Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

10 Website Buat CV Online Gratis, Bikin HR Jatuh Hati! [Bonus Tips]

8 min read

Ingin Berpindah Karir

Sudah sebar Curriculum Vitae (CV) ke banyak perusahaan, tapi tak pernah lolos? Jangan minder dulu. Belum tentu karena pengalaman Anda minim lho, tapi bisa jadi karena desain CV Anda kurang menarik.

Faktanya, HRD atau recruiter hanya punya waktu 5-10 detik untuk memeriksa CV Anda. Jadi, CV dengan desain menarik dan kalimat yang meyakinkan tentu membuat CV Anda mudah dilirik HRD.

Tak perlu khawatir dan repot desain CV dari nol. Anda bisa buat cv online gratis kok. Di artikel ini kami akan membagikan rekomendasi website buat cv online gratis. Yuk simak!

10 Website Buat CV Online Gratis Super Mudah

Berikut ini adalah website untuk bikin cv online gratis yang super mudah:

  1. Canva
  2. Kickresume.com
  3. Bikin CV
  4. Novoresume
  5. CV Maker
  6. Visual CV
  7. Indeed
  8. Zety
  9. Cool Free CV
  10. Venngage

Yuk simak pembahasan lengkapnya!

1. Canva

Website satu ini mungkin sudah tak asing buat Anda. Tak heran, karena Canva menyediakan banyak template desain mulai dari poster hingga buat CV online gratis. 

bikin cv online canva

Desain CV yang disediakan dikelompokkan menjadi berbagai tema. Mulai dari abstract, colorful, hingga profesional. Jadi, Anda bisa buat CV online gratis bernuansa kreatif atau resmi. 

Hal itu memudahkan Anda bikin cv online gratis sesuai kepentingan perusahaan incaran. Misalnya, Anda ingin mendaftar industri kreatif, Anda bisa pilih kategori colorful.

Tak hanya itu saja, Anda bisa mengatur tata letak bagian CV dengan bebas. Misalnya, memindah posisi heading informasi, upload foto, dan copy paste teks. Semua itu juga bisa dilakukan lewat smartphone. Cukup praktis, kan?

Sayangnya desain Canva kurang ramah Applicant Track System (ATS), yaitu aplikasi penyaring CV otomatis yang peka terhadap deskripsi teks. Sebab, Canva lebih menonjolkan desain dinamis dan minim ruang teks. 

Kelebihan:

  • Pilihan template untuk membuat CV online yang menarik dan gratis sangat beragam. Mulai dari desain kreatif hingga profesional.
  • Mudah memodifikasi CV. Misalnya mengubah jenis font, warna dan upload foto.

Kekurangan:

  • Kurang ramah ATS
  • File cv online tidak bisa diedit menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi, pengeditan harus dengan akun Canva.

Baca Juga: Apa itu Portofolio? Ketahui Cara Membuat dan Contohnya [Terbaru 2021]

2. Kickresume.com

Kickresume adalah website yang tepat untuk membuat cv online dengan tema profesional. Sebab, semua template bertema resmi dengan menonjolkan ruang teks yang luas.

Meski temanya resmi, variasi template CV online gratis cukup beragam. Semua template dikelompokkan berdasar industri pekerjaan Anda. Mulai dari sektor manufaktur, kesehatan, IT dan lainnya.  

Jika Anda ingin menambahkan foto atau gambar, Kickresume punya fitur attachment file. Jadi, Anda bisa menambahkan lebih dari satu foto atau gambar. 

bikin cv online

Tak hanya soal tampilan saja, Kickresume punya berbagai fitur yang mendukung kebutuhan CV resmi. Misalnya, fitur proofreading untuk mendeteksi kesalahan eja. Lalu, ada juga fitur penulisan resume otomatis. 

Sayangnya, Kickresume kurang fleksibel dalam pengaturan tata letak dan kustomisasi heading. Jadi, bagi Anda yang ingin banyak mengubah desain, Kickresume tak disarankan. 

Kelebihan:

  • User friendly 
  • Memiliki banyak fitur otomatis yang mendukung CV profesional

Kekurangan:

  • Kurang fleksibel untuk pengaturan tata letak dan kustomisasi heading

Baca Juga: 7 Cara Membuat Portofolio Online yang Menarik

3. Bikin CV

Bikin CV merupakan website membuat cv dari Indonesia. Saat ini sudah ada 31.250 orang yang buat cv online gratis di website ini. Lumayan banyak, ya?

Tak heran, interfacenya user friendly. Selain itu, alur buat cv online gratis milik Bikin CV juga simpel. Pengguna tinggal mengisi tabel informasi, memilih desain, dan mengunduh file CV.

bikin cv online di bikin cv

Tapi, website membuat cv online gratis satu ini kurang variasi desain. Jadi, Bikin CV bukan pilihan tepat bagi Anda yang ingin membuat cv online dengan desain yang unik.

Kelebihan:

  • Interface dan alur buat cv online gratis yang user friendly
  • File CV yang ringan
  • Ramah ATS

Kekurangan:

  • Desain kurang variatif
  • Kurang fleksibel untuk kustomisasi heading, jenis font, dan warna font

Baca Juga: 10+ Tema Portofolio WordPress Terbaik untuk Web Agency dan Freelance

4. Novoresume

Jika Anda mencari website membuat cv, jangan lewatkan Novoresume. Anda bisa memilih berbagai template desain berdasar kebutuhan Anda. 

Template desain yang beragam dikelompokkan dalam berbagai kategori. Mulai dari basic, college, executive, hingga creative. Jadi, Anda bisa memilih desain CV resmi hingga kreatif. 

bikin cv online novoresume

Jika Anda ingin mengoptimalkan CV, Novoresume menyediakan fitur Live Content Feedback. CV Anda akan dikomentari langsung dari pakarnya. Tujuannya agar CV Anda lebih menarik dan sesuai dengan preferensi HRD perusahaan sasaran Anda. 

Nah, Anda bisa mengganti tekstur dan background warna sesuai keinginan atau saran pakar. Setelah itu, Anda bisa mengupload foto diri. 

Sayangnya, tidak banyak editing tools untuk mengatur tata letak informasi.

Kelebihan: 

  • Variasi desain mulai dari profesional hingga kreatif
  • Ramah ATS
  • Tips dan saran langsung dari pakar HRD

Kekurangan:

  • Editing tools minim sehingga kurang fleksibel untuk mengatur tata letak informasi

5. CV Maker

Anda ingin bikin cv online gratis dengan desain simpel? Coba buka website membuat cv bernama CV Maker. 

bikin cv maker

CV Maker punya banyak template desain dengan nuansa bersih dan simpel. Tak hanya itu, alur pembuatan cv pun user friendly. Anda cukup mengisi form informasi, memilih desain, dan mengunduh CV. 

CV dapat diunduh dalam berbagai format juga lho. Mulai dari format PDF, HTML, hingga TXT. Jadi, Anda bisa menjadikan CV lebih ramah ATS. 

Tertarik menggunakan CV Maker? Anda harus sabar memilah pilihan desain. Sebab, website membuat cv ini tidak mengelompokkan desain dalam kategori tertentu.

Kelebihan:

  • Interface dan alur membuat cv online gratis yang user friendly
  • Desain cv simpel dan bersih
  • Bisa diunduh dalam berbagai format

Kekurangan: 

  • Tidak ada kategori template. Perlu waktu membandingkan desain untuk pilihan Anda. 
  • Tidak fleksibel mengatur tata letak

6. Visual CV

Anda merasa repot mengisi data diri dan pengalaman kerja? Kalau begitu, Anda perlu membuat cv online gratis di Visual CV. 

Website untuk membuat cv satu ini memudahkan Anda mengisi data lho. Caranya dengan mengimpor data dari LinkedIn. Tapi pertama-tama Anda perlu log in dengan LinkedIn Anda. 

Setelah CV jadi, Anda bisa melacak viewers CV Anda lho. Caranya dengan membagikan link CV ke berbagai media sosial. Lalu Anda bisa memantau grafik viewers di dashboard. 

Lalu, jika Anda membuat CV untuk industri berbeda-beda, Anda bisa mengelompokkannya di dashboard Anda. Misalnya, CV untuk industri kesehatan, kreatif, dan keuangan. 

visual cv

Desain yang disediakan pun cukup beragam. Mulai dari tema simpel, profesional, hingga kreatif. Tapi, mayoritas templatenya memiliki tata letak serupa. 

Tenang saja, meskipun desainnya terkesan mononton, Anda masih bisa mengatur tata letak heading kok. Selain itu, Anda bisa mengganti background warna.

Kelebihan:

  • Bisa impor data dari LinkedIn
  • Desain variatif 
  • Bisa melacak viewers CV

Kekurangan:

  • Tata letak heading informasi dan desain monoton

7. Indeed

Butuh bikin cv online secara cepat dengan desain simpel? Sebaiknya Anda coba website bikin cv online gratis bernama Indeed. 

Anda tidak perlu log in atau registrasi untuk membuat cv online. Anda bisa langsung mengisi form informasi yang tersedia. Tabel informasi tambahannya pun cukup lengkap mulai dari penghargaan, sertifikasi, link, hingga grup. 

Setelah isi data, Anda bisa memilih template desain dari 10 kategori. Mulai dari simple, minimalist, hingga kreatif. Tapi, apapun kategorinya, nuansa desain Indeed memang bersih dan simpel.

bikin cv online indeed

Mungkin desainnya terkesan monoton. Tapi, Anda bisa mengatur tata letak informasi sesuka Anda kok. 

Kelebihan:

  • Bisa impor data dari LinkedIn
  • Fleksibel mengatur tata letak informasi

Kekurangan:

  • Template desain terkesan monoton karena semuanya berwarna dasar putih
  • Harus menekan button save setiap mengisi satu tabel informasi

8. Zety

Ingin membuat CV tapi bingung bagaimana memulai kalimatnya? Mungkin website membuat CV bernama Zety bisa membantu. 

zety cv

Zety menyediakan berbagai contoh CV online yang bisa dimodifikasi. Baik dari segi desain, background warna, hingga template kalimat deskripsi diri. 

Pengalaman saat membuat cv online yang menarik dan gratis di Zety pun sedikit berbeda. Anda akan menjawab pertanyaan terkait daftar riwayat hidup. Lalu di bagian samping Anda bisa langsung melihat preview desain. 

Desain yang tersedia mayoritas bertema profesional. Jadi, sudah pasti contoh CV onlinenya ramah ATS. 

Ketika Anda sudah cocok dengan desainnya, Anda tinggal klik unduh. Format CV yang tersedia cukup beragam. Mulai dari PDF, Word, hingga TXT. 

Kelebihan:

  • Tersedia contoh cv online yang bisa dimodifikasi template kalimatnya
  • Dapat sekalian membuat surat lamaran kerja

Kekurangan:

  • Tidak ada desain tema kreatif
  • Desain contoh cv online terkesan monoton dan terlalu banyak teks

Baca Juga: 25 Contoh Website Portofolio Desain Terbaik dan Tips Membuatnya

9. CoolfreeCV

Kalau Anda ingin CV berformat doc tapi punya desain keren, cobalah bikin cv online gratis di CoolfreeCV. 

coolfree cv

Berbeda dengan website untuk membuat cv lain, CoolfreeCV punya enam contoh cv online dalam format doc. Anda bisa langsung mengunduh dan memodifikasinya di Microsoft Word. 

Kalau Anda ingin format PDF, tak usah khawatir. CoolfreeCV juga menyediakannya kok. Hanya saja, CV berformat PDF ini tidak bisa Anda modifikasi tata letak dan heading informasinya. 

Kelebihan:

  • Ada pilihan contoh cv online berformat docs yang bisa Anda download dan edit di Microsoft Word dengan leluasa
  • Tidak perlu buat akun atau registrasi

Kelemahan:

  • Pilihan desain terbatas dan monoton
  • CV berformat PDF tidak bisa dimodifikasi

10. Venngage

Ingin punya CV kreatif penuh warna, tapi di satu sisi juga tetap terlihat profesional? Kalau begitu, Anda perlu mencoba website membuat cv bernama Venngage. 

membuat cv online venngage

Venngage merupakan website membuat CV dengan banyak tools editing. Jadi, Anda bisa leluasa memodifikasi elemen desain dalam CV Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan grafik, pie chart, dan ikon ke CV Anda.

Anda bisa mendownload CV dengan format PDF atau PNG. Sayangnya, Anda perlu membuat akun dulu untuk membuat cv online di Venngage.

Kelebihan:

  • Desain terlihat profesional sekaligus kreatif
  • Sangat fleksibel untuk diedit dan diatur tata letaknya

Kelemahan:

  • Harus meluangkan waktu membuat akun dan log in

Baca Juga: 10+ Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya untuk Cari Uang

5 Tips Membuat CV Online Agar Dilirik HR [Ala Niagahoster]

Sekarang Anda sudah tahu mau bikin cv online gratis di website yang mana. Nah, saat mengedit contoh cv online, pastikan CV Anda eye catching dan sesuai kebutuhan lowongan sasaran.

Tak perlu bingung, kami juga akan membagikan tips membuat cv online yang menarik dan gratis. Tips cv ini kami rangkum berdasar pengalaman HRD Niagahoster menyeleksi ribuan CV. Yuk simak pembahasan berikut ini. 

1. Buat Desain CV Sesuai Kebutuhan Lowongan 

Tiap perusahaan memiliki karakteristik berbeda-beda. Misalnya, perusahaan dalam industri keuangan biasanya lebih resmi. Sementara perusahaan media umumnya bersifat lebih kreatif.

Hal itu berpengaruh ke preferensi desain CV HRD, lho. Jadi, Anda perlu menyesuaikan desain CV sesuai karakteristik perusahaan sasaran.

Sebagai contoh, Anda akan mendaftar lowongan sebagai developer perusahaan IT. Lebih baik, Anda menggunakan desain CV profesional. Misalnya, CV dengan banyak teks dan desain rapi. 

Masih bingung bagaimana contoh CV profesional dan CV kreatif? CV profesional biasanya memiliki desain yang rapi, terstruktur dan punya banyak teks. Contohnya seperti di bawah ini.

contoh cv ats friendly

Berbeda dengan contoh CV online kreatif. Biasanya desainnya lebih berwarna dan dinamis. Anda bisa mengatur tata letak elemen desain. Tapi, porsi teksnya minim.

contoh cv kreatif

2. Buat Desain CV Ramah ATS

Saat buat CV online gratis, baik itu profesional maupun kreatif, pertimbangkan kepadatan teks. Sebab, CV dengan porsi teks yang cukup lebih mudah lolos review ATS. 

Hal ini akan menguntungkan Anda yang mendaftar perusahaan besar lho. Kenapa?

Berdasar riset Digital Technologies and the World of Recruiting Survey, 66 persen perusahaan besar menggunakan ATS untuk mempercepat review ribuan CV. Contohnya saja Niagahoster yang menerima 10 hingga 40 CV per harinya untuk satu posisi

Anda bingung bagaimana cara membuat CV yang ATS friendly? Tenang, caranya cukup mudah kok. Berikut ini adalah cara bikin cv online yang ATS friendly:

  • Gunakan template CV formal

Gunakan template CV formal. Artinya, Anda bisa memilih template yang minim dekorasi dan warna. Sebaiknya gunakan template dengan warna hitam dan putih atau warna yang tidak mencolok. 

Selain itu, hindari memasukkan terlalu banyak gambar, grafis, diagram, warna yang gelap dan simbol. Sebab, desain yang terlalu rumit akan mengurangi keterbacaan CV Anda. 

  • Gunakan jenis tulisan standar

Hindari menggunakan jenis font dengan desain yang rumit. Misalnya seperti comic sans atau font dekoratif lainnya. 

Agar lebih ramah ATS, gunakan font resmi seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Lalu gunakan ukuran font minimal 11 dan pilih spasi minimal 1. Tujuannya agar tulisan dalam CV lebih jelas dan mudah dibaca.

  • Optimalkan penggunaan kata kunci

ATS akan menyaring CV Anda berdasar kata kunci di dalamnya. Jadi, menggunakan kata kunci yang relevan dengan CV Anda akan lebih menarik bagi sistem ATS. CV Anda pun akan mendapat skor yang lebih tinggi. 

Contohnya, Anda mendaftar lowongan sebagai desain grafis. Lebih baik Anda memasukkan kata kunci “kreatif”, “portofolio desain” dan “adobe”. Mesin ATS akan mengenali kata kunci ini untuk memberi skor tinggi pada kelolosan informasi CV Anda. 

