Tutorial

Cara Verifikasi dan Menggunakan Bing Webmaster [Terlengkap]

Bing adalah mesin pencari yang cukup populer. Berdasar data, Bing menempati posisi kedua pengguna terbanyak di dunia, yaitu 5,56%. Persis di bawah Google yang memiliki pangsa pasar sebesar 92,47%.

Walau tak seterkenal Google, tapi Bing masih menarik perhatian banyak pemilik website. Oleh karena itu, untuk mengecek performa website di Bing, Anda bisa menggunakan Bing Webmaster Tools.

Tapi, sebelum menggunakannya, Anda harus menghubungkan website Anda ke Bing Webmaster Tools terlebih dahulu. Caranya gampang kok, Anda hanya perlu belajar cara verifikasi website di Bing Webmaster di artikel ini. Yuk disimak!

Apa Itu Bing Webmaster?

Bing Webmaster adalah tools buatan Microsoft yang berfungsi untuk memunculkan website di hasil pencarian Bing. 

Tak hanya itu saja, Bing Webmaster bisa membantu Anda memonitor dan meningkatkan kinerja website. Tujuannya untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian. 

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah  memaksimalkan peringkat website di Bing dan mendapatkan trafik lebih banyak. Apalagi, Bing setidaknya memiliki 1,3 miliar trafik dan 12 miliar volume pencarian per bulan dari seluruh dunia.

Nah, untuk memaksimalkan peluang itu, Bing Webmaster menyediakan tools untuk memaksimalkan kinerja website. 

Lalu, apa saja fungsi Bing Webmaster Tools?

  • Memantau kinerja website berdasar peringkat kata kunci di hasil pencarian
  • Monitor proses crawling dan indexing website Anda
  • Menghapus konten yang tidak perlu diindex
  • Melaporkan link ilegal yang mengarah ke website Anda
  • Memeriksa dan mengatasi malware atau spam pada website.

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda mungkin sudah tak sabar menggunakan Bing Webmaster. Akan tetapi sebelumnya, Anda perlu membuat akun Bing Webmaster dulu. Bagaimana caranya? Simak pembahasan berikutnya. 

Cara Membuat Akun Bing Webmaster

Berikut ini adalah cara membuat akun Bing Webmaster:

  1. Pertama-tama, akses situs Bing Webmaster Tools. Lalu, klik Get Started.
  2. Setelah itu, Anda akan diminta untuk sign in melalui beberapa pilihan, yaitu akun Microsoft, Google atau Facebook. Pilih yang paling memudahkan Anda.
  3. Selanjutnya, tambahkan URL website Anda ke dashboard Bing Webmaster.
  4. Ada dua cara untuk menambahkan website Anda, yaitu mengimpor website dari Google Search Console atau menambahkan URL website secara manual.
  5. Jika sebelumnya Anda sudah verifikasi website di Google Console, Anda bisa mengimpor URL website dengan cara klik Import.
  6. Atau Anda juga bisa menambahkan website dengan cara memasukkan URL website, kemudian klik Add.
  7. Website Anda berhasil ditambahkan ke akun Bing Webmaster Tools Anda.

Cek juga : Layanan Cloud Web Hosting Niagahoster!

Cara Verifikasi Bing Webmaster untuk WordPress Anda

Selamat! Website Anda sudah ditambahkan ke akun Bing Webmaster. Nah, sekarang saatnya melakukan verifikasi website.  Ada tiga proses verifikasi yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • XML File Verification
  • Meta Tag Verification
  • Domain Name Server (DNS) Verification

Agar lebih jelas, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. XML File Verification

XML File Verification adalah proses verifikasi Bing webmaster dengan mengunduh file BingSiteAuth.xml. Setelah itu Anda bisa meletakkan file itu di root directory website.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Kembali ke dashboard Bing Webmaster. Di bawah pilihan add website, ada daftar website yang sudah Anda tambahkan dalam dashboard. Kemudian klik Verify Now sesuai website yang diinginkan.
  2. Anda akan menemukan pilihan cara verifikasi Bing Webmaster. Pilih XML file. Kemudian download file BingSiteAuth.xml.
  3. Setelah file selesai diunduh, silakan login ke cPanel Anda. Setelah itu, klik File Manager.
  4. Setelah masuk ke menu file manager, klik public_html lalu tekan tombol upload. Tujuannya untuk mengupload file XML ke root domain website Anda.
  5. Klik Select File lalu pilih file BingSiteAuth.xml yang sudah Anda unduh. Tunggu hingga download selesai.
  6. Setelah itu, kembali ke laman verifikasi Bing Webmaster. Klik Verify.
  7. Jika website Anda berhasil terverifikasi, Anda akan masuk ke dashboard Bing Webmaster Tools. Begini tampilannya.

Baca juga: Cara Verifikasi Google Webmaster Tools [Terlengkap!]

2. Meta Tag Verification

Meta Tag Verification adalah cara verifikasi Bing Webmaster dengan memasukkan kode Meta Tag ke homepage website Anda. 

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pada pilihan cara verifikasi Bing Webmaster, pilih HTML Meta Tag. Lalu klik Copy.
  2. Log in ke dashboard WordPress Anda. Setelah itu, install dan aktifkan plugin Yoast SEO. Caranya klik Plugin > Add New > ketikkan Yoast SEO di kolom pencarian plugin > Install > Activate.
  3. Klik icon Yoast SEO di bagian atas dashboard WordPress Anda. Lalu klik SEO Settings > General.
  4. Setelah itu klik Webmaster Tools. Pada bagian Bing verification code, silakan paste HTML Meta Tag yang sudah Anda copy. Lalu klik Save Changes.
  5. Silakan kembali ke dashboard Bing Webmaster. Pada bagian HTML Meta Tag, klik Verify.
  6. Jika website Anda sudah terverifikasi, begini tampilan dashboard Bing Webmaster Tools Anda.

3. Domain Name Server (DNS) Verification

DNS Verification adalah cara verifikasi Bingwebmaster dengan memasukkan CNAME ke direktori DNS control panel Anda. 

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pada pilihan DNS Verification, silakan copy CNAME yang tersedia.
  2. Setelah itu, silakan log in ke cPanel Anda. Lalu pada bagian Domains, klik DNS Zone Editor.
  3. Anda akan menemukan daftar domain website. Silakan klik Manage pada salah satu domain website Anda.
  4. Setelah itu, Anda akan masuk ke pengaturan DNS. Klik Add Record yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu pilih Type CNAME.
  5. Kemudian paste CNAME yang sudah Anda copy pada bagian Name. Lalu ketikkan verify.bing.com di bagian Record.  Setelah itu klik Save Record.
  6. Setelah itu, silakan kembali ke halaman verifikasi Bing Webmaster. Lalu klik Verify.

Perlu jadi catatan, terkadang Anda harus menunggu hingga 48 jam untuk menunggu DNS Record Anda tersimpan. Jadi, jangan kaget kalau Anda tidak bisa langsung melakukan verifikasi.

Nah, itu tadi adalah kumpulan cara verifikasi Bing Webmaster. Pada dasarnya, ketiga cara di atas sama-sama akan menghubungkan website Anda ke Bing Webmaster. Jadi, silakan pilih cara yang paling mudah untuk Anda ya.

Sudah siap mempraktekkan cara menggunakan Bing Webmaster? Simak pembahasan selanjutnya.

Cara Menggunakan Bing Webmaster Tools

Berikut ini adalah menu-menu Bing Webmaster Tools yang bisa Anda gunakan:

1. URL Submission

URL Submission adalah fitur untuk memasukkan URL website ke Bing Webmaster. Tujuannya agar Bing bisa melakukan indexing website Anda di hasil pencarian.

Indexing adalah proses penyimpanan konten website ke database mesin pencari. Proses ini dilakukan setelah proses crawling, yaitu proses mesin pencari menemukan konten website Anda di hasil pencarian. 

Nah, berikut ini adalah cara menggunakan Bing Webmaster untuk indexing website:  

  1. Pada dashboard Bing Webmaster Anda, klik URL Submission. Kemudian klik Submit URL.
  2. Ketikkan URL website Anda di bagian Submit URL. Misalnya, URL landing page, suatu artikel atau suatu halaman. Anda bisa memasukkan 10 URL website per harinya. Setelah itu, klik Submit di bagian bawah form.
  3. Website Anda sudah masuk dalam Bing Webmaster untuk indexing dan crawling.

2. Search Performance

Search performance adalah ringkasan performa website Anda di hasil pencarian Bing. Berikut ini adalah beberapa opsi untuk memantau performa website:

Overview

Di bagian atas Search Performance, Anda akan menemukan Overview. Ada beberapa informasi yang bisa Anda lihat dalam bagan overview, yaitu:

  • Total clicks: jumlah klik ke website Anda selama enam bulan terakhir
  • Total impressions: jumlah impresi yang didapatkan website Anda di hasil pencarian Bing selama enam bulan terakhir
  • Average Click Through Rate (CTR): rata-rata jumlah klik yang dihasilkan dari impresi hasil pencarian Bing selama enam bulan terakhir

Keywords

Di bawah menu Overview, Anda akan menemukan menu Keywords. Fungsinya adalah menunjukkan kata kunci dari hasil pencarian organik (bukan berbayar) yang mendatangkan trafik ke website. 

Nah, untuk setiap kata kunci, Anda dapat melacak metrik seperti:

  • Impressions: Frekuensi halaman website Anda muncul di hasil pencarian untuk suatu kata kunci. Ketika beberapa halaman website muncul dalam satu hasil pencarian, maka tiap halaman dihitung sebagai impresi.
  • Clicks: jumlah klik yang dihasilkan satu halaman website dari satu kata kunci tertentu.
  • Click Through Rate (CTR): rasio jumlah klik terhadap jumlah impresi di hasil pencarian, dihitung untuk tiap kata kunci
  • Average Position: posisi rata-rata halaman website Anda di hasil pencarian suatu kata kunci.

Anda juga bisa mengklik keyword untuk melihat halaman website mana yang memuat keyword tertentu. Selain itu Anda juga bisa melihat performa halaman yang memuat kata kunci tersebut. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

Pages

Di sebelah kanan menu Keyword ada menu Pages. Menu ini berfungsi untuk menampilkan urutan performa halaman website Anda. Di menu ini Anda bisa melihat beberapa metrik seperti:

  • Impressions: jumlah suatu halaman website dillihat setiap pengguna mengetikan kata kunci. Jika suatu halaman website muncul beberapa kali dalam satu hasil pencarian, maka tiap link di halaman website dihitung sebagai impresi.
  • Clicks: jumlah klik yang dihitung ketika orang membuka satu halaman website yang muncul di halaman pencarian.
  • Click Through Rate (CTR): rasio jumlah klik terhadap jumlah impresi suatu halaman di hasil pencarian .
  • Average Position: posisi rata-rata halaman website Anda di hasil pencarian Bing. Angka 1 artinya halaman website Anda mendapatkan ranking pertama, 2 berarti mendapatkan ranking dua, dan seterusnya.

Baca juga: Cara Mengubah URL WordPress di Database MySQL via PhpMyAdmin

3. URL Inspection

Menu URL Inspection berfungsi untuk monitor URL website. Menu ini akan menampilkan error yang mungkin muncul dalam proses crawling dan indexing. 

Semisal halaman website tidak muncul di hasil pencarian, Anda akan menerima pesan dari Bing. 

Pesan itu juga disertai dengan saran tentang tindakan yang perlu dilakukan untuk memperbaiki error. Tujuannya agar website Anda bisa segera muncul di hasil pencarian Bing.

Cara menggunakannya, Anda cukup memasukkan URL website Anda di URL Inspection. Kemudian klik Inspect

Setelah itu, sistem Bing Webmaster akan menampilkan beberapa status website Anda, yaitu:

Index Card

Index card berfungsi untuk menampilkan status indexing halaman website. Misalnya, kapan URL website muncul di hasil pencarian, melalui proses crawling dan indexing. 

Apabila ada eror dalam proses indexing, pesan eror akan dimunculkan dengan saran tindakan. Misalnya request index ulang, contact support, dan edit robot crawling. 

SEO Card

SEO card berfungsi untuk menampilkan error yang berhubungan dengan praktik SEO di konten website Anda. Error yang ditampilkan berdampak pada peringkat website di Bing.

Ada 15 praktik SEO yang akan dibaca oleh scan SEO Card. Jika ada eror dalam praktik tersebut, maka akan muncul laporan seperti di bawah ini:

Tiap item eror SEO yang ditampilkan memiliki warna yang berbeda untuk menentukan tingkat prioritas pembenahan. Warna merah artinya prioritas tinggi, kuning artinya prioritas sedang dan biru prioritas rendah.

Jika Anda mengklik deskripsi eror maka akan muncul saran tentang langkah perbaikan yang perlu dilakukan. 

Baca Juga: Belajar SEO Terbaru untuk Pemula (Terbaru 2021)

Markup Card

Menu Markup Card berfungsi untuk memeriksa apakah struktur teks website Anda terbaca oleh mesin pencarian Bing. Caranya dengan scanning bahasa mark up yang digunakan website Anda. 

Bahasa mark up yang dapat dibaca oleh menu ini adalah HTML Microdata, Microformats, Open Graph, dan JSON-LD.

4. Site Explorer

Site Explorer adalah menu untuk mengidentifikasi struktur website dan permasalahan URL. Misalnya seperti redirect, link yang rusak, dan error dalam proses crawling mesin pencarian.

Menu ini menampilkan folder yang berisi informasi struktur website dan proses crawling terbaru dari website Anda. 

Di sebelah kanan menu terdapat beberapa informasi, yaitu:

1. Crawl information

  • Indexed: jumlah URL di dalam suatu folder yang berhasil diindex
  • Error: masalah eror yang darurat sehingga menyebabkan URL tidak terindeks.
  • Warning: URL dengan permasalahan pedoman dan permasalahan crawling.
  • Excluded: URL dengan permasalahan spam dan ranking rendah di hasil pencarian.

2. Folder information

  • URLs: Jumlah URL di dalam suatu folder yang sudah berhasil ditemukan oleh mesin pencarian Bing
  • Clicks: Jumlah total klik suatu URL yang ada di dalam suatu folder
  • Impressions: Jumlah total impresi URL
  • Backlinks: Jumlah total backlinks ke suatu URL

3. URL based information and action

  • Impressions: Total impresi suatu URL
  • Clicks: Total klik suatu URL
  • Last Crawled: Tanggal terbaru proses crawling selesai dilakukan
  • Discovered: Tanggal ditemukannya suatu URL oleh mesin pencarian Bing
  • Backlinks: Jumlah backlink yang mengarah ke suatu URL
  • Is Https: Apakah URL adalah HTTP atau bukan
  • Port Number: Port yang digunakan untuk transfer data server
  • Test Robot in Robots.txt: untuk memastikan apakah URL terkena block pada hasil pencarian atau tidak

Backlinks menyediakan informasi tentang profil backlink yang mengarah ke website Anda. Begini tampilan menunya.

Di dalam Backlinks, Anda bisa menemukan informasi sebagai berikut:

All Links

Domains akan menunjukkan daftar dan jumlah domain yang mengarah ke website Anda. Selain itu, Anda juga bisa melihat anchor text yang digunakan oleh domain tersebut.

Tabel domain menunjukkan data hingga 1500 domain. Dalam setiap domain, Anda dapat menemukan detail hingga 10.000 backlink. Data ini dapat Anda ekspor ke dalam format file CSV menggunakan button Download All

Similar Sites

Similar sites membantu Anda membandingkan profil backlink website Anda dengan dua website serupa. Caranya dengan klik Add a site to compare

Setelah itu, Anda akan melihat jumlah domain dan anchor text yang mengarah ke masing-masing website. Baik itu website Anda maupun website kompetitor yang serupa.

Di bawah data tersebut, Anda dapat melihat 500 domain dan anchor textnya.

Dengan begitu, Anda bisa memantau Domain Authority (DA) kompetitor website Anda. Setelah itu Anda dapat menentukan strategi untuk mendapatkan backlink berkualitas agar bisa mengungguli DA kompetitor.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Website

Anda dapat mengklik domain untuk mengetahui halaman mana yang digunakan untuk menautkan URL website Anda. Data tersebut dapat ditampilkan hingga 100 baris. Selain itu, Anda juga bisa mengunduhnya dengan klik button Download All.

Disavow Links

Disavow Links berfungsi untuk memblokir link ilegal yang mengarah ke website Anda. Di bawah ini adalah caranya:

  1. Tentukan jenis URL yang ingin Anda blokir. Misalnya halaman, direktori file, atau sebuah domain.
  2. Kemudian masukkan URL dari halaman, direktori file atau domain yang ingin Anda blokir.
  3. Klik Disavow.

7. SEO Report

SEO Report berisi beberapa rekomendasi untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian Bing. Rekomendasi tersebut berdasar 15 praktik SEO dan ditayangkan secara otomatis setiap minggu di akun Bing Webmaster Anda. 

Daftar jenis eror, tingkat kesalahan dan jumlah halaman yang mengandung error dapat dilihat dalam tabel di bawah ini.

Ketika Anda mengklik salah satu jenis kesalahan, Anda akan menemukan informasi sebagai berikut:

Error Details

Halaman ini menampilkan detail dari masing-masing catatan eror, yaitu:

  • Severity: tingkat keparahan suatu error berdasar dampak error terhadap peringkat website. Tingkat keparahan itu memiliki tiga output yaitu High, Moderate and Low.
  • Pages with error: jumlah halaman di dalam website yang mengandung error.
  • Total errors: total error yang muncul dari semua halaman website

Recommended action

Recommendation action berisi rincian solusi untuk tiap error. Tak hanya itu saja, Anda juga akan menemukan contoh solusi yang relevan dan mengapa solusi itu perlu dilakukan. 

Pages with error

Pages with error akan menampilkan hingga 50 halaman dalam website Anda yang tidak sesuai kaidah SEO. Data dapat diekspor dalam bentuk file CSV dengan cara klik Download All.

Baca Juga: 20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly [Panduan Terbaru 2021)

8. Keyword Research

Keyword Research adalah tools untuk melalukan riset kata kunci. Dengan tools ini, Anda bisa menemukan kata kunci dengan volume pencarian tinggi. Jadi, Anda bisa membuat konten website dengan kata kunci pilihan agar mendapat trafik tinggi.

Bagaimana caranya? Anda cukup memasukkan satu kata kunci di kolom pencarian. Kemudian klik Get Details. Anda akan mendapatkan hasil seperti di bawah ini: 

Hasil di atas adalah total impresi dan trennya di suatu kata kunci selama beberapa bulan. Selain itu, Bing Webmaster juga menyediakan data impresi berdasarkan hasil pencarian di beberapa negara. 

Nah, saat Anda scroll ke bawah, Anda akan menemukan data berdasar tiga kelompok, yaitu:

  • Related Keywords: kata kunci yang masih relevan dengan kata kunci yang Anda pilih.
  • Question Keyword: rangkaian pertanyaan yang diajukan audiens menggunakan kata kunci pilihan dan kata kunci relevan.
  • Newly Discovered: kata kunci yang masih relevan dengan kata kunci pilihan selama 30 hari terakhir.

Nah, ketika Anda scroll lagi ke bawah, Anda akan menemukan menu Top 10 url ranking on this keyword. Menu ini menampilkan 10 URL teratas yang menggunakan kata kunci pilihan dan kata kunci yang masih relevan. 

Anda bisa menggunakan menu ini untuk menyesuaikan search intent kata kunci pilihan Anda untuk membuat konten website. 

Contoh di bawah ini menggunakan kata kunci Centoso. Hasil Top 10 url menampilkan URL artikel yang bersifat informasional. Maka Anda bisa membuat konten informatif dengan kata kunci tersebut. 

Baca Juga: 9 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog dan Website

9. Site Scan

Site Scan adalah alat audit website untuk memeriksa adanya error pada sisi Technical SEO website Anda. Dengan mengatasi permasalahan tersebut, website Anda akan makin ramah pengguna dan ramah mesin pencari. 

Cara menggunakannya cukup mudah. Buka situs Site Scan feature di Bing Webmaster tools. Kemudian Anda akan menemukan form Start new scan seperti di bawah ini. 

Dalam form tersebut, Anda perlu mengisikan informasi sebagai berikut:

  • Scan Name: Beri nama unik pada proses scan Anda, contohnya centoso_testscan
  • Scope: Tentukan batasan scan Anda. Batasan scan terdiri dari scan website, sitemap, dan URL. Setelah memilih batasan scan, masukkan URL website, sitemap atau URL satu halaman website.
  • Limit Scan to: masukkan jumlah maksimal halaman website yang akan di-scan. Proses scanning akan berhenti begitu jumlah ini terpenuhi.
  • Communication: centang untuk menerima hasil scan via email.
  • Max Scan Depth: pengaturan untuk menentukan scanning berdasar jumlah klik tertentu dimulai dari halaman pertama
  • Crawling Speed: mengatur kecepatan scanning atau crawling
  • URL Parameters to be Ignored: parameter URL yang akan diabaikan

Parameter URL adalah bagian dari alamat halaman website yang muncul setelah tanda tanya (?). Penggunaan parameter dapat menghasilkan beberapa variasi URL yang mengarah ke konten yang sama.

Dengan pengaturan ini, Anda dapat menghindari crawling halaman yang sama beberapa kali. Jadi, Anda dapat menghemat kuota scan.

Cara menggunakan pengaturan ini cukup mudah. Tambahkan parameter URL yang ingin diabaikan saat crawling. Anda juga dapat menemukan beberapa parameter yang disarankan oleh Bing Webmaster. 

  • Ignore Robots.txt: memudahkan proses crawling dengan lancar karena tidak ada hambatan dari robot

Nah, setelah scanning selesai, Anda dapat mengakses detailnya dengan mengklik Scan. Lalu Anda akan diarahkan ke halaman Scan Details di mana Anda dapat melihat detail seperti:

  • Scan Status: untuk mengecek status scan Anda apakah sudah sukses atau belum
  • Number of pages scanned: total halaman yang sudah discan
  • Number of Errors: total error yang ditemukan dalam website Anda yang harus diprioritaskan
  • Number of Warnings: total eror teknis SEO yang mempengaruhi peringkat website Anda.
  • Issue details: daftar rinci permasalahan teknis SEO yang ditemukan, tingkat urgensinya, dan halaman yang terdampak.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

10. Crawl Control

Crawl control berfungsi untuk mengatur kecepatan Bingbot atau robot crawling. Dengan begitu, Anda dapat membatasi aktivitas Bingbot di situs Anda ketika banyak pengunjung. 

Dengan membatasi aktivitas Bingbot, bandwith server Anda takkan terbebani ketika ada banyak trafik. Jadi, server Anda tidak akan down dan menyebabkan biaya perbaikan.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda cukup mengatur jam-jam tersibuk Anda di bagian “time when your site receives more traffic”. Tujuannya untuk memberitahu Bingbot untuk bergerak lambat pada jam tersibuk website Anda.

Setelah itu, klik Save changes

Sudah Siap Pakai Bing Webmaster?

Nah, sekarang Anda sudah memahami panduan lengkap Bing web. Mulai dari cara membuat akun, cara verifikasi Bing Webmaster, hingga cara menggunakan Bing webmaster. Cukup mudah, kan?

Dengan menggunakan Bing Webmaster, Anda bisa memunculkan website Anda di hasil pencarian Bing. Potensi trafiknya cukup tinggi,  yaitu 1,3 miliar per bulan dengan volume pencarian 12 miliar per bulan dari seluruh dunia. 

Jadi, jika Anda ingin memahami performa website untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak dari Bing, maka Bing webmaster adalah pilihan yang tepat.

Kalau Anda menggunakan website WordPress, Anda bisa mengunduh Ebook gratis di bawah ini untuk mempelajari langkah-langkah mempercepat loading website. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda ya!

Salsabila Annisa

SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Share
Published by
Salsabila Annisa

Recent Posts

Memilih Hosting untuk Pemula [Bonus Tips dan Rekomendasi Layanannya!]

Memilih layanan hosting bisa jadi membingungkan bagi pengguna hosting pemula. Apalagi, banyak istilah-istilah asing yang seringkali ditemukan saat membandingkan paket…

6 hours ago

Fungsi dan Cara Kerja DNS yang Harus Anda Ketahui

Mengakses sebuah website kini lebih mudah berkat adanya DNS (Domain Name System). Fungsi DNS adalah mencocokkan IP address website dengan…

23 hours ago

Kelebihan dan Kekurangan cPanel Hosting yang Wajib Anda Tahu

cPanel memang populer, tapi tahukah Anda kelebihan dan kekurangan cPanel? Jika tidak, baca artikel ini dulu, ya!

1 day ago

Mengenal Industri Kreatif: Manfaat, Jenis, hingga Contohnya

Tahukah Anda bahwa industri kreatif adalah salah satu sektor yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia? Industri kreatif makin menarik banyak…

2 days ago

Perbedaan Registry, Registrar, dan Registrant Domain

Ketika bicara domain, Anda tentu akan sampai pada bahasan perbedaan registry, registrar dan registrant. Bahkan, Anda mungkin pernah mendengar bahwa…

3 days ago

Cloud Hosting vs Traditional Hosting: Manakah yang Lebih Oke?

Cloud Hosting vs Traditional Hosting kerap diadu sebagai jenis hosting terbaik. Namun sebenarnya, siapa yang lebih oke? Temukan di sini!

5 days ago