Ingin tingkatkan SEO website Anda??

Download eBook Gratis 5+ Strategi SEO Berbagai Industri

Download Ebook
Insight Bisnis

35+ Produk Jualan Online Paling Laris di 2022 [Dijamin Cuan!]

Ingin mulai berbisnis online, tapi bingung mau jualan apa? Memilih produk jualan online memang susah-susah gampang. Anda harus mencari produk jualan online paling laris, agar mendulang keuntungan.

Untungnya, Anda tidak perlu repot mencari informasi produk sendiri. Karena di artikel ini, kami telah mengumpulkan berbagai barang jualan online paling laku sebagai rekomendasi untuk Anda.

Plus, ada juga tips memilih rekomendasi jualan online yang tepat. Yuk, baca artikel ini hingga tuntas!

35+ Produk Jualan Online Paling Laris 2022

Dari sekian banyak produk yang bisa jadi ide bisnis online, kami telah merangkum 35+ produk jualan online paling laris untuk Anda jual. Berikut daftar selengkapnya:

  1. Fashion Wanita dan Pria
  2. Pakaian Anak
  3. Aksesoris Fashion
  4. Tas Wanita dan Dompet
  5. Sepatu
  6. Jam Tangan
  7. Kacamata dan Softlens
  8. Perlengkapan Bayi
  9. Produk Kecantikan
  10. Parfum
  11. Busana Muslim
  12. Perlengkapan Ibadah
  13. Makanan dan Kuliner
  14. Alat Masak dan Dapur
  15. Gadget
  16. Aksesoris Handphone
  17. Alat Vlogging dan Fotografi
  18. IoT dan Smart Home
  19. Peralatan Olahraga
  20. Alat Elektronik Rumah
  21. Peralatan Rumah Tangga
  22. Peralatan Portabel
  23. Wewangian Rumah
  24. Perawatan Kesehatan
  25. Alat Tulis dan Kantor
  26. Merchandise Kpop
  27. Mainan dan Action Figure
  28. Voucher Game dan Layanan
  29. Perlengkapan Petshop
  30. Peralatan Aquascape
  31. Tanaman Hias
  32. Perlengkapan Camping
  33. Perlengkapan Kado
  34. Hampers dan Seserahan
  35. Kebutuhan Sehari-hari
  36. Peralatan Packing

Langsung saja menuju barang jualan online paling laku yang pertama!

Baca juga: 111+ Nama Toko Online yang Bagus & Belum Dipakai + Maknanya

1. Fashion Wanita dan Pria

Selain sebagai kebutuhan pokok, pakaian telah menjelma jadi bagian dari gaya hidup. Maka tak heran, fashion adalah produk online terlaris, dengan tingkat pertumbuhan hingga 9.1% per tahun.

Secara umum, bisnis fashion terbagi menjadi dua kategori utama, fashion wanita dan fashion pria. Memang, fashion untuk kaum hawa lebih banyak diminati, berdasarkan data dari Google Trends:

Namun, setiap produk fashion tetap punya pangsa pasarnya tersendiri, kok. Anda tinggal pilih ingin menjual item fashion seperti apa. Akan lebih baik lagi kalau Anda tetap pantau tren fashion terbaru dan sedang hits ya.

Misalnya di tahun 2022, tren fashion wanita yang diprediksi bakal booming adalah plaid skirt dan cutout dress. Sedangkan untuk kaum adam, bermuda shorts dan sleeveless sweater digadang-gadang bakal ngehits.

Oh ya, produk fashion termasuk rekomendasi jualan online yang fleksibel dijual di berbagai platform. Jadi, Anda bebas memasarkan produk baik di website, marketplace, atau bahkan di toko offline sendiri.

2. Pakaian Anak

Selain fashion untuk orang dewasa, berjualan pakaian anak juga sangat menjanjikan keuntungan loh. Alasannya, baju anak termasuk salah satu barang yang lagi trend, berdasarkan volume pencarian di Google.

Kebetulan, tren pakaian anak tidak banyak berubah tiap tahunnya dibandingkan tren fashion dewasa. Nah, untuk item fashion anak yang banyak diburu antara lain kaos, mini dress, dan kemeja anak.

Sama seperti fashion wanita dan pria, Anda bebas memilih platform yang dirasa pas untuk menjual pakaian anak. Namun saran kami, maksimalkan berjualan di website dan marketplace untuk alasan kepraktisan.

Baca juga: 7+ Manfaat dan Kelebihan WooCommerce untuk Bisnis Online Anda

3. Aksesoris Fashion

Barang jualan online paling laku berikutnya masih berhubungan dengan fashion, yaitu aksesoris. Menambahkan aksesoris memang sedang banyak diminati, karena bikin outfit jadi lebih menarik.

Beberapa item aksesoris fashion yang sedang tren dan laku untuk dijual antara lain topi, ikat pinggang, scarf, serta item perhiasan seperti kalung, gelang, anting, dan cincin.

Sementara untuk platform jualan, Anda lebih baik memasarkan aksesoris fashion secara online. Terutama, jika item yang Anda jual tergolong unik dan jarang ditemui di toko lain.

Oh ya, untuk meningkatkan penjualan aksesoris online, Anda bisa membuka kesempatan reseller dan dropshipper. Atau, bisa juga menyediakan opsi pembelian secara grosir.

4. Tas Wanita dan Dompet

Tas adalah kebutuhan penting bagi wanita. Bahkan, wanita tidak cukup jika hanya punya satu tas. Maka tak heran jika tas wanita makin populer, dan termasuk produk jualan online paling laris.

Tidak percaya? Tengok tren pencarian tas wanita di Google yang cukup stabil dari waktu ke waktu:

Dari situ, Anda bisa berjualan sendiri atau menjadi reseller dan dropshipper dari toko tas lain. Untuk produknya, pilih jenis tas yang sedang banyak diminati, seperti sling bag, tas ransel, tas serut, atau hand bag.

Setali tiga uang, wanita juga biasanya memiliki lebih dari satu dompet sesuai kebutuhannya. Misalnya dompet uang cash, dompet uang koin, dan dompet khusus kartu.

Tiga item di atas bisa jadi rekomendasi jualan online bagi Anda yang ingin berjualan dompet, untuk melengkapi koleksi produk tas di toko Anda.

Baca juga: Cara Bisnis Online dari Nol untuk Pemula dalam 9 Langkah

5. Sepatu

Produk jualan online paling laris selanjutnya adalah sepatu. Sebagai item fashion yang banyak diburu, tren pencarian sepatu tergolong cukup stabil dalam kurun waktu setahun terakhir.

Maka dari itu, berjualan sepatu secara online adalah pilihan yang tepat. Namun sama seperti produk fashion lain, pastikan Anda selalu memantau tren sepatu yang sedang hits saat ini.

Contohnya di tahun 2022, sepatu wanita masih akan mendominasi pasar. Menyusul di belakangnya, ada beberapa sepatu khusus olahraga dari merk Jordan, Specs, dan Nike sebagai barang yang lagi trend.

Sementara untuk platform jualan, pasar online tetap lebih menjanjikan. Namun, membuka toko offline juga tidak ada salahnya, untuk menjangkau calon pelanggan yang kebetulan masih satu domisili.

Caranya dengan mendaftarkan toko offline ke Google Bisnisku. Tools milik Google ini bisa memudahkan pelanggan mengetahui seluk-beluk bisnis Anda. Mulai dari nama, nomor telepon, jam buka, sampai informasi produk yang dijual.

Cara mendaftarkan dan menggunakan Google Bisnisku bisa Anda baca lebih lengkap di artikel berikut:

Baca juga: Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku

6. Jam Tangan

Jam tangan adalah item fashion selanjutnya yang bisa jadi produk jualan online paling laris. Selain untuk dipakai sehari-hari, ternyata banyak juga loh yang membeli jam tangan untuk dijadikan koleksi.

Sama seperti sepatu, tren pencarian jam tangan di Google juga relatif stabil dalam kurun waktu setahun terakhir.

Mengingat prospeknya yang positif, Anda tinggal menentukan mau berjualan jam tangan seperti apa. Sebagai gambaran, di tahun 2022 ada beberapa tren jam tangan yang diprediksi bakal naik daun.

Di antaranya, jam tangan berdesain unik, penggunaan warna hijau, atau ornamen karakter animasi dan komik.

Bagaimana dengan platform jualan? Nah, sebagai salah satu produk jualan online paling laku, Anda bisa menjual jam tangan di website, marketplace, bahkan media sosial. Langkah awal, Anda perlu memiliki nama toko secara online, Anda bisa daftar domain untuk wesite toko online sesegera mungkin.

Namun perlu diingat, jam tangan adalah produk yang cukup ringkih. Maka, perhatikan pengemasan jam tangan di toko online Anda, agar tidak rusak ketika sampai di tangan pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online Mudah Untuk Pemula

7. Kacamata dan Softlens

Dahulu kala, kacamata adalah produk yang desainnya tidak menarik, serta identik dengan kutu buku. Namun sekarang, telah terjadi pergeseran tren, sehingga kacamata menjadi produk fashion yang banyak peminatnya.

Baik kacamata baca maupun kacamata hitam, keduanya sudah menjadi salah satu produk jualan online paling laku. Tidak percaya? Lihat dulu tren pencarian Google untuk kacamata berikut:

Beralih ke tren pasar, kacamata wanita dengan frame warna-warni, bulat, atau bergaya aviator masih akan mendominasi. Sedangkan untuk kacamata pria, gaya retro 70an dan oversized frame diprediksi bakal populer.

Selain kacamata, Anda juga bisa melengkapi koleksi dengan berjualan softlens. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi pelanggan yang tidak begitu suka memakai kacamata untuk aktivitas sehari-hari.

Oh ya, untuk kacamata dan softlens fashion, Anda bisa berjualan di berbagai platform online. Sementara untuk lensa baca, ada baiknya Anda juga membuka toko offline, agar pembeli bisa sekaligus mengecek kondisi mata mereka.

8. Perlengkapan Bayi

Tahukah Anda, perlengkapan bayi termasuk barang yang lagi trend di pasar online? Buktinya, kata kunci perlengkapan bayi punya tren pencarian yang cukup stabil di Google:

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun yang utama, karena saat ini banyak pasangan muda dan melek teknologi lebih memilih berbelanja kebutuhan bayi secara online.

Sehingga, ini adalah peluang emas yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda bisa membuka website toko online untuk menjual perlengkapan bayi. Atau, bisa juga berjualan di marketplace dan media sosial.

Untuk produknya sendiri, ada beberapa kebutuhan bayi yang termasuk barang jualan online paling laris. Di antaranya popok bayi, pakaian bayi, mainan bayi, tempat makan bayi, hingga tas perlengkapan travelling untuk bayi.

Baca juga: Tutorial WooCommerce Lengkap untuk Membuat Toko Online

9. Produk Kecantikan

Selain fashion, produk kecantikan juga merupakan barang jualan online paling laku saat ini. Buktinya, industri yang satu ini bertumbuh cukup pesat, mencapai 4.75% per tahun.

Nah, produk kecantikan biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu makeup, dan skincare. Mari kita lihat tren pencarian keduanya di Google dalam kurun waktu setahun terakhir:

Bisa dibilang, skincare memang lebih banyak diminati dibandingkan makeup. Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda menjual produk kecantikan skincare dan makeup sekaligus, agar toko Anda tampak lebih lengkap.

Untuk produk rekomendasi jualan online, sering-seringlah menengok review dari beauty influencer. Biasanya, jumlah permintaan produk, baik makeup atau skincare, akan meningkat setelah dibahas para influencer kecantikan.

Beralih ke platform jualan, sudah pasti toko online jauh lebih menjanjikan. Tips dari kami, pilihlah platform online yang banyak dipakai pengguna wanita. Misalnya marketplace dan media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa membuka website toko online sendiri. Sedikit tips, Anda bisa memberi promo khusus bagi konsumen yang membeli via website. Cara ini terbukti ampuh dalam meningkatkan penjualan, loh.

10. Parfum

Masih berhubungan dengan industri kecantikan, parfum bisa jadi produk jualan paling laris untuk Anda pertimbangkan. Buktinya bisa Anda lihat di tren pencarian Google berikut:

Beda dengan konsumen produk kecantikan yang didominasi wanita, parfum ternyata juga banyak disukai oleh kaum adam. Hal ini tentunya menguntungkan bagi Anda yang ingin berjualan parfum secara online.

Hanya saja sebagai catatan, saat ini banyak beredar produk parfum palsu. Untuk itu, Anda wajib berhati-hati jika ingin menjadi reseller atau dropshipper produk yang satu ini.

Pastikan hanya menjual parfum original, agar reputasi toko online Anda terjaga. Oh ya, umumnya parfum dikemas dengan botol kaca. Makanya, selalu perhatikan packing parfum, agar tidak pecah ketika dikirimkan ke pelanggan.

Baca juga: 19+ Fitur Toko Online yang Wajib Ada [Update 2022]

11. Busana Muslim

Jika Anda ingin mendulang keuntungan memanfaatkan momen tertentu, berjualan busana muslim bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini adalah salah satu jualan online paling laku menjelang momen Ramadhan dan Lebaran.

Untuk lebih jelasnya, tengok tren pencarian Google dengan kata kunci busana muslim berikut:

Tapi sebenarnya, penjualan busana muslim di bulan-bulan lainnya tergolong stabil. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memilih produk ini sebagai rekomendasi jualan online.

Yang jadi pertanyaan, produk busana muslim apa yang laku dijual? Banyak sih, mulai dari model klasik seperti gamis dan baju koko. Hingga, yang lebih kekinian seperti aneka model hijab dan kaftan bisa jadi pertimbangan.

Untuk platform jualannya sendiri, tak jauh beda dengan produk fashion lain. Jika memungkinkan bukalah sebuah toko offline. Tapi jika tidak, berjualan di platform online juga tetap menjanjikan, kok.

12. Perlengkapan Ibadah

Masih seputar barang yang lagi trend menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran, perlengkapan ibadah juga bisa menjadi ladang keuntungan bagi Anda. Terbukti dari popularitas produk ini di Google Trends:

Nah, barang seperti sajadah, sarung, mukena, peci, dan sorban biasanya menjadi jualan online paling laris. Oh ya, pelanggan cenderung membeli lebih dari satu jenis barang, jadi pastikan koleksi perlengkapan ibadah Anda sudah lengkap.

Untuk platform, toko offline dan online sebenarnya sama-sama menjanjikan. Hanya saja untuk toko online, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan ahli agama mengenai cara pengemasan jenis produk tertentu, agar sesuai aturan agama.

13. Makanan dan Kuliner

Sebagai salah satu kebutuhan pokok, bisnis makanan dan kuliner mempunyai target pasar yang luas. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, laki-laki maupun perempuan.

Oleh karena itu, bisnis ini sangat berpeluang masuk ke ranah online. Faktanya, membeli makanan secara online menjadi pengeluaran terbanyak masyarakat Indonesia selama pandemi. Terlebih jika Anda memiliki nama domain sendiri untuk branding.

Butuh statistik lain? Indonesia adalah pasar terbesar layanan pesan antar makanan secara online di kawasan Asia Tenggara, dengan total pengeluaran mencapai US$ 3.7 miliar.

Hal ini sudah pasti karena alasan kepraktisan, alias tak perlu repot keluar rumah dan mengantri di kasir. Maka dari itu, makanan dan kuliner adalah salah satu produk jualan online paling laris untuk waktu yang lama.

Nah, bisnis kuliner secara umum terbagi menjadi dua. Pertama, makanan kemasan untuk pengiriman jarak jauh. Contohnya seblak instan, bakso kuah instan, dan mie pedas instan.

Nah, beberapa jenis makanan makanan di atas bisa Anda pasarkan di website toko online ataupun marketplace. Namun yang jelas, perhatikan tanggal kadaluarsa dari produk kuliner yang Anda jual, ya!

Sedangkan yang kedua, makanan siap santap untuk pengiriman jarak dekat. Kalau yang ini, Anda bisa membuka lapak offline. Kemudian, mendaftarkan diri ke platform jasa antar makanan seperti GrabFood, GoFood, dan lainnya.

Baca juga: 15 Ide Bisnis Makanan Paling Laris di 2022! [Plus Strategi]

14. Alat Masak dan Dapur

Masih berhubungan dengan makanan, Anda juga bisa kok berjualan peralatan masak dan dapur secara online. Perlengkapan dapur tergolong item jualan online paling laku, setidaknya menurut Google Trends:

Hal ini karena selama pandemi, banyak orang akhirnya banyak mencoba hobi baru, seperti memasak. Akhirnya, mereka banyak membeli perlengkapan dapur untuk menunjang hobi tersebut.

Untuk rekomendasi produk, ada beberapa perkakas dapur yang bisa Anda pasarkan. Mulai dari panci, wajan, rice cooker, blender, spatula, hingga peralatan makan seperti piring, sendok, dan gelas.

Sementara untuk platform, website dan marketplace masih menjadi rekomendasi utama. Oh ya, sama seperti rekomendasi jualan online lain, selalu perhatikan pengemasan barang di toko online Anda.

Bila perlu, tambahkan dus, bubble wrap, atau bahkan packing kayu untuk barang yang gampang pecah. Manfaatnya, pembeli puas dengan pelayanan Anda, dan menjadikan toko Anda sebagai destinasi belanja secara rutin.

15. Gadget

Kebutuhan perangkat komunikasi dan teknologi di Indonesia tergolong tinggi. Saat ini, setiap orang setidaknya memiliki sebuah gadget. Jadi masuk akal bukan, jika gadget menjadi produk jualan online paling laris?

Untuk jenis produknya, smartphone masih menjadi pilihan utama. Hal ini diperkuat salah satu survey, yang memprediksi pengguna smartphone meroket hingga 89% di tahun 2025.

Namun, berjualan perangkat lain seperti laptop juga tak kalah menjanjikan. Sebab, perangkat berukuran besar dinilai lebih bisa menunjang produktivitas kerja, sehingga banyak dicari.

Bagaimana dengan platform jualan? Selain website toko online, kami sarankan Anda untuk berjualan gadget di marketplace yang banyak didominasi kaum adam. Contohnya Tokopedia dan Lazada.

Satu lagi yang perlu dicatat, setiap bulannya selalu ada gadget baru yang muncul. Jadi, pastikan Anda selalu mengikuti perkembangan tren gadget, agar produk jualan online Anda tidak ketinggalan zaman.

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Bisnis untuk Toko Online Anda

16. Aksesoris Handphone

Tak lengkap rasanya jualan gadget tanpa menyediakan aksesorisnya sekaligus. Sebab, meroketnya penjualan smartphone juga mempengaruhi penjualan aksesoris seperti casing, charger, dan earphone.

Buktinya bisa Anda lihat sendiri, tren pencarian casing hp di Google cukup stabil dari waktu ke waktu. Maka tak heran, barang yang satu ini bisa menjadi rekomendasi jualan online paling laku dan menjanjikan keuntungan besar.

Selain tiga produk aksesoris yang sudah disebutkan, masih banyak loh jenis aksesoris yang banyak dicari di pasar online. Mulai dari holder hp, tripod mini, powerbank, sampai perangkat wearable seperti smartband dan smartwatch.

Oh ya, selain menjual aksesoris langsung ke pelanggan, Anda juga bisa melayani pembelian secara grosir. Jika memungkinkan, membuka kesempatan reseller dan dropshipper juga patut Anda pertimbangkan.

Tonton videonya juga ya!

17. Alat Vlogging dan Fotografi

Profesi content creator, youtuber, dan selebgram saat ini banyak diminati karena penghasilan yang menjanjikan. Kebetulan, pekerjaan semacam ini membutuhkan perlengkapan pendukung untuk keperluan vlogging dan fotografi.

Nah, Anda bisa loh berjualan peralatan untuk mendukung profesi content creator. Karena faktanya, produk-produk ini termasuk barang jualan online paling laris di ranah online.

Beberapa keperluan vlogging dan fotografi yang bisa Anda pasarkan mulai dari kamera, lensa tambahan, tripod, monopod, dan mikrofon. Bahkan, properti studio mini juga mulai banyak dipasarkan secara online.

Untuk platform penjualannya, Anda tinggal pilih antara website, marketplace, atau media sosial. Bahkan, lebih bagus lagi jika Anda menjual di lebih dari satu platform, agar menjangkau lebih banyak konsumen.

Baca juga: 10 Tips dan Cara Jualan Online, Dijamin Bisnis Anda Makin Cuan!

18. IoT dan Smart Home

Masih berhubungan dengan gadget, perangkat IoT dan Smart Home kini sedang banyak dicari di pasar online. Alasannya, IoT adalah perangkat yang bisa menyulap kamar bahkan rumah Anda menjadi lebih pintar, layaknya di film fiksi ilmiah.

Alasan lain, harga perangkat IoT sekarang sudah lebih terjangkau dan cara settingnya pun mudah. Maka tak heran, jika peralatan teknologi yang satu ini jadi rekomendasi jualan online yang menjanjikan.

Untuk jenis produknya sendiri, Anda tidak perlu berpikir terlalu jauh. Benda sehari-hari seperti lampu, remote infrared, TV, bahkan tempat makan hewan peliharaan kini sudah ada versi smartnya.

Jika masih belum ada gambaran, Anda bisa mengintip beberapa merk lokal produsen IoT seperti DEN, Bardi dan Arbit. Kemudian, pertimbangkan untuk jadi reseller produk-produk mereka. 

19. Peralatan Olahraga

Beralih ke peralatan olahraga, ternyata juga menjadi salah satu barang yang lagi trend. Bahkan menurut survey, penjualan produk olahraga meningkat hingga tiga kali lipat sejak masa pandemi.

Bagaimana dengan tren pencarian di Google? Tercatat, ada tiga produk olahraga yang merajai pencarian Google, yaitu jersey bola, kacamata renang, dan sepatu lari.

Pun demikian, Anda tidak melulu hanya menjual produk-produk di atas. Item seperti sepeda, matras yoga, bola basket, dan raket juga pasti banyak peminatnya kok.

Kebetulan, kesadaran hidup sehat masyarakat Indonesia semakin meningkat. Jadi, berjualan perlengkapan olahraga apapun akan tetap menjanjikan karena tiap orang punya olahraga favoritnya masing-masing.

Nah, Anda bisa langsung membuka toko olahraga secara online. Jika memungkinkan, bisa juga merambah ke pasar offline, untuk menjangkau calon pelanggan dengan lokasi terdekat.

Baca juga: Panduan Lengkap Local SEO untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda

20. Alat Elektronik Rumah

Tahukah Anda, peralatan elektronik rumah tangga termasuk barang jualan online paling laku? Terbukti dari hasil survey, 26% responden mengaku membeli peralatan elektronik secara online.

Bahkan berdasarkan Google Trends, terjadi kenaikan volume pencarian untuk barang-barang seperti kipas angin dan setrika.

Tapi selain produk yang sudah disebutkan, barang-barang seperti stop kontak, vacuum cleaner, air purifier, rice cooker dan lampu tumbler juga terbukti banyak diminati di ranah online.

Untuk barang-barang berukuran kecil dan ringkas, Anda bisa memasarkannya secara bebas di platform online favorit. Sementara untuk produk berukuran besar, misalnya AC, kulkas, dan mesin cuci memang agak sedikit tricky.

Solusinya, buka toko offline untuk menjangkau pelanggan terdekat, dan manfaatkan jasa pengiriman jarak dekat jika pelanggan tidak ingin berkunjung ke toko secara langsung.

21. Peralatan Rumah Tangga

Rekomendasi jualan online selanjutnya adalah peralatan rumah tangga. Penjualan produk rumah tangga di pasar online dapat dikatakan cukup laris. Sebagai contoh, pencarian bedcover di Google Trends terbilang stabil.

Selain bedcover, beberapa alat rumah tangga yang banyak diburu secara online yaitu gorden, sarung bantal/guling, dan sprei tempat tidur. Dari situ, Anda bisa langsung membuka toko online yang khusus menjual barang-barang tersebut.

Bagaimana dengan platformnya? Baik website ataupun marketplace sama-sama menjanjikan untuk menjual peralatan rumah tangga. Yang penting, maksimalkan penggunaan gambar produk.

Gunanya sudah pasti, untuk menarik minat calon pelanggan Anda. Lebih bagus lagi jika Anda menambahkan video tentang produk yang dijual.

Baca juga: 6+ Alasan Mengapa Blog Penting Untuk Bisnis

22. Peralatan Portabel

Beberapa peralatan elektronik memang punya masalah dari segi ukuran. Maka dari itu, terciptalah barang-barang elektronik portabel yang lebih ringkas, bahkan cenderung lebih terjangkau.

Nah, produk-produk semacam ini ternyata termasuk jualan online paling laris, loh. Peralatan portabel biasanya menjadi solusi mereka yang tidak punya banyak ruang kosong, atau hanya tinggal seorang diri.

Untuk rekomendasi produk portabel, Anda bisa berjualan blender portabel, kipas portabel, teko listrik, panci listrik, bahkan kompor listrik. Semakin lengkap toko Anda, semakin besar kemungkinan mendatangkan pelanggan.

Sementara untuk platform, secara umum hampir sama dengan rekomendasi jualan online paling laku lainnya. Maksimalkan penggunaan website toko online dan marketplace untuk memasarkan produk portabel.

23. Wewangian Rumah

Selain wewangian untuk tubuh, ternyata wewangian ruangan juga banyak peminatnya di ranah online. Terbukti dari pencarian Google, tren pengharum rumah masih tetap stabil hingga saat ini:

Barang yang lagi trend ini memang banyak diminati, karena wanginya dinilai menenangkan. Nah, untuk jenis produknya sendiri, ada diffuser, lilin aromaterapi, dan essential oil yang laku keras di pasaran.

Oh ya, setiap produk wewangian biasanya menyediakan berbagai varian aroma. Jadi, pastikan toko online Anda menjualnya secara lengkap. Harapannya, konsumen bisa membeli lebih dari satu produk di setiap transaksi.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Promosi Bisnis Online

24. Peralatan Kesehatan

Ketika pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, penjualan produk-produk kesehatan seperti hand sanitizer, masker, obat-obatan, dan multivitamin meroket secara drastis.

Berdasarkan survey, penjualan produk hand sanitizer meningkat hingga 500%. Tak mau kalah, permintaan terhadap suplemen kesehatan juga mengalami kenaikan sebesar 250%.

Hingga kini, peralatan kesehatan masih menjadi salah satu barang jualan online paling laku. Maka dari itu, berjualan produk-produk kesehatan secara online bisa jadi pilihan tepat.

Tersedia berbagai jenis barang yang bisa Anda jual secara bebas, seperti hand sanitizer, masker, dan disinfektan. Sayangnya untuk obat-obatan dan vitamin, hanya boleh dijual oleh pihak berizin, misalnya apotek.

25. Alat Tulis dan Kantor

Alat-alat tulis dan kantor (ATK) memang banyak ditemukan di toko offline sekitar kita. Namun ternyata, produk yang satu ini termasuk ke dalam produk online terlaris, loh.

Terbukti dari tren pencarian Google yang tergolong tinggi, khususnya menjelang tahun ajaran baru.

Lantas, mengapa banyak orang berbelanja ATK di pasar online? Selain karena alasan kepraktisan, produk ATK di ranah online biasanya lebih terjangkau, banyak pilihan, serta berdesain unik.

Maka dari itu, Anda bisa membuka toko online yang khusus menjual ATK. Untuk produknya sendiri, ada beberapa produk unggulan seperti buku catatan, tempat pensil, sticky notes, dan produk ATK yang lainnya.

Jika ditanya platform mana yang paling menjanjikan, marketplace dan media sosial sebenarnya sudah cukup oke. Tapi, akan lebih baik lagi jika Anda punya website toko online sendiri, agar toko Anda tampak lebih profesional.

Baca juga: [Terbaru] 4+ Strategi Pemasaran Produk + Contohnya

26. Merchandise Kpop

Toko online memanglah surga bagi barang-barang unik. Termasuk, merchandise dari artis kesayangan, seperti idol Kpop. Jangan salah, tren pencarian merchandise dari artis negeri gingseng tergolong tinggi loh.

Barang-barang seperti album musik dan photocard masih menjadi primadona barang jualan online paling laris. Terlebih lagi, jika item tersebut milik grup musik yang punya fanbase besar, seperti BTS atau NCT.

Pun demikian, sebenarnya Anda tak melulu harus berjualan merchandise milik artis Korea saja, kok. Beberapa musisi barat seperti Taylor Swift dan Justin Bieber juga punya basis fans yang lumayan di Indonesia.

Intinya, selalu cari tahu artis dan musisi yang sedang tenar dan mengeluarkan karya musik baru . Kemudian, jual merchandise milik musisi tersebut di pasar online agar mendatangkan cuan.

27. Mainan dan Action Figure

Siapa sangka, mainan termasuk barang jualan online paling laris? Selain dibeli untuk anak kecil, orang dewasa ternyata juga gemar mengoleksi mainan. Terutama, yang berbentuk action figure.

Jangan salah, tren pencarian action figure di Google tergolong tinggi loh. Tengok saja gambar berikut:

Untuk produknya sendiri, action figure dari karakter anime Jepang, seperti One Piece dan Attack on Titan masih menjadi primadona. Namun, action figure yang diadaptasi dari komik Marvel juga banyak diminati, kok.

Nah, rekomendasi jualan online yang satu ini sebenarnya cukup fleksibel di berbagai platform. Artinya, Anda bisa membuka website toko online, berjualan di marketplace, atau bahkan punya keduanya untuk memasarkan action figure.

Baca juga: 11+ Tips dan Cara Promosi Paling Efektif!

28. Voucher Game dan Langganan

Anda tentu sering melihat orang berjualan akun Netflix, Spotify, atau voucher game seperti Free Fire di kolom komentar sosial media bukan? Ternyata, barang-barang semacam ini termasuk produk online terlaris, loh.

Sebagai bukti, lihatlah tren pencarian Google berikut:

Maka dari situ, Anda bisa langsung membuka toko online yang khusus menjual voucher game dan akun layanan populer. Selain yang sudah disebutkan, ada juga akun Canva, Grammarly, dan Mobile Legends yang banyak diburu.

Sedangkan untuk platform jualannya, media sosial dan marketplace masih menjadi yang terdepan sih. Sedikit tips, selalu memberikan garansi jika pelanggan mengalami kendala setelah membeli akun di toko Anda.

29. Perlengkapan Petshop

Masih berhubungan dengan hobi, mengadopsi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing kini makin diminati. Oleh karena itu, penjualan perlengkapan untuk hewan peliharaan juga meningkat.

Sayangnya, petshop masih jarang ditemukan, khususnya di kota kecil. Akhirnya, banyak orang membeli perlengkapan hewan secara online. Otomatis, ia menjadi salah satu barang jualan online paling laku.

Bagaimana dengan produknya? Anda bisa mulai berjualan barang-barang seperti makanan kucing dan anjing, kandang, litter box, shampoo khusus hewan, bahkan baju untuk hewan peliharaan.

Lebih lanjut, Anda bisa langsung membuka website toko online, atau berjualan perlengkapan hewan di marketplace. Jika memungkinkan, buka juga toko offline untuk menjangkau pelanggan terdekat.

Tapi ingat, platform online hanya untuk berjualan perlengkapan hewan. Jangan sekali-kali menjual hewan secara online. Selain melanggar aturan, hal ini juga membahayakan keselamatan hewan itu sendiri.

Baca juga: 5+ Cara Maksimalkan Strategi Marketing dengan User Generated Content

30. Peralatan Aquascape

Tak hanya mamalia seperti kucing dan anjing, ikan hias juga tergolong hewan yang banyak dipelihara. Apalagi semenjak pandemi, banyak orang yang punya hobi baru memelihara ikan hias dalam wadah aquascape.

Perlengkapan aquascape menjadi barang yang lagi trend, dan menjualnya bisa jadi peluang usaha yang menguntungkan. Yang perlu diperhatikan hanyalah produk yang dijual.

Untuk ikan hias, tanaman air, aquarium, dan peralatan lain yang gampang rusak atau pecah, pastikan Anda hanya menjualnya secara offline. Sisanya seperti filter atau batu hias, bisa Anda pasarkan di website toko online atau marketplace.

31. Tanaman Hias

Memelihara tanaman hias juga merupakan tren hobi yang meledak semenjak adanya pandemi. Otomatis, penjualannya juga meroket drastis di pasar online. Buktinya, tengok grafik Google Trends berikut:

Beberapa jenis tanaman seperti Monstera, Aglaonema, dan Anthurium diprediksi bakal melejit popularitasnya. Selain itu, perlengkapan tanaman seperti pot dan pasir juga akan tetap menjadi jualan online paling laris.

Beda dengan hewan, tanaman hias dapat  Anda pasarkan secara online. Pun demikian, pastikan Anda mempelajari tata cara pengemasan masing-masing tanaman, agar tidak mati di perjalanan menuju pelanggan.

Baca juga: Mengenal 5 Konsep Pemasaran dan Contohnya

32. Perlengkapan Camping

Rekomendasi jualan online berikutnya adalah perlengkapan berkemah. Alasannya simpel, hiking dan camping masih menjadi salah satu kegiatan favorit untuk melepas penat.

Maka dari itu, penjualan alat-alat untuk berkemah juga tetap stabil hingga kini. Tidak percaya? Coba intip data Google Trends berikut:

Untuk produknya sendiri, Anda bisa menjual barang-barang seperti tenda, sleeping bag, dan matras. Beberapa alat elektronik dan portabel seperti senter, headlamp, dan kompor portabel juga bisa Anda pasarkan.

Sementara untuk platform, semua sarana online seperti website dan marketplace punya peluang yang sama untuk mendatangkan keuntungan. Yang penting, pengemasan untuk barang mudah pecah wajib Anda perhatikan.

33. Perlengkapan Kado

Perlengkapan kado ternyata punya potensi menjadi produk online terlaris. Alasannya, budaya memberikan kado untuk orang spesial di momen tertentu masih terus langgeng hingga saat ini.

Berdasarkan data di Google Trends, kata kunci jual kado punya volume pencarian yang cukup stabil:

Nah, beberapa peralatan untuk kado yang laku dijual antara lain kotak kado, kertas kado, dan pita. Tak hanya itu, barang-barang lain seperti kartu ucapan, gunting, dan selotip juga biasanya ada di toko kado.

Bagaimana dengan platform jualan? Sebenarnya, marketplace masih menjadi tujuan utama untuk berbelanja perlengkapan kado. Namun agar lebih profesional, tidak ada salahnya jika Anda juga membuka website toko online.

Baca juga: 30 Ide Bisnis Kreatif untuk Anda Lakukan di 2022

34. Hampers dan Seserahan

Tidak semua orang mau membungkus dan menghias kado sendiri. Oleh karena itu, banyak toko yang menjual barang-barang yang sudah dikemas dalam bentuk hampers atau parcel.

Hampers bisa menjadi produk jualan online paling laris untuk Anda jual. Terutama, menjelang momen hari raya seperti Idul Fitri atau Natal. Bahkan, banyak yang membeli hampers untuk dijadikan sebagai hadiah seserahan.

Anda bisa menjual hampers berisi makanan, produk kecantikan, perlengkapan ibadah, hingga perlengkapan new normal. Yang penting, asah kreativitas Anda dalam mengemas hampers, agar tampilannya menarik.

Untuk lapaknya sendiri, Anda bisa memilih antara website toko online, marketplace, media sosial, atau bahkan punya semuanya. Jika memungkinkan, membuka toko offline juga bisa dijadikan pilihan.

35. Kebutuhan Sehari-hari

Di zaman serba canggih seperti sekarang, Anda bisa berbelanja apapun secara online. Termasuk, membeli kebutuhan sehari-hari yang lazim ditemui di warung, toko kelontong, atau minimarket.

Apalagi semenjak pandemi, lebih banyak orang berbelanja kebutuhan harian secara online. Terbukti di salah satu survey, tren penjualan kebutuhan-sehari hari meroket hingga 53% sejak Maret 2020.

Semua barang sehari-hari mulai dari bahan makanan, alat kebersihan, kebutuhan rumah tangga, hingga makanan dan minuman kemasan sudah pasti menjadi produk jualan online paling laku.

Anda bisa mulai membuat website toko online untuk memasarkan produk. Atau, berjualan di marketplace favorit. Sedikit saran, sediakan pula opsi pembelian secara grosir, agar penjualan jadi meningkat.

36. Peralatan Packing

Produk online terlaris yang terakhir adalah peralatan packing. Alasannya simpel, setiap barang yang diperdagangkan online butuh dikemas dengan rapi dan aman. Sehingga, tidak rusak ketika diterima pembeli.

Maka dari itu, berjualan peralatan packing dijamin menguntungkan. Terbukti dari tren pencarian di Google yang cukup stabil.

Barang-barang seperti kardus boks, bubble wrap, atau lakban sudah pasti jadi item wajib untuk dijual. Selain itu, plastik, karung, bahkan kayu juga banyak diburu oleh pelapak online.

Sementara untuk platform, Anda bisa memanfaatkan seluruh kanal online, mulai dari website, marketplace, bahkan media sosial. Sediakan pula opsi pembelian grosir, guna mengakomodasi pelanggan yang membeli dalam jumlah besar.

Baca juga: 29+ Ide Bisnis Online Terbaik untuk Pemula [Paling Cuan!]

Bonus Tips: Cara Memilih Produk Jualan Online yang Tepat

Memilih satu dari sekian banyak produk online terlaris untuk dijual memang susah. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa tips memilih produk jualan online untuk Anda coba:

  1. Ciptakan Solusi untuk Pelanggan
  2. Jual Produk Sesuai Passion
  3. Ketahui Produk yang Sedang Tren
  4. Baca Review Pelanggan tentang Produk Sejenis
  5. Manfaatkan Riset Keyword untuk Produk
  6. Cari Tahu Produk dengan Keuntungan Besar
  7. Peka Terhadap Peluang dan Kesempatan

Mari simak bersama penjelasan selengkapnya!

1. Ciptakan Solusi untuk Pelanggan

Cara paling efektif untuk memilih rekomendasi jualan online paling laris adalah dengan mengetahui masalah yang dialami pelanggan. Dari situ, Anda bisa menjual produk sebagai solusi untuk masalah tersebut.

Misalnya ketika pandemi melanda, salah satu masalah yang timbul adalah kelangkaan stok masker. Dari situ, banyak orang berbondong-bondong menjual masker kain sehingga mendulang keuntungan melimpah.

Intinya, ketahui masalah dan kendala yang dialami banyak orang. Lalu, ciptakan solusi masalah tersebut dalam bentuk produk untuk dijual.

Baca juga: 10 Inspirasi Usaha yang Menjanjikan untuk Dicoba di 2022

2. Jual Produk Sesuai Passion

Tips memilih produk online terlaris yang selanjutnya adalah menjual produk sesuai passion. Caranya dengan meluangkan waktu untuk berpikir, apa jenis barang yang Anda ketahui dan sukai.

Sebagai contoh, Anda punya hobi merawat hewan peliharaan kucing dan rutin membeli perlengkapannya di petshop. Dari situ, Anda bisa membuka bisnis toko online peralatan petshop.

Berjualan sesuai pengetahuan dan passion sangat penting. Alasannya, pengetahuan dan pengalaman adalah sebuah poin plus yang membuat Anda unggul di suatu bidang bisnis.

Sementara passion adalah hal yang membuat Anda tetap semangat dan termotivasi. Mengingat, berjualan online tidak selamanya mudah, dan akan selalu ada hambatan yang wajib dihadapi.

3. Ketahui Produk yang Sedang Tren

Selain menjual produk yang digemari, Anda juga bisa menjual barang yang lagi trend. Alasannya simpel, produk tersebut banyak diburu pelanggan. Sehingga, Anda jadi bisa kecipratan untungnya.

Nah, cara mengetahui produk yang sedang tren sebenarnya gampang. Selain peka terhadap apa yang terjadi di sekitar, Anda bisa mengecek tren terkini melalui media elektronik dan internet.

Atau yang lebih ampuh, buka marketplace favorit Anda dan jelajahi kategori produk seperti “What’s Hot”, “Sedang Trending”, atau “Barang Terlaris”. Biasanya, kategori tersebut menggambarkan secara akurat produk yang sedang tren.

Baca juga: Cek 9 Prediksi Trend Bisnis Online di Tahun 2022!

4. Baca Review Pelanggan tentang Produk Sejenis

Ketika memutuskan satu barang untuk dijual online, Anda perlu tahu bahwa pasti sudah ada orang yang yang menjual produk serupa. Tapi jangan khawatir, karena hal ini tidak berarti buruk, kok.

Justru, Anda bisa memanfaatkannya dengan membaca review pelanggan di produk sejenis. Siapa tahu, Anda mendapat gambaran dan keluhan pelanggan, bahkan produk lain yang biasa dibeli bersama produk tersebut.

Dengan memperkaya informasi mengenai produk, Anda bisa menjual barang yang lebih baik dari kompetitor. Nah, kualitas produk bisa menjadi penentu apakah produk Anda bisa menjadi produk jualan online paling laku.

Baca juga: Ketahui 5 Cara Riset Produk untuk Jualan Online

5. Manfaatkan Riset Keyword untuk Produk

Tahukah Anda, riset keyword dapat Anda manfaatkan untuk memilih produk jualan online paling laku. Alasannya, volume pencarian dari keyword produk sangat akurat untuk menentukan barang yang lagi trend.

Buktinya, kami menggunakan salah satu tools riset keyword, Google Trends, untuk menyusun daftar produk jualan online paling laris. Nah, tools semacam ini bisa Anda manfaatkan untuk banyak hal.

Selain mengetahui volume pencarian, Anda juga bisa memahami grafik tren pencarian dalam kurun waktu tertentu, bahkan melihat tingkat persaingan untuk keyword yang dibidik.

Untuk toolsnya sendiri, Anda tidak harus menggunakan Google Trends. Karena, ada banyak tools riset keyword lain yang bisa Anda coba, seperti UberSuggest, Ahrefs, atau Moz.

Baca juga: 15 Trik SEO Ampuh untuk Website Toko Online

6. Cari Tahu Produk dengan Keuntungan Besar

Cara klasik untuk menemukan produk jualan online paling laku adalah dengan menjual produk dengan modal kecil atau tanpa modal, tapi potensi keuntungannya besar. Alasannya, produk semacam ini punya risiko rendah, sehingga cocok untuk pemula.

Nah, beberapa barang rekomendasi jualan online bermodal kecil antara lain aksesoris handphone, aksesoris fashion, atau alat tulis dan kantor. Dari situ, Anda bisa menentukan harga jual yang pas agar tetap untung.

Jangan lupa, pertimbangkan biaya ongkos kirim ketika menentukan harga jual. Kalau bisa, pilih produk berbobot ringan seperti aksesoris. Sehingga, tetap murah ketika dikirimkan via jasa ekspedisi.

7. Peka Terhadap Peluang dan Kesempatan

Tips memilih produk online terlaris yang terakhir adalah selalu peka terhadap setiap peluang dan kesempatan. Alasannya, dunia online selalu berkembang. Barang yang lagi trend saat ini bisa jadi ditinggalkan di masa mendatang.

Selain itu, ide bisnis baru yang lebih menarik bisa muncul kapanpun dan dimanapun. Dan lagi, penting bagi Anda untuk tidak melewatkan kesempatan, tiap kali ide bisnis brilian terlintas di pikiran.

Caranya dengan mencatat ide bisnis tersebut di secarik kertas atau di smartphone. Lalu, tentukan apakah ia bisa diubah menjadi produk layak jual dengan menerapkan kembali poin-poin di atas.

Baca juga: 10+ Ide Bisnis untuk Milenial dan Gen Z + Tips Cuan!

Sudah Menentukan Produk Jualan Online Paling Laku?

Di artikel kali ini, Anda telah menyimak berbagai rekomendasi jualan online paling laris. Anda juga sudah mempraktikkan serangkaian tips untuk menemukan produk rekomendasi jualan online.

Jika sudah menemukan barang yang tepat, Anda bisa langsung menyiapkan beberapa hal untuk berjualan. Salah satunya, membuka website toko online sendiri. 

Loh, bikin website toko online bukannya ribet ya?

Jangan salah, sekarang Anda bisa punya website toko online sendiri secara instan. Caranya dengan memakai layanan Simple WordPress Niagahoster. Layanan ini sudah termasuk tema khusus toko online dan plugin WooCommerce.

Fitur-fiturnya juga sudah dirancang khusus untuk kebutuhan toko online. Mulai dari domain dan SSL gratis, ruang penyimpanan super lega 50 GB, bahkan daya tampung pengunjung hingga 450.000 per bulan!

Keren banget kan? Yuk, segera miliki website toko online impian dengan Simple WordPress Niagahoster!

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik tombol Subscribe agar selalu update artikel terbaru kami. Sampai jumpa lagi!

Muhammad Ariffudin

Ariffud is a career-shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background, specializes in writing technical topics.

Share
Published by
Muhammad Ariffudin

Recent Posts

Butuh Hosting Bulanan? Pakai Layanan Hosting Niagahoster Aja!

Saat ini go online seakan telah menjadi kebutuhan. Baik ketika ingin mengembangkan bisnis lewat toko online, membangun portfolio online sebagai…

22 hours ago

Apa Itu Intrapreneur? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Bagi perusahaan yang ingin terus punya daya saing, tak jarang intrapreneurship adalah bagian dari strategi yang dijalankan. Intrapreneurship dianggap mampu…

2 days ago

Kode Referral: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

Anda tentu sering melihat pengguna aplikasi dan influencer membagikan kode-kode unik tertentu, kan? Entah di sosial media, YouTube, atau platform…

3 days ago

Apa Itu ROI? Simak Cara Menghitung dan Penerapannya

Apakah bisnis yang produknya laris terjual sudah pasti menguntungkan? Belum tentu, lho. Coba deh, tengok dulu berapa return on investment-nya…

6 days ago

Apa Itu Telnet dan Bagaimana Cara Mengaktifkan Telnet di Windows?

Jika sering memanfaatkan jaringan untuk mendukung pekerjaan, Anda perlu tahu cara mengaktifkan Telnet. Telnet adalah salah satu protokol untuk akses…

1 week ago

Mengenal Computational Thinking: Metode Cerdas Menyelesaikan Masalah

Computational thinking adalah metode berpikir yang dampaknya besar terhadap segala aktivitas Anda. Dengan pemikiran komputasional, Anda dan siapapun bisa menyelesaikan…

1 week ago