2. Buat Layout CV Simpel dan Jelas

Layout yang simpel dan jelas akan memudahkan HRD mereview informasi dalam CV. Nah, perhatikan hal berikut ini untuk menata layout CV:

  • Heading informasi yang jelas dan konsisten: gunakan jenis font, ukuran, dan warna yang konsisten untuk tiap heading informasi. Tujuannya agar HRD mudah mencari informasi spesifik di CV Anda. 
  • Perbanyak white space: beri jarak spasi antar baris kalimat dalam CV Anda. Tujuannya agar informasi dalam CV tidak bikin lelah mata para HRD. 
  • Bagian deskripsi yang jelas: pada bagian deskripsi seperti jobdesk dan pencapaian, jangan gunakan ukuran font terlalu kecil. Anda bisa gunakan size 11-12. 

Saat menata layout dengan tips itu, usahakan informasi muat satu halaman saja. Sebab, jika lebih dari satu halaman, ada kemungkinan HRD tidak membaca utuh informasi CV Anda. 

Faktanya, menurut survei Career Builder, 39 persen karyawan yang lolos review CV adalah pemilik CV satu halaman. 

3. Urutkan Pengalaman Kerja Berdasar Tahun Terbaru

Mungkin sebelum mendaftar di suatu lowongan, Anda sudah pernah bekerja di banyak perusahaan. Nah, urutkan pengalaman kerja berdasar tahun terbaru. Tujuannya, agar HRD lebih mudah melihat track record perkembangan karir.

Sebagai contoh, pengalaman terbaru Anda adalah Manajer Proyek IT pada tahun 2017 Jobdesknya adalah melakukan koordinasi, perencanaan dan implementasi proyek harian dengan tim. Tulis di bagian paling atas pengalaman kerja

Lalu setelah itu baru tulis pengalaman terdahulu Anda. Misalnya, Anda pernah jadi desainer UX Senior pada tahun 2014. Agar lebih jelas, lihat contoh cv online di bawah ini:

contoh cv

Saat menulis informasi pengalaman kerja, pastikan ada informasi sebagai berikut:

  • Nama pekerjaan atau posisi
  • Nama perusahaan
  • Jobdesk
  • Pencapaian
  • Lama kerja

4.Tulis Detail Pencapaian di Jobdesk Sebelumnya

Jangan terlalu banyak menjelaskan jobdesk di perusahaan sebelumnya. Lebih baik, fokus tulis pencapaian Anda di jobdesk terdahulu. Tujuannya, agar HRD bisa melihat nilai jual dan skill yang relevan dengan lowongan. 

Sebagai contoh, Anda pernah menjadi staf digital marketing. Anda bisa tulis keberhasilan Anda meningkatkan pendapatan. Misalnya, “Berhasil meningkatkan pendapatan sebesar 10% dalam 3 quarter berturut-turut melalui konten marketing Instagram.” 

Yuk Daftarkan CV Anda ke Niagahoster!

Sekarang Anda sudah mengetahui rekomendasi website membuat CV online yang menarik dan gratis. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. 

Anda mungkin sudah menentukan pilihan website mana yang akan Anda gunakan untuk bikin CV online. Setelah CV Anda jadi, saatnya menjemput pekerjaan impian!

Oya, Anda bisa mencari pekerjaan impian Anda di Niagahoster lho. Kami sedang membuka banyak lowongan untuk berbagai posisi. Mulai dari Brand and Market Development, Product, Acquisition dan masih banyak lainnya!

“Katanya yang daftar Niagahoster banyak ya? Ngabarin nasib CV online-ku lolos atau nggak bakalan cepet nggak ya?”

Jangan khawatir, Anda akan mendapat respons secara cepat kok. Sebab, kami menerapkan End to End Online Recuritment. Artinya, Anda dapat mendaftarkan CV, melakukan wawancara hingga proses onboarding secara online dari mana saja! 

Tak perlu takut di-php, Anda tinggal pantau saja proses rekrutmen dan jika perlu tanyakan ke HR lewat email. Jadi, tunggu apa lagi? Klik tautan di bawah ini dan segera bergabung bersama kami!

Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *