Digital Marketing

10+ Website Gambar Gratis Terbaik untuk Konten Anda [Edisi 2021]

Ketika perlu gambar untuk sebuah konten, Anda mungkin akan langsung mencarinya di Google, kan? Sayangnya, pilihan gambar yang tersedia kadang tidak sesuai kebutuhan, ada watermark-nya, atau bahkan memiliki hak cipta.

Itulah kenapa sebuah website gambar gratis bisa menjadi solusi. Selain pilihan gambarnya banyak dan kualitasnya jempolan, Anda juga bisa menggunakannya dengan bebas, tanpa takut melanggar copyright.

Nah, di artikel kali ini, kami akan membahas sebelas situs gambar gratis terbaik. Jadi, Anda tidak perlu repot cari-cari sendiri, kan? Yuk, simak apa saja web gambar gratis tersebut!

10+ Website Gambar Gratis Terbaik dan Terlengkap

Berikut ini adalah 11 situs gambar gratis yang menawarkan stock photo terlengkap dengan kualitas terbaik. Apa saja?

1. Pixabay

Pixabay merupakan web gambar gratis dengan katalog terbanyak. Tak kurang dari 2,3 juta free gambar dan ratusan ribu aset seperti vektor, ilustrasi, video, hingga musik bisa Anda download gratis.

Meskipun pilihan gambarnya banyak, Anda bisa menemukannya dengan mudah karena layout website Pixabay yang rapi.

Selain itu, Pixabay juga mempunyai fitur pencarian yang komplit. Anda bisa dengan mudah mencari berdasar orientasi gambar, kategori, resolusi, hingga warna. Plus, tersedia juga fitur SafeSearch yang menjamin hasil pencarian Anda aman untuk semua umur.

Intinya, Pixabay menawarkan semua hal yang Anda butuhkan dengan mudah. Tak berlebihan rasanya kalau menyebut Pixabay sebagai salah satu website penyedia gambar gratis terbaik saat ini. 

Keunggulan:

  • Tersedia pilihan resolusi dan ukuran gambar sesuai kebutuhan
  • Editor’s Choice memudahkan Anda untuk mendapatkan gambar terbaik pilihan tanpa mencari manual dulu

Kekurangan:

  • Koleksi gambar yang kurang unik dan tidak memiliki ciri khas

2. Unsplash

Unsplash terus bersaing dengan Pixabay menjadi situs gambar gratis paling terkenal di jagat maya. Tak mau kalah, Unsplash menawarkan koleksi hingga 2 juta gambar dan terus bertambah setiap harinya.

Menariknya lagi, Unsplash mempunyai daftar kategori yang sangat beragam. Unsplash tak hanya menyediakan kategori umum seperti alam, teknologi, atau fashion. Tapi, juga memiliki kategori unik seperti spiritual, double exposures, hingga tekstur dan pola.

Kelebihan lainnya adalah Unsplash sudah terintegrasi penuh dengan banyak tools dan aplikasi populer. Mulai dari Trello, Google Slides, hingga Zoom. Jadi, Anda bisa mencari dan menggunakan gambar Unsplash langsung dari aplikasi tersebut.

Keunggulan:

  • Kemudahan mencari gambar berdasarkan topik
  • Pilihan resolusi gambar yang sederhana (Small, Medium, dan Large)

Kekurangan:

  • Hasil pencarian Visual Search sering tidak sesuai kebutuhan

3. Pexels

Tak berlebihan rasanya menyebut Pexels sejajar dengan Pixabay dan Unsplash sebagai web gambar gratis terbaik. Selain koleksi gambarnya banyak, fitur yang dimiliki juga bermanfaat bagi pengguna.

Salah satu fitur unggulannya adalah Advanced search. Anda akan mendapatkan rekomendasi kata kunci, opsi orientasi, hingga warna gambar. Jadi, pencarian bisa lebih mudah dan lebih sesuai keinginan.

Pexels juga menyediakan integrasi dengan berbagai tools lewat ekstensi Chrome, add-in Microsoft Office dan plugin WordPress. Dengan begitu, Anda bisa mencari gambar yang tepat tanpa perlu meninggalkan aplikasi yang sedang digunakan.

Keunggulan:

  • Memiliki menu navigasi sederhana sehingga mudah dipahami
  • Menu Discovery memungkinkan Anda menemukan koleksi gambar terpopuler, gambar pilihan, gambar berdasar kategori, dengan lebih mudah
  • Fitur Photographer Leaderboard akan membantu Anda menemukan gambar yang paling banyak dicari berdasar kontributor favorit

Kekurangan:

  • Penataan kategori per topik kurang jelas

4. Reshot

Jika Anda membutuhkan ikon dan vektor untuk ilustrasi konten, Reshot bisa menjadi pilihan. Situs gambar gratis ini tidak hanya punya 25 ribu koleksi gambar, tapi juga 40 ribu ikon SVG dan 1500 vektor.

Selain itu, koleksi yang dimiliki Reshot juga cukup unik. Jadi, cocok untuk Anda yangmembutuhkan konten visual yang kreatif atau sekadar ingin tampil menonjol dibanding kompetitor.

Desain website Reshot juga cukup minimalis. Hal ini tentu akan memudahkan Anda mencari jenis konten yang diinginkan. Baik melalui menu navigasi, maupun kolom pencarian.

Keunggulan:

  • Fitur pencarian yang sederhana dan user friendly
  • Banyak pilihan gambar dengan tema kreatif dan minimalis. Cocok untuk konten visual yang menyasar audiens remaja/profesional kreatif

Kekurangan: 

  • Menu kategori yang tidak langsung ditampilkan di halaman depan

5. Burst

Burst merupakan situs gambar gratis yang menjadi bagian dari Shopify, salah satu ecommerce web builder terbaik saat ini. 

Walaupun begitu, Burst bukan hanya untuk pengguna platform tersebut untuk mendapatkan gambar terbaik demi mendukung konten jualannya. Siapapun bisa menggunakannya untuk blog, media sosial, toko online, dan lainnya. 

Salah satu alasan Burst merupakan web gambar gratis terbaik adalah pengguna bisa mengirimkan request khusus  jika tidak menemukan gambar yang dicari.

Keunggulan:

  • Kemudahan memilih kualitas gambar low resolution dan high resolution sesuai kebutuhan
  • Fitur email subscription memudahkan Anda mendapatkan update adanya gambar terbaru

Kekurangan:

  • Tak adanya filter pada fitur pencarian akan sedikit menyulitkan mendapatkan gambar spesifik sesuai keinginan

6. PikWizard

Halaman depan website PikWizard menampilkan deretan kategori gambar yang bisa Anda download. Hal ini akan memudahkan Anda menemukan gambar yang diinginkan tanpa perlu berpindah halaman.

Selain itu, kategori free gambar PikWizard sangat beragam. Mulai dari kategori umum, hingga kategori unik seperti foto ekspresif seseorang atau sekadar kertas kusut. Anda bisa menemukan gambar apapun sesuai kebutuhan dengan lebih mudah.

Kelebihan utama PikWizard adalah adanya fitur edit gambar gratis. Jadi, Anda bisa menambahkan teks atau filter tertentu pada gambar tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Keunggulan:

  • Gambar bisa langsung diunduh dari homepage atau hasil pencarian, sehingga menghemat waktu Anda
  • Kemudahan menggunakan gambar tanpa harus mendownload dulu berkat kode HTML yang bisa dimasukkan ke website Anda

Kekurangan:

  • Tak ada pilihan resolusi gambar sebelum download

7. Gratisography

Gratisography menyebut dirinya sebagai web gambar gratis terunik di jagat maya. 

Alasannya, koleksi gambar yang dimiliki cukup eksentrik dan penuh warna. Mulai dari kucing berdasi, gorila mengetik di laptop, atau beragam ekspresi wajah aneh.

Website Gratisography pun tak kalah menarik. Kombinasi warna yang digunakan mencolok, dan pilihan font hingga ilustrasi di websitenya cukup unik. Pun, demikian, desainnya tetap sederhana dengan navigasinya mudah dipahami.

Jadi, bila Anda ingin membuat konten visual yang menonjol, menggunakan free gambar dari Gratisography bisa jadi pilihan Anda.

Keunggulan:

  • Koleksi gambar berkualitas tinggi yang unik
  • Kemudahan mendapatkan informasi gambar terbaru berkat newsletter yang disediakan.

Kekurangan:

  • Koleksi gambar masih sangat terbatas.

8. Kaboompics

Kaboompics merupakan website gambar gratis personal yang tak kalah dalam hal koleksi gambar yang ditawarkan

Anda bisa dengan mudah menemukan gambar sesuai dengan kategorinya. Mulai dari nature, lifestyle, food and drink, dan masih banyak lagi. Anda bahkan bisa menentukan orientasi gambar yang diinginkan.

Lalu, yang tak kalah menarik, Kaboompics menyediakan dua jenis koleksi free gambar, yaitu Photos dan Photoshoot. Sesuai namanya, photoshoot akan memudahkan Anda menemukan rangkaian gambar dengan tema yang sama dalam sebuah sesi pemotretan

Selain itu, Anda juga bisa menyortir hasil pencarian berdasarkan tanggal atau jumlah download. Bahkan, Anda juga bisa menentukan resolusi gambar sesuai keinginan sebelum mendownloadnya. Jadi, Anda tak perlu repot resize dan bisa langsung menggunakan gambar tersebut.

Kaboompics juga punya daftar informasi lengkap tentang kode warna yang ada di foto tersebut. Sehingga bisa dijadikan acuan agar konten visual Anda lebih konsisten dan seragam. Situs gambar gratis lain belum memiliki fitur ini, lho.

Keunggulan:

  • Beragam koleksi unik milik Kaboompics dengan berbagai kategori
  • Kategori Photoshoot yang berisi foto-foto dengan tema tertentu pada sebuah sesi pemotretan

Kekurangan:

  • Koleksi gambar yang masih terbatas sebagai sebuah website personal

9. Picjumbo

Mirip dengan Kaboompics, Picjumbo adalah situs gambar gratis personal dengan koleksi gambar yang tak kalah lengkap. Sebagai sebuah website pribadi, tentu gambar di PicJumbo relatif lebih unik dibanding website lain.

Selain gambar, Picjumbo juga menyediakan ratusan icon, template, dan mockups untuk berbagai kebutuhan Anda.

Website Picjumbo mempunyai tampilan sederhana dengan navigasi yang mudah dipahami. Anda bisa menemukan menu kategori, gambar terbaru, atau halaman penting lain langsung dari header homepage.

Tak kalah menarik, tersedia juga Dark Mode bagi Anda yang lebih nyaman dengan background gelap.

Keunggulan:

  • Beragam koleksi unik milik Picjumbo dengan berbagai kategori
  • Tersedia blog informatif yang sering mengulas rekomendasi gambar terbaik

Kekurangan:

  • Koleksi gambar terbatas

10. Stockvault

Berdiri sejak 2004, Stockvault adalah website gambar gratis yang cukup eksis dengan koleksi free gambar mencapai 138 ribu dan terus bertambah.

Tak hanya menyediakan gambar gratis, Stockvault juga menyediakan ikon, teksture, hingga ilustrasi vektor yang bisa Anda download dengan mudah. 

Bisa dikatakan menu navigasi situs gambar gratis ini cukup ramah pengguna. Terutama, adanya menu kategori yang cukup lengkap sesuai dengan topik umum yang dicari.

Setiap gambar memiliki informasi yang cukup lengkap, mulai dari ukuran, dimensi hingga lisensi dan kontributornya. Hal ini tentu cukup membantu untuk memutuskan apakah akan menggunakan gambar tersebut.

Keunggulan:

  • Kategori yang cukup beragam dalam sebuah menu yang mudah diakses dari halaman utama

Kekurangan:

  • Koleksi gambar yang sedikit

11. Librestock

Librestock adalah situs gambar gratis yang unik karena fungsinya lebih seperti sebuah mesin pencari.

Ketika Anda melakukan pencarian, hasil yang diberikan akan berasal dari berbagai website dengan tema sesuai kata kunci. Dengan begitu, gambar yang muncul tentu lebih beragam.

Sayangnya, hal ini akan membuat Anda mau tak mau beralih ke berbagai website lain sebagai penyedia gambar tersebut. 

Keunggulan:

  • Tampilan website sederhana dan mudah digunakan
  • Layaknya mesin pencari, rekomendasi gambar yang diberikan lebih variatif

Kekurangan:

  • Kurang nyaman bagi Anda yang tidak ingin berpindah-pindah website untuk mencari gambar gratis

Mana Website Penyedia Gambar Pilihan Anda?

Kami sudah membagikan rekomendasi situs penyedia gambar terbaik dan terlengkap untuk konten visual Anda. Jadi, tak perlu bingung lagi ketika ingin menggunakan gambar untuk artikel tanpa melanggar hak cipta, ya.

  • Pixabay — Koleksi terlengkap dengan 2,3 juta free gambar.
  • Unsplash —Kategori yang sangat beragam dan luas.
  • Pexels — Fitur pencarian yang canggih dengan rekomendasi kata kunci, orientasi, resolusi, hingga warna gambar.
  • Reshot — Tema gambar yang kreatif dan minimalis.
  • Burst — Sumber free gambar terbaik bagi pengguna Shopify.
  • Pikwizard — Fitur edit gambar gratis sebelum download.
  • Gratisography — Gambar yang eksentrik dan unik.
  • Kaboompics — Gambar unik dan tak bisa ditemukan di situs lainnya.
  • Picjumbo — Menyediakan juga icon, template, dan mockups.
  • Stockvault — Ditampilkan info gambar yang cukup komplit sebelum download.
  • Librestock — Mesin pencari gambar gratis di situs-situs populer lain.

Pilihlah yang menyediakan free gambar terbaik untuk membuat artikel Anda menarik. Namun, pastikan Anda sudah melakukan optimasi gambar sebagai upaya SEO untuk membuatnya jadi nomor satu di Google. 

Nah, kalau Anda ingin mempelajari bagaimana upaya SEO dilakukan secara menyeluruh untuk website Anda, kami memiliki ebook 30 Langkah Optimasi SEO. Anda bisa mendownload gratis

Mirza M. Haekal

Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Share
Published by
Mirza M. Haekal

Recent Posts

Pilih Blogspot atau WordPress? Ini Perbandingannya

Pilih Blogspot atau WordPress, ya? Sebelum memilih, cek dulu perbandingan keduanya di artikel ini.

7 hours ago

Panduan Lengkap CodeIgniter 4

Dibanding pendahulunya, CodeIgniter 4 menawarkan berbagai kelebihan, terutama pada peningkatan performa yang telah didukung PHP versi 7. CodeIgniter 4 juga…

1 day ago

Niagahoster Kembali Adakan Program #NiagahosterSalingBantu untuk yang Terdampak Pandemi

Pandemi COVID-19 di Indonesia memang menunjukkan penurunan tren kasus baru harian dalam beberapa minggu terakhir, namun hal ini tidak kemudian…

1 day ago

Belajar Docker: Definisi, Fungsi, dan Cara Menginstalnya

Mengembangkan sebuah software dengan efisien itu penting. Terutama, untuk dapat dilakukan di berbagai lingkungan pengembangan sekaligus. Nah, Docker adalah salah…

2 days ago

Produk Update Agustus 2021

Selama bulan Agustus, kami telah melakukan beberapa update fitur untuk terus meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mengembangkan produk terbaik. Apa saja…

3 days ago

Cara Memasang Captcha Google di WordPress

Pernahkah Anda melihat postingan blog yang kolom komentarnya dibanjiri oleh komentar spam? Atau mungkin, website Anda sendiri pernah disusupi dengan…

3 days ago