Basic Programming

10 Rekomendasi Website Belajar Coding Terbaik untuk Anda!

Siapa bilang coding adalah skill yang hanya bisa dipelajari lewat pendidikan formal? 

Dengan adanya website belajar coding, Anda bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Cukup bermodalkan laptop dan koneksi internet saja, lho! Menarik, bukan?

Hanya saja, saat ini sudah banyak website coding yang bermunculan. Mungkin Anda pun masih bingung memilih tempat belajar coding yang tepat. 

Di sini, kami akan memberikan rekomendasi situs belajar coding lengkap dengan keunggulan tiap situsnya. Dengan begitu, Anda dapat memilih website belajar coding yang pas untuk Anda. 

Langsung saja, yuk simak selengkapnya di bawah ini! 

Mengapa Anda Perlu Mempelajari Coding?

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika belajar pemrograman, di antaranya:

1. Prospek Kerja yang Cerah

Peluang kerja menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sebuah pekerjaan.

Tak perlu khawatir, prospek kerja programmer semakin cerah di masa depan. Bahkan, profesi di bidang IT diproyeksikan tumbuh hingga 13% di tahun 2020 sampai dengan 2030.

Hal ini terjadi karena peralihan bisnis ke ranah digital. Sehingga, banyak pelaku bisnis yang mulai menyadari bahwa website dan aplikasi adalah hal yang penting dalam berbisnis.

Perlunya pengembangan website dan aplikasi membuat programmer memiliki peran yang sangat penting. Tak begitu mengherankan jika saat ini keahlian dalam programming banyak diburu perusahaan yang berlomba-lomba untuk melebarkan sayap bisnis di dunia digital.

2. Jenjang Karir yang Menjanjikan

Prospek kerja sudah dijamin cerah, lalu bagaimana dengan career path seorang programmer?

Kabar baiknya, career path atau jenjang karir programmer dinilai sangat menjanjikan. Jika Anda seorang fresh graduate yang belum punya pengalaman profesional, Anda bisa melamar posisi entry level atau junior.

Setelah memiliki pengalaman selama 1-3 tahun, posisi Anda akan naik menjadi Senior Programmer. Tak berhenti di situ, seorang programmer juga bisa menjadi Team Leader setelah melewati masa senior.

Tak hanya jenjang karirnya saja yang menjanjikan, seorang programmer juga dijamin mendapat gaji yang tinggi. Bahkan, Salary Explorer melaporkan bahwa rata-rata gaji programmer di Indonesia berada di antara Rp 9-15,4 juta. Luar biasa!

3. Mengasah Skill Problem Solving

Seorang programmer akan bertemu kasus baru tiap harinya. Makanya, programmer harus bisa mengidentifikasi dan memahami masalah yang muncul sebelum membuat program. Setelah mengetahui masalah yang dihadapi, barulah programmer bisa menyusun kode yang bisa menjadi cara efektif untuk memecahkan masalah tersebut.

Jadi, dengan terus berlatih coding, skill problem solving yang Anda miliki akan semakin terasah. Apalagi, kemampuan ini menjadi hal yang dicari banyak perusahaan saat merekrut programmer. 

Semakin yakin untuk belajar coding, bukan? Proses belajar ini bisa dilakukan secara otodidak, kok. Saat ini banyak website belajar coding yang bisa Anda gunakan untuk belajar. Apa saja itu?

10 Website Belajar Coding yang Wajib Anda Ketahui

Berikut adalah 10 rekomendasi kursus coding online yang patut Anda coba:

  1. Coursera
  2. edX
  3. BitDegree
  4. Codepolitan
  5. Codecademy
  6. Codewars
  7. OpenCourseWare
  8. Code Avengers
  9. Solo Learn
  10. Upskill

Mari kita bahas satu per satu!

1. Coursera

Jika Anda ingin mempelajari materi-materi coding yang berkualitas, Coursera adalah jawabannya. Kerja sama Coursera dengan sejumlah universitas terkemuka di dunia tentu membuat Anda tak perlu lagi meragukan kualitas kelasnya.

Tak hanya itu, website belajar coding ini juga dilengkapi dengan 8 bahasa pengantar seperti bahasa Spanyol, Rusia, Turki, Perancis, Inggris, Portugis, Tiongkok, dan bahasa Tiongkok tradisional. Tinggal pilih deh bahasa mana yang nyaman untuk Anda…

Keunggulan:

  • Ada banyak kelas yang bisa diikuti, seperti Desain dan Arsitektur Software, Pengembangan Aplikasi Android, Cybersecurity untuk Website Bisnis, dan masih banyak lagi.
  • Pengajar dan materi pembelajaran dari berbagai universitas di seluruh dunia.
  • Durasi tiap kursus coding online berbeda-beda, dari hitungan minggu hingga bulan. Jadi, Anda bisa memilih kursus yang sesuai dengan ketersediaan waktu Anda.

Kekurangan:

  • Seluruh kelas bisa diakses secara gratis, tapi pengguna harus membayar jika ingin mendapatkan sertifikat penyelesaian program belajar.
  • Kebanyakan kelas yang disediakan website coding ini hanya untuk pemula.

2. edX

Menggandeng berbagai universitas ternama dunia, edX menghadirkan kursus coding online lengkap dengan resource-nya. 

Tak tanggung-tanggung, website belajar coding digarap langsung oleh universitas elit seperti Harvard dan MIT. Tak heran jika saat ini edX sudah memiliki lebih dari 5 juta siswa.

Di situs belajar coding ini, Anda akan menemukan berbagai topik yang bisa dipelajari di bawah kategori Computer Programming. Ada Android Development, Cybersecurity, Software Development, sampai iOS Development. Sangat lengkap, ya…

Keunggulan:

  • Seluruh kelas bisa diakses secara gratis.
  • Memberikan sertifikat dan gelar dari universitas terkemuka.
  • Kualitas kelas yang jempolan dengan sistem pembelajaran yang intensif.

Kekurangan:

  • Kelas kurang menarik karena tidak ada interaksi antara pengajar dan siswa maupun interaksi antar siswa.
  • Tidak adanya roadmap pembelajaran, sehingga banyak siswa yang bingung harus belajar mulai dari mana.

3. BitDegree

Bosan dengan metode pembelajaran yang itu-itu saja? Anda bisa menjajal situs belajar coding BitDegree! Sebab, BitDegree merupakan tempat belajar coding yang menawarkan course seru dan interaktif.

Memangnya, apa sih yang membuatnya seru?

Jadi, BitDegree memiliki goal untuk menyediakan kelas belajar coding dengan model permainan. Termasuk, adanya hadiah berupa BitDegree Tokens jika Anda berhasil menyelesaikan kelas tersebut.

Anda bisa membeli kelas-kelas berbayar di BitDegree dengan token ini lho.. Menarik, bukan?

Keunggulan:

  • Website coding ini memberi pilihan metode pembayaran yang bervariasi, mulai dari kartu debit, PayPal, BitDegree Tokens, hingga Bitcoin.
  • Berbagai kelas belajar coding tersedia dari level pemula sampai ahli.
  • Tak perlu khawatir soal biaya, BitDegree juga membantu penggunanya yang berprestasi untuk mencari sponsor yang bersedia membiayai kursus coding online.

Kekurangan:

  • Terkadang loading video pembelajaran cukup lama karena kualitasnya yang tinggi.
  • Memerlukan kuota internet yang banyak karena video dan grafisnya yang bagus.

4. Codepolitan

Codepolitan adalah website belajar coding yang memiliki tujuan untuk membantu generasi muda belajar dan berlatih programming. Tujuannya, agar generasi muda bisa menjadi individu yang kompetitif di era Industri 4.0.

Tempat belajar coding ini menyediakan kelas gratis dan berbayar. Tak cuma itu, Codepolitan juga menawarkan program membership pada penggunanya. Dengan program membership, pengguna bisa mengakses seluruh kelas di Codepolitan selama membership masih aktif.

Bukan hanya berisi sekumpulan course saja, Codepolitan memberikan fasilitas forum diskusi di website-nya. Dengan fasilitas ini, pengguna bisa menanyakan kendala belajarnya yang nantinya akan dibantu oleh tim Codepolitan dan seluruh member website belajar coding ini.

Keunggulan:

  • Bahasa pemrograman yang bisa dipelajari cukup lengkap. Ada Go Lang, PHP, jQuery, Kotlin, hingga Dart.
  • Tersedia Learning Path yang membantu pengguna yang masih bingung harus belajar mulai dari mana.
  • Adanya Leaderboard yang bisa memotivasi pengguna dalam proses belajar.

Kekurangan:

  • Jumlah kelas yang bisa diakses secara gratis hanya sedikit.
  • Kelas gratis hanya tersedia untuk materi dasar.

5. Codecademy

Saat ini, Codecademy adalah salah satu website belajar coding terbesar yang sudah menjaring lebih dari 24 juta pengguna.

Website coding ini memiliki katalog kelas bahasa programming yang bisa Anda ikuti sesuai dengan levelnya, yaitu beginner, intermediate, dan advanced. 

