Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

15 Ide Jualan Bulan Puasa Paling Laris & Menguntungkan 2023

6 min read

promo ramadhan 2022

Ingin membuka usaha di bulan Ramadhan, tapi bingung mau usaha apa? Wajar, kok. Anda tentunya ingin menjalankan ide jualan bulan puasa yang paling laku supaya bisa cuan.

Saat-saat di bulan penuh berkah ini memang membuka banyak sekali peluang bagi siapa saja yang ingin mencoba ide bisnis di bulan Ramadhan. Baik untuk berjualan makanan, pakaian, bahkan bingkisan, berkahnya memang benar-benar bisa dirasakan.

Untungnya, kini Anda tidak perlu ribet mencari sendiri ide dagangan yang laris di bulan puasa. Di artikel ini, kami telah merangkum jualan yang laris di bulan puasa sebagai rekomendasi untuk Anda. Tak perlu berbasa-basi, yuk langsung simak artikelnya sampai selesai!

15 Ide Jualan Bulan Puasa, Pasti Cuan!

Dari banyaknya produk yang bisa jadi ide jualan bulan puasa, kami telah mengumpulkan beberapa jenis dagangan yang laris di bulan puasa yang bisa Anda jual.

Ini dia 15 ide bisnis di bulan Ramadhan yang paling menguntungkan:

  1. Baju Muslim 
  2. Peralatan Ibadah 
  3. Hijab dan Aksesorisnya
  4. Bisnis Jualan Hampers dan Parcel
  5. Kue Lebaran
  6. Kembang Api
  7. Toples Kue
  8. Katering
  9. Buah-Buahan
  10. Frozen Food
  11. Bumbu Siap Masak
  12. Makanan Ringan
  13. Takjil 
  14. Aneka Gorengan
  15. Anyaman Kulit Ketupat

Langsung saja, simak ulasan selengkapnya!

1. Baju Muslim

salah satu dagangan yang laris di bulan puasa adalah baju muslim

Baju muslim merupakan ide jualan bulan puasa yang berpotensi membawa banyak keuntungan. Bahkan, pencarian baju muslim meningkat pesat saat menjelang lebaran berdasarkan data Google Trends.

tren kata kunci baju muslim di Google Trends

Nah, item yang sering dicari adalah baju koko, gamis, tunik, rok, sampai celana kulot. Untuk melakukan promosi produk, Anda bisa menggunakan platform Instagram WhatsApp Business, ataupun membuat website toko online.

Setelah memiliki toko online, silakan terapkan cara jualan baju online dari nol untuk pemula, agar Anda mendapatkan cuan dari bisnis yang satu ini.

2. Peralatan Ibadah

Salah satu jualan yang laris di bulan puasa adalah menjual peralatan ibadah

Ide jualan bulan puasa yang satu ini mungkin sudah bisa Anda tebak. Memang, berdagang peralatan ibadah bisa dibilang paling laku di momen Ramadhan dan lebaran. 

Tidak percaya? Lihat saja tren pencarian Google di masa menjelang hari raya tahun 2022 di bawah ini.

tren kata kunci jual mukena di Google Trends

Baru hari ke-2 puasa saja, kata kunci “jual mukena” sudah melonjak tinggi. Tak heran lagi kalau peralatan ibadah termasuk dagangan yang laris di bulan puasa. Usaha ini pun bisa dilakukan secara online maupun offline. Yang penting, jangan lupa untuk mempelajari perilaku konsumen di bulan Ramadhan.

Misalnya, karena promo Ramadhan sangat diminati konsumen, membuat promo khusus bulan Ramadhan sudah menjadi keharusan. Apalagi, menurut Google, pencarian diskon saat Ramadhan sama tingginya dengan event diskon Black Friday.

3. Hijab dan Aksesorisnya

Ide Jualan Bulan Puasa yang berkaitan dengan fashion adalah berjualan hijab dan aksesoris

Ide jualan bulan puasa yang selanjutnya masih berkaitan dengan fashion, yaitu hijab beserta aksesorisnya. 

Item fashion ini memang banyak diminati pada saat Ramadhan apalagi menjelang hari raya. Tentunya, supaya outfit saat acara kumpul-kumpul keluarga jadi lebih menarik.

