Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Membuat Database MySQL di localhost/phpMyAdmin – XAMPP

3 min read

[FI] Cara Membuat Database MySQL di localhostphpMyAdmin

Ketika membangun sebuah website, tak jarang orang memilih cara membuat database MySQL di localhost/phpMyAdmin dulu. Nantinya, database tersebut bisa diupload ke hosting. Tapi tunggu dulu, bagaimana cara membuat database di MySQL?

Tenang, jawabannya bisa Anda temukan di artikel ini, kok. Kali ini, kami akan mengajari Anda cara membuat database dengan MySQL di localhost/phpMyAdmin XAMPP melalui delapan langkah sederhana.

Langsung saja, ikuti penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Membuat Database MySQL di localhost/phpMyAdmin

Cara membuat database MySQL di localhost/phpMyAdmin bisa Anda praktikkan dengan mengikuti delapan langkah berikut:

  1. Download dan Install XAMPP
  2. Aktifkan Apache dan MySQL di XAMPP
  3. Akses localhost/phpMyAdmin di Browser
  4. Buat Database MySQL di phpMyAdmin
  5. Buat Tabel Baru di Database MySQL
  6. Input Data di Tabel Database MySQL
  7. Masukkan Project Website di localhost
  8. Hubungkan Website dengan Database MySQL

Yuk mulai dari langkah pertama cara buat database MySQL!

1. Download dan Install XAMPP

Langkah pertama cara membuat database MySQL di localhost/phpmyadmin adalah menginstall XAMPP terlebih dulu. Silakan download XAMPP melalui website resminya. Pilih installer sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan, lalu klik tombol Download.

download xampp

Lamanya proses download tergantung kecepatan koneksi internet Anda. Jika XAMPP sudah terdownload dengan sempurna, klik dua kali pada file installer untuk mulai melakukan instalasi XAMPP.

Jika Anda menggunakan Windows seperti panduan ini, lokasi instalasi akan berada pada direktori C:\xampp.

Jika XAMPP sudah terinstall, lanjutkan dengan cara membuat database di MySQL langkah yang kedua, yuk!

2. Aktifkan Apache dan MySQL di XAMPP

Jika XAMPP sudah terinstall, bukalah aplikasi tersebut untuk melanjutkan cara membuat database dengan MySQL. Anda akan melihat lima module yang terinstall, yaitu: Apache, MySQL, FileZilla, Mercury dan Tomcat

Biasanya, untuk membuat sebuah website, Anda hanya perlu menjalankan dua module saja, Apache sebagai web server dan MySQL untuk database.

menjalankan xampp

Klik tombol Start pada Apache dan MySQL agar Anda dapat mengakses localhost/phpMyAdmin untuk membuat database. Jika sudah berhasil dijalankan, tampilan XAMPP akan berubah seperti gambar di bawah ini:

xampp berhasil dijalankan

3. Akses localhost/phpMyAdmin di Browser

Cara buat database MySQL bisa Anda lanjutkan dengan mengakses phpMyAdmin melalui dua cara. Pertama, melalui dashboard localhost. Caranya, ketik localhost pada kolom pencarian browser, lalu tekan Enter. Kemudian, pilih phpMyAdmin seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini:

mengakses localhost

Kedua, langsung mengakses localhost/phpMyadmin pada kolom pencarian web browser. Jangan lupa tekan Enter. Maka akan muncul tampilan phpMyAdmin seperti ini:

mengakses localhost/phpMyAdmin

Pada halaman inilah, Anda dapat melakukan pengelolaan database untuk website Anda. Misalnya, membuat database, mengedit, menghapus, bahkan melakukan query data.

Jika sudah, lanjutkan dengan membuat database di MySQL langkah nomor empat, yuk!

4. Buat Database MySQL di phpMyAdmin

Cara membuat database MySQL di localhost/phpMyAdmin sudah memasuki bagian inti. Di dashboard localhost/phpMyAdmin, silahkan klik New untuk membuat database baru.

menu membuat database baru

Masukkan nama database pada kolom yang tersedia. Pada tutorial ini, kami menggunakan database_baru sebagai nama database yang akan dibuat. Jika sudah diberi nama, klik Create.

memasukkan nama database baru

Nantinya, database baru yang Anda buat akan tampil di bagian kiri halaman phpMyAdmin. Sekarang, Anda sudah bisa menambahkan tabel sebagai tempat penyimpanan data pada database baru.

