bisa mendapatkan klien-klien seperti itu karena layanan yang ditawarkannya. Tak hanya membuat website saja, tapi Hotama juga menawarkan jasa-jasa lainnya. Mulai dari pembuatan aplikasi, konsultasi strategi bisnis digital, hingga membantu meningkatkan ranking pencarian lewat SEO website.

Layanan-layanan Hotama inilah yang membedakannya dengan web agency sejenis. Pada umumnya, web agency hanya berfokus kepada jasa pembuatan website saja. Mungkin paling mentok, mereka juga menawarkan pembuatan aplikasi.

Anda yang ingin mengambil inspirasi usaha seperti Hotama tentu haruslah mempunyai keahlian dalam pembuatan website. Selain itu, pastikan juga Anda memilih server dengan performa tinggi yang stabil dan memiliki fitur manajemen yang efisien dalam mengurus klien.

Tertarik membuka web agency seperti Hotama? Ayo bergabung menjadi Niagahoster Partner!

Keunikan:

  • Modal mulai Rp 0 menjadikan web agency sebagai usaha kecil yang menjanjikan.
  • Peluang usaha menjanjikan karena banyak orang membutuhkan website di zaman sekarang.
  • Bisa mendapatkan klien dari mana saja.

2. Antologi – Collaboractive Space

inspirasi usaha antologi collaboractive space

Bisnis co-working space sedang sangat diminati sekarang. Tak heran karena meningkatnya permintaan akan co-working space oleh berbagai kalangan. Terutama oleh pebisnis dan penggiat startup yang membutuhkan tempat bekerja murah daripada menyewa kantor sendiri.

Coworking space mulai menjamur di mana-mana. Namun, Antologi berhasil menjadi salah satu coworking space terbaik di antara banyaknya coworking space di Yogyakarta. Kenapa?

Antologi tak hanya berfungsi sebagai co-working space untuk pebisnis atau penggiat startup saja, lho. Melainkan ada juga event space, cafe, hingga menawarkan berbagai program menarik bagi anggotanya. 

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Startup untuk Pemula

Program-program ini lah yang jarang ditemui di co-working space lainnya dan membuat Antologi unik. Di sini, Anda bisa ikut program-program seperti member gathering, sunday morning run, ataupun program TukarBaju Jogja.

Nah, karena itulah Antologi mempromosikan dirinya sebagai collaboractive space. Yakni suatu tempat untuk bertukar dan berbagi ilmu dengan orang-orang dari berbagai macam latar belakang. Dengan begini, Antologi mempunyai potensi konsumen yang tak hanya terbatas kepada satu segmen saja.

Anda yang tertarik memulai bisnis co-working space bisa mengambil inspirasi usaha dari Antologi. Mereka adalah usaha yang bagus karena berhasil mengkombinasikan beberapa hal—co-working space, cafe, event space, penawaran program—dan mengeksekusinya dengan sempurna.

Keunikan:

  • Co-working space adalah bisnis dengan permintaan yang sedang tinggi. Terutama oleh penggiat startup dan pebisnis.
  • Eksekusi sempurna. Tak hanya co-working yang kondusif dengan internet cepat. Namun juga cafe nyaman dengan menu yang menarik, event space yang menjalankan berbagai kegiatan dari kecil hingga besar, serta program yang menambah ilmu bagi anggotanya.

3. Sate Ratu – Kuliner

sateratu contoh inspirasi usaha jualan yang menguntungkan

Bisnis kuliner itu tak ada matinya karena setiap orang butuh makan. Namun, agar bisa bersaing di pasar yang sangat ketat ini, Anda harus berani mengambil langkah yang berbeda—seperti yang dilakukan oleh Sate Ratu.

Baca juga: Tips Digital Marketing Paling Moncer untuk Bisnis Kuliner!

Sate Ratu merupakan inspirasi usaha kuliner anti-mainstream yang menjual empat macam hidangan khas: sate merah, sate kanak, lilit basah, dan ceker tugel. Kenapa Satu Ratu ini anti-mainstream? Ada dua penyebabnya, yaitu asal-usul bumbu dan cara promosi.

Bumbu dari Sate Ratu bukanlah bumbu sate pada umumnya yang hanya mengambil dari satu tempat saja. Misal, sate madura, sate ponorogo, dan lain sebagainya. Tapi, bumbunya merupakan kombinasi dari beberapa bumbu sekaligus. Hal ini tentu saja menciptakan suatu rasa yang unik dan tak bisa ditemukan di manapun.

Lalu, promosi Sate Ratu ini bisa dikatakan yang pertama untuk kuliner jenis sate, yaitu menggunakan website dan blog. Yup, Sate Ratu tak hanya memiliki website. Mereka juga rajin menulis artikel di blognya.

Di website dan blognya tersebut, Satu Ratu berfokus memamerkan konsumen internasionalnya. Dari homepage, gambar, hingga artikel, semua membahas mengenai betapa konsumen mancanegara sangat mencintai sate mereka.

Strategi promosi itu sangat efektif karena berhasil menyasar dua segmen pasar sekaligus, yakni turis mancanegara dan masyarakat Indonesia. Turis  penasaran dengan apa yang membuat Sate Ratu begitu menarik bagi turis mancanegara lainnya. Sedangkan bagi warga Indonesia bisa membuat mereka berpikir, “Emang gimana sih rasa sate yang disukai bule itu?”

Keunikan:

  • Berani mengkombinasikan berbagai bumbu, sehingga menghasilkan rasa sate yang tak ada duanya.
  • Cara promosi menggunakan website dan blog, serta menyasar turis mancanegara.
  • Hanya membuka satu tempat di seluruh Indonesia, sehingga kualitas rasa dan pelayanan tetap terjaga.

4. Mama Sewa – Persewaan Peralatan dan Mainan Bayi

inspirasi usaha kecil yang menguntungkan mamasewa

Ide usaha dari Mama Sewa sebenarnya simpel: menyewakan peralatan dan mainan bayi kepada orang tua agar tak perlu membelinya. Ide simpel yang brilian karena tak semua orang mampu membeli peralatan dan mainan bayi yang mahal. Toh, ujung-ujungnya juga hanya dipakai sebentar saja, lalu dibuang atau diberikan ke orang lain. 

Mama Sewa menawarkan sewa berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan si kecil. Mulai dari peralatan bayi seperti stroller, hingga sewa pompa ASI sekalipun. Semua siap disewakan dan konsumen bisa melakukan order dengan cepat lewat website toko online Mama Sewa.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online Mudah Untuk Pemula

Satu hal yang membuat Mama Sewa unik adalah akun media sosial mereka, khususnya di Instagram. Mereka berhasil menerapkan strategi Social Media Marketing dengan sangat baik. Ini bisa dilihat dari konten mereka yang enak dilihat, informatif, dan memberikan kesan yang ceria.

Baca juga: Cara Beriklan di Instagram Ads untuk Pemula

Sepertinya Mama Sewa sengaja memilih Instagram sebagai media promosinya. Karena kebanyakan target pasar Mama Sewa berusia di pertengahan 20-an atau awal 30-an. Rentang usia ini sangat cocok dengan Instagram yang 35% penggunanya berusia 25-34 tahun.

Keunikan:

  • Pasar yang strategis. Bisnis persewaan peralatan bayi adalah pasar baru yang masih belum banyak dilirik.
  • Penerapan Instagram Marketing dengan konten yang sedap dipandang, informatif dan memiliki kesan ceria.
  • Website yang informatif. Selain memudahkan konsumen menyewa, Mama Sewa juga memiliki blog yang mengedukasi calon konsumen.
  • Modal tak besar, karena awal-awal bisa menggunakan peralatan bekas pemakaian pribadi. Cocok sebagai inspirasi usaha rumahan.

5. Tangting Barber Home – Tukang Cukur Online

Inspirasi usaha tangting barber home

Tangting Barber Home mungkin adalah inspirasi usaha terunik di artikel ini, yakni tukang cukur online. Tinggal menggunakan aplikasi, Anda bisa memanggil tukang cukur di manapun Anda berada.

Tangting Barber Home ini sukses menjadi solusi dari berbagai masalah yang dialami oleh mereka yang hendak cukur rambut. Beberapa diantaranya seperti antrian tukang cukur yang panjang atau masalah klasik kaum milenial yakni mager. Sehingga Tangting Barber Home berhasil mengubah cukur rambut menjadi kegiatan yang praktis dan hemat waktu.

Tangting Barber Home ini sudah sangat baik dalam menerapkan strategi digital marketing. Di mana selain mereka memiliki aplikasi sendiri, website Tang Ting Barber Home juga memiliki fitur yang cukup komplit. 

Mulai dari bisa melakukan order langsung dari website, keberadaan Google Map di website, serta penerapan content marketing dalam bentuk blog dan video yang membahas mengenai serba-serbi rambut dan perawatannya. 

Baca juga: 15+ Fitur Penting Ini Wajib Dimiliki Toko Online

Keunikan:

  • Website dengan fitur-fitur yang cukup komplit dan informatif.
  • Keberadaan aplikasi yang memudahkan konsumen.
  • Bisnis unik yang belum banyak kompetitornya. 
  • Content marketing dalam bentuk blog dan video yang membahas mengenai serba-serbi rambut dan perawatannya yang informatif.

6. Puyo Dessert – Puding

poyo dessert adalah inspirasi usaha yang menguntungkan

Puyo Dessert adalah contoh sukses dari pemanfaatan media sosial untuk berbisnis.

Sebelum mendapatkan omzet hingga Rp 1 miliar per bulan seperti sekarang, Puyo Dessert awalnya hanya berjualan melalui instagram saja, lho. Itulah hal yang membuat Puyo Dessert bisa Anda jadikan inspirasi usaha kecil yang menjanjikan. 

Puyo Dessert berani mulai dari kecil dan dengan cerdik memanfaatkan media sosial untuk promosi. Apalagi di Instagram yang merupakan media sosial anak muda, sangat cocok untuk memasarkan puding mereka yang warna-warni. Kesuksesan promosi di Instagram tersebut berhasil merubah Puyo Dessert menjadi jualan yang menguntungkan. 

Oh ya, berbeda dari merek dessert lain yang biasanya manis dan tinggi kalori, Puyo Dessert ini mengklaim kalau dirinya itu adalah hidangan penutup yang sehat. Setiap puding yang dibuat kaya akan fiber, rendah kalori, dan tak ada tambahan pengawet di dalamnya. 

Warna-warni dari Puyo Dessert ini juga mencolok dan photogenic. Sehingga sangat cocok untuk konsumen upload di media sosial mereka masing-masing dan bisa menjadi promosi gratis bagi Puyo Dessert.

Warna-warni mereka juga tercermin dengan jelas di website Puyo Dessert. Jadi, branding mereka sebagai “brand yang ceria dan penuh warna” sangat konsisten sehingga tak membingungkan konsumen.

Branding tersebut juga berlanjut ke blog Puyo Dessert, di mana mereka rutin memposting mengenai gaya hidup sehat dan tokoh-tokoh sukses. Puyo Dessert membahas topik tersebut dengan gaya penyampaian yang ringan dan cerita, sehingga enak diikuti.

Keunikan:

  • Mulai dari dari Instagram. Puyo Dessert memulai bisnisnya dari nol di Instagram sebelum memiliki banyak outlet yang tersebar di JABODETABEK, Surabaya, dan Bandung.
  • Produk yang photogenic, sehingga bisa menjadi promosi gratis di media sosial.
  • Branding yang konsisten. Dari pudingnya, konten di media sosial, hingga website dan blog semua warna-warni.

7. Couvee – Kafe

inspirasi usaha yang bagus couvee

Warga Indonesia itu cinta kopi, terutama generasi muda. Mereka suka menyeruput segelas kopi, sembari mengobrol dengan temannya atau sekedar mengerjakan tugas. Tempat mana yang terbaik untuk melakukannya kalau bukan di kafe?

Oleh karena itu pula, bisnis kafe di Indonesia berkembang sangat pesat dan dipenuhi oleh anak-anak muda. Bahkan, diprediksi kalau tingkat pertumbuhan kafe di Indonesia itu yang tercepat di dunia, lho. 

“Sekarang kafe sudah menjamur di mana-mana, lalu apa yang membuat Couvee masuk menjadi inspirasi usaha di artikel ini?”

Pertanyaan yang bagus.

Couvee merupakan kafe yang didirikan pada tahun 2017 lalu. Sejak saat itu, Couvee sudah memiliki lima gerai di Indonesia, yakni empat di Yogyakarta dan satu di Jakarta. 

Nah, Couvee ini berbeda dengan cafe kebanyakan yang menerapkan konsep atau tema yang sama di setiap gerainya. Couvee masuk ke persaingan dengan berani menawarkan tema yang unik di masing-masing gerainya. Dari sebagai titik temu dengan teman, hingga co-working space. 

Tema dan konsep yang berbeda-beda memberikan kebebasan memilih bagi pembeli. Jika ingin mengobrol dengan teman pilih gerai dengan tema titik temu. Kalau ingin mengerjakan tugas, pilih gerai co-working space.

Selain itu, tak hanya menjual makanan dan minuman, Couvee juga menjual berbagai merchandise di gerai mereka. Ini tentu menjadi alternatif pemasukan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness.

Hal lain yang membuat Couvee unik ada pada websitenya yang indah, penuh dengan animasi interaktif serta permainan warna di dalamnya. Hebatnya walaupun begitu, website Couvee tetap responsif dan enteng saat diakses.

Baca juga: 20 Template Web Gratis dan Responsif untuk Anda

Keunikan:

  • Menawarkan tema dan konsep berbeda-beda di setiap gerainya. Sehingga memberikan kebebasan memilih bagi pembeli untuk mengunjungi gerai yang mana tergantung kebutuhan mereka.
  • Jualan merchandise. Menjadi sumber penghasilan lain dan bisa meningkatkan brand awareness.
  • Website yang indah, sehingga memberikan kesan yang baik bagi calon konsumen sebelum memutuskan untuk membeli.

8. CV Akbar Pratama – Rental Mobil

inspirasi usaha rental mobil cv akbar pratama

Rental mobil juga bisa menjadi inspirasi usaha yang pantas dilirik karena lebih praktis. Harga mobil yang mahal dan berbagai biaya tambahan lainnya membuat banyak orang enggan untuk membeli sendiri. 

Selain itu, kapasitas mobil yang dibutuhkan orang juga sering berbeda-beda. Kadang orang hanya butuh mobil kecil untuk wisata keluarga, kadang juga mobil besar untuk membawa banyak orang.

Nah, jasa rental mobil ini bisa menjadi solusi untuk masalah-masalah di atas. Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa menggunakan mobil sesuai kebutuhan.

Rental mobil ini merupakan usaha yang bagus dan bisa dijadikan inspirasi usaha rumahan ataupun inspirasi usaha sampingan Anda. Bahkan, tak memerlukan modal yang besar apabila Anda sudah memiliki mobil sendiri.

Salah satu jasa rental mobil profesional dan berpengalaman adalah CV Akbar Pratama.  Jasa rental mobil dari Jakarta ini mempunyai website yang sederhana, tapi memuat beragam informasi yang dibutuhkan konsumen. Mulai dari harga, lokasi, dan armada yang dimiliki.

Tentu saja hal tersebut memudahkan calon konsumen saat hendak menggunakan jasa CV Akbar Pratama. Tak perlu menghabiskan waktu bertanya banyak hal lewat telepon karena info yang dibutuhkan sudah ada di website.

Keunikan:

  • Website yang sederhana, tapi memuat informasi yang dibutuhkan konsumen.
  • Menawarkan driver yang profesional dan berpengalaman. Sehingga konsumen bisa tenang apabila juga menyewa driver sekalian.
  • Metode pemesanan yang lebih personal.

9. Ayam Hias Jogja – Ayam Hias dan Ayam Eksotis

inspirasi usaha ayam hias jogja

Menjual ayam hias umum seperti ayam kate atau ayam ketawa sudah biasa dan banyak pesaing. Namun, menjual ayam eksotis itu masih cukup sepi peminatnya. Nah, inilah yang menjadi inspirasi di balik berdirinya Ayam Hias Jogja.

Ayam Hias Jogja tak hanya menjual ayam hias dalam negeri. Namun,  mereka juga menjual berbagai ayam hias eksotis dari luar negeri, seperti golden pheasant hingga lady amherst.

Ayam Hias Jogja melakukan promosi di website-nya dengan menerapkan strategi content marketing. Di mana mereka membuat artikel di website yang berisi informasi lengkap mengenai ayam hias yang dijual, beserta harga pasarannya, lalu diakhiri dengan CTA (Call to Action) sebagai penutup artikel.

Baca juga: Tingkatkan Conversion Rate Anda dengan 5+ Tips CTA ini!

Pemilihan strategi marketing yang sangat tepat oleh Ayam Hias Jogja. Sebab, melihat sifat ayam eksotis yang jarang ditemui, banyak orang yang masih tak tahu mengenainya. Jika orang-orang sudah teredukasi, kemungkinan untuk menjadi pembeli bisa lebih besar.

Keunikan:

  • Website berisi konten edukasi, sehingga memperbesar kemungkinan pengunjung menjadi pembeli.
  • Berjualan produk unik. Seberapa sering Anda menemukan orang yang berjualan ayam hias eksotis dari luar negeri?
  • Pasar yang masih terbuka lebar. Karena jualannya unik, pasar untuk ayam hias eksotis masih sepi penjual.

10. Belanja Bareng – Marketplace Business to Business

usaha yang bagus belanjabareng

Marketplace Business to Business (B2B) di Indonesia masih bisa dihitung dengan jari sehingga pesaing masih cukup sepi. Namun, hal itu tak menghalangi Belanja Bareng untuk tampil berbeda dengan menerapkan sistem Group Buying.

Baca juga: Tips Ampuh B2B Marketing untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Seperti namanya, Group Buying adalah membeli bersama-sama. Jadi, setiap UMKM bisa mendapatkan harga terendah untuk kebutuhan bisnisnya dengan membeli bersama-sama hingga mencapai minimal pembelian yang diterapkan oleh supplier. 

Selain itu, sistem Group Buying ini juga memungkinkan para UMKM untuk memotong rantai distribusi karena bisa langsung membeli ke produsen/distributor utama.

Group Buying tentu menjadi inspirasi usaha yang bagus. Sebab, para pelaku UMKM bisa menekan biaya dalam membeli alat/barang untuk menunjang perkembangan bisnisnya. Alih-alih membelinya satuan sendiri dengan harga yang tentunya lebih mahal.

Satu keunikan lain dari Belanja Bareng adalah mereka menggabungkan website dengan media sosial untuk berinteraksi ke pelanggan dengan cara yang lebih personal. Mereka sangat aktif mengedukasi pelanggan di media sosial dengan sering memposting (dan reposting) mengenai cara kerja sistem Group Buying. 

Oh ya, kadang Belanja Bareng juga memposting mengenai penjelasan-penjelasan singkat mengenai bisnis/tokoh bisnis yang ada di dunia, lho. Apa yang mereka lakukan ini sangat bagus karena cocok dengan target pasar mereka, yakni para pebisnis.

Keunikan:

  • Group Buying, memungkinkan UMKM mendapatkan harga rendah dengan membeli bersama-sama untuk mencapai minimal pembelian yang diterapkan supplier.
  • Edukasi melalui media sosial, sehingga para pebisnis yang kebanyakan sudah mempunyai media sosial.
  • Konten bisnis yang cocok dengan target pasar Belanja Bareng.

Usaha Semakin Menguntungkan dengan Website

Inspirasi-inspirasi usaha di atas memang unik dengan cara mereka masing-masing. Tapi, ada satu hal yang membuat mereka sama: keberadaan website untuk menunjang bisnis mereka.

Di zaman sekarang, website memang menjadi komponen penting dalam bisnis. Apapun inspirasi usaha yang ingin Anda ambil wajib memiliki website agar semakin terpercaya. Entah itu inspirasi usaha rumahan, inspirasi usaha kuliner, atau bahkan inspirasi usaha sampingan sekalipun.

Membuat website juga perlu hosting terbaik. Hosting terbaik itu membantu Anda punya website yang bisa diakses cepat, selalu online (uptime di atas 99,95%) dan aman dari ancaman hacker. Untuk dapatkan itu semua, Anda bisa memilih hosting harga terjangkau yang dimiliki oleh Niagahoster.

Tertarik untuk membuat website tapi tak tahu bagaimana cara memulainya? Tenang, kami sudah menuliskan panduan membuat website dan tips bisnis lainnya:

Klik tombol subscribe di bawah untuk mendapatkan artikel-artikel terbaru mengenai bisnis langsung ke email Anda. Semoga sukses menemukan inspirasi usaha dan sampai bertemu di artikel selanjutnya!

1
Mirza M. Haekal Mirza is an SEO Content Writer at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his writing. He's also a die-hard Dragon Ball fan and a memes junkie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − twelve =