Nah, Anda bisa menjual berbagai macam jenis hijab. Mulai dari model segi empat, segi tiga, pashmina, hingga hijab bergo. Beberapa item aksesoris yang paling laku untuk dijual, yaitu inner ciput, scrunchies, serta item perhiasan seperti kalung, gelang, dan bros.

4. Bisnis Jualan Hampers dan Parcel

salah satu usaha kreatif di bulan ramadhan adalah menjual hampers dan parcel

Apakah Anda senang berkreasi dan menghias? Kalau iya, ide jualan bulan puasa yang satu ini pasti membuat Anda bersemangat.

Tentunya, sayang sekali jika skill mendekorasi bingkisan yang Anda miliki tidak dimanfaatkan. Nah, cara meraup cuan dengan keahlian ini adalah dengan berjualan hampers dan parcel. Faktanya, usaha kreatif di bulan Ramadhan ini memang cukup potensial.

Sebab, mengirim hampers dan parcel memang sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang Indonesia untuk saling menyambung tali silaturahmi. Jadi, tidak heran kalau hampers dan parcel adalah salah satu produk jualan yang laris di bulan puasa. 

Bahkan, dilaporkan bahwa omzet penjual parcel naik sebanyak 60% di tahun 2022, lho. Itulah mengapa, usaha kreatif di bulan puasa yang satu ini bisa menjadi ide yang menjanjikan bagi Anda.

Selain itu ide bisnis ini bisa Anda jalankan secara online, baik melalui marketplace, social media ataupun website sendiri. Pastikan dahulu Anda memiliki identitas online untuk toko Anda, daftarkan dulu nama domainnya atau coba daftar gratis domain di Niagahoster!

5. Berjualan Kue Lebaran

Ide Jualan Bulan Puasa selanjutnya adalah menjual kue kering

Bulan puasa enaknya jualan apa lagi, ya?

Kalau Anda punya baking skill, Anda bisa mencoba berjualan kue kering untuk lebaran. Mengingat menyediakan kue sebagai hidangan saat menjelang lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia, sudah pasti bisnis ini sukses di bulan Ramadhan.

Nah, akan lebih mudah jika Anda memasarkan kue buatan Anda di WhatsApp Bisnis atau website. Sebab, Anda bisa membuat katalog produk yang memudahkan konsumen memilih jenis kue yang ingin dibeli.

Ina Cookies bisa menjadi contoh penjualan kue kering melalui website. Website ini mengelompokkan produk yang dijual berdasarkan jenis dan ukuran kemasan. 

katalog produk di website Ina Cookies yang dikelompokkan berdasarkan jenis kemasan

Baca Juga: Cara Membuat Halaman Produk yang Menarik

6. Kembang Api

dagangan yang laris di bulan puasa adalah kembang api

Kembang api termasuk hal yang mewarnai datangnya bulan Ramadhan dan lebaran. Biasanya, banyak orang yang menyalakan kembang api untuk memeriahkan malam takbiran. 

Jadi, salah satu ide jualan bulan puasa ini mempunyai target pasar yang luas. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang ingin turut merasakan euforia Ramadhan dan Idul Fitri. 

Namun, Anda harus mengantongi izin dari aparat kepolisian untuk memulai bisnis jualan kembang api. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis kembang api yang memiliki potensi mencelakai orang lain. 

7. Toples Kue

Ide Jualan Bulan Puasa berikutnya adalah berjualan toples kue

Apabila Anda bukan orang yang ahli dalam membuat kue lebaran, berjualan toples kue bisa jadi pilihan. Kalau tidak percaya, lihat kenaikan volume pencarian kata kunci “toples kue” saat menjelang hari raya berikut ini.

tren kata kunci "toples kue" yang meningkat menjelang hari raya

Tren di atas menunjukkan bahwa toples kue adalah salah satu jualan yang laris di bulan puasa. Nah, salah satu cara mendatangkan lebih banyak konsumen adalah dengan pemasaran online.

