Tutorial

Cara Menggunakan WordPress Lengkap untuk Pemula (Termudah!)

WordPress adalah CMS terpopuler di dunia. Anda pun mungkin sudah sering dengan. Tapi, tahukah Anda kalau cara menggunakan WordPress itu mudah?

Bagi pengguna baru mungkin fitur-fitur ini terlihat membingungkan. Sebab, Anda belum mengenal kegunaan serta bagaimana cara mengoperasikannya. Mulai dari mengganti tema, menambah halaman, membuat menu, dan banyak lagi.

Tapi tenang saja, Anda sudah datang ke artikel yang tepat. Di sini, kami akan menjelaskan cara menggunakan WordPress untuk pemula yang mudah Anda pahami. Dan di akhir artikel, pasti Anda bisa melakukan cara setting WordPress secara mandiri.

Dan bukan itu saja, kami juga akan membocorkan rahasia supaya Anda bisa mengelola website WordPress dengan lebih mudah dan simple.

Sudah tidak sabar kan? Yuk meluncur ke bawah!

Cara Menggunakan WordPress untuk Pemula

Sebelum melakukan cara menggunakan WordPress, terlebih dahulu Anda harus membuat website WordPress. Jika sudah, Anda bisa mengikuti cara setting WordPress di bawah ini.

1. Login ke Halaman Admin WordPress

Untuk mengelola website, Anda perlu login dulu ke halaman admin WordPress. Kira-kira, begini caranya:

Pertama, silakan masuk ke dashboard WordPress Anda. Caranya, pada address bar ketikkan: domain-anda.com/wp-admin. 

Nantinya, akan muncul halaman login berikut.

Setelah itu masukkan username dan password yang dibuat ketika Anda melakukan instalasi WordPress. Kemudian tekan tombol Login.

Sekarang, Anda sudah bisa masuk ke dashboard alias WordPress Management Anda. Lewat dasbor inilah Anda bisa mengakses berbagai fitur untuk cara menggunakan WordPress.

Nah bagi Anda yang berlangganan hosting Niagahoster, masuk ke halaman admin WordPress juga bisa lewat Member Area Niagahoster.

Setelah login ke Member Area, pilih menu WordPress Management -> Website.

Masuk ke WordPress Management, Anda hanya perlu mengklik Login WordPress. Dan setelah itu, Anda sudah masuk ke halaman admin WordPress Anda. Mudah sekali, bukan?

Sekarang, mungkin Anda bertanya-tanya, apa jadinya kalau Anda lupa password WordPress? Tenang, kami akan menjelaskannya pada bagian berikutnya.

Baca Juga: Cara Login ke Dashboard WordPress [Terlengkap!]

2. Mengatasi Lupa Password WordPress

Untuk mengatasi lupa password WordPress, silakan klik tautan Lost your password? yang berada di bawah form login.

Kemudian masukkan alamat email yang Anda daftarkan ketika melakukan instalasi WordPress dan klik tombol Get New Password, kemudian akan dikirimkan tautan ke email tersebut untuk mereset password.

Setelah itu silakan login kembali.

Jika Anda tidak ingat alamat email yang didaftarkan ketika melakukan instalasi WordPress, silakan ikuti tutorial mengatasi lupa password WordPress melalui phpMyAdmin.

Baca Juga: 5+ Langkah Mudah Mengatasi Lupa Password WordPress

3. Mengubah Tema Website

Di awal, biasanya tampilan dari website belum sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, Anda perlu menggantinya dengan template yang lebih sesuai. Entah untuk kebutuhan toko online, web pribadi, dll.

Ini dia cara menggunakan WordPress untuk mengubah tema website.

1. Hal pertama yang dibutuhkan ketika menginstal tema baru adalah login ke dashboard admin WordPress terlebih dahulu, seperti cara sebelumnya. 

2. Setelah Anda berhasil login, silakan pilih menu Appearance -> Themes.

3. Akan muncul halaman yang menampilkan tema WordPress yang sudah Anda instal, untuk menginstal tema baru silakan klik tombol Add New.

Terdapat dua pilihan cara menginstal tema WordPress, yang pertama menginstal tema WordPress manual melalui tombol Upload Theme. Yang kedua, langsung di dashboard WordPress dengan memilih kategori tema atau mengetikkan kata kunci tema pada kolom pencarian seperti gambar di bawah ini.

4. Silakan klik tombol Install pada salah satu tema yang ingin Anda gunakan, atau klik tombol Preview untuk melihat contoh tampilannya.

5. Setelah proses instalasi tema selesai, supaya tema menjadi tampilan utama website Anda, silakan aktifkan dengan menekan tombol Activate.

Pada langkah ini, tema website Anda sudah memiliki tampilan baru sesuai dengan tampilan dari tema yang Anda instal.

Baca Juga: Cara Mengganti Template WordPress

4. Instal Plugin

Setelah Anda melakukan instalasi tema, langkah selanjutnya adalah menginstal plugin WordPress. Plugin adalah program untuk menambah fitur tertentu pada website, tanpa Anda harus menguasai bahasa pemrograman. 

Ada berbagai jenis plugin yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan fitur pada website, seperti plugin gallery, plugin page builder, SEO plugin, dan plugin lainnya.

Untuk menginstal plugin, silakan ikuti langkah di bawah ini.

1. Silakan pilih menu Plugins -> Add New.

2. Akan tampil halaman daftar plugin yang dapat Anda gunakan secara gratis, sama seperti ketika Anda menginstal tema. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci dari plugin yang ingin diinstal atau memilih berdasarkan kategori Featured, Popular, Recommended, dan Favorites.

Pada contoh ini kami akan menginstal plugin untuk membantu performa SEO website. Caranya, cukup ketikkan kata kuncinya pada kolom Keyword dan nantinya WordPress akan memberikan berbagai rekomendasi plugin.

Di sini, kami memilih plugin Yoast SEO. Untuk memasangnya, klik Install Now.

3. Setelah proses instalasi plugin selesai, silakan aktifkan dengan menekan tombol Activate.

Nah jika Anda belum mengetahui plugin apa saja yang perlu di instal pada website atau blog Anda, silakan baca artikel mengenai plugin WordPress terbaik. Plugin-plugin ini akan mempermudah cara menggunakan WordPress yang Anda kelola.

Baca Juga: 10+ Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik

Permalink adalah link dari postingan blog atau halaman website tertentu. Contohnya: https://www.niagahoster.co.id/blog/hosting-adalah/.

Tanpa settingan yang tepat, permalink website Anda pasti amat panjang. Sebab, website WordPress secara standar mengatur permalink berdasarkan tanggal posting konten dan judul artikel. Semisal:

Selain menghambat performa SEO, permalink yang terlalu panjang juga menyulitkan pengunjung saat ingin mengakses konten Anda. Karena, URL Anda terlalu rumit sehingga sulit diingat.

Oleh sebab itu, kami akan mengajarkan Anda cara memperbaiki permalink agar lebih simple:

1. Silakan pilih menu Settings -> Permalinks

2. Kemudian, pilih Post Name dan tekan tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

3. Nantinya, konten Anda akan memiliki template link yang lebih sederhana dan mudah diingat. Contohnya seperti di bawah ini. Link Anda hanya terdiri dari domain dan teks yang mewakili isi artikel.

Baca Juga: 10+ Langkah Mudah Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik

6. Menambahkan Halaman Website

Sekarang, Anda akan belajar menambah halaman website. Cara menggunakan WordPress ini cukup penting, agar situs Anda bisa menampilkan berbagai informasi yang beragam di halaman yang tepat.

Kira-kira, begini cara menambah halaman pada website WordPress:

1. Untuk menambahkan halaman baru pada website WordPress Anda, silakan pilih menu Pages kemudian pilih Add new.

2. Tambahkan Judul Halaman. Misalnya halaman yang Anda buat adalah untuk menu kontak, berarti judul bisa dibuat Kontak Kami. Di bagian bawah, Anda bisa menambahkan konten sesuai halaman tersebut.

3. Setelah selesai melakukan pengaturan, silakan terbitkan dengan menekan tombol Publish. Jika Anda belum ingin menerbitkannya, silakan tekan Save Draft.

Baca Juga: 10+ Halaman Penting yang Harus Ada di Website Anda

7. Memasang Menu Navigasi

Agar mudah dijelajahi, website harus menyediakan menu navigasi. Sehingga, pengunjung Anda mudah menemukan halaman website yang mereka butuhkan dan sudah Anda buat pada bagian sebelumnya. Misalnya, halaman produk, kontak, profil perusahaan, dsb.

Nah di cara menggunakan WordPress ini, kami akan menjelaskan tahapan memasang menu navigasi tersebut.

1. Pastikan Anda sudah login di dashboard WordPress, kemudian pilih menu Appearance -> Menus.

2. Akan tampil halaman editor menu, silakan masukkan nama menu pada kolom Menu Name, kemudian klik tombol Save Menu.

3. Pada contoh ini menu yang ditambahkan adalah dari halaman yang sebelumnya sudah dibuat. Silakan centang salah satu halaman website pada kolom Pages, kemudian klik tombol Add to Menu

4. Klik Automatically add new top-level to. Lalu pilih posisi menu navigasi (di sini kami memilih sebagai Primary). Kemudian simpan perubahan dengan menekan tombol Save Menu.

Untuk melihat perubahan, silakan akses website Anda. Kurang lebih, menu akan terlihat seperti gambar di bawah ini. (Catatan: Setiap tema memiliki posisi dan tampilan menu yang berbeda-beda).

Selain menambahkan halaman pada menu, Anda juga dapat menambahkan postingan, tautan dan kategori pada menu yang dibuat. Untuk mengetahui cara selengkapnya Anda dapat melihat tutorial cara membuat menu di WordPress.

8. Menerbitkan Konten

Cara menggunakan WordPress selanjutnya, menerbitkan konten. Mirip seperti menambah halaman baru, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut:

1. Pilih menu Post -> Add New

2. Kemudian, silakan masukkan judul dan artikel pada kolom yang tersedia.

3. Untuk menambahkan tautan di dalam artikel (interlink), silakan block kalimat atau kata di dalam artikel. Lalu, pilih icon rantai dan masukkan alamat tautan yang Anda inginkan. Tekan enter untuk menyimpan perubahan.

4. Selain memasukkan link, Anda juga dapat menambahkan gambar ke dalam konten yang dibuat dengan memilih menu Add Media dan pilih gambar yang diinginkan.

5. Tentukan kategori dari artikel yang Anda buat. Tapi jika Anda belum membuat kategori, silakan klik +Add New Category pada bagian Categories.

Jika sudah, isi kolom nama kategori. Product, misalnya. Kita akan menjadikan kategori ini sebagai Parent Category. Parent Category artinya kategori induk alias yang utama. 

Di dalam Parent Category, Anda bisa membuat kategori anakan. Cukup klik Parent Category yang Anda inginkan, lalu isi kolom Kategori sesuai dengan kategori anak yang Anda mau.

6. Kembali lagi ke cara menerbitkan konten, silakan centang kategori yang Anda inginkan.

7.  Tambahkan tag untuk artikel Anda pada bagian menu Tags yang ada di bawah menu Categories.

8. Tambahkan gambar utama melalui menu Featured Image -> Set featured image yang berada di pojok kanan bawah halaman.

9. Terakhir terbitkan artikel dengan menekan tombol Publish.

Yuk Lakukan Cara Menggunakan WordPress yang Tepat Agar Situs Makin Hebat!

Sekarang, Anda sudah memahami cara menggunakan WordPress untuk pemula. Itu artinya, mulai sekarang Anda bisa menerbitkan artikel pertama Anda serta mengelola website dengan mudah.

Tapi, tahukah Anda, bahwa masih ada cara mengelola WordPress dengan jauh lebih mudah dan sederhana?

Yap, apa lagi kalau bukan Simple WordPress Hosting dari Niagahoster!

Simple WordPress adalah layanan hosting yang fokus pada kemudahan mengelola website WordPress. Tanpa pemahaman teknis pun, pasti Anda bisa mengatur website dengan mudah.

Alasannya, Anda akan mengantongi dasbor khusus yang super simple untuk menjalankan berbagai fungsi website, yaitu:

  • Overview: melihat informasi umum tentang website (versi WordPress, informasi kapasitas SSD, status SSL, dan status HTTPS);
  • Feature: melihat fitur utama untuk mengelola website (staging dan instal ulang WordPress);
  • Analytics: memberikan statistik pengunjung website (jumlah kunjungan, unique visitor, hingga lokasi asal);
  • Backup: memudahkan Anda mengelola backup kapanpun;
  • Knowledge Base: menyediakan puluhan tutorial WordPress secara lengkap.

Lewat dasbor simple ini pula, Anda bisa memasang plugin tanpa harus login ke halaman admin WordPress. 

Selain itu, masih banyak lagi keunggulan Simple WordPress yang menanti untuk Anda temukan. Yang pastinya, semua akan memudahkan Anda dalam mengelola situs sehingga Anda bisa lebih fokus ke pengembangan bisnis ataupun tujuan Anda lainnya.

Jadi, kalau ada hosting yang lebih mudah, mengapa memilih yang lebih rumit bukan? Yuk wujudkan website impian Anda sekarang!

Benefita

Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Share
Published by
Benefita

Recent Posts

Cara Membuat Plugin WordPress Sendiri dengan Mudah

Ingin belajar cara membuat plugin WordPress sendiri? Yuk baca artikel ini untuk bisa praktik membuat plugin WordPress sederhana!

15 hours ago

Rayakan Hari Jadi ke-9, Niagahoster Adakan Charity di Berbagai Kota di Indonesia

9 tahun sudah perjalanan perusahaan web hosting Niagahoster dalam menyediakan layanan terbaik, stabil, cepat, dan mudah bagi semua orang. Dalam…

20 hours ago

9+ Blogger Indonesia Inspiratif yang Wajib Kamu Follow

Sedang kehabisan inspirasi ngeblog? Jangan sedih. Seringkali untuk mengatasi writer’s block, Anda hanya perlu mengunjungi blog-blog lain atau blogwalking. Apalagi…

2 days ago

Cara Pasang Iklan di Google Ads untuk Pemula (Terbaru)

Anda punya bisnis, tapi belum pernah mengiklankannya lewat Google Ads? Kalau belum, aduh… banyak potensi cuan yang terlewatkan, lho. Perlu…

6 days ago

4 Cara Install Plugin WordPress dengan Mudah [Terlengkap]

Cara install plugin WordPress bisa dilakukan dengan 4 metode berbeda. Yuk praktikkan cara memasang plugin di WordPress pada artikel ini!

6 days ago

Benarkah WordPress itu SEO Friendly? Ini Dia Alasannya!

WordPress adalah platform CMS terpopuler. Alasannya, karena WordPress SEO friendly. Benarkah begitu? Simak fakta dan alasannya di sini!

7 days ago