Digital Marketing

15 Ide Bisnis Makanan Paling Laris di 2021! [Plus Strategi]

Ingin mulai berbisnis dengan modal terbatas tapi keuntungannya besar? Nah, Anda bisa mulai eksekusi ide bisnis makanan.

“Lho orang yang punya bisnis makanan kan udah banyak. Banyak saingan dong? Susah dapat untung dong?” 

Jangan khawatir. Peluang bisnis makanan di Indonesia cukup besar kok. Berdasar hasil riset Statista, pendapatannya diprediksi mengalami peningkatan sebesar 10,79% hingga 2025. 

Ada banyak ide bisnis makanan yang bisa Anda coba. Di artikel ini kami akan membagikan ide jualan makanan yang laris di tahun ini. Plus, kami akan membagikan tips strategi marketingnya.

Yuk langsung simak saja artikel ini!

15 Ide Bisnis Makanan Kekinian Penghasil Cuan!

Berikut ini adalah ide bisnis makanan kekinian paling laris 2021:

  1. Katering untuk pegawai kantor
  2. Daging olahan frozen
  3. Kentang Frozen
  4. Cireng Frozen
  5. Masakan Rumahan Frozen
  6. Kue Kering Berbentuk Hampers
  7. Makaroni Pedas
  8. All You Can Eat (AYCE)
  9. Cimol Keju Frozen
  10. Soft Baked Cookies
  11. Salad Buah
  12. Dessert Box
  13. Lunch Box Cake
  14. Sambal Rumahan
  15. Rice Box

Yuk simak saja pembahasan lengkapnya!

1. Katering untuk Pegawai Kantor

Jika Anda punya skill memasak, Anda bisa menjajal bisnis makanan katering untuk kantor atau perorangan. 

Di tengah masa pandemi, mungkin makin banyak pegawai yang menghindari makan siang di luar kantor. Bagi pegawai yang Work From Home, mungkin menginginkan kepraktisan saat makan siang.

Melihat fenomena itu, ide bisnis makanan satu ini punya peluang pendapatan yang besar, kan?

Pendapatan yang bisa Anda dapatkan bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta. Makin pintar Anda mengelola modal, makin besar pula pendapatan Anda. 

Salah satu cara pintar mengelola modal adalah melakukan pemasaran online. Anda cukup menggunakan website atau media sosial. Selain hemat modal, Anda bisa mendapat peluang besar untuk menjaring pelanggan.

Misalnya, website Anda muncul di halaman pencarian Google. Tentu bisnis Anda lebih mudah diketahui oleh banyak pelanggan. Buktinya, 48% orang mencari informasi produk melalui mesin pencarian.

Lalu, Anda bisa mendapat konversi pembelian dengan cepat. Sebab, pelanggan cukup melakukan beberapa langkah di shopping chart untuk membeli makanan.

Contohnya saja seperti Kulina, start up layanan katering online yang kini memiliki 200.000 pelanggan. Salah satu faktor yang membuat Kulina berhasil menjaring banyak pelanggan adalah website user friendly. 

Website Kulina menampilkan berbagai paket menu berdasar harga. Fitur tampilan menu dilengkapi dengan jenis layanan. Setelah pelanggan memilih menu, website Kulina mengarahkan mereka ke layanan pemesanan online lewat ikon chat.

Tak hanya itu saja, Kulina juga menyediakan fitur download aplikasi di website. Tujuannya agar pelanggan bisa menjajal pemesanan online lewat ponsel mereka. 

Baca Juga: 7+ Ide Bisnis yang Bisa Anda Coba Setelah Pandemi Corona!

2. Daging Olahan Frozen

“Aduh, mau beli daging tapi malas antre berdesak-desakan di pasar. Apalagi pandemi begini.” Percaya atau tidak, makin banyak pelanggan yang punya pikiran seperti ini. 

Itu artinya, bisnis daging olahan online punya peluang besar. Sebab, makin banyak orang yang menginginkan daging mentah diantar langsung ke rumah mereka. 

Tapi, bisnis daging mentah online butuh upaya untuk meyakinkan pelanggan lho. Mungkin saja ada pelanggan yang ragu pesan karena takut kualitas daging memburuk di jalan.

Solusinya, Anda bisa meyakinkan pelanggan tentang kualitas daging Anda melalui website. Contohnya seperti supplier daging Suri Nusantara Jaya. Dalam website mereka, ada informasi sertifikasi kualitas daging dan penjelasan standarnya.

Selain membangun reputasi produk bisnis, website juga punya manfaat lainnya lho. Mulai dari promosi, pemasaran, hingga kontrol penuh untuk mengelola toko online. 

Baca Juga: Manfaat Website dan Keuntungan Memiliki Website.

3. Kentang Frozen

Tren kentang goreng sebagai makanan kekinian tak boleh disia-siakan. Sebab, jajanan ini cukup populer. Jadi, manfaatkan saja sebagai ide bisnis makanan dengan menjual kentang frozen. 

Umumnya, kentang frozen dijual melalui marketplace. Jadi, Anda bisa menjualnya melalui Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak sebagai marketplace besar di Indonesia.

Menjual kentang di marketplace, Anda tak perlu repot soal pengantaran. Sebab, marketplace sudah bekerjasama dengan ekspedisi pengiriman. 

Nah, jika sudah menjualnya di marketplace, lengkapi dengan website ya. Ada berbagai keuntungan menjual produk di website dibanding marketplace lho.

Menggunakan website, Anda tak punya pesaing di platform penjualan. Jadi, pelanggan bisa lebih fokus pada produk kentang frozen Anda. Apalagi, kalau Anda menonjolkan nilai jual kentang frozen Anda di website. 

Sebagai contoh, Anda menjual kentang frozen impor dengan kualitas premium. Selain itu Anda menggunakan jasa pengiriman barang kilat. Semua itu bisa dijelaskan di website untuk meyakinkan pelanggan.

Masih ada manfaat website lainnya. Selengkapnya bisa Anda baca di artikel ini → Sudah Punya Usaha di Marketplace? Lanjutkan dengan Website

4. Cireng Frozen

Jika Anda ingin berjualan camilan bercitarasa gurih, cireng frozen bisa jadi ide bisnis makanan yang menjanjikan. Sebab, cireng juga sedang naik daun sebagai makanan kekinian.

Memang biasanya makanan kekinian dipasarkan di Instagram atau marketplace. Akan tetapi, banyak juga pelaku ide bisnis makanan ini yang membuat website. Lalu link website ditampilkan di bio Instagram Bisnis. 

Konten website umumnya berbeda dengan media sosial. Media sosial biasanya dibuat untuk promosi dan branding di mata konsumen. Jika digunakan untuk penjualan, biasanya untuk perorangan.

Nah, kalau Anda ingin menarget penjualan dengan kemitraan, Anda perlu bikin website. Sebab, Anda bisa lebih mudah merancang sistem kemitraan. Misalnya, menampilkan peraturan franchise, keuntungan, hingga alur pendaftaran.

Sebagai contoh, website Cireng Masa Depan Indonesia yang menampilkan info franchise di website. Informasi itu dilengkapi dengan form pendaftaran anggota franchise beserta kontak yang bisa dihubungi. 

Nah, bagi Anda yang berminat menjalankan ide jualan makanan satu ini, tak ada salahnya bikin website. Siapa tahu jika ide bisnis makanan Anda berkembang pesat, Anda bisa jaring kemitraan. 

5. Masakan Rumahan Frozen

Ketika ritme pekerjaan semakin padat, banyak orang yang tak sempat memasak. Di satu sisi, mereka tetap ingin makan masakan rumahan yang sehat. Oleh karena itu, bisnis masakan rumahan frozen bisa jadi ide jualan makanan rumahan. 

Anda perlu mengemas masakan rumahan Anda dalam keadaan beku. Lalu, pelanggan cukup memanaskan masakan di microwave dan menyantapnya. Menarik kan?

Mungkin Anda ingin menjual berbagai masakan khas Indonesia. Anda lalu mengelompokkan masakan tersebut berdasar kemasannya. Misalnya kemasan kecil, medium dan besar.

Nah, akan lebih mudah jika Anda menjual masakan rumahan Anda di website. Sebab, Anda bisa membuat katalog produk dengan label tertentu. Hal ini akan memudahkan pelanggan memilah jenis masakan berdasar kemasannya.

Contohnya seperti website Laukita. Website itu mengelompokkan jenis masakan berdasar daging olahan. Katalog produk dilengkapi dengan label jenis kemasan seperti sachet atau tray. 

Baca Juga: 17+ Cara Membuat Halaman Produk yang Menarik

6. Kue Kering Berbentuk Hampers

Sekarang, memberi hampers sedang menjadi tren untuk hari ulang tahun hingga hari besar keagamaan. Jadi, bisa dibilang ide bisnis makanan ini jadi usaha paling laris saat ini. 

Menjual hampers kue kering juga bisa jadi ide jualan makanan rumahan lho. Meski begitu, pelanggan Anda tak perlu repot-repot datang langsung untuk menentukan isian hampers. 

Anda cukup memajang pilihan paket di website. Contohnya seperti yang dilakukan oleh PandÓr bakery. Website PandOr bakery menyediakan halaman produk khusus Hampers. 

Dalam menu itu ditampilkan berbagai paket hampers dengan foto produk sejelas mungkin. Tujuannya agar pelanggan mudah melihat isian hampers. 

Baca Juga: 10+ Ide Bisnis dari Rumah untuk Tambah Penghasilan

7. Makaroni Pedas

Makaroni pedas bisa jadi ide jualan makanan pedas. Berkat tren camilan pedas yang terus naik daun, bisnis makaroni pedas bisa jadi usaha paling laris saat ini. 

Selain melalui media sosial, Anda juga bisa menjual makaroni pedas di website. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Makaroni Ngehe. Website tersebut melayani pesanan 24 jam melalui fitur shopping chart. 

Baca Juga: 19+ Fitur Website Toko Online yang Wajib Ada

Ketika bisnis makanan kekinian Anda laris, Anda pun punya peluang untuk membuka pendaftaran reseller seperti yang dilakukan Makaroni Ngehe. Caranya, sediakan form pendaftaran di website. Lewat form yang sama, nantinya Anda juga akan lebih mudah mengatur database calon reseller. 

Baca Juga: 15+ Ide Produk Terlaris yang Bisa Anda Jual Secara Online

8. All You Can Eat (AYCE)

All You Can Eat atau AYCE juga merupakan makanan kekinian yang naik daun. Bisnis makanan ini menyediakan aneka daging, sayur dan seafood sebagai menu bebakaran. 

Kini resto AYCE makin menjamur. Masing-masing resto meraup keuntungan besar. Jika Anda ingin ikut menangkap peluang ini, Anda tak perlu khawatir soal modal.

Tak perlu lagi memikirkan biaya sewa gerai, peralatan dan lainnya. Sebab, Anda bisa fokus mempromosikan dan memasarkan layanan delivery AYCE online. Misalnya melalui Instagram.

Sebagai contoh, resto Pochajjang memposting kemasan khusus delivery online di Instagram. Untuk pengantarannya, resto ini bekerjasama dengan GoFood dan GrabFood. 

Jangan lupa membuat caption yang menarik agar postingan Anda menarik pembelian. Selengkapnya bisa Anda pelajari dalam artikel ini → Belajar Copywriting: Cara Lengkap Menjual dengan Tulisan

9. Cimol Keju Frozen

Ada satu lagi makanan kekinian sekaligus ide jualan makanan pedas buat Anda, yaitu cimol keju leleh frozen. Biasanya cimol keju frozen dikemas dengan bumbu serbuk pedas dan rasa lainnya. 

Makanan kekinian ini tengah meledak di pasaran. Penyebabnya, banyak influencer yang mengendorse makanan ini di instagramnya. Kok bisa?

Viralnya cimol keju frozen berawal dari influencer Fadil Jaidi yang membuat Cimol Keju Acas Nyemil. Melalui Instagramnya, Fadil menggandeng sesama influencer untuk mempromosikan produknya.

Sejak saat itu, banyak netizen yang terinspirasi menjual cimol keju leleh frozen. Tapi untuk membuat cimol buatan Anda viral, tak perlu jadi influencer juga kok. Promosikan produk Anda ke micro influencer Instagram.

Micro influencer memiliki followers kurang dari 10.000. Tapi, tingkat engagement promosinya bisa mencapai 82%

Setelah menggunakan strategi influencer, kombinasikan dengan menampilkan review positif. Caranya, kumpulkan review influencer dan letakkan di highlight stories instagram. 

Sebagai contoh, Cimol Keju Acas Nyemil menampilkan highlight stories dari banyak influencer. Stories itu berisi review positif tentang kualitas dan rasa cimol keju mereka. Tujuannya untuk meyakinkan calon pelanggan mereka. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing 2021

10. Soft Baked Cookies

Satu lagi makanan kekinian yang jadi hits sejak pandemi, yaitu soft baked cookies. Hingga kini, bisnis makanan yang tengah naik daun ini jadi salah satu usaha makanan paling laris. 

Sebenarnya soft baked cookies nampak seperti kue kering biasa. Tapi, bagian dalamnya bertekstur lembut. Biasanya berisi adonan saus cokelat atau vanilla. Sederhana, kan? Anda bisa kok membuatnya dengan mudah.

Nah, agar pelanggan yakin dengan produk Anda, gunakan strategi pemasaran Word of Mouth. Caranya dengan menampilkan IG stories berisi review dari pelanggan Anda. 

Jangan salah, strategi marketing satu ini tidak bisa diremehkan. Buktinya, 83% konsumen lebih percaya rekomendasi dari teman atau keluarganya dibanding iklan di media apapun.

Contohnya seperti yang dilakukan Koka Cookies, salah satu brand UMKM di Jogja. IG stories review pelanggan dikumpulkan jadi satu dalam highlight Customer Saying.

sumber: instagram @koka.cookies

Baca Juga: 10+ Ide Bisnis untuk Milenial dan Gen Z + Tips Cuan!

11. Salad Buah

Ingin mulai ide bisnis makanan sehat dengan modal minim? Anda bisa mencoba jualan salad buah delivery. Memulai bisnis ini, Anda cukup menyediakan stok buah segar, mayonais, dan keju parut.

Anda bisa memasarkannya di media sosial seperti instagram. Selain itu, Anda juga bisa membuat website sebagai sarana promosi tambahan. Tepatnya untuk menonjolkan keunikan produk.

Contohnya saja seperti Salad Buah Frezzteria. Frezzteria menangkap tren diet sehat. Jadi, deskripsi produknya menjelaskan kandungan bahan-bahan sehat. Misalnya, salad no mayonaise, yoghurt, dan madu.

Baca Juga: 7 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Jitu dan Menjual

Tak hanya itu saja. Dengan website Anda bisa membangun branding atau citra brand Anda. Sebagai contoh, Frezzteria membangun branding sebagai salad sehat dan peduli lingkungan.

Bagaimana caranya? Laman About Us Frezzteria berisi storytelling tentang ulasan soal bahaya kemasan plastik. Itu sebabnya, Frezzteria menggunakan kemasan foodgrade yang bisa didaur ulang. 

12. Dessert Box

Anda pandai membuat aneka kue basah? Misalnya brownies, tiramisu, hingga kue tart regal. 

Nah, coba kemas kue ke dalam kotak kaca atau plastik. Selamat! Anda berhasil membuat makanan kekinian bernama dessert box. 

Bisnis makanan ini bisa jadi ide jualan makanan rumahan yang menjanjikan lho. Asalkan, cara promosinya tepat. 

Selain di media sosial, Anda juga butuh promosi dan branding di website. Kenapa? Tujuannya, supaya website dessert box Anda muncul di hasil pencarian Google dan mendatangkan konversi pembelian. Bagaimana caranya?

Anda perlu membuat blog yang berisi konten seputar produk dan brand Anda.

Sebagai contoh, blog website Bittersweet By Najla berisi tulisan seputar produk baru. Misalnya, sejarah dari suatu kue basah dan bahan-bahan di dalamnya.

Tapi, sekadar menulis konten saja tak cukup. Anda perlu menggunakan strategi SEO untuk optimasi konten. Bagaimana penerapannya? Simak artikel ini → Belajar SEO Terbaru untuk Pemula

13. Bento Cake

Anda bisa membuat kue tart? Itu artinya, Anda bisa mulai ide bisnis makanan bento cake. Makanan kekinian satu ini sebenarnya adalah kue tart berukuran mini.

Desain dan ukuran bento cake dibuat berdasar permintaan pelanggan. Bento cake biasanya digunakan untuk hadiah ulang tahun atau ucapan selamat. Contohnya seperti di bawah ini.

sumber: instagram @lunchbox.cake

Bento cake lekat dengan makanan yang viral melalui instagram. Jadi, saat ini bento cake banyak dijual melalui Instagram.

Tapi, sebenarnya sudah cukup banyak yang menjual bento cake di Instagram. Oleh karena itu, Anda butuh strategi tepat untuk memenangkan persaingan.

Salah satu contohnya, Anda bisa melakukan optimasi feed Instagram. Misalnya, Anda membuat video tentang proses pembuatan bento cake di balik layar. 

Selain meningkatkan engagement, strategi itu juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Apalagi kalau Anda menampilkan proses pembuatan cake dengan bahan yang higienis dan berkualitas. 

Masih ada banyak strategi optimasi konten Instagram yang layak dicoba. Selengkapnya baca saja di artikel ini → Strategi Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba

14. Sambal Rumahan

Bicara soal target pasar di Indonesia, mayoritas tak bisa lepas dari sambal. Jadi, aneka sambal bisa jadi ide jualan makanan rumahan yang potensial. 

Sebagai contoh, brand lokal Nyambel Idn membuat aneka sambal Nusantara. Sambal kemudian dikemas dalam bentuk botol literan hingga botol kecil.

Salah satu strategi marketing yang digunakan adalah review di Instagram TV. Konten video itu berisi challenge review tebak rasa sambal. Dengan begitu, engagement seperti comment, like, dan impresi bisa lebih maksimal. 

15. Rice Box

Rice box sedang naik daun sebagai makanan kekinian. Alasannya, makin banyak orang sibuk yang butuh makan dengan praktis. Jadi, Anda bisa mulai coba ide bisnis makanan satu ini.

Soal masakan, Anda bebas menentukan. Tapi, tak ada salahnya membuat masakan yang sedang tren. Misalnya chicken salted egg atau chicken sambal matah.

Jika variasi menu Anda banyak, sebaiknya Anda mempromosikannya lewat website. Caranya dengan menampilkan brosur online di website. Contohnya seperti website Eatlah

Brosur online akan memudahkan pelanggan membandingkan dan menentukan pilihan menu. Sebab, daftar menu ditampilkan rinci lengkap dengan harganya. 

Strategi Promosi Bisnis Makanan yang Perlu Anda Coba!

Anda sudah menyimak ide bisnis makanan beserta strategi promosi onlinenya. Kesimpulannya, promosi bisnis makanan bisa dilakukan di berbagai channel.

Nah, Anda perlu menerapkan strategi promosi yang berbeda-beda pada tiap channel. Tujuannya agar konten promosi meraih banyak pelanggan sasaran. Agar lebih jelas, simak tabel di bawah ini. 

Channel PromosiCara Promosi
WebsiteMenampilkan menu di halaman khusus
Membuat blog seputar produk atau brand dengan optimasi SEO
Membuat halaman produk dengan deskripsi produk menjualMembuat halaman about us yang berisi storytelling tentang value brand dan produk Anda. Menampilkan review positif dari pelanggan melalui fitur comment atau halaman khusus review.
InstagramOptimasi konten dengan teknik copywriting dan hashtag.
Buat review dari influencer di IG TV Bekerjasama dengan influencer untuk membuat review
Mengumpulkan IG Stories pelanggan yang berisi review positif. Lalu letakkan di highlight stories.
Buat konten foto atau video behind the scene pembuatan makanan.
YouTubeBekerjasama dengan food vlogger untuk membuat review.
Buat konten video behind the scene pembuatan makanan.
Buat konten video challenge berhadiah voucher diskon produk Anda.

Anda bisa memilih satu channel untuk promosi bisnis makanan. Misalnya, menggunakan instagram atau YouTube saja. 

Tapi, akan lebih baik Anda menggabungkan media sosial dengan website. Dengan website, Anda lebih mudah membangun reputasi bisnis makanan online Anda. Jadi, bisnis Anda lebih meyakinkan buat calon pelanggan. 

Baca Juga: Tips Digital Marketing Paling Moncer untuk Bisnis Kuliner

Yuk Mulai Ide Bisnis Makanan Anda dengan Website!

Bisnis makanan punya potensi pendapatan yang besar. Banyak juga ide bisnis makanan yang bisa Anda coba. Mulai dari masakan rumahan, makanan kekinian, hingga makanan beku.

Asal mengeksekusi ide jualan makanan saja tak cukup. Agar bisa meraup keuntungan maksimal, strategi promosi yang digunakan harus tepat. Salah satunya adalah dengan membuat website toko online. 

Ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan website, yaitu:

  • Membangun reputasi bisnis
  • Media promosi
  • Menjaring konversi pembelian melalui peringkat hasil pencarian
  • Layanan penjualan produk 24 jam

Tertarik membangun website? Tenang, Anda tak perlu bingung lagi membangun website dari nol. Pakai saja jasa pembuatan website murah di Niagahoster! 

Dengan menggunakan jasa kami, Anda bebas memilih tema dan fitur website sesuai kebutuhan bisnis Anda. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan order dan menunggu aktivasi dari tim kami. Mudah, kan?

Tak hanya mudah, Anda akan dapat banyak fitur tambahan. Mulai dari notifikasi SMS dan Whatsapp, sistem hitung ongkir dan kode unik pembayaran hingga integrasi Facebook Pixel. 

Salsabila Annisa

SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Share
Published by
Salsabila Annisa

Recent Posts

Panduan Install Nginx SSL di Ubuntu 20.04

Anda ingin menginstall SSL pada VPS dengan web server Nginx? Inilah artikel yang tepat untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara…

8 hours ago

15+ Contoh Program Python Sederhana yang Bisa Anda Coba

Salah satu cara paling cepat untuk belajar Python adalah mencoba membuat program Python sendiri. Langkah ini bisa melatih kemampuan logika…

21 hours ago

Cara Membuat Linktree Gratis dengan Mudah [Terbaru]

Pernah melihat URL Linktree tersemat di bio beberapa akun Instagram atau toko online? Lalu, Anda ingin tahu cara membuat LinkTree…

2 days ago

Anda Pengguna WP Fastest Cache? Segera Update Agar Aman!

Gawat nih, tim security research dari Jetpack menemukan dua celah keamanan di plugin WP Fastest Cache. Hal itu bisa membuat…

3 days ago

Mengenal File Default .htaccess di CodeIgniter dan Cara Membuatnya

Pada website CodeIgniter, setiap file punya fungsi manfaatnya masing-masing, termasuk file default .htaccess. Bahkan, file tanpa ekstensi ini sangat vital…

4 days ago

Cara Membuat Website di WordPress (Tutorial Lengkap)

Membuat website sangatlah mudah. Apalagi jika Anda menggunakan platform yang tepat. Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap…

5 days ago