Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

15+ Plugin Instagram WordPress Terbaik untuk Website Anda

8 min read

featured image plugin Instagram WordPress

Ingin menampilkan postingan Instagram di website WordPress dengan mudah? Tenang, ada banyak plugin Instagram WordPress yang bisa Anda gunakan. 

Nantinya, Anda bisa menempatkan Instagram widget di halaman website yang Anda inginkan. Hal ini tentu akan menarik bagi pengunjung, bukan?

Sayangnya, karena banyaknya plugin yang ada, Anda malah bisa bingung memilihnya. Itulah kenapa di artikel ini kami sudah menyiapkan daftar plugin Instagram terbaik untuk Anda.

Tak hanya itu, kami juga akan menjelaskan cara pasang widget instagram di WordPress. Jadi, baca terus sampai selesai, ya!

15+ Plugin Instagram WordPress Terbaik

Apa saja plugin Instagram WordPress yang paling bagus untuk website Anda? Berikut ini adalah 16 di antaranya:

1. AccessPress iFeeds

Harga: Gratis, versi premium $17
Fitur Unggulan: 40 opsi tampilan, dari mozaik, grid dan slider.

banner AccessPress iFeeds sebagai plugin instagram wordpress

AccessPress iFeeds adalah salah satu plugin yang memungkinkan Anda untuk menampilkan feed Instagram di halaman website,  sidebar,  atau footer.

Menariknya, AccessPress iFeeds menawarkan beberapa opsi tampilan, seperti mosaik, grid, dan slider. Masing-masing tampilan itu didukung fitur lightbox. Jadi, posting yang Anda klik akan ditampilkan di sebuah pop-up.

Cara memasang feed dengan plugin ini juga mudah. Anda tinggal menyalin shortcode AccessPress iFeeds ke halaman editor WordPress. Atau, Anda juga bisa menampilkan feed Instagram sebagai widget.

Plugin Instagram WordPress ini gratis. Tapi, tersedia juga versi premium seharga $17 yang menawarkan beberapa kelebihan, termasuk:

  • Ada lebih dari 40 opsi tampilan.
  • Anda bisa menampilkan feed Instagram milik akun lain atau yang daftar posting yang mengandung hashtag tertentu.
  • Anda boleh memilih untuk menampilkan postingan foto atau video saja.
  • Ada kolom komentar di Lightbox.
  • Dukungan developer hingga enam bulan.

Baca Juga: Awas! 90+ Plugin & Tema AccessPress Memiliki Celah Keamanan!

2. Smash Balloon Social Photo Feeds

Harga: Gratis, versi premium $49
Fitur Unggulan: Modifikasi tampilan feed Instagram tanpa koding.

banner smash balloon social photo feeds sebagai plugin instagram wordpress

Smash Balloon memungkinkan Anda untuk menampilkan feed Instagram dari beberapa akun sekaligus di website. Tidak hanya itu, plugin Instagram WordPress ini juga menampilkan foto, nama, dan deskripsi akun di atas masing-masing feed.

Kelebihan Smash Balloon tidak hanya itu. Kalau memiliki kemampuan koding, Anda bisa memodifikasi tampilan feed, termasuk ukurannya, jumlah kolom, dan warna latar belakang.

Nah, jika ingin fitur tambahan, Anda bisa membeli versi berbayar Smash Balloon yang harganya mulai dari $49 per tahun. Versi premium ini menawarkan beberapa kelebihan, seperti:

  • Fitur lightbox yang dilengkapi kolom komentar serta caption dan jumlah like masing-masing postingan.
  • Pilihan untuk menggunakan tampilan carousel
  • Filter untuk menyortir postingan berdasarkan hashtag, nama akun, dan kata tertentu.

3. Enjoy Social Feed

Harga: Gratis, versi premium €20.99
Fitur Unggulan: Layout carousel yang ramah perangkat mobile.

banner Enjoy Social Feeds

Anda ingin feed Instagram di website yang tampil baik di perangkat mobile? Enjoy Social Feed adalah salah satu pilihannya.

Selain mendukung tampilan mobile-friendly, plugin Instagram ini juga memiliki fitur touch slide. Jika Anda memilih layout carousel, fitur ini memungkinkan pengunjung website untuk menggeser dengan jari untuk melihat-lihat postingan.

Enjoy Social Feed bisa Anda dapatkan dengan cuma-cuma, tetapi juga tersedia dalam versi premium seharga €20.99. Anda akan mendapatkan fitur tambahan, termasuk pengecualian posting secara manual dan pengaturan jarak antar thumbnail di feed.

4. Feed Them Social

Harga: Gratis, versi premium $50
Fitur Unggulan: Tampilan daftar postingan dari berbagai media sosial.

banner Feed Them Social

Plugin-plugin sebelumnya hanya bisa menampilkan feed Instagram di website saja. Nah, kalau Anda juga ingin menampilkan posting dari media sosial lain, Feed Them Social adalah salah satu opsinya. 

Plugin ini juga bisa menampilkan daftar postingan dari Facebook, Twitter, Pinterest, dan YouTube.

Selain itu, Feed Them Social juga bisa meningkatkan engagement postingan Anda. Sebab, plugin Instagram WordPress ini menampilkan tombol like dan follow di setiap posting.

Dari segi tampilan, Feed Them Social sudah responsif alias ramah untuk perangkat mobile. Warna teksnya pun bisa Anda ganti menggunakan CSS.

Nah, apabila ingin bisa mengatur jumlah posting, Anda perlu menggunakan versi premium plugin seharga mulai dari $50.

Harga: Gratis
Fitur Unggulan: Galeri dengan postingan Instagram.

banner Photonic Gallery

Photonic Gallery bekerja sebagai media library tambahan di WordPress dengan terhubung ke beberapa platform foto dan video ternama, termasuk Instagram.

Nah, untuk menampilkan postingan dari Instagram, Anda cukup menambahkan blok Photonic Gallery melalui Gutenberg editor. Kemudian, pilih postingan yang ingin Anda pasang. Jadi, prosesnya sama seperti ketika Anda ingin memilih gambar dari media library WordPress.

Setelah memasang galeri postingan Instagram, Anda bisa memilih jenis layoutnya, seperti mosaic, grid, dan masonry. Selain itu, postingan yang diklik akan diperlihatkan dalam lightbox yang bisa Anda kustomisasi.

Menariknya, semua fitur tadi bisa Anda dapatkan dengan gratis, lho! Photonic Gallery tidak memiliki versi premium.

Harga: Gratis, versi premium $30
Fitur Unggulan: Ringan, loading website cepat.

banner Social Feed Gallery

Social Feed Gallery tidak hanya menawarkan kemampuan untuk memasang feed Instagram di WordPress. Plugin ini dilengkapi dengan fitur untuk mengoptimalkan penggunaan API, sehingga loading feed bisa lebih cepat.

Selain itu, Social Feed Gallery memiliki fitur cache bawaan. Fitur ini memungkinkan data postingan untuk disimpan sementara agar dapat dimuat lebih cepat. Canggih, kan?

Social Feed Gallery tersedia secara gratis. Namun, ada juga versi berbayar mulai dari $30 yang menawarkan fitur tambahan seperti berikut:

  • Opsi untuk menampilkan feed dari beberapa akun sekaligus
  • Pilihan layout tambahan
  • Menambahkan deskripsi akun, caption, dan jumlah like postingan di lightbox
  • Menampilkan tombol “load more” di feed

7. WPZOOM Social Feed Widget

Harga: Gratis
Fitur Unggulan: Lazy loading, loading Instagram widget, lebih cepat.

banner WPZOOM Social Feed Widget sebagai plugin instagram wordpress

Sesuai namanya, WPZOOM Social Feed Widget berfungsi untuk memasang Instagram widget. Jadi, perlu Anda ingat bahwa plugin Instagram WordPress ini tidak bisa memunculkan daftar postingan di bagian utama halaman atau blog post.

Namun, tanpa harus merogoh kocek, Anda sudah mendapatkan beberapa fitur menarik dari plugin ini. Pertama, WPZOOM Social Feed Widget menawarkan lazy loading bawaan. Fitur ini menunda loading feed Instagram agar halaman website dimuat lebih cepat.

Kedua, kustomisasi plugin ini cukup fleksibel. Anda bisa mengatur jumlah kolom, jumlah postingan dan ukuran thumbnailnya. Selain itu, ada opsi untuk menampilkan atau menyembunyikan nama dan deskripsi akun Anda di atas feed.

8. Blog2Social

Harga: Gratis, versi premium €69
Fitur Unggulan: Berbagi postingan blog ke berbagai media sosial.

banner Blog2Social

Blog2Social berfungsi untuk membagikan posting dari website atau blog ke berbagai media sosial, termasuk Instagram.

Sebelum membagikan postingan, Anda bisa mengeditnya terlebih dahulu. Bahkan, Anda juga bisa menyimpan versi suntingan tersebut sebelum dibagikan.

Kemampuan Blog2Social tidak berhenti di situ saja. Dengan versi gratis plugin Instagram ini, Anda bisa memposting ulang unggahan lama ke media sosial yang ditentukan.

Selain itu, plugin ini otomatis menambahkan hashtag ke postingan yang dibagikan berdasarkan tag-nya di blog Anda. Jadi, posting Anda akan lebih mudah ditemukan para pengguna Instagram.

Apabila fitur-fitur tadi dirasa kurang, Anda bisa membeli versi premium Blog2Social mulai dari €69 per tahun. Versi berbayar ini menawarkan kelebihan seperti berikut:

  • Membagikan postingan blog atau website ke media sosial secara otomatis
  • Memiliki fitur penjadwalan posting
  • Membolehkan Anda mengedit posting untuk masing-masing media sosial yang Anda tentukan
  • Membuat tracking URL agar Anda bisa memantau performa posting yang dibagikan

Baca Juga: 10+ Instagram Analytics yang Wajib Anda Coba

9. Super Socializer

Harga: Gratis
Fitur Unggulan: Membership dengan credential Instagram.

banner Super Socializer

Super Socializer adalah plugin Instagram WordPress yang tepat untuk melengkapi website membership. Terutama jika Anda menggunakan plugin BuddyPress, bbPress, dan WooCommerce.

Dengan Super Socializer, Anda memungkinkan pengunjung website untuk membuat akun dan login menggunakan akun media sosial mereka, termasuk Instagram.

Selain fitur tersebut, Super Socializer berfungsi untuk menambahkan tombol share ke posting blog Anda. Tampilan ini bisa Anda atur sesuai keinginan.

Kabar baiknya, semua fitur tadi bisa Anda dapatkan secara gratis, lho!

Bca Juga: 10 Plugin Forum Terbaik untuk WordPress

Harga: Gratis, versi premium $39.90
Fitur Unggulan: Postingan Instagram sebagai featured image blog.

banner Featured Image from URL

Dari namanya pasti Anda dapat menebak bahwa plugin Instagram ini ada hubungannya dengan featured image yang akan membuat postingan blog tampak menarik.

Ya, Featured Image From URL memungkinkan Anda untuk menggunakan gambar dan video dari luar WordPress sebagai featured image posting blog. Salah satu sumber yang bisa Anda gunakan adalah Instagram.

Featured Image From URL juga memiliki fitur lazy loading. Oleh karena itu, plugin ini tidak akan memberatkan loading website Anda.

Apabila Anda ingin fitur tambahan seperti slider, edit featured image, dan widget, versi berbayar plugin ini tersedia dengan harga mulai dari $39.90.

11. Social Media Share Buttons

Harga: Gratis, versi premium $29.98
Fitur Unggulan: Tombol share ke media sosial dengan berbagai desain.

banner Social Media Share Buttons sebagai plugin instagram wordpress

Jika Anda hanya butuh plugin tombol share dari website ke Instagram, Social Media Share Buttons adalah salah satu pilihannya. Meski begitu, plugin ini juga bisa untuk media sosial lainnya.

Social Media Share Buttons menyediakan cukup banyak fitur untuk Anda manfaatkan. Salah satunya, ada 16 desain tombol yang plugin ini tawarkan. Jadi, ada banyak pilihan untuk disesuaikan dengan tampilan website.

Tombol share yang Anda buat pun bisa dikustomisasi. Misalnya, Anda bisa mengaktifkan animasi yang muncul ketika kursor diarahkan ke tombol share. Selain itu, tombol share bisa dibuat sticky, sehingga selalu ada di layar meskipun halaman di-scroll.

Kalau Anda ingin lebih banyak fitur, gunakan versi premium Social Media Share Buttons yang dibanderol dengan harga $29.98. Selain ada enam bulan bantuan teknis, Anda akan mendapatkan:

  • Lebih banyak desain tombol
  • Pengaturan letak tombol di halaman
  • Pengaturan halaman apa saja yang menampilkan tombol
  • Upload desain tombol sendiri 

12. RafflePress

Harga: Gratis, versi premium $39.20
Fitur Unggulan: Fitur khusus membuat giveaway di website.

banner RafflePress

RafflePress sebenarnya berfungsi untuk membuat giveaway. Namun, plugin ini juga bisa Anda gunakan untuk menambah follower dan meningkatkan engagement posting Instagram. Wah, bagaimana cara kerjanya?

Pertama, Anda membuat sebuah campaign giveaway dengan RafflePress. Kemudian, Anda mengumumkan program tersebut di Instagram dan menyertakan link menuju halaman giveaway di website Anda.

Jadi, selain mengarahkan traffic ke website, cara tersebut bisa mendorong follower Instagram untuk berinteraksi dengan posting tentang giveaway Anda.

Anda bahkan juga bisa meminta peserta giveaway untuk mengajak teman-temannya agar follow akun Instagram Anda. Tujuannya, untuk meningkatkan kemungkinan menang peserta. Dengan strategi word of mouth, follower akan bertambah dan pemasaran jadi lebih mudah.

Kalau Anda ingin lebih bebas membuat program giveaway yang sesuai keinginan, RafflePress premium seharga $39.20 menawarkan banyak fitur. Di antaranya ada polling, submit gambar, dan refer a friend.

Baca Juga: Strategi Marketing Instagram yang Wajib Anda Coba di 2022 [Terlengkap]

13. Revive Old Posts

Harga: Gratis, versi premium $82.50
Fitur Unggulan: Berbagi postingan blog ke Instagram dengan penjadwalan.

banner Revive Old Posts sebagai plugin instagram wordpress

Revive Old Posts bekerja seperti namanya, yaitu mengunggah ulang posting lama di blog ke media sosial yang Anda tentukan. Sebagai catatan, Anda perlu membeli versi premium plugin ini  seharga $82.5 per tahun untuk menghubungkannya dengan Instagram.

Cara kerja Revive Old Posts cukup sederhana. Plugin ini akan membagikan postingan blog Anda yang di-publish dalam rentang waktu yang sudah ditentukan.

Selain itu, Anda bisa menjadwalkan tanggal terbit masing-masing posting terlebih dahulu dan memilih postingan yang tidak ingin dibagikan.

Oh ya, Revive Old Posts juga membuat tracking URL secara otomatis. Jadi, Anda bisa menggunakannya di Google Analytics untuk mengetahui performa posting yang dibagikan ke Instagram.

Baca Juga: Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Harga: $26
Fitur Unggulan: Galeri postingan Instagram dengan pagination.

banner Envira Gallery

Apabila ingin menampilkan lebih dari sekedar feed Instagram di website, Anda bisa menggunakan Envira Photo Gallery. Plugin Instagram WordPress ini memungkinkan Anda untuk membuat galeri gambar dan video dari komputer atau dari platform lain.

Envira Photo Gallery tidak menawarkan berbagai macam jenis layout, tetapi bisa Anda kustomisasi dengan CSS. Selain itu, ada fitur supersize supaya media beresolusi tinggi tidak perlu di-resize. 

Meski demikian, galeri yang dibuat menggunakan plugin ini responsif dan dioptimalkan untuk kecepatan. 

Selain itu, ada fitur pagination untuk membagi galeri ke dalam beberapa halaman. Karena itu, loading website Anda tidak akan terbebani dengan Envira Photo Gallery.

Nah, kalau tertarik, Anda bisa mendapatkan plugin ini dengan harga mulai dari $26 per tahun.

15. Soliloquy

Harga: $17
Fitur Unggulan: Postingan Instagram berbentuk slider.

banner Soliloquy sebagai plugin instagram wordpress

Ingin membuat slider di website berisi postingan dari Instagram? Anda bisa melakukannya dengan Soliloquy.

Posting Instagram yang ditampilkan di website bisa berasal dari akun Anda sendiri, postingan yang Anda sukai, atau feed hashtag yang ditentukan.

Terlepas dari posting Instagram, Soliloquy juga memperbolehkan Anda mengunggah gambar sendiri atau meng-import dari beberapa platform lain, termasuk YouTube, Pinterest, dan Vimeo.

Soal tampilan, ada beberapa layout dan animasi yang bisa Anda pilih. Itupun masih bisa Anda edit dengan melakukan koding.

Anda bisa mendapatkan Soliloquy mulai dari $17 per tahun untuk menikmati semua fitur yang ditawarkan.

16. Social Icons Widget by WPZOOM

Harga: Gratis, versi premium $49
Fitur Unggulan: Berbagai pilihan ikon untuk link media sosial.

banner Social Icons by WPZOOM plugin instagram wordpress

Sesuai namanya, plugin ini menampilkan link berbagai media sosial, termasuk Instagram, dalam bentuk ikon. Letaknya bisa di bagian utama halaman maupun sebagai widget di sidebar atau footer.

Menariknya, Social Icons Widget menawarkan lebih dari 400 desain ikon. Itupun bisa Anda atur ukuran, bentuk, warna, dan jaraknya. Untuk mengatur urutan ikon, Anda tinggal klik dan geser dengan mudah.

Oh ya, semua fitur yang disebutkan tadi gratis, lho. Kalau masih belum puas, Anda bisa membayar $49 per tahun untuk versi premiumnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Anda boleh upload desain ikon sendiri
  • Anda bisa membuat set ikon sendiri
  • Ada opsi untuk meletakkan ikon di menu website

Baca Juga: Cara Menjadi Selebgram

Cara Pasang Widget Instagram di WordPress

Setelah memilih plugin yang diinginkan, saatnya tahu cara pasang widget Instagram di WordPress. Dalam panduan ini, kami menggunakan plugin Smash Balloon yang mudah digunakan.

Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Install dan Aktifkan Smash Balloon

Pertama-tama, Anda harus menginstal dan mengaktifkan Smash Balloon. Jika belum pernah menginstal plugin WordPress, Anda bisa mengikuti panduan kami.

2. Akses Pengaturan Smash Balloon

Setelah melakukan instalasi dan mengaktifkan Smash Balloon, masuk ke pengaturannya dengan klik Instagram Feed > Settings.

menu settings Smash Balloon plugin instagram wordpress terbaik

3. Hubungkan Akun Instagram dengan Smash Balloon

Klik Connect an Instagram Account untuk menghubungkan akun Anda dengan Smash Balloon.

tombol connect Instagram account

Pilih jenis akun yang ingin Anda hubungkan dan klik Login with Instagram.

login ke Instagram

Anda akan diarahkan ke website Instagram. Di situ, Anda akan melihat permintaan otorisasi akun. Klik Allow.

Selanjutnya, Anda akan dibawa kembali ke WordPress. Klik Connect this Account di pop-up yang muncul.

4. Atur Tampilan Feed

Setelah akun Anda terhubung, Anda bisa klik tab Customize untuk mengatur tampilan feed, seperti ukurannya, jumlah kolom, dan jumlah posting per kolom.

kustomisasi tampilan widget Instagram

Jika sudah selesai, klik Save Changes.

5. Pasang Instagram Widget

Untuk memasang Instagram widget dengan Smash Balloon, klik Appearance > Widgets

Tergantung dengan tema yang Anda gunakan, widget akan dipasang di sidebar atau footer. Dalam panduan ini, kami menggunakan tema Twenty-Sixteen yang widget-nya di sidebar.

Scroll ke bawah dan klik tombol + untuk memunculkan daftar blok dan widget yang tersedia.

tombol untuk menambahkan widget

Agar praktis, ketikkan Instagram di kolom pencarian. Kemudian, pilih Instagram Feed. Jangan lupa klik tombol Update di pojok kanan atas halaman untuk menyimpan pengaturan widget.

pilihan widget Instagram feed

Demikian cara pasang widget Instagram di WordPress menggunakan plugin Smash Balloon. Mudah, kan? 

contoh widget Instagram

Siap Menggunakan Plugin Instagram WordPress?

WordPress menyediakan cukup banyak plugin Instagram. Tidak hanya untuk menampilkan postingan sebagai widget, tetapi juga menambahkan tombol share, memasang slider, dan lain-lain.

Nah, apapun plugin Instagram WordPress yang Anda gunakan, pastikan sesuai kebutuhan, ya! 

Jangan lupa untuk selalu menggunakan plugin yang terupdate. Selain memiliki fitur lebih baik, plugin terbaru bisa mencegah adanya celah keamanan yang bisa mengancam website Anda. 

Untungnya, kalau Anda menggunakan Niagahoster, tak perlu khawatir lupa memperbarui versi plugin. Sebab, Anda bisa mengaktifkan fitur update otomatis di Member Area. Praktis, kan? 

Ingin bisa menikmati update otomatis Niagahoster? Segera dapatkan hosting Anda dengan klik tombol di bawah ini!

Semoga informasi yang kami bawakan di artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat menggunakan plugin Instagram WordPress!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

One Reply to “15+ Plugin Instagram WordPress Terbaik untuk Website Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published.