Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Inilah 4 Tantangan Bisnis Online yang Perlu Anda Waspadai + Solusinya!

7 min read

inilah 4 tantangan bisnis online yang perlu anda waspadai dan solusinya

Apa yang Anda rasakan ketika mau memulai bisnis online?

Barangkali Anda merasa khawatir, bingung, atau frustrasi. Tenang, Anda tidak sendirian kok. Banyak orang yang merasakannya juga. 

Bahkan orang-orang yang sudah memulai bisnis online pun terkadang masih khawatir dengan keberlangsungan bisnisnya.

Biasanya, perasaan tersebut muncul karena adanya ketidakpastian. Di pikiran Anda pun pasti muncul berbagai pertanyaan:

  • Apakah bisnis online Anda bisa berjalan dengan mulus? 
  • Tantangan apa saja sih yang akan Anda hadapi? 
  • Apa platform terbaik untuk bisnis Anda?
  • Bagaimana cara melakukan pemasaran online?
ilustrasi orang mikir saat menghadapi tantangan bisnis online

Agar bisnis Anda berpeluang lebih besar untuk sukses di ranah digital, kami akan mengungkap empat tantangan bisnis online yang kerap muncul berdasarkan survei yang kami sebar pada sekelompok pebisnis online dari lintas industri.   

Selain menggali setiap tantangan yang sering dihadapi pebisnis online, kita juga akan membahas cara mengatasinya. 

Dengan begitu, Anda bisa lebih siap dan semakin percaya diri untuk memulai bisnis online.

Yuk kita mulai!

4 Tantangan Bisnis Online yang Wajib Diwaspadai dan Solusinya

Saat menjalankan bisnis online, ada banyak tantangan yang berpotensi muncul. 

Dan setiap tantangan bisnis online pun dipengaruhi banyak faktor. Mulai dari skala bisnis, persaingan, situasi industri, dan lain-lain.

Nah, di antara banyaknya tantangan bisnis online, survei kami menemukan empat tantangan yang paling sering dialami pebisnis online, yaitu:

tantangan bisnis online yang sering dihadapi pebisnis

Seperti yang Anda lihat, tantangan yang mereka hadapi bervariasi. Mulai dari masalah budget, hingga kendala teknis. Jika Anda sudah memulai bisnis online, mungkin Anda juga menghadapi masalah-masalah tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengatasi seluruh masalah di atas? Yuk kita bahas satu per satu!

1. Keterbatasan Budget untuk Promosi Online

Sebagian besar pebisnis online (28,57%) menganggap keterbatasan budget sebagai masalah yang paling sering mereka hadapi. Mengapa ini bisa terjadi?

Biasanya, penyebab utamanya adalah hasil promosi yang belum sesuai ekspektasi dan budget pemasaran yang tidak mencukupi.

Apabila bisnis online Anda sedang mengalami keterbatasan budget, ada dua solusi yang bisa Anda coba:

  1. Melakukan promosi tanpa biaya
  2. Membuat iklan yang lebih efektif

Untuk mempermudah pemahaman, mari kita simak penjelasannya satu per satu!

Melakukan Promosi Tanpa Biaya

Pertama, sebaiknya Anda menggunakan metode promosi yang gratis terlebih dahulu. Contohnya seperti SEO (Search Engine Optimization) dan social media marketing

Metode tersebut bisa Anda praktikkan tanpa perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

SEO adalah metode di mana Anda berusaha menaikkan peringkat website di mesin pencari. Semakin tinggi peringkat websitenya, tentu semakin banyak orang yang menemukan bisnis Anda, kan?

meme serp google spongebob

Sebetulnya, dasar dari SEO cukup sederhana kok. Anda hanya perlu membuat konten atau halaman website yang relevan dengan pencarian di Google. 

Selain itu, Anda juga perlu membuat website Anda kredibel dan mudah ditemukan oleh Google.

Masih banyak hal lagi yang perlu dipahami tentang SEO. Jika Anda ingin belajar lebih dalam, Anda bisa mengunjungi artikel ini. Atau, Anda juga bisa klik banner di bawah ini untuk mendownload ebook gratis berisi tips lengkap untuk memanfaatkan SEO:

banner ebook tips meroketkan ranking website di google

Selain SEO, metode pemasaran lain yang gratis adalah social media marketing. Sesuai dengan namanya, ini adalah metode di mana Anda mempromosikan bisnis via media sosial.

Well, berhubung jumlah pengguna media sosial sangat banyak, platform ini sangat ideal untuk dijadikan saluran pemasaran. Karena Anda hanya perlu memposting konten yang tepat, untuk audiens yang tepat, di waktu yang tepat.

contoh postingan instagram niagahoster

Apabila Anda ingin mempelajari social media marketing lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi artikel ini.

Dengan mengoptimalkan metode pemasaran online yang gratis, Anda tak perlu lagi khawatir dengan biaya.

Oke, itu solusi yang pertama. Lalu apa solusi yang kedua?

Membuat Iklan yang Lebih Efektif

Solusi kedua-nya adalah memastikan efektivitas iklan Anda

Mengapa demikian? Karena, iklan yang tidak efektif dapat merugikan bisnis Anda. Bayangkan jika iklan yang Anda tayangkan justru tampil di hadapan orang-orang yang tidak tertarik pada produk Anda sama sekali. Tentu pengeluaran iklan Anda jadi sia-sia, kan?

Itulah mengapa Anda perlu membuat iklan yang efektif. Karena, iklan yang efektif adalah iklan yang tepat sasaran. Sehingga, potensi untungnya lebih besar.

ilustrasi sukses membuat iklan yang efektif

Lalu, bagaimana cara membuat kampanye iklan yang lebih efektif?

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi sukses atau tidaknya suatu iklan. Salah satunya adalah memilih keyword yang tepat untuk iklan Anda. Karena iklan Anda akan muncul ketika pengguna Google mengetik keyword tertentu.

Baca juga: Tutorial Google AdWords (Google Ads) Lengkap untuk Pemula

Berikut adalah tips langsung dari Google tentang cara memilih keyword yang tepat saat beriklan. Sehingga, iklannya bisa lebih efektif dan tepat sasaran:

  1. Pastikan keyword yang Anda gunakan sesuai dengan tujuan bisnis – Contohnya, jika produk Anda adalah baju, pilih keyword yang relevan seperti “toko baju terdekat”, “beli baju lebaran”, dan sejenisnya,
  2. Gunakan keyword yang bervariasi – Jangan hanya terpaku pada keyword yang mengarah langsung ke pembelian. Carilah keyword lain yang masih relevan dengan target konsumen seperti “rekomendasi baju lebaran”, “tren baju terbaru”, dan sejenisnya.
  3. Aktifkan Dynamic Search Ads (DSA)  –  DSA secara otomatis akan menargetkan keyword yang relevan dengan konten website Anda. Jadi, proses targeting iklan bisa menjadi lebih singkat dan efisien. DSA dapat diaktifkan saat membuat iklan di Google Ads.
  4. Tingkatkan Ad Rank – Ad rank adalah peringkat di kolom iklan Google. Semakin tinggi ad rank, semakin tinggi pula kemungkinan iklannya muncul di hasil pencarian. Dua faktor utama yang mempengaruhi ad rank adalah jumlah bid dan kualitas iklannya.
  5. Manfaatkan negative keyword – Dengan memasang negative keyword, iklan Anda tidak akan muncul pada keyword-keyword tertentu. Sehingga, Anda dapat memastikan bahwa iklannya hanya muncul pada keyword yang benar-benar relevan.

Masih banyak lagi cara untuk membuat iklan Anda semakin efektif. Anda dapat menemukannya di artikel kami yang membahas tentang 7+ tips beriklan di Google Ads.

2. Kesulitan saat Melakukan Targeting Konsumen

Tantangan kedua yang kerap dihadapi para pebisnis online adalah kesulitan saat melakukan targeting konsumen (24,79%). 

Di atas, kita sudah membahas bagaimana cara membuat iklan yang efektif dan tepat sasaran. Akan tetapi, masalah targeting tidak hanya berkaitan dengan iklan saja, tapi kampanye pemasaran online secara keseluruhan.

Secara tidak langsung, masalah ini masih nyambung dengan masalah keterbatasan budget. Sebab, kampanye pemasaran yang tidak tepat sasaran tentu akan menambah pengeluaran bisnis, kan?

ilustrasi anggaran tekor gara-gara tantangan bisnis online

Jadi, apa yang perlu dilakukan agar kampanye pemasaran Anda mampu menjangkau target konsumen? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Lakukan survei konsumen – Anda bisa menyebar kuesioner atau melakukan interview untuk mengetahui permasalahan target konsumen serta mengenal mereka lebih dalam. Sehingga, Anda bisa tahu cara menarik hati mereka.
  2. Tetapkan nilai produk Anda –  Setelah mengetahui masalah yang dihadapi konsumen, Anda tinggal mencocokkannya dengan manfaat yang produk Anda tawarkan. Pastikan produk Anda mampu menjadi solusi atas permasalahan mereka. Selain itu, pastikan tiap produk menyasar pada kelompok konsumen tertentu. Contohnya, Anda bisa menawarkan dua paket produk untuk dua segmen konsumen yang berbeda.
  3. Buat konten yang relevan dengan target konsumen – Cara termudah untuk menarik perhatian target konsumen adalah membuat konten yang relevan dengan minat mereka. Baik berupa artikel blog, video YouTube, atau postingan di media sosial.
  4. Buat Targeted Ads – Saat membuat iklan di Google atau Facebook, Anda dapat menentukan karakteristik pengunjung yang akan melihat iklannya. Nah, pastikan karakteristiknya sesuai dengan target konsumen Anda. Dan karakteristik yang dipasang pun jangan sampai terlalu luas, buatlah yang spesifik. Karena, semakin spesifik karakteristik yang dipasang, semakin akurat targeting iklannya. 
  5. Lakukan Influencer Marketing – Carilah influencer yang karakteristik followersnya sama dengan target konsumen Anda. Lalu, promosikan bisnis Anda via influencer tersebut. Sehingga Anda bisa langsung menjangkau target konsumen Anda. Gunakan platform seperti Sociabuzz dan Hiip untuk menemukan influencer yang cocok dengan bisnis Anda.
  6. Lakukan Email Marketing – Ajaklah target konsumen untuk berlangganan email bisnis Anda. Sehingga, Anda bisa lebih mudah berinteraksi dengan mereka.

Intinya, untuk menjangkau target konsumen, Anda harus paham terlebih dahulu siapa target konsumen Anda. 

Apa permasalahan mereka? Apa solusi yang mereka inginkan? Dan platform apa yang sering mereka kunjungi?

Setelah mampu menjawab seluruh pertanyaan tersebut, yang perlu Anda lakukan tinggal menyesuaikan nilai bisnis Anda dengan minat target konsumen.

Baca juga: Pentingnya Kenali Target Pasar untuk Bisnis Anda!

3. Belum Siap untuk Menjalankan Pemasaran Online

23,11% pebisnis online mengaku bahwa banyak dari mereka yang belum siap untuk menjalankan pemasaran online. Kok bisa?

Hal ini wajar, karena sebelum memulai pemasaran online, pasti ada banyak hal yang dipertimbangkan. Mulai dari cara praktiknya, manfaatnya, dan juga risikonya.

Nah, dengan banyaknya pertimbangan, seringkali pebisnis jadi merasa belum siap untuk mulai beralih ke online.

Jadi, apa yang mesti dilakukan agar pebisnis lebih siap untuk menjalankan pemasaran online?

Kuncinya ada dua, yaitu belajar dan berlatih. Keduanya mesti dijalankan secara berurutan. Sebagai awalan, pebisnis perlu mencari tempat untuk belajar pemasaran online.

Salah satu tempat terbaik untuk belajar digital marketing adalah Niagahoster Course, yaitu platform e-learning gratis dengan berbagai kursus menarik, seperti SEO untuk pemula dan Facebook Ads untuk pemula.

materi niagahoster course

Materinya lengkap, cara daftarnya gampang, dan yang terpenting, Anda dapat mengaksesnya secara cuma-cuma! Tertarik untuk belajar di Niagahoster Course? Klik di sini untuk mendaftar.

Selain Niagahoster Course, Niagahoster juga menyediakan berbagai artikel berisi wawasan digital marketing terbaru di blog Niagahoster, seperti yang sedang Anda baca sekarang ini.

Masih belum cukup? Anda juga bisa mendownload ebook gratis tentang bisnis online dan digital marketing di halaman ebook Niagahoster. Salah satunya ebook panduan lengkap digital marketing yang bisa Anda dapatkan dengan mengklik banner di bawah ini:

banner ebook panduan digital marketing untuk menghadapi tantangan bisnis online

Nah, setelah mendapat seluruh wawasan tersebut, pasti Anda akan lebih siap untuk melangkah ke dunia digital, kan?

Latihlah skill Anda dengan langsung mempraktikkan ilmunya. Tak usah jauh-jauh, mulailah dengan membuat akun media sosial dan membangun website untuk bisnis Anda.

Kemudian, Anda bisa langsung menjalankan praktik pemasaran online yang telah Anda pelajari. Mulai dari SEO, SEM, social media marketing, hingga email marketing.

4. Kendala Teknis Mendadak

Terakhir, masalah lain yang sering dihadapi oleh pebisnis online adalah kendala teknis mendadak (21,01%).

Sekilas, masalah ini memang terdengar seperti masalah yang berada di luar kendali pebisnis. Karena, siapa yang bisa menebak kapan kendala teknis bisa terjadi?

ilustrasi panik karena website error

Walau demikian, Anda masih bisa mencegah masalah ini kok. Tapi, tentunya kita harus lihat dulu apa kendala teknis yang sering dialami. Berikut daftarnya:

  1. Akun media sosial terkena suspend.
  2. Website tak dapat diakses karena server offline.
  3. Kecepatan website lambat.
  4. Website error karena terkena serangan hack.

Cara Mencegah Akun Media Sosial yang Terkena Suspend

Untuk masalah yang pertama, Anda harus tahu penyebab mengapa akun media sosial bisa terkena suspend. Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Melakukan like dan follow secara massal – Menjadi aktif itu bagus, tapi jangan sampai terlalu agresif. Hindari like dan follow secara berlebihan, karena itu akan melanggar peraturan platform. Contohnya, di Instagram, jumlah like yang normal adalah 60 like per jam.
  • Memposting konten secara berlebihan – Sama seperti like dan follow, pastikan Anda juga tidak merilis konten tanpa batasan. Contohnya, berdasarkan peraturan Facebook, jumlah konten yang lazim per hari adalah 25 konten.
  • Melanggar aturan platform – Contohnya seperti menjiplak konten dan melanggar hak cipta.
  • Dilaporkan oleh pengguna platform – Hindari konten-konten yang kontroversial agar tidak mengganggu kenyamanan followers atau pengguna platform lainnya.

Jika Anda menghindari seluruh masalah di atas, akun media sosial bisnis Anda dijamin tak akan disuspend.

Lalu, bagaimana dengan kendala teknis di website?

Cara Mengatasi Kendala Teknis di Website (Offline, Lambat, atau Terserang Hack)

Ada satu cara ampuh agar website bisnis Anda terhindar dari berbagai kendala teknis, yaitu memilih layanan hosting terbaik.

Mengapa demikian? Karena, hosting dapat mempengaruhi performa website. Mulai dari stabilitas server, kecepatan website, hingga keamanannya juga.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih hosting terbaik untuk website Anda. Berikut adalah kriteria yang perlu Anda perhatikan saat memilih hosting:

  1. Tingkat uptime di atas 99.9%. Sehingga, kemungkinan websitenya down sangat kecil.
  2. Fitur kecepatan yang lengkap. Mulai dari web server hingga fitur-fitur pelengkapnya harus bisa mengoptimasi kecepatan website Anda.
  3. Sistem keamanan terbaru. Dengan sistem keamanan yang canggih, website Anda dapat terhindar dari berbagai ancaman siber.
  4. Tim support yang andal. Pastikan penyedia hosting memiliki tim support tim yang dapat Anda hubungi 24/7. Selain itu, akan lebih baik lagi jika tim support mampu memberikan solusi secara cepat dan ramah.

Mungkin Anda sedang bertanya-tanya. Di mana Anda bisa menemukan layanan hosting yang memenuhi seluruh kriteria tersebut?

Tak usah jauh-jauh, Anda bisa mendapatkan semuanya di Niagahoster! Ingin tahu buktinya? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati di Niagahoster:

  1. Tingkat uptime di atas 99.9%. Berkat dukungan green data center tier-4 berstandar internasional, uptime rate Niagahoster berada di angka 99.91%. Sehingga website Anda dijamin online 24 jam.
  2. Fitur kecepatan yang lengkap. Website Anda akan didukung LiteSpeed web server, yaitu web server tercepat di dunia. Selain itu, ada fitur lain yang dapat mendongkrak kecepatan website Anda, seperti LiteSpeed Memcached dan Full Enterprise SSD.
  3. Sistem keamanan terbaru. Anda dapat mencegah ancaman siber dengan adanya fitur keamanan seperti Imunify360, proteksi DDoS, dan juga SSL gratis selamanya.
  4. Tim support yang andal. Niagahoster menyediakan tim support yang dapat dihubungi 24/7 melalui live chat, email, dan telepon.

Dengan lengkapnya solusi yang ditawarkan, website Anda tentu akan semakin terhindar dari kendala teknis. Jadi, pastikan Anda tak salah pilih hosting, ya!

Selain memilih hosting yang tepat, Anda juga dapat mencegah kendala teknis dengan cara mempelajari berbagai tips untuk membuat website Anda lebih cepat dan aman

Untuk itu, Niagahoster menyediakan ebook gratis yang berisi tips-tips ampuh untuk meningkatkan performa dan mengamankan website. Yuk klik banner di bawah untuk mengunduh ebooknya!

ebook mengamankan website wordpress untuk mengatasi tantangan bisnis online
ebook membuat wordpress super cepat untuk menghadapi tantangan bisnis online

Baca juga: Ingin Website Anda Online 24 Jam? Perhatikan Uptime-nya!

Hadapi Tantangan Bisnis Online dengan Website Berkualitas di Niagahoster!

Oke, sekarang Anda sudah tahu berbagai tantangan bisnis online serta cara mengatasinya. Mari kita rekap satu per satu:

infografis tantangan bisnis

Nah, apakah sekarang Anda sudah siap untuk beralih ke online? Bagus! Karena, Niagahoster siap mendampingi Anda untuk meraih sukses di ranah digital. 

Mulailah dengan membangun website berkualitas untuk bisnis Anda. Tertarik? Yuk klik tombol di bawah:

Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.