Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

14 Contoh Top Level Domain Terbaik untuk Berbagai Jenis Website

3 min read

contoh top level domain

Sedang bingung memilih top level domain untuk website Anda? Tak perlu khawatir, di sini Anda akan melihat berbagai contoh top level domain terbaik, contohnya seperti .com, .co.id, .org, dan .co.

Berbagai contoh TLD tersebut punya fungsi yang berbeda-beda. Contohnya, .com biasanya digunakan untuk website komersial, .org biasanya digunakan untuk website organisasi non-profit, dan .edu biasanya digunakan untuk website institusi pendidikan.

Itu baru segelintir contoh top level domain. Masih banyak lagi contoh tld terbaik yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Yuk simak selengkapnya!

14 Contoh Top Level Domain Terbaik untuk Website Anda

Berikut adalah beberapa contoh top level domain terbaik yang bisa Anda gunakan:

  • .com – untuk website komersial
  • .org – untuk website organisasi non-profit;
  • .net – untuk website organisasi yang berkaitan dengan jaringan (network)
  • .co.id – untuk website perusahaan yang berada di Indonesia
  • .biz – untuk website bisnis online atau jenis bisnis lainnya
  • .id – untuk website yang menarik target audiens dari Indonesia
  • .store – untuk website toko online
  • .blog – untuk website blog

Selain contoh-contoh tersebut, masik banyak lagi contoh top level domain yang bisa Anda gunakan di luar sana. Mari kita bahas satu per satu!

1. .ID

Domain .ID adalah country code top level domain (ccTLD) yang biasanya digunakan oleh website bisnis di Indonesia. Walau begitu, sebenarnya website personal seperti blog pun bisa memakai domain ini.

Oleh sebab itu, salah satu kelebihan domain .ID adalah tidak membutuhkan persyaratan khusus untuk pemakainya. Contoh website yang menggunakan domain .ID yaitu RRI Radio (rri.co.id), wifi.id, dll.

contoh top level domain ID

Baca Juga: Harga Domain .ID Naik per 1 April 2022, Ternyata Ini Alasannya

2. .CO.ID

Domain .CO.ID khusus diperuntukkan bagi website dengan perusahaan di Indonesia yang sudah diakui secara hukum. Oleh sebab itu Anda harus mengumpulkan persyaratan seperti scan SIUP/TDP, surat kepemilikan merk, dll.

Salah satu contoh website yang menggunakan TLD ini adalah website Niagahoster:

contoh top level domain Niagahoster

Domain .CO.ID juga dapat membantu perusahaam meningkatkan kredibilitas perusahaan. Sebab, hanya bisnis dengan legalitas hukum saja yang bisa mengantonginya.

3. .OR.ID

Contoh top level domain website berikutnya adalah .OR.ID. Ini adalah singkatan dari organisasi Indonesia. Artinya, hanya organisasi sah dari Indonesia saja yang bisa menggunakannya.

Contoh pengguna TLD ini adalah website resmi Palang Merah Indonesia (PMI):

top level domain OR.ID

4. .COM

Pasti Anda sudah familiar dengan website .COM. Umumnya, isi website dengan .COM domain memang ditujukan untuk kebutuhan komersial dan pemasaran.

contoh top level domain Elira

Selain perusahaan, individu pun bisa juga memakai top level domain .COM. Misalnya, seperti blog atau website portfolio.

website blog Gita Savitri

Baca Juga: Domain .COM Tidak Tersedia? Coba 7 Domain Unik Ini!

5. .CO

Top level domain .CO biasa digunakan untuk keperluan bisnis. Baik startup, perusahaan, ataupun jenis usaha lainnya.

Untungnya, apapun jenis industri website boleh memilih menggunakan DOMAIN .CO. Baik web perusahaan kuliner, pendidikan, teknologi, dsb.

contoh top level domain .CO

6. .STORE

Dari namanya saja, mungkin Anda sudah tahu bahwa kegunaan domain .STORE adalah untuk menunjang website bisnis. Sebab, .STORE berasal dari kata “store”, yang artinya adalah toko.

Uniknya, isi website dengan domain .STORE tidak harus merujuk ke lokasi geografis tertentu secara spesifik. Sehingga, website Anda bisa memilih target audiens secara nasional maupun internasional.

STORE sebagai contoh top level domain

7. .TECH

Domain .TECH adalah TLD yang tepat untuk website perusahaan teknologi. Sebab, saat orang-orang mendengar domain dengan ekstensi .TECH, pasti mereka bisa langsung menebak bahwa pemilik website tersebut bergerak di industri teknologi.

perusahaan teknologi cocok menggunakan domain .TECH

8. .EDU

Domain .EDU diambil dari kata “education”, yang berarti pendidikan. Sesuai fungsinya, nama domain .EDU memang untuk kepentingan situs pendidikan. Jadi, biasanya penggunanya adalah situs sekolah, universitas, atau institusi pendidikan lainnya.

TLD .EDU digunakan oleh website pendidikan

Baca Juga: Cara Membuat Website Sekolah

9. .BLOG

Jika Anda ingin memperkuat personal branding Anda sebagai blogger, TLD .BLOG bisa menjadi ekstensi domain yang tepat.

Seperti yang dilakukan Seth Godin, seorang penulis dan pengusaha asal Amerika Serikat,  yang mempromosikantulisan dan kursusnya lewat blog-nya.

contoh top level domain .BLOG

Baca Juga: Cara Membuat Blog

10. .XYZ

Mungkin contoh top level domain .XYZ terdengar asing di telinga Anda. Padahal, domain ini dibuat sebagai alternatif domain .COM.

Jadi, domain .XYZ adalah kumpulan inisial dari tiga julukan generasi usia. Generasi X, Y, dan Z.

Diharapkan domain ini bisa membantu memberi kesan yang lebih unik, modern, dan merangkul berbagai kalangan usia. Terutama bagi Anda yang target audiens bisnisnya cukup luas.

top level domain .XYZ cukup unik

Baca Juga: Bisnis Jual Beli Nama Domain

11. .GOV

Domain TLD .GOV berasal dari kata ‘government’ yang berarti pemerintah. Itulah mengapa, nama domain ini memang terbatas untuk situs pemerintahan saja.

Jika website yang Anda buat bukanlah website resmi pemerintahan, Anda tidak akan bisa menggunakan nama domain ini.

contoh top level domain gov

12. .ORG

Domain .ORG adalah generic top level domain (gtld). Pemilik website yang memakai nama domain ini biasanya adalah organisasi non-profit atau non-komersial.

Isi website dengan TLD ini umumnya bertujuan untuk mendukung misi kemanusiaan dan mendukung kegiatan komunitas.

contoh top level domain org

13. .NET

Domain .NET merupakan ekstensi untuk perusahaan atau organisasi yang berkaitan dengan jaringan (network). Baik website jaringan internet, maupun bisnis teknologi jaringan lainnya. Misalnya, asp.net.

Meski begitu, sebenarnya Anda bisa menggunakan nama domain ini untuk berbagai jenis website bisnis maupun pribadi.

Baca juga: Manfaat Domain

14. .BIZ

Domain .BIZ diambil dari kata “business”. Artinya, fungsi TLD .BIZ adalah untuk memperkuat branding situs sebagai website bisnis.

Anda bisa menggunakan domain .BIZ untuk membuat toko online, situs bisnis, maupun website startup.

Baca Juga: Panduan Domain untuk Pemula

Manakah Contoh Top Level Domain yang Paling Cocok untuk Anda?

Sekarang Anda sudah tahu berbagai contoh top level domain terbaik untuk berbagai jenis website. Intinya, fungsi tiap TLD itu berbeda-beda dan tidak semua nama domain bisa Anda gunakan begitu saja. Sebab, beberapa nama top level domain memiliki syarat tertentu.

Selain jenis TLD, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli domain, kualitas penyedia domainnya. Kalau Anda membeli ekstensi dari penyedia domain abal-abal, bisa jadi Anda membayar lebih mahal untuk domain yang kurang terpercaya.

Untungnya, Niagahoster menyediakan berbagai domain murah yang pastinya cocok untuk kebutuhan bisnis Anda. Ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membeli domain di Niagahoster:

  • Bebas memilih ekstensi domain;
  • Domain terpercaya karena Niagahoster sudah terakreditasi ICANN;
  • Integrasi blogspot cepat;
  • Fitur kelola lengkap melalui DNS Management, Domain Forwarding, dll;
  • Dukungan teknis 24/7.
  • Anda berkesempatan untuk daftar daftar domain gratis di program giveaway Niagahoster.

Semoga artikel ini membantu Anda memilih top level domain terbaik untuk website Anda, ya! Jadi, apa nih top level domain pilihan Anda?

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

2 Replies to “14 Contoh Top Level Domain Terbaik untuk Berbagai Jenis…”

  1. Saya sudah melakukan pembayaran domain solusilunashutang.id
    Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?

    1. Halo, Kak! Setelah melakukan pembayaran domain, Kakak perlu menghubungkan domain ke server hosting agar domain bisa diakses ya Kak. Selain itu, Kakak juga bisa mengatur email dengan domain sendiri agar tampak lebih profesional 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *