Digital Marketing

15+ Ide Produk Terlaris yang Bisa Anda Jual Secara Online

Sedang mencoba bisnis jualan online? Namun, bingung ingin jualan produk apa? Memilih produk jualan online tak boleh asal pilih. Anda harus mencari produk online terlaris yang sudah jelas banyak peminatnya. 

Tenang, tak perlu repot menggali informasi produk satu-persatu. Di artikel ini, kami sudah merangkum produk online terlaris apa saja yang bisa jual di toko online Anda. Penasaran apa saja itu? Yuk, simak uraiannya di bawah ini. 

15+ Produk Online Terlaris

Dari banyaknya produk yang dijual secara online, kami telah merangkum 15+ produk yang paling banyak dicari dan laris di pasar online. Berikut di antaranya:

  1. Pakaian Wanita dan Pria
  2. Pakaian Khusus Muslim
  3. Produk Kecantikan
  4. Tas Wanita
  5. Gadget
  6. Sepatu
  7. Jam Tangan
  8. Perlengkapan Bayi
  9. Pakaian Anak
  10. Produk Makanan
  11. Peralatan Olahraga
  12. Aksesoris Handphone
  13. Alat Elektronik Rumah
  14. Peralatan Rumah Tangga
  15. Alat Masak
  16. Perawatan Kesehatan

Ingin tahu lebih detail? Yuk simak penjelasannya di bawah:

1. Pakaian Wanita dan Pria

Pakaian merupakan kebutuhan mendasar setiap orang. Tak hanya itu, pakaian juga merupakan barang pendukung penampilan seseorang. 

Jadi, tak heran kalau pakaian masih mendominasi produk yang paling banyak dicari oleh orang-orang. Terbukti 55% pengguna online shop membeli produk pakaian. 

Dari survei tersebut, produk pakaian bisa jadi barang yang potensial laris manis di pasar online. Anda tinggal memilih tren pakaian apa yang sedang hits di pasaran. Di tahun 2020 misalnya, prediksi tren fesyen  wanita yang akan tetap hits adalah pakaian casual model outer seperti Cardigan dan Blazer

Tak hanya itu, warna pakaian pun kerap kali jadi pertimbangan. Setiap tahunnya, tren warna pakaian pun selalu diperbaharui. Di tahun 2020, warna yang masih akan jadi tren pakaian adalah warna-warna earth tone seperti coklat, hijau tua, dan hitam-putih. 

Bagaimana dengan pakaian pria? Artinya produk pakaian pria juga berpotensi laris manis. Sementara model pakaian yang paling banyak dicari adalah kaos dan kemeja polo. 

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Namun, Anda juga perlu memilih produsen produk yang berkualitas bagus dan diminati banyak orang. 

2. Pakaian Khusus Muslim

Masih seputar fesyen. Di momen tertentu, seperti momen Ramadhan dan Lebaran, pakaian muslim merupakan produk yang banyak dicari di pasaran online. 

Buktinya pencarian produk dengan keyword “gamis lebaran” dan “baju koko” di Google selalu meningkat di periode Ramadhan hingga Lebaran. Ide jualan online satu ini tentu bisa dipertimbangkan.

Dari data itu, produk pakaian muslim bisa jadi opsi produk online terlaris di toko online Anda. Anda bisa menjualnya di momen tersebut sehingga peluang produk ini laris manis akan lebih tinggi. 

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan tren pakaian muslim yang sedang populer di tahun itu. Mengingat tren fesyen selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Misalnya pada 2019  model gamis abaya, tunik, dan kaftan menjadi model pakaian muslim yang paling banyak dicari di momen lebaran. 

Sementara pada 2020, prediksi baju muslim yang akan banyak dicari ketika Lebaran adalah masih seputar busana muslim syari seperti gamis dan kaftan. 

Jadi, sekarang Anda bisa mulai mencari produk pakaian muslim untuk Anda jual di momen Ramadhan dan Lebaran tahun ini. 

3. Produk Kecantikan

Tahukah Anda ternyata penjualan produk kecantikan melalui online terus mengalami peningkatan. Di tahun 2019, jumlah pendapatan penjualan produk kecantikan mencapai USD 6,9 Miliar

Dari jumlah tersebut, 10% pendapatannya didapatkan dari penjualan online. Angka tersebut akan terus meningkat, mengingat 55% wanita cenderung memilih berbelanja produk kecantikan secara online dibanding offline.

Dari hasil survei tersebut, produk kecantikan bisa jadi produk bisnis online Anda yang menguntungkan. Perlu diingat, produk kecantikan ada banyak jenisnya. Anda bisa menjual make up, seperti lip matte, foundation, bedak, eyeshadow, dan blush on. 

Selain produk make up, Anda juga bisa menjual produk perawatan kecantikan seperti produk serum anti-aging, sheet mask, dan pelembab. 

Untuk mengetahui jenis produk kecantikan yang sedang populer, sering-seringlah melihat review dari beauty influencer. Biasanya, jumlah permintaan produk akan meningkat setelah di-review oleh beauty influencer.  

Hadirnya penjualan produk kecantikan secara online ternyata sangat diminati oleh banyak wanita. Ini jadi salah satu solusi untuk bisa cantik tanpa ribet beli ke toko. 

Nah, ide jualan online yang satu ini tentunya bisa Anda pertimbangkan, kan?

4. Tas Wanita

Wanita pasti tidak cukup jika hanya punya satu tas. Tas bisa dibilang jadi kebutuhan penting untuk wanita. Produk tas pun jadi semakin populer setiap tahunnya di pasar online. Ya, tas wanita adalah salah satu barang yang laku keras dipasaran.

Tidak percaya? Buktinya, pencarian tas selempang di Google terus mengalami peningkatan. 

Ide Jualan Online Tas Wanita

Melihat jumlah permintaan pasar yang tinggi, sudah jelas bahwa produk tas wanita merupakan salah satu ide produk online terlaris.

Anda bisa jadi reseller atau dropship produk tas wanita yang banyak diminati. Jenis tas tersebut seperti sling bag, tas ransel, tas serut dan hand bag

Beberapa toko online tas wanita seperti Kalani dan Elizabeth bisa Anda jadikan inspirasi. Selian itu, Anda juga bisa melihat website toko onlinenya sebagai referensi membuat toko online tas wanita. 

5. Gadget

Kebutuhan perangkat telekomunikasi di Indonesia bisa dikatakan cukup tinggi. Setiap orang saat ini pasti setidaknya memiliki sebuah gadget. 

Fakta lainnya menurut survei Kredivo, pembelian gadget secara online menempati peringkat kedua setelah produk fesyen. 

Dengan data tersebut, jualan produk gadget secara online pasti bisa menguntungkan Anda. Apalagi, setiap tahunnya selalu ada gadget baru yang muncul. Dengan tetap mengikuti perkembangan gadget, pembelian gadget secara online pasti tidak akan ada matinya. 

6. Sepatu

Selain baju dan tas, sepatu juga merupakan salah satu produk fesyen yang selalu dicari. Pencarian produk sepatu “sneaker” selalu meningkat setiap tahunnya. Ini buktinya. 

Jualan Online yang Laris : Sepatu

Dari data tersebut, memilih produk sepatu untuk dijual online adalah pilihan yang tepat. Namun, tak sembarang jenis sepatu bisa Anda jual. Sama seperti baju, Anda perlu memperhatikan jenis dan warna sepatu yang sedang hits saat itu. 

Di tahun 2019, sneaker dengan model klasik berwarna putih seperti di bawah ini sempat menjadi produk jualan online yang laris sekali. Serentak banyak orang yang memakai model seperti ini. Lalu, bagaimana dengan tahun 2021?  

Ide Jualan yang Laris : Sepatu

Di  2020, prediksi tren sepatu yang akan naik daun adalah sneakers berwarna neon, color blocks sneakers, retro sneakers, high-top sneakers, dan platform sneakers

7. Jam Tangan

Seperti kita ketahui, jam tangan merupakan salah satu produk fesyen pelengkap yang banyak dicari banyak orang. Bahkan beberapa orang membeli jam tangan untuk koleksi pribadinya. 

Nah, produk jam tangan ternyata juga merupakan salah satu produk yang paling banyak dicari di pasar online. Ini buktinya. Kata kunci “jam tangan hublot” memiliki volume yang besar di Google. 

Nah, mencoba berjualan jam tangan secara online pasti sangat menguntungkan, bukan? Tren jam tangan yang akan eksis di tahun 2020, di antaranya adalah model dengan gelang berbahan logam dan bentuk jam sporty. 

Beberapa merek jam tangan tangan yang akan laris adalah Hublot Big Bang Bracelet, Jaeger-Lecoultre, dan  jam tangan Gucci.

8. Perlengkapan Bayi

Banyak orang saat ini membeli kebutuhan perlengkapan bayi melalui toko online. Tidak percaya? Buktinya, kata kunci “perlengkapan bayi” memiliki volume yang besar di pencarian Google. 

Jualan Laris: Perlengkapan Bayi

Melihat banyaknya permintaan akan kebutuhan perlengkapan bayi, Anda pun bisa mengambil kesempatan ini untuk bisnis online Anda. Produk perlengkapan bayi bisa jadi produk yang bakal laris manis di pasar online. 

Banyaknya pasangan muda yang melek teknologi bisa jadi salah satu faktor meningkatnya pembelian perlengkapan bayi secara online. Berbelanja perlengkapan bayi secara online tentu juga akan jauh lebih mudah.  

Oh ya, beberapa perlengkapan bayi yang laris di toko online di antara adalah mainan bayi, tempat makan bayi, popok bayi, dan juga tas perlengkapan bayi untuk travelling. 

9. Pakaian Anak

Tahukah Anda, bahwa ternyata pakaian anak menjadi salah satu produk yang banyak dicari secara online? Keyword “baju anak perempuan” ternyata menjadi keyword yang dengan volume yang tinggi di Google.

Ide Jualan yang Laris: Pakaian Anak

Banyaknya orang yang berbelanja produk pakaian anak secara online memang terdengar lebih praktis. Apalagi saat ini, beberapa toko online menyediakan fasilitas untuk dicoba dahulu sebelum dibayar. Anda jadi tidak perlu repot pergi ke toko bersama anak Anda untuk mencoba pakaian. 

Ditambah lagi tren pakaian anak tidak seperti tren pakaian orang dewasa. Pakaian anak tidak terlalu banyak mengalami perubahan setiap tahunnya. Seperti contohnya, pakaian anak yang banyak dicari setiap tahunnya adalah setelah kaos, mini dress, dan kemeja anak. 

Melihat banyaknya permintaan produk pakaian anak secara online, pakaian anak bisa produk online terlaris yang bisa Anda pilih sebagai produk bisnis online.  

10. Produk Makanan

Bisnis makanan memang memiliki target pasar yang luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu, bisnis makanan sangat berpeluang untuk masuk ke pasar online. 

Menurut survey, 58% masyarakat Indonesia memilih untuk membeli produk makanan secara online. Alasannya sederhana, yaitu praktis tak perlu mengantre di membayar. 

Produk makanan yang dibeli biasanya produk makanan siap santap. Namun, sebenarnya tak hanya produk siap santap. Anda juga bisa menjual produk kemasan yang bisa dikirim untuk jarak jauh. 

Meskipun tidak bisa semua makanan dijual secara online karena waktu kadaluarsa yang singkat, ada beberapa jenis produk makanan yang justru laris di pasar online. Contohnya adalah makanan dalam kemasan instan, seperti seblak instan, bakso kuah instan, dan mie pedas instan. 

Selain itu, minuman rempah, berbagai cemilan ringan pedas gurih, abon, dan sambal kaleng juga jadi produk yang laris di pasar online. 

Ramainya pembelian produk makanan dan minuman secara online juga bisa disebabkan karena pengaruh para food influencer yang mereview dan mempromosikan makanan secara online. 

Melihat banyaknya permintaan terhadap produk makanan di pasar online, Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk berjualan produk makanan secara online. Pilihlah produk makanan yang aman untuk dikirim jarak jauh dan waktu yang lama. 

Produk makanan tentunya bisa menjadi pilihan jualan online yang laku setiap hari.

11. Peralatan Olahraga

Perangkat olahraga ternyata juga menjadi produk yang laris manis di secara online. Setiap tahunnya produk ini terus meningkat. Bahkan, di tahun 2019 penjualan perangkat olahraga naik 4 kali lipat

Survei tersebut mengatakan salah satu faktor meningkatnya produk perlengkapan olahraga ini adalah adanya momen pesta olahraga dunia, seperti Asian Games dan Sea Games. 

Beberapa produk olahraga yang paling dicari yaitu jersey bola, kacamata renang, dan sepatu lari. Banyaknya produk olahraga yang dibeli juga bisa jadi kesadaran hidup sehat masyarakat Indonesia yang semakin meningkat.  

Nah, melihat data tersebut, Anda bisa mencoba untuk menjual beberapa peralatan olahraga secara online. Anda bisa membuka toko online khusus pakaian dan peralatan olahraga.  

12. Aksesoris Handphone

Banyaknya orang yang menggunakan gadget mempengaruhi banyaknya pencarian  aksesorisnya, seperti casing, kabel usb, dan stand holder. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pencarian dengan kata kunci “casing hp” dan “earphone” di Google. 

Jika Anda menjual produk aksesoris handphone secara online, produk Anda berpeluang laku banyak. Berdasarkan hasil survei harbolnas, produk handphone dan aksesoris jadi produk yang paling banyak dibeli. 

Produk aksesoris hp yang bisa Anda jual misalnya casing handphone. Tak hanya itu, produk lainnya seperti earphone dan holder hp ternyata juga banyak dibeli secara online. Produk seperti holder hp bisa sangat laris karena produk tersebut sangat dibutuhkan oleh pengemudi ojek dan taxi online.  

Anda pun  bisa menjual produk laris manis ini secara online. Penjualan aksesoris handphone akan bisa dipastikan akan tetap stabil mengingat banyaknya pengguna handphone di Indonesia. 

13. Alat Elektronik Rumah

Tahukah Anda bahwa peralatan elektronik rumah tangga termasuk ke dalam produk yang banyak dicari secara online? Terbukti pencarian beberapa peralatan elektronik rumah tangga seperti setrika dan kipas angin meningkat setiap tahunnya. 

Tak heran jika menurut survei tahun 2017, penjualan kategori elektronik bisa naik 25 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. 

Penjualan produk elektronik rumah yang sedang tren saat ini seperti kipas angin portable, lampu tumblr, blender portable, stop kontak, dan setrika uap

Dari data tersebut, berjualan produk elektronik bisa jadi ide bisnis online yang menguntungkan untuk Anda. Namun, perlu diketahui bahwa produk elektronik seperti TV, AC, dan Kulkas belum terlalu banyak dibeli secara online. 

Jadi, Anda bisa menjual barang elektronik ringan seperti kipas angin kecil atau portable dengan bentuk yang menarik, setrika, magic com, dan setrika. 

14. Peralatan Rumah Tangga

Produk online terlaris selanjutnya adalah peralatan rumah tangga. Pembelian peralatan rumah tangga secara online bisa dikatakan cukup tinggi. Terbukti  pencarian produk dengan kata kunci “bedcover” di Google selalu stabil. 

Ide Jualan Online Peralatan Rumah Tangga

Beberapa produk peralatan rumah tangga lainnya yang banyak dibeli secara online adalah sarung bantal/guling dan sprei tempat tidur. Ada juga rak lemari susun ternyata juga laris manis di pasar online.

Dari data tersebut, Anda bisa membuat bisnis online yang menjual khusus peralatan kamar tidur, seperti sarung bantal/guling, sprei kasur, dan bed cover. Selain itu, Anda juga bisa menjual produk gorden dengan model dan warna yang minimalis. 

Konsep bentuk dan warna yang simple terbukti lebih banyak terjual, mengingat konsep desain rumah minimalis sedang populer di Indonesia. 

15. Alat Masak

Pada tahun 2017, alat masak masuk ke dalam daftar produk yang paling banyak dicari oleh konsumen secara online. Di tahun itu, penjualan produk alat masak menempati peringkat keempat setelah produk kecantikan. 

Produk alat masak yang paling banyak dicari saat itu adalah teflon dan cookwaver. Bahkan, penjualan teflon ecopan bisa dikatakan cukup gemilang dengan volume pertumbuhan sebesar 81%. Angka yang cukup tinggi, kan?

Pembelian alat masak secara online memang terdengar lebih praktis bagi ibu-ibu. Mereka tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli peralatan masak.

Dari data tersebut, produk alat masak bisa jadi opsi produk bisnis online Anda yang berpeluang laris manis. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper produk yang paling banyak diminati oleh konsumen. 

16. Perawatan Kesehatan

Di kondisi tertentu, seperti saat wabah Virus Corona mulai masuk Indonesia, penjualan hand sanitizer, masker, dan sarung tangan secara online meningkat secara drastis. Produk ini menjadi salah satu produk online terlaris yang bisa Anda jual secara online.

Data menyebutkan bahwa produk hand sanitizer meningkat hingga lebih dari 500%. Penjualan produk kesehatan seperti suplai vitamin juga mengalami peningkatan  hingga 210%. 

Namun, perlu Anda ketahui, bahwa produk kesehatan seperti obat-obatan tidak boleh dijual oleh perorangan secara online. Obat-obatan hanya boleh dijual oleh pihak tertentu yang telah memiliki izin menjual obat secara bebas, yaitu apotek dan produsen produk tersebut. 

Jadi untuk Anda yang masih bingung “Mau jual apa ya?”, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual hand sanitizer, desinfektan, dan masker kain secara online. 

Manakah Ide Jualan Online yang Paling Menarik untuk Anda?

Dari daftar produk online terlaris di atas, produk laris mana yang akan Anda pilih untuk dijual secara online? Sekarang Anda sudah bisa menentukannya kan? Jika sudah, selanjutnya, Anda perlu mempunyai website toko online untuk bisnis Anda.

Kenapa harus punya website? Dengan mempunyai website, bisnis Anda jadi lebih mudah ditemukan di pencarian Google. Seperti kita tahu, Google merupakan platform pencarian yang paling banyak digunakan untuk mencari informasi. Kalau bisnis Anda mudah ditemukan, produk Anda jadi berpeluang laris dibeli. 

Anda pasti ingin produk bisnis online Anda laris manis, kan? Untuk itu, buatlah website untuk bisnis Anda. Bingung cara membuatnya? Tenang, kami telah menyediakan panduan lengkapnya di artikel Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula

Tak hanya panduan cara membuat website, kami juga akan memandu Anda sampai sukses. Kami telah membuat artikel Tips Sukses Jualan Online, yang bisa Anda baca. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat website toko online Anda dan bersiaplah untuk sukses! 

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis Gagal saat Beralih ke Online. Ini Solusinya!

Putri Aprilia

Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Panduan Website Development untuk Pemula [Terlengkap]

Kini jasa website development untuk membuat website profesional semakin dibutuhkan. Buktinya, ada 1,88 miliar website di seluruh dunia dan jumlahnya…

16 hours ago

Panduan Setting Proxy di Browser [Termudah]

Kalau Anda tidak dapat mengakses sebuah website, melakukan setting proxy browser bisa menjadi solusinya. Sebab, sebuah proxy akan memberikan alamat…

2 days ago

Cara Riset Keyword YouTube untuk Pemula

Tahukah Anda bahwa sebanyak 94% orang Indonesia mengakses YouTube dalam satu bulan terakhir? Tak heran, YouTube menjadi channel marketing yang…

3 days ago

Pilih Blogspot atau WordPress? Ini Perbandingannya

Pilih Blogspot atau WordPress, ya? Sebelum memilih, cek dulu perbandingan keduanya di artikel ini.

3 days ago

Panduan Lengkap CodeIgniter 4

Dibanding pendahulunya, CodeIgniter 4 menawarkan berbagai kelebihan, terutama pada peningkatan performa yang telah didukung PHP versi 7. CodeIgniter 4 juga…

4 days ago

Niagahoster Kembali Adakan Program #NiagahosterSalingBantu untuk yang Terdampak Pandemi

Pandemi COVID-19 di Indonesia memang menunjukkan penurunan tren kasus baru harian dalam beberapa minggu terakhir, namun hal ini tidak kemudian…

4 days ago