Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Uwitan: Bisnis Furnitur yang Sukses Besar dengan Go Digital

10 min read

Featured Image Uwitan Bisnis Furnitur yang Sukses Besar dengan Go Digital

Zaman sekarang, semua produk bisa dipasarkan lewat internet. Namun, tak semua jenis produk mudah mendapatkan pembeli secara online. Salah satunya adalah furnitur. Kenapa demikian?

Sebab, sebagian besar pembeli ingin melihat produk furnitur secara langsung agar tahu kualitas aslinya. Selain itu, resiko barang rusak di tengah jalan juga besar jika pengirimannya jarak jauh.

Hal itulah yang sering menghalangi orang-orang berbelanja furnitur online. 

Tantangan tersebut juga dihadapi Uwitan, salah satu bisnis furnitur terbesar di Jogja.

Namun, bagaimana Uwitan bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang? Apa senjata rahasia mereka yang bisa melibas para kompetitor? 

Pasti penasaran dengan cerita Uwitan, kan? Yuk, simak kisah lengkapnya di bawah ini.

Berawal dari Garasi Mobil di Rumah Kontrakan

Kisah Uwitan dimulai pada tahun 2015. Saat itu, Aji —owner Uwitan— ditawari beberapa furnitur untuk dijual kembali oleh sebuah pabrik yang kelebihan stok ekspor. 

Tanpa pikir panjang, Aji mengambil kesempatan emas tersebut. Padahal, ia tidak punya toko atau tempat untuk usaha. Maka, Aji terpaksa memanfaatkan garasi mobil di rumah kontrakannya menjadi showroom resmi pertama Uwitan. 

Nama “Uwitan” sendiri dipilih sebagai nama bisnis karena punya arti khusus. 

“Berangkat dari “Uwit” yang berarti pohon dalam bahasa Jawa. Jadi, kita lebih mengutamakan produk-produk dari kayu atau pepohonan.”, ujar Habib, pengelola Uwitan.

Uwitan memang fokus pada bisnis furnitur dari kayu. Mulai dari rotan, pinus, sampai mahoni. Bukan kayu sembarangan yang digunakan lho. Melainkan kayu solid berkualitas yang sudah bersertifikat Indonesian Legal Wood

Sayangnya, berjualan furnitur di garasi rumah memang tidaklah ideal. Bagaimana mungkin Aji menarik pembeli datang ke garasinya? Selain tempatnya sempit, lokasi rumah kontrakannya juga bukan di pinggir jalan besar seperti toko furniture pada umumnya.

Tantangan itulah yang memaksa Aji berpikir out of the box: berjualan furnitur online!

Sebenarnya, berjualan furnitur online tergolong langkah anti-mainstream saat itu. Sebab, pembeli masih lebih percaya dengan datang ke toko. Alasannya, selain ingin melihat produknya secara langsung, tentu ada rasa was-was kalau barangnya rusak saat dikirim dari luar kota.

Tidak hanya itu. Dari segi pemasaran pun, Aji tidak ingin mengandalkan iklan dari brosur, baliho, ataupun radio. Senjata promosi yang diandalkannya adalah Instagram.

Langkah berani dan strategi ini terbukti mengantarkan kesuksesan Uwitan saat ini. Lalu, apa rahasia suksesnya ya?

Baca juga: Strategi Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba di 2020 [Terlengkap]

Kunci Keberhasilan Uwitan: Memberikan Nilai Unik Produk

Kenapa Uwitan kebanjiran order dari Sabang sampai Merauke? Apakah karena harganya murah meriah? Atau karena rajin sebar promo? 

Tidak, bukan itu alasannya.

Sebagai sebuah bisnis, Uwitan punya Unique Selling Point (USP) alias nilai unik produk yang tak dimiliki kompetitornya. Hal inilah membuat bisnis Uwitan bisa berjaya hingga saat ini.

Lalu, apa saja unique selling point Uwitan?

  • Semua produk Uwitan itu unik. Selain dari kualitas yang terjamin karena terbuat dari kayu solid, desainnya dan menarik. Tidak hanya itu, beberapa furniturnya juga multifungsi. Contohnya, meja rias yang kalau kacanya ditutup akan jadi meja kerja.
  • Uwitan memiliki kebijakan garansi produk yang baik. Jika produk yang diterima pembeli cacat atau ada kerusakan, Uwitan akan mengirimkan furnitur baru bebas ongkos kirim. Kebijakan ini tentu saja membuat pengunjung bisa tidur nyenyak kalau furnitur yang sudah dibeli mahal-mahal ternyata rusak.
  • Uwitan jeli melihat market gap akan produk furnitur minimalis. Produk mereka berhasil mengisi kekosongan pasar untuk target pasar orang muda yang suka pindah barang-barang atau keluarga yang tinggal di rumah minimalis. 

Umumnya, furnitur kayu itu ukurannya besar, berat, dan susah dipindah-pindah. Nah, desain minimalis dan ringan Uwitan mendobrak semua asumsi tersebut.

Pembeli furnitur Uwitan bisa dengan mudah menata ulang ruangannya tanpa kesulitan berarti. Jadi, benar-benar membantu jika ada acara di rumah atau saat lebaran dan ingin tampilan ruangan yang “baru.”

Baca juga: Pentingnya Kenali Target Pasar untuk Bisnis Anda!

Itulah kenapa Uwitan menonjolkan unique selling point mereka untuk menarik konsumen. Coba kalau Uwitan tak punya USP? Tentu akan sulit untuk bersaing dengan kompetitor yang lebih mapan.

Upaya Marketing yang Super Duper Komplit

Keunggulan produk Uwitan merupakan modal besar untuk mencapai kesuksesan usaha. Namun, apakah cuma itu saja?

Tentu tidak. Salah satu hal yang perlu dipelajari dari Uwitan adalah upaya marketing berbagai channel yang mereka lakukan. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, upaya promosinya memang dimulai dari Instagram. Dan sampai sekarang pun, Instagram masih menjadi channel digital marketing tersukses Uwitan. 

Namun, Uwitan tidak berhenti disitu dan berani melebarkan sayapnya ke strategi marketing yang lainnya. Mulai dari ikut event offline, Facebook marketing, Twitter marketing, menguatkan identitas online lewat website, mengisi blog, bahkan sampai menjajal TikTok. 

Berikut kami jabarkan dengan lengkap beberapa strategi marketing Uwitan:

1. Mengikuti Event Offline

Di tahun 2016, Uwitan mengikuti Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY). Tak disangka, ternyata para pengunjung sangat terkesan dengan furnitur yang mereka pamerkan. 

Efeknya, Uwitan menjadi “viral” dan order pembelian meledak setelah FKY. Bahkan, tak hanya dari Jogja, tapi juga order luar kota dan luar provinsi. 

Alhasil, garasi mereka tak mampu lagi menampung semua order yang terus berdatangan. Hingga akhirnya, sudah saatnya mengucapkan selamat tinggal dan pindah ke tempat yang lebih besar. 

Untungnya, tak butuh waktu lama bagi Aji untuk menemukan showroom yang bagus. Bahkan saking bagusnya, Uwitan masih menggunakan showroom tersebut hingga sekarang.

Nah, apa yang dilakukan Uwitan ini bisa menjadi tips buat Anda.

Sebuah event offline bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan koneksi di industri Anda yang tentunya akan berguna di masa depan.

2. Instagram

Awalnya jadwal posting Uwitan di Instagram masih berantakan dan tidak rutin.

Untungnya, Aji saat itu sudah menerapkan strategi Instagram marketing dengan cukup baik. Ia selalu memposting foto furniturnya dengan caption menarik dan hashtag yang relevan. Jadi, orang-orang tak kesulitan menemukan hal-hal berbau Uwitan lewat hashtag tersebut.

Setelah pindah showroom, Uwitan mendapatkan tempat untuk foto produk yang lebih bagus. Hal inilah yang kemudian mendorong mereka semakin rajin posting di Instagram dengan jadwal yang rutin. 

Baca juga: 7 Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis untuk Mendongkrak Penjualan

Namun seiring perkembangan waktu, Uwitan sadar kalau visual produk saja masih kurang. Harus ada konten yang memang bermanfaat dan menambah pengetahuan para followers.

Maka dari itu, Uwitan juga melakukan posting konten edukasi tentang self improvement, cuplikan webinar Uwitan Talk, hingga info promosi yang sedang berjalan.

Langkah tersebut disambut baik oleh calon pembelinya dan berhasil meroketkan followers-nya hingga 245 ribu hingga saat ini!

3. Facebook

Seperti halnya di Instagram, Uwitan juga posting foto produk di Facebook. Tak cuma foto, ada juga berbagai video pendek yang ditampilkan.

Video Uwitan di akun Facebook berisi tentang kegiatan sehari-hari yang bisa dilakukan dengan berbagai produknya. Jadi, calon pembeli bisa punya bayangan bagaimana tampilan ruangannya nanti dengan furnitur tersebut.

Selain itu, ada juga video kisah belakang layar pembuatan furnitur Uwitan. Para calon pembeli tentu jadi tahu bahwa produk Uwitan dibuat dengan bahan terbaik dan cara yang tepat. Tak heran, produk yang dihasilkan nyaman digunakan dan menarik.

Contoh postingan Uwitan di Facebook

Uwitan juga rajin memposting konten edukasi yang mengarah ke blognya. Sebab, informasi yang diberikan di blog jauh lebih lengkap. Hal ini bagaikan menyelam minum air. Jadi, selain memberikan informasi yang bermanfaat, Uwitan juga akan mendapatkan trafik tambahan ke blognya.

Baca juga: Panduan Facebook Marketing Lengkap Bagi Bisnis Anda

4. Twitter

Twitter marketing Uwitan terbilang cukup unik. Sebab, berbeda dari Instagram dan Facebook yang terkesan “rapi dan serius,” akun Twitter Uwitan menggunakan pendekatan yang lebih santai dan apa adanya. 

Fokusnya tetap sama yaitu foto-foto produk. Namun, Uwitan sering menggunakan caption lucu terkait kehidupan sehari-sehari. Bagusnya, caption yang ditulis tidak asal-asalan, lho! 

Baca juga: Strategi Jitu Memulai Twitter Marketing

Selain itu, Uwitan juga sering nge-tweet tentang tips-tips singkat meningkatkan kualitas hidup. Mulai dari cara mengatur keuangan hingga tips hidup minimalis. Jadi, walaupun ada humor, tapi Uwitan juga tak melupakan konten yang bermanfaat untuk followers.

5. TikTok

Ternyata, Uwitan juga menerapkan digital marketing di media sosial yang sedang ngehits akhir-akhir ini, yaitu TikTok. Sebuah platform media sosial terbesar keenam di dunia dengan 800 juta pengguna aktif.

“Kalau anak-anak muda TikTok buat hiburan, Uwitan buat kolab bisnis,” ujar Habib selaku pengelola Uwitan sambil tertawa.

Contoh postingan Uwitan di TikTok

Strategi marketing yang dilakukan Uwitan lewat TikTok adalah dengan memposting video pendek kreatif yang mengenalkan produk diiringi musik yang menarik. Hasilnya, followers mereka tetap terhibur dengan langkah promosi yang dilakukan.

Strategi Uwitan ini pantas diacungi jempol. Mereka cukup jeli melihat tren pasar. Dengan membuat konten yang keren sesuai target pasar, promosi mereka pun berhasil mendapatkan engagement yang cukup baik.

6. Google Bisnisku

Jika Anda mengetik “uwitan” di Google, akan muncul informasi lengkap tentang bisnis Uwitan di sisi kanan hasil pencarian. Mulai dari alamat, jam operasional, foto kantor, hingga nomor telepon yang bisa dihubungi. Nah, itulah yang dinamakan Google Bisnisku.

Google Bisnisku Uwitan

Selain menunjukkan profil lengkap bisnis, Google Bisnisku juga membantu Uwitan dari dua aspek lainnya:

Pertama, dari pencarian lokal yang akan langsung muncul di Google Maps. Sehingga memudahkan jika ada calon pembeli yang ingin mampir ke toko langsung. 

Kedua, membantu membangun brand Uwitan. Sebab, setiap bisnis yang ada di Google Bisnisku mempunyai rating yang berasal dari penilaian pembeli. Jadi, semakin tinggi ratingnya, semakin baik juga brand bisnis tersebut. Uwitan memilki rating 4.6 dari maksimal 5.0.

Baca juga: Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku

7. Website

Website Uwitan yang beralamatkan di uwitan.id menjadi tempat sempurna untuk mengenal Uwitan lebih jauh. 

Pasalnya, pengunjung tak hanya bisa membeli produk Uwitan dengan mudah. Namun, mereka juga bisa tahu profil lengkap Uwitan, value yang dijunjung, hingga berbagai artikel bermanfaat. 

Baca juga: Cara Membuat Website untuk Pemula Tanpa Coding!!

Website utama Uwitan

Selain itu, keberadaan website juga memberikan manfaat lain bagi Uwitan, yaitu:

  • Muncul di Mesin Pencari
    Inilah manfaat website yang paling dirasakan Uwitan. Dengan adanya website, nama Uwitan lebih cepat dikenal luas.

    Alasannya, calon konsumen akan mencari produk yang diinginkan melalui Google terlebih dahulu, termasuk produk furnitur.

    Nah, kalau nama Uwitan tidak ditemukan di hasil pencarian, calon pembeli tak akan mengenal Uwitan dan kredibilitas bisnis mereka juga pasti diragukan.
  • Konsumen Mudah Mencari Info
    Berbeda dari toko furnitur yang umumnya tutup jam 22.00 WIB, toko online Uwitan selalu online 24 jam.

    Jadi, konsumen bisa dengan mudah mencari informasi produk dan harganya kapanpun mereka butuhkan.

    Selain itu, akses informasi kontak bisa ditemukan di websitenya. Mulai dari email, nomor WhatsApp, hingga alamat showroom-nya yang terintegrasi dengan Google Maps.
  • Domain .ID yang Punya Segudang Kelebihan
    Uwitan menggunakan domain .ID sebagai nama website mereka. Dan ini bukan tanpa alasan. Domain .ID mempunyai kelebihan yang tak dimiliki domain lain, termasuk .COM.

    Pertama, domain .ID lebih terpercaya karena pembuatannya membutuhkan KTP dan dokumen penting lainnya. Kedua, .ID lebih tepat untuk menjangkau target pasar Indonesia. Ketiga, aksesnya lebih cepat karena Domain Name Server (DNS) berasal dari Indonesia. 
  • Mempunyai Email Bisnis
    Salah satu kelebihan memiliki website dengan domain sendiri adalah bisa menggunakan email bisnis yang lebih profesional. Contohnya, email resmi Uwitan yaitu admin@uwitan.id.

    Bagi bisnis, email yang profesional akan membuat lebih terpercaya di mata konsumen dibanding email gratisan. Sebab, email gratisan sangat mudah disalahgunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Pentingnya Blog untuk Meningkatkan Bisnis Online Uwitan

Website merupakan sarana digital marketing sekaligus pusat bisnis online Uwitan. Lalu, bagaimana website mampu mendorong peningkatan penjualan Uwitan?

Jawabannya, dengan memanfaatkan blog yang terintegrasi dengan website mereka. Inilah peran blog bagi Uwitan:

1. Membantu SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah langkah optimasi website agar mendapatkan peringkat atas di Google. Dengan keberadaan blog, upaya SEO Uwitan sangat terbantu untuk bisa berada di peringkat atas Kenapa bisa demikian?

Inilah tiga alasannya:

  • Blog Menjadi Sumber Konten Baru
    Sudah bukan rahasia lagi kalau Google sangat menyukai konten original baru yang berkualitas. Sebab, Google selalu mengutamakan konten yang relevan dan update untuk penggunanya.

    Jadi, dengan keberadaan blog, Uwitan bisa terus update konten tanpa harus mengganggu website utama dan toko online mereka.
  • Blog Menjadi Tempat Terbaik Untuk Menyebar Kata Kunci
    Kata kunci adalah kata yang diketikan orang di Google saat mencari sesuatu. Artinya, penting untuk memastikan kata kunci di blog yang relevan dengan bisnis dan keinginan konsumen.

    Hal tersebut juga sudah dilakukan Uwitan dengan berbagai kata kunci untuk bisnisnya. Misalnya kata kunci “kursi makan” seperti ini:
Blog Uwitan
  • Blog Bisa Mendapatkan Backlink Berkualitas
    Backlink adalah link ke website Anda yang berasal dari website lain. Nah, backlink ini merupakan salah satu faktor utama penilaian SEO Google. Jadi, semakin banyak backlink bagus yang Anda punya, bisa semakin tinggi pula peringkat website Anda di Google.

    Backlink bisa didapatkan jika Anda memiliki konten yang unik dan berkualitas serta menjadi sumber informasi terpercaya.

    Hal ini jugalah yang terjadi dengan Uwitan. Tak jarang banyak ulasan produk furnitur yang mengarah ke blog Uwitan.

2. Meningkatkan Trafik ke Website

Jika blog Uwitan bisa berada di posisi atas Google berkat SEO yang baik, website mereka pun bisa mendapatkan banyak trafik. Inilah yang disebut dengan organic traffic.

Namun, sumber trafik mereka juga bisa datang dari media sosial. Contohnya, Uwitan sering memasang link artikel blog di berbagai media sosialnya sehingga menarik follower mereka untuk mengunjungi blog atau website.

Belum lagi jika ada pengunjung yang membagikan artikel Uwitan di akun media sosialnya mereka. Hal tersebut akan mendorong datangnya pengunjung ke blog website mereka.

“Lalu, apa hubungannya trafik yang meningkat dengan bisnis Uwitan?”

Jawabannya, semakin banyak trafik yang datang ke website, semakin besar kesempatan Uwitan untuk membuat mereka membeli produk atau melakukan konversi.

3. Mendapatkan Konsumen Baru

Blog juga cukup ampuh untuk mendapatkan konsumen baru. Faktanya, 51% dari konsumen datang dari mesin pencari. Kenapa demikian?

Berikut kami berikan ilustrasinya:

Suatu hari, Budi berniat untuk mendesain kamar tidurnya menjadi minimalis. Ia tak paham sama sekali dengan desain minimalis sehingga memutuskan untuk Googling.

Saat mengetik “tips kamar tidur minimalis”, muncullah artikel blog Uwitan di posisi teratas. Ia mengklik artikel tersebut dan ternyata berisi tips bermanfaat serta contoh berbagai produk Uwitan.

Budi yang baru mendengar brand “Uwitan” di artikel tentu akan penasaran. Ia mungkin akan melihat-lihat katalog Uwitan dan memutuskan membeli salah satu produk yang dibutuhkan. Rak buku, misalnya.

Apa kesimpulan yang bisa Anda ambil dari cerita Budi di atas?

Yup, blog bisa menggiring konsumen baru untuk kenal dengan produk Uwitan dan menjadikan mereka konsumen Uwitan.

4. Meningkatkan Kepercayaan Lewat Konten Bermanfaat

Jika berkunjung ke blog Uwitan, Anda akan mendapatkan berbagai info menarik seputar furnitur. Mulai dari tips memilih bingkai cermin, hingga cara memanfaatkan rak susun.

Dengan kata lain, konten yang ditampilkan tidak hanya relevan dengan produk Uwitan, tapi juga bermanfaat bagi pengunjung.

Hal tersebut bisa terwujud karena Uwitan memang expert di bidang furnitur. Bagi konsumen, kondisi ini bisa meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand Uwitan.

Jadi, pengunjung yang awalnya hanya sekedar mencari info furniture sesuai kebutuhan, bisa saja berakhir membeli produk Uwitan—seperti contoh Budi di atas.

Semua berawal dari blog dengan konten yang bermanfaat.

5. Pemasaran Produk yang Lebih Customer Oriented

Kebanyakan pemasaran saat ini lebih fokus ke produknya, bukan ke konsumen. Efeknya, pemasaran kurang efektif karena terkesan tak mempedulikan konsumen.

Namun, ada satu teknik pemasaran yang sangat berfokus ke konsumen, tapi juga tak melupakan produknya, yaitu content marketing.

Content marketing adalah teknik pemasaran yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan dan bermanfaat. Tujuannya supaya penikmat konten tersebut berubah menjadi konsumen.

Contoh penerapannya bisa Anda lihat di artikel Uwitan ini:

Contoh artikel blog

Baca juga: 17 Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Website dan Blog

Di artikel tersebut, Uwitan mengedukasi pembaca dengan memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat. Tapi, tak lupa juga menyisipkan produk-produknya di tempat yang tepat untuk mendukung penjelasan. 

Content marketing cukup tepat untuk membangun relationship dengan pelanggan dengan value yang diberikan. Efeknya, konsumen bisa melakukan pembelian kembali pada penjual yang memahami kebutuhan mereka.

Strategi promosi yang efektif, bukan?

Baca juga: 7 Langkah Membuat Strategi Content Marketing Untuk Bisnis

Dukungan Hosting yang Tepat untuk Perkembangan Bisnis Uwitan

Bayangkan kalau Anda sudah gencar promosi dan pembeli siap untuk memborong produk Anda di program sale akhir tahun. Namun tanpa diduga, tiba-tiba website Anda down alias tak bisa diakses sama sekali.

Sangat disayangkan, bukan? Nah, hal ini pernah dialami oleh Uwitan.

Penyebabnya tak lain karena memori penyedia hosting yang dipakai saat itu tak kuat menampung pengunjung yang membludak. Padahal, penjualan Uwitan selalu meningkat drastis saat sale akhir tahun. Alasannya, orang-orang cenderung ingin menyambut tahun baru dengan tampilan rumah yang baru,

Akhirnya, pengelola memutuskan untuk ganti penyedia hosting.

“(Karena) problem di memori terus nyari-nyari hosting murah ketemu Niagahoster yang tulisannya unlimited terus tertarik,” ujar Habib.

Awalnya, Uwitan menggunakan shared hosting Niagahoster. Sebenarnya, bagi bisnis online yang menjalankan aktivitas reguler, paket ini sudah cukup.

Namun, karena order sale akhir tahun yang semakin membludak dan sumber daya server yang dibutuhkan lebih besar, Uwitan memutuskan untuk pindah ke cloud hosting.

Baca juga: Shared Hosting vs Cloud Hosting: Mana yang Lebih Bagus?

“Pakai shared hosting pas sale masih problem, sempet down. Akhirnya upgrade ke cloud hosting dan sampai sekarang lancar,” tambah Habib.

Sebuah pilihan tepat. Cloud hosting memang memiliki sumber daya yang jauh lebih besar. Apalagi didukung oleh LiteSpeed yang dikenal cepat.

Jadi, tak peduli berapapun trafiknya saat sale akhir tahun, website Uwitan tetap lancar diakses. Hasilnya, pengunjung bisa berbelanja dengan aman dan nyaman.

Hal tersebut tentu bisa menjadi informasi bagi Anda: jika kebutuhan bisnis mulai meningkat, penggunaan hosting website juga harus menyesuaikan.

Apalagi, saat ini harga untuk layanan cloud hosting masih cukup terjangkau. Mulai dari Rp 150 ribu per bulan saja, lho!

Dengan demikian, tak ada lagi rasa khawatir saat Anda akan menggelar big sale atau promo besar-besaran lainnya. Enak sekali, bukan?

Ingin Bisnis Sukses Seperti Uwitan? Terapkan Digital Marketing Sekarang!

Ternyata, kisah Uwitan cukup menarik juga, ya? Sebuah bisnis furnitur yang dimulai dari menggunakan garasi untuk menyimpan produk, hingga mempunyai showroom besar dengan pembeli yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Kisah Uwitan ini tentu bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang juga ingin meraih kesuksesan dari bisnis yang dijalani.

Kuncinya, jangan takut berpikir out of the box dalam menghadapi tantangan bisnis. Selain itu, jangan ketinggalan untuk membangun reputasi online dengan digital marketing.

banner panduan digital marketing

Bebas Anda ingin mulai dari channel apa. Bisa melalui media sosial seperti Instagram, marketplace atau langsung menggunakan website yang lebih profesional.

Website masih menjadi sarana digital marketing terbaik saat ini. Dengan website, Anda lebih mudah untuk mengelola transaksi dan menunjukkan kredibilitas bisnis Anda. .

Sebagai penutup, berikut kami berikan infografis tentang beberapa channel Digital Marketing yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya!

Infografis Digital Marketing
6
Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]