Namun, karena toples jenis kaca berpotensi retak atau pecah saat proses pengiriman, maka jangan lupa untuk memperhatikan pengemasan produk. Jika perlu, tambahkan kardus tebal, bubble wrap, atau bahkan packing kayu.

Dengan begitu, pembeli akan puas dengan pelayanan Anda dan menjadi pelanggan di toko Anda.

8. Katering

membuka katering adalah usaha kreatif di bulan ramadhan yang paling cuan

Punya skill masak yang mumpuni? Membuka katering bisa banget jadi usaha kreatif di bulan ramadhan yang patut dijajal. 

Saat bulan puasa, banyak pekerja yang memesan katering karena alasan kepraktisan. Alias, tak perlu lagi repot menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Makanya, ide bisnis makanan ini punya peluang yang cukup besar.  Untuk menarik minat konsumen, Anda bisa menawarkan menu spesial Ramadhan seperti nasi kebuli lengkap dengan es kolak pisang untuk berbuka puasa. 

Di era yang serba digital ini, Anda bisa mempromosikan ide jualan bulan puasa ini lewat media sosial atau website restoran online. Jangan khawatir soal online, hosting murah terbaik kami akan membuat website jualan Anda online 24 jam.

9. Buah-Buahan

dagangan yang laris di bulan puasa adalah aneka buah segar

Ide jualan bulan puasa berikutnya adalah berdagang aneka buah segar. 

Saat bulan Ramadhan, banyak orang yang menjadikan buah sebagai makanan pencuci mulut. Selain itu, buah bisa menjadi makanan untuk mengembalikan energi yang habis selama menjalankan ibadah puasa.

Kalau Anda tertarik dengan usaha kreatif di bulan puasa yang satu ini, pastikan kurma menjadi salah satu jenis buah yang Anda jual. Alasannya, kurma adalah buah yang memiliki demand yang tinggi di momen Ramadhan. Bahkan, penjualan kurma bisa meningkat sampai tiga kali lipat menjelang hadirnya bulan puasa. 

Tak perlu lagi memikirkan biaya sewa toko, Anda bisa memasarkan buah-buahan yang Anda jual secara online. Seperti halnya Maria Ulfa yang memanfaatkan Instagram untuk promosi dan meraup jutaan Rupiah per harinya. Menarik, ‘kan?

10. Frozen Food

jualan yang laris di bulan puasa adalah berdagang produk frozen food

“Mau beli makanan buat buka, tapi malas keluar. Apalagi jam ngabuburit gini pasti antre dan desak-desakan.” 

Percayalah, kini makin banyak orang yang berpikiran begitu. Makanya, berjualan frozen food bisa jadi ide jualan bulan puasa yang menguntungkan. Sebab, produk siap santap seperti frozen food memudahkan orang yang sibuk dan butuh menu makanan yang praktis. 

Apalagi bagi orang-orang yang selama puasa tetap beraktivitas seperti hari biasa. Karena tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak, produk frozen food bisa menjadi pilihan. 

Karena kepraktisan frozen food, pembeli tak perlu repot keluar rumah dan mengantre. Tinggal digoreng atau dikukus sebentar, hidangan sudah siap disantap. Oleh sebab itu, bisnis ini sangat berpeluang menjadi rekomendasi produk jualan yang laris di bulan puasa.

11. Bumbu Siap Masak

Ide Jualan Bulan Puasa yang menguntungkan berikutnya adalah menjual bumbu dapur siap masak

Pernahkah Anda berpikir: 

Di satu sisi, Anda tetap ingin makan masakan rumahan yang sehat. Tapi di sisi lain, Anda tidak punya banyak waktu untuk memasak menu berbuka puasa. Duh, bimbang…

Situasi di atas bisa menjadi peluang usaha, lho. Salah satunya adalah berjualan bumbu siap masak. Anda hanya perlu mengemas bumbu dapur yang sudah diracik dan dihaluskan. Mudah sekali, ‘kan?

Anda bisa mencontoh kesuksesan Raos Rempah yang mendapat omzet Rp 6 juta/bulan dengan menjual bumbu dapur siap masak, seperti bumbu sop, tongseng, rawon, semur, opor, rica-rica, dan sebagainya.

12. Makanan Ringan

snack adalah salah satu dagangan yang laris di bulan puasa

Makanan ringan atau snack adalah salah satu dagangan yang laris di bulan puasa. Sebab, terkadang keinginan menyantap camilan usai ibadah tarawih cenderung meningkat. Karena tak ingin terlalu kenyang sebelum tidur, banyak orang yang menjadikan kudapan ringan sebagai pilihan. 

Nah, makanan ringan apa yang laku dijual? Banyak sih, ada keripik singkong, kuping gajah, stik balado, makaroni goreng, dan masih banyak lagi. 

Nah, promosinya bisa dengan berbagai cara, baik secara offline maupun online. Yang perlu diingat, jika Anda menjalankan usaha ini secara online, maka perhatikanlah waktu promosi saat ramadhan yang tepat. Tujuannya, supaya postingan Anda bisa menjangkau audiens yang ditargetkan.

13. Takjil

Berjualan takjil adalah salah satu ide jualan bulan puasa yang menjadi primadona

Berjualan takjil adalah salah satu ide jualan bulan puasa yang menjadi primadona. Bagaimana tidak? Takjil sudah menjadi menu yang wajib hadir di bulan Ramadhan. Takjil yang bisa dijual pun beraneka ragam. Mulai dari bubur mutiara, jenang grendul, hingga aneka kue dan minuman es. 

Namun perlu diingat, kebanyakan menu takjil berbahan baku santan yang artinya makanan tersebut mudah basi. Supaya tidak rugi, Anda bisa membatasi stok jajanan yang Anda jual. Atau, Anda juga bisa memilih jajanan yang bisa tahan lama seperti pastel, onde-onde, lemper, kue cucur, dan kue mangkok. 

14. Aneka Gorengan

jualan aneka gorengan adalah usaha kreatif di bulan ramadhan yang tidak ada matinya

Bicara soal usaha kuliner, bisa dikatakan jualan aneka gorengan adalah usaha yang tidak ada matinya, apalagi sebagai ide jualan di bulan Ramadhan.

Di hari biasa saja, jajanan ini banyak diminati masyarakat. Apalagi, saat Ramadhan di mana gorengan menjadi menu yang wajib hadir di meja makan saat berbuka puasa.

15. Anyaman Kulit Ketupat

dagangan yang laris di bulan puasa adalah kulit ketupat

Dua sejoli ketupat dan opor ayam adalah menu makanan yang tak bisa dilewatkan saat hari raya. Namun, sulitnya menganyam kulit ketupat membuat banyak orang malas memasak ketupat. 

Untuk memulai ide jualan di bulan Ramadhan ini, Anda tidak perlu khawatir bisnis tak laku. Sebab bisa dipastikan, anyaman kulit ketupat akan laris manis di hari-hari menjelang lebaran. Hal ini sudah dibuktikan oleh Nanang Suryadi yang bisa menerima 20-30 ribu pesanan cangkang ketupat menjelang Idul Fitri.

Mana Ide Usaha di Bulan Ramadhan yang Jadi Pilihan Anda?

Sampai sini, Anda sudah mengetahui 15 ide jualan bulan puasa yang menguntungkan. Hampir seluruh usaha kreatif di bulan ramadhan yang ada di artikel ini bisa dipromosikan secara online. 

Anda memang bisa memanfaatkan media sosial untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Namun, ada baiknya kalau Anda juga promosi lewat website sendiri. 

Karena dengan website, bisnis Anda akan tampak lebih meyakinkan. Apalagi kalau Anda menjual barang-barang unik seperti hampers, bumbu siap masak, pakaian muslim, dan lainnya.

Dengan website, Anda juga bisa mendapatkan data pelanggan yang akan membantu Anda menjalankan promosi lanjutan. 

Namun, pastikan bahwa website Anda sudah didukung web hosting yang sudah teruji kualitasnya, seperti paket Unlimited Hosting dari Niagahoster. Layanan ini memberikan jaminan uptime hingga 99,9%. Artinya, website Anda bisa diakses selama 24 jam, bahkan saat waktu sahur sekalipun. Cuan pun mengalir terus!

Jadi, sudah siap menjalankan ide jualan ramadhan?

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *