Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Virtual Event: Benarkah Menjadi Solusi Masa Kini & Bagaimana Melakukannya dengan Benar untuk Menjaring Potensial Klien?

6 min read

Virtual Event

Sejak tahun 2020, info manakah yang lebih sering Anda jumpai: virtual event atau event offline?

Kami yakin, mayoritas dari Anda akan menjawab ‘Virtual Event.’

Yap saat ini, event offline boleh dikatakan kembang kempis. Berbanding terbalik dengan virtual event yang mulai ngehits.

Virtual Event mulai naik daun

Buktinya, di tahun 2020 saja sudah ada lebih dari satu juta virtual event diselenggarakan dan itu pun hanya pada platform Eventbrite saja. Belum dari Zoom, Google Meet, dan platform lainnya.

Namun terlepas dari itu, apakah virtual event semata tren sesaat atau memang membawa impact yang oke bagi bisnis?

Nah, Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Di sini kami akan mengulas mengapa virtual event menjadi solusi bisnis masa kini dan bagaimana melakukannya dengan benar untuk menjaring potensial klien.

Ini Alasan Virtual Event Menjadi ‘The Next Big Thing’ di Masa Depan

Saat ini popularitas virtual event makin menanjak. Tercatat, pagelaran event online meningkat 1000% pada 2020.

Itu artinya, virtual event kemungkinan akan tetap menjadi bagian dari masa depan dunia. Bahkan, 93% event marketer mau berinvestasi dalam virtual event pada tahun-tahun selanjutnya.

Lho, kenapa ya? 

Ini dia alasan virtual event menjadi ‘The Next Big Thing’ di masa mendatang.

1. Merampingkan Cost

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Anda harus menyiapkan belasan hingga puluhan juta untuk menyelenggarakan event offline sederhana. Biaya transport, konsumsi, venue dan dekorasi…

Simulasi Rencana Anggaran Biaya Event Offline

Belum lagi jika acaranya gagal. Jumlah peserta kurang, misalnya.

Tentunya, ini berlawanan dengan online event. Kebutuhan acara jauh lebih ringkas dan risiko tekor pun lebih minim.

Bayangkan, jutaan rupiah dana demi sewa dan dekor venue sekali seminar bisa ditekan ke ratusan ribu rupiah untuk berlangganan Zoom Meeting sebulan. Jauh lebih hemat, bukan? 

2. Meningkatkan Value Event

Apakah Anda menyangka kualitas online event lebih turun daripada event offline? Padahal sebaliknya, virtual event mampu meningkatkan value acara.

Lho, kok bisa?

Pertama, dana yang efisien memungkinkan Anda fokus berinvestasi pada keynote speaker eksklusif. Kualitas materi virtual event pun lebih terpercaya dan menarik.

Virtual Event Meningkatkan Value

Selain menjaring peminat, virtual event memungkinkan Anda lebih mengapresiasi peserta. Doorprize, misalnya. Daripada menggelontorkan jutaan rupiah demi operasional, budget bisa untuk doorprize keren.

Tapi, virtual event kan susah engaged sama audiens?

Nah, sekarang ini sudah banyak kok tools virtual event canggih. Seperti fitur QnA, lucky wheel, polling, hingga quiz interaktif. Selain lebih engaged, seluruh peserta jadi punya kesempatan yang sama untuk berinteraksi selama virtual event.

3. FOMO Effects Memicu Orang untuk Ikut

FOMO atau Fear of Missing Out adalah istilah psikologi saat seseorang gelisah jika ketinggalan tren atau suatu hal yang menyenangkan.

Nah rupanya, virtual event cukup menimbulkan FOMO Effects, lho. Apalagi, jika terbatas oleh waktu ataupun kuota partisipan.

FOMO Effects Memicu Orang Ikutan Virtual Event

Selain mendorong orang-orang mengikuti event, FOMO juga memicu konversi lho. Berikut faktanya:

FOMO Effectes memicu konversi

Live-streaming, boleh dibilang online event yang cukup memicu FOMO Effects. Alasannya, orang-orang ingin berkoneksi dengan banyak partisipan sekaligus takut ketinggalan kesempatan.

Bahkan, sebagian besar orang menonton live-streaming 10- 20 kali lebih lama daripada video biasa (Forrester, 2017), lho. 

4. Cloud Meeting Memberikan Lebih Banyak Kebebasan

Tahukah Anda bahwa 87% orang memilih menggunakan video conference dibandingkan dua tahun silam?

Apalagi sejak pandemi COVID 19 menyerang, pengguna Zoom melesat hingga 67%.

Selain karena virtual event mampu melindungi orang-orang dari kontak fisik, alasan lainnya adalah kebebasan.

Cloud Meeting Memberikan Kebebasan

Virtual event membuat seseorang lebih fleksibel dalam mengikuti event di dunia. Bukan hal yang sulit lagi bagi orang Indonesia, misalnya,‘menghadiri’ webinar Neil Gaiman yang tinggal di Amerika Serikat.

Lalu tak hanya menonton, 74% peserta cloud meeting juga berharap akan terhubung dengan berbagai koneksi ataupun membidik partner bisnis potensial. Jadi, jangan heran jika virtual event kebanjiran peminat.

5. Membangun Personalisasi dalam Marketing

Personalisasi dalam marketing disebut juga hyper-personalization. Hyper-personalization adalah teknik marketing yang fokus ke sisi personal manusia dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI).

Nah, usaha awal membangun hyper-personalization adalah dengan mengumpulkan data. Dan virtual event menjadi momen strategis untuk itu.

Loh, kenapa harus dari data?

Bukan sekadar angka, data mampu memberitahu tingkah laku manusia. Dari sana, perusahaan lebih mudah dalam memberikan informasi konten, produk, dan layanan yang lebih relevan kepada customer.

Virtual Event Membantu Membangun Personalisasi dalam Marketing

Misal, dengan mengetahui data demografi peserta virtual event (email, umur, gender, pekerjaan), Anda jadi tahu kelompok audiens mana yang paling berminat dengan materi, produk, ataupun layanan Anda.

Alhasil, lebih mudah nantinya dalam merancang produk atau konten relevan untuk menjaring potential buyer. Faktanya, hyper-personalization mampu menggenjot kenaikan sales hingga 20%, lho. Menarik bukan?

Meski Bermanfaat Bagi Peserta, Ternyata Tak Semua Virtual Event Efektif Bagi Bisnis Lho…

Faktanya, tingginya angka partisipan tidak menjamin keberhasilan virtual event bagi bisnis, lho. Artinya, banyak virtual event yang gagal mencapai goal-nya.

Tujuan Menggelar Event Online

Padahal, seharusnya virtual event menjadi momentum awal untuk menjalin engagement jangka panjang kepada target audiens.

Sebagai info, 54% penyelenggara acara virtual kesulitan membuktikan dampak virtual event terhadap ROI mereka.

Kalaupun ada, 74% perusahaan B2B mengaku ROI yang positif hanya didapat selama 6 bulan setelah virtual event diadakan.

Sayangnya, yang sering terjadi, virtual event hanya menjadi ajang bagi-bagi materi ke penonton. Tidak ada tindak lanjutnya lagi.

Lalu pertanyaannya, apakah virtual event Anda bernasib sama seperti kembang api? Meriah sesaat, namun tidak membuat bisnis tambah melesat?

Cara meramalnya, silakan jawab pertanyaan berikut.

  • Apakah goal dari virtual event Anda tercapai?
  • Setelah virtual event berakhir, apakah audiens lebih mengenal bisnis, produk, atau layanan Anda?
  • Bisakah Anda mengumpulkan data dari virtual event?
  • Seusai virtual event, mampukah Anda menindaklanjuti target audiens?

Nah jika bingung, kami akan mengajak Anda mengamati virtual event Niagahoster yang cukup berhasil. Penasaran? Yuk meluncur ke poin selanjutnya.

Membongkar Rahasia Virtual Event Niagahoster yang Sukses Menjaring Ribuan Potensial Klien

Brand Marketing Con, Virtual Event Pertama Niagahoster

Tahun 2020, Niagahoster pernah mengadakan virtual event yang cukup besar. Tidak percaya? Mari simak beberapa fun fact tentang acara bertajuk Brand Marketing Con berikut.

  • Mengangkat topik Branding dan Digital Marketing;
  • Diadakan dua hari secara live-streaming via Zoom Meeting;
  • Mendatangkan 14 pembicara dari berbagai perusahaan ternama (Facebook, Astra Digital, Harian Kompas, dll);
  • Memiliki 12 sesi webinar;
  • Bertujuan menyasar kalangan fresh graduate, profesional, hingga pelaku start-up;
  • Pendaftaran gratis;
  • Mendorong konversi dengan membagikan kupon diskon 60% produk Niagahoster khusus bagi peserta event;
  • Berhasil menjaring lebih dari 4000 peserta.

Pertanyaannya, kok bisa sih Niagahoster mengadakan virtual event semegah itu?

Jawabannya ternyata sederhana: Niagahoster menggunakan landing page www.niagahoster.co.id/event.

Rahasia Virtual Event Sukses adalah Landing Page

Lho, kok bisa landing page kunci sukses Brand Marketing Con by Niagahoster? Yuk simak ulasan kami berikut.

Gimana Sih Cara Kerja Landing Page Niagahoster?

Bukan sembarang form registrasi, landing page Niagahoster memudahkan alur pendaftaran. Peserta cukup mengklik tombol CTA dan mengisi form registrasi. Nantinya, Niagahoster akan mengirim email undangan.

Sudah gitu saja?

Tentu saja tidak. Berita baiknya, landing page mampu mengarahkan visitor langsung ke website.

Sehingga, pengunjung landing page bisa menemukan barisan info terkait sesi Brand Marketing Con lainnya sekaligus mendaftar.

Cara Kerja Landing Page Niagahoster untuk Virtual Event

Sementara daftar peserta semakin gemuk, landing page merekam seluruh data profil dan kontak partisipan. Data ini lah yang nantinya bisa diolah menjadi informasi yang bermanfaat bagi bisnis.

Bagaimana Niagahoster Memanfaatkan Data Virtual Event?

Berdasarkan data peserta yang berhasil ditangkap landing page, Niagahoster tahu Brand Marketing Con sukses.

Dari sekitar 4000 pendaftar Brand Marketing Con, mayoritas adalah target audiens yang diharapkan Niagahoster. Mahasiswa, pelaku UMKM, penggiat digital marketing, dan banyak lagi.

Bukan itu saja, seluruh kontak peserta yang tersimpan rupanya menjadi bekal bagi Niagahoster untuk melakukan hyper-personalization.

Niagahoster jadi mendapat gambaran lebih jelas dalam merancang event ataupun layanan yang dibutuhkan target pasarnya. Setelahnya, Niagahoster akan mengirimkan email blast dengan menyapa klien potensialnya.

Email Blast Niagahoster

Baca Juga: Email Marketing

Namun tak sekadar membombardir email, informasi yang dikirim pun relevan dengan minat target pasar Niagahoster.

Sehingga selain memperkuat customer engagement, peluang konversi dan Click-Through Rate (CTR) cukup tinggi. Faktanya, email promosi dengan hyper-personalization meningkatkan jumlah klik lebih dari 45%, lho.

Nah sampai sini, Anda sudah tahu rahasia sukses mengadakan virtual event ala Niagahoster: membuat landing page.

Tapi supaya gambarannya lebih jelas, kami akan mengajak Anda membongkar landing page event Niagahoster.

Membedah Landing Page Event Niagahoster

Sekarang, mungkin Anda penasaran:

Gimana sih landing page yang menarik dan efektif? Apa saja yang bisa dipasang di sana?

Jangan khawatir. Kami akan membedah landing page event Niagahoster sebagai inspirasi.

Rahasia Landing Page Efektif

1. Pakai Website Sendiri

Seringkali, bisnis memasang info virtual event melalui platform atau website milik tetangga. 

Padahal cara tersebut malah bisa menjadi senjata makan tuan, lho. Gara-garanya, info virtual event Anda harus bersaing dengan deretan acara dari perusahaan tetangga.

Namun, itu tidak akan terjadi jika Anda membuat landing page sendiri. Visitor akan langsung meluncur ke website Anda. 

Seperti yang Niagahoster lakukan.

Landing Page Menggunakan Website Sendiri

Karena landing page event jadi satu dengan website, Niagahoster bisa mengarahkan lampu sorot ke bisnisnya sendiri. Fokus audiens pun tidak terbagi-bagi.

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Niagahoster untuk menjadikan virtual event-nya sebagai bintang utama yang memikat audiens supaya ikutan.

2. Berikan Rincian Acara Detail dan Mudahkan Alur Pendaftaran

Google Form memang menjadi platform yang populer untuk mendata peserta virtual event. Sayangnya, mengandalkan tools ini saja kurang, lho.

Lah kok kurang?

Seperti namanya, Google Form berfungsi sebagai formulir untuk mengumpulkan data. Ini seperti langsung menyodorkan lembar pendaftaran ke calon peserta event tanpa menjelaskan apapun.