5. Buat Tabel Baru di Database MySQL

Cara membuat database dengan MySQL masih berlanjut. Kali ini, mari membuat tabel dengan empat kolom untuk data pengguna dengan nama tabel users.  Kemudian, klik tombol Go.

membuat tabel pada database baru sebagai cara membuat database mysql

Di bagian ini, Anda harus memasukkan nama kolom dan tipe datanya. Untuk tabel users, kami membuat kolom id, name, email, dan address. Jika sudah terisi seperti gambar di bawah ini, klik tombol Save.

menambahkan atribut pada tabel database dengan cara buat database mysql

Sekarang, Anda sudah memiliki database dengan tabel users yang siap dipakai dan dihubungkan dengan website Anda.

cara membuat database dengan mysql berhasil membuat tabel di database localhost/phpmyadmin

Jika tabel sudah dibuat, mari lanjutkan dengan cara buat database MySQL langkah berikutnya!

6. Input Data di Tabel Database MySQL

Setelah membuat tabel baru, sekarang waktunya menginputkan data di tabel users tersebut. Caranya mudah, kok. Ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, klik menu Insert pada toolbar bagian atas. Kemudian, isilah data sesuai dengan field id, name, email, dan Address. Jika sudah, klik tombol Go.

cara membuat database mysql input data tabel

Anda bisa kembali ke tabel users untuk mengecek apakah input data sudah berhasil. Kurang lebih tampilannya akan seperti ini.

cara membuat database di mysql input data berhasil

7. Masukkan Project Website di localhost

Untuk menjalankan website dengan XAMPP, Anda harus menempatkan project website Anda di dalam direktori C:\xampp\htdocs. Kalau ditempatkan di luar folder htdocs, project website Anda tidak akan bisa diakses di localhost.

Misalnya, Anda memiliki project website yang disimpan di dalam folder website_baru. Maka folder website_baru harus ditempatkan di dalam folder htdocs seperti ini:

cara membuat database di mysql menyimpan file website di htdocs

Dengan begitu, Anda bisa menjalankan project website dengan mengakses localhost/website_baru pada web browser.

Sampai di sini, cara membuat database di MySQL sebenarnya sudah selesai. Namun jika Anda ingin sekalian menghubungkan website ke database, Anda bisa scroll ke langkah selanjutnya.

8. Hubungkan Website dengan Database MySQL

Langkah berikutnya dari cara membuat database dengan MySQL di phpmyadmin adalah menghubungkan website dengan database yang sudah Anda buat di localhost/phpMyAdmin. Dengan begitu, pengelolaan database dapat dilakukan langsung pada website.

Anda dapat membuat koneksi ke database dengan melakukan sinkronisasi database. Biasanya, sinkronisasi ini dilakukan menggunakan script khusus. 

Caranya, buatlah script php dengan nama koneksi.php, config.php, database.php atau nama lainnya pada project website Anda. Kemudian, salinlah kode berikut ini:

<?php
 
$server = "localhost";
$user = "root";
$pass = "";
$database = "database_baru";
 
$conn = mysqli_connect($server, $user, $pass, $database);
 
if (!$conn) {
    die("<script>alert('Gagal tersambung dengan database.')</script>");
}
 
?>

Pada bagian server, tuliskan localhost. Kemudian, masukkan root sebagai user. Sedangkan untuk password, kosongkan saja. Jangan lupa tulis nama database yang Anda buat pada baris kode $database.  

Simpan script PHP tersebut. Coba lakukan pengecekan. Seharusnya website Anda sudah terhubung dengan database di phpMyAdmin.

Selamat! Anda berhasil menyelesaikan cara membuat database MySQL di localhost/phpMyAdmin dengan XAMPP. Bagaimana, mudah sekali, bukan?

Cara Membuat Database MySQL Sangat Mudah, kan?

Demikianlah cara membuat database MySQL di localhost/phpMyAdmin. Pada dasarnya, untuk mengakses http localhost phpMyAdmin, Anda harus menginstall XAMPP terlebih dulu.

Dengan XAMPP, mengelola dan buat database MySQL bisa langsung Anda lakukan di localhost phpMyAdmin. Namun, Anda perlu membuat koneksi dengan website dulu agar database yang dibuat bisa diakses dengan baik.

Kalau project website telah siap, jangan ragu  online-kan website Anda agar bisa diakses oleh banyak orang. 

Yang penting, pilihlah hosting yang mumpuni agar dapat mendukung performa website Anda secara optimal.

Nah, layanan hostingIndonesia Niagahoster bisa menjadi pilihan yang tepat dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan. Salah satunya, jaminan uptime sebesar 99,9% yang akan membuat website Anda bisa diakses online selama 24 jam penuh.

Selain itu, hosting Niagahoster juga dilengkapi dengan SSL gratis untuk meningkatkan keamanan website Anda. Menariknya, fitur-fitur tersebut dapat Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp10rb/bulan saja, loh. 

Sangat menarik, bukan? Yuk, langsung saja berlangganan hosting termurah di Indonesia!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

3 Replies to “Cara Membuat Database MySQL di localhost/phpMyAdmin – XAMPP”

  1. Terima kasih banyak atas tutorianya. Boleh kah diberi contoh pembuatan database di cloud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *