Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Tips Marketing yang Tepat Bagi Brand Lokal di 2023

12 min read

Featured Image Tips Marketing yang Tepat Bagi Brand Lokal di 2021

Membangun bisnis dengan brand lokal itu cukup menjanjikan, lho. Tidak percaya? 93,3% masyarakat Indonesia terbukti lebih percaya dengan kualitas produk lokal. Jauh dibandingkan dengan kepercayaan pada produk asing yang hanya 71,5%.

Menariknya, konsumen ternyata juga suka membeli produk brand lokal yang dipromosikan dengan baik. Sebab, mereka jadi lebih merasa dekat dengan produk tersebut.

Nah, itu artinya promosi bagi sebuah brand lokal penting untuk dilakukan kalau bisnis Anda ingin lebih cuan. Tapi, bagaimana cara promosi produk brand lokal yang baik?

Tenang, Anda sudah datang ke tempat yang tepat! Di artikel ini, Anda akan menemukan beberapa tips marketing ampuh supaya brand Anda dikenal masyarakat dan menghasilkan profit lebih besar. Yuk, simak sampai selesai!

Kenapa Marketing bagi Brand Lokal itu Penting?

ilustrasi pentingnya marketing bagi brand lokal

Sebelum berbicara tentang tips marketing, apa sih sebenarnya yang membuat marketing penting bagi brand lokal? Berikut beberapa alasannya:

1. Konsumen Bisa dengan Mudah Menemukan Brand Anda

Dengan upaya marketing yang baik, konsumen akan lebih mudah menemukan brand Anda.

Faktanya, sekitar 81% calon pembeli akan melakukan riset secara online sebelum melakukan pembelian. Mereka akan mencari tahu tentang harga, deskripsi, gambar produk, ulasan pembeli, kualitas customer service, dan lain sebagainya.

Idealnya, setiap kali konsumen melakukan riset, nama brand Anda-lah yang terlihat di hasil pencarian. Sebab, kalau brand Anda tidak ditemukan, konsumen hanya akan mengenal kompetitor yang punya produk sama dengan bisnis Anda, bukan?

2. Memenangkan Persaingan dengan Brand Lokal Lain

Tak bisa dipungkiri bahwa memenangkan persaingan bisnis itu sangatlah berat. Apalagi mengingat sudah ada sekitar 11,7 juta UMKM yang sudah Go Online.

Kalau tidak didukung dengan marketing yang tepat, bisnis Anda bisa saja kalah bersaing dan berisiko gulung tikar. Apalagi jumlah UMKM yang Go Online diprediksi akan terus meningkat hingga 30 juta di tahun 2023. 

Nah untuk memenangkan persaingan melawan brand lokal lain adalah menjalankan marketing yang mampu membekas di ingatan calon konsumen bisa jadi langkah efektif. Bagaimana caranya?

Anda bisa menggunakan strategi viral marketing dengan membuat konten unik dan menjadi viral di media sosial. Cara lainnya, dengan melaksanakan experiential marketing agar calon konsumen bisa merasakan bagaimana produk Anda digunakan dalam keseharian.

Contoh viral marketing bisa Anda temukan pada billboard Go-Jek yang sempat viral di tahun 2017 silam:

Maka dari itu, strategi yang membekas saat melakukan marketing adalah keharusan agar brand Anda bisa memenangkan persaingan dengan brand lokal lainnya.

Baca Juga: Virtual Event: Benarkah Menjadi Solusi Masa Kini & Bagaimana Melakukannya dengan Benar untuk Menjaring Potensial Klien?

3. Menyasar Konsumen yang Lebih Tepat

Dengan mengoptimalkan strategi marketing, Anda bisa menyasar konsumen yang lebih tepat. Baik dari demografinya, hobi, media sosial yang digunakan, dan lain sebagainya.

Kenapa menyasar konsumen yang lebih tepat itu penting?  CEO Insaf Digital Agency, Renaldy Pujiansyah mengatakan bahwa salah satu permasalahan bisnis tak berhasil adalah karena tidak tahu harus menawarkan produknya kepada siapa. 

Efeknya, bisnis tersebut hanya menghambur-hamburkan uang karena strategi marketing-nya tidak tepat sasaran. Jika hal tersebut tak segera diubah, bisa-bisa mereka masuk ke 29% bisnis yang gagal karena kehabisan uang. 

4. Membangun Keterikatan Emosi Positif ke Konsumen

Brand lokal perlu menggunakan marketing untuk membangun keterikatan emosi yang positif dengan konsumen. Giorrando Grissandy, CEO Garis Temu juga setuju dengan hal ini:

“Yang harus disadari brand adalah mereka sedang berinteraksi dengan orang berintuisi. Penting untuk menyentuh sisi emosional dan keterikatan emosi ini yang kemudian melekatkan sebuah brand,”

Keterikatan emosi konsumen membawa banyak manfaat bagi brand Anda. Bukan hanya mereka akan cenderung membeli produknya,  tapi juga 80% diantaranya tak ragu merekomendasikan brand Anda ke orang lain.

5. Meningkatkan Pemasukan 

Manfaat paling penting dari upaya marketing untuk brand lokal adalah meningkatkan penjualan produk. Apa alasannya?

Pertama, ketika upaya promosi sering dilakukan di berbagai platform, semakin mudah orang untuk menemukan brand Anda. Pada akhirnya, kesempatan mereka untuk bisa tertarik dan membeli produk tersebut jadi semakin besar. Ini tentu akan berpengaruh pada tingkat penjualan produk.

Kedua, kejelian menggunakan promosi yang unik bisa membuat bisnis Anda terlihat menonjol dari brand lokal lain. Ini bisa menjadi upaya branding yang efektif untuk menjaring pelanggan setia yang terus membeli produk Anda.

Ketiga, jika iklan yang dibuat sesuai dengan audiens (personalized), customer experience diberikan akan lebih baik. Misalnya, menawarkan produk sesuai riwayat pembelian konsumen. Cara ini ternyata bisa meningkatkan pembelian hingga 14 kali lipat, lho!

Tips Marketing Ampuh untuk Brand Lokal

ilustrasi apa itu customer experience

Setelah Anda tahu kenapa marketing itu penting, berikut beberapa tips pemasaran yang sudah terbukti ampuh untuk brand lokal Anda:

1. Wajib Go Online dengan Website

Pengguna internet di Indonesia mencapai 196 juta pengguna atau 73,7% dari total populasi. Jadi, bisa dikatakan agar sebuah brand ingin terus berkembang, melakukan promosi online itu wajib. 

Bayangkan kalau Anda masih menjalankan secara offline, potensi mendapat jutaan pelanggan akan hilang.

Apalagi sekarang, banyak pilihan untuk go online. Ingin mulai dari media sosial dulu? Bisa. Ingin menggeluti marketplace? Boleh. Namun, website tetap pilihan terbaik dengan berbagai kelebihan. Jadi, sebaiknya Anda jadikan sebagai channel utama untuk promosi. 

Kenapa demikian?

Pertama, 84% konsumen lebih percaya bisnis yang memiliki website. Artinya, mengandalkan media sosial saja belum cukup untuk membangun brand lokal Anda secara online.

Kedua, saat konsumen melakukan riset di Google, hasil yang ditampilkan adalah website atau lapak di marketplace, seperti contoh berikut:

Nah, kalau Anda punya website sendiri, besar kemungkinan Google akan menampilkannya sebagai hasil pencarian untuk kata kunci tertentu bersama dengan sebuah lapak di marketplace.

Terakhir, website membuat upaya branding Anda jauh lebih mudah.  Berbeda dengan marketplace atau media sosial yang tampilannya seragam dan tak bisa diubah, website memberikan Anda kebebasan membangun branding sendiri. Mulai dari warna, logo, layout, jenis font, fitur khusus, dan lainnya. 

2. Optimalkan Local SEO

Sebagai brand lokal, tentu saja Anda harus bisa menguasai hasil pencarian lokal di Google agar upaya marketing Anda lebih baik. Apalagi, sebesar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal.

Nah, hal ini bisa disiasati dengan optimasi Local SEO, yaitu cara untuk melakukan optimasi website agar mampu tampil di hasil pencarian di lingkup wilayah tertentu. 

Katakanlah kalau bisnis Anda berada di Yogyakarta, maka setiap pencarian pengguna terdekat di kota tersebut harus mampu menampilkan brand Anda. 

Contohnya, ketika melakukan pencarian dengan kata kunci “beli baju brand lokal” dan brand Anda harus mampu muncul di antara bisnis lain yang memiliki niche bisnis di bidang fashion.

Salah satu kunci untuk mengoptimalkan Local SEO adalah melakukan riset keyword dan menggunakannya di website Anda. Tujuannya agar Anda tahu apa yang diinginkan konsumen dan kata kunci apa yang diketikkan di Google.

Dengan menguasai local SEO, akan semakin sering orang melihat brand Anda di hasil pencarian sehingga semakin besar juga kemungkinan mereka melakukan pembelian. 

3. Jangan Lupa Daftar Google Bisnisku

Anda pasti sudah tidak asing dengan hasil pencarian di sisi kanan layar seperti ini:

Itulah yang dinamakan dengan Google Bisnisku atau Google My Business. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi lengkap tentang bisnis Anda agar konsumen mudah mencarinya.

Google Bisnisku ini bisa memperkuat Local SEO Anda, lho. Sebab, jika ada yang mencari brand Anda secara khusus, informasinya akan langsung ditampilkan di halaman pertama Google seperti contoh di atas.

Selain itu, Google Bisnisku juga mampu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda hingga 70%! Alasannya cukup jelas bahwa semakin lengkap informasi sebuah bisnis, semakin kecil kemungkinan bisnis itu abal-abal, bukan?

Lalu, bayangkan jika Anda mengkombinasikan strategi website dengan Google Bisnisku. Tak ada lagi keraguan di hati konsumen saat hendak membeli produk Anda dan itu artinya cuan akan mengalir deras.

4. Ciptakan Buyer Persona

Marketing juga bisa dimanfaatkan brand lokal untuk menyasar target konsumen lebih tepat. Salah satunya, dengan membuat buyer persona. 

Buyer persona merupakan representasi dari tipikal target konsumen Anda. Buyer persona didapatkan dari hasil riset yang nantinya berisi data demografis, tingkah laku, kepribadian, dan semacamnya.

Berdasarkan survey, 90% bisnis berhasil meningkatkan pemahamannya pada konsumen dengan buyer persona. Apa dampaknya? Anda akan tahu persis bukan hanya siap target pasar Anda tapi juga apa yang mereka butuhkan. 

Pada praktiknya, Anda tidak asal mempromosikan produk ke banyak orang yang belum tentu tertarik dengan produk tersebut. Jadi, lebih menghemat waktu dan biaya.

Nah, apa saja yang harus dilakukan saat menciptakan buyer persona?

  • Lakukan riset mendalam
  • Kenali masalah konsumen
  • Identifikasi tujuan konsumen
  • Ketahui bagaimana bisnis Anda bisa menjadi solusi
  • Kategorikan setiap persona
  • Ciptakan buyer persona negatif

5. Tentukan Nilai Jual Brand

Apa yang membuat brand Anda beda dari kompetitor? Layanan customer service Anda lebih baik? Produk Anda lebih eksklusif karena dibuat dengan tangan (handmade)? Atau, Anda memberikan packing kayu gratis di setiap pengiriman barang?

Apapun itu, tentukan nilai keunikan atau Unique Selling Point (USP) dari bisnis Anda.

USP bukan hanya bisa menarik konsumen tapi akan memudahkan upaya marketing dan branding yang Anda lakukan.

Lalu, bagaimana cara menentukan nilai jual brand Anda? Head of Communications Sayurbox Oshin Hernis punya tips untuk Anda:

“Jangan berhenti untuk selalu beradaptasi melakukan modifikasi dan inovasi yang berbeda dengan yang lain. Inovasi penting agar bisa terus berbeda dengan pasar yang sudah ada,” kata Oshin.

USP bisa Anda ciptakan dengan cara melakukan inovasi produk. Tengok saja Puyo Dessert, brand puding lokal ini melakukan inovasi sederhana tapi berhasil meraup omzet hingga miliaran rupiah. Apa yang dilakukan?

Puyo Dessert menciptakan inovasi puding sehat yang kaya akan serat dan rendah kalori. Ini tentu menjadi sebuah USP menarik bagi konsumen yang ingin hidup sehat.

6. Kelola Blog untuk Memberikan Value

Mengelola blog sekilas terdengar melelahkan. Tak heran banyak brand lokal yang masih enggan melakukannya. Padahal, ini bisa jadi tips marketing paling jitu untuk dicoba. 

Faktanya, 6 dari 10 konsumen mengaku mendapatkan value dari blog. Value tersebut  bisa berupa informasi bermanfaat seperti tips, panduan, info promo terbaru yang berhubungan erat dengan produk Anda. 

Apa artinya? Melalui blog, konsumen jadi bisa lebih dekat dengan brand dengan pendekatan content marketing tersebut. Strategi ini cocok untuk membangun kredibilitas brand lokal untuk jangka panjang. 

Baca juga: 6+ Alasan Mengapa Blog Penting Untuk Bisnis

Salah satu brand lokal yang mengelola blog dengan cukup baik adalah Uwitan. Mereka rajin menerbitkan artikel yang berhubungan dengan furniture di blognya. Terutama tentang tips memilih furniture.

salah satu artikel di blog Uwitan untuk menyebar kata kunci

Dengan berbagai artikel yang dibuatnya, bukan hanya sebagai bukti bahwa bisnis tersebut eksis, tapi juga menunjukkan expertise yang dimiliki.

7. Kelola Media Sosial Resmi dengan Baik

Kami yakin bisnis Anda pasti sudah memiliki akun media sosial resmi. Namun, apakah Anda sudah mengelolanya dengan baik

Media sosial yang dikelola dengan baik bisa memberikan pengalaman yang memuaskan bagi konsumen Anda. Bahkan, 71% konsumen tak akan ragu merekomendasikannya ke orang lain sehingga akun Anda akan semakin dikenal dan followernya juga bisa bertambah.

Tertarik untuk menggunakan strategi social media marketing? Inilah beberapa tips yang bisa dicoba:

  • Bentuk tim pengelola — mengelola media sosial itu cukup menyita waktu. Jadi, buatlah tim khusus untuk mengelolanya, sementara Anda fokus ke bisnis. Dengan begitu, bisnis Anda tetap aktif dan responsif setiap saat.
  • Buat kalender konten — supaya memudahkan Anda untuk menyiapkan semuanya dengan tepat waktu. Sehingga konten Anda bisa terbit secara rutin dan menciptakan followers yang loyal.
  • Dengarkan konsumen — jangan hanya fokus ke promosi saja, tapi Anda juga harus berinteraksi dengan followers Anda. Jawab pertanyaan mereka, ajak mereka untuk mengikuti kuis, dan semacamnya. Dijamin, konsumen akan lebih loyal dan menghargai Anda.

8. Gunakan Strategi Ads yang Efektif

Iklan memang salah satu cara promosi yang masih cukup efektif. Jadi, brand bisnis Anda perlu tetap melakukannya. 

Namun, alih-alih memasang iklan melalui billboard atau baliho, menggunakan iklan digital secara online terbukti lebih efektif. Apalagi saat ini kian banyak pilihan platform yang bisa Anda gunakan, yaitu:

Nah, bagaimana menggunakan iklan online sebagai strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness bisnis? Ini dia berbagai tipsnya:

1. Tentukan Tujuan Iklan

Mengetahui tujuan iklan akan memudahkan Anda menentukan materi iklan agar tepat sasaran. Iklan dengan tujuan menambah followers media sosial, tentu membutuhkan gambar dan video berbeda dengan iklan untuk mendapatkan leads, bukan? Oleh karena itu, selalu mulai dengan menentukan tujuan iklan dibuat.

2. Pamerkan USP Anda

Setelah menentukan USP brand bisnis Anda, jangan ragu untuk menunjukkannya dalam materi iklan. Dengan begitu, audiens akan lebih tahu apa yang membedakan Anda dengan brand lainnya. 

3. Beriklan di Tempat yang Tepat

Anda tak perlu menghabiskan uang untuk memasang iklan di semua platform. Pilihlah yang paling sesuai dengan target konsumen Anda. Misalnya, sebagian besar target konsumen Anda pengguna Instagram, maka utamakan menggunakan Instagram Ads.

9. Manfaatkan WhatsApp Bisnis

WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi yang diciptakan khusus untuk pemilik bisnis agar mudah berkomunikasi dengan konsumennya. Anda bisa menggunakannya untuk brand bisnis Anda.  

Apa saja sih manfaat menggunakan WhatsApp Bisnis?

  • Fitur komunikasi yang lengkap — terdapat fitur seperti greeting message untuk menyapa konsumen saat pertama kali menghubungi Anda, quick message untuk membalas pertanyaan yang sama dengan cepat, hingga away message yang mengirim pesan otomatis saat Anda sedang off.
  • Mudah memfollow-up konsumen — terdapat fitur Label, dimana Anda bisa memberikan label “unpaid” pada pelanggan yang belum membayar.
  • Bisnis lebih terpercaya — adanya fitur profil bisnis bisa menghapus keraguan di hati konsumen Adna. Sebab, semua informasi tentang bisnis Anda akan ditampilkan.
  • Promosi produk — fitur Katalog untuk memajang berbagai produk Anda, lengkap dengan deskripsi dan harganya. 

Dengan semua manfaat di atas, tak heran kalau WhatsApp Bisnis telah digunakan oleh lebih dari lima juta bisnis di seluruh dunia. 

Ada yang lebih menarik, WhatsApp Bisnis juga bisa disambungkan ke website Anda, lho. Jadi, ketika pengunjung browsing dan ingin menghubungi Anda, cukup sekali klik  akan langsung tersambung ke WhatsApp Bisnis Anda.

Contohnya, bisa Anda lihat pada website brand lokal Bodypack ini:

Baca Juga:  5+ Plugin Chat WhatsApp WordPress Terbaik!

10. Jangan Lupa Tawarkan Promo dan Diskon

Siapa yang bisa menolak promo dan diskon? Maka dari itu, adakanlah promo dan diskon untuk menarik konsumen ke brand Anda.

Kalau Anda memiliki website, Anda bisa mengadakan promo online yang hasilnya lebih menjanjikan. Sebab, 69% konsumen selalu mencari diskon dan kupon secara online.

Masih bingung promo dan diskon seperti apa yang pas untuk brand lokal seperti bisnis Anda? 

Tak perlu mulai dengan promo besar-besaran, kok. Sekadar promo gratis ongkos kirim sudah cukup membuat calon konsumen tertarik dan meningkatkan pembelian hingga lima kali lipat, lho!

Selain ongkos kirim gratis, berikut beberapa ide promo lainnya:

  • Bonus setiap pembelian jumlah tertentu
  • Kartu langganan (loyalty card)
  • Cashback
  • Kode promo
  • Voucher untuk pembelian selanjutnya

Berikut contoh salah satu brand lokal yang menawarkan promo:

11. Coba Manfaatkan CRM

Customer Relationship Management (CRM) adalah cara untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen menggunakan data dan informasi yang up-to-date.

Dengan data CRM tersebut, Anda akan tahu dengan informasi tentang konsumen lebih lengkap. Mulai dari profil, riwayat pembelian, percakapan dengan tim Anda, hingga laporan analisis konsumen tersebut.

Nantinya data tersebut bisa digunakan untuk menerapkan strategi marketing yang lebih tepat ke setiap pelanggan. Misalnya, konsumen mana yang akan diberikan promosi khusus dan jenis produk yang cocok baginya.

Kalau brand lokal Anda masih baru, Anda bisa menggunakan CRM secara manual dulu. Misalnya, menggunakan buku catatan atau Excel untuk mengumpulkan data. 

Setelah bisnis berkembang, menggunakan software CRM bisa jadi pilihan karena semua langkah bisa serba otomatis. Apalagi, software CRM bisa memudahkan dan lebih waktu serta mampu meningkatkan penjualan hingga 29%. Bakal makin banyak cuan, bukan?

12. Bekerjasama dengan Influencer

Membahas tips marketing untuk brand lokal tak lengkap rasanya kalau tidak membicarakan influencer. Kenapa demikian?

Influencer cocok untuk mempromosikan produk, apapun level bisnisnya. Anda cukup memilih jenis influencer yang tepat mulai, nano, mikro hingga mega influencer.

Bukan hanya lebih fleksibel untuk kebutuhan bisnis, influencer marketing juga lebih efektif. Faktanya, 89% bisnis mendapatkan ROI (return of investment) lebih baik dibanding dari  kanal marketing lainnya.

Namun, pastikan Anda bekerja sama dengan influencer yang tepat. Nah, ini dia tips memilih influencer:

  • Wajib memiliki reputasi baik — hindari influencer yang sering terlibat permasalahan atau kontroversial. Pilihlah yang punya personal branding yang baik untuk mendukung branding bisnis Anda.
  • Punya tingkat engagement yang tinggi —engagement influencer dengan follower juga harus baik agar pesan promosi Anda bisa diterima dengan benar. Pun demikian, jangan lupakan jumlah follower yang dimilikinya, ya.
  • Intensitas update konten yang baik — influencer yang terlalu sering post justru menyebabkan posting promosi Anda cepat tergeser dari halaman atas. Sedangkan, kalau jarang posting tentu memiliki engagement rendah. Jadi, pilihlah influencer intensitas update kontennya proporsional.

13. Terapkan Community Marketing

Siapa sangka kalau komunitas bisa berperan penting dalam strategi marketing suatu brand? Kenyataannya menggunakan komunitas untuk memasarkan produk cukup menjanjikan. Tak heran lahirlah strategi community marketing.

Strategi marketing ini berfokus pada interaksi dengan komunitas konsumen Anda. Interaksinya bisa dilakukan online maupun offline. Mulai dari komunitas regional di suatu kota, komunitas dalam event khusus, seminar, grup Facebook,hingga forum online.

Community marketing cocok untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Karena fokusnya adalah pada interaksi jadi lebih mampu untuk membangun engagement. Hal ini tentu penting dilakukan brand lokal untuk mampu menjaga konsumen agar tetap setia dengan produk bisnisnya (customer retention).

Dengan customer retention brand lokal bisa menghemat anggaran untuk menarik pelanggan baru membutuhkan biaya lima hingga 25 kali lipat lebih besar. 

Salah satu contohnya adalah Niagahoster Forum. Di sini, konsumen Niagahoster bisa membuka topik untuk bertanya dan berdiskusi seputar pengembangan website dan digital marketing.

Niaga Forum sebagai contoh tips marketing brand lokal dengan memanfaatkan komunitas

14. Lakukan Kegiatan Kepedulian Terhadap Lingkungan Sekitar

Konsumen Indonesia ternyata ingin bisnis juga peduli dengan masalah lokal. Maksudnya,  brand bisnis diharapkan memiliki program kepedulian masyarakat atau Corporate Social Responsibility (CSR). 

Percaya atau tidak, CSR bisa jadi tips marketing yang ampuh, lho. Bukan hanya brand Anda akan lebih dikenal masyarakat, tapi 66% konsumen rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli produk dari brand Anda. 

Contoh brand lokal yang menjalankan CSR adalah Starcross.

Starcross rela menghentikan produksi komersial demi membuat APD yang kemudian dibagikan gratis ke tenaga kesehatan. Sambutan konsumen cukup positif dengan aksi ini. Hal ini terlihat dari tiga ribu like pada postingan Instagram mereka. Anda tertarik mencobanya?

Baca Juga: 10+ Trik Psikologi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Inspirasi Brand Lokal dengan Marketing yang Pantas Diacungi Jempol

Sebagai penutup artikel ini, berikut beberapa contoh brand lokal yang berhasil menerapkan tips di atas dengan baik.

1. Uwitan

Uwitan merupakan brand furniture lokal asal Yogyakarta yang didirikan pada tahun 2015 silam. Sejak awal didirikan, Uwitan selalu berfokus berjualan furniture secara online. Baik melalui website, media sosial, dan marketplace.

Strategi marketing Uwitan yang paling menonjol terletak pada blog-nya. Berikut beberapa manfaat blog pada kesuksesan bisnis Uwitan:

  • Menarik pengunjung ke website — Uwitan sering memasang artikel blog di berbagai media sosialnya, sehingga menarik follower mereka untuk mengunjungi website atau blog. Nah, semakin banyak pengunjung yang datang, semakin besar pula kesempatan untuk konversi.
  • Mendapatkan konsumen baru dari Google — Uwitan sering menerbitkan artikel-artikel seputar tips furniture. Jadi, jika ada yang mencari kata kunci tersebut, blog Uwitan bisa muncul di Google. Sehingga orang yang sebelumnya tak kenal Uwitan, justru bisa menjadi konsumennya.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen — konten blog Uwitan tak hanya relevan dengan konsumen, tapi juga bermanfaat. Hal ini membuat calon konsumen menganggap Uwitan sebagai expert di bidang furniture. Hasilnya, konsumen akan lebih percaya dengan brand Uwitan.

Baca Juga:  Uwitan: Bisnis Furnitur yang Sukses Besar dengan Go Digital

2. Puyo Desserts

poyo dessert adalah inspirasi usaha yang menguntungkan

Puyo Dessert adalah brand lokal yang menjual puding sehat dengan kandungan fiber tinggi dan rendah kalori. Inilah USP Poyo yang membedakannya dengan brand puding lokal lainnya.

Sedangkan dari sisi marketing, Puyo konsisten menjalankannya sesuai identitas brand dan produknya yang warna-warni. Mulai dari website dengan animasi penuh warna, hingga media sosial yang memancarkan aura ceria.

Selain itu, Puyo juga mempunyai blog berisi tips hidup sehat yang sesuai dengan tujuan produk mereka. Gaya penyampaian artikelnya juga ringan yang cocok untuk semua usia.

3. Starcross

Starcross adalah contoh brand lokal dengan marketing yang bagus

Starcross merupakan brand fashion lokal asal Jogja yang didirikan tahun 2004 silam. Sekarang, Starcross mempunyai lebih dari 50 titik distribusi di Indonesia dan berhasil membuka distro di Nagoya, Jepang.

Dari sisi marketing, website Starcross bisa dikatakan yang paling menonjol. Tak hanya Anda bisa menemukan semua informasi tentang Starcross, tapi website-nya juga berperan sebagai toko online.

Baca juga: 15+ Fitur Penting Ini Wajib Dimiliki Toko Online

Pengunjung bisa dengan mudah melihat katalog produk Starcross berdasarkan kategori. Di setiap halaman produknya pun juga terdapat deskripsi yang sangat lengkap, kolom review, hingga produk terkait. Sehingga pengunjung bisa mendapatkan semua keterangan tentang produk dalam satu tempat.

Sudah Siap Menjalankan Marketing yang Lebih Ampuh?

Diantara berbagai tips marketing brand lokal di atas, manakah tips yang ingin Anda gunakan? Atau Anda justru berniat mencoba semuanya? Apapun itu, pilihlah yang paling efektif dari segi waktu dan biaya. Apalagi jika brand lokal Anda baru mulai.

Jika sebelumnya Anda melakukan promosi secara offline, sekarang saatnya untuk beralih ke strategi marketing online, terutama menggunakan website. Selain untuk menunjukkan online presence, website juga cocok untuk tujuan branding dan promosi produk lho. 

Nah, agar website bisa diakses 24 jam penuh, memilih layanan hosting yang bisa diandalkan itu penting. Apalagi jika menawarkan harga terjangkau sesuai budget bisnis Anda.

Niagahoster bisa menjadi pilihannya. Selain menawarkan layanan hosting murah Indonesia dengan performa yang baik dan aman, Anda bisa mendapatkannya cukup dengan Rp27 ribu/bulan. Apalagi tersedia layanan customer service 24 jam untuk membantu Anda. 

Jadi, tunggu apalagi, yuk jalankan strategi marketing yang lebih ampuh dengan membuat website di Niagahoster!

Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.