Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

6+ Langkah Mudah Mengarahkan Subdomain ke Hosting Lain

1 min read

featured image mengarahkan subdomain ke hosting lain

Ketika Anda menyimak ulasan perbedaan domain dan subdomain, Anda tahu begitu bermanfaatnya subdomain. Misalnya, Anda bisa membangun blog, forum atau jenis website lain tanpa harus membeli domain lagi. Namun, bagaimana caranya untuk mengarahkan subdomain ke hosting lain? Sebab, Anda mungkin tak ingin membebani hosting domain utama Anda.

Tak perlu khawatir, ada panduan mudah cara setting subdomain ke hosting lain, kok. Nah, artikel ini akan menjelaskannya lengkap. Jadi, ikuti sampai akhir, ya!

Bagaimana Cara Setting Subdomain ke Hosting Lain?

Berikut ini adalah tujuh langkah mudah untuk mengarahkan subdomain ke hosting lain: 

1. Silakan akses halaman login cPanel melalui alamat cpanel.domainanda.com, dan masuk dengan username dan password Anda.

2. Klik menu Zone Editor di halaman utama cPanel.

mengakses menu Zone Editor cPanel sebagai bagian cara setting subdomain ke hosting lain

3. Klik tombol Manage di sebelah kanan domain yang subdomainnya ingin Anda arahkan ke hosting lain untuk masuk ke daftar DNS record. Jika belum punya subdomain, silakan simak cara membuat subdomain.

tombol manage DNS record domain

Baca juga: Cara Membuat Multisite di Subdomain

4. Di halaman daftar DNS record, ketikkan subdomain yang Anda buat di kolom yang tersedia dan klik A di jenis filter untuk menampilkan A record subdomain.

mencari A record subdomain

5. Ganti IP address pada A record milik subdomain Anda, baik yang dengan atau tanpa awalan www. Caranya, klik tombol Edit di sebelah kanan daftar DNS record.

mengakses daftar DNS record untuk mengarahkan subdomain ke hosting lain

Baca juga: Cara Instal WordPress di Subdomain

6. Ketikkan IP address hosting yang ingin Anda tuju pada kolom Record dan klik Save Record.

mengubah IP address subdomain sebagai bagian cara setting subdomain ke hosting lain

7. Dengan demikian, Anda berhasil mengarahkan subdomain ke hosting lain. Kini Anda tinggal menunggu 2×24 jam untuk proses propagasi DNS tersebut.

Baca Juga: Subdomain ke Blogspot

Mengarahkan Subdomain ke Hosting Lain Mudah, kan?

Cara setting subdomain ke hosting lain sangat mudah. Anda cukup mengganti IP address di A record subdomain dengan IP address web hosting lain yang menjadi tujuannya.

Nantinya, blog atau forum tersebut bisa menggunakan subdomain dari domain utama Anda, tetapi dengan resource dari hosting lain. Keuntungannya, Anda bisa menghemat biaya untuk membeli domain baru. 

Pun demikian, sebenarnya saat ini sudah banyak penawaran domain murah dari penyedia layanan hosting, kok. Niagahoster adalah salah satunya.

Niagahoster menyediakan domain dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp14.000! Pilihan domainnya juga banyak, mulai dari ekstensi populer seperti .com hingga ekstensi unik seperti .xyz.

daftar harga domain di Niagahoster

Selain domain murah, Anda juga bisa mendapatkan domain berkualitas secara gratis lho di sini!

Nah, tunggu apa lagi? Segera amankan domain Anda sebelum dibeli orang lain!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *