Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

5 Sifat Penting Ini Wajib Dimiliki Pengusaha Sukses

4 min read

cara usaha sukses

Coba ketikkan “bagaimana memulai” di Google. Anda akan menemukan “bagaimana memulai bisnis” di salah satu hasil rekomendasi pencarian. Selain itu, banyak juga hasil pencarian sejenis seperti “cara usaha sukses”, “kiat sukses bisnis”, “cara berbisnis yang sukses” dan sejenisnya.

Itulah gambaran popularitas bisnis atau startup. Saking populernya, kata ini tak mengenal perbedaan gender, umur, dan etnisitas. Hampir semua orang, setidaknya pernah mendengar istilah startup atau bisnis online.

Umumnya, startup atau bisnis online populer di kalangan anak muda. Alasan-alasan seperti:

  • ingin menjadi bos untuk diri sendiri;
  • menggapai passion;
  • ingin bekerja dengan fleksibel

mendorong mereka untuk mendirikan startup atau memulai bisnis sendiri.

Baca juga: Cara Membangun Startup dan Tips untuk Mengembangkan Startup

Sebuah statistik dari Small Business Trends mengungkapkan hal yang menarik. Dari keseluruhan populasi startup, sebanyak 73 persen di antaranya adalah pengusaha laki-laki. Sisanya, sebanyak 23 persen adalah pengusaha perempuan.

Ribuan pengusaha muda ambisius memulai usahanya tiap tahun. Namun, mengapa masih banyak juga yang gagal?

Dari 5 juta bisnis yang dibangun tiap tahunnya, 90 persen di antaranya gagal. Ini sama saja dengan 123.000 startup yang gulung tikar setiap harinya. Menariknya lagi, tingkat kegagalan startup sangatlah bervariasi di tiap industri.

Bidang industri informasi memiliki kemungkinan tertinggi untuk gagal, yaitu sebesar 60 persen. Di sisi lain, bidang finansial, asuransi, layanan kesehatan, properti, dan pendidikan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk gagal. Kemungkinan mereka untuk tutup hanyalah 45 persen.

Tips Sukses Bisnis ala DropBox: Hanya Perlu Benar Sekali

Banyaknya bisnis yang gagal mungkin menciutkan nyali Anda. Tapi, tenanglah. Masih ada harapan. Co-Founder dan CEO DropBox, Drew Houston pernah berpesan:

“Jangan khawatir gagal, Anda hanya perlu benar sekali saja.”

Mental tak perlu takut gagal memang penting. Tapi kan, tak ada salahnya juga kalau Anda tahu faktor yang umum yang menyebabkan startup gagal. Menurut artikel yang dipublikasikan di Failory, ada dua alasan paling umum mengapa startup bisa gagal.

  1. Pengusaha tidak kompeten
  2. Kurang pengalaman dan/atau memiliki permasalahan pribadi

Masalah-masalah ini bisa dihadapi oleh siapa saja. Tapi apakah itu artinya Anda tak perlu mencoba sama sekali dan menyerah sebelum berusaha?

Tentu saja tidak!

Ada hanya butuh rasa percaya bahwa ide dan semua usaha Anda akan berhasil.

Cara lain untuk mengurangi kemungkinan gagal adalah mengelilingi diri Anda dengan komunitas yang suportif. Orang-orang yang percaya pada ide dan keberhasilan Anda akan sangat membantu di segala prosesnya.

Seperti kata Nolan Bushnell, pendiri Chuck E. Cheese mengatakan:

“Berdiri dan mulai lakukan sesuatu! Itulah yang terpenting dan memang semudah itu. Banyak orang punya ide, tapi hanya sedikit yang memilih untuk mewujudkannya. Tidak besok. Tidak minggu depan. Tapi sekarang! Seorang pengusaha sejati adalah pekerja, bukan pemimpi.”

5 Sifat Penting Ini Wajib Dimiliki Pengusaha Sukses

Pengusaha adalah orang-orang yang sangat berani. Tapi sebetulnya, ada banyak sifat lain membedakan pengusaha sukses dengan yang lainnya. Apa saja? Simak sifat-sifat yang dibutuhkan pengusaha untuk berbisnis yang sukses.

1. Orang sukses memiliki tujuan yang jelas

cara usaha sukses

Tujuan yang jelas akan menguatkanmu dalam proses membangun bisnis. Apalagi di saat-saat yang tak menentu. Sebagian orang menyebut tujuan ini sebagai “panggilan atau intuisi”.

Salah satu proses menjadi pengusaha sukses adalah belajar mendengar intuisi itu. Ketika tujuan Anda sejalan dengan tempat dan visi bisnis, otomatis Anda akan mendapatkan pelanggan dan keuntungan.

Maka dari itu, Anda harus ingat langkah pertama untuk meraih sukses:

“Ketahui apa yang Anda mau dan bagaimana cara mendapatkannya. “

Ketika Anda yakin pada dua aspek ini, Anda bisa dapat gambaran bagaimana harus memulai bisnis.

Contoh terbaik dari tujuan yang jelas adalah BlaBla. BlaBla bertujuan menjadi penyedia jasa carpool atau ride-sharing (semacam Go-Car atau Grab-Car). Dengan usaha dan tujuan yang jelas, startup dari Perancis ini telah menjadi salah satu pemain utama di bidang transportasi. Tercatat, Blabla memiliki sebanyak  20 juta konsumen di 18 negara.

2. Orang sukses pintar mengecoh kompetitor

cara usaha sukses

Sukses tidak harus dicapai dengan terus-menerus berinovasi. Cara lain adalah dengan  mengambil ide yang sudah pasti berhasil dan fokus memberi nilai tambah. Dengan begini, Anda bisa menawarkan kelebihan dibandingkan kompetitor lain.

Poin unik bisa diwujudkan, misalnya dengan menggunakan domain. Ini merupakan salah satu cara untuk membungkus ulang ide dan menunjukkannya dengan cara yang menarik.

Apalagi jika Anda membuat nama domain dengan ekstensi yang kontekstual dan brandable seperti .TECH, .ONLINE, .SPACE, .SITE, .STORE, .WEBSITE, dan sebagainya. Karena sifat ekstensi yang masih relatif baru, Anda masih leluasa mencari nama domain yang sesuai. Karena keunikannya pula, domain macam ini akan berlaku sebagai branding. Temukan juga tips membuat nama domain untuk industri kreatif di blog Niagahoster.

3. Orang sukses ulet dan pantang menyerah

cara usaha sukses

Semua berlomba-lomba sukses dengan jalan pintas. Mungkin itu mengapa sebanyak 50 persen startup gagal.

Terkadang, kualitas produk tak menjamin kesuksesan sebuah startup. Malahan, sukses merupakan buah dari seberapa sabar dan berdedikasi seorang pengusaha pada visinya.

Baca juga: Kenali Konsep Marketing Mix Sebelum Membuat Startup

Microsoft, Apple, Amazon, dan Google ─ yang awalnya merupakan startup ─  menjadi seperti sekarang setelah puluhan tahun kerja keras dan ketekunan. Semua perusahaan ini pernah mengalami fase naik turun hingga bisa sampai pada kondisi sekarang.

4. Orang sukses bisa berkembang di tengah kondisi tak menentu

Ada cerita menarik di balik Canva. Platform desain yang baru-baru ini dinobatkan sebagai “program desain paling mudah digunakan di dunia” ini ternyata tak lepas dari proses jatuh-bangun.

Melanie Perkins, Co-Founder dari Canva ditolak sebanyak 100 kali sebelum ia berhasil menerima pendanaan awal untuk startup-nya. Setelah tiga tahun dan lebih dari 100 kali pitching, Melanie akhirnya berhasil mengamankan dana investasi sebesar $3 juta.

“Saya sadar setiap ada kemungkinan mendapatkan investasi, ada kemungkinan besar juga untuk gagal. Meski begitu, saya secara sadar tetap memutuskan untuk membuat perusahaan. Walaupun, sekali lagi, ada kemungkinan besar kegagalan. Jika kamu orang ‘gila’ dan punya mimpi besar, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mulai mewujudkannya.”

Sukses bisa menjadi nyata jika Anda cukup keras kepala untuk bertahan dari segala tantangan. Beberapa startup yang berjaya adalah startup yang bisa bertahan dari tantangan dan ketidakpastian.

Baca juga: 6+ Alasan Mengapa Blog Penting Untuk Bisnis

5. Orang sukses selalu peduli pada kepuasan pelanggan

cara usaha sukses

Terobsesi memuaskan pelanggan. Itulah salah satu karakteristik terpenting yang dimiliki startup sukses.

Startup sukses tak sekedar bermindset:

Banyak pelanggan = banyak uang.

Sebaliknya, orang sukses selalu berpikir:

Pelanggan setia = keuntungan jangka panjang.

Mindset ini menjelaskan mengapa orang sukses bisa menghargai pelanggan. Mereka sebisa mungkin memenuhi kebutuhan pelanggan dan merespons kritik serta saran pelanggan  secara serius.

Salah satu startup yang menerapkan mindset ini adalah Product Hunt. Ini terlihat dari jumlah followers Product Hunt di Twitter yang sangat banyak. Startup ini memang terkenal ulet merespons dan menjalin hubungan dengan pelanggannya secara personal.

Selain menggunakan teknik-teknik Twitter marketing, Anda juga bisa menjalin hubungan dengan pelanggan lewat kolom review di website toko online Anda.

Kesimpulan

Winston Churchill pernah berkata:

“Seorang pesimis melihat kesulitan di tengah semua kesempatan. Seorang optimis melihat kesempatan di setiap kesulitan”.

Maka dari itu, bangunlah, singsingkan lengan, dan mulai wujudkan ide bisnismu. Jangan biarkan hambatan, opini orang, atau pun persaingan membuatmu pesimis. Bisa dibilang, itulah kunci sukses usaha.

Ingat bahwa setiap pohon kokoh dulunya adalah benih. Fakta bahwa benih itu disiangi tiap hari hari lah yang menjadikannya pohon besar, kokoh, dan sehat.

1
Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + eighteen =