Cara Upload WordPress ke Hosting dari Localhost - Niagahoster Blog

Setelah selesai mengembangkan blog di localhost, kini waktunya melakukan migrasi WordPress dari localhost ke server web hosting. Hal ini perlu dilakukan agar website Anda dapat diakses oleh pengguna internet.

Nah, salah satu cara upload WordPress ke hosting yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan plugin. Tutorial kami kali ini akan menjelaskan cara memindahkan dengan mudah, berikut cara menggunakan plugin WordPress bernama Duplicator.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pertama, berikut adalah beberapa hal yang Anda butuhkan:

  • Website WordPress yang telah dikonfigurasi
  • Menginstal plugin Duplicator di localhost
  • Akses ke server hosting menggunakan control panel atau FTP

Baca Juga: Apa itu Hosting? Berikut Penjelasannya

Langkah 1: Cara Upload WordPress ke Hosting dengan Membuat File Duplicator

1. Pertama-tama, login ke dashboard admin WordPress di localhost Anda, kemudian instal plugin Duplicator. Kemudian, aktifkan.

2. Silakan buka plugin Duplicator. Klik tombol Create New yang ada di bagian kanan atas plugin Duplicator.

cara upload wordpress ke hosting

3. Anda tidak perlu mengubah pengaturan lain pada tampilan selanjutnya. Klik Next dan Duplicator akan melakukan pengecekan teknis serta menampilkan hasil. Kemudian klik Build untuk mulai membuat file Duplicator.

cara upload wordpress ke hosting 1

4. Akan ada dua file berupa Archive yang dikompresi dan file installer.php sebagai hasil akhir. Silakan unduh keduanya dengan klik masing-masing tombol file.

cara upload wordpress ke hosting 2

Langkah 2: Upload File Duplicator ke Server Hosting

Unggah file yang telah Anda unduh ke server hosting. Cara upload WordPress ke hosting ini dapat menggunakan FTP client atau melalu file manager di kontrol panel hosting Anda.

Sebagai contoh, kami akan mengunggah website WordPress ke http://www.namadomain.com/wordpress. Karenanya, kami akan mengunggah file dari Duplicator ke direktori /public_html/wordpress/ yang ada di server hosting. File Archive dan installer.php pun harus diunggah pada directory yang sama.

cara upload wordpress ke hosting 5

Langkah 3: Restore File Duplicator

PENTING: Sebelum memulai proses, silakan buat database MySQL dan user baru di hosting tempat Anda ingin mengunggah file Duplicator WordPress terlebih dahulu.

1. Setelah Anda membuat database dan mengunggah kedua file Duplicator tersebut, silakan akses file installer.php melalui browser. Ini berarti Anda mengakses melalui link http://www.namadomain.com/wordpress/installer.php.

2. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan informasi mengenai database.

cara upload wordpress ke hosting 6

Karena kebanyakan layanan hosting tidak mengizinkan pembuatan database melalui script, pastikan bahwa Anda memilih Connect and Remove All Data seperti yang terlihat pada gambar di atas.

  • Host – Pada umumnya menggunakan localhost (untuk memastikannya, silakan tanyakan hal ini kepada tim support hosting Anda).
  • Name – Silakan isi sesuai dengan nama database MySQL yang sebelumnya sudah Anda buat.
  • User – Isi dengan Username MySQL yang sebelumnya dibuat.
  • Password – Isi dengan password pengguna dari MySQL yang sebelumnya dibuat.

3. Proses ini akan menghapus semua tabel dan data dalam database, jadi pastikan Anda membuat database baru yang kosong. Silakan centang bagian I have read all warnings & notices kemudian klik Run Deployment untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

upload wordpress ke hosting

4. Pada tampilan selanjutnya, Anda perlu mengisi beberapa detail mengenai situs WordPress Anda, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

upload wordpress ke hosting 1

  • URL – Alamat dari situs Anda. Jika Anda ingin melakukan deploy ke folder lain, silakan mengubah URL sesuai folder tujuan. Apabila Anda mengunggah file Duplicator ke folder yang sudah ada, URL tidak perlu diubah.
  • Path – Lokasi dari website WordPress Anda pada server hosting. Jika URL sudah sesuai dengan folder tujuan, Anda tidak perlu mengubahnya.
  • Title – Anda dapat mengubah title dari website WordPress jika ingin mengubahnya.

Pastikan semuanya telah sesuai keinginan Anda, konfirmasi, dan website Anda akan selesai di-deploy. Setelahnya, website Anda sudah dapat diakses.

5. Beberapa langkah terakhir yang masih perlu Anda lakukan misalnya menyimpan permalinks, mengetes situs, dan security cleanup.

upload wordpress ke hosting 2

Selamat! Saat ini untuk proses deploy website WordPress Anda telah selesai dan sudah dapat diakses melalui jaringan internet.

Baca Juga: Cara Pindah Hosting dari WordPress.com ke Hosting Sendiri

Kesimpulan

Anda telah belajar bagaimana cara upload WordPress ke hosting dari localhost. Untuk langkah migrasi lebih spesifik yang diperlukan oleh website dengan struktur lebih kompleks, silakan menuju lihat WordPress codex.

Apakah Anda masih memiliki kesulitan mengunggah website WordPress dari localhost? Sampaikan kepada kami melalui kolom komentar! Kami akan dengan senang hati membantu Anda 😊

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • indra

    Archive
    Files 167.03MB
    Total Size Warn
    Name Checks Good
    Large Files Warn
    Large files such as movies or other backuped data can cause issues with timeouts. The current check for large files is 3MB per file. If your having issues creating a package consider excluding these files with the files filter and manually moving them to your new location.

    [Show Paths]
    FILE 0:
    C:/Program Files (x86)/Ampps/www/tokoonline6/wp-content/themes/vg-galio/plugins/js_composer.zip [5.06MB]
    Database 13.14MB
    Total Size Good
    Table Details Warn
    Name: toko7
    Host: localhost
    Build Mode: PHP (slow)
    A warning status was detected, are you sure you want to continue?
    Yes. Continue with the build process!
    Scan checks are not required to pass, however they could cause issues on some systems.
    Please review the details for each warning by clicking on the detail link.
    kenapa itu pak

    • Waryanto

      Halo,

      Untuk ukuran setiap file oleh plugin duplicator dibatasi maksimal 3MB. Jadi mas bisa hapus file yang ukurannya di atas 3MB, kalau dilihat dari reportnya berarti file js_composer.zip.

      Atau mas bisa naikin nilainya jadi diatas 3MB di root plugin, lokasinya di: C:/Program Files (x86)/Ampps/www/tokoonline6/wp-content/plugins/duplicator/define.php, di baris define('DUPLICATOR_SCAN_WARNFILESIZE', 3145728); //3MB

      semoga berhasil 🙂

  • Afif Shobirin

    Halo,
    Kenapa ya saat saya sedang men duplicator dari localhost ke website online terjadi error ?

    Server Code: 503
    Status: Service Unavailable
    Response:
    Network Error (tcp_error)

    A communication error occurred: "Operation timed out"
    The Web Server may be down, too busy, or experiencing other problems preventing it from responding to requests. You may wish to try again at a later time.

    For assistance, contact your network support team.

    Mohon bantuannya ?

    • Waryanto

      Halo,

      Jika error tersebut muncul ketika anda menguploadnya ke server, kemungkinan masalahnya pada server, supaya dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut silakan menghubungi support dari hosting yang digunakan.

  • RRP92

    Thank mas, artikel y sangat membantu, dan hasilnya upload wordpress dari localhost saya BERHASIL….. 😉

  • Triono Hidayat

    jadi nanti duplikat nya di url namadomain.com/wordpress, bukan di namadomain.com?

    • Waryanto

      Tepat sekali, Anda juga dapat mengunggah file dari Duplicator ke direktori /public_html/, jika ingin urlnya berupa namadomain.com. 🙂

  • Triono Hidayat

    KAPAN PROMO MAS???

  • Yusup

    user baru di hosting tempat Anda ingin mengunggah file Duplicator WordPress terlebih dahulu.

    ini saya kurang paham untuk membuat user baru gmn?>

Scroll Up