Padahal, orang-orang membutuhkan informasi lengkap seputar event sekaligus alur pendaftaran yang simple. Dan sebenarnya, landing page sanggup menghadiahkan dua hal ini untuk Anda.

Cobalah lihat landing page event Niagahoster. Apa yang Anda pikirkan?

Landing Page Memungkinkan Informasi Acara Lebih Detail

Sekali scroll, Anda langsung menangkap rincian acara detail sekaligus mendaftar dengan mudah.

Serunya lagi, landing page membebaskan Anda memasang info sebanyak apapun, menata layout-nya sesuai kebutuhan, dan menambahkan berbagai fitur multi-fungsi. Salah satunya adalah tombol pendaftaran.

Tombol pendaftaran bebas Anda desain semenarik mungkin. Dan tak sekadar mendaftar, bisa juga lho menyambungkan tombol ke Google Form. Sehingga, list peserta akan secara otomatis terekap.

3. Tayangkan Info Acara Lainnya

Landing page boleh difungsikan sebagai papan billboard pribadi Anda. Tak hanya satu virtual event, Anda bebas memasang info acara lainnya.

Ini seperti sekali dayung dua puluh tiga pulau terlampaui. Apalagi, Anda tak perlu membayar biaya promosi sepeser pun.

Cobalah tengok contoh landing page Niagahoster ini.

Promosi Info Acara Lainnya

Niagahoster memiliki landing page yang cukup panjang. Isinya pun beragam. Mulai dari event mendatang, agenda event, hingga event sebelumnya.

Dengan long landing page seperti ini, bukan hal mustahil bagi Niagahoster untuk mendongkrak klien potensial hingga ribuan orang.

4. Pasang Social Proof

Meski landing page mampu menggenjot sales hingga 300%, apakah halaman ini hanya bisa untuk jualan saja?

Tentu saja tidak.

Niagahoster bahkan menggunakan landing page sebagai social proof. Social proof adalah bukti sosial bahwa banyak orang telah melakukan action tertentu. Seperti menghadiri online events, menjadi followers medsos, dan banyak lagi. 

Social Prrof di Landing Page Niagahoster

Faktanya, 63% orang butuh mendengar klaim dari perusahaan tiga hingga lima kali sebelum mempercayainya. Bahkan 83% calon customer lebih yakin pada social proof dibanding iklan.

Artinya, manfaat landing page tak semata mendongkrak konversi saja. Namun juga mendorong klien potensial supaya melakukan action yang perusahaan harapkan.

5. Modifikasi Landing Page Sesuai Kebutuhan

Apakah landing page hanya bisa sekali pakai?

Kabar gembiranya, Anda bisa menggunakan landing page yang sama berulang kali, lho. Saat ada event baru, misalnya, Anda tinggal meng-update landing page yang sudah dimiliki.

Reuse Landing Page

Nyatanya, 52% perusahaan pernah me-reuse landing page, lho (Marketing Experiments). Dan Niagahoster termasuk salah satunya.

Dengan menggunakan ulang landing page event, Niagahoster pun tidak perlu bolak-balik membuat halaman dari nol setiap ada acara baru. Alhasil, pekerjaan pun jauh lebih cepat dan efisien.

Yuk Gelar Virtual Event yang Efektif dengan Landing Page Ciamik!

Sampai sini, Anda bisa menyimpulkan bahwa virtual event memang menjadi solusi bisnis masa kini.

Selain menjawab kebutuhan audiens, ini cara yang cukup strategis untuk mendekatkan brand ke calon customer.

Sayangnya, tidak semua virtual event efektif bagi bisnis.

Banyak virtual event gagal mendatangkan klien potensial yang tepat. Sehingga, goal yang perusahaan harapkan pun tidak tercapai.

Nah salah satu solusi paling ampuh untuk mengatasi masalah itu adalah dengan membuat landing page.

Tak hanya membantu menjaring klien potensial, landing page juga memudahkan promosi. Anda juga bebas memodifikasi dan menambahkan fitur-fitur sesuai kebutuhan.

Penasaran cara membuat landing page yang efektif dan ciamik? Tenang, kami akan menyingkap rahasia membuat landing page ala Niagahoster yang pastinya meningkatkan potensi cuan Anda.

Sudah tidak sabar, kan? Nah, mari upgrade skill dan sales Anda melalui e-book membuat landing page berikut!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!