Apa yang Anda rasakan ketika mau memulai bisnis online?
Barangkali Anda merasa khawatir, bingung, atau frustrasi. Tenang, Anda tidak sendirian kok. Banyak orang yang merasakannya juga.
Bahkan orang-orang yang sudah memulai bisnis online pun terkadang masih khawatir dengan keberlangsungan bisnisnya.
Biasanya, perasaan tersebut muncul karena adanya ketidakpastian. Di pikiran Anda pun pasti muncul berbagai pertanyaan:
Agar peluang bisnis online Anda lebih besar untuk sukses di ranah digital, kami akan mengungkap empat tantangan bisnis online yang kerap muncul berdasarkan survei yang kami sebar pada sekelompok pebisnis online dari lintas industri.
Selain menggali setiap tantangan yang sering dihadapi pebisnis online, kita juga akan membahas cara mengatasinya.
Dengan begitu, Anda bisa lebih siap dan semakin percaya diri untuk memulai bisnis online.
Yuk kita mulai!
Saat belajar bisnis online, ada banyak tantangan yang berpotensi muncul.
Dan setiap ide bisnis online pun dipengaruhi banyak faktor. Mulai dari skala bisnis, persaingan, situasi industri, dan lain-lain.
Nah, di antara banyaknya tantangan bisnis online, survei kami menemukan empat tantangan yang paling sering dialami pebisnis online, yaitu:
Seperti yang Anda lihat, tantangan yang mereka hadapi bervariasi. Mulai dari masalah budget, hingga kendala teknis. Jika Anda sudah memulai bisnis online, mungkin Anda juga menghadapi masalah-masalah tersebut.
Lalu, bagaimana cara mengatasi seluruh masalah di atas? Yuk kita bahas satu per satu!
Sebagian besar pebisnis online (28,57%) menganggap keterbatasan budget sebagai masalah yang paling sering mereka hadapi. Mengapa ini bisa terjadi?
Biasanya, penyebab utamanya adalah hasil promosi yang belum sesuai ekspektasi dan budget pemasaran yang tidak mencukupi.
Apabila bisnis online Anda sedang mengalami keterbatasan budget, ada dua solusi yang bisa Anda coba:
Untuk mempermudah pemahaman, mari kita simak penjelasannya satu per satu!
Pertama, sebaiknya Anda menggunakan metode promosi yang gratis terlebih dahulu. Contohnya seperti SEO (Search Engine Optimization) dan social media marketing.
Metode tersebut bisa Anda praktikkan tanpa perlu mengeluarkan biaya sama sekali.
SEO adalah metode di mana Anda berusaha menaikkan peringkat website di mesin pencari. Semakin tinggi peringkat websitenya, tentu semakin banyak orang yang menemukan bisnis Anda, kan?
Sebetulnya, dasar dari SEO cukup sederhana kok. Anda hanya perlu membuat konten atau halaman website yang relevan dengan pencarian di Google.
Selain itu, Anda juga perlu membuat website Anda kredibel dan mudah ditemukan oleh Google.
Masih banyak hal lagi yang perlu dipahami tentang SEO. Jika Anda ingin belajar SEO lebih dalam, Anda bisa klik banner di bawah ini untuk mendownload ebook gratis berisi tips lengkap untuk memanfaatkan SEO:
Selain SEO, metode pemasaran lain yang gratis adalah social media marketing. Sesuai dengan namanya, ini adalah metode di mana Anda mempromosikan bisnis via media sosial.
Well, berhubung jumlah pengguna media sosial sangat banyak, platform ini sangat ideal untuk dijadikan saluran pemasaran. Karena Anda hanya perlu memposting konten yang tepat, untuk audiens yang tepat, di waktu yang tepat.
Apabila Anda ingin mempelajari social media marketing lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi artikel ini.
Dengan mengoptimalkan metode pemasaran online yang gratis, Anda tak perlu lagi khawatir dengan biaya.
Oke, itu solusi yang pertama. Lalu apa solusi yang kedua?
Solusi kedua-nya adalah memastikan efektivitas iklan Anda.
Mengapa demikian? Karena, iklan yang tidak efektif dapat merugikan bisnis Anda. Bayangkan jika iklan yang Anda tayangkan justru tampil di hadapan orang-orang yang tidak tertarik pada produk Anda sama sekali. Tentu pengeluaran iklan Anda jadi sia-sia, kan?
Itulah mengapa Anda perlu membuat iklan yang efektif. Karena, iklan yang efektif adalah iklan yang tepat sasaran. Sehingga, potensi untungnya lebih besar.
Lalu, bagaimana cara membuat kampanye iklan yang lebih efektif?
Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi sukses atau tidaknya suatu iklan. Salah satunya adalah memilih keyword yang tepat untuk iklan Anda. Karena iklan Anda akan muncul ketika pengguna Google mengetik keyword tertentu.
Baca juga: Tutorial Google AdWords (Google Ads) Lengkap untuk Pemula
Berikut adalah tips langsung dari Google tentang cara memilih keyword yang tepat saat beriklan. Sehingga, iklannya bisa lebih efektif dan tepat sasaran:
Masih banyak lagi cara untuk membuat iklan Anda semakin efektif. Anda dapat menemukannya di artikel kami yang membahas tentang 7+ tips beriklan di Google Ads.
Tantangan kedua yang kerap dihadapi para pebisnis online adalah kesulitan saat melakukan targeting konsumen (24,79%).
Di atas, kita sudah membahas bagaimana cara membuat iklan yang efektif dan tepat sasaran. Akan tetapi, masalah targeting tidak hanya berkaitan dengan iklan saja, tapi kampanye pemasaran online secara keseluruhan.
Secara tidak langsung, masalah ini masih nyambung dengan masalah keterbatasan budget. Sebab, kampanye pemasaran yang tidak tepat sasaran tentu akan menambah pengeluaran bisnis, kan?
Jadi, apa yang perlu dilakukan agar kampanye pemasaran Anda mampu menjangkau target konsumen? Berikut langkah-langkahnya:
Intinya, untuk menjangkau target konsumen, Anda harus paham terlebih dahulu siapa target konsumen Anda.
Apa permasalahan mereka? Apa solusi yang mereka inginkan? Dan platform apa yang sering mereka kunjungi?
Setelah mampu menjawab seluruh pertanyaan tersebut, yang perlu Anda lakukan tinggal menyesuaikan nilai bisnis Anda dengan minat target konsumen.
Baca juga: Pentingnya Kenali Target Pasar untuk Bisnis Anda!
23,11% pebisnis online mengaku bahwa banyak dari mereka yang belum siap untuk menjalankan pemasaran online. Kok bisa?
Hal ini wajar, karena sebelum memulai pemasaran online, pasti ada banyak hal yang dipertimbangkan. Mulai dari cara praktiknya, manfaatnya, dan juga risikonya.
Nah, dengan banyaknya pertimbangan, seringkali pebisnis jadi merasa belum siap untuk mulai beralih ke online.
Jadi, apa yang mesti dilakukan agar pebisnis lebih siap untuk menjalankan pemasaran online?
Kuncinya ada dua, yaitu belajar dan berlatih. Keduanya mesti dijalankan secara berurutan. Sebagai awalan, pebisnis perlu mencari tempat untuk belajar pemasaran online.
Salah satu tempat terbaik untuk belajar digital marketing adalah Niagahoster Course, yaitu platform e-learning gratis dengan berbagai kursus menarik, seperti SEO untuk pemula dan Facebook Ads untuk pemula.
Materinya lengkap, cara daftarnya gampang, dan yang terpenting, Anda dapat mengaksesnya secara cuma-cuma! Tertarik untuk belajar di Niagahoster Course? Klik di sini untuk mendaftar.
Selain Niagahoster Course, Niagahoster juga menyediakan berbagai artikel berisi wawasan digital marketing terbaru di blog Niagahoster, seperti yang sedang Anda baca sekarang ini.
Masih belum cukup? Anda juga bisa mendownload ebook gratis tentang bisnis online dan digital marketing di halaman ebook Niagahoster. Salah satunya ebook panduan lengkap digital marketing yang bisa Anda dapatkan dengan mengklik banner di bawah ini:
Nah, setelah mendapat seluruh wawasan tersebut, pasti Anda akan lebih siap untuk melangkah ke dunia digital, kan?
Latihlah skill Anda dengan langsung mempraktikkan ilmunya. Tak usah jauh-jauh, mulailah dengan membuat akun media sosial dan membangun website untuk bisnis Anda.
Kemudian, Anda bisa langsung menjalankan praktik pemasaran online yang telah Anda pelajari. Mulai dari SEO, SEM, social media marketing, hingga email marketing.
Baca Juga: Bisnis Online vs Bisnis Offline
Terakhir, masalah lain yang sering dihadapi oleh pebisnis online adalah kendala teknis mendadak (21,01%).
Sekilas, masalah ini memang terdengar seperti masalah yang berada di luar kendali pebisnis. Karena, siapa yang bisa menebak kapan kendala teknis bisa terjadi?
Walau demikian, Anda masih bisa mencegah masalah ini kok. Tapi, tentunya kita harus lihat dulu apa kendala teknis yang sering dialami. Berikut daftarnya:
Untuk masalah yang pertama, Anda harus tahu penyebab mengapa akun media sosial bisa terkena suspend. Berikut adalah beberapa alasannya:
Jika Anda menghindari seluruh masalah di atas, akun media sosial bisnis Anda dijamin tak akan disuspend.
Lalu, bagaimana dengan kendala teknis di website?
Ada satu cara ampuh agar website bisnis Anda terhindar dari berbagai kendala teknis, yaitu memilih layanan hosting terbaik.
Mengapa demikian? Karena, hosting dapat mempengaruhi performa website. Mulai dari stabilitas server, kecepatan website, hingga keamanannya juga.
Oleh karena itu, pastikan Anda memilih hosting terbaik untuk website Anda. Berikut adalah kriteria yang perlu Anda perhatikan saat memilih hosting:
Mungkin Anda sedang bertanya-tanya. Di mana Anda bisa menemukan layanan hosting yang memenuhi seluruh kriteria tersebut?
Tak usah jauh-jauh, Anda bisa mendapatkan semuanya di Niagahoster! Ingin tahu buktinya? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati di Niagahoster:
Dengan lengkapnya solusi yang ditawarkan, website Anda tentu akan semakin terhindar dari kendala teknis. Jadi, pastikan Anda tak salah pilih hosting, ya!
Selain memilih hosting yang tepat, Anda juga dapat mencegah kendala teknis dengan cara mempelajari berbagai tips untuk membuat website Anda lebih cepat dan aman.
Untuk itu, Niagahoster menyediakan ebook gratis yang berisi tips-tips ampuh untuk meningkatkan performa dan mengamankan website. Yuk klik banner di bawah untuk mengunduh ebooknya!
Baca juga: Ingin Website Anda Online 24 Jam? Perhatikan Uptime-nya!
Oke, sekarang Anda sudah tahu berbagai tantangan bisnis online serta cara mengatasinya. Mari kita rekap satu per satu:
Nah, apakah sekarang Anda sudah siap untuk beralih ke online? Bagus! Karena, Niagahoster siap mendampingi Anda untuk meraih sukses di ranah digital.
Mulailah dengan membangun website berkualitas untuk bisnis Anda. Tertarik? Yuk klik tombol di bawah:
Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!
Anda mencoba mengakses website dengan domain utama, tapi hanya muncul daftar direktori Index of/? Itu berarti Anda perlu memindahkan website…
Bagaimana cara kerja VPS sebenarnya? Di artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana VPS bekerja serta kelebihan dan kekurangan VPS hosting.
UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!
Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…
Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!
Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain. Dengan…