Sayangnya, kebanyakan kelas yang disediakan Codecademy hanya bisa diakses untuk member yang berlangganan membership.

Keunggulan:

  • Tersedia berbagai projects yang bisa digunakan untuk membangun portofolio sebagai programmer
  • Bisa tes kemampuan coding yang Anda miliki dengan adanya Code Challenges. Tes ini diambil dari technical interview perusahaan besar seperti Google, Amazon, dan Meta.
  • Setelah di-submit, kode yang dikerjakan pengguna akan langsung dites untuk mengetahui benar atau salahnya.

Kekurangan:

  • Website coding ini tidak memberikan refund bagi pengguna yang ingin membatalkan langganan membership-nya.
  • Materi untuk level advanced kurang lengkap.

6. Codewars

Berbeda dari website belajar coding lainnya, Codewars menerapkan metode challenge dalam sistem pembelajaran bahasa pemrograman. Metode ini terinspirasi dari seni bela diri, lho…

Setiap suatu challenge berhasil dilewati, tempat belajar coding ini akan memunculkan tantangan yang lebih sulit. Setelah menyelesaikan seluruh challenge yang diberikan, pengguna bisa membandingkan hasil codingnya dengan hasil dari pengguna lain. 

Jadi, pengguna bisa mengetahui cara coding lain yang bisa diaplikasikan untuk menangani suatu masalah saat melakukan pengembangan. Dengan begitu, website coding ini ingin mengasah skill coding dan memotivasi pemula yang baru belajar secara otodidak. 

Keunggulan:

  • Adanya program Freestyle Sparring yang mewadahi kompetisi antar pengguna untuk memotivasi proses belajar coding.
  • Tersedia berbagai macam bahasa programming dari C#, Ruby, Swift, Haskell, sampai SQL.
  • Seluruh tantangan yang ada di website belajar coding ini bisa diakses secara gratis.

Kekurangan:

  • Beberapa cara coding yang ada dalam materi pembelajaran cukup rumit dan umumnya tidak digunakan di dalam lingkungan kerja.
  • Website coding ini tidak ramah bagi Anda yang masih pemula karena tantangan yang diberikan semakin lama akan semakin rumit.

7. OpenCourseWare

OpenCourseWare (OCW) adalah situs belajar coding yang dibuat oleh MIT pada tahun 2001. Tujuannya, untuk membagikan materi belajar gratis bagi masyarakat luas. Jadi, walaupun Anda bukan siswa yang sedang menuntut ilmu di MIT, Anda tetap bisa mengakses seluruh kelas yang tersedia di OCW. 

Computer Science menjadi salah satu kelas yang disediakan oleh tempat belajar coding ini, dari bahasa Python, C++, C, sampai Java.

Keunggulan:

  • Pengguna bisa memilih program degree untuk mendapatkan gelar, ataupun mengambil course secara terpisah.
  • Seluruh kelas tersedia tanpa dipungut biaya.
  • Tidak ada batasan waktu yang ditetapkan pada setiap kursus, jadi pengguna bisa mempelajarinya sesuai durasi yang diinginkan.

Kekurangan:

  • Tidak adanya deadline pada seluruh kursus coding online yang ditawarkan mungkin akan membuat pengguna kurang termotivasi untuk segera menyelesaikan kursusnya.
  • Durasi video pembelajaran cukup panjang.

8. Code Avengers

Masih mencari website belajar coding yang seru? Anda bisa coba belajar di Code Avengers. Kebanyakan kursus coding online yang disediakan Code Avengers berbentuk game. Dengan begitu, pengguna tidak akan cepat bosan saat proses belajar.

Situs belajar coding ini memiliki program belajar yang bervariasi, yaitu:

  • Junior – kelas belajar coding untuk anak, tersedia juga dalam level intermediate (umur 10-15 tahun) dan advanced (umur 13-16 tahun)
  • Pro – kursus coding online untuk siswa yang sudah mahir dan ingin mengasah skill coding-nya.
  • Edu – kelas belajar coding untuk guru SD, SMP, dan SMA

Keunggulan:

  • Tersedia free trial 7 hari untuk menjajal apakah program cocok dengan cara belajar pengguna atau tidak.
  • Durasi kursus sekitar 12 jam sehingga banyak materi yang bisa dipelajari.
  • Tak cuma menyediakan program belajar coding untuk web development dan pengembangan aplikasi, ada program belajar untuk membuat game di situs belajar coding ini.

Kekurangan:

  • Kurang cocok bagi pengguna yang lebih menyukai sistem pembelajaran konvensional yang tidak banyak melibatkan permainan.
  • Grafis berkualitas tinggi sehingga koneksi internet harus stabil supaya akses materi tetap lancar.

9. Solo Learn

Solo Learn adalah salah satu website belajar coding yang jempolan. Buktinya, situs ini sudah menjaring 57 juta siswa.

Tempat belajar coding ini menghadirkan lebih dari 20 materi bahasa pemrograman populer, termasuk Python, HTML, JavaScript, dan Swift.

Menariknya, Solo Learn memiliki fitur Code Playground yang digunakan untuk sharing kode yang sedang dikerjakan. Di fitur ini, pengguna lain bisa memberikan feedback atau berkolaborasi dengan Anda. Seru, ‘kan?

Keunggulan:

  • Seluruh kelas belajar coding yang tersedia bisa diakses secara gratis dan pengguna akan mendapat sertifikat setelah menyelesaikan sebuah kelas.
  • Website belajar coding ini adalah situs yang mobile-friendly.
  • Bisa berkompetisi dengan pengguna lain dengan fitur Code Challenges.

Kekurangan:

  • Website coding ini tidak memberikan buku panduan bagi pengguna yang memiliki kendala belajar. Jadi, pengguna harus bertanya kepada pengguna lainnya di forum diskusi.
  • Tampilan website sangat sederhana sehingga menyebabkan pengguna mudah bosan.

10. Upskill

Ingin fokus belajar web development? Upskill bisa menjadi website belajar coding yang pas untuk Anda. 

Dari halaman depan situsnya saja, Anda sudah disuguhkan dengan “Learn how to code from scratch” yang artinya belajar cara coding dari 0. Jadi, bagi Anda yang masih benar-benar pemula tidak perlu khawatir. Situs belajar coding ini akan membantu Anda belajar pengembangan web dari awal.

Keunggulan:

  • Kursus coding online ini berbasis project, jadi Anda bisa langsung menerapkan apa yang Anda pelajari.
  • Project yang dikerjakan selama proses pembelajaran bisa dimasukkan ke dalam portofolio.
  • Tersedia program belajar untuk pemula dan programmer yang sudah mahir.

Kekurangan:

  • Terdapat duplikasi materi di beberapa kelas belajar coding.
  • Terkadang ada grammar yang salah dan typo di materi yang disediakan.

Mana Website Belajar Coding yang Menarik untuk Anda?

Dari artikel ini, Anda sudah mengetahui berbagai website belajar coding . Tak perlu bingung pilih tempat belajar coding yang mana. 

Pilihlah website belajar coding yang menawarkan sertifikat dan yang punya materi berbasis project. Sebab, Anda bisa menjadikan project tersebut sebagai portofolio untuk membuktikan skill yang Anda miliki. 

Nantinya, Anda bisa mencoba meng-online-kan project yang Anda garap supaya mudah diakses oleh publik. Salah satu cara online-kan project ialah dengan berlangganan hosting.  

Jangan lupa pastikan Anda sudah pilih hosting yang fleksibel untuk membuat berbagai jenis website. Misalnya, layanan VPS murah terbaik Niagahoster yang memberikan full access root. Dengan begitu, Anda bisa konfigurasi server sesuai keinginan agar kompatibel dengan jenis database ataupun framework yang Anda pakai.

Menariknya lagi, semua itu bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 104 ribu saja! Mantep banget, ‘kan?

Tunggu apa lagi? Yuk online-kan project Anda dengan hosting berkualitas dari Niagahoster!

Aura Nisrina Hesanty

I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Share
Published by
Aura Nisrina Hesanty

Recent Posts

Apa Itu UKM? Pahami Contoh Sampai Perbedaannya dengan UMKM!

UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!

2 days ago

Cara Install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS dengan Mudah

Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…

2 days ago

Pengganti Niaga Forum, Ini Layanan Niagahoster Lain untuk Tetap Up to Date

Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!

3 days ago

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain.  Dengan…

3 days ago

Produk Unggulan Niagahoster sebagai Alternatif Layanan EazyLink

Niagahoster berkomitmen membantu Anda meraih kesuksesan online. Nah, kami punya pemberitahuan terkait layanan EazyLink. Cek infonya di sini!

6 days ago

Apa Itu Reseller? Contoh, Cara Kerja, dan Tips Menjadi Reseller

Ingin berbisnis tapi tak punya modal yang cukup? Atau ingin memiliki usaha sampingan yang fleksibel tapi menjanjikan? Sangat bisa. Anda…

1 week ago