Bisnis Online

10 Contoh Nama Domain Bisnis Inspiratif [Lengkap dengan Tips Memilihnya!]

Salah satu langkah awal untuk memulai usaha bisnis adalah dengan memilih nama domain website bisnis.  Namun, menentukan nama domain bisnis itu gampang-gampang susah lho. Tapi, tenang … Di artikel ini, kami akan memberikan contoh nama domain bisnis yang dapat Anda jadikan referensi.

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa memilih domain bisnis tidak bisa dianggap sepele? Selain nama domain berpotensi tidak menarik bagi konsumen, jika Anda tidak melakukan riset dengan benar, Anda juga bisa berurusan dengan hukum!

Wah, kira-kira kenapa ya? Nah, Anda bisa mendapat jawabannya di artikel ini. Yuk, langsung scroll ke bawah!

Sebagai sebuah identitas online, menggunakan nama domain bisnis yang tepat itu penting. Bagaimana kalau Anda sendiri sedang bingung memilihnya? Tenang, kami akan memberikan contoh nama domain bisnis sebagai inspirasi Anda.

Di artikel ini, kami juga membagikan tips memilih nama domain bisnis dengan baik. Dengan begitu, bisa membantu Anda menarik perhatian konsumen, dan tidak sampai menyebabkan Anda menghadapi konsekuensi hukum. Kenapa bisa begitu?

Agar tidak makin penasaran, yuk langsung scroll ke bawah untuk penjelasan lengkapnya! 

10 Contoh Nama Domain Bisnis yang Menarik

Inilah sepuluh contoh nama domain bisnis yang bisa menjadi inspirasi Anda:

1. Researchgate.net

Contoh nama domain bisnis yang pertama adalah Researchgate.net. ResearchGate ini adalah platform untuk membagikan skripsi, tesis, maupun jurnal penelitian. 

Siapa yang tidak tahu ResearchGate? Saking populernya, website tersebut kini telah menjaring sekitar 20 juta peneliti dengan berbagai karya ilmiah mereka. 

Itulah kenapa Researchgate.net menjadi contoh nama domain bisnis yang baik. Apa alasannya? 

Nama ResearchGate menggambarkan jasa yang ditawarkan oleh platform tersebut, yaitu menjadi gerbang bagi akses riset yang ada di seluruh dunia. Selain itu, nama ini juga sesuai dengan misi dari perusahaan untuk memberikan ruang kepada peneliti agar lebih mudah menemukan dan membagikan laporan riset. 

Selain itu, penggunaan ekstensi .net (network) yang artinya jaringan juga sesuai dengan interaksi yang terjadi pada ResearchGate tersebut.

Kalau bisnis Anda memiliki niche yang sama, yaitu berbagai dokumen dengan pengguna platform atau semacamnya, ini bisa menjadi contoh nama domain bisnis yang baik.

2. Emirates.store

Contoh nama domain bisnis berikutnya adalah website toko online resmi Emirates, maskapai penerbangan internasional yang berpusat di Dubai. 

Alih-alih menggunakan nama domain bisnis yang menunjukkan toko online, seperti emiratesstore atau emiratesshop, Emirates memilih hanya menggunakan nama brand saja. Lalu, menggunakan ekstensi .store untuk menunjukkan jenis websitenya. 

Dengan strategi tersebut, nama brand jadi terbaca lebih jelas. Ini tentu strategi cerdik untuk mengenalkan toko online official merchandise mereka, yang menjual pakaian, mainan, hingga peralatan sekolah. 

Bisa menjadi inspirasi contoh nama domain bisnis yang baik, bukan?

3. Theindustry.fashion

The Industry adalah media yang menyediakan konten tentang dunia fashion, termasuk berita, insight, podcast, hingga live events. Website mereka menggunakan domain theindustry.fashion.

Domain theindustry.fashion dapat menjadi contoh nama domain bisnis yang inspiratif. Pertama, namanya yang mudah dieja akan melekat di ingatan audiens. Kedua, penggunaan ekstensi .fashion membuat domain tersebut tampil beda dibanding jika menggunakan theindustryfashion.com, misalnya. 

Nah, nama domain bisnis ini pun diikuti dengan penggunaan ekstensi .fashion yang tentu sesuai dengan niche bisnis mereka. 

4. Dailysocial.id

Dailysocial.id adalah media online yang fokus memberikan informasi, opini, dan penemuan yang berbau teknologi. Nama domain bisnis yang digunakan juga cukup tepat. Kenapa demikian? 

Nama domain bisnis dailysocial.id dipilih karena website ini menyajikan berita harian (daily). Selain itu, niche berita bisnis, gaya hidup, dan teknologi terwakili dengan “social” yang menjadi brand mereka. 

Tak hanya itu, ekstensi .id menunjukkan bahwa website ini memang berbasis dan menarget audiens di Indonesia. Menarik, bukan?

Nah, Anda jadi mendapatkan ide dari contoh nama domain bisnis ini?

Baca Juga: Mengenal Domain .IN dan Perbedaannya dengan .COM

5. Ruangguru.com

Kalau Anda memiliki sebuah website pendidikan atau pembelajaran online, Ruangguru.com bisa menjadi contoh nama domain bisnis yang inspiratif. 

Kenapa bisa demikian? Startup yang bergerak di bidang pendidikan non-formal ini menyediakan Learning Management System (LMS) agar siswa bisa belajar secara online. 

Nah, agar seolah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran siswa, Ruangguru.com lah yang dipilih sebagai domain website. Jadi, brand ruangguru akan makin dikenal sebagai jasa guru les online. 

Menariknya, website pembelajaran tersebut menawarkan berbagai materi yang tak kalah lengkap dari pembelajaran formal. Bahkan, jenis materinya pun beragam, mulai dari video pembelajaran, les privat, uji coba ujian online, dan lain sebagainya. 

6. Paulocoelho.com

Bisnis Anda merupakan jasa profesional yang sedang Anda geluti saat ini? Contoh nama domain bisnis berikut pantas untuk diketahui. 

Paulo Coelho adalah penulis buku yang menggunakan namanya sendiri sebagai brand. Paulo Coelho memanfaatkan website resminya, tidak hanya untuk mempromosikan buku, tetapi juga sebagai etalase buku-buku yang ditulisnya. 

Pemilihan nama domain bisnis menggunakan nama sendiri seperti paulocoelho.com akan memudahkan Anda dalam memiliki domain. Sebab, pasti akan tersedia sesuai nama Anda yang unik.

7. East.vc

East Ventures adalah perusahaan pembiayaan bisnis, terutama startup. Nama domain yang mereka gunakan, yaitu east.vc, sangat inspiratif. 

Pertama, East Venture tidak menggunakan nama domain eastventurecapital dengan tambahan ekstensi di belakangnya. Perusahaan ini memilih ekstensi .vc untuk menunjukkan brand mereka sebagai sebuah venture capital.

Meskipun secara lokasi tidak sesuai dengan target audiens, yaitu Saint Vincent dan Grenadines, ekstensi domain .vc cukup menunjukkan identitas niche bisnis mereka.

8. Techcrunch.com

TechCrunch adalah majalah digital yang fokus pada teknologi dan perusahaan startup yang cukup populer. Pemilihan domain techcrunch.com yang cukup standar bisa menjadi contoh nama domain bisnis yang baik. 

Pertama, ekstensi .com tentu sudah umum di ingatan pengguna internet. Kedua, penggunaan nama brand techcrunch yang unik akan membuat audiens mudah mengingatnya. Apalagi, adanya kata “tech” secara langsung menunjukkan bahwa website ini akan tentang berita seputar teknologi untuk pembaca.

9. Redhill.world

Contoh nama domain bisnis ini terbilang unik. Jadi, kami masukkan Redhill.world ke dalam daftar. 

Ya, Redhill adalah perusahaan agency bisnis yang membantu perusahaan di seluruh dunia untuk berkembang dengan baik. Baik dari sisi desain, marketing dan lainnya.  

Nama bisnis mereka terinspirasi dari legenda Bukit Merah dari Singapura. Cerita anak cerdik dan pemberani yang mampu menyelamatkan Singapura menjadi semangat mereka untuk membantu bisnis berkembang. 

Nah, karena target audiens mereka telah berkembang, maka ekstensi .world-lah yang mereka gunakan. Ekstensi tersebut mampu menunjukkan ekspansi bisnis yang telah mereka lakukan. 

10. Growth.design

Contoh nama domain bisnis yang inspiratif kali ini adalah growth.design. Website ini menyediakan studi kasus tentang konsep design yang digunakan oleh brand-brand ternama. 

Harapannya, pemilik bisnis di balik website growth.design dapat membantu designers, product leaders, dan marketers tumbuh dan berkembang untuk dapat membangun pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan. 

Anda bisa menjadikan nama domain ini untuk menciptakan domain yang unik pada niche bisnis yang lain, misalnya .tech, .agency, .clothing, .media dan lainnya

Sudah tahu contoh-contoh nama domain bisnis yang menarik, ‘kan? Lalu bagaimana cara memilih nama domain bisnis yang tepat? 

Mari simak tips di bawah ini.

Tips Memilih Nama Domain Bisnis yang Tepat

Setelah mengetahui contoh nama domain bisnis, bagaimana tips memilih nama domain bisnis yang tepat?

1. Gunakan Nama Bisnis yang Mudah Diingat

Ada beberapa pertanyaan yang dapat Anda jadikan pertimbangan saat ingin menentukan nama domain bisnis:

  • Apakah namanya singkat dan mudah dieja?
  • Apakah namanya mudah diingat?
  • Apakah namanya sudah cukup unik?

Pertanyaan-pertanyaan di atas akan membantu Anda dalam memilih nama domain bisnis. 

Contohnya saja, penggunaan frasa yang mudah diingat seperti runwithus.com untuk bisnis yang menawarkan produk sepatu atletik. Atau, beautytoday.store untuk toko online yang menjual produk skincare. 

2. Menggunakan Ekstensi Domain Sesuai Niche Bisnis

Sekitar 46,9% dari seluruh nama domain menggunakan ekstensi .com. Tapi jangan khawatir, kabar baiknya, ada lebih dari 1200 ekstensi domain baru yang memudahkan Anda agar lebih leluasa dalam memilih nama domain selain .com

Anda bisa memilih ekstensi yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, .coffee untuk usaha kedai kopi kekinian, .photography untuk jenis usaha fotografi. Dengan begitu, akan membuat website Anda lebih unik dan menarik bagi audiens.

Sebagai contoh, themovement.studio menggunakan ekstensi yang sesuai dengan niche bisnisnya yaitu orang-orang yang ingin kursus tari balet.

3. Tambahkan Kata Kunci yang Relevan dengan Bisnis

Menyisipkan kata kunci dalam nama domain bisnis Anda akan membantu Anda menarik audiens yang Anda targetkan. Dengan adanya kata kunci, Anda seakan memberitahu audiens, “ini lho produk yang saya jual …”.

Katakanlah Anda menjual burger khusus vegan. Alih-alih menggunakan nama domain bisnis burger.com, Anda dapat menggunakan nama veganburger.com.

Dengan penambahan kata kunci tersebut, Anda dapat menarget audiens yang lebih spesifik yaitu vegan.

4. Manfaatkan Domain Generator

Dengan lebih dari 603 juta domain yang terdaftar, nama domain bisnis yang bagus sepertinya sudah digunakan, ya?

Memikirkan nama domain secara manual bisa jadi akan menghabiskan banyak waktu Anda. Apalagi, Anda harus mencari kosakata yang serasi dan sesuai dengan bisnis anda. 

Tapi tenang, Anda masih bisa mendapatkan inspirasi dengan generator nama domain seperti Domain Wheel. Anda akan mendapat banyak ide nama domain bisnis yang kreatif sesuai kata kunci yang Anda masukkan. 

Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan kata fashion dan klik Search Domain, inilah contoh nama domain bisnis yang bisa Anda gunakan.

Cara lainnya adalah  menggunakan tool EZ Glot untuk mencari kata dengan suku kata akhir yang mirip, atau kata dengan jumlah huruf yang sama. 

5. Hindari Penggunaan Angka dan Tanda Baca

Ini merupakan tips umum yang juga penting bagi pemilik bisnis. Jangan  membuat nama domain bisnis menggunakan angka atau tanda baca. Sebab, akan lebih sulit dieja secara lisan. 

Sebagai contoh nama domain bakery99.store, bisa membuat bingung jika disebutkan secara lisan, apakah penulisannya dengan angka 9 atau sembilan.

Pun demikian, tips ini bisa Anda abaikan kalau angka itu menunjukkan nama brand. Contohnya seperti 24k Design atau Es Teler 77.

Selain itu, tanda baca seperti strip (-) juga sebaiknya dihindari. Umumnya, nama domain bisnis tersebut dianggap sebagai website abal-abal atau kurang profesional.

Nama domain yang mirip dengan nama bisnis atau merk lain dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Jadi, jangan pernah gunakan nama domain seperti itu. 

Sebagai contoh, Facebook harus membayar sebesar 8,5 juta dolar untuk mengakuisisi domain milik Federasi Biro Pertanian Amerika yaitu fb.com. Itu karena Facebook ingin menggunakan fb.com yang singkat dan menunjukkan brand, tapi sudah digunakan pihak lain.  

Mengubah nama domain di masa mendatang dapat menghabiskan banyak waktu dan biaya, itulah mengapa Anda harus memilih nama ini dengan hati-hati. 

Untuk menghindarinya, Anda dapat mengecek nama domain yang Anda inginkan di website database merek dagang (trademark) seperti Uspto.gov, WIPO, atau Pangkalan Data Kekayaan Intelektual.

Miliki Nama Domain Bisnis Anda Sekarang!

Keputusan membangun bisnis online lewat website, perlu diiringi dengan pemilihan nama domain yang baik. 

Untungnya, kami sudah mengulas contoh nama domain bisnis dari berbagai perusahaan besar di dunia. Anda bisa menjadikan contoh domain bisnis di atas sebagai inspirasi, seperti nama domain researchgate.net, east.vc, hingga growth.design.

Kami juga sudah memberikan berbagai tips mendapatkan nama domain bisnis terbaik. Mulai dari menggunakan nama bisnis, memilih ekstensi yang tepat, hingga menghindari nama trademark.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha bisnis, jangan lupa melakukan riset nama domain terlebih dahulu ya. Anda bisa melihat kembali contoh nama domain bisnis di atas sebagai referensi.

Sudah mendapatkan ide ingin menggunakan nama domain bisnis apa? Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin membeli domain tersebut sebelum digunakan orang lain. 

Niagahoster menyediakan domain dengan harga terjangkau mulai dari Rp 14.000 saja! Terdapat berbagai pilihan ekstensi domain, mulai dari .com, .id, .biz, dan masih banyak lagi. Ga cuma itu, Anda juga bisa mendapatkan domain berkualitas secara gratis di sini!

Tunggu apa lagi? Klik tautan di bawah ini sekarang juga!

Aura Nisrina Hesanty

I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Share
Published by
Aura Nisrina Hesanty

Recent Posts

PTR Record: Pengertian dan Bagaimana Cara Melakukan PTR Record Check

Apakah email yang Anda kirim sering masuk ke folder spam penerima email? Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah Anda belum…

2 days ago

Cara Membuat Plugin WordPress Sendiri dengan Mudah

Ingin belajar cara membuat plugin WordPress sendiri? Yuk baca artikel ini untuk bisa praktik membuat plugin WordPress sederhana!

2 days ago

Rayakan Hari Jadi ke-9, Niagahoster Adakan Charity di Berbagai Kota di Indonesia

9 tahun sudah perjalanan perusahaan web hosting Niagahoster dalam menyediakan layanan terbaik, stabil, cepat, dan mudah bagi semua orang. Dalam…

3 days ago

9+ Blogger Indonesia Inspiratif yang Wajib Kamu Follow

Sedang kehabisan inspirasi ngeblog? Jangan sedih. Seringkali untuk mengatasi writer’s block, Anda hanya perlu mengunjungi blog-blog lain atau blogwalking. Apalagi…

4 days ago

Cara Pasang Iklan di Google Ads untuk Pemula (Terbaru)

Anda punya bisnis, tapi belum pernah mengiklankannya lewat Google Ads? Kalau belum, aduh… banyak potensi cuan yang terlewatkan, lho. Perlu…

1 week ago

4 Cara Install Plugin WordPress dengan Mudah [Terlengkap]

Cara install plugin WordPress bisa dilakukan dengan 4 metode berbeda. Yuk praktikkan cara memasang plugin di WordPress pada artikel ini!

1 week ago